Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ChZ wrote: ↑Thu Dec 21, 2023 7:25
si as*ra udah ga bisa ngeles "ind0n3s1a t1d4k t3rd4mp4k"
udah kebiasaan dari dulu ngga induk ngga agen sama aja. di amrik si T berapa kali skandal pedal gas harus ada orang meninggal dulu baru dia mau investigasi. emang kultur kerja ma transparansinya yang kurang keknya di T.
indo ngga berani ngeregulasi krn kalo ada regulasi safety dijamin yang ketar ketir duluan si as*ra. dulu kasus cipuljamil aja ngeles mulu. palagi sekarang temenan ma cungkwo dah makin makin.
ga terdampak, karena di sini ga perlu diuji crash
ada regulasinya kah di sini untuk uji crash ?
martinnn wrote: ↑Thu Dec 21, 2023 11:40
Gak gampang menekan ASII kepentingannya banyak sekali.... Kalo ASII jeblok itu unit link , fund management dan index ikutan jeblok apalagi kalo ASII gak boleh jualan rebadge Daihatsu mau jualan apa? Produk termurah non Daihatsu Vios doank
Regulasi keselamatan ada kah di sini ? (serius nanya), kalau ga ada ditekan, pemerintahnya ikutan malu dong
FR6 wrote: ↑Thu Jan 04, 2024 2:59
detail beritanya pun saya gak jelas Om di curanginnya seperti apa.
apakah khusus mobil tes di tambahkan stiffener pada titik2 tertentu sehingga "seakan-akan" jadi kuat.
harusnya ada laporan detail juga sih, berapa perbedaan kekuatan konstruksinya..
ane mau nyari2 detailnya jg gak sempet wkwkw
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas memastikan mobil-mobil PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang diproduksi di Indonesia terjamin aman dan sudah melalui pengujian kendaraan bermotor sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas memastikan mobil-mobil PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang diproduksi di Indonesia terjamin aman dan sudah melalui pengujian kendaraan bermotor sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan.
Bibieight wrote: ↑Fri Jan 05, 2024 4:11
Lha Tesla chassisnya pake single piece cast alumunium dihujat habis2an oom . Omong2 chassis rigid, mobil disini apa memang las2an sama pelat-nya kurang semua yak ?, 12 hari pake Polestar 2 sama Tesla enak banget chassisnya, si Camry jadi berasa kayak chassis Velos , apalagi pas balik, naik Transmover-nya BB, bujubunengbuseeet
BTW, si esaf itu benernya udah pake high tensile strength steel, terus las2annya butt welding pake laser weld lho. Masalahnya yang bebal desainer-nya, lupa kalo di Indonesia motor itu dipake berenang, terus nyuci-nya suka disteam.....
camry? camry emang sasis rigidity nya jelek dari dulu mah. naek dari camry ke accord apalagi mazda aja berasa improvementnya gila. sasis toyota group itu butut udah dari dulu makanya mereka bangga2in TNGA yang padahal itu sasis dgn basis high tensile steel dll juga udah pada dipake saingannya dari kapan taun
kalo scooter ane no komen deh.
singachu wrote: ↑Fri Jan 05, 2024 4:15
ga terdampak, karena di sini ga perlu diuji crash
ada regulasinya kah di sini untuk uji crash ?
Regulasi keselamatan ada kah di sini ? (serius nanya), kalau ga ada ditekan, pemerintahnya ikutan malu dong
regards,
singachu
jadi maju kena mundur kena sebenernya ini mah. kepentingan pemerintah jelas nggak mau as*ra bankrupt. tapi di sisi lain kalo dibiarin, investor asing jadi mikir-mikir kok persaingan bisnis di indo gak sehat yah udah terang2an di seluruh dunia stop indo masih sibuk ngebelain mati-matian pasti mikir jg.
makin lari deh investor asing.
Suryaputra wrote: ↑Fri Jan 05, 2024 4:26
Gak usah ditanya lg mbah
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas memastikan mobil-mobil PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang diproduksi di Indonesia terjamin aman dan sudah melalui pengujian kendaraan bermotor sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan.
RezPrat wrote: ↑Fri Jan 05, 2024 3:26
Bagaimana dgn mobil ladder frame macam reborn or portuner...apa secara crash mereka lebih kokoh d bandingkan mobil monocoque, secara ladder frame itu ada batang baja melintang buat nahan/serap benturan?
dibilang kokoh bgt sih ya lumayan, ketolong ladder framenya. klo bodyshellnya ya lembek
cuma advantage di mobil bagong gitu di weightnya, semakin berat ya mobil lawan yg enteng" gitu pasti kalah
RezPrat wrote: ↑Fri Jan 05, 2024 3:26
Bagaimana dgn mobil ladder frame macam reborn or portuner...apa secara crash mereka lebih kokoh d bandingkan mobil monocoque, secara ladder frame itu ada batang baja melintang buat nahan/serap benturan?
dibilang kokoh bgt sih ya lumayan, ketolong ladder framenya. klo bodyshellnya ya lembek
cuma advantage di mobil bagong gitu di weightnya, semakin berat ya mobil lawan yg enteng" gitu pasti kalah
contohnya:
klo dri pengamatan saya sbg orang awam, bagian depan & blkg mobil2 jaman skrg kyknya emg sengaja dibikin lembek utk meredam efek klo terjadi tabrakan. dri kerusakan yg dialami, kemungkinan benturan di bagian depan tdk trlalu keras karena bumpernya msh utuh (gk smpe sobek). bgtu jga dgn bagian blkgnya. cmiiw
klo dri pengamatan saya sbg orang awam, bagian depan & blkg mobil2 jaman skrg kyknya emg sengaja dibikin lembek utk meredam efek klo terjadi tabrakan. dri kerusakan yg dialami, kemungkinan benturan di bagian depan tdk trlalu keras karena bumpernya msh utuh (gk smpe sobek). bgtu jga dgn bagian blkgnya. cmiiw
Menurut saya itu cuma alasan produsen saja untuk ngeles dari menurunkan kualitas,betul secara fisika bemper lembek lebih aman untuk korban tabrakan itu katanya ketika peluncuran mobil bemper plastik 30 tahun lalu,tapi yg terjadi adalah makin tambah tahun bukan bemper aja yang makin tipis,tapi sampe chasis,plat bodi,plastik2 dasbor,doortrim sampe kursi semua makin ditipisin
Kalo ga percaya hitung aja rasio ukuran dengan berat mobil2 tahun 90an dibandingkan dengan mobil2 saat ini
Kalo alasannya memang mau memperbaiki safety untuk orang di luar mobil jangan mengorbankan safety pengemudinya juga sih,klo bemper ditipisin diganti plastik bagian chasis harusnya ditebelin platnya atau bahan2 yang jadi pembatas antara ruang mesin dan kabin atau pilar2 dikuatin lagi
Karena pada kenyataanya volvo yg terkenal bikin mobil teraman di dunia ga sampe segitu extremenya mengganti dan mengurangi bahan dalam pembuatan mobilnya ,kalau memang concern sama safety pasti pabrikan lain bisa nyontek teknologinya volvo
Itu mobil daihatsu rocky tahun 98 lawan daihatsu rocky 2022 kalo diajak adu banteng di kecepatan 80kph saya yakin rocky 2022 akan lebih parah kerusakannya
Kijang Innova aja kalah kok adu banteng sama taft jadul taun 90an
Last edited by zonepublic on Fri Jan 05, 2024 18:16, edited 7 times in total.
Crumple zone y bagusnya empuk, agar kalo nubruk cedera orang jadi minimal karena perubahan momentum besar yg mendadak dan transfer energi nya terkonsentrasi di crumple zone, g ke badan orangnya
Kecuali kalo occupant zone nya yg gampang ringsek, baru problem
kesimpulan dan rekomendasi nya cm going forward aja, tidak ada recall atau perbaikan apapun utk produk yg sudah ada
Lho mau berharap apa memang dr astra?
Kasus rocky raize yg lasan busuk aja cm direcall & dilas ulang. Padahal konsumen belinya mobil baru, bukan mobil cacat produksi.
Harusnya segede astra punya kemauan buat ganti unit baru & scrap sasis yg cacat, tp krn pemerintahnya lembek jadinya konsumen yg dibuat kehilangan haknya.
Blm lagi rangka esaf yg cacat design, tinggal nunggu waktu aja itu sasis mau putul kapan. Astra ga peduli bro sama keselamatan penggunanya, yg dimau cuman duit kita aja
zonepublic wrote: ↑Fri Jan 05, 2024 16:24
Menurut saya itu cuma alasan produsen saja untuk ngeles dari menurunkan kualitas,betul secara fisika bemper lembek lebih aman untuk korban tabrakan itu katanya ketika peluncuran mobil bemper plastik 30 tahun lalu,tapi yg terjadi adalah makin tambah tahun bukan bemper aja yang makin tipis,tapi sampe chasis,plat bodi,plastik2 dasbor,doortrim sampe kursi semua makin ditipisin
Kalo ga percaya hitung aja rasio ukuran dengan berat mobil2 tahun 90an dibandingkan dengan mobil2 saat ini
Kalo alasannya memang mau memperbaiki safety untuk orang di luar mobil jangan mengorbankan safety pengemudinya juga sih,klo bemper ditipisin diganti plastik bagian chasis harusnya ditebelin platnya atau bahan2 yang jadi pembatas antara ruang mesin dan kabin atau pilar2 dikuatin lagi
Karena pada kenyataanya volvo yg terkenal bikin mobil teraman di dunia ga sampe segitu extremenya mengganti dan mengurangi bahan dalam pembuatan mobilnya ,kalau memang concern sama safety pasti pabrikan lain bisa nyontek teknologinya volvo
Itu mobil daihatsu rocky tahun 98 lawan daihatsu rocky 2022 kalo diajak adu banteng di kecepatan 80kph saya yakin rocky 2022 akan lebih parah kerusakannya
Kijang Innova aja kalah kok adu banteng sama taft jadul taun 90an
iya om cuma itu penumpangnya bisa amsiong kek cybertruk itu kuat banget pada bilang bisa2x isinya yang amsiong
contoh kenapa honda bikin depan belakangnya kek kaleng kerupuk karena target mereka mau bikin mesinnya jatoh pas accident jadi penumpangnya minim cedera karena mesinnya gak neken ke firewall, contoh laen nissan depannya terlalu kuat saking kuatnya mesinnya kalo nabrak tetep nempel efeknya banyak kecelakaan nissan itu penumpangnya kakinya kejepit
ada kok dulu penghuni sini naek FD1 di hantem truck mobilnya gak bebentuk mesinnya ud mental kemana tau orangnya masih bisa ha ha hi hi
ni om contohnya civic FK justru paling letoy malah bagian2x luarnya
lagian satu contoh lagi ngomongin plastik om kalo liat corvette kecelakaan pasti amaze sama mobilnya karena itu mobil bodynya bisa untuh ya terang aja orang panel bodynya plastik semua pas keguling kalo tuh panel kalo masih nempel sama kagak robek ya membal balik ke bentuk semula
b0ku wrote: ↑Sat Jan 06, 2024 0:38
iya om cuma itu penumpangnya bisa amsiong kek cybertruk itu kuat banget pada bilang bisa2x isinya yang amsiong
contoh kenapa honda bikin depan belakangnya kek kaleng kerupuk karena target mereka mau bikin mesinnya jatoh pas accident jadi penumpangnya minim cedera karena mesinnya gak neken ke firewall, contoh laen nissan depannya terlalu kuat saking kuatnya mesinnya kalo nabrak tetep nempel efeknya banyak kecelakaan nissan itu penumpangnya kakinya kejepit
ada kok dulu penghuni sini naek FD1 di hantem truck mobilnya gak bebentuk mesinnya ud mental kemana tau orangnya masih bisa ha ha hi hi
ni om contohnya civic FK justru paling letoy malah bagian2x luarnya
lagian satu contoh lagi ngomongin plastik om kalo liat corvette kecelakaan pasti amaze sama mobilnya karena itu mobil bodynya bisa untuh ya terang aja orang panel bodynya plastik semua pas keguling kalo tuh panel kalo masih nempel sama kagak robek ya membal balik ke bentuk semula
iya lagi, liat cybertruk gtu sih body tebel kuat plat baja. kaga ringsek, cuma hentakan penumpangnya ekstrim bener, gardan belakang sampe geser. keliatan bener energinya ga keserap baik
ngomong" civic FK mah emg rada gila jg tu mobil, torsional rigidity 35.975 N/mm. yg FE 38.800. percaya ga percaya, civic lebi rigid dari G20
darrelund wrote: ↑Sat Jan 06, 2024 1:39
iya lagi, liat cybertruk gtu sih body tebel kuat plat baja. kaga ringsek, cuma hentakan penumpangnya ekstrim bener, gardan belakang sampe geser. keliatan bener energinya ga keserap baik
ngomong" civic FK mah emg rada gila jg tu mobil, torsional rigidity 35.975 N/mm. yg FE 38.800. percaya ga percaya, civic lebi rigid dari G20
KEK kasus ini saya jadi owner cybertruck si malah sakit pala itu keliatan gak seberapa tapi benerinnya susah antara ganti panel nunggu lama atau tanda tanya ada tukang ketok bisa benerin gak ya
pada bilang itu corolla kalo di benerin bisa2x corolla duluan yang balik ke jalanan
honda menurut saya salah satu yang terbaik buat bikin chasis gak peduli BQ acakadut
darrelund wrote: ↑Sat Jan 06, 2024 1:39
iya lagi, liat cybertruk gtu sih body tebel kuat plat baja. kaga ringsek, cuma hentakan penumpangnya ekstrim bener, gardan belakang sampe geser. keliatan bener energinya ga keserap baik
ngomong" civic FK mah emg rada gila jg tu mobil, torsional rigidity 35.975 N/mm. yg FE 38.800. percaya ga percaya, civic lebi rigid dari G20
sebenernya klo liat press release honda selalu tiap ganti generasi yang di highlight adalah sasis yang torsional rigidity nya nambah. makanya hampir selalu civic / CRV / accord jadi top safety pick kastanya soal safety udah bersaing dgn top brands macem BMW dan merkedes. CRV gen 4 aja itu rigidity naik 60% dari gen 3 yang basically the same car. CRV RS juga naik banyak dari RW yang technically masih satu basis.
nggak lebay, karena market honda di luaran emang anak muda yang suka autocross dan trackday. invest di sasis itu hal terbaik yang mereka bisa kasih plus memudahkan riset aftermarket buat suspension tuners.
sementara market BMW udah geser ke luxury buyer jadi nggak terlalu invest ke sasis. seri-3 yang awalnya compact aja malah dipanjangin sekarang.
zonepublic wrote: ↑Fri Jan 05, 2024 16:24
Menurut saya itu cuma alasan produsen saja untuk ngeles dari menurunkan kualitas,betul secara fisika bemper lembek lebih aman untuk korban tabrakan itu katanya ketika peluncuran mobil bemper plastik 30 tahun lalu,tapi yg terjadi adalah makin tambah tahun bukan bemper aja yang makin tipis,tapi sampe chasis,plat bodi,plastik2 dasbor,doortrim sampe kursi semua makin ditipisin
ngerti istilah tensile strength? composite materials?
lebih tebal tdk selalu lbh bagus utk konteks material. utk konteks rigidity material itu yang dicari adalah density krn makin dense material = kekuatan meningkat. makanya carbon fiber skrg umum dipake krn ringan dan kuat.
material tebal itu nggak efisien dlm konteks engineering suatu mobil. makanya carbon fiber dan aluminium itu favorit nya para engineer untuk mobil top end krn cost produksinya masuk. kalau econobox carbon fiber nggak masuk. tapi skrg pake plat high tensile juga safety dan rigiditynya meningkat.
ni volvo ya ancur jg. inget ya crash test mobil apapun standarnya sama plek kecepatannya juga sama.
kalau daihatsu ane no komen, 30 thn kita ditipu kok.
tapi balik lagi ya kita ngomongin mobil bukan cheap econobox death trap di negara dunia ketiga. including mobcin yang blom jelas crash testnya yang ente bangga2kan platnya tebel juga.
ChZ wrote: ↑Sat Jan 06, 2024 3:01
ngerti istilah tensile strength? composite materials?
lebih tebal tdk selalu lbh bagus utk konteks material. utk konteks rigidity material itu yang dicari adalah density krn makin dense material = kekuatan meningkat. makanya carbon fiber skrg umum dipake krn ringan dan kuat.
material tebal itu nggak efisien dlm konteks engineering suatu mobil. makanya carbon fiber dan aluminium itu favorit nya para engineer untuk mobil top end krn cost produksinya masuk. kalau econobox carbon fiber nggak masuk. tapi skrg pake plat high tensile juga safety dan rigiditynya meningkat.
ni volvo ya ancur jg. inget ya crash test mobil apapun standarnya sama plek kecepatannya juga sama.
kalau daihatsu ane no komen, 30 thn kita ditipu kok.
tapi balik lagi ya kita ngomongin mobil bukan cheap econobox death trap di negara dunia ketiga. including mobcin yang blom jelas crash testnya yang ente bangga2kan platnya tebel juga.
Tapi dua2nya passanger box-nya selamet lho, keliatan kan energi tabrakannya diserap sama crumple zone depan. Makanya kalo mau sayang nyawa memang mending beli yg global market ya (kecuali DNGA, termasuk Yarcross ). Kalo mobcin yang established emang masih meragukan ya oom ?, kayak Geely, dia kan induk Volvo, masa iya kagak dapet ilmu bikin chassis bener ?.
Kalo pelat sih emang jangan ngomong tebal tipis, tapi tensile-nya, mending tipis tapi high tensile, daripada tebel tapi medium tensile. Cuma kalo pabrikan mau pindah ke high tensile emang harus ganti mesin press sama dies-nya, pressurenya harus lebih tinggi, lha kan kita ndak tau tuh mesin press-nya si Daihatsu dah balik modal belun
Itu viral Pajero dihajar bis di tol juga keliatan kelemahan ladder frame kan, dia kena hantam kena body shell-nya, sampe penyet tinggal separo, padahal ladder frame-nya selamet
klo dri pengamatan saya sbg orang awam, bagian depan & blkg mobil2 jaman skrg kyknya emg sengaja dibikin lembek utk meredam efek klo terjadi tabrakan. dri kerusakan yg dialami, kemungkinan benturan di bagian depan tdk trlalu keras karena bumpernya msh utuh (gk smpe sobek). bgtu jga dgn bagian blkgnya. cmiiw
Menurut saya itu cuma alasan produsen saja untuk ngeles dari menurunkan kualitas,betul secara fisika bemper lembek lebih aman untuk korban tabrakan itu katanya ketika peluncuran mobil bemper plastik 30 tahun lalu,tapi yg terjadi adalah makin tambah tahun bukan bemper aja yang makin tipis,tapi sampe chasis,plat bodi,plastik2 dasbor,doortrim sampe kursi semua makin ditipisin
Kalo ga percaya hitung aja rasio ukuran dengan berat mobil2 tahun 90an dibandingkan dengan mobil2 saat ini
Kalo alasannya memang mau memperbaiki safety untuk orang di luar mobil jangan mengorbankan safety pengemudinya juga sih,klo bemper ditipisin diganti plastik bagian chasis harusnya ditebelin platnya atau bahan2 yang jadi pembatas antara ruang mesin dan kabin atau pilar2 dikuatin lagi
Karena pada kenyataanya volvo yg terkenal bikin mobil teraman di dunia ga sampe segitu extremenya mengganti dan mengurangi bahan dalam pembuatan mobilnya ,kalau memang concern sama safety pasti pabrikan lain bisa nyontek teknologinya volvo
Itu mobil daihatsu rocky tahun 98 lawan daihatsu rocky 2022 kalo diajak adu banteng di kecepatan 80kph saya yakin rocky 2022 akan lebih parah kerusakannya
Kijang Innova aja kalah kok adu banteng sama taft jadul taun 90an
Klo produk bikinan astra perkecualian dan no komen,
Ada benarnya.
Tapi secara global...
Bnyk lainnya, search ajah
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Bibieight wrote: ↑Sat Jan 06, 2024 3:25
Tapi dua2nya passanger box-nya selamet lho, keliatan kan energi tabrakannya diserap sama crumple zone depan. Makanya kalo mau sayang nyawa memang mending beli yg global market ya (kecuali DNGA, termasuk Yarcross ). Kalo mobcin yang established emang masih meragukan ya oom ?, kayak Geely, dia kan induk Volvo, masa iya kagak dapet ilmu bikin chassis bener ?.
Kalo pelat sih emang jangan ngomong tebal tipis, tapi tensile-nya, mending tipis tapi high tensile, daripada tebel tapi medium tensile. Cuma kalo pabrikan mau pindah ke high tensile emang harus ganti mesin press sama dies-nya, pressurenya harus lebih tinggi, lha kan kita ndak tau tuh mesin press-nya si Daihatsu dah balik modal belun
Itu viral Pajero dihajar bis di tol juga keliatan kelemahan ladder frame kan, dia kena hantam kena body shell-nya, sampe penyet tinggal separo, padahal ladder frame-nya selamet
itulah om, makanya ane bilangnya mobil yah, bukan death trap k
alo mobcin chery boleh la ada global NCAP meski gak tau deh kalo mau nakal2 kayak daihatsu paling terungkapnya 50 thn lagi cuma yakin lah kalo chery, disetir soalnya masih enak itu mobil kontrolnya. kalo si batman ane ngga pernah sreg, disetir juga ketauan sasisnya nggak bagus.
itu dy mungkin yang bikin mobil2 skrg mahalnya ampun ampunan. pada ngejer balik modal sementara persaingan makin sengit dgn adanya china. mau gak mau ya margin harus ditambah supaya nutup op cost minimal. apalagi saingan banyak perusahaan bakar duit macem tesla yang disuntik terus ma investor, sementara pabrikan tradisional kan ngejer keuangannya sehat, bukan banting harga bakar bakar duit ntah profitablenya kapan.
ChZ wrote: ↑Sat Jan 06, 2024 4:21
itulah om, makanya ane bilangnya mobil yah, bukan death trap k
alo mobcin chery boleh la ada global NCAP meski gak tau deh kalo mau nakal2 kayak daihatsu paling terungkapnya 50 thn lagi cuma yakin lah kalo chery, disetir soalnya masih enak itu mobil kontrolnya. kalo si batman ane ngga pernah sreg, disetir juga ketauan sasisnya nggak bagus.
itu dy mungkin yang bikin mobil2 skrg mahalnya ampun ampunan. pada ngejer balik modal sementara persaingan makin sengit dgn adanya china. mau gak mau ya margin harus ditambah supaya nutup op cost minimal. apalagi saingan banyak perusahaan bakar duit macem tesla yang disuntik terus ma investor, sementara pabrikan tradisional kan ngejer keuangannya sehat, bukan banting harga bakar bakar duit ntah profitablenya kapan.
beberapa mobil china di test euncap si hasilnya bagus om cuma ya karena mereka fitur safetynya lebih banyak aja jadi pointnya dapet banyak
Bibieight wrote: ↑Sat Jan 06, 2024 3:25
Tapi dua2nya passanger box-nya selamet lho, keliatan kan energi tabrakannya diserap sama crumple zone depan. Makanya kalo mau sayang nyawa memang mending beli yg global market ya (kecuali DNGA, termasuk Yarcross ). Kalo mobcin yang established emang masih meragukan ya oom ?, kayak Geely, dia kan induk Volvo, masa iya kagak dapet ilmu bikin chassis bener ?.
Kalo pelat sih emang jangan ngomong tebal tipis, tapi tensile-nya, mending tipis tapi high tensile, daripada tebel tapi medium tensile. Cuma kalo pabrikan mau pindah ke high tensile emang harus ganti mesin press sama dies-nya, pressurenya harus lebih tinggi, lha kan kita ndak tau tuh mesin press-nya si Daihatsu dah balik modal belun
Itu viral Pajero dihajar bis di tol juga keliatan kelemahan ladder frame kan, dia kena hantam kena body shell-nya, sampe penyet tinggal separo, padahal ladder frame-nya selamet
dulu yang artis aja sampe robek om baru2x ini juga ada fortuner di bawa anak 17thn robek separo tuh mobil juga, ud saya bilang di atas kalo low speed kek tank kebal saya punya ud 2 kali nyenggol gak ada luka padahal pas nyenggol jantung mau copot pas ngecek ketawa2x jiaah gak ada bekasnya
ladder framenya gak usah di omong itu kan besinya ud kayak baja buat bikin gedung
b0ku wrote: ↑Sat Jan 06, 2024 5:47
beberapa mobil china di test euncap si hasilnya bagus om cuma ya karena mereka fitur safetynya lebih banyak aja jadi pointnya dapet banyak
makanya yang bikin susah ini kadang test score NCAP skrg struktur aman tapi dapet bintang 3 karena nggak ada active safety. sedangkan ada yang strukturnya kurang bagus tapi dapet 5 karena active safety lengkap macem ADAS dll
ChZ wrote: ↑Sat Jan 06, 2024 3:01
ngerti istilah tensile strength? composite materials?
lebih tebal tdk selalu lbh bagus utk konteks material. utk konteks rigidity material itu yang dicari adalah density krn makin dense material = kekuatan meningkat. makanya carbon fiber skrg umum dipake krn ringan dan kuat.
material tebal itu nggak efisien dlm konteks engineering suatu mobil. makanya carbon fiber dan aluminium itu favorit nya para engineer untuk mobil top end krn cost produksinya masuk. kalau econobox carbon fiber nggak masuk. tapi skrg pake plat high tensile juga safety dan rigiditynya meningkat.
ni volvo ya ancur jg. inget ya crash test mobil apapun standarnya sama plek kecepatannya juga sama.
kalau daihatsu ane no komen, 30 thn kita ditipu kok.
tapi balik lagi ya kita ngomongin mobil bukan cheap econobox death trap di negara dunia ketiga. including mobcin yang blom jelas crash testnya yang ente bangga2kan platnya tebel juga.
Ya saya setuju untuk engineering lbh baik dengan reinforce secara fisika dan penyempurnaan teknologi safety lebih baik yang artinya penyempurnaan zona2 tabrakan untuk menyelamatkan orang dalam kabin,tapi bukan berarti jadi alasan untuk menurunkan kualitas kendaraan spt penipisan plat bodi tanpa ditambah peredam suara pengganti getaran&kebisingan,penggantian bahan dasbor,door trim dengan plastik2 murah,pengurangan ketebalan busa pada jok padahal harga barang naik terus