Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7371
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by newrubble »

lg ditimbang-timbang perodua atau adm yg bye bye
unik cara jepang u closure
30th nipu itukan kata mrk
ibarat dia sendiri yg mbakar n dia sendiri yg lapor brandweer
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by ChZ »

zonepublic wrote: Sat Jan 06, 2024 6:33 Ya saya setuju untuk engineering lbh baik dengan reinforce secara fisika dan penyempurnaan teknologi safety lebih baik yang artinya penyempurnaan zona2 tabrakan untuk menyelamatkan orang dalam kabin,tapi bukan berarti jadi alasan untuk menurunkan kualitas kendaraan spt penipisan plat bodi tanpa ditambah peredam suara pengganti getaran&kebisingan,penggantian bahan dasbor,door trim dengan plastik2 murah,pengurangan ketebalan busa pada jok padahal harga barang naik terus
Bukan cari alesan doang.

Semua kan balik ke market apa yg dituju.

Barang2 bagus marketnya ada sendiri. Utk mobil deathtrap rata rata dikurangin krn marketnya bukan itu. Pembelinya lebih utamakan bbm irit dan mudah (murah) diperbaiki. Dlm hal itu plastik ember yg non esensial sifatnya hanya luxury trimming saja pasti dikurangi diubah jd plastic dash yang dicetak menyerupai luxury trimming.

Ente ngeluh gini, giliran nanti dikasi dasbor trimmingnya mahal kena panas dikit ga kuat perbaiki belasan juta juga protes kan? Sad realitynya mobil dgn luxury trimming kalo udah tua, kreket kreket semua tuh. Bengkel restorasi interior ga pernah sepi dgn mobil2 begini. Econobox ga ada problem gini wong plastik ember.

Coba referensinya diperluas. Banyak jalan2 ke pameran buat lihat mobil2 yg ga itu itu saja. Klo referensinya local death trap mulu ya susah kita ngobrol di sini apalagi blom test drive.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by kendibocor »

Bibieight wrote: Sat Jan 06, 2024 3:25
ChZ wrote: Sat Jan 06, 2024 3:01
ngerti istilah tensile strength? composite materials?

lebih tebal tdk selalu lbh bagus utk konteks material. utk konteks rigidity material itu yang dicari adalah density krn makin dense material = kekuatan meningkat. makanya carbon fiber skrg umum dipake krn ringan dan kuat.

material tebal itu nggak efisien dlm konteks engineering suatu mobil. makanya carbon fiber dan aluminium itu favorit nya para engineer untuk mobil top end krn cost produksinya masuk. kalau econobox carbon fiber nggak masuk. tapi skrg pake plat high tensile juga safety dan rigiditynya meningkat.

ni volvo ya ancur jg. inget ya crash test mobil apapun standarnya sama plek kecepatannya juga sama.


kalau daihatsu ane no komen, 30 thn kita ditipu kok.

tapi balik lagi ya kita ngomongin mobil bukan cheap econobox death trap di negara dunia ketiga. including mobcin yang blom jelas crash testnya yang ente bangga2kan platnya tebel juga.
Tapi dua2nya passanger box-nya selamet lho, keliatan kan energi tabrakannya diserap sama crumple zone depan. Makanya kalo mau sayang nyawa memang mending beli yg global market ya (kecuali DNGA, termasuk Yarcross :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:). Kalo mobcin yang established emang masih meragukan ya oom ?, kayak Geely, dia kan induk Volvo, masa iya kagak dapet ilmu bikin chassis bener ?.

Kalo pelat sih emang jangan ngomong tebal tipis, tapi tensile-nya, mending tipis tapi high tensile, daripada tebel tapi medium tensile. Cuma kalo pabrikan mau pindah ke high tensile emang harus ganti mesin press sama dies-nya, pressurenya harus lebih tinggi, lha kan kita ndak tau tuh mesin press-nya si Daihatsu dah balik modal belun :big_peace: :big_peace: :big_peace:

Itu viral Pajero dihajar bis di tol juga keliatan kelemahan ladder frame kan, dia kena hantam kena body shell-nya, sampe penyet tinggal separo, padahal ladder frame-nya selamet :big_think: :big_think: :big_think:
Rata2 ladderframe kalo kecelakaan yg hancur atasnya, bagian ladderframenya sih biasanya utuh2 aja. Tp sering liat pillar A sampe hancur ga karuan. Entah kecelakaan high speed atau pillar A nya lembek.
ChZ wrote: Sat Jan 06, 2024 7:17
zonepublic wrote: Sat Jan 06, 2024 6:33 Ya saya setuju untuk engineering lbh baik dengan reinforce secara fisika dan penyempurnaan teknologi safety lebih baik yang artinya penyempurnaan zona2 tabrakan untuk menyelamatkan orang dalam kabin,tapi bukan berarti jadi alasan untuk menurunkan kualitas kendaraan spt penipisan plat bodi tanpa ditambah peredam suara pengganti getaran&kebisingan,penggantian bahan dasbor,door trim dengan plastik2 murah,pengurangan ketebalan busa pada jok padahal harga barang naik terus
Bukan cari alesan doang.

Semua kan balik ke market apa yg dituju.

Barang2 bagus marketnya ada sendiri. Utk mobil deathtrap rata rata dikurangin krn marketnya bukan itu. Pembelinya lebih utamakan bbm irit dan mudah (murah) diperbaiki. Dlm hal itu plastik ember yg non esensial sifatnya hanya luxury trimming saja pasti dikurangi diubah jd plastic dash yang dicetak menyerupai luxury trimming.

Ente ngeluh gini, giliran nanti dikasi dasbor trimmingnya mahal kena panas dikit ga kuat perbaiki belasan juta juga protes kan? Sad realitynya mobil dgn luxury trimming kalo udah tua, kreket kreket semua tuh. Bengkel restorasi interior ga pernah sepi dgn mobil2 begini. Econobox ga ada problem gini wong plastik ember.

Coba referensinya diperluas. Banyak jalan2 ke pameran buat lihat mobil2 yg ga itu itu saja. Klo referensinya local death trap mulu ya susah kita ngobrol di sini apalagi blom test drive.
Tar pd blg dashboard merkedes, beemwe, kamri, alpat, harier, lexus segala jelek. Brp tahun pecah2. Tuh apanjah awet2 aja :big_weee: macem sofa kulit dibandingin sama kursi plastik :big_biglaugh:
Balik ke material. Diluar seberapa banyak keuntungan atpm ngerakit mbl disini, saat ini sih jgn banyak berharap lah. Dikasi material busuk aja uda pd teriak2 mahal apalagi materialnya dibagusin. Harganya makin ga ngotak. Jgn berharap korporat mau ngurangin margin keuntungannya. Satu2nya mereka nyerah soal keuntungan ya kalo mobilnya ga laku. Jgn berharap jg pemerintah mau turunin pajak kendaraan. Pemerintah turunin pun selisihnya diembat korporat, ujung2nya harganya ga banyak berubah. Makanya satu2nya jgn jgn dibeli mblnya :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Sat Jan 06, 2024 7:47 Tar pd blg dashboard merkedes, beemwe, kamri, alpat, harier, lexus segala jelek. Brp tahun pecah2. Tuh apanjah awet2 aja :big_weee: macem sofa kulit dibandingin sama kursi plastik :big_biglaugh:
Balik ke material. Diluar seberapa banyak keuntungan atpm ngerakit mbl disini, saat ini sih jgn banyak berharap lah. Dikasi material busuk aja uda pd teriak2 mahal apalagi materialnya dibagusin. Harganya makin ga ngotak. Jgn berharap korporat mau ngurangin margin keuntungannya. Satu2nya mereka nyerah soal keuntungan ya kalo mobilnya ga laku. Jgn berharap jg pemerintah mau turunin pajak kendaraan. Pemerintah turunin pun selisihnya diembat korporat, ujung2nya harganya ga banyak berubah. Makanya satu2nya jgn jgn dibeli mblnya :big_biglaugh:
makanya ane heran sama yang tereak2 dasbor plastik tipis lah mau tiap 7-8 taun ke bengkel interior benerin belasan juta? ngga murah itu benerin dasbor. pasien pasien bengkel interior itu ya sedan2 jerman dari tua ampe muda ma toyota2 mewah. klo ngantrinya masih pertalite dan tiap awal bulan ketar ketir pertamax naik, ngga usah sok sok mau mobil dasbor kulit mewah. nangis tar denger ongkosnya.

bemper plastik tipis? ya kalo secara cost dan supply chain, jauh lebih mudah cari plastik low grade yang umum. kalo semua mobil minta plastik grade volvo atau merkedes ya mau dijual harga berapa itu ? nanti nangis lagi kalo body repair bempernya mahal. ngerti sendiri bemper volvo vs bemper brio ngga mungkin sama harganya.

bemper besi udah ngga pedestrian safe dan utk kota-kota aja udah pasti dikurangin dgn alasan ini, kecuali mau ke hutan pake taft ya wajib bemper besi buat nerabas pohon. taft dikasih bemper plastik ya nanti kegosrek pohon dikit lecet ancur.

intinya engineeringnya skrg lebih spesifik sesuai needs marketnya, cost cutting itu keniscayaan tapi balik lagi pertanyaannya : wani piro? :big_weee:

btw sebenernya menarik tu soal "boikot produk" ke kapitalis. sebenernya di mobil low end ini udah terjadi misal koreksi harga LMPV yang makin kesini tetep ngga feasible buat naik di atas 300 juta. hampir semua LMPV skrg diskonnya 30 up. kasarannya minimal diskon 10%.

kayak starbak yang sejak di boikot belinya macem voucher diskon matahari aja tiap beli minuman potong 30% :upss:

hrs diakui banyak yang ngeluh pasar otomotif stagnan bagus kalau nggak turun. apalagi pra pilpres gini pada wait and see trennya. kebetulan minggu lalu di starbak sempet diajak kenalan kacab nya chery semarang :upss: muka ane mulai kedeteksi sering keliatan di pameran keknya lagi diem anteng2 kok diajak kenalan :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by Bibieight »

newrubble wrote: Sat Jan 06, 2024 6:47 lg ditimbang-timbang perodua atau adm yg bye bye
unik cara jepang u closure
30th nipu itukan kata mrk
ibarat dia sendiri yg mbakar n dia sendiri yg lapor brandweer
Kalo liat saham ASII yg melata under 6000 padahal profit 2022 naik 50% dari 2021 berarti ya ADM :big_think: :big_think: :big_think: .. Sayang petinggi2 ASII kagak ada yg punya nyali, padahal yakin saya mereka bisa bikin mobil dr scratch, apalagi jaman EV sekarang, masa Vinfast bisa ASII kagak bisa :big_dunno: :big_dunno: :big_dunno:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by Bibieight »

zonepublic wrote: Sat Jan 06, 2024 6:33 Ya saya setuju untuk engineering lbh baik dengan reinforce secara fisika dan penyempurnaan teknologi safety lebih baik yang artinya penyempurnaan zona2 tabrakan untuk menyelamatkan orang dalam kabin,tapi bukan berarti jadi alasan untuk menurunkan kualitas kendaraan spt penipisan plat bodi tanpa ditambah peredam suara pengganti getaran&kebisingan,penggantian bahan dasbor,door trim dengan plastik2 murah,pengurangan ketebalan busa pada jok padahal harga barang naik terus
Antara chassis+suspensi, NVH sama built quality itu 3 hal terpisah, tergantung produsen sama market. Chassis+sus bagus = mahal, kurangilah NVH+built quality, ini jalur Honda. Mau NVH+built quality mendingan/pas2an chassis dikurangi, kayaknya inilah jalur TMC&DMC.

Tapi yg paling ndak mungkin itu NVH+built quality bagus chassis pas2an :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: , meskipun pabrikan benernya seneng yg ini sih, paling murah itu built quality, terutama yg interior, bikin jok empuk kulit, dashboard soft touch, peredam tebel itu gampang dan murah. Kalo panel gap yg metal mahal, prosesnya panjang, masih butuh dies dan press pula, makanya panel2 pada pergi ke plastik...

Kalo chassis itu mahal pake banget, R&D-nya mahal, belun investasi mesin press sama dies buat high tensile strength, belum materialnya, pelat high tensile tebel cuma 1mm bisa berlipat2 harga dibanding plat bordes 3 mm, belum weldingnya, kalo mau bener dan presisi ya terpaksa lompat ke laser welding.

Ini baru ngomong frame yak, belun engine, kenapa umur engine panjang2 ya gini, duit pabrikan segitu2nya suruh milih, ya akhirnya umur engine panjang2 : EP6-nya PSA udah dari 2006 sampe sekarang, KR apalagi, lahir 2004, NR juga ndak muda2 banget, kelahiran 2008, mudaan malah B48, masih remaja, kelahiran 2014 :big_biglaugh: :big_biglaugh:
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by ExorT »

ChZ wrote: Sat Jan 06, 2024 8:05
btw sebenernya menarik tu soal "boikot produk" ke kapitalis. sebenernya di mobil low end ini udah terjadi misal koreksi harga LMPV yang makin kesini tetep ngga feasible buat naik di atas 300 juta. hampir semua LMPV skrg diskonnya 30 up. kasarannya minimal diskon 10%.

kayak starbak yang sejak di boikot belinya macem voucher diskon matahari aja tiap beli minuman potong 30% :upss:
Mobil kelas LMPV memang didiskon, tapi mobil globalnya harganya dinaikin banyak.

CRV baru rilis di Malaysia, harga 1.5T varian tertingginya di 600 kecil. Belum lagi harga mobil listrik disana macam Tesla dkk, yang menurut ane masih sangat reasonable. Appreciate sebenarnya untuk harga Ioniq 5 di sini, produk global dengan harga wajar pula.

Tinggal liat BYD di Indo, harganya bakal bisa nyamain sama negara2 tetangga ngga. Prediksi ane sih pesimis ya. :big_sorry:
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7371
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by newrubble »

kasus safety scandal hanya just cause krn intinya daihatsu (toyota) punya pilihan (kedepannya) utk electrification
mo bangun sendiri dgn daihatsu (adm maupun perodua) atau maruti-suzuki yg spesialis low compliance market
daihatsu market exit timeline: 2005 (ostrali); 2013 (eu/eea); 2015 africa (south); 2016 (zhonghwa); 2022 africa (south,avanza)
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by lexnic »

ChZ wrote: Sat Jan 06, 2024 7:17
zonepublic wrote: Sat Jan 06, 2024 6:33 Ya saya setuju untuk engineering lbh baik dengan reinforce secara fisika dan penyempurnaan teknologi safety lebih baik yang artinya penyempurnaan zona2 tabrakan untuk menyelamatkan orang dalam kabin,tapi bukan berarti jadi alasan untuk menurunkan kualitas kendaraan spt penipisan plat bodi tanpa ditambah peredam suara pengganti getaran&kebisingan,penggantian bahan dasbor,door trim dengan plastik2 murah,pengurangan ketebalan busa pada jok padahal harga barang naik terus
Bukan cari alesan doang.

Semua kan balik ke market apa yg dituju.

Barang2 bagus marketnya ada sendiri. Utk mobil deathtrap rata rata dikurangin krn marketnya bukan itu. Pembelinya lebih utamakan bbm irit dan mudah (murah) diperbaiki. Dlm hal itu plastik ember yg non esensial sifatnya hanya luxury trimming saja pasti dikurangi diubah jd plastic dash yang dicetak menyerupai luxury trimming.

Ente ngeluh gini, giliran nanti dikasi dasbor trimmingnya mahal kena panas dikit ga kuat perbaiki belasan juta juga protes kan? Sad realitynya mobil dgn luxury trimming kalo udah tua, kreket kreket semua tuh. Bengkel restorasi interior ga pernah sepi dgn mobil2 begini. Econobox ga ada problem gini wong plastik ember.

Coba referensinya diperluas. Banyak jalan2 ke pameran buat lihat mobil2 yg ga itu itu saja. Klo referensinya local death trap mulu ya susah kita ngobrol di sini apalagi blom test drive.
IMO yg di bold ini bener, mkanya semuanya kembali ke market dmana produk tsb dijual. klo saya, mnding kita sebagai pembeli yg pinter2 memilih. toh pada akhirnya keputusan ada di tangan kita sebagai pembeli. klo gk sreg, ya gk usah dibeli.:mky_01:
kendibocor wrote: Sat Jan 06, 2024 7:47
Rata2 ladderframe kalo kecelakaan yg hancur atasnya, bagian ladderframenya sih biasanya utuh2 aja. Tp sering liat pillar A sampe hancur ga karuan. Entah kecelakaan high speed atau pillar A nya lembek.
mobil2 ladderframe jga lbh rawan limbung sih, jdi klo pas kecelakaan dlm kecepatan tinggi potensi kebaliknya jga lbh besar..
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1987 - now]
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by kendibocor »

lexnic wrote: Sat Jan 06, 2024 9:49
ChZ wrote: Sat Jan 06, 2024 7:17
zonepublic wrote: Sat Jan 06, 2024 6:33 Ya saya setuju untuk engineering lbh baik dengan reinforce secara fisika dan penyempurnaan teknologi safety lebih baik yang artinya penyempurnaan zona2 tabrakan untuk menyelamatkan orang dalam kabin,tapi bukan berarti jadi alasan untuk menurunkan kualitas kendaraan spt penipisan plat bodi tanpa ditambah peredam suara pengganti getaran&kebisingan,penggantian bahan dasbor,door trim dengan plastik2 murah,pengurangan ketebalan busa pada jok padahal harga barang naik terus
Bukan cari alesan doang.

Semua kan balik ke market apa yg dituju.

Barang2 bagus marketnya ada sendiri. Utk mobil deathtrap rata rata dikurangin krn marketnya bukan itu. Pembelinya lebih utamakan bbm irit dan mudah (murah) diperbaiki. Dlm hal itu plastik ember yg non esensial sifatnya hanya luxury trimming saja pasti dikurangi diubah jd plastic dash yang dicetak menyerupai luxury trimming.

Ente ngeluh gini, giliran nanti dikasi dasbor trimmingnya mahal kena panas dikit ga kuat perbaiki belasan juta juga protes kan? Sad realitynya mobil dgn luxury trimming kalo udah tua, kreket kreket semua tuh. Bengkel restorasi interior ga pernah sepi dgn mobil2 begini. Econobox ga ada problem gini wong plastik ember.

Coba referensinya diperluas. Banyak jalan2 ke pameran buat lihat mobil2 yg ga itu itu saja. Klo referensinya local death trap mulu ya susah kita ngobrol di sini apalagi blom test drive.
IMO yg di bold ini bener, mkanya semuanya kembali ke market dmana produk tsb dijual. klo saya, mnding kita sebagai pembeli yg pinter2 memilih. toh pada akhirnya keputusan ada di tangan kita sebagai pembeli. klo gk sreg, ya gk usah dibeli.:mky_01:
Susahnya market kita merk, resale value, bisikan sodara-tetangga lebih diutamain dibanding sama keselamatan. Kalo kecelakaan ya uda nasib. Waktu lg rangka esap heboh2nya aja bawahan ane pas mo beli motor tetep adnoh. Trus temen2nya jg sama aja tetep ngedukung adnoh. Alesannya adnoh dijual lg lebih tinggi, sparepart murah n gampang.

Mindset susah dirubah, apalagi turun temurun dicekokinnya kalo beli motor harus merk A, beli mobil harus merk B. Emang ga bisa berpikir kritis, ngikut aja yg uda jd kebiasaan di masyarakatnya dan ga berani mencoba yg baru. Tetangga ane aja 1 jalan semua mblnya kalo ga T ya H. Ada yg punya merk laen tp uda punya T atau H jg. Cuman ane doang satu2nya yg ga ada mbl T dan H digarasi :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Sat Jan 06, 2024 10:14
Susahnya market kita merk, resale value, bisikan sodara-tetangga lebih diutamain dibanding sama keselamatan. Kalo kecelakaan ya uda nasib. Waktu lg rangka esap heboh2nya aja bawahan ane pas mo beli motor tetep adnoh. Trus temen2nya jg sama aja tetep ngedukung adnoh. Alesannya adnoh dijual lg lebih tinggi, sparepart murah n gampang.

Mindset susah dirubah, apalagi turun temurun dicekokinnya kalo beli motor harus merk A, beli mobil harus merk B. Emang ga bisa berpikir kritis, ngikut aja yg uda jd kebiasaan di masyarakatnya dan ga berani mencoba yg baru. Tetangga ane aja 1 jalan semua mblnya kalo ga T ya H. Ada yg punya merk laen tp uda punya T atau H jg. Cuman ane doang satu2nya yg ga ada mbl T dan H digarasi :big_biglaugh:
selalu nyalahinnya itu2x aja padhal di lapangan yang merek kagak jelas komponennya susah om :big_bored:

jgnkan mobil non jepang mitsu aja kadang suka kagak ada barangnya :big_bored:

terus punya mobil fitur segudang kalo gak partsnya apalagi masih di pake buat nguli emang enak???? yang ada ya kapok kagak mau beli lagi cari aman belinya yang itu2x aja :big_bored:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by zonepublic »

ChZ wrote: Sat Jan 06, 2024 7:17
Bukan cari alesan doang.

Semua kan balik ke market apa yg dituju.

Barang2 bagus marketnya ada sendiri. Utk mobil deathtrap rata rata dikurangin krn marketnya bukan itu. Pembelinya lebih utamakan bbm irit dan mudah (murah) diperbaiki. Dlm hal itu plastik ember yg non esensial sifatnya hanya luxury trimming saja pasti dikurangi diubah jd plastic dash yang dicetak menyerupai luxury trimming.

Ente ngeluh gini, giliran nanti dikasi dasbor trimmingnya mahal kena panas dikit ga kuat perbaiki belasan juta juga protes kan? Sad realitynya mobil dgn luxury trimming kalo udah tua, kreket kreket semua tuh. Bengkel restorasi interior ga pernah sepi dgn mobil2 begini. Econobox ga ada problem gini wong plastik ember.

Coba referensinya diperluas. Banyak jalan2 ke pameran buat lihat mobil2 yg ga itu itu saja. Klo referensinya local death trap mulu ya susah kita ngobrol di sini apalagi blom test drive.
Nah itu dia klo marketnya mau dibuat seluas mungkin ya akhirnya jalanan macet,bikin stress nyambung ke banyak kecelakaan juga akhirnya,mending dilimit kali ya biar yg emang bener2 mampu aja yang bisa punya mobil proper
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by kendibocor »

b0ku wrote: Sat Jan 06, 2024 10:40
kendibocor wrote: Sat Jan 06, 2024 10:14
Susahnya market kita merk, resale value, bisikan sodara-tetangga lebih diutamain dibanding sama keselamatan. Kalo kecelakaan ya uda nasib. Waktu lg rangka esap heboh2nya aja bawahan ane pas mo beli motor tetep adnoh. Trus temen2nya jg sama aja tetep ngedukung adnoh. Alesannya adnoh dijual lg lebih tinggi, sparepart murah n gampang.

Mindset susah dirubah, apalagi turun temurun dicekokinnya kalo beli motor harus merk A, beli mobil harus merk B. Emang ga bisa berpikir kritis, ngikut aja yg uda jd kebiasaan di masyarakatnya dan ga berani mencoba yg baru. Tetangga ane aja 1 jalan semua mblnya kalo ga T ya H. Ada yg punya merk laen tp uda punya T atau H jg. Cuman ane doang satu2nya yg ga ada mbl T dan H digarasi :big_biglaugh:
selalu nyalahinnya itu2x aja padhal di lapangan yang merek kagak jelas komponennya susah om :big_bored:

jgnkan mobil non jepang mitsu aja kadang suka kagak ada barangnya :big_bored:

terus punya mobil fitur segudang kalo gak partsnya apalagi masih di pake buat nguli emang enak???? yang ada ya kapok kagak mau beli lagi cari aman belinya yang itu2x aja :big_bored:
T dan H jg kadang jg sering indent barangnya apalagi yg slow moving. Tp ya memang mereka cepet sih itungan hari uda bisa ready. Kadang merk2 lain bisa berminggu2. Tp waktu itu crv gw tabrakan frontal depan masuk bengkel jg 1,5 bulan apa 2 bln. Alesannya nunggu sparepart. Waktu itu yg indent radiator apa yak. Lg gw cari bon sama fotonya ada di laptop kayanya :upss:

Ane ga blg beli mbl harus fitur segudang sih, make CX30 bini aja kadang ke distract banget dikit2 bunyi peringatan macem2. Yg penting prioritas safety no 1. Kalo mo milih mbl yg jelas2 safetynya substandar atas nama sparepart gampang ya silahkan. Tp gw sih lebih milih mbl yg aman drpd kalo rusak sparepartnya gampang. Mbl rusak seberapa sering sih. Blm tentu setaon sekali rusak sampe ga bisa jalan (kecuali kecelakaan). Yg ngehargain nyawa seberapa berharga kan diri sendiri, kalo nganggap nyawanya murah dan mau dihargain murah sama pihak laen ya itu haknya masing2 orang :upss:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Sat Jan 06, 2024 11:16 T dan H jg kadang jg sering indent barangnya apalagi yg slow moving. Tp ya memang mereka cepet sih itungan hari uda bisa ready. Kadang merk2 lain bisa berminggu2. Tp waktu itu crv gw tabrakan frontal depan masuk bengkel jg 1,5 bulan apa 2 bln. Alesannya nunggu sparepart. Waktu itu yg indent radiator apa yak. Lg gw cari bon sama fotonya ada di laptop kayanya :upss:

Ane ga blg beli mbl harus fitur segudang sih, make CX30 bini aja kadang ke distract banget dikit2 bunyi peringatan macem2. Yg penting prioritas safety no 1. Kalo mo milih mbl yg jelas2 safetynya substandar atas nama sparepart gampang ya silahkan. Tp gw sih lebih milih mbl yg aman drpd kalo rusak sparepartnya gampang. Mbl rusak seberapa sering sih. Blm tentu setaon sekali rusak sampe ga bisa jalan (kecuali kecelakaan). Yg ngehargain nyawa seberapa berharga kan diri sendiri, kalo nganggap nyawanya murah dan mau dihargain murah sama pihak laen ya itu haknya masing2 orang :upss:
t sama h ya tergantung tipe juga om saya pake sirion setengah mati juga soalnya barang gak laku cuma kalo mobilnya banjir ya gampang banget :mky_03:


mobil safety itu balik lagi sih seberapa niat dia bangun struktur yang bagus kenapa saya dari dulu suka honda???, sayang advertnya ud ilang dulu :big_bored:

mereka market G-CON itu mereka bilang G-CON itu di rancang buat ngehindarin celaka (karena di bangun stiff dan ringan) tapi masih bisa nahan in cased kamu nabrak...... :mky_03:

makannya safety itu sebatas mobil2x dengan handling bagus aja om apalagi mereka bisa bikin tuh mobil agile tapi gampang di kontrol minim oversterr in cased kita panik dan manuver, kalo saya pegangnya si pembuat chasis paling bagus sejauh ini saya selalu megang honda, mazda, bmw VW mereka paling jago bikin chasis iya sama volvo si cuma entah kenapa polpo itu kurang menarik buat saya :mky_03:

percuma punya ASR, EPS ETC ETC kalo chasisnya busuk juga gak nolong :mky_03:

makannya ane pake mobil tua sama mobil oleng :drinking: tapi ane modif lebih abisin banyak duit ke handling sama rem karena 2 faktor itu yang nolong banyak di jalan buat ane :mky_03:

emang di jalan itu sebisa mungkin nyari mobil agile saya sih paling suka mazda sama honda sejauh ini kalo soal agile :mky_03:
mkamil
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by mkamil »

Bibieight wrote: Sat Jan 06, 2024 8:43
Ini baru ngomong frame yak, belun engine, kenapa umur engine panjang2 ya gini, duit pabrikan segitu2nya suruh milih, ya akhirnya umur engine panjang2 : EP6-nya PSA udah dari 2006 sampe sekarang, KR apalagi, lahir 2004, NR juga ndak muda2 banget, kelahiran 2008, mudaan malah B48, masih remaja, kelahiran 2014 :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Honda L engine, versatile banget, dari yg murah sampai yang mahal, dari mobil small sampai mid size sedan, dari 2001 sampai sekarang dgn variant yg banyak (N/A, turbo, hybrid)

entah mau dikembangin sampai mentok gimana dan sampai kapan, mungkin selama EV belum dominan :big_think:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by b0ku »

mkamil wrote: Sat Jan 06, 2024 11:42
Honda L engine, versatile banget, dari yg murah sampai yang mahal, dari mobil small sampai mid size sedan, dari 2001 sampai sekarang dgn variant yg banyak (N/A, turbo, hybrid)

entah mau dikembangin sampai mentok gimana dan sampai kapan, mungkin selama EV belum dominan :big_think:
ud 20thn :big_biglaugh: k series aja ud mau minggat untung aja masih ada K20C :mky_07:
R SERIES paling muda ud punah duluan :mky_03:

hondata sekarang ngembangin buat L series karena mereka bilang di masa depan L series bakalan jadi maenan soalnya di junkyard banyak ini omongin yang turbo :mky_03:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by kendibocor »

b0ku wrote: Sat Jan 06, 2024 11:47
mkamil wrote: Sat Jan 06, 2024 11:42
Honda L engine, versatile banget, dari yg murah sampai yang mahal, dari mobil small sampai mid size sedan, dari 2001 sampai sekarang dgn variant yg banyak (N/A, turbo, hybrid)

entah mau dikembangin sampai mentok gimana dan sampai kapan, mungkin selama EV belum dominan :big_think:
ud 20thn :big_biglaugh: k series aja ud mau minggat untung aja masih ada K20C :mky_07:
R SERIES paling muda ud punah duluan :mky_03:

hondata sekarang ngembangin buat L series karena mereka bilang di masa depan L series bakalan jadi maenan soalnya di junkyard banyak ini omongin yang turbo :mky_03:
R20 tuh engine kenceng nggak, irit nggak. Entah maunya apa. Mirip sama PE-VPS mazda sekarang :big_bored:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by ExorT »

kendibocor wrote: Sat Jan 06, 2024 11:16

Ane ga blg beli mbl harus fitur segudang sih, make CX30 bini aja kadang ke distract banget dikit2 bunyi peringatan macem2. Yg penting prioritas safety no 1. Kalo mo milih mbl yg jelas2 safetynya substandar atas nama sparepart gampang ya silahkan. Tp gw sih lebih milih mbl yg aman drpd kalo rusak sparepartnya gampang. Mbl rusak seberapa sering sih. Blm tentu setaon sekali rusak sampe ga bisa jalan (kecuali kecelakaan). Yg ngehargain nyawa seberapa berharga kan diri sendiri, kalo nganggap nyawanya murah dan mau dihargain murah sama pihak laen ya itu haknya masing2 orang :upss:
Kalau pakai mazdanya, apa fiturnya dimatiin semua Om? Ane sih selalu rutin matiin, cuman males juga kalo mesti masuk ke menu-nya cuman buat matiin CMBS setiap kali starter mobil. Kepikiran buat ngeisolasi camera nya diatas atau beli car scanner yang membuat fiturnya tetap non-aktif setiap kali starter mobilnya.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by kendibocor »

ExorT wrote: Sat Jan 06, 2024 13:15
kendibocor wrote: Sat Jan 06, 2024 11:16

Ane ga blg beli mbl harus fitur segudang sih, make CX30 bini aja kadang ke distract banget dikit2 bunyi peringatan macem2. Yg penting prioritas safety no 1. Kalo mo milih mbl yg jelas2 safetynya substandar atas nama sparepart gampang ya silahkan. Tp gw sih lebih milih mbl yg aman drpd kalo rusak sparepartnya gampang. Mbl rusak seberapa sering sih. Blm tentu setaon sekali rusak sampe ga bisa jalan (kecuali kecelakaan). Yg ngehargain nyawa seberapa berharga kan diri sendiri, kalo nganggap nyawanya murah dan mau dihargain murah sama pihak laen ya itu haknya masing2 orang :upss:
Kalau pakai mazdanya, apa fiturnya dimatiin semua Om? Ane sih selalu rutin matiin, cuman males juga kalo mesti masuk ke menu-nya cuman buat matiin CMBS setiap kali starter mobil. Kepikiran buat ngeisolasi camera nya diatas atau beli car scanner yang membuat fiturnya tetap non-aktif setiap kali starter mobilnya.
Nggak om, jarang pake mbl bini soalnya. Sesekali doang hari sabtu-minggu kalo mo keluat n mbl bini di luar dan ane males ngeluarin mbl ane. Rada males mati2in. Bisa di off-in semua kan ada tombolnya di bawah ac supir tp masalahnya masih make sensor parkir belakang. Yg mengganggu tuh lane keeping assist, ane pernah hampir nabrak di tol gara2 lg mo nyusul tipis2 trus dia ngebalikin stirnya sendiri ke jalur asal yg depannya ada mbl, emang salah jg sih ga nyalain sein :big_bored:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by ChZ »

zonepublic wrote: Sat Jan 06, 2024 10:48 Nah itu dia klo marketnya mau dibuat seluas mungkin ya akhirnya jalanan macet,bikin stress nyambung ke banyak kecelakaan juga akhirnya,mending dilimit kali ya biar yg emang bener2 mampu aja yang bisa punya mobil proper
Kapitalisme mana mau dilimit gitu. Di luar di regulasi ya buangnya ke third world country lah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by Bibieight »

Kemarin di Melb muter2, sering liat mobil kayak Zenix, dideketin ternyata Kluger, ini benernya satu platform sama Zenix ndak sih ?, yg bikin siwer tu fascia depan kayak ANKI, samping & belakang kayak Zenix. Kalo beneran satu platform, di Oz ini asalnya dari mana ya ?, Jepang langsung, Thailand, Indonesia apa Prindapan. Kalo Prindapan ya alamat TMMIN sama ADM tutup :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Sat Jan 06, 2024 12:17
R20 tuh engine kenceng nggak, irit nggak. Entah maunya apa. Mirip sama PE-VPS mazda sekarang :big_bored:
Mesin sese besar tapi ngejar keiritan kadang justru nggak dapet dua duanya mbah. Irit tanggung, kenceng kaga. Cuma semacem proyek iseng aja.

Honda R18 iritnya sama kayak cenggo sese (civic & hrv) tapi ngapain? L15 dioprek dikit dah sama tenaganya juga makanya skrg best of both world mending L15 dikasih turbo. Irit cenggo kenceng kayak nocenggo
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by rajapb »

zonepublic wrote: Fri Jan 05, 2024 16:24
lexnic wrote: Fri Jan 05, 2024 14:17

klo dri pengamatan saya sbg orang awam, bagian depan & blkg mobil2 jaman skrg kyknya emg sengaja dibikin lembek utk meredam efek klo terjadi tabrakan. dri kerusakan yg dialami, kemungkinan benturan di bagian depan tdk trlalu keras karena bumpernya msh utuh (gk smpe sobek). bgtu jga dgn bagian blkgnya. cmiiw :big_peace:
Menurut saya itu cuma alasan produsen saja untuk ngeles dari menurunkan kualitas,betul secara fisika bemper lembek lebih aman untuk korban tabrakan itu katanya ketika peluncuran mobil bemper plastik 30 tahun lalu,tapi yg terjadi adalah makin tambah tahun bukan bemper aja yang makin tipis,tapi sampe chasis,plat bodi,plastik2 dasbor,doortrim sampe kursi semua makin ditipisin
Kalo ga percaya hitung aja rasio ukuran dengan berat mobil2 tahun 90an dibandingkan dengan mobil2 saat ini
Kalo alasannya memang mau memperbaiki safety untuk orang di luar mobil jangan mengorbankan safety pengemudinya juga sih,klo bemper ditipisin diganti plastik bagian chasis harusnya ditebelin platnya atau bahan2 yang jadi pembatas antara ruang mesin dan kabin atau pilar2 dikuatin lagi
Karena pada kenyataanya volvo yg terkenal bikin mobil teraman di dunia ga sampe segitu extremenya mengganti dan mengurangi bahan dalam pembuatan mobilnya ,kalau memang concern sama safety pasti pabrikan lain bisa nyontek teknologinya volvo
Itu mobil daihatsu rocky tahun 98 lawan daihatsu rocky 2022 kalo diajak adu banteng di kecepatan 80kph saya yakin rocky 2022 akan lebih parah kerusakannya
Kijang Innova aja kalah kok adu banteng sama taft jadul taun 90an :big_grin:
ya sekilas emang taft utuh, tapi coba pilarnya geser gak tuh.
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by rajapb »

Bibieight wrote: Sat Jan 06, 2024 8:43
zonepublic wrote: Sat Jan 06, 2024 6:33 Ya saya setuju untuk engineering lbh baik dengan reinforce secara fisika dan penyempurnaan teknologi safety lebih baik yang artinya penyempurnaan zona2 tabrakan untuk menyelamatkan orang dalam kabin,tapi bukan berarti jadi alasan untuk menurunkan kualitas kendaraan spt penipisan plat bodi tanpa ditambah peredam suara pengganti getaran&kebisingan,penggantian bahan dasbor,door trim dengan plastik2 murah,pengurangan ketebalan busa pada jok padahal harga barang naik terus
Antara chassis+suspensi, NVH sama built quality itu 3 hal terpisah, tergantung produsen sama market. Chassis+sus bagus = mahal, kurangilah NVH+built quality, ini jalur Honda. Mau NVH+built quality mendingan/pas2an chassis dikurangi, kayaknya inilah jalur TMC&DMC.

Tapi yg paling ndak mungkin itu NVH+built quality bagus chassis pas2an :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: , meskipun pabrikan benernya seneng yg ini sih, paling murah itu built quality, terutama yg interior, bikin jok empuk kulit, dashboard soft touch, peredam tebel itu gampang dan murah. Kalo panel gap yg metal mahal, prosesnya panjang, masih butuh dies dan press pula, makanya panel2 pada pergi ke plastik...

Kalo chassis itu mahal pake banget, R&D-nya mahal, belun investasi mesin press sama dies buat high tensile strength, belum materialnya, pelat high tensile tebel cuma 1mm bisa berlipat2 harga dibanding plat bordes 3 mm, belum weldingnya, kalo mau bener dan presisi ya terpaksa lompat ke laser welding.

Ini baru ngomong frame yak, belun engine, kenapa umur engine panjang2 ya gini, duit pabrikan segitu2nya suruh milih, ya akhirnya umur engine panjang2 : EP6-nya PSA udah dari 2006 sampe sekarang, KR apalagi, lahir 2004, NR juga ndak muda2 banget, kelahiran 2008, mudaan malah B48, masih remaja, kelahiran 2014 :big_biglaugh: :big_biglaugh:
padahal mobil murah jaman dulu kaya mazda mr90 atau vantrend atau daihatsu2 murah kaya charade atau suzuki forsa bisa jadi sama buruknya kualitasnya kaya lcgc sekarang. Netizen ni aneh, lcgc tapi ngarep safety kaya volvo
herp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Aug 09, 2015 0:58

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by herp »

newrubble wrote: Sat Jan 06, 2024 9:06 kasus safety scandal hanya just cause krn intinya daihatsu (toyota) punya pilihan (kedepannya) utk electrification
mo bangun sendiri dgn daihatsu (adm maupun perodua) atau maruti-suzuki yg spesialis low compliance market
daihatsu market exit timeline: 2005 (ostrali); 2013 (eu/eea); 2015 africa (south); 2016 (zhonghwa); 2022 africa (south,avanza)
Haha pantes wording press releasenya toyota agak lucu kemaren bilangnya "kami merasa memberi terlalu banyak pressure terhadap daihatsu untuk pengembangan mobil kompak" mirip mirip pas hino kena skandal jg bilangnya "kami merasa tidak mampu memberi support terhadap hino untuk pengembangan truk" ujungnya hino dilepas ke daimler truck