(bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

(bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by zonepublic »

ngobrolin mobil harian yuk,di marketplace jubel mokas banyak sekali mobil2 >5 tahun yg bagus2 dijual sampe bingung
tapi yang bikin heran mobil diesel Tua dari panther,kijang disel sampe mitsubishi kuda,apalagi innova 2kd tahun 90an sampai 5 tahun kebelakang yg kondisinya udah parah2 tapi peminatnya tetap banyak,harganya bertahan kuat sedangkan mobil SUV,sedan2 mid dan premium yang berbahan bakar bensin turun terus apalagi yg ber kapasitas CC besar >1500cc seperti Honda CRV,accord,toyota camry,nissan xtrail,serena
contoh sampel harga baru Honda CRV 2.4,Nissan Xtrail ,honda accord VTIL 2010 dan Kijang Innova Diesel G 2010 lebih mahal honda CRV 2.4,xtrail dan accord 2x lipat tapi harga bekasnya Kijang innova diesel malah lebih mahal,sekarang harga CRV 2.4 sama dengan harga Jazz RS untuk tahun yang sama
jadi sekalian mau sebar kuesioner
1 apakah konsumsi BBM penting untuk mobil harian anda?
2 apakah kenyamanan (better NVH,built quality yang bagus) menjadi syarat lebih penting daripada konsumsi bbm untuk mobil harian anda?
3 apakah anda memilih mempertahankan mobil berumur (5 tahun lebih) appaun alasannya (kualitas lebih bagus,depresiasi harga jual kembali,dll) atau peremajaan ganti mobil baru untuk mobil harian anda,kalau GANTI MOBIL apa syarat anda dalam memilih pengganti mobil harian anda?
4 jika anda memilih GANTI MOBIL BARU tiap beberapa tahun,kita tahu bahwa kualitas mobil jaman sekarang menurun jauh dari segi ketebalan plat,built quality dibanding mobil keluaran 10-20 tahun lalu
cuma sekarang digantikan dengan banyaknya tambahan fitur2,misal avanza,ertiga 10 tahun lalu harganya under 200 juta , innova,civic 10 tahun lalu harga under 350 juta
saat ini kijang innova,honda civic harganya udah 2x lipatnya 700-800 juta atau avanza ertiga yang menyentuh hampir 400 juta dan jika anda mau ganti mobil harian anda sekarang anda pilih mana? dengan dana yang sama tapi anda mendapatkan mobil yg kualitas dan kelasnyanya turun 1-2 tingkat dari mobil anda sebelumnya atau anda rela menambah dana 1-2x lipat ketika anda beli mobil harian anda dulu DITAMBAH harga bekas mobil harian anda untuk mendapatkan mobil dengan kualitas setara dengan mobil harian anda beli sebelumnya?
5 apakah anda memilih pindah dari mobil transmisi manual ke transmisi automatic (apapun jenis transmisinya) untuk mobil harian?
6 apakah perkembangan teknologi mobil baru melalui fitur2 seperti sensing2 semi autonomus,sensor2,electronic parking brake,fitur keamanan dashcam,airbag,abs di mobil keluaran terbaru membuat anda tertarik untuk pindah ke mobil baru untuk harian atau malah takut dan tidak mau ganti?
7 apa incaran anda untuk mobil harian saat ini?
8 apa mobil harian anda saat ini?
terima kasih telah berpartisipasi meladeni kegabutan saya :big_biglaugh: :big_peace:

Btw saya pribadi sih jarang naik mobil karena saya orangnya tidak sabaran,jadi prefer motoran,liburan ke jogja aja motoran karena menghemat separo waktu daripada naik mobil
Last edited by zonepublic on Thu Nov 16, 2023 16:15, edited 6 times in total.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by b0ku »

ijing jawab om

1. gak penting karena kerjanya di rumah mobilnya juga biasa di pake 2-3 sehari bahkan bisa seminggu sekali itupun jalan gak sampe 5km

2. iya donk kalo mau irit ngojek aja om :big_biglaugh:

3. mobil saya bahkan 2 2nya ud 10thn alesannya mau d benerin kek gimana juga kagak kebeli yang baru contoh pajero beli 260jt harga baru sekarang 600jtan selisih 300jt buat modif aja itu pajero bisa jadi cumi monster.......masih ad kembalian pula :mky_07: gitu pula ge8 selisih sama city hb ditambah city hb makin kagak jelas bagasi sempit headroom rendah :big_bored:

4. ya ud pindah matic biarpu kadang kangen sama manual terutama manualnya honda :mky_03:

5. malah bikin males ganti mobil baru kebanyakan drama dan yang penting makin gak jelas kek headroom sempit bagasi sempit kadang kualitas handling dan tenaga pun turun :big_dunno:


6. lagi pengen balik ke honda freed sih cuma maunya nambah unit...... :big_bored:

7. gak punya mobil harian punyanya mobil simpenan karena hari2x kerja di rumah....... :ngacir:
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by wicaksono99 »

zonepublic wrote: Thu Nov 16, 2023 14:15 ngobrolin mobil harian yuk,di marketplace jubel mokas banyak sekali mobil2 >5 tahun yg bagus2 dijual sampe bingung
tapi yang bikin heran mobil diesel Tua dari panther,kijang disel sampe mitsubishi kuda,apalagi innova 2kd tahun 90an sampai 5 tahun kebelakang yg kondisinya udah parah2 tapi peminatnya tetap banyak,harganya bertahan kuat sedangkan mobil SUV,sedan2 mid dan premium yang berbahan bakar bensin turun terus apalagi yg ber kapasitas CC besar >1500cc seperti Honda CRV,accord,toyota camry,nissan xtrail,serena
contoh sampel harga baru Honda CRV 2.4,Nissan Xtrail ,honda accord VTIL 2010 dan Kijang Innova Diesel G 2010 lebih mahal honda CRV 2.4,xtrail dan accord 2x lipat tapi harga bekasnya Kijang innova diesel malah lebih mahal,sekarang harga CRV 2.4 sama dengan harga Jazz RS untuk tahun yang sama
jadi sekalian mau sebar kuesioner
1 apakah konsumsi BBM penting untuk mobil harian anda?
2 apakah kenyamanan (better NVH,built quality yang bagus) menjadi syarat lebih penting daripada konsumsi bbm untuk mobil harian anda?
3 apakah anda memilih mempertahankan mobil berumur (5 tahun lebih) appaun alasannya (kualitas lebih bagus,depresiasi harga jual kembali,dll) atau peremajaan ganti mobil baru untuk mobil harian anda,kalau GANTI MOBIL apa syarat anda dalam memilih pengganti mobil harian anda?
4 apakah anda memilih pindah dari mobil transmisi manual ke transmisi automatic (apapun jenis transmisinya) untuk mobil harian?
5 apakah perkembangan teknologi mobil baru melalui fitur2 seperti sensing2 semi autonomus,sensor2,electronic parking brake,fitur keamanan dashcam,airbag,abs di mobil keluaran terbaru membuat anda tertarik untuk pindah ke mobil baru untuk harian atau malah takut dan tidak mau ganti?
6 apa incaran anda untuk mobil harian saat ini?
7 apa mobil harian anda saat ini?
terima kasih telah berpartisipasi meladeni kegabutan saya :big_biglaugh: :big_peace:
Sebelum jawab, mobil harian yang saya punya satu2nya sekarang ya hanya suzuki all new ertiga tahun 2020 model suzuki sport transmisi matik odometer sudah 129rb km.

1. Penting... Tapi sekarang jadi gak penting, semenjak pakai konverter kit cng udah gak peduli harga bahan bakar mahal.. Ngisi seliter cuma 4500 rupiah, mau mobil boros nyampe 1:5 juga pasti adem ayem kalau ngisi CNG 4500 seliter.
IMG_20231115_072821.jpg
:big_biglaugh:

2. NVH penting, yg paling penting mobil itu gak bikin pegel ketika driver berlama2 mengemudi. Karna untuk konsumsi bahan bakar sudah nomer kesekian ketika sufah pakai CNG.

3. Khusus untuk saya, selama new ertiga sekarang sudah cukup sampai mobil umur 7thn. Kalau ada rejeki pengennya ganti ke mobil2 direct injection/turboturbo & sedan. Sedan pajak udah masuk akal & bisa taruh tabung CNG dibelakang dengan leluasa.

4. Matik only, males manual.

5. Nomer 1, hindari mobil ber-EPB, auto-brake dan segala kawan2nya. Kalau error ngerepotin. Masih mentingin driveability dibanding fitur.

6. Mazda 2 sedan. Sedan compact kayanya cuma mazda 2 yg oke driveabilitynya.

7. Eh udah disebutin diawal ya, suzuki all new ertiga tipe suzuki sport AT.
:big_peace:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by rakyatwkwkland »

1 sangat penting karena saia rada2 cheapskate :ngacir:
2 sangat penting juga, tapi menurut ane 2 2 nya sama pentingnya. Gaboleh mobil yang boros2 banget dan gaboleh mobil yang NVH dan build qualitynya bapuk banget
3 Kalau baru 5 tahun sih pertahanin, soalnya rasanya masih kurang puas kalo baru 5 tahun. Kalo di atas 10 tahun baru deh pertimbangin buat ganti baru. Kalau ganti baru, harapannya harus ada peningkatan dari mobil lama, baik dari NVH, ride quality, fitur2 terutama safety, sukur2 teknologi mesin transmisi. Contohnya ane sebelumnya ganti dari xenia 1.0 yg blm vvti, ganti ke ertiga 1.5, wah itu tenaga meningkat drastis itu.
4 Kebetulan saat ini statusnya pindah sih. Tp kalau di kemudian hari mau beli mobil manual lagi juga masih mungkin, karena menurut ane masih sanggup buat nginjek kopling di kemacetan mamakota.
5 Ini salah satu yang bikin tertarik juga. Gimmick2 itu kadang memang suka menggoda. Bikin mobil keliatan canggih. Tapi buat ane yang paling penting itu safety feature sih, karena urusannya sama keselamatan. Sama mungkin kalo ganti boil salah satu fitur yang cukup jadi inceran ane adalah cooler seat, mengingat makin hari panas makin ga nahan. Tinggal ada mobil yg masuk budget yg punya fitur itu gak :ngacir:
6 Hmmm blm ada kepikiran buat ganti boil sih jd blm kepikiran mau di rentang harga brp. Tapi kalo di 350 mio kebawah mungkin antara kia sonet atau hyungdie setargeser. Pingin sedan tp sedan kecil pada kurang menarik, nyobain city sedan yg udah seangkatan city HB road noisenya masih aja berisik (plusnya suspensi udah empukan aja si), m2 sedan udah outdated, vios hmmm agak gimana gitu gara2 dnga nya. Kalau under 500 mio mungkin antara jinik atau omoda5 GT.
7 Sijuki ertiga gen 2 yg udah K15B
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by rakyatwkwkland »

wicaksono99 wrote: Thu Nov 16, 2023 14:51
Sebelum jawab, mobil harian yang saya punya satu2nya sekarang ya hanya suzuki all new ertiga tahun 2020 model suzuki sport transmisi matik odometer sudah 129rb km.
Wah, boilnya lebih muda hampir 2 tahun dari boil ane, tp odometernya malah lbh gondrong :big_blushing:

Kaki2 udah ada pernah kena belum oom? Punya ane 88k km kayanya udah mulai ada bunyi 'nguk' nih dr depan kalo hajar poldur agak kencengan.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by zonepublic »

wicaksono99 wrote: Thu Nov 16, 2023 14:51
zonepublic wrote: Thu Nov 16, 2023 14:15 ngobrolin mobil harian yuk,di marketplace jubel mokas banyak sekali mobil2 >5 tahun yg bagus2 dijual sampe bingung
tapi yang bikin heran mobil diesel Tua dari panther,kijang disel sampe mitsubishi kuda,apalagi innova 2kd tahun 90an sampai 5 tahun kebelakang yg kondisinya udah parah2 tapi peminatnya tetap banyak,harganya bertahan kuat sedangkan mobil SUV,sedan2 mid dan premium yang berbahan bakar bensin turun terus apalagi yg ber kapasitas CC besar >1500cc seperti Honda CRV,accord,toyota camry,nissan xtrail,serena
contoh sampel harga baru Honda CRV 2.4,Nissan Xtrail ,honda accord VTIL 2010 dan Kijang Innova Diesel G 2010 lebih mahal honda CRV 2.4,xtrail dan accord 2x lipat tapi harga bekasnya Kijang innova diesel malah lebih mahal,sekarang harga CRV 2.4 sama dengan harga Jazz RS untuk tahun yang sama
jadi sekalian mau sebar kuesioner
1 apakah konsumsi BBM penting untuk mobil harian anda?
2 apakah kenyamanan (better NVH,built quality yang bagus) menjadi syarat lebih penting daripada konsumsi bbm untuk mobil harian anda?
3 apakah anda memilih mempertahankan mobil berumur (5 tahun lebih) appaun alasannya (kualitas lebih bagus,depresiasi harga jual kembali,dll) atau peremajaan ganti mobil baru untuk mobil harian anda,kalau GANTI MOBIL apa syarat anda dalam memilih pengganti mobil harian anda?
4 apakah anda memilih pindah dari mobil transmisi manual ke transmisi automatic (apapun jenis transmisinya) untuk mobil harian?
5 apakah perkembangan teknologi mobil baru melalui fitur2 seperti sensing2 semi autonomus,sensor2,electronic parking brake,fitur keamanan dashcam,airbag,abs di mobil keluaran terbaru membuat anda tertarik untuk pindah ke mobil baru untuk harian atau malah takut dan tidak mau ganti?
6 apa incaran anda untuk mobil harian saat ini?
7 apa mobil harian anda saat ini?
terima kasih telah berpartisipasi meladeni kegabutan saya :big_biglaugh: :big_peace:
Sebelum jawab, mobil harian yang saya punya satu2nya sekarang ya hanya suzuki all new ertiga tahun 2020 model suzuki sport transmisi matik odometer sudah 129rb km.

1. Penting... Tapi sekarang jadi gak penting, semenjak pakai konverter kit cng udah gak peduli harga bahan bakar mahal.. Ngisi seliter cuma 4500 rupiah, mau mobil boros nyampe 1:5 juga pasti adem ayem kalau ngisi CNG 4500 seliter.
IMG_20231115_072821.jpg
:big_biglaugh:

2. NVH penting, yg paling penting mobil itu gak bikin pegel ketika driver berlama2 mengemudi. Karna untuk konsumsi bahan bakar sudah nomer kesekian ketika sufah pakai CNG.

3. Khusus untuk saya, selama new ertiga sekarang sudah cukup sampai mobil umur 7thn. Kalau ada rejeki pengennya ganti ke mobil2 direct injection/turboturbo & sedan. Sedan pajak udah masuk akal & bisa taruh tabung CNG dibelakang dengan leluasa.

4. Matik only, males manual.

5. Nomer 1, hindari mobil ber-EPB, auto-brake dan segala kawan2nya. Kalau error ngerepotin. Masih mentingin driveability dibanding fitur.

6. Mazda 2 sedan. Sedan compact kayanya cuma mazda 2 yg oke driveabilitynya.

7. Eh udah disebutin diawal ya, suzuki all new ertiga tipe suzuki sport AT.
:big_peace:
rakyatwkwkland wrote: Thu Nov 16, 2023 15:09 1 sangat penting karena saia rada2 cheapskate :ngacir:
2 sangat penting juga, tapi menurut ane 2 2 nya sama pentingnya. Gaboleh mobil yang boros2 banget dan gaboleh mobil yang NVH dan build qualitynya bapuk banget
3 Kalau baru 5 tahun sih pertahanin, soalnya rasanya masih kurang puas kalo baru 5 tahun. Kalo di atas 10 tahun baru deh pertimbangin buat ganti baru. Kalau ganti baru, harapannya harus ada peningkatan dari mobil lama, baik dari NVH, ride quality, fitur2 terutama safety, sukur2 teknologi mesin transmisi. Contohnya ane sebelumnya ganti dari xenia 1.0 yg blm vvti, ganti ke ertiga 1.5, wah itu tenaga meningkat drastis itu.
4 Kebetulan saat ini statusnya pindah sih. Tp kalau di kemudian hari mau beli mobil manual lagi juga masih mungkin, karena menurut ane masih sanggup buat nginjek kopling di kemacetan mamakota.
5 Ini salah satu yang bikin tertarik juga. Gimmick2 itu kadang memang suka menggoda. Bikin mobil keliatan canggih. Tapi buat ane yang paling penting itu safety feature sih, karena urusannya sama keselamatan. Sama mungkin kalo ganti boil salah satu fitur yang cukup jadi inceran ane adalah cooler seat, mengingat makin hari panas makin ga nahan. Tinggal ada mobil yg masuk budget yg punya fitur itu gak :ngacir:
6 Hmmm blm ada kepikiran buat ganti boil sih jd blm kepikiran mau di rentang harga brp. Tapi kalo di 350 mio kebawah mungkin antara kia sonet atau hyungdie setargeser. Pingin sedan tp sedan kecil pada kurang menarik, nyobain city sedan yg udah seangkatan city HB road noisenya masih aja berisik (plusnya suspensi udah empukan aja si), m2 sedan udah outdated, vios hmmm agak gimana gitu gara2 dnga nya. Kalau under 500 mio mungkin antara jinik atau omoda5 GT.
7 Sijuki ertiga gen 2 yg udah K15B
jika anda memilih GANTI MOBIL BARU tiap beberapa tahun,kita tahu bahwa kualitas mobil jaman sekarang menurun jauh dari segi ketebalan plat,built quality dibanding mobil keluaran 10-20 tahun lalu
cuma sekarang digantikan dengan banyaknya tambahan fitur2,misal avanza,ertiga 10 tahun lalu harganya under 200 juta , innova,civic 10 tahun lalu harga under 350 juta
saat ini kijang innova,honda civic harganya udah 2x lipatnya 700-800 juta atau avanza ertiga yang menyentuh hampir 400 juta dan jika anda mau ganti mobil harian anda sekarang anda pilih mana? dengan dana yang sama tapi anda mendapatkan mobil yg kualitas dan kelasnyanya turun 1-2 tingkat dari mobil anda sebelumnya atau anda rela menambah dana 1-2x lipat ketika anda beli mobil harian anda dulu DITAMBAH harga bekas mobil harian anda untuk mendapatkan mobil dengan kualitas setara atau lebih tinggi dengan mobil harian anda beli sebelumnya?
Last edited by zonepublic on Thu Nov 16, 2023 16:23, edited 1 time in total.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by kendibocor »

Saya ngedaily pake bmw F30 320i 2015/16. Odo uda lumayan gondrong uda 77rb km
1 konsumsi bbm surprisingly sangat irit bwat ukuran mbl tenaga segini. Di tol masih dpt 1:16an kalo lancar. AVG di MID 1:11,2. Yah walaupun minumnya kalo ga ron 95 ya 98.
2 NVH sama BQ penting bwat saya tp yg lebih penting lg safetynya karena ini mbl sehari2 dipake.
3 skrng kalo ni mbl dijual paling 300an, beli mbl 300jt jaman skrng dapet crossover atau HB atau sedan low trim doang. Ga menarik semuanya.
4 idealnya pgn beli 1 lg mbl bwat gantii n nih mbl bwat daily. Dulu ada mazda 2 tp dipake adek kerja ke luar kota. Lg pgn nyari mbl bwat daily lg belom nemu yg tepat.
6 saya masuk old school, pake mbl bini aja yg banyak sensor2 ini itu layaknya mbl modern malah ga betah xan biasanya ane matiin semua.
7 inceran skrng tuh wuling baru yg binggo, tp ternyata lifetime warranty perbatereannya banyak T&C. Jd mundur dlu deh. Kalo bisa dpt lifetime warranty sih mantep bener dah bwat daily :big_biglaugh:
8 uda dijawab diatas
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by rakyatwkwkland »

zonepublic wrote: Thu Nov 16, 2023 16:05
wicaksono99 wrote: Thu Nov 16, 2023 14:51
zonepublic wrote: Thu Nov 16, 2023 14:15 ngobrolin mobil harian yuk,di marketplace jubel mokas banyak sekali mobil2 >5 tahun yg bagus2 dijual sampe bingung
tapi yang bikin heran mobil diesel Tua dari panther,kijang disel sampe mitsubishi kuda,apalagi innova 2kd tahun 90an sampai 5 tahun kebelakang yg kondisinya udah parah2 tapi peminatnya tetap banyak,harganya bertahan kuat sedangkan mobil SUV,sedan2 mid dan premium yang berbahan bakar bensin turun terus apalagi yg ber kapasitas CC besar >1500cc seperti Honda CRV,accord,toyota camry,nissan xtrail,serena
contoh sampel harga baru Honda CRV 2.4,Nissan Xtrail ,honda accord VTIL 2010 dan Kijang Innova Diesel G 2010 lebih mahal honda CRV 2.4,xtrail dan accord 2x lipat tapi harga bekasnya Kijang innova diesel malah lebih mahal,sekarang harga CRV 2.4 sama dengan harga Jazz RS untuk tahun yang sama
jadi sekalian mau sebar kuesioner
1 apakah konsumsi BBM penting untuk mobil harian anda?
2 apakah kenyamanan (better NVH,built quality yang bagus) menjadi syarat lebih penting daripada konsumsi bbm untuk mobil harian anda?
3 apakah anda memilih mempertahankan mobil berumur (5 tahun lebih) appaun alasannya (kualitas lebih bagus,depresiasi harga jual kembali,dll) atau peremajaan ganti mobil baru untuk mobil harian anda,kalau GANTI MOBIL apa syarat anda dalam memilih pengganti mobil harian anda?
4 apakah anda memilih pindah dari mobil transmisi manual ke transmisi automatic (apapun jenis transmisinya) untuk mobil harian?
5 apakah perkembangan teknologi mobil baru melalui fitur2 seperti sensing2 semi autonomus,sensor2,electronic parking brake,fitur keamanan dashcam,airbag,abs di mobil keluaran terbaru membuat anda tertarik untuk pindah ke mobil baru untuk harian atau malah takut dan tidak mau ganti?
6 apa incaran anda untuk mobil harian saat ini?
7 apa mobil harian anda saat ini?
terima kasih telah berpartisipasi meladeni kegabutan saya :big_biglaugh: :big_peace:
Sebelum jawab, mobil harian yang saya punya satu2nya sekarang ya hanya suzuki all new ertiga tahun 2020 model suzuki sport transmisi matik odometer sudah 129rb km.

1. Penting... Tapi sekarang jadi gak penting, semenjak pakai konverter kit cng udah gak peduli harga bahan bakar mahal.. Ngisi seliter cuma 4500 rupiah, mau mobil boros nyampe 1:5 juga pasti adem ayem kalau ngisi CNG 4500 seliter.
IMG_20231115_072821.jpg
:big_biglaugh:

2. NVH penting, yg paling penting mobil itu gak bikin pegel ketika driver berlama2 mengemudi. Karna untuk konsumsi bahan bakar sudah nomer kesekian ketika sufah pakai CNG.

3. Khusus untuk saya, selama new ertiga sekarang sudah cukup sampai mobil umur 7thn. Kalau ada rejeki pengennya ganti ke mobil2 direct injection/turboturbo & sedan. Sedan pajak udah masuk akal & bisa taruh tabung CNG dibelakang dengan leluasa.

4. Matik only, males manual.

5. Nomer 1, hindari mobil ber-EPB, auto-brake dan segala kawan2nya. Kalau error ngerepotin. Masih mentingin driveability dibanding fitur.

6. Mazda 2 sedan. Sedan compact kayanya cuma mazda 2 yg oke driveabilitynya.

7. Eh udah disebutin diawal ya, suzuki all new ertiga tipe suzuki sport AT.
:big_peace:
rakyatwkwkland wrote: Thu Nov 16, 2023 15:09 1 sangat penting karena saia rada2 cheapskate :ngacir:
2 sangat penting juga, tapi menurut ane 2 2 nya sama pentingnya. Gaboleh mobil yang boros2 banget dan gaboleh mobil yang NVH dan build qualitynya bapuk banget
3 Kalau baru 5 tahun sih pertahanin, soalnya rasanya masih kurang puas kalo baru 5 tahun. Kalo di atas 10 tahun baru deh pertimbangin buat ganti baru. Kalau ganti baru, harapannya harus ada peningkatan dari mobil lama, baik dari NVH, ride quality, fitur2 terutama safety, sukur2 teknologi mesin transmisi. Contohnya ane sebelumnya ganti dari xenia 1.0 yg blm vvti, ganti ke ertiga 1.5, wah itu tenaga meningkat drastis itu.
4 Kebetulan saat ini statusnya pindah sih. Tp kalau di kemudian hari mau beli mobil manual lagi juga masih mungkin, karena menurut ane masih sanggup buat nginjek kopling di kemacetan mamakota.
5 Ini salah satu yang bikin tertarik juga. Gimmick2 itu kadang memang suka menggoda. Bikin mobil keliatan canggih. Tapi buat ane yang paling penting itu safety feature sih, karena urusannya sama keselamatan. Sama mungkin kalo ganti boil salah satu fitur yang cukup jadi inceran ane adalah cooler seat, mengingat makin hari panas makin ga nahan. Tinggal ada mobil yg masuk budget yg punya fitur itu gak :ngacir:
6 Hmmm blm ada kepikiran buat ganti boil sih jd blm kepikiran mau di rentang harga brp. Tapi kalo di 350 mio kebawah mungkin antara kia sonet atau hyungdie setargeser. Pingin sedan tp sedan kecil pada kurang menarik, nyobain city sedan yg udah seangkatan city HB road noisenya masih aja berisik (plusnya suspensi udah empukan aja si), m2 sedan udah outdated, vios hmmm agak gimana gitu gara2 dnga nya. Kalau under 500 mio mungkin antara jinik atau omoda5 GT.
7 Sijuki ertiga gen 2 yg udah K15B
jika anda memilih GANTI MOBIL BARU tiap beberapa tahun,kita tahu bahwa kualitas mobil jaman sekarang menurun jauh dari segi ketebalan plat,built quality dibanding mobil keluaran 10-20 tahun lalu
cuma sekarang digantikan dengan banyaknya tambahan fitur2,misal avanza,ertiga 10 tahun lalu harganya under 200 juta , innova,civic 10 tahun lalu harga under 350 juta
saat ini kijang innova,honda civic harganya udah 2x lipatnya 700-800 juta atau avanza ertiga yang menyentuh hampir 400 juta dan jika anda mau ganti mobil harian anda sekarang anda pilih mana? dengan dana yang sama tapi anda mendapatkan mobil yg kualitas dan kelasnyanya turun 1-2 tingkat dari mobil anda sebelumnya atau anda rela menambah dana 1-2x lipat ketika anda beli mobil harian anda dulu DITAMBAH harga bekas mobil harian anda untuk mendapatkan mobil dengan kualitas setara atau lebih tinggi dengan mobil harian anda beli sebelumnya?
Tergantung wang nya ada atau engga. Kalau anggarannya ada ya gas aja naik kelas. Walau nama modelnya sama kan biasanya tetap ada peningkatan di sana sini. Kualitas yang dibilang menurun itukan paling sebatas build quality dan plat body doang. Tapi NVH belum tentu turun. Ride quality, mesin transmisi, performa, keiritan, fitur, semuanya udah pasti upgrade. Kalo ane misalnya yg diincer adalah mobil yg msh masuk kelas entry level asal build qualitynya gak sampe kriyet2 kaya trio BBM nya ngahond sih mungkin masih oke lah.

Perlu diingat juga, 400 juta sekarang dengan 400 juta 5 tahun yang lalu dan 400 juta 10 tahun yang lalu itu nilainya beda.
sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by sherryandkez »

zonepublic wrote: Thu Nov 16, 2023 14:15 ngobrolin mobil harian yuk,di marketplace jubel mokas banyak sekali mobil2 >5 tahun yg bagus2 dijual sampe bingung
tapi yang bikin heran mobil diesel Tua dari panther,kijang disel sampe mitsubishi kuda,apalagi innova 2kd tahun 90an sampai 5 tahun kebelakang yg kondisinya udah parah2 tapi peminatnya tetap banyak,harganya bertahan kuat sedangkan mobil SUV,sedan2 mid dan premium yang berbahan bakar bensin turun terus apalagi yg ber kapasitas CC besar >1500cc seperti Honda CRV,accord,toyota camry,nissan xtrail,serena
contoh sampel harga baru Honda CRV 2.4,Nissan Xtrail ,honda accord VTIL 2010 dan Kijang Innova Diesel G 2010 lebih mahal honda CRV 2.4,xtrail dan accord 2x lipat tapi harga bekasnya Kijang innova diesel malah lebih mahal,sekarang harga CRV 2.4 sama dengan harga Jazz RS untuk tahun yang sama
jadi sekalian mau sebar kuesioner
1 apakah konsumsi BBM penting untuk mobil harian anda?
2 apakah kenyamanan (better NVH,built quality yang bagus) menjadi syarat lebih penting daripada konsumsi bbm untuk mobil harian anda?
3 apakah anda memilih mempertahankan mobil berumur (5 tahun lebih) appaun alasannya (kualitas lebih bagus,depresiasi harga jual kembali,dll) atau peremajaan ganti mobil baru untuk mobil harian anda,kalau GANTI MOBIL apa syarat anda dalam memilih pengganti mobil harian anda?
4 jika anda memilih GANTI MOBIL BARU tiap beberapa tahun,kita tahu bahwa kualitas mobil jaman sekarang menurun jauh dari segi ketebalan plat,built quality dibanding mobil keluaran 10-20 tahun lalu
cuma sekarang digantikan dengan banyaknya tambahan fitur2,misal avanza,ertiga 10 tahun lalu harganya under 200 juta , innova,civic 10 tahun lalu harga under 350 juta
saat ini kijang innova,honda civic harganya udah 2x lipatnya 700-800 juta atau avanza ertiga yang menyentuh hampir 400 juta dan jika anda mau ganti mobil harian anda sekarang anda pilih mana? dengan dana yang sama tapi anda mendapatkan mobil yg kualitas dan kelasnyanya turun 1-2 tingkat dari mobil anda sebelumnya atau anda rela menambah dana 1-2x lipat ketika anda beli mobil harian anda dulu DITAMBAH harga bekas mobil harian anda untuk mendapatkan mobil dengan kualitas setara dengan mobil harian anda beli sebelumnya?
5 apakah anda memilih pindah dari mobil transmisi manual ke transmisi automatic (apapun jenis transmisinya) untuk mobil harian?
6 apakah perkembangan teknologi mobil baru melalui fitur2 seperti sensing2 semi autonomus,sensor2,electronic parking brake,fitur keamanan dashcam,airbag,abs di mobil keluaran terbaru membuat anda tertarik untuk pindah ke mobil baru untuk harian atau malah takut dan tidak mau ganti?
7 apa incaran anda untuk mobil harian saat ini?
8 apa mobil harian anda saat ini?
terima kasih telah berpartisipasi meladeni kegabutan saya :big_biglaugh: :big_peace:

Btw saya pribadi sih jarang naik mobil karena saya orangnya tidak sabaran,jadi prefer motoran,liburan ke jogja aja motoran karena menghemat separo waktu daripada naik mobil
saya team hybrid mau jawab :big_grin:

1. ya, 3 dari 4 mobil di rumah hybrid, irit semua. kalo gak irit boncos krn sehari bs 100 km nyetir
2. ya dan tidak. dulu pegang sirion irit juga, tp ya mobil murah bq biasa aja. jadi mending beli mobil bagus yang irit juga (baca : lexus hybrid :big_weee: )
3. IYA, kalo beli mobil baru harus bisa nurunin cost harian dan harus lebih enak
4. males gonta ganti mobil baru, udah terakhir beli mobil baru zenix aja. capek beli mahal2 kualitas tambah jelek. itu zenix sama volvo saya tahun 1997 rattlenya dikitan volvo.
5. iya, capek jkt macet. terakhir punya starlet manual pegel
6. fitur sisanya gak bgt penting kecuali safety, semi autonomous penting soalnya sering nyetir jauh
7. Lexus UX300e/RZ450e aja cukup
8. Camry Hybrid 2012 248rb km/Innova Zenix Q 2023 7rb km (ganjil), ES300h 2015 90rb km/940 Turbo 1997 350rb km (genap)

btw, itu mobil saya lagi for sale semua buat beli yang nomer 7 :mky_01:
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by darrelund »

ikut ahhhh

1 penting dong, apalagi jaman kocar kacir gini bbm mahal jelas fuelcons kriteria wajib. oe pp sehari bisa 60-70km, klo boros bisa monyong duluan. avg 1:15 mixed kaki sopan & kaki ugal

2 kalo bisa keduanya kenapa engga? alasan oe milih mobil yg sekarang ya karena perceptive qualitynya bagus, meski ada bbrp panel yg mletat mletot juga

3 tergantung seh, oe paling ganti mobil klo ud rasa gak cocok sama medan jalan commute, atau klo ada duit lebih, atau juga klo memang kebutuhannya butuh mobil yg lebi bagus/ lebi besar

4 oe sih milih pertahanin kelas, bisa baru/bekas. krn mobil yg biasa kita pakai & pilih itu nentuin standar pantat & ekspektasi juga. daripada turun kelas tapi ngedumel gimana? cape hati (assumin kondisi kantong ideal yah)

5 pengen punya manual, buat wikend & pergi jalan jauh. pengennya sih GR yaris / FL5

6 pengen punya full ADAS sih, tapi yg ga rese & bisa dimatiin. buat jalan jauh mayan bantu biar ndak cape

7 in the future paling mobil klaas C-segment baru/ D-segment bekas seh

8 masda 2 odo 55rb
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by walid_007 »

-tp harga mobil skrg klo d banding harga emas., umr . maupun bbm kasta tengah makin murah. apalagi tanah per sqm

-avanza . kijang n inova disel thn brppun lebih kearah mobil niaga yang spratan
. depresiasi, perubahan rasa pake, kalangan pengguna tipikal mirip dgn mobil niaga yg basic dan murah sejak lahir

-menurut sy naif klo mobil lama dibilang lebih bagus drpd mobil baru (yg se kelas/ penerus).
dilihat dr lampu aja. mobil jaman dlu lampu gelap2 ga keliatan apa2 skrg udah teramg pk banged .liat dah lampu vrz. mazda yg bisa 24 titik chaya. 3 led lexus maupun laser l. thn 2000 an nana ada

n klo mesin dah apa ada yg. bilang 2L lebih bagus drpd 2GD?
ato 7k dibanding m20a
engine roaring!
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 213
Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by levofloxacine »

zonepublic wrote: Thu Nov 16, 2023 14:15 ngobrolin mobil harian yuk,di marketplace jubel mokas banyak sekali mobil2 >5 tahun yg bagus2 dijual sampe bingung
tapi yang bikin heran mobil diesel Tua dari panther,kijang disel sampe mitsubishi kuda,apalagi innova 2kd tahun 90an sampai 5 tahun kebelakang yg kondisinya udah parah2 tapi peminatnya tetap banyak,harganya bertahan kuat sedangkan mobil SUV,sedan2 mid dan premium yang berbahan bakar bensin turun terus apalagi yg ber kapasitas CC besar >1500cc seperti Honda CRV,accord,toyota camry,nissan xtrail,serena
contoh sampel harga baru Honda CRV 2.4,Nissan Xtrail ,honda accord VTIL 2010 dan Kijang Innova Diesel G 2010 lebih mahal honda CRV 2.4,xtrail dan accord 2x lipat tapi harga bekasnya Kijang innova diesel malah lebih mahal,sekarang harga CRV 2.4 sama dengan harga Jazz RS untuk tahun yang sama
jadi sekalian mau sebar kuesioner
1 apakah konsumsi BBM penting untuk mobil harian anda?
2 apakah kenyamanan (better NVH,built quality yang bagus) menjadi syarat lebih penting daripada konsumsi bbm untuk mobil harian anda?
3 apakah anda memilih mempertahankan mobil berumur (5 tahun lebih) appaun alasannya (kualitas lebih bagus,depresiasi harga jual kembali,dll) atau peremajaan ganti mobil baru untuk mobil harian anda,kalau GANTI MOBIL apa syarat anda dalam memilih pengganti mobil harian anda?
4 jika anda memilih GANTI MOBIL BARU tiap beberapa tahun,kita tahu bahwa kualitas mobil jaman sekarang menurun jauh dari segi ketebalan plat,built quality dibanding mobil keluaran 10-20 tahun lalu
cuma sekarang digantikan dengan banyaknya tambahan fitur2,misal avanza,ertiga 10 tahun lalu harganya under 200 juta , innova,civic 10 tahun lalu harga under 350 juta
saat ini kijang innova,honda civic harganya udah 2x lipatnya 700-800 juta atau avanza ertiga yang menyentuh hampir 400 juta dan jika anda mau ganti mobil harian anda sekarang anda pilih mana? dengan dana yang sama tapi anda mendapatkan mobil yg kualitas dan kelasnyanya turun 1-2 tingkat dari mobil anda sebelumnya atau anda rela menambah dana 1-2x lipat ketika anda beli mobil harian anda dulu DITAMBAH harga bekas mobil harian anda untuk mendapatkan mobil dengan kualitas setara dengan mobil harian anda beli sebelumnya?
5 apakah anda memilih pindah dari mobil transmisi manual ke transmisi automatic (apapun jenis transmisinya) untuk mobil harian?
6 apakah perkembangan teknologi mobil baru melalui fitur2 seperti sensing2 semi autonomus,sensor2,electronic parking brake,fitur keamanan dashcam,airbag,abs di mobil keluaran terbaru membuat anda tertarik untuk pindah ke mobil baru untuk harian atau malah takut dan tidak mau ganti?
7 apa incaran anda untuk mobil harian saat ini?
8 apa mobil harian anda saat ini?
terima kasih telah berpartisipasi meladeni kegabutan saya :big_biglaugh: :big_peace:

Btw saya pribadi sih jarang naik mobil karena saya orangnya tidak sabaran,jadi prefer motoran,liburan ke jogja aja motoran karena menghemat separo waktu daripada naik mobil
izin jawab kuesionernya om
1. bagi saya yang sehari mobilitasnya kurleb 50 km konsumsi bbm tentu penting, apalagi harga pertamax naik terusss.. :big_dunno:
2. NVH dan built quality bagi saya punya poin lebih daripada konsumsi bbm, tetapi tentu saja dicari keseimbangan mobil yg NVH dan built quality baik tetapi konsumsi bbm nya masih irit, apakah ada? tentu saja masih ada
3. depends on, bila mobil lama tersebut bagi saya masih nyaman sekali dan tidak merongrong tentunya masih akan dipertahankan, bila ganti mobil setidaknya apa yg saya dapatkan di mobil pengganti wajib menyerupai mobil yg diganti dalam berbagai aspek
4. bila untuk pemakaian sendiri (bukan istri), saya cenderung akan mencari mobil bekas tahun muda, misal baru 1-3 tahun dimana depresiasi harga sudah terjadi secara signifikan, terutama pada mobil2 yg tidak terlalu populer (bukan tidak bagus ya tapi tidak populer), sehingga penambahan dana tidak terlalu banyak untuk mendapatkan mobil yg minimal masih sekelas dengan mobil lama, percayalah turun kelas itu tidak enak
5. berhubung saya di daerah, apabila mobil tersebut masih ada varian manualnya (dimana untuk kelas mid ke atas sudah jarang), tentu saja saya akan memilih manual, tetapi apabila di kota tentu saja matic, tetapi minimal harus ada 1 mobil manual di garasi saya
6. tergantung, ada fitur yg menurut saya penting dan relevan, misal dashcam, airbag, abs ini wajib dan sangat membantu, untuk sensor2 menurut saya tidak perlu (opini pribadi) karena justru memanjakan pengemudi dan membuat riweh dengan berbagai notifikasinya.
7. FL5 :big_love: :big_love: tapi harganya bikin balik kanan grak :big_childish: :big_childish:
8. FD1, FC
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 364
Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by forzanetti »

zonepublic wrote: Thu Nov 16, 2023 14:15 ngobrolin mobil harian yuk,di marketplace jubel mokas banyak sekali mobil2 >5 tahun yg bagus2 dijual sampe bingung
tapi yang bikin heran mobil diesel Tua dari panther,kijang disel sampe mitsubishi kuda,apalagi innova 2kd tahun 90an sampai 5 tahun kebelakang yg kondisinya udah parah2 tapi peminatnya tetap banyak,harganya bertahan kuat sedangkan mobil SUV,sedan2 mid dan premium yang berbahan bakar bensin turun terus apalagi yg ber kapasitas CC besar >1500cc seperti Honda CRV,accord,toyota camry,nissan xtrail,serena
contoh sampel harga baru Honda CRV 2.4,Nissan Xtrail ,honda accord VTIL 2010 dan Kijang Innova Diesel G 2010 lebih mahal honda CRV 2.4,xtrail dan accord 2x lipat tapi harga bekasnya Kijang innova diesel malah lebih mahal,sekarang harga CRV 2.4 sama dengan harga Jazz RS untuk tahun yang sama
jadi sekalian mau sebar kuesioner
1 apakah konsumsi BBM penting untuk mobil harian anda?
2 apakah kenyamanan (better NVH,built quality yang bagus) menjadi syarat lebih penting daripada konsumsi bbm untuk mobil harian anda?
3 apakah anda memilih mempertahankan mobil berumur (5 tahun lebih) appaun alasannya (kualitas lebih bagus,depresiasi harga jual kembali,dll) atau peremajaan ganti mobil baru untuk mobil harian anda,kalau GANTI MOBIL apa syarat anda dalam memilih pengganti mobil harian anda?
4 jika anda memilih GANTI MOBIL BARU tiap beberapa tahun,kita tahu bahwa kualitas mobil jaman sekarang menurun jauh dari segi ketebalan plat,built quality dibanding mobil keluaran 10-20 tahun lalu
cuma sekarang digantikan dengan banyaknya tambahan fitur2,misal avanza,ertiga 10 tahun lalu harganya under 200 juta , innova,civic 10 tahun lalu harga under 350 juta
saat ini kijang innova,honda civic harganya udah 2x lipatnya 700-800 juta atau avanza ertiga yang menyentuh hampir 400 juta dan jika anda mau ganti mobil harian anda sekarang anda pilih mana? dengan dana yang sama tapi anda mendapatkan mobil yg kualitas dan kelasnyanya turun 1-2 tingkat dari mobil anda sebelumnya atau anda rela menambah dana 1-2x lipat ketika anda beli mobil harian anda dulu DITAMBAH harga bekas mobil harian anda untuk mendapatkan mobil dengan kualitas setara dengan mobil harian anda beli sebelumnya?
5 apakah anda memilih pindah dari mobil transmisi manual ke transmisi automatic (apapun jenis transmisinya) untuk mobil harian?
6 apakah perkembangan teknologi mobil baru melalui fitur2 seperti sensing2 semi autonomus,sensor2,electronic parking brake,fitur keamanan dashcam,airbag,abs di mobil keluaran terbaru membuat anda tertarik untuk pindah ke mobil baru untuk harian atau malah takut dan tidak mau ganti?
7 apa incaran anda untuk mobil harian saat ini?
8 apa mobil harian anda saat ini?
terima kasih telah berpartisipasi meladeni kegabutan saya :big_biglaugh: :big_peace:

Btw saya pribadi sih jarang naik mobil karena saya orangnya tidak sabaran,jadi prefer motoran,liburan ke jogja aja motoran karena menghemat separo waktu daripada naik mobil
ijin jawab om

1. penting tapi gak sampe dealbreaker, karena mobilitas saya tergolong sedang/rendah.

2. yes, lebih penting kenyamanan kalo buat saya.

3. beli mobil selalu second. syaratnya dapet mobil sehat dan gak bekas tabrakan/banjir.

4. gak bisa pilih karena gak pernah beli mobil baru :mky_01:

5. dulu pernah 1x mobil harian manual, terus ganti matic dan udah ga akan pengen ganti manual lagi. untuk pemakaian sehari-hari menurut saya tidak ada untungnya pake manual, yang ada bikin cape.

6. fitur2 yang terlalu "advanced" malah bikin takut. saya tipe old school. EPB aja saya gak suka, lebih pilih rem tangan otot. namanya electrical lebih rentan rusak dan sewaktu2 bisa rusak tanpa gejala. saya masih belum mau mempercayakan keselamatan saya ke fitur2 sensing.

7. pengen W204 FL or Camry XV50.

8. innova 2GD & HRV
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 583
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by timbermaniac123 »

1. Penting, karena PP kantor haarian aja udah 50km, kalau ada ke proyek bisa +20km. Dan kudu isi ron 92.

2. Irit dong, karena dengan penghematannya, jadi bisa jajan mempernyaman mobil.

3. Sebelum pandemi, saya selalu ganti per 5 tahun. Tapi sejak pandemi, siklus di perpanjang jadi 7-8 tahun. Syarat ganti, yang pnting jangan downgrade kelas. Misal dari city ke brio, dst

4. Selama ganti mobil nambah nya sekitar 100 juta dan sudah dipakai 7-8 tahun, masih termasuk reasonable. Mobil jaman dulu dan sekarang fiturnya juga udah nambah, Misal mobil 270an jaman dulu masih kosongan bahkan beelum ada hsa, sekarang dijual harga 170. Tapi dengan nambah 100an udah bisa dapet veloz q tss. Apalagi kalau bisa dapet veloz second mulus terawar di harga 240an.

Dengan penambahan item di baawah ini, jadi berasa sangat worth it sih :
a. 6 airbags dari yang dulunya 2 airbags (ini tak ternilai urusan safety)
b. udah sensing (20-30 juta)
c. ambient light (3 juta),
d. monitor rse (2 juta),
e. dapet camera 360 (5 juta)
f. head unit lebih besar + carplay (4 juta)
g. speedometer digital (4 juta)
h. lampu headlamp sudah led (2 juta)

5. Jaman kuliah pernah bawa innova manual, sisanya udah selalu matic.

6. Kalau saya udah berumah tangga, jadi sebisa mungkin nyari yang 6 airbags. EPB ga harus ada, dulu pernah pake hrv ga pernah ada masalah. Tapi buat saya sensing masih belum penting.

7. zenix hybrid. buat mobil harian kerja + family car.

8. Voxy 80. Termasuk boros, tapi masih acceptable 1:9 harian. Asal jangan kaya almaz 1:6
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by Ibet »

zonepublic wrote: Thu Nov 16, 2023 14:15 ngobrolin mobil harian yuk,di marketplace jubel mokas banyak sekali mobil2 >5 tahun yg bagus2 dijual sampe bingung
tapi yang bikin heran mobil diesel Tua dari panther,kijang disel sampe mitsubishi kuda,apalagi innova 2kd tahun 90an sampai 5 tahun kebelakang yg kondisinya udah parah2 tapi peminatnya tetap banyak,harganya bertahan kuat sedangkan mobil SUV,sedan2 mid dan premium yang berbahan bakar bensin turun terus apalagi yg ber kapasitas CC besar >1500cc seperti Honda CRV,accord,toyota camry,nissan xtrail,serena
contoh sampel harga baru Honda CRV 2.4,Nissan Xtrail ,honda accord VTIL 2010 dan Kijang Innova Diesel G 2010 lebih mahal honda CRV 2.4,xtrail dan accord 2x lipat tapi harga bekasnya Kijang innova diesel malah lebih mahal,sekarang harga CRV 2.4 sama dengan harga Jazz RS untuk tahun yang sama
jadi sekalian mau sebar kuesioner
1 apakah konsumsi BBM penting untuk mobil harian anda?
2 apakah kenyamanan (better NVH,built quality yang bagus) menjadi syarat lebih penting daripada konsumsi bbm untuk mobil harian anda?
3 apakah anda memilih mempertahankan mobil berumur (5 tahun lebih) appaun alasannya (kualitas lebih bagus,depresiasi harga jual kembali,dll) atau peremajaan ganti mobil baru untuk mobil harian anda,kalau GANTI MOBIL apa syarat anda dalam memilih pengganti mobil harian anda?
4 jika anda memilih GANTI MOBIL BARU tiap beberapa tahun,kita tahu bahwa kualitas mobil jaman sekarang menurun jauh dari segi ketebalan plat,built quality dibanding mobil keluaran 10-20 tahun lalu
cuma sekarang digantikan dengan banyaknya tambahan fitur2,misal avanza,ertiga 10 tahun lalu harganya under 200 juta , innova,civic 10 tahun lalu harga under 350 juta
saat ini kijang innova,honda civic harganya udah 2x lipatnya 700-800 juta atau avanza ertiga yang menyentuh hampir 400 juta dan jika anda mau ganti mobil harian anda sekarang anda pilih mana? dengan dana yang sama tapi anda mendapatkan mobil yg kualitas dan kelasnyanya turun 1-2 tingkat dari mobil anda sebelumnya atau anda rela menambah dana 1-2x lipat ketika anda beli mobil harian anda dulu DITAMBAH harga bekas mobil harian anda untuk mendapatkan mobil dengan kualitas setara dengan mobil harian anda beli sebelumnya?
5 apakah anda memilih pindah dari mobil transmisi manual ke transmisi automatic (apapun jenis transmisinya) untuk mobil harian?
6 apakah perkembangan teknologi mobil baru melalui fitur2 seperti sensing2 semi autonomus,sensor2,electronic parking brake,fitur keamanan dashcam,airbag,abs di mobil keluaran terbaru membuat anda tertarik untuk pindah ke mobil baru untuk harian atau malah takut dan tidak mau ganti?
7 apa incaran anda untuk mobil harian saat ini?
8 apa mobil harian anda saat ini?
terima kasih telah berpartisipasi meladeni kegabutan saya :big_biglaugh: :big_peace:

Btw saya pribadi sih jarang naik mobil karena saya orangnya tidak sabaran,jadi prefer motoran,liburan ke jogja aja motoran karena menghemat separo waktu daripada naik mobil
ikut nimbrung ya oms

1 penting om, karena saya termasuk yg tinggal di kota satelit, tapi kerja di mamakota, cost is important haha
2 buat saya ga terlalu terkait nvh compare to fuel cons, tapi durability penting juga. so, fuel cons + durability + repairability buat saya
3 saya team yg pertahanin / repair mobil lama, mobil saya sekarang umurnya udah 8 tahun mau ke 9 tahun haha
4 skip karena saya milih pertahanin mobil lama, at least sampe umur 10 tahun
5 tidak, manual ok, matic jg ok
6 tidak takut tapi saya juga belum perlu ganti ke arah autonomous car
7 lagi galau, japanese car 90s 1000cc, mikirnya sih simply buat kaki dari rumah ke stasiun mrt / lrt, tapi mobil begini juga ga lebih irit dari brio haha
cuman enaknya emang ga pusing kalo lagi parkir di tempat rame
8 honda hr-v 2015

saya lagi kepikiran soal total cost car ownership, mungkin next car saya mau pake cara ini, sekitar 50 jt / tahun buat 10 tahun
berarti 500 jt, include beli mobil, maintenance, bensin dll
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by carlzeiss »

1. Penting sih, tp skrg lebih bandingin dengan jumlah muatan, reborn bensin 7 seater vs alamak 5 seater jauh pilih reborn bensin kasarannya
2. Engga, udh cape naik mobil tank tp ga lebih enak dibanding reborn bensin
3. Liat keadaan duit, maunya sih ganti ya stelah 5 tahun tp ngeliat harga mobil baru yang udh ga ngotak naiknya kayanya pertahankan dlu sambil ngeliat ekonomi ini mau kemana arahnya
4. nyari second mint sih sekarang, wujudin keinginan yang dlu belum tercapai, daripada ganti baru tapi kualitasnya turun
5. matic the best untuk jabodetabek, tp klo berkesempatan pindah ke daerah yang lalu lintasnya lancar sih lg naksir city hatchback manual
6. kalo duitnya sanggup sih mau tau teknologi itu, ya ngapain takut, zaman udh berkembang masa kita ga ngikutin teknologi, yg pasti harus merk yang sdh terbukti saja
7. City Hatchback Manual - tp ga sanggup klo pake di jabodetabek
8. rebon bensin metik
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by black2345 »

1. Penting, secara sy masih blm ada di level yg cuek dgn jumlah pengeluaran bbm untuk mobil

2. Kalo bs dapet yg nyaman + irit + pajak murah… wkwkwk ngayal namanya

3. Pertahankan dong, secara makin kemari inflasi bikin harga mobil nggk ngotak. Masa iya skrg mau mobil yg manusiawi harganya uda >400jt. LCGC aja uda hampir tembus 200jt skrg

4. Liat kondisi ekonomi sepertinya, saat ini mobil bagi sy sudah masuk instrumen konsumtif. Ganti mobil tiap 5th akan makin banyak buang2 duit untuk peruntukan yg sama, yaitu transportasi. Yg mana tiap tahun jalan jg makin tambah macet & makin ga bs menikmati apa yg kita spend untuk mobil itu

5. Hari gini manual 🤪

6. Cobain hal2 baru wajib lah biar ga dikata katro

7. Mobil incaran; crv turbo (keknya enak dibuat longtrip serumah) hehehe

8. Daily use; ertiga at 2019
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by wicaksono99 »

rakyatwkwkland wrote: Thu Nov 16, 2023 15:12
wicaksono99 wrote: Thu Nov 16, 2023 14:51
Sebelum jawab, mobil harian yang saya punya satu2nya sekarang ya hanya suzuki all new ertiga tahun 2020 model suzuki sport transmisi matik odometer sudah 129rb km.
Wah, boilnya lebih muda hampir 2 tahun dari boil ane, tp odometernya malah lbh gondrong :big_blushing:

Kaki2 udah ada pernah kena belum oom? Punya ane 88k km kayanya udah mulai ada bunyi 'nguk' nih dr depan kalo hajar poldur agak kencengan.
Kaki2 belum ganti tapi memang udah ada gejala bunyi "gruk" Kalau kena poldur tinggi. Glutuk2 kalau kena jalan gelombang jelek yg dalem bagian depan kiri, kemungkinan bakal ganti sekalian shock, suport shock, bearing seater, stopper. Dibanding nyicil2 biar sekalian 1x jasa. Karna harganya lumayan, masih mikir2 mau ganti ke ori lagi atau bilstein b6.

Engine mounting masih aman. Terakhir cuma ganti motorfan radiator karna udah berisik.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by Pboyz97 »

zonepublic wrote: Thu Nov 16, 2023 14:15 ngobrolin mobil harian yuk,di marketplace jubel mokas banyak sekali mobil2 >5 tahun yg bagus2 dijual sampe bingung
tapi yang bikin heran mobil diesel Tua dari panther,kijang disel sampe mitsubishi kuda,apalagi innova 2kd tahun 90an sampai 5 tahun kebelakang yg kondisinya udah parah2 tapi peminatnya tetap banyak,harganya bertahan kuat sedangkan mobil SUV,sedan2 mid dan premium yang berbahan bakar bensin turun terus apalagi yg ber kapasitas CC besar >1500cc seperti Honda CRV,accord,toyota camry,nissan xtrail,serena
contoh sampel harga baru Honda CRV 2.4,Nissan Xtrail ,honda accord VTIL 2010 dan Kijang Innova Diesel G 2010 lebih mahal honda CRV 2.4,xtrail dan accord 2x lipat tapi harga bekasnya Kijang innova diesel malah lebih mahal,sekarang harga CRV 2.4 sama dengan harga Jazz RS untuk tahun yang sama
jadi sekalian mau sebar kuesioner
1 apakah konsumsi BBM penting untuk mobil harian anda?
2 apakah kenyamanan (better NVH,built quality yang bagus) menjadi syarat lebih penting daripada konsumsi bbm untuk mobil harian anda?
3 apakah anda memilih mempertahankan mobil berumur (5 tahun lebih) appaun alasannya (kualitas lebih bagus,depresiasi harga jual kembali,dll) atau peremajaan ganti mobil baru untuk mobil harian anda,kalau GANTI MOBIL apa syarat anda dalam memilih pengganti mobil harian anda?
4 jika anda memilih GANTI MOBIL BARU tiap beberapa tahun,kita tahu bahwa kualitas mobil jaman sekarang menurun jauh dari segi ketebalan plat,built quality dibanding mobil keluaran 10-20 tahun lalu
cuma sekarang digantikan dengan banyaknya tambahan fitur2,misal avanza,ertiga 10 tahun lalu harganya under 200 juta , innova,civic 10 tahun lalu harga under 350 juta
saat ini kijang innova,honda civic harganya udah 2x lipatnya 700-800 juta atau avanza ertiga yang menyentuh hampir 400 juta dan jika anda mau ganti mobil harian anda sekarang anda pilih mana? dengan dana yang sama tapi anda mendapatkan mobil yg kualitas dan kelasnyanya turun 1-2 tingkat dari mobil anda sebelumnya atau anda rela menambah dana 1-2x lipat ketika anda beli mobil harian anda dulu DITAMBAH harga bekas mobil harian anda untuk mendapatkan mobil dengan kualitas setara dengan mobil harian anda beli sebelumnya?
5 apakah anda memilih pindah dari mobil transmisi manual ke transmisi automatic (apapun jenis transmisinya) untuk mobil harian?
6 apakah perkembangan teknologi mobil baru melalui fitur2 seperti sensing2 semi autonomus,sensor2,electronic parking brake,fitur keamanan dashcam,airbag,abs di mobil keluaran terbaru membuat anda tertarik untuk pindah ke mobil baru untuk harian atau malah takut dan tidak mau ganti?
7 apa incaran anda untuk mobil harian saat ini?
8 apa mobil harian anda saat ini?
terima kasih telah berpartisipasi meladeni kegabutan saya :big_biglaugh: :big_peace:

Btw saya pribadi sih jarang naik mobil karena saya orangnya tidak sabaran,jadi prefer motoran,liburan ke jogja aja motoran karena menghemat separo waktu daripada naik mobil
kebetulan saya sudah beberapa kali ganti mobil baik baru maupun seken
1 apakah konsumsi BBM penting untuk mobil harian anda?
jawaban:
yes, apalagi kota saya jakarta, macetnya udh lumayan, apalagi hari kerja hehehe

2 apakah kenyamanan (better NVH,built quality yang bagus) menjadi syarat lebih penting daripada konsumsi bbm untuk mobil harian anda?
jawaban:
nggak juga , kalo saya pribadi lebih prefer ke konsumsi bbm , secara saya lebih sering nyetir sendiri or duduk didepan daripada duduk di row 2 hehehe
3 apakah anda memilih mempertahankan mobil berumur (5 tahun lebih) appaun alasannya (kualitas lebih bagus,depresiasi harga jual kembali,dll) atau peremajaan ganti mobil baru untuk mobil harian anda,kalau GANTI MOBIL apa syarat anda dalam memilih pengganti mobil harian anda?
jawaban :
mempertahankan mobil berumur, karena pengalaman saya mencoba beberapa mobil baru dan seken sudah terbukti kalau mobil baru memang menang model, fitur & teknologi. tapi disisi lain, mobil yg udh berumur buat saya lebih bagus built qualitynya karena lebih solid, lebih nyaman , perawatan lebih mudah karena lebih less elektrikal dan juga kelasnya masih lebih tinggi dibanding mobil baru harga mirip . serta harga jual kembali maupun depresiasi lebih bagus mobil yg lebih berumur, secara pemikiran saya simpel aja, indonesia nggak cuma jabodetabek, jadi mobil2 yg memang peminatnya diluar jabodetabek masih sangat banyak niscaya harganya akan bertahan, stabil or bahkan naik hehehe

saya pribadi kalo ganti mobil harian
- setara or lebih baik daripada mobil yang sekarang
- aftersales , minimal bengkelnya harus ada di seluruh indonesia, jangan cuma di jabodetabek aja, karena saya akan cukup sering keluar kota & hal itu mempengaruhi RV jg
- driving feel, tarikan, handling jadi pilihan utama, minimal setara or lebih baik dari mobil yg akan digantikannya
- kenyamanan dan bantingan suspensi buat saya adalah bonus, karena 80% saya nyetir sendiri or duduk di depan, jarang duduk di row 2
- desain exterior dan interior yg memang masuk selera & kriteria saya
- baru or seken nggak masalah, karena memang saya sudah siap untuk menanggung segala resiko dan konsekuensi dalam membeli mobil seken apalagi yg udh berumur diatas 5 tahun, yg penting buat saya kl beli seken itu kondisi bagus dan lolos inspeksi itu sudah cukup bagi saya

4 jika anda memilih GANTI MOBIL BARU tiap beberapa tahun,kita tahu bahwa kualitas mobil jaman sekarang menurun jauh dari segi ketebalan plat,built quality dibanding mobil keluaran 10-20 tahun lalu
cuma sekarang digantikan dengan banyaknya tambahan fitur2,misal avanza,ertiga 10 tahun lalu harganya under 200 juta , innova,civic 10 tahun lalu harga under 350 juta
saat ini kijang innova,honda civic harganya udah 2x lipatnya 700-800 juta atau avanza ertiga yang menyentuh hampir 400 juta dan jika anda mau ganti mobil harian anda sekarang anda pilih mana? dengan dana yang sama tapi anda mendapatkan mobil yg kualitas dan kelasnyanya turun 1-2 tingkat dari mobil anda sebelumnya atau anda rela menambah dana 1-2x lipat ketika anda beli mobil harian anda dulu DITAMBAH harga bekas mobil harian anda untuk mendapatkan mobil dengan kualitas setara dengan mobil harian anda beli sebelumnya?
jawaban:
tidak keduanya, kalo saya pribadi dengan posisi begitu akan ambil opsi pertama, TAPI saya akan beli mobil seken, mengapa? karena saya yakin banyak mobil seken yg bagus2 , baik dari segi driving feel, desain, fitur, kenyamanan maupun kelasnya dibanding mobil baru harga mirip, paling cuma kalah di tahun aja hehehe . karena memang fitur & gimmick mobil jaman now buat saya blm jadi prioritas, masih lebih ke durability buat long term & liquiditynya kalo memang bosen dan mau dijual lagi

tapi kalo opsinya memang CUMA DUA ITU, saya akan pilih opsi ke 2

5 apakah anda memilih pindah dari mobil transmisi manual ke transmisi automatic (apapun jenis transmisinya) untuk mobil harian?
jawaban:
karena saya tinggal di jakarta yg macetnya sudah lumayan juga apalagi pas hari kerja, saya memilih matic. tapi kalo saya tinggal diluar jabodetabek, saya akan pilih manual hehehe

6 apakah perkembangan teknologi mobil baru melalui fitur2 seperti sensing2 semi autonomus,sensor2,electronic parking brake,fitur keamanan dashcam,airbag,abs di mobil keluaran terbaru membuat anda tertarik untuk pindah ke mobil baru untuk harian atau malah takut dan tidak mau ganti?

jawaban:
tidak mau ganti , kecuali mobil lama saya memang sudah perlu perbaikkan berat kaya turun mesin dst


7 apa incaran anda untuk mobil harian saat ini?
jawaban:
- avxen g mt 2008 - 2011 last fl gen 1
- avanza g mt 2013 - 2015 airbag gen 2 pra grand new (karena banyak nilai sentimentilnya yg saya gabisa ceritain disini dan rencana saya gaakan jual sampai kapanpun hehehe)
- innova g or v diesel at 2012- 2015 (grand or barong)
- fortuner VNT TRD AT 2014-2015
- jazz ge8 rs at last fl 2013-2014 warna wajib putih (gamau warna lain hehehe)
- mazda 2 sky gt fl 1 2017-2018
8 apa mobil harian anda saat ini?
jawaban:
- AN Voxy 90 2023 , odo 6rb
- AN HRV RV SE 2023, odo 8rb
- AN BRV Pres non HS 2023, odo 5rb
- ANPS Dakar 4X2 2018 , odo 79rb
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
noire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by noire »

zonepublic wrote: Thu Nov 16, 2023 14:15 ngobrolin mobil harian yuk,di marketplace jubel mokas banyak sekali mobil2 >5 tahun yg bagus2 dijual sampe bingung
tapi yang bikin heran mobil diesel Tua dari panther,kijang disel sampe mitsubishi kuda,apalagi innova 2kd tahun 90an sampai 5 tahun kebelakang yg kondisinya udah parah2 tapi peminatnya tetap banyak,harganya bertahan kuat sedangkan mobil SUV,sedan2 mid dan premium yang berbahan bakar bensin turun terus apalagi yg ber kapasitas CC besar >1500cc seperti Honda CRV,accord,toyota camry,nissan xtrail,serena
contoh sampel harga baru Honda CRV 2.4,Nissan Xtrail ,honda accord VTIL 2010 dan Kijang Innova Diesel G 2010 lebih mahal honda CRV 2.4,xtrail dan accord 2x lipat tapi harga bekasnya Kijang innova diesel malah lebih mahal,sekarang harga CRV 2.4 sama dengan harga Jazz RS untuk tahun yang sama
jadi sekalian mau sebar kuesioner
1 apakah konsumsi BBM penting untuk mobil harian anda?
2 apakah kenyamanan (better NVH,built quality yang bagus) menjadi syarat lebih penting daripada konsumsi bbm untuk mobil harian anda?
3 apakah anda memilih mempertahankan mobil berumur (5 tahun lebih) appaun alasannya (kualitas lebih bagus,depresiasi harga jual kembali,dll) atau peremajaan ganti mobil baru untuk mobil harian anda,kalau GANTI MOBIL apa syarat anda dalam memilih pengganti mobil harian anda?
4 jika anda memilih GANTI MOBIL BARU tiap beberapa tahun,kita tahu bahwa kualitas mobil jaman sekarang menurun jauh dari segi ketebalan plat,built quality dibanding mobil keluaran 10-20 tahun lalu
cuma sekarang digantikan dengan banyaknya tambahan fitur2,misal avanza,ertiga 10 tahun lalu harganya under 200 juta , innova,civic 10 tahun lalu harga under 350 juta
saat ini kijang innova,honda civic harganya udah 2x lipatnya 700-800 juta atau avanza ertiga yang menyentuh hampir 400 juta dan jika anda mau ganti mobil harian anda sekarang anda pilih mana? dengan dana yang sama tapi anda mendapatkan mobil yg kualitas dan kelasnyanya turun 1-2 tingkat dari mobil anda sebelumnya atau anda rela menambah dana 1-2x lipat ketika anda beli mobil harian anda dulu DITAMBAH harga bekas mobil harian anda untuk mendapatkan mobil dengan kualitas setara dengan mobil harian anda beli sebelumnya?
5 apakah anda memilih pindah dari mobil transmisi manual ke transmisi automatic (apapun jenis transmisinya) untuk mobil harian?
6 apakah perkembangan teknologi mobil baru melalui fitur2 seperti sensing2 semi autonomus,sensor2,electronic parking brake,fitur keamanan dashcam,airbag,abs di mobil keluaran terbaru membuat anda tertarik untuk pindah ke mobil baru untuk harian atau malah takut dan tidak mau ganti?
7 apa incaran anda untuk mobil harian saat ini?
8 apa mobil harian anda saat ini?
terima kasih telah berpartisipasi meladeni kegabutan saya :big_biglaugh: :big_peace:

Btw saya pribadi sih jarang naik mobil karena saya orangnya tidak sabaran,jadi prefer motoran,liburan ke jogja aja motoran karena menghemat separo waktu daripada naik mobil
Halo om,
Ijin jawab dan sharing juga om:
1. FC cukup penting tetapi tidak penting-penting amat - fokus lebih kepada emisi, range dan praktikalitas refueling saja. FC sebenarnya juga cukup relatif dibandingkan dengan apa dulu, semua kalau dibanding dengan semi sports sedan tahun 90an pasti irit :big_childish: Alasannya karena sehari2 kerja lebih banyak dari rumah. Mobil hanya dipakai pas ingin bolang atau kerja saat proyek yang saya kerjakan tidak bisa menyediakan budget transportasi terpisah.
2. Kenyamanan penting, tidak sampai berlebihan sampai harus mengorbankan FC tapi yang pasti mobil yang tidak nyaman atau dibuat ala kadarnya berkontribusi tinggi pada stress terutama di kemacetan. Saya pernah mencoba unit Calya brand new yang saya sempat sewa sebulan, stress berat saya nyetir ini, posisi duduknya kacau sekali untuk postur saya, feel sentuhan materialnya berasa rip-off dibanding harga barunya, driving dynamics yang ala kadarnya dan tidak convincing dari segi safety.... begitulah.... dan... surprise... ternyata tidak irit2 amat :big_bored:
3. Ya, karena mobil itu adalah money pit terbesar dalam dunia modern. Jadi value for money seharusnya diukur dari durabilitas dan sustainability juga, percuma beli mobil baru yang lebih prone ke breakdown atau harus "dibuang" dalam kurang dari 5 tahun. mending mobil lama yang lebih awet/repairable, proven, dan tidak greenwashing.
4. Naik kelas ke produk baru yang "worth it" dengan harga 2-3x lipat kalau memang sudah punya disposable income yang memadai, kalau tidak ketemu produk yang worth it atau dananya masih diplot untuk pengeluaran lain mending beli mobil kelas diatasnya tapi proven meskipun bekas, atau tetap pakai mobil lamanya selama masih layak.
5. Untuk daily saya pasti matic, apapun jenisnya. kecuali untuk tujuan tertentu :big_grin:
6. Passive safety (ABS, EBD, BA, VSC dsb) adalah sebuah kewajiban, semakin banyak semakin bagus, active safety macam sensing-sensingan masih mixed, selama tidak intrusive saya ok, kalau sudah intrusive big no. Saya selalu nambah dashcam sendiri di semua mobil yg legally atas nama saya sendiri (jadi g diprotes empu mobilnya, kan suka-suka saya wkwkwk).
7 & 8. Daily saat ini keluarga kecil saya pakai CRV RM3 dan Sienta, rasanya tidak ada produk baru yang dijual sekarang yang cocok untuk kebutuhan kami dengan nilai yg worth sampai sempat galau beberapa bulan lalu saat ipah diesel mitik saya TLO yang akhirnya digantikan oleh RM3 saya. tapi kalau misalnya harus ada banget yang diincar untuk kebutuhan daily dan tersedia di Indo saat ini, mungkin saya akan incar something antara CX5 atau CX50 - yang which is cukup mahal, atau Yarcross di kelas harga dibawahnya, atau kalau boleh sedikit wishful thinking mungkin ingin mencoba next gen BYD Atto (kalau sudah pakai next gen battery). seluruh opsi tadi mungkin hanya CX5/CX50 yang bisa memenuhi sebagian kebutuhan. Sienta belum ketemu apa pengganti yang pas. Kenapa bukan ipah disel mitik? naikannya jujur tidak enak-enak amat dan pinggang saya sakit kalau nyetir lama dengan ini, cuma menang irit dan bertenaga aja, itupun sekarang harganya menurut saya tidak masuk akal baik baru maupun bekasnya :big_slap:
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV

Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150

2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by ChZ »

walid_007 wrote: Thu Nov 16, 2023 22:47 -tp harga mobil skrg klo d banding harga emas., umr . maupun bbm kasta tengah makin murah. apalagi tanah per sqm

-avanza . kijang n inova disel thn brppun lebih kearah mobil niaga yang spratan
. depresiasi, perubahan rasa pake, kalangan pengguna tipikal mirip dgn mobil niaga yg basic dan murah sejak lahir

-menurut sy naif klo mobil lama dibilang lebih bagus drpd mobil baru (yg se kelas/ penerus).
dilihat dr lampu aja. mobil jaman dlu lampu gelap2 ga keliatan apa2 skrg udah teramg pk banged .liat dah lampu vrz. mazda yg bisa 24 titik chaya. 3 led lexus maupun laser l. thn 2000 an nana ada

n klo mesin dah apa ada yg. bilang 2L lebih bagus drpd 2GD?
ato 7k dibanding m20a

second that om.

kalau dari sisi engineering sebenernya peningkatan sangat banyak : chassis dan body rigidity, safety, powertrain efficiency (jaman dulu 2000cc ya wassalam urusan bensin bisa 1:5, skrg 1:8 lebih).

size juga susah dibandingkan, ada beberapa mobil sekarang emang classnya naik. misal BMW seri-3 yang sekarang ukurannya hampir seukuran E39 seri-5.

pelat body tipis? ah itu mah bisanya marketing wuling aja :mky_07: itu alamaz krotes flexing tebel plat mulu, crash test / moose test aja kaga pernah denger.

btw jawabnya

1. nggak terlalu, lah wong mobil daily 1:10 tapi ngisinya 15 ribu seliter, irit darimane. lebih penting efficiency gimana mesin ngolah bensin jadi tenaga. 1:15 isi pertalite kalo lari 100 aja ngos-ngosan ya males. daily ane tiap pagi bisa ngerun 170-180 terus, nikung stabil dan lincah. bensin bukan big deal buat kepuasan di jalan. priceless.

2. enggak, wong tiap hari pake honda kaleng rombeng pake ban UHP udah bodo amat sama NVH kuping dah terlatih.

3,4 . utk konteks sekarang, selama it works ya ngapain ganti? technology paling beda 10-20% tapi harga nambah 200%. mending nunggu lungsuran orang yg udah ter depreciate. electric hybrid ya sama aja boong ganti batre ratusan puluhan buat apa.

5. iya deh, makin ga manusiawi macetnya. pengen FK8/FL5 cuma buat having fun aja kalo malem libas jalanan tikungan kosong.

6. enggak. intrusif dan berisik. jalanan macet malah nambah stress denger bunyi2an.

7. enggak ada. selama coba mobil baru yang memuaskan cuma mobil 700 up masalahnya itupun hampir nggak beda dari daily ane jadi buat apa juga :big_think:

8. Civic FK4 Turbo remap to 200hp up...
Last edited by ChZ on Fri Nov 17, 2023 3:04, edited 4 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 542
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by thestoneroses »

Saya ke kantor naik kereta pp 6 ribu perak oom, ngelawan arah pula, sepi. Tapi tetep ada bawa mobil, kepuasan pribadi saja.

1. Engga, pom bensin banyak, ngga ngantri pula

2. Iya dong, usia oom. Daripada pinggang

3. Mobil saya tua-tua oom, 27 tahun, 29 tahun, 31... Ada yang muda dipakai anggota keluarga lain

4. Ngga bakal dapet oom, dijual cuma 1/5 harga baru. Sebagus-bagusnya saya bikin cerpen paling 1/3 harga baru. Dan sebagian yang barunya sudah ngga menarik (hybrid/ev dll)

5. Terakhir bawa manual waktu kuliah oom (505 gr), setelah itu jarang. Kan udah reformasi...

6. Ngga mau oom, gak suka. Apalagi head unit besar-besar mengganggu pandangan. Paling bagus ya kunci colok dan tanpa tedeng aling-aling lah sensor ninu nganu

7. 190e 2.6 cosworth... tapi bukan yang di pasar fesbuk

8. mobil tua semua oom, pajaknya murah2...

Btw oom kalau lagi penelitian kuantitatif/mixed methods, disebar aja. Kasihan oomnya kalau baca thread satu-satu.. He he he
Ron Asheton Forever
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by ricz »

Pagi om, ijin nubie menjawab ya..

1. Biasa aja sih, ga sampe jd faktor utama utk membeli mobil.. Karena rute harian saya pp ga sampe 20 km sehari :mky_01:
Malah mobil yg sekarang cuma isi bbm subsidi (10 rb seliter) dan konsumsi bbmnya ga bs dibilang irit banget (1:8.5 gitu)

2. Iya, karena irit doang tapi bawanya bikin kesal (ex: mesinnya getar2 ga jelas, bantingan kaya batu, posisi mengemudi atau joknya ga enak) pun ga sebanding dgn keiritan yg ditawarkan ya. Kecuali maybe kalo mata pencaharian gw menuntut utk perlu mobil dgn konsumsi yg irit banget ya mau gamau sih.. :ungg:

3. Kalo nomboknya banyak ke mobil yg lebih baru / lebih bagus / generasi diatas mobil yg skrg dipake dan kondisi mobil saya masih sehat sih ttp akan mempertahankan mobil yg skrg, sambil cari cara utk dapetin cuan lebih banyak :mky_08:

Tp jika ingin ganti mobil, yang paling penting itu tenaganya cukup utk dalam kota / luar kota, posisi mengemudi enak, merknya jangan yg terlalu aneh (pengalaman dulu punya mobil yg brandnya non mainstream cari sparepartnya lumayan susah, dan pengen brand mainstream biar likuid kalo mau dijual kembali)

4. Lebi prefer utk turun kelas sih, karena pengalaman saya ganti mobil dari Innova diesel ke Xpander, meskipun banyak faktor yg dikorbankan (contoh : innova lebih stabil di jalanan luar kota, tenaga innova lebi enak) tapi utk pemakaian dalam kota menurut saya Xpander lebih dari cukup utk mengcover hal2 yang saya inginkan dan butuhkan...
Dan ntah kenapa agak kurang rela nambah banyak utk mobil yg kelasnya atau improvementnya masih mirip dgn mobil yang lama :big_think:

5. Iya, mau gimanapun matic menurut saya lebi gampang dikendarai dan ga terlalu capek di perkotaan. Dan daily driver saya kebetulan juga udah ganti ke matic :big_biglaugh:

6. Nggak terlalu tertarik sih, bagaimanapun juga menurut saya (ini menurut saya ya, jika tidak setuju gapapa) mobil kalo makin banyak electronics malah makin membingungkan... Nice to have, but not necessary...

7. Innova Zenix Hybrid :big_grin:
Alasannya, bensin irit, tenaga enak, cukup lumayan bergengsi (kalo ambil type V atau Q) dan bantingannya nyaman...

8. Xpander Ultimate '18
2021 Fortuner VRZ
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by zonepublic »

thestoneroses wrote: Fri Nov 17, 2023 2:58
Btw oom kalau lagi penelitian kuantitatif/mixed methods, disebar aja. Kasihan oomnya kalau baca thread satu-satu.. He he he
Ngga formal bikin science kok,lagi gabut aja,pengen tuker pikiran dan buka wawasan aja,karena kayanya ada perubahan pola pikir,gaya hidup dan konsumsi setelah pandemi covid dan pergolakan ekonomi masa resesi sekarang
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by nyotsaeba »

Mau komen urusan resale value mobil tertentu jeblok :

Mobkas murni urusan supply vs demand, byk demand, harga pst tinggi.

Motuba macem avanza panther kisul masih nahan krn bisa dipake usaha om, baik travel atau angkutan. Yg penting jalan running cost rendah bbm busuk, parts kawe 999, servis gampang. Skrg bandingin aja sm motuba lain macam crv gen 2, 3, stream, odyssey, toyota alphard gen 1, NAV, or boil luxury bmw x3, x5 jadul, yg mau beli cuma user pribadi aja, itupun khusus yg punya nyali dan kantong buat operasional & maintenance.

Pasar mobkas yg likuid mayoritas diisi sm org yg ga mampu beli baru. Ngobrol sm sales mobkas skrg bilang ampun2an pasar. Mobkas diatas 300jt skrg susah bener jualnya, yg muter malahan harga 100jtan kyk yaris bapao, brv, rush. Kalangan gini biasanya sih sensitif sm biaya bbm ya, kalo bisa cari yg isi bensin pertalit 200rb bisa cukup pake tiap hari selama seminggu.