Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by zonepublic »

ToraB wrote: ↑Fri Nov 03, 2023 11:40
DOHC wrote: ↑Fri Nov 03, 2023 9:53
pecaya d om , power does matter koq

kan ga slamanya tu mobil cuman jalan lurus doank, ntar pas bawa luar kota, ad tanjak2 sikit, mau overtake, atau siapa tau perlu bawa barang beban banyak, enjin dgn power gede lebi bkin ktawa sendiri drpd bawa enjin imut tenaga cuil , yg ada bkin kringet dingin yg nyetir
kenop wrote: ↑Fri Nov 03, 2023 10:22

Hmmm ini nih, sama persis kayak ane dl mikirnya sblm ambil xpander :mky_03:

Uda TD dan ngerasa kok agak lemot ya, tp pikir ah nyetirnya kan seringan santai, ane pikir ga akan jd masalah

Begitu rute tol panjang ato luar kota banyak nanjak baru dah berasa empot2an nya :big_biglaugh:

Coba jkt - smg - jogja - jkt, ampun boss bolot bener di tol nya kwkw

Bulan depan pegi lg tp pake CRV 2.4, ini br mobil :big_biglaugh:

Kl soal tenaga mesin, mending ada tp ga dipake drpd pas mau dipake tp ngga ada
Jdi penasaran, klo dibanding reborn bensin gimana sih om powernya? Atau banding sm mobilio deh sama2 lmpv 1.5
Kok banyak yg bilang klo Xpander ini kurang tenaganya
dsign1990 wrote: ↑Fri Nov 03, 2023 10:16 Ini sama kayak 2017 dulu waktu penasaran krn konten kreator dan komentator2 medsos banyak teriak2 driving-riding experience Xpander mampu nempel reborn
Lalu nyobalah liat dari dekat sampe nyoba duduk duduk , tanpa test drive pun ketahuan .... Kelas gak akan bohong, kalau beneran ini barang bisa jabanin reborn , pasti harganya juga bakal kayak kuda dulu yg head to head sama kapsul 😁
Klo di yutup2 bilang enak nyaman gitu sih om :big_biglaugh:
Kyknya ane harus test drive nih, atau mungkin sewa aja biar bisa jauh nyobainnya.
Lho xpander mmg plg nyaman buat penumpang kok dibanding mobilio,avanza,xenia,ertiga maupun stargazer
Tapi mobilnya kan berat,itu yg bikin nyaman karena busa jok yang enak pasti isinya bukan angin doang yg gampang kempes,mesin 1500ccnya kurang tenaga bisa diadu sama honda freed lemotnya,apalagi klo tanjakan,jangan ditanya
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by gwsecretc »

ToraB wrote: ↑Fri Nov 03, 2023 9:07
Sebenernya kenapa kok jdi perbandingan, karena pemikiran simpel ane, tuh zenix sm xpander sama2 monokok, torsion beam, FWD, CVT. iya emng tenaga beda tpi buat ane ga masalah sih. Jdi mikir ane tuh kyk sama aja cuman lebih besar aja ni zenix :big_biglaugh:
Maaf no offense, cuma pemikiran simpel ane :big_peace: :big_peace:
Lebih besar biar more big happy family :big_grin:

Om kan juga ada mau rute lukot tuh, ntar paham deh maksud ane, apalagi rute lukot non tol jalur 2 arah/ saat mau nanjak”/saat mau overtake mobil, bakal makin krasa deh.. :mky_03:
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by KSG88 »

Perbandingan ini gk apple to apple sih.
Memang sama2 fwd, cvt, torsion beam tapi ukuran moncong, sasis dan kelegaan beda jauh.


Vote jeniks with pure Toyota M20A-FKS Dynamic Force Engine.
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by kenop »

gwsecretc wrote: ↑Fri Nov 03, 2023 13:38
ToraB wrote: ↑Fri Nov 03, 2023 9:07
Sebenernya kenapa kok jdi perbandingan, karena pemikiran simpel ane, tuh zenix sm xpander sama2 monokok, torsion beam, FWD, CVT. iya emng tenaga beda tpi buat ane ga masalah sih. Jdi mikir ane tuh kyk sama aja cuman lebih besar aja ni zenix :big_biglaugh:
Maaf no offense, cuma pemikiran simpel ane :big_peace: :big_peace:
Lebih besar biar more big happy family :big_grin:

Om kan juga ada mau rute lukot tuh, ntar paham deh maksud ane, apalagi rute lukot non tol jalur 2 arah/ saat mau nanjak”/saat mau overtake mobil, bakal makin krasa deh.. :mky_03:
Bener nih, cc ngga boong
1500cc + turbo aja kalah enak sm mesin 2500 ato 3000cc N/A, kaga usah nunggu turbo masuk, kontan dr puteran bawah tenaganya :mky_02:

Kebayang kan om kl 1500cc n/a full load lagi, sabar aja uda :big_biglaugh:
Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by Supersedan »

ToraB wrote: ↑Fri Nov 03, 2023 11:40
DOHC wrote: ↑Fri Nov 03, 2023 9:53
pecaya d om , power does matter koq

kan ga slamanya tu mobil cuman jalan lurus doank, ntar pas bawa luar kota, ad tanjak2 sikit, mau overtake, atau siapa tau perlu bawa barang beban banyak, enjin dgn power gede lebi bkin ktawa sendiri drpd bawa enjin imut tenaga cuil , yg ada bkin kringet dingin yg nyetir
kenop wrote: ↑Fri Nov 03, 2023 10:22

Hmmm ini nih, sama persis kayak ane dl mikirnya sblm ambil xpander :mky_03:

Uda TD dan ngerasa kok agak lemot ya, tp pikir ah nyetirnya kan seringan santai, ane pikir ga akan jd masalah

Begitu rute tol panjang ato luar kota banyak nanjak baru dah berasa empot2an nya :big_biglaugh:

Coba jkt - smg - jogja - jkt, ampun boss bolot bener di tol nya kwkw

Bulan depan pegi lg tp pake CRV 2.4, ini br mobil :big_biglaugh:

Kl soal tenaga mesin, mending ada tp ga dipake drpd pas mau dipake tp ngga ada
Jdi penasaran, klo dibanding reborn bensin gimana sih om powernya? Atau banding sm mobilio deh sama2 lmpv 1.5
Kok banyak yg bilang klo Xpander ini kurang tenaganya
Xpander ini lumayan keteteran kalo isi penumpang penuh lewat lintas luar kota non tol yg jalanya cuma 2 arah. Mau nyalip cukup bikin stress. Apa lagi jalur lintas yg naik turun.

Kerasa cukup jauh beda tenaganya sama mobilio, mana mobilio enteng lg. Yg menurut saya tenaganya paling oke di lmpv sekarang si stargazer.
Xpander sangat tertolong di sektor kenyamanannya, untuk penumpang udah sangat bikin happy di kelas lmpv.
IMO
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by ChZ »

ToraB wrote: ↑Fri Nov 03, 2023 9:07 Ane dulu juga gitu om, beli mobil gk mikir harga jual kembali.
Alhasil ane beli mobil dipake 2thn dijual lagi harganya hancur2 an grgr atpmnya udh kabur dari indo, mau ttp dirawat tapi ke bengkel mulu mana mobil dipake harian, emng ane belinya bekas sih :big_cry:
Xpander ini ane agak khawatir soalnya mitsu kebiasaan bikin mobil ga lanjut generasinya.
Klo innova mah ane udh yakin.
Nah kebiasaan pabrikan gini ni yang kadang bikin mikir. Meski lifespan Xp itu cukup panjang sih. Mitsu modern yang sukses 2 generasi baru ANPS :mky_07:

Kl gitu jeniks aja om. Xp kalo liat gelagatnya takutnya kayak Kuda yg ga ad kelanjutannya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by ChZ »

kenop wrote: ↑Fri Nov 03, 2023 13:56 Bener nih, cc ngga boong
1500cc + turbo aja kalah enak sm mesin 2500 ato 3000cc N/A, kaga usah nunggu turbo masuk, kontan dr puteran bawah tenaganya :mky_02:

Kebayang kan om kl 1500cc n/a full load lagi, sabar aja uda :big_biglaugh:
CRV turbo uda remap aja kalo blom spooling bawa 5 orang di tanjakan musti telaten urut gas. Kl ga lompat tuh mobil. Adik ane ga biasa bawa mbl turbo aja gak maen ngurut, pernah spin di parkiran resto kaget dy tiba tiba power surge segede itu :mky_07:

Rute transjawabahn smg arah ke timur agak struggle aplg banyak perbukitan di area smg bawen.

Kl arah barat sih ayem, jalannya rata. Ktm mobil apapun libasnya gampang :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26929
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by DOHC »

utk zenik, ga brani komen karena ga perna punya, atau coba, apalagi ngaku2 pake kebetulan kebetulan dsb dst ..

tp kl rebon bensin dan xpander yg masi 4AT, 2 2 nnya perna coba, karena 2 2 nya masi dan perna punya (walaupun bentar)

pecaya ga pecaya, xpander itu tarikan awal sama lemot nya ama rebon bensin metik, cuman napas rebon bensin metik kl yg kita orang rasain jauhhhhh lebi panjang drpd xpander, kl ud ngeglosor di tol transjawabahn, entah knapa lebi enak pake rebon bensin metik

satu lagi, kita orang dah perna coba tu tanjakan spongebob yg lg viral di bandung pake rebon bensin metik, walaupun ngerayap tp sukses naek dgn bobot 5 orang dewasa plus barang bawaan.


menang nya xpander ktimbang rebon seh cuman 2 hal yg kita orang rasain,
1. monokok FWD imut2 lebi enak buat di setir ktimbang casis truk teknologi jadul nya rebon
2. lebi irit (sikitttt) ktimbang rebon bensin metik
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by gwsecretc »

DOHC wrote: ↑Fri Nov 03, 2023 22:48 utk zenik, ga brani komen karena ga perna punya, atau coba, apalagi ngaku2 pake kebetulan kebetulan dsb dst ..

tp kl rebon bensin dan xpander yg masi 4AT, 2 2 nnya perna coba, karena 2 2 nya masi dan perna punya (walaupun bentar)

pecaya ga pecaya, xpander itu tarikan awal sama lemot nya ama rebon bensin metik, cuman napas rebon bensin metik kl yg kita orang rasain jauhhhhh lebi panjang drpd xpander, kl ud ngeglosor di tol transjawabahn, entah knapa lebi enak pake rebon bensin metik

satu lagi, kita orang dah perna coba tu tanjakan spongebob yg lg viral di bandung pake rebon bensin metik, walaupun ngerayap tp sukses naek dgn bobot 5 orang dewasa plus barang bawaan.


menang nya xpander ktimbang rebon seh cuman 2 hal yg kita orang rasain,
1. monokok FWD imut2 lebi enak buat di setir ktimbang casis truk teknologi jadul nya rebon
2. lebi irit (sikitttt) ktimbang rebon bensin metik
Mungkin ribon bensin metik bisa lari napas panjang ketolong ama trans 6AT nya mbah.

Eh kalo liat komen mbah, brarti keiritan bbm xpandir so so aja ya, masa cuma beda sikit sm ribon bensin at.
rujaktahu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Sat Jul 21, 2018 21:40
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Avanza

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by rujaktahu »

Ijin berbagi pengalaman. Selama dananya ada ya dibeli aja, jangan beli opsi lain dengan alasan harga jauh lebih murah.
Yang ada nyesel sepanjang waktu lama ilangnya πŸ˜ƒ
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1404
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by AbdulHakim »

rujaktahu wrote: ↑Sat Nov 04, 2023 1:23 Ijin berbagi pengalaman. Selama dananya ada ya dibeli aja, jangan beli opsi lain dengan alasan harga jauh lebih murah.
Yang ada nyesel sepanjang waktu lama ilangnya πŸ˜ƒ
yang di-bold ada benernya, karena mobil baru gak dipake sebentar.
paling butuh waktu saja untuk menerima keadaan, legowo :big_blushing:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26929
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by DOHC »

gwsecretc wrote: ↑Sat Nov 04, 2023 0:39
DOHC wrote: ↑Fri Nov 03, 2023 22:48 utk zenik, ga brani komen karena ga perna punya, atau coba, apalagi ngaku2 pake kebetulan kebetulan dsb dst ..

tp kl rebon bensin dan xpander yg masi 4AT, 2 2 nnya perna coba, karena 2 2 nya masi dan perna punya (walaupun bentar)

pecaya ga pecaya, xpander itu tarikan awal sama lemot nya ama rebon bensin metik, cuman napas rebon bensin metik kl yg kita orang rasain jauhhhhh lebi panjang drpd xpander, kl ud ngeglosor di tol transjawabahn, entah knapa lebi enak pake rebon bensin metik

satu lagi, kita orang dah perna coba tu tanjakan spongebob yg lg viral di bandung pake rebon bensin metik, walaupun ngerayap tp sukses naek dgn bobot 5 orang dewasa plus barang bawaan.


menang nya xpander ktimbang rebon seh cuman 2 hal yg kita orang rasain,
1. monokok FWD imut2 lebi enak buat di setir ktimbang casis truk teknologi jadul nya rebon
2. lebi irit (sikitttt) ktimbang rebon bensin metik
Mungkin ribon bensin metik bisa lari napas panjang ketolong ama trans 6AT nya mbah.

Eh kalo liat komen mbah, brarti keiritan bbm xpandir so so aja ya, masa cuma beda sikit sm ribon bensin at.
iya mbah

buat napas sehh sebenernya 1TR ckup panjang mbah, kan enjin square dia, bukan overstroke ala kijang2 sblom nya, dipadu ama girbok 6AT nya


nah unit xpandir kita orang punya dl masi yg 4AT mbah, dan emg ga beda jauh2 amat sehh buat FC nya

si rebon kita orang dalkot dapet 1: 8an, xpandir 1:9an

lurkot rebon anteng di 1:12an kadang 13 kl kaki ga gatel, xpandir ternjata jatohnya di angka yg sama jg anehnya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
faridrach
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Sat Jun 20, 2020 21:28

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by faridrach »

DOHC wrote: ↑Sat Nov 04, 2023 6:25
gwsecretc wrote: ↑Sat Nov 04, 2023 0:39
DOHC wrote: ↑Fri Nov 03, 2023 22:48 utk zenik, ga brani komen karena ga perna punya, atau coba, apalagi ngaku2 pake kebetulan kebetulan dsb dst ..

tp kl rebon bensin dan xpander yg masi 4AT, 2 2 nnya perna coba, karena 2 2 nya masi dan perna punya (walaupun bentar)

pecaya ga pecaya, xpander itu tarikan awal sama lemot nya ama rebon bensin metik, cuman napas rebon bensin metik kl yg kita orang rasain jauhhhhh lebi panjang drpd xpander, kl ud ngeglosor di tol transjawabahn, entah knapa lebi enak pake rebon bensin metik

satu lagi, kita orang dah perna coba tu tanjakan spongebob yg lg viral di bandung pake rebon bensin metik, walaupun ngerayap tp sukses naek dgn bobot 5 orang dewasa plus barang bawaan.


menang nya xpander ktimbang rebon seh cuman 2 hal yg kita orang rasain,
1. monokok FWD imut2 lebi enak buat di setir ktimbang casis truk teknologi jadul nya rebon
2. lebi irit (sikitttt) ktimbang rebon bensin metik
Mungkin ribon bensin metik bisa lari napas panjang ketolong ama trans 6AT nya mbah.

Eh kalo liat komen mbah, brarti keiritan bbm xpandir so so aja ya, masa cuma beda sikit sm ribon bensin at.
iya mbah

buat napas sehh sebenernya 1TR ckup panjang mbah, kan enjin square dia, bukan overstroke ala kijang2 sblom nya, dipadu ama girbok 6AT nya


nah unit xpandir kita orang punya dl masi yg 4AT mbah, dan emg ga beda jauh2 amat sehh buat FC nya

si rebon kita orang dalkot dapet 1: 8an, xpandir 1:9an

lurkot rebon anteng di 1:12an kadang 13 kl kaki ga gatel, xpandir ternjata jatohnya di angka yg sama jg anehnya
Irit juga yah 1TR AT lukot bisa 12-13an. Pernah minjem mobil nyokap 1TR MT buat lukot JKT-SMG dapatnya hanya sekitar 10-11 ajah.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by farizfsa »

Kl xpander vs stargazer, cvt nya lebih gigit di stargazer rasanya. Tenaga sih mirip2 ya 0-140an mah gampang dua mbl itu, ane test di toll bali. Jd rasanya stargazer lebih kenceng, rasanya ya

Sayang itu bentuk luar ane ga demen padahal mbl sih enak2 aja buat wara wiri.

Tp kl xpander vs zenix ya zenix. Sasis mobil baru, sasis xpander udah zaman 1 dekade lalu kali pasti beda rasa
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
ToraB
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Thu Nov 02, 2023 13:06

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by ToraB »

DOHC wrote: ↑Sat Nov 04, 2023 6:25
iya mbah

buat napas sehh sebenernya 1TR ckup panjang mbah, kan enjin square dia, bukan overstroke ala kijang2 sblom nya, dipadu ama girbok 6AT nya


nah unit xpandir kita orang punya dl masi yg 4AT mbah, dan emg ga beda jauh2 amat sehh buat FC nya

si rebon kita orang dalkot dapet 1: 8an, xpandir 1:9an

lurkot rebon anteng di 1:12an kadang 13 kl kaki ga gatel, xpandir ternjata jatohnya di angka yg sama jg anehnya
Wah kalau gitu Xpander sm zenix yg gasoline msh lebih irit zenix dong, klo liat review2 katanya bisa 1:14/15. :upss:

Tdi abis ngobrol2 sm kawan, apa iya om mobil macem lmpv itu enaknya cuma pas baru aja, nnti setelah 2-3thn mobilnya udh ga enak lagi? perlu jajan kaki2 setiap 2-3thn, itu pun kadang ga sembuh.
Apa faktor jalanan aspal disini ya, klo kata org jawa mah "jeglongan sewu" alias banyak berlubang :big_biglaugh:
AbdulHakim wrote: ↑Sat Nov 04, 2023 1:42
rujaktahu wrote: ↑Sat Nov 04, 2023 1:23 Ijin berbagi pengalaman. Selama dananya ada ya dibeli aja, jangan beli opsi lain dengan alasan harga jauh lebih murah.
Yang ada nyesel sepanjang waktu lama ilangnya πŸ˜ƒ
yang di-bold ada benernya, karena mobil baru gak dipake sebentar.
paling butuh waktu saja untuk menerima keadaan, legowo :big_blushing:
Kadang udh dijual pun msh ada nyeselnya yak om :big_biglaugh:
Haiqalesha
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by Haiqalesha »

Zenix belum pernah nyoba, kalau xpander vs innova 1tr mending innova. Kenapa ? Kalau beli innova cuma was2 bensin habis doang. Kendaraan kantor ane xpander baru 35.000 tahun 2020 udah bunyi2 tuh. Tenaga juga antara ada dan tiada kalau lewatin jalur garut. Kalau innova udah 13 tahun cuma servis ganti oli, tune up sama ganti ban doang. Tenang. Tapi kalau kenyamanan xpander sama innova empuknya sama tapi expander lebih enak gak terlalu bikin pusing, innova bikin pusing kalau belok2. Kalau zenix gak tau ye tapi toyota gak mungkin meninggalkan dna tahan banting ala innova. Walaupun kayanya si gak setangguh innova jaman ladder frame.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26929
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by DOHC »

ToraB wrote: ↑Sat Nov 04, 2023 11:09
DOHC wrote: ↑Sat Nov 04, 2023 6:25
Wah kalau gitu Xpander sm zenix yg gasoline msh lebih irit zenix dong, klo liat review2 katanya bisa 1:14/15. :upss:

Tdi abis ngobrol2 sm kawan, apa iya om mobil macem lmpv itu enaknya cuma pas baru aja, nnti setelah 2-3thn mobilnya udh ga enak lagi? perlu jajan kaki2 setiap 2-3thn, itu pun kadang ga sembuh.
Apa faktor jalanan aspal disini ya, klo kata org jawa mah "jeglongan sewu" alias banyak berlubang :big_biglaugh:

irit kaga nya mobil ga melulu soal kapasitas sese mesin om

kita orang ad pegang mobil jadul honda 2300 cc, pecaya ga pecaya ini mobil lebi irit drpd inofa rebon bensin matic kita orang , padahal sese nya cuman 2000 cc

faktor bobot, drive train , gear ratio ngaruh banget kl soal irit2an

bahkan inofa jadul ama reborn bensin aj, yg reborn bensin lebi irit jauh loh, padahal inofa jadul itu 300 kg lebi enteng dr reborn

kl soal kaki2, mnurut opini pribadi kita orang seh, lebi ke faktor jalanan sini yg ancur2an

inofa yg katanya kuat aj, di kita orang 5 taonan jg ud bunyi2, lah wong tiap ari lewatin jalanan ga karuan
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Jenson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by Jenson »

Mau sharing om, percis kegalauan saya kemarin utk ambil mobil operasional istri. Kandidat antara zenix g hybrid sama xpander cross. Kalau saya tujuan mobilnya memang untuk jd kuda besi shuttle, saya coba test drive 2 duanya, memang zennix better, tp menurut saya ga sejauh bumi dan langit. Kalo untuk duduk d baris ke 2 , muter2 dalem kota sambil jd genset, buat saya xp ud lebih dr cukup om. Gong yg akhirnya membuat saya ambil XP over Zennix ya sperti om bilang, beds 160jutaan, saya cba hitung selisih kehematan bbmnya dengan hybrid pun, kalo diitung2 sampe tahun ke 8 (plus cost battery replacement) rasanya masih lebih ekonomis xpander. Akhirnya ambil xp dengan segala kelebihan dan kekurangan. Yg paling noticeable sih tenaga boyo dan BQ ga sesuperb itu, km5rb ud bunyi2, kriyet2 juuga
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by ariswp »

xpander ulti sama reborn 1tr aja saya prefer reborn 1tr meskipun tipe basic / tipe g

sama zenix g sih tutup mata ambil zenix g gasoline klo dana mencukupi

tenaga jelas lebih enak, iritnya sih bakal beda tipis mesin lawas 1.5 4a91 vs mesin baru dynamic force dual injector d4s 2.0 m20 fks
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by darrelund »

ToraB wrote: ↑Fri Nov 03, 2023 9:07 Sebenernya kenapa kok jdi perbandingan, karena pemikiran simpel ane, tuh zenix sm xpander sama2 monokok, torsion beam, FWD, CVT. iya emng tenaga beda tpi buat ane ga masalah sih. Jdi mikir ane tuh kyk sama aja cuman lebih besar aja ni zenix :big_biglaugh:
Maaf no offense, cuma pemikiran simpel ane :big_peace: :big_peace:
resonate dgn um yg lain

jauh lho um beda tenaga xpandir & jenik. 105 vs 172, kerasa lah um. belom ditambah cvt & refinement lainnya pasti jenik lebi efisien & ngacir

klo std vs std, jenik gasoline bisa lewatin ribon disel dgn mudah krn napasnya panjang

mending extra powah drpd dijalan tar misuh" ndiri, makan ati dah :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by darrelund »

DOHC wrote: ↑Fri Nov 03, 2023 22:48 pecaya ga pecaya, xpander itu tarikan awal sama lemot nya ama rebon bensin metik, cuman napas rebon bensin metik kl yg kita orang rasain jauhhhhh lebi panjang drpd xpander, kl ud ngeglosor di tol transjawabahn, entah knapa lebi enak pake rebon bensin metik
um

tapi xpander biar lemot gitu di jalan tol ganas lho, pada kenceng semua

hari" di jalanan klo ndak ditempelin mulu yah zig zag trus

mungkin jaga momentum?
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by kenop »

darrelund wrote: ↑Sun Nov 05, 2023 15:21
DOHC wrote: ↑Fri Nov 03, 2023 22:48 pecaya ga pecaya, xpander itu tarikan awal sama lemot nya ama rebon bensin metik, cuman napas rebon bensin metik kl yg kita orang rasain jauhhhhh lebi panjang drpd xpander, kl ud ngeglosor di tol transjawabahn, entah knapa lebi enak pake rebon bensin metik
um

tapi xpander biar lemot gitu di jalan tol ganas lho, pada kenceng semua

hari" di jalanan klo ndak ditempelin mulu yah zig zag trus

mungkin jaga momentum?
Coba aja kerjain agak di rem dikit, trs om gas pol lagi jamin ngga ngejar itu xpander nya :big_biglaugh:

Lemot om, sy yg ga demen ngebut aja gemes bawa xpander
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26929
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by DOHC »

darrelund wrote: ↑Sun Nov 05, 2023 15:21
DOHC wrote: ↑Fri Nov 03, 2023 22:48 pecaya ga pecaya, xpander itu tarikan awal sama lemot nya ama rebon bensin metik, cuman napas rebon bensin metik kl yg kita orang rasain jauhhhhh lebi panjang drpd xpander, kl ud ngeglosor di tol transjawabahn, entah knapa lebi enak pake rebon bensin metik
um

tapi xpander biar lemot gitu di jalan tol ganas lho, pada kenceng semua

hari" di jalanan klo ndak ditempelin mulu yah zig zag trus

mungkin jaga momentum?
Apa jgn2 itu xpander yg cvt kl yah ?

tp dl waktu pake xpander bentar sehh ngerasa ini mobil agak kurang tenaga yah, bahkan buat lari d tol jg tetep lebi enak pake reborn bensin

cuman kl buat zig zag bner enak xpander ktimbang reborn, bahkan lwan afansa senia fwd pun jg tetep mnang xpander
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
gboooster
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Mon May 17, 2021 7:59
Location: Surabaya

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by gboooster »

darrelund wrote: ↑Sun Nov 05, 2023 15:21
DOHC wrote: ↑Fri Nov 03, 2023 22:48 pecaya ga pecaya, xpander itu tarikan awal sama lemot nya ama rebon bensin metik, cuman napas rebon bensin metik kl yg kita orang rasain jauhhhhh lebi panjang drpd xpander, kl ud ngeglosor di tol transjawabahn, entah knapa lebi enak pake rebon bensin metik
um

tapi xpander biar lemot gitu di jalan tol ganas lho, pada kenceng semua

hari" di jalanan klo ndak ditempelin mulu yah zig zag trus

mungkin jaga momentum?
kalau di toll rasanya semua mobil bisa kenceng, dimentokin sampe limit.

bedanya seberapa cepet sampai dapet kecepatan yang ditarget, butuh berapa lama sampe tembus 140 km/h.

coba kalau habis ngerem karena dipotong truk :big_grin: ada yang ngacir ada yang lelet :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by ChZ »

darrelund wrote: ↑Sun Nov 05, 2023 15:21
DOHC wrote: ↑Fri Nov 03, 2023 22:48 pecaya ga pecaya, xpander itu tarikan awal sama lemot nya ama rebon bensin metik, cuman napas rebon bensin metik kl yg kita orang rasain jauhhhhh lebi panjang drpd xpander, kl ud ngeglosor di tol transjawabahn, entah knapa lebi enak pake rebon bensin metik
um

tapi xpander biar lemot gitu di jalan tol ganas lho, pada kenceng semua

hari" di jalanan klo ndak ditempelin mulu yah zig zag trus

mungkin jaga momentum?
rasio panjang di toll emang ngebantu sih. ntu espander kalo udah jalan, rasionya kan panjang bener. mesinnya berat klo ngengkol dari nol aja. sama kayak haervi cenggo sese baru.

sama jg kayak BMW 318i M43. lemot2 gitu cuma 110hp tapi 200 nyampe top speednya. ngos ngosan sih nyampenya dgn power segitu tapi kalo udah di toll torsi besar jadi gak relevan makanya rajanya justru mesin2 bensin sese besar atawa hp besar.

ngondah freed juga tuh di kota lemot. tp karakter gearing panjang oondah + VTEC POWAHH nya berasa giliran ngejer top speed. gak yakin modelan elempv baru baru bisa ngadu ama freed di toll.

makanya ane ngga terlalu suka diesel. palised aja mikir mo ambil tp diesel cuy gak keluar V6 3800cc nya. kenceng si palised, tapi gak suka feel mesin diesel di kecepatan tinggi. berisik kratakratkakkratakkratak nya kedengeran ampe kabin. napasnya jg gak sepanjang bengsin 200hp up.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7