Trip Report Ioniq 5 Signature Long Range Jakarta - Bali September 2023

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

aimee
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 01 May 2017, 03:16
Location: jakarta

Trip Report Ioniq 5 Signature Long Range Jakarta - Bali September 2023

Post by aimee »

Halo semuanya, sy pengguna baru Hyundai Ioniq 5 SLR
kalo dalam kota sih pasti aman- aman aja charging barerainya, kali ini saya mau sharing pengalaman bawa Ioniq 5 perjalanan kerja Jakarta - Bali


Trip Report Jakarta - Bali

Hari 1
- Start 97%
- sisa 35%. isi di km 228A 200kw. lancar isi 15 menit sampai 80%
- sisa 40% isi di km 379A 200kw. lancar isi sampai 80% sambil makan siang
- mutar2 di semarang sebentar
- sampai di solo jam 6 sore. mau isi di PLN solo. sisa 35%. charger 200kw trouble ga bisa isi. akhirnya isi yg DC 25kw sambil makan malam 1 jam. dapat sampai 67%

Hari 2
- masih ada kerjaan di solo
- muter2 di solo
- nginap di hotel Lorin Solo sambil charge pakai starvo AC 7Kw sampai 100%.

Hari 3
- lanjut jalan menuju banyuwangi
- ngebut 190km/h cepet banget turunnya
- sisa 40% isi di 626A. 200kw lancar isi sampai 80%. 15 menit
- lanjut ketemu lg Charge EV di km 695. Astra Otopower masih gratis. sisa 60% charger 120kw isi sampai 80% = 7 menit
- lanjut isi di PLN probolinggo. sempat trouble offline, tapi dicoba2 geser antena sama petugasnya. akhirnya bisa. isi 35% sampai 80% sambil makan malam.
- jalan sampai banyuwangi, nginap di Hotel Santika sambil charge sampai 100%.

Hari 4
- nyebrang ke Bali, jalan sampai denpasar (ga bisa ngebut) sampai di denpasar masih sisa 70%
- mutar2 kuta-denpasar
- hari ini ga charge

hari 5
- masih di denpasar, charge DC 25kw sampai 80%, lanjut AC 22kw tambah sekitar 6% di PLN sudirman sambil belanja di titiles dan makan siang sekitar 40 menit.
- sorenya charge di hyundai gatsu denpasar 7kw sampai 100% (2,5 jam) sambil temenin istri spa di sebelah2nya.

perjalanan pulang nanti report lagi di post selanjutnya

lanjut perjalanan pulang di postingan ini juga :

hari 6
- start dari denpasar 97%
- sampai di spklu ABG gilimanuk. sisa 71%. mau charge, ternyata yg CCS atau AC tipe 2 rusak.
- lanjut naik kapal dulu deh.
- sisa 69%, isi di spklu rest area warudodol situbondo, 6 km dari pelabuhan ketapang. Agak kesulitan pakai Charger Phihong 30kw, harus didorong agak kuat dan ditahan dulu nozzlenya, setelah start charging baru ngunci. 15 menit sampai 80% sambil makan siang.
- rencana mau charge lg di pln probolinggo, cuma karena masuk kota makan waktu lumayan banyak. dilihat2 sisa baterai kayaknya masih cukup sampai hotel santika gubeng surabaya. akhirnya putusin langsung lanjut surabaya aja.
- sampai di hotel santika sisa 19% jam 20.15. untung charger ga ada yg pakai. langsung check in & charge. sampai 100% perkiraan waktu 10 jam.

hari 7
- start 100% dari surabaya
- kaki kanan ga sekolah, sampai di km 626B tinggal 41%
- Charger SK Signet 200kw yg B bermasalah. ga bisa charge.
- coba yg Side A. ternyata bisa. 15 menit sampai 80%
- Rest Area 519B, sisa 39% sampai 71% 30menit. pakai DC 50Kw sambil makan siang.
- Keluar Solo, ada kerjaan sampe sore.
- Charge di PLN UP3 Surakarta, syukur ternyata Signet 200kw udah bisa. 63% ke 80% cuma 7 menit sambil ke toilet.
- lanjut jalan ke hotel santika pekalongan. sisa 35% charge sampai 100%.

Hari 8
- Start 100% sampai di rest area 229 B sisa 56%. lancar isi sampai 80% hanya 9 menit
- lanjut ke 101B sisa 42%, lancar isi sampai 80% 11 menit sambil makan siang.
- finish di rumah sisa 50%.

kesimpulan :
- charger delta 200kw paling enak, tidak ada trouble
- charger sk signet deg2an, kadang oke, kadang trouble
- charger phihong butuh adaptasi cara pakai, karena kalo cuma dicolok kayak biasa itu longgar dan ga ada petugas sama sekali yg kasih tau.
- hampir semua memang tidak ada yg jaga kecuali di kantor PLN, itu pun cuma satpam yang kurang begitu paham.
- jawa bali amanlah pakai ioniq 5. cuma ada yg kurang charger pas pergi setelah km 695 tidak ada charger lg di rest area (harus keluar ke kota probolinggo yg lumayan makan waktu).
- pas arah bali - jakarta juga sama, tol probolinggo - 626B tidak ada charger, kemudian antara 519B sampai 229B juga tidak charger yg fast charging (hanya ada di 389B yg cuma 7kw) sehingga harus keluar tol.
- selama perjalanan, nyaman banget pakai ioniq 5. mau ngebut oke, overtake torsi ada terus. mau santai pakai smartcruise juga oke.

sekian dan terima kasih semuanya
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: 21 Dec 2021, 00:17

Re: Trip Report Ioniq 5 Signature Long Range Jakarta - Bali September 2023

Post by ExorT »

Nice share Om!

Di hari ke 3 dari Probolinggo 80%, sampai ke Santika Banyuwangi tinggal berapa % om?

Denpasar jos langsung ke Probolinggo 100% baterai, apakah bisa sampai tanpa harus ngecharge?
sugarpot
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: 03 Dec 2014, 14:35

Re: Trip Report Ioniq 5 Signature Long Range Jakarta - Bali September 2023

Post by sugarpot »

Wah seru banget ya om sepertinya, cuman deg-degan juga kalo misalkan charger ada masalah tapi rangenya tinggal sedikit om. Kira-kira kalo pake wuling air ev yang long range bisa sampe bali juga gak ya :big_think:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Trip Report Ioniq 5 Signature Long Range Jakarta - Bali September 2023

Post by Bibieight »

Berarti balik Jakarta ndak perlu urusan sama km 208B itu ya ?. Yang kasian PLN Jatingaleh, sejak 319 ada 200 kW jadi sepi. Sejak 200kW ex G20 disebar memang road trip EV di Transjawa jadi enak, meskipun yg bisa makan 200 kW maksimal ya cuma Ioniq 5-6-7 sama Taycan sih :big_peace: :big_peace: :big_peace:
Kalo saya sih seneng cas pake mesin 50-60 kW, panas baterenya kalo digenjot 200 kW, sayang :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
aimee
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 01 May 2017, 03:16
Location: jakarta

Re: Trip Report Ioniq 5 Signature Long Range Jakarta - Bali September 2023

Post by aimee »

ExorT wrote: 14 Sep 2023, 18:17 Nice share Om!

Di hari ke 3 dari Probolinggo 80%, sampai ke Santika Banyuwangi tinggal berapa % om?

Denpasar jos langsung ke Probolinggo 100% baterai, apakah bisa sampai tanpa harus ngecharge?
hari ke 3 sampai santika banyuwangi masih 40%an om.

denpasar 100% ke probolinggo tanpa charge di tengah2, bisa om. soalnya ga bisa ngebut juga. jadinya irit.
aimee
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 01 May 2017, 03:16
Location: jakarta

Re: Trip Report Ioniq 5 Signature Long Range Jakarta - Bali September 2023

Post by aimee »

sugarpot wrote: 14 Sep 2023, 18:28 Wah seru banget ya om sepertinya, cuman deg-degan juga kalo misalkan charger ada masalah tapi rangenya tinggal sedikit om. Kira-kira kalo pake wuling air ev yang long range bisa sampe bali juga gak ya :big_think:
kalo yg di kantor pln sih biasanya banyak outletnya yah. dan mesinnya beda2. jadi paling pakai yg lebih kecil, ga bisa 200kw.

mestinya semua mobil listrik bisa om sampe bali. kalo ga ngebut kan irit
aimee
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 01 May 2017, 03:16
Location: jakarta

Re: Trip Report Ioniq 5 Signature Long Range Jakarta - Bali September 2023

Post by aimee »

Bibieight wrote: 14 Sep 2023, 20:11 Berarti balik Jakarta ndak perlu urusan sama km 208B itu ya ?. Yang kasian PLN Jatingaleh, sejak 319 ada 200 kW jadi sepi. Sejak 200kW ex G20 disebar memang road trip EV di Transjawa jadi enak, meskipun yg bisa makan 200 kW maksimal ya cuma Ioniq 5-6-7 sama Taycan sih :big_peace: :big_peace: :big_peace:
Kalo saya sih seneng cas pake mesin 50-60 kW, panas baterenya kalo digenjot 200 kW, sayang :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
pakai 50kw ga sabar nunggunya om wkwkwk
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Trip Report Ioniq 5 Signature Long Range Jakarta - Bali September 2023

Post by ChZ »

sugarpot wrote: 14 Sep 2023, 18:28 Wah seru banget ya om sepertinya, cuman deg-degan juga kalo misalkan charger ada masalah tapi rangenya tinggal sedikit om. Kira-kira kalo pake wuling air ev yang long range bisa sampe bali juga gak ya :big_think:
Kmrn ada sodara semarang ke tangerang bawa ioniq5.... Sampe cirebon batre low mau charge chargernya rusak :mky_07:

Muter lagi deh keluar toll balik arah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Trip Report Ioniq 5 Signature Long Range Jakarta - Bali September 2023

Post by Bibieight »

ChZ wrote: 15 Sep 2023, 06:53 Kmrn ada sodara semarang ke tangerang bawa ioniq5.... Sampe cirebon batre low mau charge chargernya rusak :mky_07:

Muter lagi deh keluar toll balik arah.
Lha ini yg saya bilang km 208B yg terkutuk :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: . Entah kenapa mesin disini suka ayan, terus parking bay-nya sering diduduki truk/bis/L300 sayur. Mesin 209A&208B itu mesin fast charging pertama di Transjawa, dah sepuh :big_peace: :big_peace: :big_peace: .

Dari Semarang kalo ndak mau ketemu 208B yang terkutuk ya harus dipenuhin di 229B Kanci, soalnya kalo ndak ya ndak ada mesin bener sampe Cikampek di 62B yg sblm masuk MBZ itu...
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 499
Joined: 09 May 2015, 15:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: Trip Report Ioniq 5 Signature Long Range Jakarta - Bali September 2023

Post by Syauqi »

Saya salut sama om yang berani trip jarak jauh pake mobil listrik, butuh keberanian yang besar & perencanaan yang sangat matang :big_exellent:

Apalagi di indonesia ini charging port belum begitu banyak, ada-pun kadang kita khawatir resiko spt ada yang pake lah, chargernya rusak lah, tempat parkirnya ditempati mobil lain lah, dll dsb
Anyway, saya baru sekali masuk ke interior Ioniq5 sewaktu IIMS 2023 lalu. Amaze sama adjustment joknya yang buanyak, bisa disetting ngedangak banget pula.. mantap banget ini pasti buat dipake longtrip
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Trip Report Ioniq 5 Signature Long Range Jakarta - Bali September 2023

Post by ChZ »

Bibieight wrote: 15 Sep 2023, 07:33
Lha ini yg saya bilang km 208B yg terkutuk :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: . Entah kenapa mesin disini suka ayan, terus parking bay-nya sering diduduki truk/bis/L300 sayur. Mesin 209A&208B itu mesin fast charging pertama di Transjawa, dah sepuh :big_peace: :big_peace: :big_peace: .

Dari Semarang kalo ndak mau ketemu 208B yang terkutuk ya harus dipenuhin di 229B Kanci, soalnya kalo ndak ya ndak ada mesin bener sampe Cikampek di 62B yg sblm masuk MBZ itu...
pdhl mau ke acara pemakaman kakaknya. dicariin kg sampe2 ternyata ngecas dulu :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9623
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Trip Report Ioniq 5 Signature Long Range Jakarta - Bali September 2023

Post by Suryaputra »

Gak usah takut pakai mobil listrik klo mau road trip.

pakai ini aja, dan pastikan bisa masuk bagasi

Image
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
aimee
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 01 May 2017, 03:16
Location: jakarta

Re: Trip Report Ioniq 5 Signature Long Range Jakarta - Bali September 2023

Post by aimee »

Syauqi wrote: 15 Sep 2023, 10:09 Saya salut sama om yang berani trip jarak jauh pake mobil listrik, butuh keberanian yang besar & perencanaan yang sangat matang :big_exellent:

Apalagi di indonesia ini charging port belum begitu banyak, ada-pun kadang kita khawatir resiko spt ada yang pake lah, chargernya rusak lah, tempat parkirnya ditempati mobil lain lah, dll dsb
Anyway, saya baru sekali masuk ke interior Ioniq5 sewaktu IIMS 2023 lalu. Amaze sama adjustment joknya yang buanyak, bisa disetting ngedangak banget pula.. mantap banget ini pasti buat dipake longtrip
yg di rest area sih sekarang charging baynya dipakein traffic cones, ya tetep aja sih kalo mobil lain nakal bisa dipindahin. mudah2an ga sampe kayak di amrik sana yg sengaja dihalang2in sama pengguna mobil ICE :p
User avatar
brekeledan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: 12 Feb 2010, 08:07

Re: Trip Report Ioniq 5 Signature Long Range Jakarta - Bali September 2023

Post by brekeledan »

Menarik, buat panduan road trip.
Btw kalau di mobil listrik keliatan titik2 charger dimana sajakah?jadi ngga perlu menghapal ada di rest area mana saja
aimee
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 01 May 2017, 03:16
Location: jakarta

Re: Trip Report Ioniq 5 Signature Long Range Jakarta - Bali September 2023

Post by aimee »

brekeledan wrote: 15 Sep 2023, 11:56 Menarik, buat panduan road trip.
Btw kalau di mobil listrik keliatan titik2 charger dimana sajakah?jadi ngga perlu menghapal ada di rest area mana saja
pakai pln mobile om, keliatan spklu terdekat dan ketersediaanya
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1620
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Trip Report Ioniq 5 Signature Long Range Jakarta - Bali September 2023

Post by darrelund »

Bibieight wrote: 15 Sep 2023, 07:33
ChZ wrote: 15 Sep 2023, 06:53 Kmrn ada sodara semarang ke tangerang bawa ioniq5.... Sampe cirebon batre low mau charge chargernya rusak :mky_07:

Muter lagi deh keluar toll balik arah.
Lha ini yg saya bilang km 208B yg terkutuk :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: . Entah kenapa mesin disini suka ayan, terus parking bay-nya sering diduduki truk/bis/L300 sayur. Mesin 209A&208B itu mesin fast charging pertama di Transjawa, dah sepuh :big_peace: :big_peace: :big_peace: .

Dari Semarang kalo ndak mau ketemu 208B yang terkutuk ya harus dipenuhin di 229B Kanci, soalnya kalo ndak ya ndak ada mesin bener sampe Cikampek di 62B yg sblm masuk MBZ itu...
tp emg aneh charger disini

klo arah surabaya nyala semua

arah jakarta banyak yang kaput/error :big_biglaugh:
aimee
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 01 May 2017, 03:16
Location: jakarta

Re: Trip Report Ioniq 5 Signature Long Range Jakarta - Bali September 2023

Post by aimee »

Bibieight wrote: 15 Sep 2023, 07:33
ChZ wrote: 15 Sep 2023, 06:53 Kmrn ada sodara semarang ke tangerang bawa ioniq5.... Sampe cirebon batre low mau charge chargernya rusak :mky_07:

Muter lagi deh keluar toll balik arah.
Lha ini yg saya bilang km 208B yg terkutuk :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: . Entah kenapa mesin disini suka ayan, terus parking bay-nya sering diduduki truk/bis/L300 sayur. Mesin 209A&208B itu mesin fast charging pertama di Transjawa, dah sepuh :big_peace: :big_peace: :big_peace: .

Dari Semarang kalo ndak mau ketemu 208B yang terkutuk ya harus dipenuhin di 229B Kanci, soalnya kalo ndak ya ndak ada mesin bener sampe Cikampek di 62B yg sblm masuk MBZ itu...
di 101B ada om yg 200kw. sy isi disana kemarin.
di 130an juga ada tapi kalo ga salah cuma 30kw.
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: 04 Jul 2016, 23:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: Trip Report Ioniq 5 Signature Long Range Jakarta - Bali September 2023

Post by carlzeiss »

ngecharge ev gitu kaya di rest area, PLN atau hotel kena bayar ga sih ? lagi mantau air ev buat trip juga
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Trip Report Ioniq 5 Signature Long Range Jakarta - Bali September 2023

Post by Bibieight »

:upss:
aimee wrote: 15 Sep 2023, 13:39 di 101B ada om yg 200kw. sy isi disana kemarin.
di 130an juga ada tapi kalo ga salah cuma 30kw.
Eh iya keliwatan :big_peace: :big_peace: :big_peace: , iseng cek ada yg pakai tuh
Screenshot_20230915-144044_ChargeIN.jpg
aimee
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 01 May 2017, 03:16
Location: jakarta

Re: Trip Report Ioniq 5 Signature Long Range Jakarta - Bali September 2023

Post by aimee »

carlzeiss wrote: 15 Sep 2023, 13:59 ngecharge ev gitu kaya di rest area, PLN atau hotel kena bayar ga sih ? lagi mantau air ev buat trip juga
spklu pln/rest area pasti bayar om. klo hotel tergantung kebijakan masing2 hotel. di hotel santika gratis tapi kayaknya khusus hyundai, ada hotel yg pasang charger evcuss/starvo pasti bayar.

biasanya di dealer gratis sih om.

kemarin lihat di grup Facebook air ev, ada yg dikasih colokan sama hotelnya. free
rumputlaut
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: 13 May 2017, 08:16

Re: Trip Report Ioniq 5 Signature Long Range Jakarta - Bali September 2023

Post by rumputlaut »

Dari alur cerita pake ev kalo jarak jauh cukup.perjuangan ya om :big_smile]
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: 15 Aug 2008, 22:36

Re: Trip Report Ioniq 5 Signature Long Range Jakarta - Bali September 2023

Post by alexdonovan »

Suryaputra wrote: 15 Sep 2023, 10:15 Gak usah takut pakai mobil listrik klo mau road trip.

pakai ini aja, dan pastikan bisa masuk bagasi

Image
wah, jadi inget videonya warped perception. Dia pasang charging controller agar Teslanya tetep ngecharge dari genset 400 cc single cylinder

dia sebut cordless Tesla :mky_02:

btw kalo Airev bekas dah murah, kayaknya asyik tuh dipasang mod begitu
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: 15 Jun 2022, 16:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Trip Report Ioniq 5 Signature Long Range Jakarta - Bali September 2023

Post by Supersedan »

Wah jd inget pas juni kemarin ke Bali, ketemu ioniq 5 plat B ada stiker taman safari bogor di kaca belaksngnya lg stop di rest area 458. Saya ber-2 sama istri jd ngomong roadtrip pake ev enak + deg2an kali ya nyari charger listriknya, kalau salah perhitungan misal spklunya error bisa rusak rencans :big_biglaugh:

Eh 2 hari kemudian ketemu lg ioniq 5 yg sama di dialoog hotel Banyuwangi, kemungkinan si nyebrang jg ke Bali merekanya, tapi gak ketemu lg semenjak ketemu di Banyuwangi.

Kalo di itung2 habis brp itu om biaya chargenya pp JKT - Bali?
aimee
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 01 May 2017, 03:16
Location: jakarta

Re: Trip Report Ioniq 5 Signature Long Range Jakarta - Bali September 2023

Post by aimee »

rumputlaut wrote: 16 Sep 2023, 10:16 Dari alur cerita pake ev kalo jarak jauh cukup.perjuangan ya om :big_smile]
pasti beda sama mobil biasa yg pom bensin dimana2, tapi kalo dibilang perjuangan sih ngga om.

cukup unik sih experiencenya. dan irit banget hehehe
aimee
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 01 May 2017, 03:16
Location: jakarta

Re: Trip Report Ioniq 5 Signature Long Range Jakarta - Bali September 2023

Post by aimee »

Supersedan wrote: 17 Sep 2023, 08:39 Wah jd inget pas juni kemarin ke Bali, ketemu ioniq 5 plat B ada stiker taman safari bogor di kaca belaksngnya lg stop di rest area 458. Saya ber-2 sama istri jd ngomong roadtrip pake ev enak + deg2an kali ya nyari charger listriknya, kalau salah perhitungan misal spklunya error bisa rusak rencans :big_biglaugh:

Eh 2 hari kemudian ketemu lg ioniq 5 yg sama di dialoog hotel Banyuwangi, kemungkinan si nyebrang jg ke Bali merekanya, tapi gak ketemu lg semenjak ketemu di Banyuwangi.

Kalo di itung2 habis brp itu om biaya chargenya pp JKT - Bali?
diluar yg gratisan di hotel santika dan dealer hyundai, kemarin itu abis 850rb PP om
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post