2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15927
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive

Post by ChZ »

Sejujurnya saya nggak terlalu antusias dengan produk - produk Mazda 5 tahun terakhir.

Oh ya, SKYACTIV-technology , meski sebenarnya secara konsep bukan sesuatu yang sophisticated karena sifatnya hanya refinement dan formulanya sekarang banyak diikuti oleh merek lain (well, bahkan teknologi mesinnya saja ditiru Toyota), ya tetaplah adalah sebuah breakthrough di masanya, dengan konsep menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih premium - pengalaman mengendarai mobil sport di mobil harian kita.

Image

Sederhananya, Mazda is trying to make a BMW cheap copy. Suka nggak suka, mau fans Mazda menyangkal seperti apapun, keseluruhan filosofi jinba-ittai yang dianut - oh bahkan cue design interior design dan gimmick seperti MZD Connect pada awalnya adalah knockoff dari BMW iDrive.

Tapi seperti debat kusir di sebelah - apa sih yang hari ini nggak meng-copy ? There is nothing new under the sun. Mungkin ini juga yang dianut oleh pabrikan China yang mengawali industri mobilnya dengan mobil - mobil tiruan / cheap copy.

Jadi sebenarnya saya tidak bilang Mazda jelek untuk meng-copy BMW. In fact mereka cukup berhasil - sasis dan transmisinya sangat refined, modelnya juga cantik dan well thought out.

Tapi Mazda 5 tahun belakangan terkesan monoton. Formulanya ya gitu - gitu saja. Setiap produk barunya mukanya sama, interiornya sama, engine nya sama.

Saya agak kecewa ketika Mazda mengeluarkan CX-5 KF yang lebih terlihat seperti facelift daripada all-new model karena teknologinya nyaris tidak berubah. Malah sebenarnya CX-5 KF itu performanya semakin turun dari CX-5 KE (first gen) karena Mazda maunya fokus ke upmarket ketimbang bikin mobil yang sporty. Singkatnya kalau mau saya bilang : Mazda belakangan itu inovasi nya hanya di trimming interior yang lebih mewah.

Mazda6, tidak ada update berarti sejak 2012. Mazda3 dan CX-30 juga pretty much mobil yang punya sasis bagus tapi mesin memble. CX-9 hanyalah CX-5 ukuran XXL panjang 5 meter yang berusaha keras jadi pengen bikin SUV besar rasa mobil sport - yang akhirnya mesin 2.5 turbo nya pun memble juga karena Mazda merasa anda tidak akan nyetir di atas 3000 RPM sering - sering. Beda dengan Honda yang berpikir setiap pembelinya adalah maniak.

Sportscar ? Oh ya mereka punya Miata, tapi Miata jelas kalibernya tak sebesar RX-series di masa lalu. Miata didesain untuk anda - the regular people. Bukan maniak yang akan ngepush mobilnya ke 9000 RPM.

Image

Tapi saya akan berusaha fair. Mazda bukanlah pabrikan dengan skala sebesar Honda apalagi Toyota. Market cap nya kecil. Mereka harus pintar - pintar berhemat. Sering - sering berganti teknologi dan membuat sportcar jelas ada jauh di bawah shortlistnya.

Oh ya tapi itu kan salah Mazda kenapa buyback saham mereka dari Ford ? masalahnya bertahan di bawah Ford Motor pun sebenarnya tidak lebih baik. Ford Motor tak punya produk bagus selain truck dan Mustang di USA. Fiesta dan Focus transmisinya problematik - malah sekarang di discontinue. Ecoboost engine juga bukan mesin yang dikenal punya bullet-proof reputation.

Tapi kali ini, Mazda membuat sebuah gebrakan segar - di tengah makin membosankannya dunia otomotif yang hanya berisi EV baru atau econobox 4-silinder 1.5liter terbaru.

Well, it might be another attempt to make a “BMW Copy”.

Desas - desus Mazda akan membuat whole new platform berbasis RWD - bermesin enam silinder inline sebenarnya sudah ada sejak lama. Agak aneh ? iya, karena di mana pabrikan - pabrikan lain berlomba mengecilkan kapasitas mesin, memotong silinder demi silinder, bahkan switch ke baterai. Mazda malah membangkitkan kembali sebuah format yang tua nan mahal untuk dikembangkan : inline six, rear wheel drive. Sounds familiar enuff?

Image

Salah satu produknya, kini sudah menjadi lineup Mazda Eurokars Indonesia, dalam wujud Mazda CX-60.

CX-60, bersama dengan CX-50, dan CX-90 adalah tiga produk paling segar Mazda yang menjadi statement serius Mazda akan bersaing di segmen brand Premium. Mazda memang selama ini terkenal memiliki kualitas premium lebih dari rival - rivalnya, tapi kali ini mereka escalate the game lebih jauh.

More Premium Proportions, A bit of Italian-esque

For starters, proporsi CX-60 terlihat sangat berbeda dari produk - produk Mazda yang lain. Untuk mengakomodir mesin 6-silinder inline maka moncong CX-60 terlihat sangat dominan. Gayanya sangat ke-eropaan tapi instead of German-ish yang terlalu teknikal, menurut saya justru lebih terlihat Italian-ish. Saya agak-agak melihat siluet Alfa Romeo Stelvio di sini.
IMG20230819141127.jpg
Image
Alfa Romeo Stelvio

Meski buat saya yang sedikit off adalah bagian depan yang seperti patah. Mungkin desainer Mazda kepepet deadline revisi karena sketchnya terlalu panjang jadi dibuat patah seperti itu hidungnya.
IMG20230819142602.jpg
CX-60 di Indonesia dipasarkan trim Kuro dan Elite, dimana ini hanya perbedaan trim interior dan exterior saja. Kuro memiliki exterior lebih agresif dengan grill motif honeycomb dan velg warna hitam. Sedangkan Elite menggunakan velg two-tone dan grill motif vertikal seperti anyaman jerami.
IMG20230819142609.jpg
CX-60 Kuro
IMG20230819140911.jpg
CX-60 Elite

Bagian belakang CX-60 sekilas memiliki vibes yang sama dengan BMW modern seperti X5 G05. Lampu belakang LED memanjang dengan garis-garis patah tegas. Lebih proporsional dan indah ketimbang punya CX-5 yang menurut saya tetep kurang lebar.
IMG20230819141117.jpg
Image

Yang rada surprising : mobil ini diberi velg OEM 20inch, dibalut ban Toyo Proxes Sport 235/55/20. Saya ngerti kalau Mazda biasa pakai Toyo buat OEM tapi itu seri OEM grade (Toyo Proxes R36 / R46). Ini Toyo Proxes Sport termasuk ban summer high-end punya Toyo. Walau ukuran kayaknya special order karena rada aneh seperti Toyo R46 di CX-5 yang 225/55/19. krn biasa ban 19-20 inch itu tapaknya 245 atau 255.
IMG20230819140612.jpg
Looks Expensive but Lacks Minor Details

Untuk interior personally saya lebih suka type Kuro. Perbedaannya ada di warna. Dashboard type Elite diberi trim beludru dengan motif putih, sedangkan Kuro warna coklat. Overall Kuro terlihat lebih mewah. Dari jauh terlihat seperti trim interior ala-ala Porsche.
IMG20230819140225.jpg
CX-60 Kuro

Image
CX-60 Elite

Sayangnya hanya dari jauh karena kalau dari dekat … turunkan ekspektasi anda sejenak karena sekali lagi ini Mazda, bukan BMW atau Porsche. Agak disayangkan untuk produk yang intended untuk jadi upmarket, panel - panel plastiknya kualitasnya masih kurang lebih serupa dengan produk seperti CX-5 atau CX-9. Mencoba memundurkan joknya saja saya agak letdown waktu nyentuh tombol pengatur joknya kok rasanya dejavu yah dengan Mazda yang lain.

Belum lagi instrument cluster dan MZD-Connect yang walaupun secara fungsi lebih luas - tapi kritikan saya adalah ini lagi - lagi generik dengan Mazda yang lain hanya saja ini layar LCD dan bukan jarum. Tapi ayolah sudah susah - susah pakai layar LCD mbok desainnya dibuat keren dikit.
IMG20230819141309.jpg
OK, enuff with the interior.

New Powertrain, but lacks Refinement.

Di Indonesia EMI hanya mengimpor CX-60 type MHEV. Mesin penggerak utamanya adalah 3.3 Liter inline-six turbo bertenaga 280 PS.
IMG20230819140335.jpg
Terdengar besar ? Awalnya saya pikir gitu sampai seorang rekan bilang “loh kecil amat 3.3 turbo cuma 280 PS” lalu saya ingat bahwa BMW N52B30 di 530i E60 saja bertenaga 272PS. Artinya mesin 3.3 Liter Mazda terbaru ini hanya punya keluaran tenaga per liter lebih kecil daripada sebuah mesin Naturally Aspirated berusia hampir 20 tahun.

Lalu saya berpikir oh mungkin torsinya. Tapi torsinya sendiri hanya 450 Nm di 2.000 - 3.500 RPM alias hanya naik tidak sampai 10% dari mesin 2.5 Liter Turbo CX-9.


OK tapi sekali lagi saya berusaha berpikir positif : “ah, ini kan Mazda, mungkin point utamanya bukan di angka - angka itu. Jinba-ittai!”.

Ada design menarik di ruang mesinnya : Mazda ingat bahwa serapi-rapinya ruang mesin, ia perlu dibuka dan diservis berkala (iya, netijen mendang-mending kan suka ribut banget sama cover mesin mungkin lupa mesin harus dicek berkala) sehingga cover mesinnya diberi klip plastik 2 biji yang ketika anda butuh untuk sekedar cek dipstick dan level air radiator, tinggal digantung saja cover mesinnya. Nggak nambah over-complexity design yang bikin extra maintenance. Nice touch!
IMG20230819140514.jpg
Baiklah, saya masuk ke mobil lalu salesperson memandu saya untuk mencoba fitur unik yang merupakan terjemahan dari spirit Jinba-ittai Mazda : pengaturan posisi duduk otomatis. Ya, ini bukan sekedar memory seat. Kita tinggal duduk, set pengaturan di MZD-Connect tinggi badan berapa langsung semuanya ter-adjust. Walaupun buat selera saya masih agak ketinggian, tapi mungkin si mobil juga mempertimbangkan jarak pandang. Baiklah. Posisi spion juga dibantu mengatur dengan pandangan mata. Nice gimmick!

Transmisi mobil ini sudah menggunakan 8-speed Auto menggantikan 6-speed yang sudah uzur itu. Yang sayangnya ketika dicoba, menurut saya kurang refined ketika low-speed. Awal saya jalankan mobil rasanya mobil agak jerky memilih gigi yang tepat menyesuaikan dengan input pedal gas.

Steering feedback…. yah berharap apa dari mobil modern dengan electronic power steering. Buat selera saya agak terlalu ringan. Tapi ketika digeber sampai kecepatan sekitar 70-80, setirnya memberat dan kasih kepercayaan diri yang cukup baik waktu ngebut. Pick-up speed ketika sudah naik kecepatan juga sangat baik. Tone suara mesinnya cukup garang meski nggak comparable ke M52B28 di tank jerman tua saya. Mid-RPM powernya cukup walau tidak se-punchy BMW N55 atau B58.

Lalu since ia berpenggerak AWD tapi RWD-biased, maka balance depan-belakangnya juga sangat baik. Saya suka rasanya ngerem dengan mobil ini. Smooth, tidak front-heavy, seperti bawa mobil Eropa. AWDnya jarang aktif ketika jalan di aspal mulus. Hanya aktif di off-road mode dan ketika dibutuhkan saja. Most of the time kita akan pakai penggerak RWD.

Sayangnya ada 1 hal yang menurut saya agak ruining the experience : betapa bumpy-nya mobil ini di jalan tidak rata. Even small bumps saja berasa sekali bokong mobil ini seperti maunya lompat - lompat.

Saya berusaha untuk tidak nitpicking karena ini mobil mahal , Mazda lagi, sehingga ekspektasi saya agak tinggi.

Tapi saya pun cross-check review luar yang mengatakan banyak hal serupa bahkan dibanding saya yang hanya nyoba 1 putaran saja udah berasa :
Give it the beans on a B-road and the overwhelming sensation is just how busy your hands get, hunting for steering feel that simply isn’t there. Still, though it doesn’t have that pleasant ‘oh, this actually handles’ surprise of a Ford Kuga or the planted feeling of a BMW X3, it’s not disgraced in PHEV or diesel guise. Cruising at motorway speeds can be a little odd though, with that disconnected feel rearing its head again.
https://www.topgear.com/car-reviews/mazda/cx-60
Then there’s the ride quality. I’d hoped, when I drove the late prototype of the CX-60 last year, that its choppy suspension set-up would be fine-tuned before the car went into production. Sadly, it’s still too firm and too easily caught out at low speeds on scarred urban roads. It does become a bit more composed once you get up to a fast cruise – there’s no denying that the steering and body control are pretty decent for such a large vehicle, in fact – but the trade-off seems compromised. The less said about its performance over the Belgian pavé of Bruges after the Brussels show, the better.
https://www.autoexpress.co.uk/mazda/cx- ... est-review

Should I Buy a 1.2B Mazda ?

CX-60 bagi saya adalah mobil yang terkesan half-baked.

It may copy a BMW, but it isn’t there yet. But it’s acceptable. Tapi saya harus mengapresiasi upaya Mazda untuk membangkitkan formula yang sudah ditinggalkan ini : big displacement, rear-wheel drive. Mengingat stagnan nya Mazda sejak awal SKYACTIV keluar dan hanya berinovasi di trimming interior, rasanya hal ini patut diapresiasi.

Dengan price tag 1.2 Miliar dan menggilanya harga mobil sekarang, saya rasa harga segitu untuk mobil 3.3 Liter Turbo mild-hybrid, All-wheel drive, bertransmisi 8-speed, CX-60 ini worth to try jika anda mau percaya brand Mazda bisa bikin BMW - yang lebih baik daripada BMW sekarang. Toh BMW bermesin 6-silinder termurah sekarang ada di X5 40i yang harganya sudah 2 miliar. Jadi anggep saja beli X5 cheap copy yang 800 juta lebih murah.

Kita sebagai petrolhead, wajib memberi credit Mazda untuk menciptakan mobil - mobil seperti ini ke depannya, apalagi mengingat di dunia semakin tidak memihak mobil bermesin internal combustion dan memaksa kita untuk menelan mobil - mobil listrik baru yang membosankan, Mazda being Mazda, still having faith on internal combustion, and we need to appreciate it.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3595
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive

Post by kendibocor »

Barusan liat di jalan uda pake nopol sementara :mky_03:
Saat ini nih mbl jd mbl 6 silinder paling murah yg dijual di indo ga sih ya? :mky_03:
Butuh dana buat beli M4 :big_weee:
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 509
Joined: 27 Mar 2013, 09:05

Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive

Post by hosea »

Nice review, Chris.
Sedikit koreksi, setahu saya Ford Focus belum discontinue masih dijual di eropa, meski mesinnya sudah bukan ecoboos lagi sepertinya (tlg koreksi kaalu salah). Soalnya bbrp bulan lalu masih lihat review new ford focus oleh CarWow.

Yang saya merasa agak aneh itu sekarang mobil jepang yang ngaku premium dan grade tertinggi nya, lagu demen pakai velg hitam semua ya. Honda semua yang type RS , mazda, subaru,...
Padahal gak semua orang doyan tampilan boy racer hahaha...kalau dipakai kondangan kok kurang elegan IMHO.

Saya setuju, CX60 is nice try by mazda, but still not convincing enough...ada sesuatu yang "nanggung"
NestlePureLife
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: 13 Sep 2016, 12:27

Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive

Post by NestlePureLife »

Saya main ke the park om christ
Penasaran mau lihat
Pake celana pendek 70rb dari matahari + bawa tas anak
Salesnya liat atas bawah cuma dicuekin
Pdhal mau beli
*kalau ada duidnya
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1991
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Contact:

Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive

Post by sahabatq8 »

Nice review om, btw si cx-60 ini mild hybridnya dalam bentuk starter/generator motor kyk mercy/bmw? Brati gak bisa jalan sedikitpun tanpa mesin kyk zenix ya?
Alwayspaid
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 25 Aug 2021, 19:00
Location: Jakarta

Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive

Post by Alwayspaid »

Nice review om 👍👍
Bingungnya, ini 3.3L turbo powernya mirip ama 3.0 n/a bmw, jadi turbonya buat apaan ya? Penasaran figur boostnya di berapa
Present
- DJ5FS GT
- F30 320i B48
- W213 E200
Past
- E36 320i
- E46 325i
- E82 135i
- F30 320i N20
- E82 135i
- F87 M2
- GTI MK6
- Scirocco 1.4
- GE8 1.5
- Brio 1.2
- Megane RS265
- GT86
- ES300H
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1866
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive

Post by darrelund »

Alwayspaid wrote: 21 Aug 2023, 18:00 Nice review om 👍👍
Bingungnya, ini 3.3L turbo powernya mirip ama 3.0 n/a bmw, jadi turbonya buat apaan ya? Penasaran figur boostnya di berapa
yang 340hp 1.3 bar + sub radiator

280hp kurleb 0.95 bar w/o sub radiator

krn ini mazda, jadi bisa di assume turbo & cc gede cuma biar linear aja power curvenya. bukan buat kenceng

soalna turbonya jg mayan gede utk 280hp
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1866
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive

Post by darrelund »

enjin 3.3 gasoline emg di ostrali ud di kritik krn ga refine" amat, mereka lebi rekomen ambil 3.3 disel yg mana kita gak dapet :big_biglaugh:

suspensi jg ud di komplen karena terlalu keras, entah kenapa jg. mungkin males tune beda kali ya utk yg gas-disel & phev, soalna yg plugin hybrid kmrn ud di update jadi lebi empuk. di eropa malah banyak bilang mobilna kerasa kurang napak :big_biglaugh:

transmisi jerky jg kyknya design flaw seh, krn dia design spt normal auto tapi gak ada torque-con,malah pke wet clutch. biar hemat ruang & efisien tapi masalahnya clutch based gitu macem DCT ud proven emg jerky low speed.

yg aneh tu CX90 gak da komplen samsek soal suspension padahal sesama setup passive. CX90 malah gada swaybar belakang :big_biglaugh:

ini CX60 yg ud double wishbone depan, multilink belakang masih ngaco jg ridenya

dan oe rasa good choice masukin yg pure gas, yg PHEV ngaco dah banyak issue :big_biglaugh:
Last edited by darrelund on 21 Aug 2023, 18:27, edited 1 time in total.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1866
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive

Post by darrelund »

sahabatq8 wrote: 21 Aug 2023, 17:14 Nice review om, btw si cx-60 ini mild hybridnya dalam bentuk starter/generator motor kyk mercy/bmw? Brati gak bisa jalan sedikitpun tanpa mesin kyk zenix ya?
betul um, CX60 ISG nya di sandwich antara girbok & enjin. typical setup eropaan
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5794
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive

Post by sintoni »

Nais ripiu Chris.

Kalau ada uang 1.2M sih ane lgsg beli Palisade aja.

Sudah jelas tongkrongannya ganteng. Hahaha.

Driving impression mah nomer 2 buat ane. Haha.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3595
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive

Post by kendibocor »

sintoni wrote: 21 Aug 2023, 18:53 Nais ripiu Chris.

Kalau ada uang 1.2M sih ane lgsg beli Palisade aja.

Sudah jelas tongkrongannya ganteng. Hahaha.

Driving impression mah nomer 2 buat ane. Haha.
Asal jgn kena musti beli part slow moving aja om :mky_03:
Butuh dana buat beli M4 :big_weee:
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5794
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive

Post by sintoni »

kendibocor wrote: 21 Aug 2023, 18:54
sintoni wrote: 21 Aug 2023, 18:53 Nais ripiu Chris.

Kalau ada uang 1.2M sih ane lgsg beli Palisade aja.

Sudah jelas tongkrongannya ganteng. Hahaha.

Driving impression mah nomer 2 buat ane. Haha.
Asal jgn kena musti beli part slow moving aja om :mky_03:
Si CX60 ini jg paling 11-12 om.

:big_smoking:
vhar7
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: 28 Dec 2016, 00:13

Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive

Post by vhar7 »

Saya juga sudah test drive CX-60 minggu lalu di surabaya. Ada beberapa kekurangan yg saya rasakan:

1. Transmisi memang betul ada feeling jerky nya sedikit di low speed dan sesekali terdengar 'clunking' sound ketika mobilnya oper gigi ketika di kecepatan rendah.

2. Sebagai pengguna CX-5 2018, untuk interior space entah kenapa saya kerasa CX-60 ini feel kelegaan kabin nya tidak berbeda jauh dari CX-5 di kursi pengemudi. Saya expect CX-60 bakalan kerasa lega pas di dalem setidak tidaknya mirip Santa Fe TM facelift, tapi ternyata tidak sampe segitunya. Jok nya juga agak keras menurut saya

3. Lalu ada getaran kecil di bawah kolong (sepertinya dari gardan) ketika dikick down. Ini mirip kayak innova 2KD ketika diisi muatan penuh, lalu di gas agak dalem, biasanya dari bawah lantai mobil akan kerasa ada yg bergetar "ddrrrtttttt" tapi entahlah beneran begitu atau hanya perasaan saja. Mungkin bisa dikoreksi kalau ini salah.

4. Waktu pas di kemacetan agak lama, ada sekali bunyi fan radiator nya itu cukup kenceng ngungggggg sampe kedengeran di dalem dan itu cukup lama. Agak jarang nemuin hal kayak gini di mobil jaman sekarang.

Tapi di samping itu saya kerasa mobil ini memang cukup enak mesin nya meskipun hanya 280 HP (Pdhl di CX-90 dengan mesin yg sama bisa produce 340 HP), dan bener2 niat banget mazda masukin nya yang full spec! Udah 3300 cc turbo, AWD, panoramic, adaptive cruise control, kursi AC, etc.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3595
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive

Post by kendibocor »

sintoni wrote: 21 Aug 2023, 19:30
kendibocor wrote: 21 Aug 2023, 18:54
sintoni wrote: 21 Aug 2023, 18:53 Nais ripiu Chris.

Kalau ada uang 1.2M sih ane lgsg beli Palisade aja.

Sudah jelas tongkrongannya ganteng. Hahaha.

Driving impression mah nomer 2 buat ane. Haha.
Asal jgn kena musti beli part slow moving aja om :mky_03:
Si CX60 ini jg paling 11-12 om.

:big_smoking:
Ah iya bener jg sih :mky_03:
Butuh dana buat beli M4 :big_weee:
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10216
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive

Post by Suryaputra »

klo reviewer luar, ini rival nya dipasang sama X3
harganya juga on par in US$

tapi emang dr bbrp lineup mazda yg saya rasakan, klo keras, kerasnya cenderung lompat lompat ke atas.

klo jerman spt VW Tiguan/Golep or Biem X series, kerasnya ya keras disedot nempel ke aspal.

Klo honda kerasnya glodakan.. wakakakakaka :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2614
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive

Post by KielConstantine »

Wihh kluar juga reviewnya :mky_02:

Klo gw sih kurang demen sama bentuknya.. apa emang udah fed up sama varian suv-suv crossover mulu tiap launching mobil di indo. Kmaren sempet test duduk doang pas giias sih. Lumayan ok lah nothing more or less …

Buat wang 1.2B keknya lebih pilih buat tebus E92 335i seken . Sisa budget buat ngempanin running cost :big_biglaugh:

Nunggu varian yg sedan + rwd + inline-6 aja ntar. Biarin digodok dulu sama mazda sana :upss:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 364
Joined: 11 Apr 2019, 17:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota
Contact:

Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive

Post by KSG88 »

Tetep Too firm ya kaki kaki, lupa kudu setting khusus format jalanan negara berkembang kali. Atau memang sengaja demikian supaya semangat jinba ittai nya terasa sesuai kemauan desainer.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10216
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive

Post by Suryaputra »

agak bouncy ketika dipush

Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1866
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive

Post by darrelund »

KSG88 wrote: 22 Aug 2023, 08:19 Tetep Too firm ya kaki kaki, lupa kudu setting khusus format jalanan negara berkembang kali. Atau memang sengaja demikian supaya semangat jinba ittai nya terasa sesuai kemauan desainer.
biasa lah, emg dia orang kira jalanan segajat raya ini kyk jepang mulusnya :big_biglaugh:

dia org jg mau ngelawan kodrat suv tinggi, dikasih setup keras dengan harap jadi kayak sedan. padahal setup passive gtu gampang kena limit di suv bongsor, makanya eropaan kan pake adaptive semua, ya biar ga mental mentul :big_biglaugh:

wong sekelas cayenne aja klo mau dpt agility & handling porsche, ttp harus pakai yg adaptive :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15927
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive

Post by ChZ »

kendibocor wrote: 21 Aug 2023, 15:50 Barusan liat di jalan uda pake nopol sementara :mky_03:
Saat ini nih mbl jd mbl 6 silinder paling murah yg dijual di indo ga sih ya? :mky_03:
hmmmm china china an gak ada yang punya 6 silinder, berarti bener paling murah mbah :mky_03:
hosea wrote: 21 Aug 2023, 16:23 Nice review, Chris.
Sedikit koreksi, setahu saya Ford Focus belum discontinue masih dijual di eropa, meski mesinnya sudah bukan ecoboos lagi sepertinya (tlg koreksi kaalu salah). Soalnya bbrp bulan lalu masih lihat review new ford focus oleh CarWow.

Yang saya merasa agak aneh itu sekarang mobil jepang yang ngaku premium dan grade tertinggi nya, lagu demen pakai velg hitam semua ya. Honda semua yang type RS , mazda, subaru,...
Padahal gak semua orang doyan tampilan boy racer hahaha...kalau dipakai kondangan kok kurang elegan IMHO.

Saya setuju, CX60 is nice try by mazda, but still not convincing enough...ada sesuatu yang "nanggung"
oiyak focus masih, fiesta yang udah kaput. focus ingponya menyusul di 2025 ga mau dikembangin lagi.

benernya kalau udah level harga >700 juta, ATPM kasi option kali yah. dulu soalnya mercy BMW aja bisa pilih kan optionnya waktu level harganya segitu. di indo kita sering disuruh pasrah ikut spek ATPM punya pdhl mobil jg udah mahal :mky_01:

klo saya aslinya sreg exterior interior kuro tapi velg elite. agak off liat velgnya kuro, kurang "mahal".
NestlePureLife wrote: 21 Aug 2023, 17:00 Saya main ke the park om christ
Penasaran mau lihat
Pake celana pendek 70rb dari matahari + bawa tas anak
Salesnya liat atas bawah cuma dicuekin
Pdhal mau beli
*kalau ada duidnya
wkwkwk mall sepi gitu aja dicuekin ya om :mky_03:
sahabatq8 wrote: 21 Aug 2023, 17:14 Nice review om, btw si cx-60 ini mild hybridnya dalam bentuk starter/generator motor kyk mercy/bmw? Brati gak bisa jalan sedikitpun tanpa mesin kyk zenix ya?
iya mild hybrid kayak mercy gitu om. battery 0.33 kWh aja.
darrelund wrote: 21 Aug 2023, 18:14
Alwayspaid wrote: 21 Aug 2023, 18:00 Nice review om 👍👍
Bingungnya, ini 3.3L turbo powernya mirip ama 3.0 n/a bmw, jadi turbonya buat apaan ya? Penasaran figur boostnya di berapa
yang 340hp 1.3 bar + sub radiator

280hp kurleb 0.95 bar w/o sub radiator

krn ini mazda, jadi bisa di assume turbo & cc gede cuma biar linear aja power curvenya. bukan buat kenceng

soalna turbonya jg mayan gede utk 280hp
mazda kayaknya utk turbo turbo di mesin langit, suka pake low boost setup. safety kali yah bawaan kompresi tinggi papasnya gak gede-gede jg.

ane ga nemu spek CR 3.3L nya berapa. CX-9 di 10.5 soalnya. tinggi buat mesin 2.5 turbo.

makanya sebenernya klo buat ane yg maniak mesin tenaga besar, mesin-mesin Mazda itu kurang appealing. Mesin bensin tapi karakternya mirip Diesel. Mazda pakai turbo buat gemukin kurva tengahnya aja. tipikal highway cruiser.

kebalik sama honda, udah pake turbo ya tetep maksa harus high boost setup dan main top end. makanya itu 1.5L bisa ngejer 2.5L turbonya mazda.
darrelund wrote: 21 Aug 2023, 18:22 enjin 3.3 gasoline emg di ostrali ud di kritik krn ga refine" amat, mereka lebi rekomen ambil 3.3 disel yg mana kita gak dapet :big_biglaugh:

suspensi jg ud di komplen karena terlalu keras, entah kenapa jg. mungkin males tune beda kali ya utk yg gas-disel & phev, soalna yg plugin hybrid kmrn ud di update jadi lebi empuk. di eropa malah banyak bilang mobilna kerasa kurang napak :big_biglaugh:

transmisi jerky jg kyknya design flaw seh, krn dia design spt normal auto tapi gak ada torque-con,malah pke wet clutch. biar hemat ruang & efisien tapi masalahnya clutch based gitu macem DCT ud proven emg jerky low speed.

yg aneh tu CX90 gak da komplen samsek soal suspension padahal sesama setup passive. CX90 malah gada swaybar belakang :big_biglaugh:

ini CX60 yg ud double wishbone depan, multilink belakang masih ngaco jg ridenya

dan oe rasa good choice masukin yg pure gas, yg PHEV ngaco dah banyak issue :big_biglaugh:
makanya, mobil yang sebenernya secara konsep menjanjikan tapi kurang fine-tune sana-sini. yang PHEV itu denger2 range nya kurang jauh jg yah?
sintoni wrote: 21 Aug 2023, 18:53 Nais ripiu Chris.

Kalau ada uang 1.2M sih ane lgsg beli Palisade aja.

Sudah jelas tongkrongannya ganteng. Hahaha.

Driving impression mah nomer 2 buat ane. Haha.
Palisade kan lawane CX-9.

paling ya kalo lineup baru ini lawane CX-90.

ane ya jelas lah....

X5 F15 seken :ngacir:
vhar7 wrote: 21 Aug 2023, 20:41 Saya juga sudah test drive CX-60 minggu lalu di surabaya. Ada beberapa kekurangan yg saya rasakan:

1. Transmisi memang betul ada feeling jerky nya sedikit di low speed dan sesekali terdengar 'clunking' sound ketika mobilnya oper gigi ketika di kecepatan rendah.

2. Sebagai pengguna CX-5 2018, untuk interior space entah kenapa saya kerasa CX-60 ini feel kelegaan kabin nya tidak berbeda jauh dari CX-5 di kursi pengemudi. Saya expect CX-60 bakalan kerasa lega pas di dalem setidak tidaknya mirip Santa Fe TM facelift, tapi ternyata tidak sampe segitunya. Jok nya juga agak keras menurut saya

3. Lalu ada getaran kecil di bawah kolong (sepertinya dari gardan) ketika dikick down. Ini mirip kayak innova 2KD ketika diisi muatan penuh, lalu di gas agak dalem, biasanya dari bawah lantai mobil akan kerasa ada yg bergetar "ddrrrtttttt" tapi entahlah beneran begitu atau hanya perasaan saja. Mungkin bisa dikoreksi kalau ini salah.

4. Waktu pas di kemacetan agak lama, ada sekali bunyi fan radiator nya itu cukup kenceng ngungggggg sampe kedengeran di dalem dan itu cukup lama. Agak jarang nemuin hal kayak gini di mobil jaman sekarang.

Tapi di samping itu saya kerasa mobil ini memang cukup enak mesin nya meskipun hanya 280 HP (Pdhl di CX-90 dengan mesin yg sama bisa produce 340 HP), dan bener2 niat banget mazda masukin nya yang full spec! Udah 3300 cc turbo, AWD, panoramic, adaptive cruise control, kursi AC, etc.
iya om interior space jg saya rasakan kecil banget untuk mobil sebesar ini. wkwkwkwk.

fan kenceng keknya kita udah ga familiar sama suara fan mesin 6-silinder om :big_biglaugh: apalagi 6 silinder turbo.

emang kalau diliat dari sisi price dan package ini mobil gak rasa mahal, cuma tinggal kita tunggu versi minim bug nya aja (facelift).
Suryaputra wrote: 21 Aug 2023, 21:05 klo reviewer luar, ini rival nya dipasang sama X3
harganya juga on par in US$

tapi emang dr bbrp lineup mazda yg saya rasakan, klo keras, kerasnya cenderung lompat lompat ke atas.

klo jerman spt VW Tiguan/Golep or Biem X series, kerasnya ya keras disedot nempel ke aspal.

Klo honda kerasnya glodakan.. wakakakakaka :big_biglaugh:
yang sekelas CX-9 aja masih berasa rada harsh. tp ini lebih kayak mentul-mentul gitu gak bisa anteng. CX-9 lebih anteng.
KielConstantine wrote: 21 Aug 2023, 23:02 Wihh kluar juga reviewnya :mky_02:

Klo gw sih kurang demen sama bentuknya.. apa emang udah fed up sama varian suv-suv crossover mulu tiap launching mobil di indo. Kmaren sempet test duduk doang pas giias sih. Lumayan ok lah nothing more or less …

Buat wang 1.2B keknya lebih pilih buat tebus E92 335i seken . Sisa budget buat ngempanin running cost :big_biglaugh:

Nunggu varian yg sedan + rwd + inline-6 aja ntar. Biarin digodok dulu sama mazda sana :upss:
sama sih gw agak sayang mazda gak bikin versi sedan. mazda 30 apa mazda 60 kek. wakkakaka. biar si balingbalingkampret kehajar tuh 320i masa 1.2M dapetnya cuma base 320i 4 silinder imut imut.

makanya half baked, u mau bikin SUV tapi tetep pengen bikin sportcar. kenapa gak bikin sedan aja :big_bored:

mau SUV pun kemaren gw liat X5 G05 40i seken di premium selection direken 1.4 miliar... full warranty kek mobil baru. sedan ya bener cari E92 335i sisanya buat bayarin perbaikan :mky_07:
KSG88 wrote: 22 Aug 2023, 08:19 Tetep Too firm ya kaki kaki, lupa kudu setting khusus format jalanan negara berkembang kali. Atau memang sengaja demikian supaya semangat jinba ittai nya terasa sesuai kemauan desainer.
kalo orang2 bilang ini kayak bawa miata overweight. masalahnya ane pun pikir pertama mungkin angin ban terlalu keras yah, ternyata memang review luar jg mengeluhkan betapa nggak refined nya ini suspensi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1866
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive

Post by darrelund »

ChZ wrote: 22 Aug 2023, 10:45
mazda kayaknya utk turbo turbo di mesin langit, suka pake low boost setup. safety kali yah bawaan kompresi tinggi papasnya gak gede-gede jg.

ane ga nemu spek CR 3.3L nya berapa. CX-9 di 10.5 soalnya. tinggi buat mesin 2.5 turbo.

makanya sebenernya klo buat ane yg maniak mesin tenaga besar, mesin-mesin Mazda itu kurang appealing. Mesin bensin tapi karakternya mirip Diesel. Mazda pakai turbo buat gemukin kurva tengahnya aja. tipikal highway cruiser.

kebalik sama honda, udah pake turbo ya tetep maksa harus high boost setup dan main top end. makanya itu 1.5L bisa ngejer 2.5L turbonya mazda.
kompresinya 12,0 um, lebih gila lagi. tapi ya bisa oktan rendah & ndak prone to knock kan krn pake miller cycle (sodara atkinson cycle), pas piston turun klep dibuka lebi lama biar bocorin kompresi

makanya mesin masda powernya ga gede" amat kan & cenderung ga terlalu punchy ya krn itu :big_biglaugh:

sptnya bener ada safety margin extra, meski ud full alu alloy. yg spec 340hp aja kan ditambahin sub radiator lg, tetep pake coolant radiator utama, cuma sub radiator outputnya lgsg nembak ke charge coolernya, jadi lebi dingin. ditambahin lg krn selain output tambah gede, supaya pas towing ga overheat. makanya yg 280hp coolant 10L, 340hp 11.1L. dah gitu ada dedicated water pump extra kecil supaya cold coolaant bisa di circulate ke main charge cooler

total yah 280hp ada 4 cooler, 340hp ada 5. ud kayak bmw :big_biglaugh:

makanya bener kata um, spec & hardware wise ini ud promisiing bgt, cuma ya gak refine aja

ni kalo pure otto cycle mah harusnya output & performance wise bisa nempelin B58 & M256
makanya, mobil yang sebenernya secara konsep menjanjikan tapi kurang fine-tune sana-sini. yang PHEV itu denger2 range nya kurang jauh jg yah?
PHEV itu utk CX60 minus nya di ride quality. yg gas/disel biasa ud mental mentul, PHEV lebih parah. di batere 17kwh di pantat atleast bisa 100-200kg. tapI sih utk sasis PHEV itu suspension ud di update kan, dapet recall gratis. membaik, cuma belom premium lah ride qualitynya

dan banyak jg yg PHEV batterynya drain pas full off, range wise gak bisa nyentuh claim jg, banyak yg dibawah

udah gitu PHEVnya ga refine jg, itu logicnya sering binun utk engage clutchnya. jadi transisi dari EV-HEV itu jerky bgt. skrg ud mendingan, tapi masih ada. ga smooth kyk toyota punya lah
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1866
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive

Post by darrelund »

ChZ wrote: 22 Aug 2023, 10:45
benernya kalau udah level harga >700 juta, ATPM kasi option kali yah. dulu soalnya mercy BMW aja bisa pilih kan optionnya waktu level harganya segitu. di indo kita sering disuruh pasrah ikut spek ATPM punya pdhl mobil jg udah mahal :mky_01:

klo saya aslinya sreg exterior interior kuro tapi velg elite. agak off liat velgnya kuro, kurang "mahal".
ini dari oroknya di japan emg ud di preconfig begitu, seluruh dunia ngikutnya begitu :big_biglaugh:

trim lux ya interior hitam syn leder -> putih syn leder -> putih nappa

kuro dapet hitam syn leder -> tan syn leder -> tan nappa

yah mungkin production linenya belom capable utk mix match gitu :big_biglaugh:
vhar7
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: 28 Dec 2016, 00:13

Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive

Post by vhar7 »

Mungkin PR berat mazda supaya CX-60 ini bisa gampang laku adalah merubah mindset nya orang. Jadi CX-60 ini harus dicompare ke Lexus NX yang secara spec dan size aga mirip2. Tapi umum nya orang mikir CX-60 ini kan penerus nya CX-5.. Lah CX-5 harga 600 an, ini CX-60 kok naek 2x lipat jadi 1.2M??

atau..... Mazda harus masukin mesin yang 2500 cc n/a dan RWD. Harga pasti bakal turun jauh dan lebih bisa jual.. Toh kalo liat di posting an beberapa reviewer dulu kan CX-60 mesin 2500 cc uda didaftarin tuh di samsat.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15927
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive

Post by ChZ »

darrelund wrote: 22 Aug 2023, 12:14
kompresinya 12,0 um, lebih gila lagi. tapi ya bisa oktan rendah & ndak prone to knock kan krn pake miller cycle (sodara atkinson cycle), pas piston turun klep dibuka lebi lama biar bocorin kompresi

makanya mesin masda powernya ga gede" amat kan & cenderung ga terlalu punchy ya krn itu :big_biglaugh:

sptnya bener ada safety margin extra, meski ud full alu alloy. yg spec 340hp aja kan ditambahin sub radiator lg, tetep pake coolant radiator utama, cuma sub radiator outputnya lgsg nembak ke charge coolernya, jadi lebi dingin. ditambahin lg krn selain output tambah gede, supaya pas towing ga overheat. makanya yg 280hp coolant 10L, 340hp 11.1L. dah gitu ada dedicated water pump extra kecil supaya cold coolaant bisa di circulate ke main charge cooler

total yah 280hp ada 4 cooler, 340hp ada 5. ud kayak bmw :big_biglaugh:

makanya bener kata um, spec & hardware wise ini ud promisiing bgt, cuma ya gak refine aja

ni kalo pure otto cycle mah harusnya output & performance wise bisa nempelin B58 & M256


PHEV itu utk CX60 minus nya di ride quality. yg gas/disel biasa ud mental mentul, PHEV lebih parah. di batere 17kwh di pantat atleast bisa 100-200kg. tapI sih utk sasis PHEV itu suspension ud di update kan, dapet recall gratis. membaik, cuma belom premium lah ride qualitynya

dan banyak jg yg PHEV batterynya drain pas full off, range wise gak bisa nyentuh claim jg, banyak yg dibawah

udah gitu PHEVnya ga refine jg, itu logicnya sering binun utk engage clutchnya. jadi transisi dari EV-HEV itu jerky bgt. skrg ud mendingan, tapi masih ada. ga smooth kyk toyota punya lah
nah makin kentara om kalo ini produk half-baked ud dilempar k pasar. soalnya hardware nya over engineered gitu kan.

product yang promising, musti nunggu next updatenya.
darrelund wrote: 22 Aug 2023, 12:29
ini dari oroknya di japan emg ud di preconfig begitu, seluruh dunia ngikutnya begitu :big_biglaugh:

trim lux ya interior hitam syn leder -> putih syn leder -> putih nappa

kuro dapet hitam syn leder -> tan syn leder -> tan nappa

yah mungkin production linenya belom capable utk mix match gitu :big_biglaugh:
hrsnya kalo mau incer premium market, musti kasi opsi personalization gitu ke depannya :mky_03:
vhar7 wrote: 22 Aug 2023, 13:30 Mungkin PR berat mazda supaya CX-60 ini bisa gampang laku adalah merubah mindset nya orang. Jadi CX-60 ini harus dicompare ke Lexus NX yang secara spec dan size aga mirip2. Tapi umum nya orang mikir CX-60 ini kan penerus nya CX-5.. Lah CX-5 harga 600 an, ini CX-60 kok naek 2x lipat jadi 1.2M??

atau..... Mazda harus masukin mesin yang 2500 cc n/a dan RWD. Harga pasti bakal turun jauh dan lebih bisa jual.. Toh kalo liat di posting an beberapa reviewer dulu kan CX-60 mesin 2500 cc uda didaftarin tuh di samsat.
nurut ane si matsuda ini berusaha appeal ke konsumen pembeli BMW. kan dari dulu sebenernya matsuda ngincer pembeli BMW. yg musti berusaha keras meyakinkan kalo mereka bisa bikin tiruan BMW yang lebih baik.

soalnya BMW sendiri sekarang terlalu fokus ke pengembangan EV, matsuda pinter sih sebenernya ambil celah di sini ibarat kata kalo konsumen BMW lama kecewa (dan emang udh pada kecewa sih. wkwkwkwkw) ya larinya biar ke mereka.

kalo mau incer CX-5 buyer ya bener musti masukin 2.5L.

rada nanggungnya materialnya, fit and finish, masih di bawah Lexus, masih nggak beda dengan mazda-mazda lain, tapi pricingnya udah lewat 1 M.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
faizzz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: 04 Aug 2019, 16:28
Location: Yogyakarta

Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive

Post by faizzz »

CX60 on paper lebih panjang dari CX5, baris ke 2 mobilnya gimana dibanding CX5 ya, apa jangan2 alokasi panjangnya ditaroh di moncongnya?
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post