Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ExorT wrote: ↑12 Sep 2023, 11:02
Iya, yang jadi trend sekarang, ganti generasi harga melonjak cukup jauh. Tinggal justify, apakah sepadan peningkatan dengan harganya saja sih (buka soal ada duit atau ga ada duit ya).
Kalau ga salah, cx5 fwd dan awd di Jepang bedanya 200rb yen juga. Disini masuk jadi beda hampir 100jt. Jadi ya khayalan harapannya cx60 base model di 700jtan sih. Hahahha.
Tabrak2an harga sebenarnya kok kurang pas ya, secara sama-sama cbu yang order berdasarkan pesanan. Dan juga beda jumlah seat-nya. Dan next gen "cx9" kalau full spec seperti cx60 begini, .. ga kebayang dah dikasi harga berapa nanti.
Imho, harga current gen mazda (selain cx60) disini masi sangat make sense (walaupun chassisnya rata2 udah uzur, tapi menurut ane masi sangat capable bersaing di rentang harganya).
Back nabung buat upgrade crv ngibrid
Next gen CX9 jadi CX-90. Wkwkwkwk. Alamat mau deket2 2 em kayaknya. Atau 1.5 eM. Soalnya 1 class di atas CX-60.
Iya kesempatan terakhir dpt mobil yg mayan enak dan mayan mewah utk harganya walau udah 1 dekade umurnya. Soalnya abis ini ganti gen bakal naik gila kelas dan harganya
kendibocor wrote: ↑12 Sep 2023, 11:15
Emang gitu mbah, maztri tuh kurang sporty apa coba tampangnya, kap mesin panjang, eh dijejelin 2.0NA. Masih kopong banyak itu ruang mesin. Kalo mo luxury biasanya temennya kan comfort, lha ini row kedua selalu sempit, bantingan kebanyakan jg lebih keras dari rival sekelasnya. Akhirnya jati dirinya ga jelas mau kemana. Kalo mo jadi brand2 mainstream macem H n T kok ya ga ada lcgcnya bwat jd volume maker
2.0 NA sebetulnya ganas yang lama mbah 170PS sama kek civic turbo cuma musti pake ron95 minimal. Ya ini bikin rada kesel sama mazda sih, target driving enthusiast tp mesin jg disunat demi bisa mimik ron90
Masalahnya kalo keras kayak BMW ok sih ngeredamnya enak jd gak cape, kerasnya masda dulu 10 thn lalu enak kerasnya CX5 KE dibanding RM yang ga trlalu keras tp glodakan, tp begitu keluar RW itu CX5 KF aja rasanya kok agak gerobak yah.
Meski ya kalo ngomong interior RW build quality karawang
mau bikin mobil sporty, nggak punya lineup sports. kok kesannya lebih sporty mazda yang dulu malahan ada RX-series. tengah2 arah brand nya malah jadi luxury brand.
tapi mau luxury, nanggung. trim interiornya masih plasticky semua.
ya emang attemptnya mau jadi BMW cheap copy dulu BMW juga selalu image nya quality interior dan trimming interior cheaper than mercedes tp powertrain lebih oke. masalah nya ini powertrainnya nanggung juga 3.3L turbo cuma 280hp, sementara kalo jerman cc segini turbo udah 300hp+. wkwkwkwkw.
cuba liat ini um
makin bingung, try hard pingin edgy
yg paling questionable itu, napa tu girbok torquecon diganti wet clutch. ud jutaan example bahwa clutch based girbok itu low speed ndut"an. alasan spes, lha itu jermanan jg bisa pake girbok biasa
biem G80 aja pke torcon biasa koq skrg, masih gacor jg larinya
makanya bener tuh kata dia orang, atleast masih butuh development 5 taon lagi
kendibocor wrote: ↑12 Sep 2023, 11:15
Emang gitu mbah, maztri tuh kurang sporty apa coba tampangnya, kap mesin panjang, eh dijejelin 2.0NA. Masih kopong banyak itu ruang mesin. Kalo mo luxury biasanya temennya kan comfort, lha ini row kedua selalu sempit, bantingan kebanyakan jg lebih keras dari rival sekelasnya. Akhirnya jati dirinya ga jelas mau kemana. Kalo mo jadi brand2 mainstream macem H n T kok ya ga ada lcgcnya bwat jd volume maker
2.0 NA sebetulnya ganas yang lama mbah 170PS sama kek civic turbo cuma musti pake ron95 minimal. Ya ini bikin rada kesel sama mazda sih, target driving enthusiast tp mesin jg disunat demi bisa mimik ron90
Masalahnya kalo keras kayak BMW ok sih ngeredamnya enak jd gak cape, kerasnya masda dulu 10 thn lalu enak kerasnya CX5 KE dibanding RM yang ga trlalu keras tp glodakan, tp begitu keluar RW itu CX5 KF aja rasanya kok agak gerobak yah.
Meski ya kalo ngomong interior RW build quality karawang
Lha itu dia. Sektor performa malah makin dicekek. Yg laen performa makin naek, ini malah makin lemot
walid_007 wrote: ↑12 Sep 2023, 19:06
apa mazda ini juga jerky kek mazda cx 5 fl w
di bawah 30 ndut2 an oeyy. kek irang baru belajaran setir pake manual
gas udah d urut sehalus mungkin.. klo pas ndut ttp aja muncul kaga jelas
coba d remap juga ga ada yg bisa remap nih mazda wakakaka
itu 30 gigi brp um? klo gigi 1 emg ndut"an krn rasio kasar
ditambah cx5 yg skrg ada cylinder deact, makin" dah
coba low speed gigi 2 aja um
Bbm nya pake apa ya om? mungkin coba dulu pakai oktan tinggi. Dan kalau bisa bejek2 tipis ala iltalian tune up.
Ane cobain puter2 dalam kota 1/2 jam naik CX-5 FL odo 5k, ga berasa ndut2an. Smooth aja waktu low speed stop and go / creeping traffic. Transmisi di D.
Mungkin juga itu error kali ya drive mode nya, stuck di Sport.
Edit. Apa sudah pernah request update PCM (ECU) di beres? ane baca2 (forum luar), ternyata ada yang solved setelah update PCM di beresnya.
ExorT wrote: ↑12 Sep 2023, 21:38
Bbm nya pake apa ya om? mungkin coba dulu pakai oktan tinggi. Dan kalau bisa bejek2 tipis ala iltalian tune up.
Ane cobain puter2 dalam kota 1/2 jam naik CX-5 FL odo 5k, ga berasa ndut2an. Smooth aja waktu low speed stop and go / creeping traffic. Transmisi di D.
Mungkin juga itu error kali ya drive mode nya, stuck di Sport.
Edit. Apa sudah pernah request update PCM (ECU) di beres? ane baca2 (forum luar), ternyata ada yang solved setelah update PCM di beresnya.
bensin kykna ndak ngaruh deh um
emg TCU aja kyknya ngebug
soalna liat di forum yg model FL jg masi ada yg kena issue beginian, malah kadang bingungnya 1-2 2-3
ada yg coba pke tcs off membaik tp masi jerky dikit, agak lucu jg seh
mungkin bisa coba ini, atleast sebelum update TCU & PCM
darrelund wrote: ↑12 Sep 2023, 20:15
cuba liat ini um
makin bingung, try hard pingin edgy
yg paling questionable itu, napa tu girbok torquecon diganti wet clutch. ud jutaan example bahwa clutch based girbok itu low speed ndut"an. alasan spes, lha itu jermanan jg bisa pake girbok biasa
biem G80 aja pke torcon biasa koq skrg, masih gacor jg larinya
makanya bener tuh kata dia orang, atleast masih butuh development 5 taon lagi
itu bedua aja ngetawain pilosopi2an katanya cuma cara ngelesnya mazda doang buat kelemahan produknya katanya utak atik barang yang sbenernya di pabrikan lain udah refined. ama crosstrek aja enakan crosstrek.
gw aja naik CX9 bingung kok harsh yah enakan bawa CRV. tp kalo bilang gini biasa d bilang fenboi...
ExorT wrote: ↑12 Sep 2023, 21:38
Bbm nya pake apa ya om? mungkin coba dulu pakai oktan tinggi. Dan kalau bisa bejek2 tipis ala iltalian tune up.
Ane cobain puter2 dalam kota 1/2 jam naik CX-5 FL odo 5k, ga berasa ndut2an. Smooth aja waktu low speed stop and go / creeping traffic. Transmisi di D.
Mungkin juga itu error kali ya drive mode nya, stuck di Sport.
Edit. Apa sudah pernah request update PCM (ECU) di beres? ane baca2 (forum luar), ternyata ada yang solved setelah update PCM di beresnya.
mazda saking pengen mobilnya menyesuaikan sama user suka adaptasi2 ga perlu gini. kayak bawa mobil yang self learning melulu. ane jg pernah bawa mazda2 rasanya rem ngeloyor banget dipake agak lama baru enakan. di mobil lain ga pernah begini.
bawa 2 mazda2 berbeda, 2-2nya karakternya bisa beda banget.
ChZ wrote: ↑13 Sep 2023, 10:35
mazda saking pengen mobilnya menyesuaikan sama user suka adaptasi2 ga perlu gini. kayak bawa mobil yang self learning melulu. ane jg pernah bawa mazda2 rasanya rem ngeloyor banget dipake agak lama baru enakan. di mobil lain ga pernah begini.
bawa 2 mazda2 berbeda, 2-2nya karakternya bisa beda banget.
Iya, mazda 2 mobil test drive juga pernah bawa, serasa ngeden sekali. Ya ini kali maksudnya self learning ya. Tapi ane juga curiga mungkin itu BBM diisi seadanya juga.
Untungnya di CX-5 ga berasa bedanya. Mungkin gara2 displacementnya besar.
walid_007 wrote: ↑12 Sep 2023, 19:06
apa mazda ini juga jerky kek mazda cx 5 fl w
di bawah 30 ndut2 an oeyy. kek irang baru belajaran setir pake manual
gas udah d urut sehalus mungkin.. klo pas ndut ttp aja muncul kaga jelas
coba d remap juga ga ada yg bisa remap nih mazda wakakaka
itu 30 gigi brp um? klo gigi 1 emg ndut"an krn rasio kasar
ditambah cx5 yg skrg ada cylinder deact, makin" dah
coba low speed gigi 2 aja um
Bbm nya pake apa ya om? mungkin coba dulu pakai oktan tinggi. Dan kalau bisa bejek2 tipis ala iltalian tune up.
Ane cobain puter2 dalam kota 1/2 jam naik CX-5 FL odo 5k, ga berasa ndut2an. Smooth aja waktu low speed stop and go / creeping traffic. Transmisi di D.
Mungkin juga itu error kali ya drive mode nya, stuck di Sport.
Edit. Apa sudah pernah request update PCM (ECU) di beres? ane baca2 (forum luar), ternyata ada yang solved setelah update PCM di beresnya.
bbm pertamax n turbo
udah d drive sport n normal juga sama
oke nnt ak coba itu
makasih
ExorT wrote: ↑13 Sep 2023, 11:12
Iya, mazda 2 mobil test drive juga pernah bawa, serasa ngeden sekali. Ya ini kali maksudnya self learning ya. Tapi ane juga curiga mungkin itu BBM diisi seadanya juga.
Untungnya di CX-5 ga berasa bedanya. Mungkin gara2 displacementnya besar.
mazda2 kalo yang ane rasakan itu mobil kadang berasa bolot karena di mode normal dia malah naikin giginya cepet banget jd rpmnya rendah sekali. cc kecil rpm rendah itu pasti rasanya bolot
nah tp case di 2 mobil berbeda bener mungkin driving style yang bawa sebelumnya beda yah. di mobil kedua rasanya lebih cekatan throttle responsenya. dua duanya mobil test drive dealer.
Dlu jg suka bingung gitu mazda 2 ane, suka bingung mo masuk gigi brp. Tp abis ganti oli transmisi lebih mending jauh sih. Entah pengaruh apa perasaan doang
kendibocor wrote: ↑13 Sep 2023, 12:10
Dlu jg suka bingung gitu mazda 2 ane, suka bingung mo masuk gigi brp. Tp abis ganti oli transmisi lebih mending jauh sih. Entah pengaruh apa perasaan doang
di sebelah om @josomba beli CX3 ternyata dibuka ATFnya isinya dikit banget
ChZ wrote: ↑13 Sep 2023, 12:13
di sebelah om @josomba beli CX3 ternyata dibuka ATFnya isinya dikit banget
Ini dah diisi normal sikit, tp emang ada sensasi menurut ane di masdut 2 dulu ga kek gini. Keknya emang oli OEM agak2 gebleg nih... Mau ganti merk lain, males juga kalau masih masa garansi ntar dibilang angus lah
ChZ wrote: ↑13 Sep 2023, 12:13
di sebelah om @josomba beli CX3 ternyata dibuka ATFnya isinya dikit banget
Ini dah diisi normal sikit, tp emang ada sensasi menurut ane di masdut 2 dulu ga kek gini. Keknya emang oli OEM agak2 gebleg nih... Mau ganti merk lain, males juga kalau masih masa garansi ntar dibilang angus lah
Agak sayang benernya di indo suka gini, oli gak oem diancem hangus.
Pdhl selama oli masuk grade yg direkomen buku manual harusnya ya gak bisa tuh hangusin
Kadang di galon oli sampe ada tulisannya. Makanya enaknya beli merk eropa atau amrik tuh botol selama dpt sertifikasi pabrikan (BMW, merc, VW, GM dexos) ga bs hangus warranty wong mereka approve
Honda bbrp beres sempet pake shell ama mobil deh.
Dulu pernah tuh SA honda tau ane bawa Q8 blg mas ini kalo knp2 di luar tanggung jawab kita ya. Ane jawab oh gpp mas ini mah oli sultan dipake mobil jerman
ChZ wrote: ↑13 Sep 2023, 12:13
di sebelah om @josomba beli CX3 ternyata dibuka ATFnya isinya dikit banget
Ini dah diisi normal sikit, tp emang ada sensasi menurut ane di masdut 2 dulu ga kek gini. Keknya emang oli OEM agak2 gebleg nih... Mau ganti merk lain, males juga kalau masih masa garansi ntar dibilang angus lah
Agak sayang benernya di indo suka gini, oli gak oem diancem hangus.
Pdhl selama oli masuk grade yg direkomen buku manual harusnya ya gak bisa tuh hangusin
Kadang di galon oli sampe ada tulisannya. Makanya enaknya beli merk eropa atau amrik tuh botol selama dpt sertifikasi pabrikan (BMW, merc, VW, GM dexos) ga bs hangus warranty wong mereka approve
Honda bbrp beres sempet pake shell ama mobil deh.
Dulu pernah tuh SA honda tau ane bawa Q8 blg mas ini kalo knp2 di luar tanggung jawab kita ya. Ane jawab oh gpp mas ini mah oli sultan dipake mobil jerman
Kalau beli mazda nya di giias, berarti dapat 5 tahun garansi ya. Jadi pake oli oem harus selama 5 tahun juga
Tapi menurut pengalaman, untuk oli transmisi, memang agak sensitive dan hoki2an. Apalagi yang sampe harus turun bak ganti filter dll, prosedurnya ribet.
Jadi masih bisa dimengerti kalau beres ancem hangus.
walid_007 wrote: ↑13 Sep 2023, 11:59
persis bgd kek video ini gmn rpm nya nyentak n kerasa sampe mobil juga nyentak.
kek org belajar manual lepas kopling nya kasar
bisa coba tu um relearn dulu, saran oe pke remtangan & pedal rem injek habis
soalna dia ngecek kopling" gitu, jadi mobilnya kyk pingin lompat terus
kendibocor wrote: ↑13 Sep 2023, 12:10
Dlu jg suka bingung gitu mazda 2 ane, suka bingung mo masuk gigi brp. Tp abis ganti oli transmisi lebih mending jauh sih. Entah pengaruh apa perasaan doang
nah itu um, emg ud karakternya
oe jg pernah nanjak terjal, ud bagus gigi 1 eh ama dia dimasukin ke 2. lgsg bolot mobilnya
kadang oe nyetir klo kondisi gitu kyk berantem sama mobilnya, mobil mau naik gigi, oe mau nahan gigi. sepanjang jalan cuma 1-2 terus pindah"
darrelund wrote: ↑13 Sep 2023, 17:12
ud lama klo programmingnya beda ttp wae um
klo liat dari video tsb & forum, kyknya emg program lockup nya yg kurang oke, makanya low speed gitu ndut"an
yg TCU/PCU update baru kyknya, buat low speed lockup nya dibikin lebi santai. biar lebi smooth
yg lucunya cuma 2.5 biasa aja yg gini, 2.5 turbo aman
Waktu FL keluar kan salah satu point markettingnya kan "revisi di transmisi supaya lebih reponsif". Lah kok malah jadi jerky..
If it ain't broke, don't fix it. Kayaknya Mazda ga paham ini atau gatel kali ya, terlalu jadul, ga tau mau diapaain lagi. Akhirnya coba2 berujung komplain.
Untuk pembaruan KF FL lain, jok pengemudi didesain ulang. Ya, saya merasa memang lebih nyaman posisinya dibanding non FL. Ridenya juga lebih soft (yang katanya memang FL dibuat lebih empuk).
Gara2 beberapa waktu lalu si ChZ ngedumel ga ada yg bikin ripiu mobil lg (padahal dia yg selama ini jd kang ripiu, jeruk ngomelin jeruk) jd ane coba...