Inflasi harga Mobil vs Motor

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by gadjahalphien »

Um-um, mbah-mbah sekalian.
Numpang buat thread ya, kebetulan merupakan uneg-uneg dari lama, hasil mengamati harga mobil yg makin lama makin terbang.

Bermula dari rasa iseng melihat trend harga mobil yg sekarang dapat dianggap fantastis, serta teringat cerita-cerita om NR ttg harga mobil di tahun 80-90an.
Yg jika dibandingkan harga sekarang, Nol nya nambah satu.


Yuk kita mulai dari Harga kendaraan

CMIIW yak.. lupa-lupa inget
2004-2006
Avanza G 88jt
Xenia xi/li/mi 60jt
Innova G 160-190an
Jazz 110-140an
C class / 3 series 480an
Supra/kharisma 125 skitar 12.5an
Legenda 7an

2008-2009
Avanza G 100-120an
Innova 200-240an
Jazz 170an
Supra125 14.5jt
Vixion 17-19jt
Ninja 250 48jt
Beat 11an
revo 9-10an

2013
Avanza 140-180an
Innova G 245-277an
Jazz 190-230an
Brio 130-140an (equal RS)
C class / 3 series 600an
Agya 90jt
Supra125 15-17an
Vixion 22-23an
Beat 12an
Revo 11.5an
Ninja250 55-59an

2019
Avanza 200-230an
Innova G 315-365an
Jazz 239-279an
Brio RS 190an
Agya 155-160an
C class/ 3 series 900an
Ninja250 62-67an
Supra125 17-18an
Vixion 26-29an
Beat 15-16an
Revo 14.5-16an

2023
Avanza 250-295an
Innova zenix 423an
Innova reborn G MT 377 - 419 (G2.4 AT)
Agya G 196an
Brio RS 245an
C class/seri 3 1.1an
Supra125 19-20an
Vixion 29-33an
Ninja250 67-79an
Beat 18-19an
Revo 16-17an

Semoga ada yg apal harga-harga kendaraan di pre 2010, maklum lupa-lupa inget.

Nah, jika membandingkan pergerakan harga dari tahun-ketahun. Kelihatan sekali lonjakan harga kendaraan yg naik :
20 tahun timeframe
Mobil 3x
Motor 1.6x

10 tahun timeframe
Mobil : 2x
Motor : max 1.4x

Walaupun ada beberapa yg naiknya masi terlihat wajar, macam Ninja250 (1.4x from introduction 15 tahun)

Yg bikin bingung, itu average harga motor kok lonjakannya enggak setinggi mobil ya?
Padahal, proses manufacturingnya masih mirip-mirip aja dengan sekarang.

Ok lah UMR naik, tapi kan rata di manufacture mobil-motor & component

Kenaikan harga Material component?
Besi, aluminum, plastik
kalo dilihat per tipe, perbedaannya quantity nya berapa sih ?? Max 5%

Fasilitas mobil nambah : Balon, VSC, BA, 360 cam hingga ADAS.
apa betul dapat menjustifikasi 2x - 3x kenaikan??
Look at C & 3 or Mazda, how with them?

Kalo mau nyerempet Food, paling refer ke Big Mac price. Tapi ya 10 tahun terakhir harga big mac segitu-segitu aja.
Baru terasa beda kalo nyingung Yoshinoya, marugame, SuTei,

Monggo um-ums, mbah-mbah, dan automotive entusiat bertukar pikiran

Note : seken hand value tidak perlu di perbincangkan yak.
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2111
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by Venturtle »

Dahulu, mobil adalah barang super mewah.. berlanjut menjadi barang mewah.. berlanjut sampai di jalanan terisi mobil semua sampai macet dimana mana.. pelan pelan mobil akan menjadi barang mewah lagi.. berlanjut menjadi barang super mewah :ungg:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by kendibocor »

Motor:
2001 beli satria 2 tak 13 jt, F1zr 12 jutaan (karena dlu mikir antara ini 2)
2004 brli F1ZR 12 jutaan lebih
kesimpulan: 2001 vs 2004 harga motor hampir ga ada inflasi

2005 beli satria 4 tak mepet kalo ga salah inget 17 jutaan va harga 2023 sekarang 28 jt (naek 1,6x)

Mobil:
Bokap beli E46 2002 sekitaran 450an
2008 beli E90 550an naek 1,2x
G20 waktu launch 2019 sekitaran 900an ya. Jd naeknya 1,8x lipat. Tp ini beda 2 generasi jarak 11 thn. Kalo dibandingkan sama E46 beda hampir 20 thn naek 2x lipat.

2003 beli W211 E260 880jt
2012 beli W212 E250 1,1M naek 1,25x
Liat PL merc per agust 23 adanya E200 di harga 1,1 sama E300 di harga 1,4 off. Kalo ada trim E250 taroh lah harganya 1,3an. On the road jd 1,4. Berarti estimasi dari 2012 ke 2023 naek 1,27x
Merc E-class rata2 10 tahun naek 25%.

Kalo kesimpulan ane, ga 100% berhubungan sama inflasi. Tergantung perusahaannya greedy apa nggak. Masih inget kan tuh duopoli motor yg kena sanksi di negara wakanda? :big_biglaugh:

Makanya gw demen banget mbl cungkuo pada masuk sini. Ibarat kata gen boomer lg dilawan gen millenials, kita liat aja siapa yg bakalan menang. Asal jgn tuh mbl cungkuo kasih harga gatau diri aja mepet2 mbl jepun. Kalo itu mah sengklek namanya. Ibarat karyawan fresh graduate masuk kerja langsung minta gaji yg sama ma senior yg uda 10-20thn kerja

Note: harga semua estimasi seingetan ane dan udah termasuk disc.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by sandal »

Tahun 2013 beli ertiga GX MT dapet harga 192jt OTR Surabaya (include diskon), price list sekarang tahun 2023 dapet 286jt (GX Mild Hybrid MT) OTR Surabaya belum diskon

Tahun 2017 beli Ignis GX MT dapet harga 169jt OTR Surabaya (include diskon), price list sekarang tahun 2023 dapet 225,5jt (GX MT) OTR Surabaya belum diskon

Tahun 2021 HRV SE (RU1) ortu ane dapet harga 330jt OTR Surabaya (PPNBM 0%), price list sekarang tahun 2023 dapet 421jt (HRV SE RV non two tone, two tone nambah 2,5jt)

Lama2 lihat pricelist mobil makin lama makin naik, Spresso aja OTR Surabaya 193jt (belum diskon) jangan2 Spresso udah nyentuh range 200jt an :big_bored:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by ChZ »

dengan mengurangi suudzon ke pabrikan mobil/motor... (biarpun terbukti juga sih kalo motor H dan Y kartel)

kalau nurut saya karena serapan pasar motor itu lebih baik daripada mobil. by a far margin.

kalau serapan pasar baik = produksi efisien = HPP bisa ditekan.

sementara kalau mobil, saya curiganya serapan pasarnya gak sebaik yang kita kira. nah jika serapan pasar kurang baik jelas produksi tidak efisien = HPP naik. sementara kalau serapan rendah, kapasitas produksinya dikurangin dong? tapi labour nya kan nggak berkurang, pake listriknya sama, pake alatnya sama, ya costnya pasti tinggi. import bahan baku selalu naik tp yang di import makin sedikit, unit keluar pabrik semakin sedikit.

kalaupun dibilang local content, ini definisi ambigu sekali karena mungkin betul diproduksi perusahaan lokal tapi apa iya bahan bakunya nggak impor? :big_peace:

kalau mau kejem sebenernya kayak om Ghosn dulu PHK sana-sini yg bikin nissan bisa punya revenue sehat.

dan kalo liat sekarang avanza harus di diskon 2 digit, terus mobil terlaris jadi honda brio. itu sudah indikasi kalau pasar mobil itu tidak baik-baik saja. orang dulu avanza itu no diskon mau 1 digit aja alotttt sekali. ini ngejelasin kenapa banyak model merek jepang yang balik lagi CBU walau udah bertahun - tahun CKD.

dalam hal ini pabrikan china jelas diuntungkan, mereka pemain baru. forecastingnya pasti lebih matang. belum kadung punya fixed cost tinggi macem pabrikan jepang. saya si sebenernya curiga liat H miring juga mau ngulangin kesalahan yang sama (stargazer,creta). tapi lagi mesra-mesranya sama pemerintah bikin ioniq5 kena subsidi mayan banyak.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by nyotsaeba »

gadjahalphien wrote:Um-um, mbah-mbah sekalian.
Numpang buat thread ya, kebetulan merupakan uneg-uneg dari lama, hasil mengamati harga mobil yg makin lama makin terbang.

Bermula dari rasa iseng melihat trend harga mobil yg sekarang dapat dianggap fantastis, serta teringat cerita-cerita om NR ttg harga mobil di tahun 80-90an.
Yg jika dibandingkan harga sekarang, Nol nya nambah satu.


Yuk kita mulai dari Harga kendaraan

CMIIW yak.. lupa-lupa inget
2004-2006
Avanza G 88jt
Xenia xi/li/mi 60jt
Innova G 160-190an
Jazz 110-140an
C class / 3 series 480an
Supra/kharisma 125 skitar 12.5an
Legenda 7an

2008-2009
Avanza G 100-120an
Innova 200-240an
Jazz 170an
Supra125 14.5jt
Vixion 17-19jt
Ninja 250 48jt
Beat 11an
revo 9-10an

2013
Avanza 140-180an
Innova G 245-277an
Jazz 190-230an
Brio 130-140an (equal RS)
C class / 3 series 600an
Agya 90jt
Supra125 15-17an
Vixion 22-23an
Beat 12an
Revo 11.5an
Ninja250 55-59an

2019
Avanza 200-230an
Innova G 315-365an
Jazz 239-279an
Brio RS 190an
Agya 155-160an
C class/ 3 series 900an
Ninja250 62-67an
Supra125 17-18an
Vixion 26-29an
Beat 15-16an
Revo 14.5-16an

2023
Avanza 250-295an
Innova zenix 423an
Innova reborn G MT 377 - 419 (G2.4 AT)
Agya G 196an
Brio RS 245an
C class/seri 3 1.1an
Supra125 19-20an
Vixion 29-33an
Ninja250 67-79an
Beat 18-19an
Revo 16-17an

Semoga ada yg apal harga-harga kendaraan di pre 2010, maklum lupa-lupa inget.

Nah, jika membandingkan pergerakan harga dari tahun-ketahun. Kelihatan sekali lonjakan harga kendaraan yg naik :
20 tahun timeframe
Mobil 3x
Motor 1.6x

10 tahun timeframe
Mobil : 2x
Motor : max 1.4x

Walaupun ada beberapa yg naiknya masi terlihat wajar, macam Ninja250 (1.4x from introduction 15 tahun)

Yg bikin bingung, itu average harga motor kok lonjakannya enggak setinggi mobil ya?
Padahal, proses manufacturingnya masih mirip-mirip aja dengan sekarang.

Ok lah UMR naik, tapi kan rata di manufacture mobil-motor & component

Kenaikan harga Material component?
Besi, aluminum, plastik
kalo dilihat per tipe, perbedaannya quantity nya berapa sih ?? Max 5%

Fasilitas mobil nambah : Balon, VSC, BA, 360 cam hingga ADAS.
apa betul dapat menjustifikasi 2x - 3x kenaikan??
Look at C & 3 or Mazda, how with them?

Kalo mau nyerempet Food, paling refer ke Big Mac price. Tapi ya 10 tahun terakhir harga big mac segitu-segitu aja.
Baru terasa beda kalo nyingung Yoshinoya, marugame, SuTei,

Monggo um-ums, mbah-mbah, dan automotive entusiat bertukar pikiran

Note : seken hand value tidak perlu di perbincangkan yak.
Seinget saya Avansa launch 2003an harga 99jt tipe G
89jt tipe E.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by farizfsa »

avanza G 2008 beli baru 108 juta

3 tahun pake nambah 120rb km

2011 dijual 108 juta lagi

wakakaka

kalo makanan ritel harga relatif stabil, cuma liat porsinya, makin kecil. beli aja itu burger mcd, inget2 dulu ukuran seberapa sekarang seberapa kecil. coklat beng-beng, harga segitu2 aja tp makin kecil kan.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by kendibocor »

ChZ wrote: Fri Aug 18, 2023 4:07 dengan mengurangi suudzon ke pabrikan mobil/motor... (biarpun terbukti juga sih kalo motor H dan Y kartel)

kalau nurut saya karena serapan pasar motor itu lebih baik daripada mobil. by a far margin.

kalau serapan pasar baik = produksi efisien = HPP bisa ditekan.

sementara kalau mobil, saya curiganya serapan pasarnya gak sebaik yang kita kira. nah jika serapan pasar kurang baik jelas produksi tidak efisien = HPP naik. sementara kalau serapan rendah, kapasitas produksinya dikurangin dong? tapi labour nya kan nggak berkurang, pake listriknya sama, pake alatnya sama, ya costnya pasti tinggi. import bahan baku selalu naik tp yang di import makin sedikit, unit keluar pabrik semakin sedikit.

kalaupun dibilang local content, ini definisi ambigu sekali karena mungkin betul diproduksi perusahaan lokal tapi apa iya bahan bakunya nggak impor? :big_peace:

kalau mau kejem sebenernya kayak om Ghosn dulu PHK sana-sini yg bikin nissan bisa punya revenue sehat.

dan kalo liat sekarang avanza harus di diskon 2 digit, terus mobil terlaris jadi honda brio. itu sudah indikasi kalau pasar mobil itu tidak baik-baik saja. orang dulu avanza itu no diskon mau 1 digit aja alotttt sekali. ini ngejelasin kenapa banyak model merek jepang yang balik lagi CBU walau udah bertahun - tahun CKD.

dalam hal ini pabrikan china jelas diuntungkan, mereka pemain baru. forecastingnya pasti lebih matang. belum kadung punya fixed cost tinggi macem pabrikan jepang. saya si sebenernya curiga liat H miring juga mau ngulangin kesalahan yang sama (stargazer,creta). tapi lagi mesra-mesranya sama pemerintah bikin ioniq5 kena subsidi mayan banyak.
Suudzon jg gpp mbah, uda ada yg terbukti kok :upss:

Btw, yg ente blg bisa jd bener jg. Tp kalo kaya gitu masuk lingkaran setan sih. Makin mahal tuh pricelist mbl, makin turun lah salesnya. Lama2 ambyar. Ujung2nya jd kayak sekarang, launching new model trus yg lama2 kualitasnya makin menyedihkan. Yg makin naek kelas ya akan punah dengan sendirinya karena harga makin kecapai sama masyarakat. Gw rasa ga lama lg bakalan keluar tuh adeknya agya ayla. Bisa dibayangin sendiri nanti kaya gimana kualitasnya. Udah gitu menurut gw diversifikasi produk disini kurang bagus. Harusnya drpd menetapkan trim2 A,B,C,D mending bikin harga mbl tuh base price + optional sesuai permintaan aja kaya di amrik. Harusnya mbl2 ckd bisa apalagi yg salesnya ga gitu banyak. Misalkan kayak HRV. Ane rasa kalo tuh hrv rs ada opsi ga pake sensing dgn harga 50-60 jt lebih murah bakalan lebih laku drpd sekarang tuh. Ga semua orng butuh sensing2an. Gw kalo tuh hrv rs harganya bisa 460-470 tertarik jg sih :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
e3dak
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Sat Sep 25, 2021 15:42
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Honda CRV Turbo

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by e3dak »

masih terkait dengan crv gen 6 yg menurut saya harganya sudah gk masuk akal..link dibawah ntah valid atau gk

https://www.cars.com/research/honda-cr_v/

harga CRV di US seperti gk beda jauh antar gen
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by rakyatwkwkland »

Apa karena motor sunatannya jauh lebih sadis daripada mobil jadinya mereka bisa neken cost lebih gila? Belakangan ini kan lagi heboh tuh salah satunya rangka esaf nya ngahond yg konon gampang karatan dan patah...

Kalo di mobil paling banter seputaran build quality, kaki2, dan sedikit banyak merambah ke bagian mesin dan komponen penggerak lainnya doang kan? Belon ada yang sampe ke rangka mainannya? Malah kalau liat video perbandingan crash test mobil dulu vs mobil sekarang, untuk mobil sekarang rangkanya cenderung lebih kuat daripada mobil dulu...
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9683
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by Suryaputra »

e3dak wrote: Fri Aug 18, 2023 5:23 masih terkait dengan crv gen 6 yg menurut saya harganya sudah gk masuk akal..link dibawah ntah valid atau gk

https://www.cars.com/research/honda-cr_v/

harga CRV di US seperti gk beda jauh antar gen
juga kurs jaman itu dan kurs jaman now beda jauh mbah

apalagi itu raw materialnya impor semua :big_peace:

jaman dem*krat berkuasa, kurs 8-10 rb

jaman pd*p berkuasa, kurs 15-16 rb

plus minus lahh
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Fri Aug 18, 2023 5:08
Suudzon jg gpp mbah, uda ada yg terbukti kok :upss:

Btw, yg ente blg bisa jd bener jg. Tp kalo kaya gitu masuk lingkaran setan sih. Makin mahal tuh pricelist mbl, makin turun lah salesnya. Lama2 ambyar. Ujung2nya jd kayak sekarang, launching new model trus yg lama2 kualitasnya makin menyedihkan. Yg makin naek kelas ya akan punah dengan sendirinya karena harga makin kecapai sama masyarakat. Gw rasa ga lama lg bakalan keluar tuh adeknya agya ayla. Bisa dibayangin sendiri nanti kaya gimana kualitasnya. Udah gitu menurut gw diversifikasi produk disini kurang bagus. Harusnya drpd menetapkan trim2 A,B,C,D mending bikin harga mbl tuh base price + optional sesuai permintaan aja kaya di amrik. Harusnya mbl2 ckd bisa apalagi yg salesnya ga gitu banyak. Misalkan kayak HRV. Ane rasa kalo tuh hrv rs ada opsi ga pake sensing dgn harga 50-60 jt lebih murah bakalan lebih laku drpd sekarang tuh. Ga semua orng butuh sensing2an. Gw kalo tuh hrv rs harganya bisa 460-470 tertarik jg sih :big_biglaugh:
Nah soal equipment ini juga ngaruh ke kenaikan :upss: karena misal avanza 2013 itu baru kenal airbag, skrg avanza udah kenal namanya TSS dan ABS dari type paling murah. Blm sese mesinnya skrg cenggo yg G ampe veloz.

Ya bener murah, semurah nyawa kita dulu :upss:

Sementara motor aja injeksi baru baru ini doank. Body ya sama sama aja. BeAT FI sama karbu gak beda tuh bodynya.

Motor yang mahal tuh 600 sese ke atas :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by Bibieight »

Tapi Hyundai jual Ioniq 5 harganya ndak jauh2 banget lho dengan di luar, saya bandinginnya dengan trim paling tinggi yg 859 juta.
Ini yang Ioniq 5 RWD di Oz :
Ioniq AU Price.png
AUD 77.000, ini RWD 73 kWh, tapi belum sunroof (opsi sunroofnya yang AWD), jadi ndak apple-to-apple banget. Pake kurs 10.000, Indonesia kemahalan 89 juta
Ini yang Ioniq 5 RWD di US :
Ioniq US Price.png
USD 55.000, ini persis plek yang SLR di Indonesia, minus : Highway Driving Assist II (nyalain sen mobil pindah jalur sendiri di jalan tol) sama Head Up Display. Pake kurs 15.000, Indonesia kemahalan 34 juta
Kalo dah diitung subsidi PPN, itu dua2nya jadi par atau malah lebih murah di Indonesia :big_okay: :big_okay: :big_okay:

Nah memang kalo yang mobil ICE si Hyundai ngikut2 Jepang, Creta paling mahal disini 408 juta, di prindapan :
Creta IN Price.png
INR 1.770.400, kurs 200 jadi 354 juta masih kemahalan 15%.

Yang EV, antara si Korea kebanyakan soju pas pricing atau memang mau main jujur jualan EV jangka panjang. Semoga yang kedua sih, secara Creta EV juga dah dites di India, semoga sambil pesta soju lagi pas pricing Creta EV, biar jatuh di 450 juta :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by ChZ »

e3dak wrote: Fri Aug 18, 2023 5:23 masih terkait dengan crv gen 6 yg menurut saya harganya sudah gk masuk akal..link dibawah ntah valid atau gk

https://www.cars.com/research/honda-cr_v/

harga CRV di US seperti gk beda jauh antar gen
di kita sebenernya gak beda jauh mbah (with the same equipment ya)

2009 CRV 2.4 itu 391juta (2.4 cuma 1 type blom ada prestige)
2012 CRV 2.4 basic 404juta, tp ditambahin tipe prestige 431juta (prestige masih 2 airbags, ketambahan GPS sama aksesori aja).
2015 CRV 2.4 basic 450juta, prestige 490an juta (prestige 6 airbags)
2017 CRV 1.5T basic 477juta, prestige 505juta (6 airbags)

CMIIW

sampe 2020 itu (ppnbm 0%) malah kayaknya facelift keluar sensing cuma nambah 20juta dari prestige lama. tp CRV turbo nya udah naik juga kalo gak salah basic 490juta prestige 517juta.

di thn 2021 ppnbm 0% dicabut dan tax nya emission based (bukan cc based), baru deh menggila. emission CRV emang kena bracket tinggi. terus sekarang malah jadi CBU ya makin gila.

makanya jualan mobil tuh faktor penentu utamanya sebenarnya aturan tax yang berlaku di negara tsb. say mobil 200 juta sama 220juta di NJKB, tax nya bisa beda itu mobil selisihnya bisa jd 50 70 juta :ungg:

tapi jgn lupa om di US itu harga segitu cuma MSRP blom termasuk dealer markup nya kadang suka gila tuh dealer markup :big_think: terus mereka bisa jual mobil kosongan om optionnya kita pilih sendiri yang bikin di indo mahal itu karena ganti generasi suka optionnya dibedain. dulu ambil base skrg ambil mid atau top, ya iyalah mahal.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by ChZ »

rakyatwkwkland wrote: Fri Aug 18, 2023 6:20 Apa karena motor sunatannya jauh lebih sadis daripada mobil jadinya mereka bisa neken cost lebih gila? Belakangan ini kan lagi heboh tuh salah satunya rangka esaf nya ngahond yg konon gampang karatan dan patah...

Kalo di mobil paling banter seputaran build quality, kaki2, dan sedikit banyak merambah ke bagian mesin dan komponen penggerak lainnya doang kan? Belon ada yang sampe ke rangka mainannya? Malah kalau liat video perbandingan crash test mobil dulu vs mobil sekarang, untuk mobil sekarang rangkanya cenderung lebih kuat daripada mobil dulu...
motor scooter macem di kita itu ane rasa gak ada standar safety bakunya wong dijualnya cuma negara berkembang :upss: beda ma zaman bebek2 honda jadul dulu.

ya pasti sunatannya lebih gila. :upss:

klo mobil sunat rangka atau barang berkaitan ma safety lebih baku standarnya yang ngetes.

udah gitu motor apalagi metik kalo ketuaan tuh merongrong nya lbh parah daripada motor astrea jadul. makanya gw udah jarang liat beat karbu apa mio karbu, tp kalo gen astrea gitu2 mah buset kadang umurnya saingan ma yang punya, nyetirnya cuma 10 km/jam sambil gemeter tuh tangan :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by lexnic »

ChZ wrote: Fri Aug 18, 2023 8:07
rakyatwkwkland wrote: Fri Aug 18, 2023 6:20 Apa karena motor sunatannya jauh lebih sadis daripada mobil jadinya mereka bisa neken cost lebih gila? Belakangan ini kan lagi heboh tuh salah satunya rangka esaf nya ngahond yg konon gampang karatan dan patah...

Kalo di mobil paling banter seputaran build quality, kaki2, dan sedikit banyak merambah ke bagian mesin dan komponen penggerak lainnya doang kan? Belon ada yang sampe ke rangka mainannya? Malah kalau liat video perbandingan crash test mobil dulu vs mobil sekarang, untuk mobil sekarang rangkanya cenderung lebih kuat daripada mobil dulu...
motor scooter macem di kita itu ane rasa gak ada standar safety bakunya wong dijualnya cuma negara berkembang :upss: beda ma zaman bebek2 honda jadul dulu.

ya pasti sunatannya lebih gila. :upss:

klo mobil sunat rangka atau barang berkaitan ma safety lebih baku standarnya yang ngetes.

udah gitu motor apalagi metik kalo ketuaan tuh merongrong nya lbh parah daripada motor astrea jadul. makanya gw udah jarang liat beat karbu apa mio karbu, tp kalo gen astrea gitu2 mah buset kadang umurnya saingan ma yang punya, nyetirnya cuma 10 km/jam sambil gemeter tuh tangan :ungg:
klo urusan kualitas motor, bisa dibilang ini salah satu cara supaya bisa jual dgn harga terjangkau buat masyarakat indo (cmiiw). supaya terjangkau, akhirnya disunatlah kualitas material yg dipake utk bikin produk tsb. udh gitu dsini jalanannya padat, dikasih motor cc gede (misal 200 cc ke atas) jga blm tentu mau wong bensinnya boros klo sering macet2an. udh gitu maunya pake bensin murah, ya udh kasih aja skutik kecil ato motor bebek skalian.

saya ngerasain sndiri, pernah beli absolute revo keluaran thn 2013 buat kendaraan harian selama kuliah. murah emg, klo gk salah ingat hrganya skitar 13 jutaan di surabaya. motor cuma dipake dlm kota aja, tapi kualitasnya ya bgtulah. bru 3 bulan pake spion udh bunyi klotok2 gara2 ada bautnya lepas di dlm. batok speedometer mulai geter2 di tahun kedua. 4 tahun dipake, 2017 akhirnya dijual & laku skitar 4.5 jt.

dibanding sama yamaha tua saya, msh lbh solid si yamaha. pdhl itu dibeli thn 1987 :mky_01:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1987 - now]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by ChZ »

lexnic wrote: Fri Aug 18, 2023 8:29
klo urusan kualitas motor, bisa dibilang ini salah satu cara supaya bisa jual dgn harga terjangkau buat masyarakat indo (cmiiw). supaya terjangkau, akhirnya disunatlah kualitas material yg dipake utk bikin produk tsb. udh gitu dsini jalanannya padat, dikasih motor cc gede (misal 200 cc ke atas) jga blm tentu mau wong bensinnya boros klo sering macet2an. udh gitu maunya pake bensin murah, ya udh kasih aja skutik kecil ato motor bebek skalian.

saya ngerasain sndiri, pernah beli absolute revo keluaran thn 2013 buat kendaraan harian selama kuliah. murah emg, klo gk salah ingat hrganya skitar 13 jutaan di surabaya. motor cuma dipake dlm kota aja, tapi kualitasnya ya bgtulah. bru 3 bulan pake spion udh bunyi klotok2 gara2 ada bautnya lepas di dlm. batok speedometer mulai geter2 di tahun kedua. 4 tahun dipake, 2017 akhirnya dijual & laku skitar 4.5 jt.

dibanding sama yamaha tua saya, msh lbh solid si yamaha. pdhl itu dibeli thn 1987 :mky_01:
di sini kalau motor itu penting irit bbm dan nyicilnya murah :upss:

bikin motor emang jauh lbh simple daripada mobil sih. bayangin mesin cuma paling keluarin 110cc, 125cc, 150cc, ya udah tinggal beda bedain body aja. jadilah beat vario pcx.

makanya motor 80s 90s itu selalu jadi classic om bahkan kelas astrea yg dulu motor rakyat,

kita ngga akan pernah liat mio atau beat karbu jadi klasik wong udah rontok semua :upss:

ya paling simple teknologi injeksi baru keluar thn berapa tuh, di indo mobil udah 20 thn injeksi doi baru pake injeksi. gimana ngga jadi cash cow nya pabrikan itu bebek ma matic :upss: :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by b0ku »

cuma inget harga land cruiser J80 cuma 180jt tahun 1998 inflasi 2000an harganya jadi 200jtan sekarang 300-400jt :wkkk:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by kendibocor »

lexnic wrote: Fri Aug 18, 2023 8:29
ChZ wrote: Fri Aug 18, 2023 8:07
rakyatwkwkland wrote: Fri Aug 18, 2023 6:20 Apa karena motor sunatannya jauh lebih sadis daripada mobil jadinya mereka bisa neken cost lebih gila? Belakangan ini kan lagi heboh tuh salah satunya rangka esaf nya ngahond yg konon gampang karatan dan patah...

Kalo di mobil paling banter seputaran build quality, kaki2, dan sedikit banyak merambah ke bagian mesin dan komponen penggerak lainnya doang kan? Belon ada yang sampe ke rangka mainannya? Malah kalau liat video perbandingan crash test mobil dulu vs mobil sekarang, untuk mobil sekarang rangkanya cenderung lebih kuat daripada mobil dulu...
motor scooter macem di kita itu ane rasa gak ada standar safety bakunya wong dijualnya cuma negara berkembang :upss: beda ma zaman bebek2 honda jadul dulu.

ya pasti sunatannya lebih gila. :upss:

klo mobil sunat rangka atau barang berkaitan ma safety lebih baku standarnya yang ngetes.

udah gitu motor apalagi metik kalo ketuaan tuh merongrong nya lbh parah daripada motor astrea jadul. makanya gw udah jarang liat beat karbu apa mio karbu, tp kalo gen astrea gitu2 mah buset kadang umurnya saingan ma yang punya, nyetirnya cuma 10 km/jam sambil gemeter tuh tangan :ungg:
klo urusan kualitas motor, bisa dibilang ini salah satu cara supaya bisa jual dgn harga terjangkau buat masyarakat indo (cmiiw). supaya terjangkau, akhirnya disunatlah kualitas material yg dipake utk bikin produk tsb. udh gitu dsini jalanannya padat, dikasih motor cc gede (misal 200 cc ke atas) jga blm tentu mau wong bensinnya boros klo sering macet2an. udh gitu maunya pake bensin murah, ya udh kasih aja skutik kecil ato motor bebek skalian.

saya ngerasain sndiri, pernah beli absolute revo keluaran thn 2013 buat kendaraan harian selama kuliah. murah emg, klo gk salah ingat hrganya skitar 13 jutaan di surabaya. motor cuma dipake dlm kota aja, tapi kualitasnya ya bgtulah. bru 3 bulan pake spion udh bunyi klotok2 gara2 ada bautnya lepas di dlm. batok speedometer mulai geter2 di tahun kedua. 4 tahun dipake, 2017 akhirnya dijual & laku skitar 4.5 jt.

dibanding sama yamaha tua saya, msh lbh solid si yamaha. pdhl itu dibeli thn 1987 :mky_01:
Mobil jg downgrade kok om, liatin aja itu merc skrng isinya plastik semua. Biem jg tp ga separah merc. Diluaran merc jg uda dihujat karena built qualitynya menurun.
Jejepangan sekarang mending karena ditutup soft touch2an yg ga ngerti kualitasnya gmn. Dibalik soft touch jg plastik ember. Paling ketara doortrim ciarpih gen 3 vs gen 4. Gen 4 uda persis plastik ember emak ane yg ditarik mleyot2. Gen 5 lebih mending gara2 gen 4 dihujat, banyak dibungkus soft touch kan tp seingat ane jg built qualitynya jg masih lebih solid gen 3 CMIIW

Seri 3 jg dr jaman E90 sampe G20 bahan faux leathernya mirip2 aja kualitasnya, ga signifikan beda. Pdhl harga uda 2x lipat lebih :big_bored:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Fri Aug 18, 2023 11:02 Mobil jg downgrade kok om, liatin aja itu merc skrng isinya plastik semua. Biem jg tp ga separah merc. Diluaran merc jg uda dihujat karena built qualitynya menurun.
Jejepangan sekarang mending karena ditutup soft touch2an yg ga ngerti kualitasnya gmn. Dibalik soft touch jg plastik ember. Paling ketara doortrim ciarpih gen 3 vs gen 4. Gen 4 uda persis plastik ember emak ane yg ditarik mleyot2. Gen 5 lebih mending gara2 gen 4 dihujat, banyak dibungkus soft touch kan tp seingat ane jg built qualitynya jg masih lebih solid gen 3 CMIIW

Seri 3 jg dr jaman E90 sampe G20 bahan faux leathernya mirip2 aja kualitasnya, ga signifikan beda. Pdhl harga uda 2x lipat lebih :big_bored:
Tp kalau mobil masi ada standar safetynya mbah. Minimal teknologi naik safety naik.

Ini mah kalo motor kelas moped/bebek2an safetynya betul betul dipertanyakan buset dah kelas motor jepang aja masa bikin sasis masih ga bener :big_bored: mobil sejeleknya bikinan prindapan apa china skrg lembaga test buanyak pada ga brani maen2.

Meski banyak jg yang ratingnya cuma 2-3 :big_bored: bintang 0 sih biasa tipe tanpa airbag.

Motor tuh yg bener bener serius dikembangin paling ya cc 600 ke atas :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by kendibocor »

ChZ wrote: Fri Aug 18, 2023 12:05
kendibocor wrote: Fri Aug 18, 2023 11:02 Mobil jg downgrade kok om, liatin aja itu merc skrng isinya plastik semua. Biem jg tp ga separah merc. Diluaran merc jg uda dihujat karena built qualitynya menurun.
Jejepangan sekarang mending karena ditutup soft touch2an yg ga ngerti kualitasnya gmn. Dibalik soft touch jg plastik ember. Paling ketara doortrim ciarpih gen 3 vs gen 4. Gen 4 uda persis plastik ember emak ane yg ditarik mleyot2. Gen 5 lebih mending gara2 gen 4 dihujat, banyak dibungkus soft touch kan tp seingat ane jg built qualitynya jg masih lebih solid gen 3 CMIIW

Seri 3 jg dr jaman E90 sampe G20 bahan faux leathernya mirip2 aja kualitasnya, ga signifikan beda. Pdhl harga uda 2x lipat lebih :big_bored:
Tp kalau mobil masi ada standar safetynya mbah. Minimal teknologi naik safety naik.

Ini mah kalo motor kelas moped/bebek2an safetynya betul betul dipertanyakan buset dah kelas motor jepang aja masa bikin sasis masih ga bener :big_bored: mobil sejeleknya bikinan prindapan apa china skrg lembaga test buanyak pada ga brani maen2.

Meski banyak jg yang ratingnya cuma 2-3 :big_bored: bintang 0 sih biasa tipe tanpa airbag.

Motor tuh yg bener bener serius dikembangin paling ya cc 600 ke atas :big_bored:
Bener sih mbah :mky_03: motor apalagi kelas2 matic yg ga global produk ya bakalan tau sendiri lah kualitas gmn. Tp si garpu tala masih mending kayanya drpd produknya si mm93 :big_weee:
Gw drdlu mbl sih doyan si H, tp kalo motor ogah :big_biglaugh:
Eh kemaren pernah beli cebe-er nopekgo deng tp ga lama ganti zx :mky_03:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by zonepublic »

gadjahalphien wrote: Fri Aug 18, 2023 1:29

CMIIW yak.. lupa-lupa inget
2004-2006

Gold price $400-500/troy

2008-2009

Gold price $800-950/troy

2013

Gold price $1400/troy

2019

Gold price $1500/troy

2023

Gold price $2000/troy

IMG_20230818_205223.jpg
Harga emas sejak 2004- sekarang udah naik 4-5x lipat
Dan kenaikan harga mobil masih belum ngelewatin kenaikan harga emas jadi harap maklum kalo kualitasnya didiskon2 :big_biglaugh:

Maaf bukannya saya bermaksud menghina/kasar/mengejek tapi kalo kenaikan pendapatan anda belum bisa setara atau lebih tinggi dari harga emas berarti sebenarnya pendapatan anda menurun
ChZ wrote: Fri Aug 18, 2023 8:41
di sini kalau motor itu penting irit bbm dan nyicilnya murah :upss:

bikin motor emang jauh lbh simple daripada mobil sih. bayangin mesin cuma paling keluarin 110cc, 125cc, 150cc, ya udah tinggal beda bedain body aja. jadilah beat vario pcx.

makanya motor 80s 90s itu selalu jadi classic om bahkan kelas astrea yg dulu motor rakyat,

kita ngga akan pernah liat mio atau beat karbu jadi klasik wong udah rontok semua :upss:

ya paling simple teknologi injeksi baru keluar thn berapa tuh, di indo mobil udah 20 thn injeksi doi baru pake injeksi. gimana ngga jadi cash cow nya pabrikan itu bebek ma matic :upss: :upss:
Sama kan dengan mobil
Mesin,transmisi dan chasis L15 dipake di jazz gk,mobilio,brv,hrv tinggal ganti baju aja
Sekarang juga sama mesin,transmisi city hatchback,hrv,brv sama
Civic,crv sama
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by rakyatwkwkland »

kendibocor wrote: Fri Aug 18, 2023 11:02
lexnic wrote: Fri Aug 18, 2023 8:29
ChZ wrote: Fri Aug 18, 2023 8:07

motor scooter macem di kita itu ane rasa gak ada standar safety bakunya wong dijualnya cuma negara berkembang :upss: beda ma zaman bebek2 honda jadul dulu.

ya pasti sunatannya lebih gila. :upss:

klo mobil sunat rangka atau barang berkaitan ma safety lebih baku standarnya yang ngetes.

udah gitu motor apalagi metik kalo ketuaan tuh merongrong nya lbh parah daripada motor astrea jadul. makanya gw udah jarang liat beat karbu apa mio karbu, tp kalo gen astrea gitu2 mah buset kadang umurnya saingan ma yang punya, nyetirnya cuma 10 km/jam sambil gemeter tuh tangan :ungg:
klo urusan kualitas motor, bisa dibilang ini salah satu cara supaya bisa jual dgn harga terjangkau buat masyarakat indo (cmiiw). supaya terjangkau, akhirnya disunatlah kualitas material yg dipake utk bikin produk tsb. udh gitu dsini jalanannya padat, dikasih motor cc gede (misal 200 cc ke atas) jga blm tentu mau wong bensinnya boros klo sering macet2an. udh gitu maunya pake bensin murah, ya udh kasih aja skutik kecil ato motor bebek skalian.

saya ngerasain sndiri, pernah beli absolute revo keluaran thn 2013 buat kendaraan harian selama kuliah. murah emg, klo gk salah ingat hrganya skitar 13 jutaan di surabaya. motor cuma dipake dlm kota aja, tapi kualitasnya ya bgtulah. bru 3 bulan pake spion udh bunyi klotok2 gara2 ada bautnya lepas di dlm. batok speedometer mulai geter2 di tahun kedua. 4 tahun dipake, 2017 akhirnya dijual & laku skitar 4.5 jt.

dibanding sama yamaha tua saya, msh lbh solid si yamaha. pdhl itu dibeli thn 1987 :mky_01:
Mobil jg downgrade kok om, liatin aja itu merc skrng isinya plastik semua. Biem jg tp ga separah merc. Diluaran merc jg uda dihujat karena built qualitynya menurun.
Jejepangan sekarang mending karena ditutup soft touch2an yg ga ngerti kualitasnya gmn. Dibalik soft touch jg plastik ember. Paling ketara doortrim ciarpih gen 3 vs gen 4. Gen 4 uda persis plastik ember emak ane yg ditarik mleyot2. Gen 5 lebih mending gara2 gen 4 dihujat, banyak dibungkus soft touch kan tp seingat ane jg built qualitynya jg masih lebih solid gen 3 CMIIW

Seri 3 jg dr jaman E90 sampe G20 bahan faux leathernya mirip2 aja kualitasnya, ga signifikan beda. Pdhl harga uda 2x lipat lebih :big_bored:
Ya makanya sama seperti yg ane bilang juga di atas, mobil juga downgrade2an kaya motor. Cuma sama seperti contoh yg oom kasih contoh, yaa artinya downgrade di mobil itu paling banter seputaran build quality aja. Sebagian mungkin juga kena di kaki2 dan sedikit di komponen penggerak seperti mesin transmisi electrical dll...

Lha di motor ini downgrade nya malah udah nyentuh rangka... Bagian dari kendaraan bermotor yang mungkin sampe di junk yard aja harusnya kadang2 masih bisa dalam keadaan utuh... Lha ini baru seumur jagung ada yang udah karatan, ada yang udah patah... :big_chicken:

Ibaratnya kalo mobil downgrade material rangka juga, nanti kalo ente ngehajar lubang kecepatan tinggi di tol, bukan cuma pecah ban velg peyang dan kaki2 yg kena, tapi rangkanya juga ikut meleyot :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by ChZ »

zonepublic wrote: Fri Aug 18, 2023 13:59 Sama kan dengan mobil
Mesin,transmisi dan chasis L15 dipake di jazz gk,mobilio,brv,hrv tinggal ganti baju aja
Sekarang juga sama mesin,transmisi city hatchback,hrv,brv sama
Civic,crv sama
Produksi motor itu jauh lebih simple dan murah. La iya wong motor mau segede apa goncengan ya cuma berdua bisanya.

Paling bedain sese mesin aja sesuai size. La itu mesin beda sese selama 1 silinder juga sebenernya paling beda bore stroke aja. Murmer om. Body motor plastiknya jg gak yg tebel gimana

Makanya ane blg yang beda dan lbh serius tuh biasa 600 sese ke atas ya gak mungkin blok nopekgo sese dipake 600 :upss:

Mobil pan masi ada 5seater 7seater. SUV MPV sedan. Bobotnya beda bisa 20-30% yg perlu penyesuaian banyak di komponen penggerak suspensi dll coba aja dari kaki kaki mobilio dan BRV aja beda om. Ini kelas murah loh civic CRV kaki kakinya banyak beda jg.
Last edited by ChZ on Fri Aug 18, 2023 15:10, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by kendibocor »

rakyatwkwkland wrote: Fri Aug 18, 2023 14:40
Ya makanya sama seperti yg ane bilang juga di atas, mobil juga downgrade2an kaya motor. Cuma sama seperti contoh yg oom kasih contoh, yaa artinya downgrade di mobil itu paling banter seputaran build quality aja. Sebagian mungkin juga kena di kaki2 dan sedikit di komponen penggerak seperti mesin transmisi electrical dll...

Lha di motor ini downgrade nya malah udah nyentuh rangka... Bagian dari kendaraan bermotor yang mungkin sampe di junk yard aja harusnya kadang2 masih bisa dalam keadaan utuh... Lha ini baru seumur jagung ada yang udah karatan, ada yang udah patah... :big_chicken:

Ibaratnya kalo mobil downgrade material rangka juga, nanti kalo ente ngehajar lubang kecepatan tinggi di tol, bukan cuma pecah ban velg peyang dan kaki2 yg kena, tapi rangkanya juga ikut meleyot :ngacir:
Tp motor jg cuman 1 pabrikan sih om, entah yg ngedesign sasisnya gmn. Kalo tuh sasis patah karena pure karat sih unacceptable ya. Insenyur2nya mungkin sibuk ngerancang motor mm93 biar ga jatoh mulu kali sampe ngasih rangka motor komersialnya sembarangan, atau jgn2 sasisnya si mm93 jd kena cost cutting makanya jatoh mulu :big_biglaugh:

Mungkin bisa jd ada hubungannya sama pola customernya jg om. Kalo motor kan mayoritas ekonomi menengah kebawah, dikasi barang ga sesuai standar ya hajar aja ada apa2 kaya skrng pun pasti pd diem. Mentok koar2 di medsos. Ga bakalan ada sue atau apa. Kalo customer mobil lebih ke menengah ke atas yg pasti kritis jg. Kalo ngasih barang ngasal tiba2 sasis patah di tol n jd kecelakaan entah bakalan gmn tuh lawsuitnya. Tp sama aja sih sebenernya kalo atpmnya bebal jg ga bs apa2. Perlindungan konsumen disini ga jalan. Paling nanti disalahin makenya ngebut2 sih :big_weee:
Ujung2nya ya terima aja lah namanya di negara berkembang, selama hukum masih wani piro ya terima aja karena big corporate 99% pasti menang. Paling bisa maksimal adalah pilih produk atpm yg bener2 bisa menghargai uang anda :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20