
1. Prologue
diawali dengan keinginan bapak saya untuk beli mobil brand new yg lincah, gesit, irit, fun to drive buat kelas & harganya + dimensi kompak buat wara wiri dalkot dengan budget under 200 jt. akhirnya diputuskanlah untuk meminang brio satya e cvt warna putih , mobil tersebut sekaligus menjadi LCGC pertama di keluarga saya. mobil ini dibeli bulan oktober 2022 lalu diharga 175 jt otr jakarta after disc dengan inden yg cukup lama, saya spk bulan maret & mobil + surat2 baru datang bulan oktober, dikarenakan permintaan yg sangat banyak pada saat itu, alasan saya memilih brio karena punya driving feel, tarikan & handling yg terbaik dikelasnya , dimensi yg gak terlalu gede + value for money yg cukup baik buat ukuran LCGC.
2. History
berhubung udh banyak yg review, saya jelaskan singkat aja ya. di indonesia, mobil ini bermain di 2 kelas sekaligus, yaitu lcgc untuk berhadapan dengan datgo hatchback, karimun wagon r , serta duo agya ayla + city car untuk berhadapan dengan picanto, sirion, splash, march, spresso , i10 , ignis
2013-2014
brio pertama kali meluncur di indonesia tahun 2013. dengan format masih CBU dari thailand , hadir dalam varian S&E yg masing2 punya varian manual & otomatis
2014-2016
HPM memutuskan untuk membuat secara CKD di indonesia brio ini & bersaing di kelas LCGC. namanya pun berubah menjadi brio satya, varian yg dihadirkan pun masih saya seperti tahun 2013, tipe S&E masing2 punya varian manual & otomatis. bedanya ada di mesin & menjadi 1.200 cc dari yg sebelumnya 1.300 cc
2016-2018
HPM meluncurkan varian FL dari brio. ubahannya cukup banyak terutama di bagian interiornya yg hadir dengan dasbor baru yg jauh lebih baik desainnya dibanding yg sblmnya + hadir jg varian RS untuk bermain dikelas city car, jadi brio fl dilengkapi dengan varian S, E & RS
2018- 2023
HPM akhirnya merombak brio secara besar2an yg disebut all new brio, hadir dalam varian S,E & RS. bentuknya berubah total dari gen sblmnya terutama dibagian exteriornya. interiornya memang mirip dengan gen sblmnya tapi hadir dengan fitur yg lebih lengkap & akomdasi yg jauh lebih baik dibanding brio lama terutama bagian bagasinya. hingga akhirnya tahun 2023 ini hpm kembali melakukan fl pada AN Brio dengan perubahan di grill , velg + penyematan fitur start stop engine pada varian RS
3.Exterior




memang pada awalnya bukan selera semua orang termasuk saya, entah knp overall masih lebih bagus yg lama. tp pada akhirnya, akan terbiasa juga + desainnya juga cukup oke buat ukuran city car dengan dimensinya yg kompak sehingga cocok buat pemakaian dalkot & macet macetan hehehe
4. Interior , fitur & akomodasi






salah 1 kelebihan brio ada di interiornya, desainnya salah 1 yg terbaik dikelasnya. cukup enak dilihat buat ukuran lcgc & city car . untuk fiturnya ya sesuai kelasnya, blm keyless, hu jg masih non touchscreen kecuali yg rs udh touchscreen, spion jg masih blm yg model sen, kecuali yg rs di spionnya udh ada sennya + lampu jg masih halogen biasa, kalo yg rs udh projie . tp untuk fitur safety udh dilengkapi dengan dual airbag, abs & ebd. untuk akomodasi & kepraktisan, salah 1 yg terbaik dikelasnya, cukup practical + bagasinya juga cukup luas, jauh improve dari brio lama yg luar biasa sempitnya buat saya dibagian bagasinya

5. Driving impression


kelebihan utama brio dibanding pesaing dikelasnya ada di bagian ini. yaitu driving feel, tarikan & handlingnya. which is sangat baik buat ukuran lcgc maupun city car. brio ini dibekali mesin 1.200 cc + cvt 7 percepatan. yg pertama saya rasakan. suara mesinnya cukup halus. begitu digas, perpindahan cvt nya jg cukup sigap & smooth. serta responsif bgt buat ukuran cvt. buat saya, cvt terbaik buat mobil jepang saat ini adalah cvt nya honda hehehe. selain itu, mobil ini juga kalo dibawa di tol masih cukup stabil, 120 gampang bgt dapetnya pake mobil ini , even dibawah sampe 150 kpj pun mobil ini masih stabil & gaada gejala oleng kanan kiri sama sekali, which is very good buat sebuah LCGC. cocok buat anda yg cari mobil baru range 200 jt kebawah tapi pertimbangan utamanya ada di driving feel, tarikan & handlingnya, mobil ini adalah pilihan yg tepat. selain itu. ketika duduk di row 2 jg bantingannya jauh lebih firm & empuk dibanding brio lama. road noise juga jauh meningkat dari brio lama walaupun buat saya pribadi masih agak kurang, suara ban, mesin & suara luar masih kedengeran kedalam kabin, tp itu it's okay lah, mengingat ini adalah sebuah LCGC
6. Conclusion
plus
- desain interior
- driving feel
- tarikan
- handling
- konsumsi bbm
- akomodasi & kepraktisan
- cukup nyaman
minus
- interior quality
- road noise
- desain exterior bukan selera semua orang
kesimpulannya mobil ini adalah mobil yg all rounder, nyaman dapet, lega dapet, irit dapet + masih enak disetir juga. gak heran mobil ini menjadi lcgc sekaligus city car yg terlaris dikelasnya bahkan beberapa kali menyandang predikat sebagai mobil terlaris no 1 di indonesia, karena selain hal2 yg saya sebutkan tadi, mobil ini juga lincah, gesit dan irit buat meliuk2 di perkotaan ,serta buat luar kota juga nggak malu2in handling & tarikannya hehehe
saya cukup puas memakai mobil ini, sebagai daily use saya berbarengan dengan AN BRV prestige non HS 2023 . tidak ada kendala sama sekali & hanya servis rutin & ganti oli saja. mobil terjual di angka 157 jt dengan minus baret2 di bemper depan + pajak mepet sisa 2 bulan lagi. memang jujur aja agak berat melepas mobil ini, tapi mau bagaimana lagi, berhubung perlu dana untuk DP penggantinya mau gak mau harus dilego

that's all of my review , maaf kalo ada kesalahan didalamnya & i hope you will enjoy my review. thank you