Short review - 10 months with All New Brio Satya E CVT 2022 (in memoriam)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4757
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Short review - 10 months with All New Brio Satya E CVT 2022 (in memoriam)
selamat malam rekan2 semuanya. kali ini saya akan kembali mereview mobil yg cukup enak dikelasnya, tp sayang hanya berumur pendek di garasi saya, yakni hanya bertahan 11 bulan saja. sebenarnya masih ingin memelihara mobil itu minimal 4-5 tahun lagi, barengan sm mobil penggantinya yg bakal saya spill di akhir review ini . tetapi karena bapak saya ingin upgrade , tetapi perlu dana untuk DP nya, jadi dengan berat hati mobil ini terpaksa dilego . mobil sudah terjual bulan juli lalu, jadi yg tersisa hanya foto2nya saja. now, let's go to the review
1. Prologue
diawali dengan keinginan bapak saya untuk beli mobil brand new yg lincah, gesit, irit, fun to drive buat kelas & harganya + dimensi kompak buat wara wiri dalkot dengan budget under 200 jt. akhirnya diputuskanlah untuk meminang brio satya e cvt warna putih , mobil tersebut sekaligus menjadi LCGC pertama di keluarga saya. mobil ini dibeli bulan oktober 2022 lalu diharga 175 jt otr jakarta after disc dengan inden yg cukup lama, saya spk bulan maret & mobil + surat2 baru datang bulan oktober, dikarenakan permintaan yg sangat banyak pada saat itu, alasan saya memilih brio karena punya driving feel, tarikan & handling yg terbaik dikelasnya , dimensi yg gak terlalu gede + value for money yg cukup baik buat ukuran LCGC.
2. History
berhubung udh banyak yg review, saya jelaskan singkat aja ya. di indonesia, mobil ini bermain di 2 kelas sekaligus, yaitu lcgc untuk berhadapan dengan datgo hatchback, karimun wagon r , serta duo agya ayla + city car untuk berhadapan dengan picanto, sirion, splash, march, spresso , i10 , ignis
2013-2014
brio pertama kali meluncur di indonesia tahun 2013. dengan format masih CBU dari thailand , hadir dalam varian S&E yg masing2 punya varian manual & otomatis
2014-2016
HPM memutuskan untuk membuat secara CKD di indonesia brio ini & bersaing di kelas LCGC. namanya pun berubah menjadi brio satya, varian yg dihadirkan pun masih saya seperti tahun 2013, tipe S&E masing2 punya varian manual & otomatis. bedanya ada di mesin & menjadi 1.200 cc dari yg sebelumnya 1.300 cc
2016-2018
HPM meluncurkan varian FL dari brio. ubahannya cukup banyak terutama di bagian interiornya yg hadir dengan dasbor baru yg jauh lebih baik desainnya dibanding yg sblmnya + hadir jg varian RS untuk bermain dikelas city car, jadi brio fl dilengkapi dengan varian S, E & RS
2018- 2023
HPM akhirnya merombak brio secara besar2an yg disebut all new brio, hadir dalam varian S,E & RS. bentuknya berubah total dari gen sblmnya terutama dibagian exteriornya. interiornya memang mirip dengan gen sblmnya tapi hadir dengan fitur yg lebih lengkap & akomdasi yg jauh lebih baik dibanding brio lama terutama bagian bagasinya. hingga akhirnya tahun 2023 ini hpm kembali melakukan fl pada AN Brio dengan perubahan di grill , velg + penyematan fitur start stop engine pada varian RS
3.Exterior
memang pada awalnya bukan selera semua orang termasuk saya, entah knp overall masih lebih bagus yg lama. tp pada akhirnya, akan terbiasa juga + desainnya juga cukup oke buat ukuran city car dengan dimensinya yg kompak sehingga cocok buat pemakaian dalkot & macet macetan hehehe
4. Interior , fitur & akomodasi
salah 1 kelebihan brio ada di interiornya, desainnya salah 1 yg terbaik dikelasnya. cukup enak dilihat buat ukuran lcgc & city car . untuk fiturnya ya sesuai kelasnya, blm keyless, hu jg masih non touchscreen kecuali yg rs udh touchscreen, spion jg masih blm yg model sen, kecuali yg rs di spionnya udh ada sennya + lampu jg masih halogen biasa, kalo yg rs udh projie . tp untuk fitur safety udh dilengkapi dengan dual airbag, abs & ebd. untuk akomodasi & kepraktisan, salah 1 yg terbaik dikelasnya, cukup practical + bagasinya juga cukup luas, jauh improve dari brio lama yg luar biasa sempitnya buat saya dibagian bagasinya . minusnya ada di interior quality & kualitas audio bawaan yg menurut saya memang agak kurang
5. Driving impression
kelebihan utama brio dibanding pesaing dikelasnya ada di bagian ini. yaitu driving feel, tarikan & handlingnya. which is sangat baik buat ukuran lcgc maupun city car. brio ini dibekali mesin 1.200 cc + cvt 7 percepatan. yg pertama saya rasakan. suara mesinnya cukup halus. begitu digas, perpindahan cvt nya jg cukup sigap & smooth. serta responsif bgt buat ukuran cvt. buat saya, cvt terbaik buat mobil jepang saat ini adalah cvt nya honda hehehe. selain itu, mobil ini juga kalo dibawa di tol masih cukup stabil, 120 gampang bgt dapetnya pake mobil ini , even dibawah sampe 150 kpj pun mobil ini masih stabil & gaada gejala oleng kanan kiri sama sekali, which is very good buat sebuah LCGC. cocok buat anda yg cari mobil baru range 200 jt kebawah tapi pertimbangan utamanya ada di driving feel, tarikan & handlingnya, mobil ini adalah pilihan yg tepat. selain itu. ketika duduk di row 2 jg bantingannya jauh lebih firm & empuk dibanding brio lama. road noise juga jauh meningkat dari brio lama walaupun buat saya pribadi masih agak kurang, suara ban, mesin & suara luar masih kedengeran kedalam kabin, tp itu it's okay lah, mengingat ini adalah sebuah LCGC
6. Conclusion
plus
- desain interior
- driving feel
- tarikan
- handling
- konsumsi bbm
- akomodasi & kepraktisan
- cukup nyaman
minus
- interior quality
- road noise
- desain exterior bukan selera semua orang
kesimpulannya mobil ini adalah mobil yg all rounder, nyaman dapet, lega dapet, irit dapet + masih enak disetir juga. gak heran mobil ini menjadi lcgc sekaligus city car yg terlaris dikelasnya bahkan beberapa kali menyandang predikat sebagai mobil terlaris no 1 di indonesia, karena selain hal2 yg saya sebutkan tadi, mobil ini juga lincah, gesit dan irit buat meliuk2 di perkotaan ,serta buat luar kota juga nggak malu2in handling & tarikannya hehehe
saya cukup puas memakai mobil ini, sebagai daily use saya berbarengan dengan AN BRV prestige non HS 2023 . tidak ada kendala sama sekali & hanya servis rutin & ganti oli saja. mobil terjual di angka 157 jt dengan minus baret2 di bemper depan + pajak mepet sisa 2 bulan lagi. memang jujur aja agak berat melepas mobil ini, tapi mau bagaimana lagi, berhubung perlu dana untuk DP penggantinya mau gak mau harus dilego . satu2nya alasan untuk melepas mobil ini adalah kepincut AN HRV SE 2023 dengan offering diskon yg lumayan bagus which is harga after discnya nggak sampai 400 jt, bahkan dibawah 390 jt which is impian saya sejak AN HRV launching 2022 lalu & pengganti mobil ini adalah AN HRV SE 2023 warna putih jg yg akan saya review di kesempatan yang akan datang
that's all of my review , maaf kalo ada kesalahan didalamnya & i hope you will enjoy my review. thank you
1. Prologue
diawali dengan keinginan bapak saya untuk beli mobil brand new yg lincah, gesit, irit, fun to drive buat kelas & harganya + dimensi kompak buat wara wiri dalkot dengan budget under 200 jt. akhirnya diputuskanlah untuk meminang brio satya e cvt warna putih , mobil tersebut sekaligus menjadi LCGC pertama di keluarga saya. mobil ini dibeli bulan oktober 2022 lalu diharga 175 jt otr jakarta after disc dengan inden yg cukup lama, saya spk bulan maret & mobil + surat2 baru datang bulan oktober, dikarenakan permintaan yg sangat banyak pada saat itu, alasan saya memilih brio karena punya driving feel, tarikan & handling yg terbaik dikelasnya , dimensi yg gak terlalu gede + value for money yg cukup baik buat ukuran LCGC.
2. History
berhubung udh banyak yg review, saya jelaskan singkat aja ya. di indonesia, mobil ini bermain di 2 kelas sekaligus, yaitu lcgc untuk berhadapan dengan datgo hatchback, karimun wagon r , serta duo agya ayla + city car untuk berhadapan dengan picanto, sirion, splash, march, spresso , i10 , ignis
2013-2014
brio pertama kali meluncur di indonesia tahun 2013. dengan format masih CBU dari thailand , hadir dalam varian S&E yg masing2 punya varian manual & otomatis
2014-2016
HPM memutuskan untuk membuat secara CKD di indonesia brio ini & bersaing di kelas LCGC. namanya pun berubah menjadi brio satya, varian yg dihadirkan pun masih saya seperti tahun 2013, tipe S&E masing2 punya varian manual & otomatis. bedanya ada di mesin & menjadi 1.200 cc dari yg sebelumnya 1.300 cc
2016-2018
HPM meluncurkan varian FL dari brio. ubahannya cukup banyak terutama di bagian interiornya yg hadir dengan dasbor baru yg jauh lebih baik desainnya dibanding yg sblmnya + hadir jg varian RS untuk bermain dikelas city car, jadi brio fl dilengkapi dengan varian S, E & RS
2018- 2023
HPM akhirnya merombak brio secara besar2an yg disebut all new brio, hadir dalam varian S,E & RS. bentuknya berubah total dari gen sblmnya terutama dibagian exteriornya. interiornya memang mirip dengan gen sblmnya tapi hadir dengan fitur yg lebih lengkap & akomdasi yg jauh lebih baik dibanding brio lama terutama bagian bagasinya. hingga akhirnya tahun 2023 ini hpm kembali melakukan fl pada AN Brio dengan perubahan di grill , velg + penyematan fitur start stop engine pada varian RS
3.Exterior
memang pada awalnya bukan selera semua orang termasuk saya, entah knp overall masih lebih bagus yg lama. tp pada akhirnya, akan terbiasa juga + desainnya juga cukup oke buat ukuran city car dengan dimensinya yg kompak sehingga cocok buat pemakaian dalkot & macet macetan hehehe
4. Interior , fitur & akomodasi
salah 1 kelebihan brio ada di interiornya, desainnya salah 1 yg terbaik dikelasnya. cukup enak dilihat buat ukuran lcgc & city car . untuk fiturnya ya sesuai kelasnya, blm keyless, hu jg masih non touchscreen kecuali yg rs udh touchscreen, spion jg masih blm yg model sen, kecuali yg rs di spionnya udh ada sennya + lampu jg masih halogen biasa, kalo yg rs udh projie . tp untuk fitur safety udh dilengkapi dengan dual airbag, abs & ebd. untuk akomodasi & kepraktisan, salah 1 yg terbaik dikelasnya, cukup practical + bagasinya juga cukup luas, jauh improve dari brio lama yg luar biasa sempitnya buat saya dibagian bagasinya . minusnya ada di interior quality & kualitas audio bawaan yg menurut saya memang agak kurang
5. Driving impression
kelebihan utama brio dibanding pesaing dikelasnya ada di bagian ini. yaitu driving feel, tarikan & handlingnya. which is sangat baik buat ukuran lcgc maupun city car. brio ini dibekali mesin 1.200 cc + cvt 7 percepatan. yg pertama saya rasakan. suara mesinnya cukup halus. begitu digas, perpindahan cvt nya jg cukup sigap & smooth. serta responsif bgt buat ukuran cvt. buat saya, cvt terbaik buat mobil jepang saat ini adalah cvt nya honda hehehe. selain itu, mobil ini juga kalo dibawa di tol masih cukup stabil, 120 gampang bgt dapetnya pake mobil ini , even dibawah sampe 150 kpj pun mobil ini masih stabil & gaada gejala oleng kanan kiri sama sekali, which is very good buat sebuah LCGC. cocok buat anda yg cari mobil baru range 200 jt kebawah tapi pertimbangan utamanya ada di driving feel, tarikan & handlingnya, mobil ini adalah pilihan yg tepat. selain itu. ketika duduk di row 2 jg bantingannya jauh lebih firm & empuk dibanding brio lama. road noise juga jauh meningkat dari brio lama walaupun buat saya pribadi masih agak kurang, suara ban, mesin & suara luar masih kedengeran kedalam kabin, tp itu it's okay lah, mengingat ini adalah sebuah LCGC
6. Conclusion
plus
- desain interior
- driving feel
- tarikan
- handling
- konsumsi bbm
- akomodasi & kepraktisan
- cukup nyaman
minus
- interior quality
- road noise
- desain exterior bukan selera semua orang
kesimpulannya mobil ini adalah mobil yg all rounder, nyaman dapet, lega dapet, irit dapet + masih enak disetir juga. gak heran mobil ini menjadi lcgc sekaligus city car yg terlaris dikelasnya bahkan beberapa kali menyandang predikat sebagai mobil terlaris no 1 di indonesia, karena selain hal2 yg saya sebutkan tadi, mobil ini juga lincah, gesit dan irit buat meliuk2 di perkotaan ,serta buat luar kota juga nggak malu2in handling & tarikannya hehehe
saya cukup puas memakai mobil ini, sebagai daily use saya berbarengan dengan AN BRV prestige non HS 2023 . tidak ada kendala sama sekali & hanya servis rutin & ganti oli saja. mobil terjual di angka 157 jt dengan minus baret2 di bemper depan + pajak mepet sisa 2 bulan lagi. memang jujur aja agak berat melepas mobil ini, tapi mau bagaimana lagi, berhubung perlu dana untuk DP penggantinya mau gak mau harus dilego . satu2nya alasan untuk melepas mobil ini adalah kepincut AN HRV SE 2023 dengan offering diskon yg lumayan bagus which is harga after discnya nggak sampai 400 jt, bahkan dibawah 390 jt which is impian saya sejak AN HRV launching 2022 lalu & pengganti mobil ini adalah AN HRV SE 2023 warna putih jg yg akan saya review di kesempatan yang akan datang
that's all of my review , maaf kalo ada kesalahan didalamnya & i hope you will enjoy my review. thank you
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5881
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Short review - 10 months with All New Brio Satya E CVT 2022 (in memoriam)
Nais ripiu om.
Kapan ya bs jadi om Pboyz gonta ganti mobil mulu terus.
Kapan ya bs jadi om Pboyz gonta ganti mobil mulu terus.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 619
- Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3
Re: Short review - 10 months with All New Brio Satya E CVT 2022 (in memoriam)
Nice Review..
Berarti Brio 2022 beda dgn Brio 2020 saya dulu, yg sy punya bawaan standarnya max speed 145km/h doank, udah saya gas mentok ke karpet segitu doank, kena limiter..hehe
Berarti Brio 2022 beda dgn Brio 2020 saya dulu, yg sy punya bawaan standarnya max speed 145km/h doank, udah saya gas mentok ke karpet segitu doank, kena limiter..hehe
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1610
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Short review - 10 months with All New Brio Satya E CVT 2022 (in memoriam)
Beli 175, jual 157 itu pun belum sempat bayar pajak, berarti depresiasi hanya 18jt saja alias 10,28% not bad lah ya, itung2 untung pake..
Brio ini emang mesin duitnya HPM
Brio ini emang mesin duitnya HPM
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 431
- Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019
Re: Short review - 10 months with All New Brio Satya E CVT 2022 (in memoriam)
Gak kok masih tetap ada limiter nya di 145 km/jam. Saya pake brio nik 2023 pfl beli di Juni 2023.Chr1stm1 wrote:Nice Review..
Berarti Brio 2022 beda dgn Brio 2020 saya dulu, yg sy punya bawaan standarnya max speed 145km/h doank, udah saya gas mentok ke karpet segitu doank, kena limiter..hehe
Saya udh coba gas terus di transjawa tetep aja segitu.
Surprisingly bawa brio ini ke Denpasar dari bekasi 18 jam non stop ga secapek bawa reborn diesel. Dan ga ada gejala power loss karena overheat CVT selama non stop 18 jam.
Di jalur pegunungan untuk belok belok lebih enak chassis Brio ini daripada vw polo tsi mungkin karena lebih ringan ya.
-
- SM Specialist
- Posts: 16239
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Short review - 10 months with All New Brio Satya E CVT 2022 (in memoriam)
New brio ini chassisnya emang underrated. Si honda ga koar koar dnga dnga blablabla atau dcvt canggih kek sebelah yg nanjak aja drama slope sensor.iwansiagian wrote: ↑Sun Aug 13, 2023 10:23Gak kok masih tetap ada limiter nya di 145 km/jam. Saya pake brio nik 2023 pfl beli di Juni 2023.
Saya udh coba gas terus di transjawa tetep aja segitu.
Surprisingly bawa brio ini ke Denpasar dari bekasi 18 jam non stop ga secapek bawa reborn diesel. Dan ga ada gejala power loss karena overheat CVT selama non stop 18 jam.
Di jalur pegunungan untuk belok belok lebih enak chassis Brio ini daripada vw polo tsi mungkin karena lebih ringan ya.
Bandel emang ni mobil. Mana suspensinya jg gak ngira enak bgt jauh sama brio setrika.
VW polo tsi si sasis jadul tambah dy made in prindapan cuma berasa VWnya di tranny DSG sisanya yah gitu deh.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 431
- Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019
Re: Short review - 10 months with All New Brio Satya E CVT 2022 (in memoriam)
Iyaa om surprised sih sama nih brio. Walau ga ada telescopic nya steer nya dapat posisi enak tinggi saya 180. Reborn ada telescopic jarang saya dapat enak posisi nyetir nya. Mungkin karena satu hatchback satu truk tinggi yaChZ wrote:New brio ini chassisnya emang underrated. Si honda ga koar koar dnga dnga blablabla atau dcvt canggih kek sebelah yg nanjak aja drama slope sensor.iwansiagian wrote: ↑Sun Aug 13, 2023 10:23Gak kok masih tetap ada limiter nya di 145 km/jam. Saya pake brio nik 2023 pfl beli di Juni 2023.
Saya udh coba gas terus di transjawa tetep aja segitu.
Surprisingly bawa brio ini ke Denpasar dari bekasi 18 jam non stop ga secapek bawa reborn diesel. Dan ga ada gejala power loss karena overheat CVT selama non stop 18 jam.
Di jalur pegunungan untuk belok belok lebih enak chassis Brio ini daripada vw polo tsi mungkin karena lebih ringan ya.
Bandel emang ni mobil. Mana suspensinya jg gak ngira enak bgt jauh sama brio setrika.
VW polo tsi si sasis jadul tambah dy made in prindapan cuma berasa VWnya di tranny DSG sisanya yah gitu deh.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11139
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Short review - 10 months with All New Brio Satya E CVT 2022 (in memoriam)
Emang honda niat ajah RnD buat driving position yg bisa kompromi sm postur asiaiwansiagian wrote: ↑Sun Aug 13, 2023 11:15Iyaa om surprised sih sama nih brio. Walau ga ada telescopic nya steer nya dapat posisi enak tinggi saya 180. Reborn ada telescopic jarang saya dapat enak posisi nyetir nya. Mungkin karena satu hatchback satu truk tinggi yaChZ wrote:New brio ini chassisnya emang underrated. Si honda ga koar koar dnga dnga blablabla atau dcvt canggih kek sebelah yg nanjak aja drama slope sensor.iwansiagian wrote: ↑Sun Aug 13, 2023 10:23Gak kok masih tetap ada limiter nya di 145 km/jam. Saya pake brio nik 2023 pfl beli di Juni 2023.
Saya udh coba gas terus di transjawa tetep aja segitu.
Surprisingly bawa brio ini ke Denpasar dari bekasi 18 jam non stop ga secapek bawa reborn diesel. Dan ga ada gejala power loss karena overheat CVT selama non stop 18 jam.
Di jalur pegunungan untuk belok belok lebih enak chassis Brio ini daripada vw polo tsi mungkin karena lebih ringan ya.
Bandel emang ni mobil. Mana suspensinya jg gak ngira enak bgt jauh sama brio setrika.
VW polo tsi si sasis jadul tambah dy made in prindapan cuma berasa VWnya di tranny DSG sisanya yah gitu deh.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 251
- Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
- Location: Bekasi, Jawa Barat
Re: Short review - 10 months with All New Brio Satya E CVT 2022 (in memoriam)
mobil yg surprisingly badak dan spare partnya murah wkwk
yg manualnya suara mesin masuk - masuk ke kabin om kalo rpm tinggi ..
bawahnya agak lemot dikit, tapi begitu udah >3.000 rpm langsung enak sampe redline haha
saya konstan bisa dapet fuel cons 1:18 ~ 20 kecil bogor - cikampek - bogor via mbz lancar
yg manualnya suara mesin masuk - masuk ke kabin om kalo rpm tinggi ..
bawahnya agak lemot dikit, tapi begitu udah >3.000 rpm langsung enak sampe redline haha
saya konstan bisa dapet fuel cons 1:18 ~ 20 kecil bogor - cikampek - bogor via mbz lancar
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1621
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Short review - 10 months with All New Brio Satya E CVT 2022 (in memoriam)
Mirip sama saya di anf. Begitu ada yang rubah posisi duduk,beh...buat dapetin balik yang enak susah banget. Antara bagian pinggang sama tangan susah bisa dapet yang sama2 enak.iwansiagian wrote: ↑Sun Aug 13, 2023 11:15
Iyaa om surprised sih sama nih brio. Walau ga ada telescopic nya steer nya dapat posisi enak tinggi saya 180. Reborn ada telescopic jarang saya dapat enak posisi nyetir nya. Mungkin karena satu hatchback satu truk tinggi ya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4757
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Short review - 10 months with All New Brio Satya E CVT 2022 (in memoriam)
thanks om. masih kelas lcgc kok . saya mah sebagian mobil dagangan om gak semua mobil sendiri, kan saya mainnya pake pake jual hehehe
masih segituan jg punya saya cm saya agak lupa 145 apa 150, saya lari deket2 segitu saya gas dalem emg gamau nambah lagi padahal masih stabil mobilnya
yes. blm lg yg beli pedagang & gasampe 1 hari laku. iklan jam 10 pagi, besoknya jam 8 pagi udh dibayar + uniknya yg beli berani harga segitu kondisi apa adanya (pajak mereka yg perpanjang) , bukan terima pajak panjang heheheAbdulHakim wrote: ↑Sun Aug 13, 2023 2:04 Beli 175, jual 157 itu pun belum sempat bayar pajak, berarti depresiasi hanya 18jt saja alias 10,28% not bad lah ya, itung2 untung pake..
Brio ini emang mesin duitnya HPM
+1 kebetulan pernah pake reborn diesel jg. memang ga bikin capek make brio ini, apalagi buat dalkot, sejak ada brio itu reborn diesel cuma jadi garage queen doang secara orang rumah lebih suka make brio kemana mana karena dimensi lebih kompak & ga bikin cape sampe akhirnya si reborn terjual di bulan maret lalu heheheiwansiagian wrote: ↑Sun Aug 13, 2023 10:23Gak kok masih tetap ada limiter nya di 145 km/jam. Saya pake brio nik 2023 pfl beli di Juni 2023.Chr1stm1 wrote:Nice Review..
Berarti Brio 2022 beda dgn Brio 2020 saya dulu, yg sy punya bawaan standarnya max speed 145km/h doank, udah saya gas mentok ke karpet segitu doank, kena limiter..hehe
Saya udh coba gas terus di transjawa tetep aja segitu.
Surprisingly bawa brio ini ke Denpasar dari bekasi 18 jam non stop ga secapek bawa reborn diesel. Dan ga ada gejala power loss karena overheat CVT selama non stop 18 jam.
Di jalur pegunungan untuk belok belok lebih enak chassis Brio ini daripada vw polo tsi mungkin karena lebih ringan ya.
bener chris, gw awal ambil mobil ini gak expect mobil ini bakal enak karena gw tau mobil ini masuk kelas lcgc. taunya mobil ini enak bgt, jauh sm brio lama terutama bantingan suspensinya + driving feel tarikan & handlingnya gw rasa lebih baik dibanding yaris joker yg pernah gw pake dulu which is harganya lebih mahal heheheChZ wrote: ↑Sun Aug 13, 2023 10:33New brio ini chassisnya emang underrated. Si honda ga koar koar dnga dnga blablabla atau dcvt canggih kek sebelah yg nanjak aja drama slope sensor.iwansiagian wrote: ↑Sun Aug 13, 2023 10:23Gak kok masih tetap ada limiter nya di 145 km/jam. Saya pake brio nik 2023 pfl beli di Juni 2023.
Saya udh coba gas terus di transjawa tetep aja segitu.
Surprisingly bawa brio ini ke Denpasar dari bekasi 18 jam non stop ga secapek bawa reborn diesel. Dan ga ada gejala power loss karena overheat CVT selama non stop 18 jam.
Di jalur pegunungan untuk belok belok lebih enak chassis Brio ini daripada vw polo tsi mungkin karena lebih ringan ya.
Bandel emang ni mobil. Mana suspensinya jg gak ngira enak bgt jauh sama brio setrika.
VW polo tsi si sasis jadul tambah dy made in prindapan cuma berasa VWnya di tranny DSG sisanya yah gitu deh.
bisa jadi + sasis monokok juga menurut saya which is kenyamanan tetep nggak bisa bohongiwansiagian wrote: ↑Sun Aug 13, 2023 11:15Iyaa om surprised sih sama nih brio. Walau ga ada telescopic nya steer nya dapat posisi enak tinggi saya 180. Reborn ada telescopic jarang saya dapat enak posisi nyetir nya. Mungkin karena satu hatchback satu truk tinggi yaChZ wrote:New brio ini chassisnya emang underrated. Si honda ga koar koar dnga dnga blablabla atau dcvt canggih kek sebelah yg nanjak aja drama slope sensor.iwansiagian wrote: ↑Sun Aug 13, 2023 10:23Gak kok masih tetap ada limiter nya di 145 km/jam. Saya pake brio nik 2023 pfl beli di Juni 2023.
Saya udh coba gas terus di transjawa tetep aja segitu.
Surprisingly bawa brio ini ke Denpasar dari bekasi 18 jam non stop ga secapek bawa reborn diesel. Dan ga ada gejala power loss karena overheat CVT selama non stop 18 jam.
Di jalur pegunungan untuk belok belok lebih enak chassis Brio ini daripada vw polo tsi mungkin karena lebih ringan ya.
Bandel emang ni mobil. Mana suspensinya jg gak ngira enak bgt jauh sama brio setrika.
VW polo tsi si sasis jadul tambah dy made in prindapan cuma berasa VWnya di tranny DSG sisanya yah gitu deh.
betul om hehehe + paling all rounder juga dikelasnya. nyaman dapet, lega dapet, irit dapet tapi tetep enak disetir heheheSuryaputra wrote: ↑Sun Aug 13, 2023 11:28Emang honda niat ajah RnD buat driving position yg bisa kompromi sm postur asiaiwansiagian wrote: ↑Sun Aug 13, 2023 11:15Iyaa om surprised sih sama nih brio. Walau ga ada telescopic nya steer nya dapat posisi enak tinggi saya 180. Reborn ada telescopic jarang saya dapat enak posisi nyetir nya. Mungkin karena satu hatchback satu truk tinggi yaChZ wrote:
New brio ini chassisnya emang underrated. Si honda ga koar koar dnga dnga blablabla atau dcvt canggih kek sebelah yg nanjak aja drama slope sensor.
Bandel emang ni mobil. Mana suspensinya jg gak ngira enak bgt jauh sama brio setrika.
VW polo tsi si sasis jadul tambah dy made in prindapan cuma berasa VWnya di tranny DSG sisanya yah gitu deh.
betul. punya saya yg cvt jg suara mesinnya masuk om ke kabin, apalagi lari diatas 100 kpj . tp kebayar sm driving feel tarikan dan handling yg tebaik dikelasnya menurut sayaIbet wrote: ↑Mon Aug 14, 2023 4:28 mobil yg surprisingly badak dan spare partnya murah wkwk
yg manualnya suara mesin masuk - masuk ke kabin om kalo rpm tinggi ..
bawahnya agak lemot dikit, tapi begitu udah >3.000 rpm langsung enak sampe redline haha
saya konstan bisa dapet fuel cons 1:18 ~ 20 kecil bogor - cikampek - bogor via mbz lancar
wah saya jg jakarta - depok tolnya segituan, 1:17-18
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11139
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Short review - 10 months with All New Brio Satya E CVT 2022 (in memoriam)
yess. honda pinter bikin mbl all rounder
klo kenyamanan NVH?.. bukan hal sulit, dan gak perlu complex engineering
Honda tau marketnya.
punya kolega senior saya aja civicnya dikasih full peredam, habis waktu dan duit <20 juta
hasil: beneran bisa nyaingin CX5 punya dia lgs senyapnya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 242
- Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
- Location: Palembang
- Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022
Re: Short review - 10 months with All New Brio Satya E CVT 2022 (in memoriam)
Saya juga baru 2 hari yang lalu jual Brio E satya CVT tahun 2018 yg dipake istri saya di 130 jt, beli di 168 jt after disc, jadi pake 5 taon depresiasi hanya 38 jt...AbdulHakim wrote: ↑Sun Aug 13, 2023 2:04 Beli 175, jual 157 itu pun belum sempat bayar pajak, berarti depresiasi hanya 18jt saja alias 10,28% not bad lah ya, itung2 untung pake..
Brio ini emang mesin duitnya HPM
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1610
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Short review - 10 months with All New Brio Satya E CVT 2022 (in memoriam)
iya mantep tuh om, ga salah beli mobil rasanyalevofloxacine wrote: ↑Mon Aug 14, 2023 7:50Saya juga baru 2 hari yang lalu jual Brio E satya CVT tahun 2018 yg dipake istri saya di 130 jt, beli di 168 jt after disc, jadi pake 5 taon depresiasi hanya 38 jt...AbdulHakim wrote: ↑Sun Aug 13, 2023 2:04 Beli 175, jual 157 itu pun belum sempat bayar pajak, berarti depresiasi hanya 18jt saja alias 10,28% not bad lah ya, itung2 untung pake..
Brio ini emang mesin duitnya HPM
Musti jeli membaca produk dan varian mana yg lebih prone to depreciation alias punya resale value yang kuat.
-
- SM Specialist
- Posts: 16239
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Short review - 10 months with All New Brio Satya E CVT 2022 (in memoriam)
emang enak beli mobil macem brio gini liat depresiasinya bikin nyengirAbdulHakim wrote: ↑Mon Aug 14, 2023 8:07iya mantep tuh om, ga salah beli mobil rasanyalevofloxacine wrote: ↑Mon Aug 14, 2023 7:50 Saya juga baru 2 hari yang lalu jual Brio E satya CVT tahun 2018 yg dipake istri saya di 130 jt, beli di 168 jt after disc, jadi pake 5 taon depresiasi hanya 38 jt...
Musti jeli membaca produk dan varian mana yg lebih prone to depreciation alias punya resale value yang kuat.
ini mah kek ngulang cerita avanza zaman dulu beli pekgotiaw dijual lg masi pekgotiaw
yg bikin makin laris ini brio dkk ya jelas tren taksi onlen. ATPM pesta duit krn bank mudah approve program cicilan ringan. skrg LCGC keknya udah tinggal adu siapa cicilan paling ringan dan DP paling rendah, ud gak peduli OTR cash berapa
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Sun Jul 03, 2022 12:18
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: Brio Satya 18
Re: Short review - 10 months with All New Brio Satya E CVT 2022 (in memoriam)
ChZ wrote: ↑Sun Aug 13, 2023 10:33New brio ini chassisnya emang underrated. Si honda ga koar koar dnga dnga blablabla atau dcvt canggih kek sebelah yg nanjak aja drama slope sensor.iwansiagian wrote: ↑Sun Aug 13, 2023 10:23Gak kok masih tetap ada limiter nya di 145 km/jam. Saya pake brio nik 2023 pfl beli di Juni 2023.
Saya udh coba gas terus di transjawa tetep aja segitu.
Surprisingly bawa brio ini ke Denpasar dari bekasi 18 jam non stop ga secapek bawa reborn diesel. Dan ga ada gejala power loss karena overheat CVT selama non stop 18 jam.
Di jalur pegunungan untuk belok belok lebih enak chassis Brio ini daripada vw polo tsi mungkin karena lebih ringan ya.
Bandel emang ni mobil. Mana suspensinya jg gak ngira enak bgt jauh sama brio setrika.
VW polo tsi si sasis jadul tambah dy made in prindapan cuma berasa VWnya di tranny DSG sisanya yah gitu deh.
Sebagai pemakai brio setrika mengakui sih, entah kenapa udah peremajaan kaki2, ngerasa beda jauh ya sama all new brio. Yg all new brio umur segitu belom bunyi2, masih aman.
Kalau buat ngangkut org jg masih enak all new brio. Kalo old brio baris kedua cuma bisa ngangkut kurcaci doang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 337
- Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29
Re: Short review - 10 months with All New Brio Satya E CVT 2022 (in memoriam)
Whattt hrv se vin 23 harga 290+++
Vangke malah turun harganya dibanding pas launching, th lalu bokap ambil di harga 407,5 otr jatim
Jd penasran yg tipe s & e otr-nya jd brp skrg
Vangke malah turun harganya dibanding pas launching, th lalu bokap ambil di harga 407,5 otr jatim
Jd penasran yg tipe s & e otr-nya jd brp skrg
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2785
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Short review - 10 months with All New Brio Satya E CVT 2022 (in memoriam)
Dibawah 390jt om.. bukan 290..
Bisa ngamuk ntar klo beda 100jt dari harga launching
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 337
- Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29
Re: Short review - 10 months with All New Brio Satya E CVT 2022 (in memoriam)
Oiya typo.. ya meskipun 390++ ini tetep bikin sebel first batch buyer.. mana nunggu 4 bulanan pula untuk warna item.. wkwkwk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 676
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Short review - 10 months with All New Brio Satya E CVT 2022 (in memoriam)
Gimana yang beli almaz rs atau brv pas launching ya. almaz rs disc katanya bisa 60 juta. brv disc bisa 50 juta. Jadi inget nisan terra atau serena c26 ya bisa disc kalau ga salah dulu ampir 100 juta
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4757
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Short review - 10 months with All New Brio Satya E CVT 2022 (in memoriam)
honda ya sebenernya upgrade peredam aja udh lumayan ngebantu menurut saya hehehe + aftersalesnya yg bagus di indoSuryaputra wrote: ↑Mon Aug 14, 2023 6:49
yess. honda pinter bikin mbl all rounder
klo kenyamanan NVH?.. bukan hal sulit, dan gak perlu complex engineering
Honda tau marketnya.
punya kolega senior saya aja civicnya dikasih full peredam, habis waktu dan duit <20 juta
hasil: beneran bisa nyaingin CX5 punya dia lgs senyapnya
wah mantep, emg bagus RV nya brio ini, apalagi e satya cvt which is varian terlaris . saya aja blm lama jual brio satya e cvt 2022 pakean bapak saya di 157 jt, itupun ke pedagang dan ngga sampe 1 hari laku. di iklanin jam 10, besok pagi jam 8 dah dibayar itupun mereka berani kondisi apa adanya secara pajak mobil saya mepet sisa 2 bulan lagi hehehe +warna mobil saya putih makanya cepet lakulevofloxacine wrote: ↑Mon Aug 14, 2023 7:50
Saya juga baru 2 hari yang lalu jual Brio E satya CVT tahun 2018 yg dipake istri saya di 130 jt, beli di 168 jt after disc, jadi pake 5 taon depresiasi hanya 38 jt...
sm warna jg om. kalo saya mobil yg skrg saya milih putih hitam karena 2 warna itu yg punya rv lebih kuat dibanding warna lain menurut saya heheheAbdulHakim wrote: ↑Mon Aug 14, 2023 8:07iya mantep tuh om, ga salah beli mobil rasanyalevofloxacine wrote: ↑Mon Aug 14, 2023 7:50Saya juga baru 2 hari yang lalu jual Brio E satya CVT tahun 2018 yg dipake istri saya di 130 jt, beli di 168 jt after disc, jadi pake 5 taon depresiasi hanya 38 jt...AbdulHakim wrote: ↑Sun Aug 13, 2023 2:04 Beli 175, jual 157 itu pun belum sempat bayar pajak, berarti depresiasi hanya 18jt saja alias 10,28% not bad lah ya, itung2 untung pake..
Brio ini emang mesin duitnya HPM
Musti jeli membaca produk dan varian mana yg lebih prone to depreciation alias punya resale value yang kuat.
brio setrika mah jangan ditanya, bantingannya berasa keras + akomodasi row 2 & bagasinya termasuk kurang hehehebloodwingg2 wrote: ↑Mon Aug 14, 2023 8:18
Sebagai pemakai brio setrika mengakui sih, entah kenapa udah peremajaan kaki2, ngerasa beda jauh ya sama all new brio. Yg all new brio umur segitu belom bunyi2, masih aman.
Kalau buat ngangkut org jg masih enak all new brio. Kalo old brio baris kedua cuma bisa ngangkut kurcaci doang
390 om bukan 290
makanya saya jarang beli mobil first batch. biasa jg beli 1-2 tahun setelah launching , selain diskon lumayan, biasanya jg udh ada improvement dibanding batch sblmnya menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 837
- Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40
Re: Short review - 10 months with All New Brio Satya E CVT 2022 (in memoriam)
Biasanya kalau mobil yg harganya murah (di bawah 200 jt), asalkan merek jepang macam toyota honda daihatsu, depresiasinya nahan krn peminatnya jg banyak. Begitu harganya di atas 300 jutaan, baru deh berasa lumayan depresiasinya. Tapi yah tetap lbh kuat dari merek minoritas macam nissan, wuling, dll.
Apalagi spt kata bro chris, banyak yg mau beli secondnya utk taksol. Jadi yah cepat muternya wkwk
Apalagi spt kata bro chris, banyak yg mau beli secondnya utk taksol. Jadi yah cepat muternya wkwk
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 251
- Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
- Location: Bekasi, Jawa Barat
Re: Short review - 10 months with All New Brio Satya E CVT 2022 (in memoriam)
sedikit melenceng ya om,
saya ambil HR-V tipe E 2016 seken, di tahun 2019 .. 220 jt
minggu lalu laku, di 2023 .. 195 jt wkwk
4 taun beli seken berkurang 25 jt ..
yg 2023 depresiasinya jauh bener ya? mungkin karena model change ..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Sat Jun 20, 2020 21:28
Re: Short review - 10 months with All New Brio Satya E CVT 2022 (in memoriam)
Sharing OOT juga om
Saya beli Innova 2GD tipe G 2017 di tahun 2020 harga 270 juta.
Mei 2023 lalu dijual laku 300 juta dibeli orang dr DIY. Pakai 3 tahun malah untung 30 juta
Utk mobil tertentu yg banyak peminatnya memang jauh lebih untung beli second
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Wed Aug 25, 2021 12:00
- Location: Jakarta
Re: Short review - 10 months with All New Brio Satya E CVT 2022 (in memoriam)
wah ternyata brio yg model ini improvementnya banyak ya dibanding yg setrikaan.
dulu pake yg setrikaan bantingannya berasa keras and kalo udah nyetir 2 jam up pinggang berasa sakit karena joknya tipis banget
tapi emang RV nya brio sih juara ya, 2018 beli 145 juta after disc, pake 3 bulan laku 143 jt
dulu pake yg setrikaan bantingannya berasa keras and kalo udah nyetir 2 jam up pinggang berasa sakit karena joknya tipis banget
tapi emang RV nya brio sih juara ya, 2018 beli 145 juta after disc, pake 3 bulan laku 143 jt