plus minus emang fitur ini,..
Minusnya
1. Jadi brisik .
2. Kl harus banting stir dadakan krn suatu hal di depan, dan kita dalam sepersekian milisecond reflek harus ambil kputusan, ga yakin kburu harus sein dl dan lbh serem lagi dia ngerem dadakan.
Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 49
- Joined: Wed May 18, 2016 3:48
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1566
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Terus kejadiannya waktu itu gimana sampai bisa terhindar dari adu banteng? Apakah mobil yang nyalip banting masuk arah jalurnya lagi?papico wrote: ↑Thu Jan 25, 2024 23:08Stargazer ompengendiesel wrote: ↑Thu Jan 25, 2024 11:44
Serem banget euy, kirain cuma rem otomatis aja yang potensi bikin celaka. Saya gak pernah kepikiran lane keeping assist bisa bahaya kayak gini.
Mobilnya apa bos?
Konyol sih ini, karena di real world jalanan indo kejadian kayak gini sudah jadi makanan sehari2. Apalagi kalo ketemu bus2 ugal. Bisa mati nganggur kalo kita bermaksud menepi buat kasih jalan bus nyalip, eh sama komputer pintarnya malah diumpan balik ke tengah
Di sisi satunya, berarti kita harus lebih hati2 saat nyalip di luar kota, jangan2 mobil dari arah depan ada fitur ini. Yang mestinya nyalip bisa aman, tapi karena intervensi komputer, malah jadi amburadul semua.
Saya sih yakin, banyak driver indo yang gak sempat nyalakan sein dalam kondisi yang om alami.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 166
- Joined: Tue Mar 05, 2013 3:25
- Location: Pati - Jateng
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Sy yg menghindari, posisi mobil lawan sdh ditengah jalan, udah ga bisa belok lagi posisi udah sejajar dg mobil yg didahului. Sy msh bisa goyang kekiri lagi tp ya sy paksa steernya , rasanya seperti melindas gundukan polisi tidur kecil ...
Sy yg udah 23th nyetir, sejak zaman kijang kapsul, panther, inopah 2KD + dastek Q+, santa fe crdi, ada 3 kejadian yg bikin sy panik.
1. Torque steer pada sanfa fe crdi.
2. LKA seperti kejadian yg sy ceritakan diatas.
3. Rem 2KD yg gak mumpuni sampe gosong. Panik lah, udah gas polll posisi take over bbrp truk, tiba tiba ada mobil keluar dr pabrik.
Setelah kejadian itu, sy jadi terbiasa misal steer tiba tiba memberikan counter. Jadi misal mau potong jalur, ya paksa aja steernya nanti kan belok sendiri .
Yess, kalo di tol, LKA memang membantu. Amit amit misal ngantuk, ya dia ada yg kasi alarm kalo sampe out jadi kita bisa segera koreksi.
Sy yg udah 23th nyetir, sejak zaman kijang kapsul, panther, inopah 2KD + dastek Q+, santa fe crdi, ada 3 kejadian yg bikin sy panik.
1. Torque steer pada sanfa fe crdi.
2. LKA seperti kejadian yg sy ceritakan diatas.
3. Rem 2KD yg gak mumpuni sampe gosong. Panik lah, udah gas polll posisi take over bbrp truk, tiba tiba ada mobil keluar dr pabrik.
Setelah kejadian itu, sy jadi terbiasa misal steer tiba tiba memberikan counter. Jadi misal mau potong jalur, ya paksa aja steernya nanti kan belok sendiri .
Yess, kalo di tol, LKA memang membantu. Amit amit misal ngantuk, ya dia ada yg kasi alarm kalo sampe out jadi kita bisa segera koreksi.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 630
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
nah itu dia, fitur beginian ini yg sewaktu-waktu bakalan jadi bom waktu. mau di-disable tiap kali abis starter pun, pasti ada waktu dimana kita kelupaan disable. lha pengalaman saya dan member komunitas ertiga diesel yg fitur ISS nya selalu aktif lagi tiap abis starter, banyak yg terkadang lupa matikan. jadinya tau-tau pas berhenti, idle stop aktif, dan "loh, lupa disable..."
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2555
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Tuh yg gw bold bener banget
Selama kelakuan nyetir masih amburadul dijalan. Ya percuma punya mobil radar radar an. Malah bikin ciloko, kitanya udah bener tp pihak laen yg ngerugiin
Kalo nyetir di europe / us / oz & another developed country yg warganya sadar diri disiplin & respectful malah kepake kok fitur safety radar
Kek kmaren gw di europe (karena kebiasaan nyetir di indo) pas ada bunderan slonong aja. Pdhl ada tanda give way, artinya kita rem dulu sambil celinguk kiri klo ada yg lewat di bunderan ya kasih lewat dulu baru abis itu kita maju pas bunderannya udh clear.
Krn gw maen slonong bae & ada mobil didalem bunderan. Pas moncong maju tuh radar langsung ngestop mobil yg gw setir. Ya selamett. Klo kg trus crash ya bisa berabe soalnya emang gw yg salah.
Dan warga sana (eu) merasa itu hak mereka didalem bunderan ya lu jangan ganggu jalur gw sampe kluar bunderan. Jadi gw sangat yakin mereka kaga bakal rem dan trus maju sampe nabrakin kita klo kita tetep bandel slonong makan jalur mereka. Trus yg salah kita kan, ya kita yg di tuntut
Pas hari ke-3 ke-4 udah mulai biasa & bisa ikutin driving rules mereka
Di indo ya mana bisa nerapin kek gini. Emang dasarnya third world
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1436
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
ada om, di suatu "Camp" peninggalan perusahaan minyak asal Amerika di pulau Sumatra, sangat disiplin menerapkan smith system dan defensive driving.KielConstantine wrote: ↑Sat Jan 27, 2024 4:29Tuh yg gw bold bener banget
Selama kelakuan nyetir masih amburadul dijalan. Ya percuma punya mobil radar radar an. Malah bikin ciloko, kitanya udah bener tp pihak laen yg ngerugiin
Kalo nyetir di europe / us / oz & another developed country yg warganya sadar diri disiplin & respectful malah kepake kok fitur safety radar
Kek kmaren gw di europe (karena kebiasaan nyetir di indo) pas ada bunderan slonong aja. Pdhl ada tanda give way, artinya kita rem dulu sambil celinguk kiri klo ada yg lewat di bunderan ya kasih lewat dulu baru abis itu kita maju pas bunderannya udh clear.
Krn gw maen slonong bae & ada mobil didalem bunderan. Pas moncong maju tuh radar langsung ngestop mobil yg gw setir. Ya selamett. Klo kg trus crash ya bisa berabe soalnya emang gw yg salah.
Dan warga sana (eu) merasa itu hak mereka didalem bunderan ya lu jangan ganggu jalur gw sampe kluar bunderan. Jadi gw sangat yakin mereka kaga bakal rem dan trus maju sampe nabrakin kita klo kita tetep bandel slonong makan jalur mereka. Trus yg salah kita kan, ya kita yg di tuntut
Pas hari ke-3 ke-4 udah mulai biasa & bisa ikutin driving rules mereka
Di indo ya mana bisa nerapin kek gini. Emang dasarnya third world
di bundaran menerapkan lampu sein yang benar, tidak menggunakan lampu hazard, berhenti di "STOP" sign minimal 3 detik, rambu segitiga pelan-pelan lihat kanan-kiri, patuh terhadap batas kecepatan 30/40/60/70 kpj.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1106
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Di sini kita berenti di zebra cross yg ada lampu merah nya aja masih di klakson dongKielConstantine wrote: ↑Sat Jan 27, 2024 4:29
Di indo ya mana bisa nerapin kek gini. Emang dasarnya third world
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1566
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Boro2 di pelican cross. Di kota saya, kalo lampu berubah dari hijau ke kuning dan anda memutuskan berhenti, anda perlu doa dulu supaya gak ditabrak belakang.kenop wrote: ↑Sat Jan 27, 2024 5:55Di sini kita berenti di zebra cross yg ada lampu merah nya aja masih di klakson dongKielConstantine wrote: ↑Sat Jan 27, 2024 4:29
Di indo ya mana bisa nerapin kek gini. Emang dasarnya third world
Saya sering naek motor, dari hijau ke kuning, saya sudah ancang2 berhenti. Sampai di titik berhentinya, lampu merah sudah nyala sekitar 2-3 detik, dari belakang kanan kiri wwuuusshhhh wuussshhhhh, motor2 pada ngelanggar lampu merah, dan biasanya malah ngegas
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
- Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
nice om, "camp" yg diujung timur juga. Kalau tidak berhenti di STOP sign, tidak memberikan prioritas pejalan/penyebrang orang, dan tidak memberi jalan pada rambu "GIVE WAY" bisa berabe.AbdulHakim wrote: ↑Sat Jan 27, 2024 5:21ada om, di suatu "Camp" peninggalan perusahaan minyak asal Amerika di pulau Sumatra, sangat disiplin menerapkan smith system dan defensive driving.KielConstantine wrote: ↑Sat Jan 27, 2024 4:29Tuh yg gw bold bener banget
Selama kelakuan nyetir masih amburadul dijalan. Ya percuma punya mobil radar radar an. Malah bikin ciloko, kitanya udah bener tp pihak laen yg ngerugiin
Kalo nyetir di europe / us / oz & another developed country yg warganya sadar diri disiplin & respectful malah kepake kok fitur safety radar
Kek kmaren gw di europe (karena kebiasaan nyetir di indo) pas ada bunderan slonong aja. Pdhl ada tanda give way, artinya kita rem dulu sambil celinguk kiri klo ada yg lewat di bunderan ya kasih lewat dulu baru abis itu kita maju pas bunderannya udh clear.
Krn gw maen slonong bae & ada mobil didalem bunderan. Pas moncong maju tuh radar langsung ngestop mobil yg gw setir. Ya selamett. Klo kg trus crash ya bisa berabe soalnya emang gw yg salah.
Dan warga sana (eu) merasa itu hak mereka didalem bunderan ya lu jangan ganggu jalur gw sampe kluar bunderan. Jadi gw sangat yakin mereka kaga bakal rem dan trus maju sampe nabrakin kita klo kita tetep bandel slonong makan jalur mereka. Trus yg salah kita kan, ya kita yg di tuntut
Pas hari ke-3 ke-4 udah mulai biasa & bisa ikutin driving rules mereka
Di indo ya mana bisa nerapin kek gini. Emang dasarnya third world
di bundaran menerapkan lampu sein yang benar, tidak menggunakan lampu hazard, berhenti di "STOP" sign minimal 3 detik, rambu segitiga pelan-pelan lihat kanan-kiri, patuh terhadap batas kecepatan 30/40/60/70 kpj.