w204 / F30 pre lci

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

brosot07
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Aug 03, 2023 18:44

w204 / F30 pre lci

Post by brosot07 »

Post pertama ni gan ternyata masi ad forum2 an di indo hehe.

Jadi gini ane setir CX5 2019 rencana lg nyari kembalian buat bantu dp rumah. Bisa dpt 350-60 lah. Nah mendingan ane beliin w204 c250 di 265-270an (2013) ato F30 320i yg pre lci di 300-320 (2014).

Dengan catatan :
1. pake 2-3 tahun lagi baru jual
2. Yg penting ad kembalian
3. Kalau mobil ud seger untuk maintenis cr yg lebi friendly.
4. kepuasan = kembalian beda tipis jd boleh info pro con nya
5. Bakalan jd mobil eropa pertama soalnya ga pen downgrade bgt

thanks agan2
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: w204 / F30 pre lci

Post by ChZ »

Dari 2 itu F30 aja. Ngejual lg ga susah lebih favorit. Klo gak masalah harga jual kembalinya rada random ancur2an ni mobil depending on condition.

Klo mau less maintenance dan harga jual kembali tinggi, civic turbo hatchback :mky_03: skrg dapet di 370 keknya 2-3 thn lg jg tahan di 300 ke atas masihan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: w204 / F30 pre lci

Post by kendibocor »

W204 C250 sampe skrng masih cakep tuh modelnya, mesinnya robust jg kan. Cuman memang udah ketinggalan 2 generasi. Cuma layar tengahnya segala masih sederhana banget ya.
F30 ya khas bmw, lebih enak disetirin pastinya tp hati2 timing chain.

Kalo tujuannya biar ada dana lebih kayanya beli F30 di 300an nanti ada perbaikan ini itu bakalan mepet kali ya. Namanya mbl uda mo 10 thn pasti ada aja yg harus dirawat. Kalo kaya gitu mending W204 aja kali biar kembalian lebih banyak jd spare budget perbaikan jg ga mepet2 banget. Kalo C250 pake bodykit amg tetep cakep kok sampe sekarang :big_love:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: w204 / F30 pre lci

Post by farizfsa »

Karena judulnya cari kembalian, kl bisa kembaliannya banyak kenapa ga

Kalo gt ambil c250 amg aja,
Kalo dirasa nambah 50-70 jt gpp, coba test drive f30 aja.

Keduanya agak beda rasa soalnya
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

Re: w204 / F30 pre lci

Post by sherryandkez »

brosot07 wrote: Thu Aug 03, 2023 18:50 Post pertama ni gan ternyata masi ad forum2 an di indo hehe.

Jadi gini ane setir CX5 2019 rencana lg nyari kembalian buat bantu dp rumah. Bisa dpt 350-60 lah. Nah mendingan ane beliin w204 c250 di 265-270an (2013) ato F30 320i yg pre lci di 300-320 (2014).

Dengan catatan :
1. pake 2-3 tahun lagi baru jual
2. Yg penting ad kembalian
3. Kalau mobil ud seger untuk maintenis cr yg lebi friendly.
4. kepuasan = kembalian beda tipis jd boleh info pro con nya
5. Bakalan jd mobil eropa pertama soalnya ga pen downgrade bgt

thanks agan2
ga mau jepangan lagi? Mark X gitu, atau Lexus GS (tahunnya ketuaan sih)

soalnya kalo beli eropaan, dan pertama jg, takutnya kejeblos dpt yg bala. ntar malah gak jadi nambahin DP rumah :ungg:

kalo mau tetep eropaan, cari C200 W204 atau E250 W212 uda cukup reliable koq, kembalian juga dapet banyak
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: w204 / F30 pre lci

Post by Pboyz97 »

kebetulan saya pernah pake cx5 2018 yg modelnya sama kek punya TS nya. kalo dari mazda saya lebih condong ke F30. lebih fun to drive + tarikan & handling jg lebih enak dibanding w204 menurut saya. tp saran saya sblm beli coba main ke komunitas or spesialisnya, buat nambah knowledge, relasi & koneksi + jangan segan2 bawa scanner / inspektor + gcu & test drive sblm beli hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: w204 / F30 pre lci

Post by farizfsa »

sherryandkez wrote: Fri Aug 04, 2023 2:15
brosot07 wrote: Thu Aug 03, 2023 18:50 Post pertama ni gan ternyata masi ad forum2 an di indo hehe.

Jadi gini ane setir CX5 2019 rencana lg nyari kembalian buat bantu dp rumah. Bisa dpt 350-60 lah. Nah mendingan ane beliin w204 c250 di 265-270an (2013) ato F30 320i yg pre lci di 300-320 (2014).

Dengan catatan :
1. pake 2-3 tahun lagi baru jual
2. Yg penting ad kembalian
3. Kalau mobil ud seger untuk maintenis cr yg lebi friendly.
4. kepuasan = kembalian beda tipis jd boleh info pro con nya
5. Bakalan jd mobil eropa pertama soalnya ga pen downgrade bgt

thanks agan2
ga mau jepangan lagi? Mark X gitu, atau Lexus GS (tahunnya ketuaan sih)

soalnya kalo beli eropaan, dan pertama jg, takutnya kejeblos dpt yg bala. ntar malah gak jadi nambahin DP rumah :ungg:

kalo mau tetep eropaan, cari C200 W204 atau E250 W212 uda cukup reliable koq, kembalian juga dapet banyak
lexus gs kayanya lebih tua dan budget segitu agak susah kayanya.
cuma kl dikasi lexus gs sih, besok2 coba eropa kelas c-class, seri 3 rasanya bakalan kopong ya fitur dan gimmick nya. ac heater jok, hud, epb, jok electric full total, atur2 ac audio dr jok belakang, full krey samping belakang, dsb.

dr lexus ES ke GS aja mupeng saya wkwkwk
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

Re: w204 / F30 pre lci

Post by sherryandkez »

farizfsa wrote: Fri Aug 04, 2023 3:35
sherryandkez wrote: Fri Aug 04, 2023 2:15
brosot07 wrote: Thu Aug 03, 2023 18:50 Post pertama ni gan ternyata masi ad forum2 an di indo hehe.

Jadi gini ane setir CX5 2019 rencana lg nyari kembalian buat bantu dp rumah. Bisa dpt 350-60 lah. Nah mendingan ane beliin w204 c250 di 265-270an (2013) ato F30 320i yg pre lci di 300-320 (2014).

Dengan catatan :
1. pake 2-3 tahun lagi baru jual
2. Yg penting ad kembalian
3. Kalau mobil ud seger untuk maintenis cr yg lebi friendly.
4. kepuasan = kembalian beda tipis jd boleh info pro con nya
5. Bakalan jd mobil eropa pertama soalnya ga pen downgrade bgt

thanks agan2
ga mau jepangan lagi? Mark X gitu, atau Lexus GS (tahunnya ketuaan sih)

soalnya kalo beli eropaan, dan pertama jg, takutnya kejeblos dpt yg bala. ntar malah gak jadi nambahin DP rumah :ungg:

kalo mau tetep eropaan, cari C200 W204 atau E250 W212 uda cukup reliable koq, kembalian juga dapet banyak
lexus gs kayanya lebih tua dan budget segitu agak susah kayanya.
cuma kl dikasi lexus gs sih, besok2 coba eropa kelas c-class, seri 3 rasanya bakalan kopong ya fitur dan gimmick nya. ac heater jok, hud, epb, jok electric full total, atur2 ac audio dr jok belakang, full krey samping belakang, dsb.

dr lexus ES ke GS aja mupeng saya wkwkwk
yuk om ganti GS350, jos

ES nya buat saya aja :big_weee:
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: w204 / F30 pre lci

Post by farizfsa »

sherryandkez wrote: Fri Aug 04, 2023 3:54
farizfsa wrote: Fri Aug 04, 2023 3:35
sherryandkez wrote: Fri Aug 04, 2023 2:15

ga mau jepangan lagi? Mark X gitu, atau Lexus GS (tahunnya ketuaan sih)

soalnya kalo beli eropaan, dan pertama jg, takutnya kejeblos dpt yg bala. ntar malah gak jadi nambahin DP rumah :ungg:

kalo mau tetep eropaan, cari C200 W204 atau E250 W212 uda cukup reliable koq, kembalian juga dapet banyak
lexus gs kayanya lebih tua dan budget segitu agak susah kayanya.
cuma kl dikasi lexus gs sih, besok2 coba eropa kelas c-class, seri 3 rasanya bakalan kopong ya fitur dan gimmick nya. ac heater jok, hud, epb, jok electric full total, atur2 ac audio dr jok belakang, full krey samping belakang, dsb.

dr lexus ES ke GS aja mupeng saya wkwkwk
yuk om ganti GS350, jos

ES nya buat saya aja :big_weee:
ga dl om hahaha, bensinnya cuma 1:4 dalkot macet2an. separah2nya es hybrid masih bs 1:9 (bangka-scbd jam pergi pulang kantor).
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: w204 / F30 pre lci

Post by peterming77 »

Ijin menyimak sambil ikut tanya pendapat: E90 325i inline 6 apa punya penyakit yg sama dng inline 4 nya? Krn sepert Bro brosot07 saya juga lagi planning buat nyari W204 FL atau F30 PFL, trus E90 325i FL lewat di depan mata, dari sisi harga menarik, exterior masih keliatan modern, interior masih bisa dinikmati, power juga menarik (last inline 6 n/a). Saya pernah TD F30 LCI, belum pernah TD W204, secara feeling driving saya suka F30.

Resiko merawat mobil Eropa (bekas) pasti banyak jajan, but which one is the lesser evil diantara 3 diatas?
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: w204 / F30 pre lci

Post by peterming77 »

farizfsa wrote: Fri Aug 04, 2023 1:50 Karena judulnya cari kembalian, kl bisa kembaliannya banyak kenapa ga

Kalo gt ambil c250 amg aja,
Kalo dirasa nambah 50-70 jt gpp, coba test drive f30 aja.

Keduanya agak beda rasa soalnya
C200 FL kembaliannya bisa lebih banyak lagi, tapi ati2 unit ex taksi aja.
brosot07
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Aug 03, 2023 18:44

Re: w204 / F30 pre lci

Post by brosot07 »

dari segi feel nya diluar suv vs sedan apakah downgrade ya dr cx5 ke w204/f30 untuk nvh nya, kenyamanannya dan overall build qualityny?

Sekarang lebih condong ke w204 krn kembalian bisa 80+ sih. Cuma galaunya f30 lebi baru dan denger2 timing chain bisa 30 jt sndiri.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: w204 / F30 pre lci

Post by ChZ »

peterming77 wrote: Fri Aug 04, 2023 4:49 Ijin menyimak sambil ikut tanya pendapat: E90 325i inline 6 apa punya penyakit yg sama dng inline 4 nya? Krn sepert Bro brosot07 saya juga lagi planning buat nyari W204 FL atau F30 PFL, trus E90 325i FL lewat di depan mata, dari sisi harga menarik, exterior masih keliatan modern, interior masih bisa dinikmati, power juga menarik (last inline 6 n/a). Saya pernah TD F30 LCI, belum pernah TD W204, secara feeling driving saya suka F30.

Resiko merawat mobil Eropa (bekas) pasti banyak jajan, but which one is the lesser evil diantara 3 diatas?
anu kalo N42 dan N46 keknya ud terkenal bala om di dunia per-BMW an. :mky_03: yang lucu tuh ane liat marketplace E90 320i hampir jarang yg tembus 100k odometernya. rata-rata masih 50-60k.

E46 N42 dan N46 aja kek kurang populer dibanding M43 padahal M43 pelan bgt.

325i E90 sih paling jajannya sensor sensor. yg berat itu kalo pre-LCI apes2 kena mechatronic :mky_03:

suka mechanical feel dan suara enem silinder E90 325i > F30 320i. tp kalau mau balance power dan handling keknya E60 530i soalnya beda tenaga lumayan E60 530i tuh bobot kayak E39 tapi tenaga 272hp. :mky_03:
suka kenceng dan refined drive, mau dipake kerja nguli tiap hari F30. krn setir F30 enteng ala mobil sekarang.

N20 timing chain pasti kena, E90 mechatronic. kalo kena abisnya sama-sama belasan.

bandel W204 tp yang CGI ya ada balanya kalo crank sensor kena mayan juga tuh.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: w204 / F30 pre lci

Post by peterming77 »

ChZ wrote: Fri Aug 04, 2023 7:59
peterming77 wrote: Fri Aug 04, 2023 4:49 Ijin menyimak sambil ikut tanya pendapat: E90 325i inline 6 apa punya penyakit yg sama dng inline 4 nya? Krn sepert Bro brosot07 saya juga lagi planning buat nyari W204 FL atau F30 PFL, trus E90 325i FL lewat di depan mata, dari sisi harga menarik, exterior masih keliatan modern, interior masih bisa dinikmati, power juga menarik (last inline 6 n/a). Saya pernah TD F30 LCI, belum pernah TD W204, secara feeling driving saya suka F30.

Resiko merawat mobil Eropa (bekas) pasti banyak jajan, but which one is the lesser evil diantara 3 diatas?
anu kalo N42 dan N46 keknya ud terkenal bala om di dunia per-BMW an. :mky_03: yang lucu tuh ane liat marketplace E90 320i hampir jarang yg tembus 100k odometernya. rata-rata masih 50-60k.

E46 N42 dan N46 aja kek kurang populer dibanding M43 padahal M43 pelan bgt.

325i E90 sih paling jajannya sensor sensor. yg berat itu kalo pre-LCI apes2 kena mechatronic :mky_03:

suka mechanical feel dan suara enem silinder E90 325i > F30 320i. tp kalau mau balance power dan handling keknya E60 530i soalnya beda tenaga lumayan E60 530i tuh bobot kayak E39 tapi tenaga 272hp. :mky_03:
suka kenceng dan refined drive, mau dipake kerja nguli tiap hari F30. krn setir F30 enteng ala mobil sekarang.

N20 timing chain pasti kena, E90 mechatronic. kalo kena abisnya sama-sama belasan.

bandel W204 tp yang CGI ya ada balanya kalo crank sensor kena mayan juga tuh.
Errmmm dari inline 4 ke inline 6 naik lagi ke inline 6 3000cc :ungg: ampunnnnnn

Tapi jujur saya ga suka interior E60 soalnya masih ada trim kayu2 yg gimana gitu, E90 lebih simple, dng syarat udah ada iDrive nya (or LCI). Kalo F10 sudah masuk selera, yg non LCI juga udah bersahabat harganya, perlu siapkan sajen apa aja kalo mau minang F10 pre LCI? :big_biglaugh:
Last edited by peterming77 on Fri Aug 04, 2023 9:11, edited 1 time in total.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: w204 / F30 pre lci

Post by KielConstantine »

farizfsa wrote: Fri Aug 04, 2023 4:07
sherryandkez wrote: Fri Aug 04, 2023 3:54
farizfsa wrote: Fri Aug 04, 2023 3:35

lexus gs kayanya lebih tua dan budget segitu agak susah kayanya.
cuma kl dikasi lexus gs sih, besok2 coba eropa kelas c-class, seri 3 rasanya bakalan kopong ya fitur dan gimmick nya. ac heater jok, hud, epb, jok electric full total, atur2 ac audio dr jok belakang, full krey samping belakang, dsb.

dr lexus ES ke GS aja mupeng saya wkwkwk
yuk om ganti GS350, jos

ES nya buat saya aja :big_weee:
ga dl om hahaha, bensinnya cuma 1:4 dalkot macet2an. separah2nya es hybrid masih bs 1:9 (bangka-scbd jam pergi pulang kantor).
Ciuss tuh 4km/l ? :big_slap:

Yaudah GS450H aja. Hybriddd irit dan kencangg, batrenya 100jt tp klo ganti :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: w204 / F30 pre lci

Post by kendibocor »

peterming77 wrote: Fri Aug 04, 2023 4:49 Ijin menyimak sambil ikut tanya pendapat: E90 325i inline 6 apa punya penyakit yg sama dng inline 4 nya? Krn sepert Bro brosot07 saya juga lagi planning buat nyari W204 FL atau F30 PFL, trus E90 325i FL lewat di depan mata, dari sisi harga menarik, exterior masih keliatan modern, interior masih bisa dinikmati, power juga menarik (last inline 6 n/a). Saya pernah TD F30 LCI, belum pernah TD W204, secara feeling driving saya suka F30.

Resiko merawat mobil Eropa (bekas) pasti banyak jajan, but which one is the lesser evil diantara 3 diatas?
Kalo mo E90 325i mah ambil ajah tuh punya mbah kiel :upss:
Kan doi pinggangnya uda sakit2an mulu mau ganti leksus aja biar ga ke tempat mijit mulu :mky_03:
brosot07 wrote: Fri Aug 04, 2023 5:31 dari segi feel nya diluar suv vs sedan apakah downgrade ya dr cx5 ke w204/f30 untuk nvh nya, kenyamanannya dan overall build qualityny?

Sekarang lebih condong ke w204 krn kembalian bisa 80+ sih. Cuma galaunya f30 lebi baru dan denger2 timing chain bisa 30 jt sndiri.
F30 selama ga pake ban rft kayanya nyaman2 aja. Kalo kualitas interior mazda kelihatannya lebih bagus tp durabilitynya gatau ya kalo liat CX5 gen 1 yg aneh pernah punya sama2 tahun 2016 sama F30 skrng sih keliatan interior CX5nya uda berasa kayak "capek" ya. F30 aneh masi kenceng semua, tp ya emang ane rawat jg sih. Kalo ngomong overall BQ sih oke lah harusnya lebih baik. Walopun kulit2annya ga sehalus mazda tp berasa lebih solid aja.
Timing chain kata om kiel belasan aja kok di anugrah. Kalo minang sedan eropa 2nd jgn maintain di beres kecuali isi dompetnya unlimited :upss:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: w204 / F30 pre lci

Post by farizfsa »

peterming77 wrote: Fri Aug 04, 2023 4:55
farizfsa wrote: Fri Aug 04, 2023 1:50 Karena judulnya cari kembalian, kl bisa kembaliannya banyak kenapa ga

Kalo gt ambil c250 amg aja,
Kalo dirasa nambah 50-70 jt gpp, coba test drive f30 aja.

Keduanya agak beda rasa soalnya
C200 FL kembaliannya bisa lebih banyak lagi, tapi ati2 unit ex taksi aja.
C200 kurang seru wkwkw, c250 amg udah nyetel
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: w204 / F30 pre lci

Post by KielConstantine »

kendibocor wrote: Fri Aug 04, 2023 13:20
peterming77 wrote: Fri Aug 04, 2023 4:49 Ijin menyimak sambil ikut tanya pendapat: E90 325i inline 6 apa punya penyakit yg sama dng inline 4 nya? Krn sepert Bro brosot07 saya juga lagi planning buat nyari W204 FL atau F30 PFL, trus E90 325i FL lewat di depan mata, dari sisi harga menarik, exterior masih keliatan modern, interior masih bisa dinikmati, power juga menarik (last inline 6 n/a). Saya pernah TD F30 LCI, belum pernah TD W204, secara feeling driving saya suka F30.

Resiko merawat mobil Eropa (bekas) pasti banyak jajan, but which one is the lesser evil diantara 3 diatas?
Kalo mo E90 325i mah ambil ajah tuh punya mbah kiel :upss:
Kan doi pinggangnya uda sakit2an mulu mau ganti leksus aja biar ga ke tempat mijit mulu :mky_03:
brosot07 wrote: Fri Aug 04, 2023 5:31 Sekarang lebih condong ke w204 krn kembalian bisa 80+ sih. Cuma galaunya f30 lebi baru dan denger2 timing chain bisa 30 jt sndiri.
F30 selama ga pake ban rft kayanya nyaman2 aja. Kalo kualitas interior mazda kelihatannya lebih bagus tp durabilitynya gatau ya kalo liat CX5 gen 1 yg aneh pernah punya sama2 tahun 2016 sama F30 skrng sih keliatan interior CX5nya uda berasa kayak "capek" ya. F30 aneh masi kenceng semua, tp ya emang ane rawat jg sih. Kalo ngomong overall BQ sih oke lah harusnya lebih baik. Walopun kulit2annya ga sehalus mazda tp berasa lebih solid aja.
Timing chain kata om kiel belasan aja kok di anugrah. Kalo minang sedan eropa 2nd jgn maintain di beres kecuali isi dompetnya unlimited :upss:
Jangan dah nanggung klo berburu 325i yg taon 2010. Kalo mau yg taon 2012 M-edition. Lebih keren ada bodykit M sportnya asli part number. Velgnya jg lebih bagus dpt R18. Mechanical feelnya masih berasa setirnya berat masi pake hydraulic PS.. dan lebih awet ga ada drama rusak steering rack

Iya timing chain N20 belasan jt aja koq.. kg sampe 30an wkwk
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: w204 / F30 pre lci

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: Fri Aug 04, 2023 15:45
Jangan dah nanggung klo berburu 325i yg taon 2010. Kalo mau yg taon 2012 M-edition. Lebih keren ada bodykit M sportnya asli part number. Velgnya jg lebih bagus dpt R18. Mechanical feelnya masih berasa setirnya berat masi pake hydraulic PS.. dan lebih awet ga ada drama rusak steering rack

Iya timing chain N20 belasan jt aja koq.. kg sampe 30an wkwk
klo dipikir2 pantesan E90 di amrik malah terkenal BMW paling reliabel :big_biglaugh: kebalik di sini malah terkenal mobil bala :big_biglaugh: ya iyalah di sono mana laku jualan 320i. 325i 330i aja mobil common :mky_03:

hydraulic PS, cuaca lebih adem, traffic lebih lancar, pakenya jauh-jauh pula.

mechatronic jelas no issue. klo sensor dan waterpump mah dianggep consumables macem ganti oli udahan :upss:
peterming77 wrote: Fri Aug 04, 2023 9:09
Errmmm dari inline 4 ke inline 6 naik lagi ke inline 6 3000cc :ungg: ampunnnnnn

Tapi jujur saya ga suka interior E60 soalnya masih ada trim kayu2 yg gimana gitu, E90 lebih simple, dng syarat udah ada iDrive nya (or LCI). Kalo F10 sudah masuk selera, yg non LCI juga udah bersahabat harganya, perlu siapkan sajen apa aja kalo mau minang F10 pre LCI? :big_biglaugh:
klo F10 520d coba mbah fariz tuh om :mky_03:

preLCI masi pake N52 engine bole tuh. 523i apa 528i 3000cc sekalian :mky_03: N52 6 silinder transmisi udah pake ZF 8HP :big_love: kalo bandel2an penyakit paling klasik sensor2 :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: w204 / F30 pre lci

Post by farizfsa »

KielConstantine wrote: Fri Aug 04, 2023 9:11
farizfsa wrote: Fri Aug 04, 2023 4:07
sherryandkez wrote: Fri Aug 04, 2023 3:54

yuk om ganti GS350, jos

ES nya buat saya aja :big_weee:
ga dl om hahaha, bensinnya cuma 1:4 dalkot macet2an. separah2nya es hybrid masih bs 1:9 (bangka-scbd jam pergi pulang kantor).
Ciuss tuh 4km/l ? :big_slap:

Yaudah GS450H aja. Hybriddd irit dan kencangg, batrenya 100jt tp klo ganti :big_biglaugh:
Iya tp kena lancar sudirman dikit bisa 1:6-7 lah dalkot. Di tol diatas 1:10

Gs450h kmrn2 ada yg jual msh diatas 500 mintanya wkwk mending mbl eropa mudaan la
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: w204 / F30 pre lci

Post by farizfsa »

ChZ wrote: Sat Aug 05, 2023 3:21
KielConstantine wrote: Fri Aug 04, 2023 15:45
Jangan dah nanggung klo berburu 325i yg taon 2010. Kalo mau yg taon 2012 M-edition. Lebih keren ada bodykit M sportnya asli part number. Velgnya jg lebih bagus dpt R18. Mechanical feelnya masih berasa setirnya berat masi pake hydraulic PS.. dan lebih awet ga ada drama rusak steering rack

Iya timing chain N20 belasan jt aja koq.. kg sampe 30an wkwk
klo dipikir2 pantesan E90 di amrik malah terkenal BMW paling reliabel :big_biglaugh: kebalik di sini malah terkenal mobil bala :big_biglaugh: ya iyalah di sono mana laku jualan 320i. 325i 330i aja mobil common :mky_03:

hydraulic PS, cuaca lebih adem, traffic lebih lancar, pakenya jauh-jauh pula.

mechatronic jelas no issue. klo sensor dan waterpump mah dianggep consumables macem ganti oli udahan :upss:
peterming77 wrote: Fri Aug 04, 2023 9:09
Errmmm dari inline 4 ke inline 6 naik lagi ke inline 6 3000cc :ungg: ampunnnnnn

Tapi jujur saya ga suka interior E60 soalnya masih ada trim kayu2 yg gimana gitu, E90 lebih simple, dng syarat udah ada iDrive nya (or LCI). Kalo F10 sudah masuk selera, yg non LCI juga udah bersahabat harganya, perlu siapkan sajen apa aja kalo mau minang F10 pre LCI? :big_biglaugh:
klo F10 520d coba mbah fariz tuh om :mky_03:

preLCI masi pake N52 engine bole tuh. 523i apa 528i 3000cc sekalian :mky_03: N52 6 silinder transmisi udah pake ZF 8HP :big_love: kalo bandel2an penyakit paling klasik sensor2 :mky_03:
N20 sebenernya sehat2 aja irit lg
Apa ya f10 saya, ga ada penyakit nya sih selama ini, kaya rawat toyota hahahaaha

Di mbl saya yg blm di beresin paling lampu drl picek. Blm ada waktu beresinnya
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: w204 / F30 pre lci

Post by peterming77 »

KielConstantine wrote: Fri Aug 04, 2023 15:45
Jangan dah nanggung klo berburu 325i yg taon 2010. Kalo mau yg taon 2012 M-edition. Lebih keren ada bodykit M sportnya asli part number. Velgnya jg lebih bagus dpt R18. Mechanical feelnya masih berasa setirnya berat masi pake hydraulic PS.. dan lebih awet ga ada drama rusak steering rack

Iya timing chain N20 belasan jt aja koq.. kg sampe 30an wkwk
Bener E90 325i M edition last ganteng, apalagi kayaknya dash ada alcantaranya ya, saya suka alcantara/suede :big_exellent: harganya di toko online mepet F30 tahun tua :big_biglaugh: :big_biglaugh:
ChZ wrote: Sat Aug 05, 2023 3:21
klo dipikir2 pantesan E90 di amrik malah terkenal BMW paling reliabel :big_biglaugh: kebalik di sini malah terkenal mobil bala :big_biglaugh: ya iyalah di sono mana laku jualan 320i. 325i 330i aja mobil common :mky_03:

hydraulic PS, cuaca lebih adem, traffic lebih lancar, pakenya jauh-jauh pula.

mechatronic jelas no issue. klo sensor dan waterpump mah dianggep consumables macem ganti oli udahan :upss:

klo F10 520d coba mbah fariz tuh om :mky_03:

preLCI masi pake N52 engine bole tuh. 523i apa 528i 3000cc sekalian :mky_03: N52 6 silinder transmisi udah pake ZF 8HP :big_love: kalo bandel2an penyakit paling klasik sensor2 :mky_03:
Iya, kalo baca2 E90 diluar sana termasuk reliable, justru kalo F30 N20 malah ada lawsuit krn timing chain, meski harusnya ga affect ke semua unit lah. Makanya belajar ilmu dulu dari suhu2 di TS biar ga dapat unit yg busuk :big_grin:

Untuk EPS ini lebih ringkih dari HPS ya? Kayaknya hampir sebagian besar mobil EPS lebih sering trouble (Swift saya juga, HRV lama juga glodak2 kan steering rack nya).
farizfsa wrote: Sat Aug 05, 2023 3:43
N20 sebenernya sehat2 aja irit lg
Apa ya f10 saya, ga ada penyakit nya sih selama ini, kaya rawat toyota hahahaaha

Di mbl saya yg blm di beresin paling lampu drl picek. Blm ada waktu beresinnya
Kalo F10 pasti lebih enak ya, cuma secara bodi saya rasa kegedean, krn saya kangen bawa mobil kecil yg nimble, kalo ada duit sih maunya MX5 atau BRZ, sayang nyawa belum ngumpul segitu :ungg:
brosot07
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Aug 03, 2023 18:44

Re: w204 / F30 pre lci

Post by brosot07 »

peterming77 wrote: Sat Aug 05, 2023 5:14
KielConstantine wrote: Fri Aug 04, 2023 15:45
Jangan dah nanggung klo berburu 325i yg taon 2010. Kalo mau yg taon 2012 M-edition. Lebih keren ada bodykit M sportnya asli part number. Velgnya jg lebih bagus dpt R18. Mechanical feelnya masih berasa setirnya berat masi pake hydraulic PS.. dan lebih awet ga ada drama rusak steering rack

Iya timing chain N20 belasan jt aja koq.. kg sampe 30an wkwk
Bener E90 325i M edition last ganteng, apalagi kayaknya dash ada alcantaranya ya, saya suka alcantara/suede :big_exellent: harganya di toko online mepet F30 tahun tua :big_biglaugh: :big_biglaugh:
ChZ wrote: Sat Aug 05, 2023 3:21
klo dipikir2 pantesan E90 di amrik malah terkenal BMW paling reliabel :big_biglaugh: kebalik di sini malah terkenal mobil bala :big_biglaugh: ya iyalah di sono mana laku jualan 320i. 325i 330i aja mobil common :mky_03:

hydraulic PS, cuaca lebih adem, traffic lebih lancar, pakenya jauh-jauh pula.

mechatronic jelas no issue. klo sensor dan waterpump mah dianggep consumables macem ganti oli udahan :upss:

klo F10 520d coba mbah fariz tuh om :mky_03:

preLCI masi pake N52 engine bole tuh. 523i apa 528i 3000cc sekalian :mky_03: N52 6 silinder transmisi udah pake ZF 8HP :big_love: kalo bandel2an penyakit paling klasik sensor2 :mky_03:
Iya, kalo baca2 E90 diluar sana termasuk reliable, justru kalo F30 N20 malah ada lawsuit krn timing chain, meski harusnya ga affect ke semua unit lah. Makanya belajar ilmu dulu dari suhu2 di TS biar ga dapat unit yg busuk :big_grin:

Untuk EPS ini lebih ringkih dari HPS ya? Kayaknya hampir sebagian besar mobil EPS lebih sering trouble (Swift saya juga, HRV lama juga glodak2 kan steering rack nya).
farizfsa wrote: Sat Aug 05, 2023 3:43
N20 sebenernya sehat2 aja irit lg
Apa ya f10 saya, ga ada penyakit nya sih selama ini, kaya rawat toyota hahahaaha

Di mbl saya yg blm di beresin paling lampu drl picek. Blm ada waktu beresinnya
Kalo F10 pasti lebih enak ya, cuma secara bodi saya rasa kegedean, krn saya kangen bawa mobil kecil yg nimble, kalo ada duit sih maunya MX5 atau BRZ, sayang nyawa belum ngumpul segitu :ungg:
F10 rekomen 520-523-528 ato yg diesel suhu?
brosot07
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Aug 03, 2023 18:44

Re: w204 / F30 pre lci

Post by brosot07 »

f10 mending yang varian apa suhu?
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: w204 / F30 pre lci

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: Sat Aug 05, 2023 3:21
KielConstantine wrote: Fri Aug 04, 2023 15:45
Jangan dah nanggung klo berburu 325i yg taon 2010. Kalo mau yg taon 2012 M-edition. Lebih keren ada bodykit M sportnya asli part number. Velgnya jg lebih bagus dpt R18. Mechanical feelnya masih berasa setirnya berat masi pake hydraulic PS.. dan lebih awet ga ada drama rusak steering rack

Iya timing chain N20 belasan jt aja koq.. kg sampe 30an wkwk
klo dipikir2 pantesan E90 di amrik malah terkenal BMW paling reliabel :big_biglaugh: kebalik di sini malah terkenal mobil bala :big_biglaugh: ya iyalah di sono mana laku jualan 320i. 325i 330i aja mobil common :mky_03:

hydraulic PS, cuaca lebih adem, traffic lebih lancar, pakenya jauh-jauh pula.

mechatronic jelas no issue. klo sensor dan waterpump mah dianggep consumables macem ganti oli udahan :upss:
peterming77 wrote: Fri Aug 04, 2023 9:09
Errmmm dari inline 4 ke inline 6 naik lagi ke inline 6 3000cc :ungg: ampunnnnnn

Tapi jujur saya ga suka interior E60 soalnya masih ada trim kayu2 yg gimana gitu, E90 lebih simple, dng syarat udah ada iDrive nya (or LCI). Kalo F10 sudah masuk selera, yg non LCI juga udah bersahabat harganya, perlu siapkan sajen apa aja kalo mau minang F10 pre LCI? :big_biglaugh:
klo F10 520d coba mbah fariz tuh om :mky_03:

preLCI masi pake N52 engine bole tuh. 523i apa 528i 3000cc sekalian :mky_03: N52 6 silinder transmisi udah pake ZF 8HP :big_love: kalo bandel2an penyakit paling klasik sensor2 :mky_03:
Bahaha.. makanya E90/E92 335i sweet spot banget. Masih transisi antara mechanical ke full electric. Bobot jg ok; feel ke jalanan dpt; kenceng dpt; tuneable jg dpt. Masih brasa bmw nya lah klo kata para manusia purist bimmer :big_biglaugh:

Atau alternatif mau jos gandos tuh F10 535i pre lci. Sama formatnya masih pake hydraulic Ps + inline-6 turbo . Malah bonus transmisi baru zf-8speed..
Cuman masih manteng aja 500jt trus pdhl vin 2010-2012 :big_dunno:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking: