2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by ChZ »

zonepublic wrote: 27 Jul 2023, 14:58 Nah itu dia,makannya brand mau dibilang strateginya busuk ya emang iya
Kijang kapsul aja dulu 100jtan sekarang zenik dah 700jt untuk mendapatkan mobil yang kelasnya sama
Betul bahan baku naik,tp sebenernya nilai yang banyak dinaikkan profitnya adalah "brand value"
Klo mau dibedah biaya pembuatan zenik ya ga sampe 500jt
ummm namanya produk begini HPPnya mah paling 50-70% sisanya tax dan margin. udah rahasia umum. dan ngga bisa dibilang busuk namanya jg kapitalisme naturnya cari cuan om kalo baik mah badan amal :mky_07:

yang gw kesel skrg mainnya makin kasar di hardsell sama ADAS dll yang sebenernya gak perlu-perlu amat tp dihajar semua type kasih ADAS pdhl tanpa ADAS bisa hemat mungkin ampe 20% harga. liat aja harga new BRV sensing ama enggak udah beda 50juta.

kalau ngomongin kelas x kenaikan harga, ini sangat complicated om.

pertanyaannya apa iya zenix dan kijang kapsul di zamannya mobil yg ada di kelas yang sama ? pertanyaannya lebih ke apakah dengan level harga setara (termasuk inflasi) kita masih dapet barang yang secara kualitas (dipersepsikan) sama ?

kalau cuma ngomong brand name kijang, lha ga sekalian aja kijang buaya dulu harga berapa skrg zenix harga berapa, pdhl fungsi dan persepsi di market saja sudah beda.

krn kalau ngomong kelas biasa kita ngomong secara size. kijang kapsul ngga lebih gede dari toyota avanza all new. kenyamanan teknologi ya sudah pasti jauh. dan sayangnya toyota sejak keluarin avanza pertama kali emang memposisikan avanza untuk jadi penerus kijang secara konsep : basic family car yg muat 7 orang, low maintenance, dll. basic family car, entry level car.

kijang sendiri sejak innova ya sudah jadi tier 2 family car alias yang rada premium. dan ini konsep paling umum di semua pabrikan mobil : mereka upgrade mobil lamanya supaya ada celah untuk keluarin product baru yang lebih murah / kecil.

city diposisikan untuk gantikan civic sebagai sedan kecil, dan brio diposisikan menggantikan jazz sebagai hatchback kecil. dan sialnya mau kita protes seperti apapun atau bilang jazz lebih enak dari brio, bagi HPM cara ngejual brio sekarang adalah cara mereka ngejual / nge-branding jazz dulu. krn subconciously mereka sadar bahwa pasar brio sekarang adalah pasar yang ditinggalkan jazz dulu.

jadi ya kalau mau fair bandingin "kelas yang sama" ya bandinginnya sama yang seukuran bukan yang "nama" nya sama aja om krn mobil makin lama makin melar dan digantikan oleh produk di bawahnya. kijang ya sekarang bandingannya avanza all new.

ini kita ngomongin kelas mobil (by size) ya, bukan ngomongin teknologi dll nya. itu makin complicated lagi. krn kalau innova bandingin reborn dan zenix saja sudah beda spesies. 1nya mobil 1nya truk berkabin.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 584
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by zonepublic »

ChZ wrote: 27 Jul 2023, 15:23
zonepublic wrote: 27 Jul 2023, 14:58 Nah itu dia,makannya brand mau dibilang strateginya busuk ya emang iya
Kijang kapsul aja dulu 100jtan sekarang zenik dah 700jt untuk mendapatkan mobil yang kelasnya sama
Betul bahan baku naik,tp sebenernya nilai yang banyak dinaikkan profitnya adalah "brand value"
Klo mau dibedah biaya pembuatan zenik ya ga sampe 500jt
ummm namanya produk begini HPPnya mah paling 50-70% sisanya tax dan margin. udah rahasia umum. dan ngga bisa dibilang busuk namanya jg kapitalisme naturnya cari cuan om kalo baik mah badan amal :mky_07:

yang gw kesel skrg mainnya makin kasar di hardsell sama ADAS dll yang sebenernya gak perlu-perlu amat tp dihajar semua type kasih ADAS pdhl tanpa ADAS bisa hemat mungkin ampe 20% harga. liat aja harga new BRV sensing ama enggak udah beda 50juta.

kalau ngomongin kelas x kenaikan harga, ini sangat complicated om.

pertanyaannya apa iya zenix dan kijang kapsul di zamannya mobil yg ada di kelas yang sama ? pertanyaannya lebih ke apakah dengan level harga setara (termasuk inflasi) kita masih dapet barang yang secara kualitas (dipersepsikan) sama ?

kalau cuma ngomong brand name kijang, lha ga sekalian aja kijang buaya dulu harga berapa skrg zenix harga berapa, pdhl fungsi dan persepsi di market saja sudah beda.

krn kalau ngomong kelas biasa kita ngomong secara size. kijang kapsul ngga lebih gede dari toyota avanza all new. kenyamanan teknologi ya sudah pasti jauh. dan sayangnya toyota sejak keluarin avanza pertama kali emang memposisikan avanza untuk jadi penerus kijang secara konsep : basic family car yg muat 7 orang, low maintenance, dll. basic family car, entry level car.

kijang sendiri sejak innova ya sudah jadi tier 2 family car alias yang rada premium. dan ini konsep paling umum di semua pabrikan mobil : mereka upgrade mobil lamanya supaya ada celah untuk keluarin product baru yang lebih murah / kecil.

city diposisikan untuk gantikan civic sebagai sedan kecil, dan brio diposisikan menggantikan jazz sebagai hatchback kecil. dan sialnya mau kita protes seperti apapun atau bilang jazz lebih enak dari brio, bagi HPM cara ngejual brio sekarang adalah cara mereka ngejual / nge-branding jazz dulu. krn subconciously mereka sadar bahwa pasar brio sekarang adalah pasar yang ditinggalkan jazz dulu.

jadi ya kalau mau fair bandingin "kelas yang sama" ya bandinginnya sama yang seukuran bukan yang "nama" nya sama aja om krn mobil makin lama makin melar dan digantikan oleh produk di bawahnya. kijang ya sekarang bandingannya avanza all new.

ini kita ngomongin kelas mobil (by size) ya, bukan ngomongin teknologi dll nya. itu makin complicated lagi. krn kalau innova bandingin reborn dan zenix saja sudah beda spesies. 1nya mobil 1nya truk berkabin.
Nah itu maksud saya,honda sensing dihargai 50juta apa pantes?klo beda 2-6juta mungkin masih masuk akal ya
Mobil merk cina aja bisa kok buat mobil dengan fitur dan teknologi sama atau lebih dengan mobil jepang dengan menjual dengan harga cuma 1/2nya mobil jepang dan mereka masih bisa untung lho,contoh yg sudah ada spt wuling confero almaz untuk lawan avanza dan crv bahkan plat bodinya aja saya yakin tebalnya 2x kompetitor jepangnya itu
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by ChZ »

zonepublic wrote: 27 Jul 2023, 18:19 Nah itu maksud saya,honda sensing dihargai 50juta apa pantes?klo beda 2-6juta mungkin masih masuk akal ya
Mobil merk cina aja bisa kok buat mobil dengan fitur dan teknologi sama atau lebih dengan mobil jepang dengan menjual dengan harga cuma 1/2nya mobil jepang dan mereka masih bisa untung lho,contoh yg sudah ada spt wuling confero almaz untuk lawan avanza dan crv bahkan plat bodinya aja saya yakin tebalnya 2x kompetitor jepangnya itu
Ya gak bisa ngomong gitu juga om makanya kalo pricing mobil mah susah ngomong mana beneran mana boongan byk faktornya.

Teknologi dan rnd jepang ma china jelas beda.

Plat body ditebelin doank mah gampang om giliran ditekuk2 balancenya kacau gak kan itu yang susah. Tuh om b0ku pernah pake chevrolet optra ttp ditekuk2 enak honda city sasisnya pdhl body tebel optra.

Sejauh yang ane tau, almaz drivabilitynya masih jauh di bawah CRV... Body diem doang iya kokoh. Ditekuk mah kaco. Mirip Chevrolet captiva jg gitu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 584
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by zonepublic »

ChZ wrote: 27 Jul 2023, 19:33
zonepublic wrote: 27 Jul 2023, 18:19 Nah itu maksud saya,honda sensing dihargai 50juta apa pantes?klo beda 2-6juta mungkin masih masuk akal ya
Mobil merk cina aja bisa kok buat mobil dengan fitur dan teknologi sama atau lebih dengan mobil jepang dengan menjual dengan harga cuma 1/2nya mobil jepang dan mereka masih bisa untung lho,contoh yg sudah ada spt wuling confero almaz untuk lawan avanza dan crv bahkan plat bodinya aja saya yakin tebalnya 2x kompetitor jepangnya itu
Ya gak bisa ngomong gitu juga om makanya kalo pricing mobil mah susah ngomong mana beneran mana boongan byk faktornya.

Teknologi dan rnd jepang ma china jelas beda.

Plat body ditebelin doank mah gampang om giliran ditekuk2 balancenya kacau gak kan itu yang susah. Tuh om b0ku pernah pake chevrolet optra ttp ditekuk2 enak honda city sasisnya pdhl body tebel optra.

Sejauh yang ane tau, almaz drivabilitynya masih jauh di bawah CRV... Body diem doang iya kokoh. Ditekuk mah kaco. Mirip Chevrolet captiva jg gitu.

Ini geely,ga kalah keras sama volvo
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by ChZ »

zonepublic wrote: 28 Jul 2023, 12:29 Ini geely,ga kalah keras sama volvo
Lah kebolak kali om, volvo justru dibeli geely :upss:

Pabrikan yg ciptain paten seatbelt 3-point tp ga punya duit, dibeli ma pabrikan china berduit. :upss: ga heran pasti di adaptasi tech nya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9612
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 28 Jul 2023, 12:36
zonepublic wrote: 28 Jul 2023, 12:29 Ini geely,ga kalah keras sama volvo
Lah kebolak kali om, volvo justru dibeli geely :upss:

Pabrikan yg ciptain paten seatbelt 3-point tp ga punya duit, dibeli ma pabrikan china berduit. :upss: ga heran pasti di adaptasi tech nya.
jadi klo ada yg ilang, "duit bukan segalanya..." emang bener... "tapi duit itu salah satu yg paling utama" :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 28 Jul 2023, 12:54
jadi klo ada yg ilang, "duit bukan segalanya..." emang bener... "tapi duit itu salah satu yg paling utama" :upss:
loe punya duit, loe punya kuasa :mky_07:

legenda otomotif macem JLR aja dibeli tata motors... :upss:

yang macem subaru sama mazda aja udah bagi teknologi ke toyota, nunggu waktu aja di akuisisi beneran :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9612
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 28 Jul 2023, 13:44
Suryaputra wrote: 28 Jul 2023, 12:54
jadi klo ada yg ilang, "duit bukan segalanya..." emang bener... "tapi duit itu salah satu yg paling utama" :upss:
loe punya duit, loe punya kuasa :mky_07:

legenda otomotif macem JLR aja dibeli tata motors... :upss:

yang macem subaru sama mazda aja udah bagi teknologi ke toyota, nunggu waktu aja di akuisisi beneran :big_biglaugh:
Bagus lah
Biar gak boring driving lagi :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 28 Jul 2023, 13:53 Bagus lah
Biar gak boring driving lagi :big_peace:
ud biarin beli teknologi masda buat leksus aja lah... kasian leksus malah kyk merek bingung sekarang. CX60 rebadge lekses gitu :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: 01 Oct 2017, 12:36

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by Tats »

ChZ wrote: 28 Jul 2023, 14:01
Suryaputra wrote: 28 Jul 2023, 13:53 Bagus lah
Biar gak boring driving lagi :big_peace:
ud biarin beli teknologi masda buat leksus aja lah... kasian leksus malah kyk merek bingung sekarang. CX60 rebadge lekses gitu :mky_03:
Sy malah curiga mazda tiba2 bikin mesin cx-60 6 cyl buat diadaptasi sm toyota buat mesin supra mk6 nanti
Gatau juga sih, soalnya ada rumor juga supra mk6 jadi bev
Bagi sy agak janggal platform mazda 2 ga ada update 10 tahun tiba2 mereka ada uang untuk bikin mesin 6 cyl from scratch
Duit research dari toyota kah…
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by ChZ »

Tats wrote: 30 Jul 2023, 09:15 Sy malah curiga mazda tiba2 bikin mesin cx-60 6 cyl buat diadaptasi sm toyota buat mesin supra mk6 nanti
Gatau juga sih, soalnya ada rumor juga supra mk6 jadi bev
Bagi sy agak janggal platform mazda 2 ga ada update 10 tahun tiba2 mereka ada uang untuk bikin mesin 6 cyl from scratch
Duit research dari toyota kah…
Soalnya itu m2 cx3 ud dilupain om kurang diserap market kali :mky_03: mentok abis ini discontinue. Abis gimana bikin mobil sesek di mana mana gak laku. Sementara yg negara bule ngapa beli mobil imut gitu, minim belinya CX5.

Duit dr jualan itu platform dan paten teknologi ke toyota kali :mky_03: dynamicforce toyota pan nyontek skyactiv teknologinya
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 584
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by zonepublic »

ChZ wrote: 30 Jul 2023, 09:43
Tats wrote: 30 Jul 2023, 09:15 Sy malah curiga mazda tiba2 bikin mesin cx-60 6 cyl buat diadaptasi sm toyota buat mesin supra mk6 nanti
Gatau juga sih, soalnya ada rumor juga supra mk6 jadi bev
Bagi sy agak janggal platform mazda 2 ga ada update 10 tahun tiba2 mereka ada uang untuk bikin mesin 6 cyl from scratch
Duit research dari toyota kah…
Soalnya itu m2 cx3 ud dilupain om kurang diserap market kali :mky_03: mentok abis ini discontinue. Abis gimana bikin mobil sesek di mana mana gak laku. Sementara yg negara bule ngapa beli mobil imut gitu, minim belinya CX5.

Duit dr jualan itu platform dan paten teknologi ke toyota kali :mky_03: dynamicforce toyota pan nyontek skyactiv teknologinya
Mazda Mobil jepang tp ala2 mobil eropa
Sparepart udah mahal, susah dicari,temen gue piara m2 2012 nyari link stabilizer ga dapet2 ketambahan ac rusak diservis sana sini ga sembuh2 akhirnya nyerah dijual ganti raize turbo taun kemarin :big_biglaugh:
Bensin boros minim ron92 pula
Ga cocok buat kaum mendang mending di indo
Buat pangsa premium juga sekalian lari ke mobil eropa
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by ChZ »

zonepublic wrote: 30 Jul 2023, 10:52 Mazda Mobil jepang tp ala2 mobil eropa
Sparepart udah mahal, susah dicari,temen gue piara m2 2012 nyari link stabilizer ga dapet2 ketambahan ac rusak diservis sana sini ga sembuh2 akhirnya nyerah dijual ganti raize turbo taun kemarin :big_biglaugh:
Bensin boros minim ron92 pula
Ga cocok buat kaum mendang mending di indo
Buat pangsa premium juga sekalian lari ke mobil eropa
Colek om @josomba dan @marmut :mky_03:

Abis siapa yg ngajarin bikin mobil kecil compact 5-seater tp sempitnya ampun gitu ford fiesta aja flop discontinue jg kan :mky_03:

Yg laku di luar ya CX5 CX9 sedan2 ud gak seberapa laku pasar family sedan mazda6 sempit gitu siapa yang mau :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1614
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by darrelund »

zonepublic wrote: 30 Jul 2023, 10:52 Mazda Mobil jepang tp ala2 mobil eropa
Sparepart udah mahal, susah dicari,temen gue piara m2 2012 nyari link stabilizer ga dapet2 ketambahan ac rusak diservis sana sini ga sembuh2 akhirnya nyerah dijual ganti raize turbo taun kemarin :big_biglaugh:
Bensin boros minim ron92 pula
Ga cocok buat kaum mendang mending di indo
Buat pangsa premium juga sekalian lari ke mobil eropa
tu mobil isinya fiesta gimana kaga mahal

ya reliabilitynya jg kayak ford

makannya kualitas masda jaman ford ancur"an :big_biglaugh:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 584
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by zonepublic »

darrelund wrote: 30 Jul 2023, 22:35
zonepublic wrote: 30 Jul 2023, 10:52 Mazda Mobil jepang tp ala2 mobil eropa
Sparepart udah mahal, susah dicari,temen gue piara m2 2012 nyari link stabilizer ga dapet2 ketambahan ac rusak diservis sana sini ga sembuh2 akhirnya nyerah dijual ganti raize turbo taun kemarin :big_biglaugh:
Bensin boros minim ron92 pula
Ga cocok buat kaum mendang mending di indo
Buat pangsa premium juga sekalian lari ke mobil eropa
tu mobil isinya fiesta gimana kaga mahal

ya reliabilitynya jg kayak ford

makannya kualitas masda jaman ford ancur"an :big_biglaugh:
Lha ya,dah gitu yg make mazda 2 sm cx3 rata2 anak sma,kuliahan,atau baru lulus kuliah,duit masih ngepas2 kadang2 masih nodong ortu kok disuruh ngasi minum bensin bergizi dan keluarin biaya buat piara mobil sekelas mobil eropa gitu,padahal paling ortunya pakenya panther/avanza :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by ChZ »

darrelund wrote: 30 Jul 2023, 22:35
tu mobil isinya fiesta gimana kaga mahal

ya reliabilitynya jg kayak ford

makannya kualitas masda jaman ford ancur"an :big_biglaugh:
masih untung itu engine dan transmisi ga skalian ford punya. kalo iya ya mampus aja lah :big_biglaugh:

liat fiesta2 pd rontok cooling systemnya gw mo ketawa aja ah yg pake jazz yaris dulu diketawain katanya dibegoin merek, skrg yaris 2005 jazz GD GE aja masih keliaran :ngacir:

itu ford aturan bikin truck emang ud paling bener bikin passenger car malah isinya rewel melulu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by FR6 »

ChZ wrote: 27 Jul 2023, 15:23
zonepublic wrote: 27 Jul 2023, 14:58 Nah itu dia,makannya brand mau dibilang strateginya busuk ya emang iya
Kijang kapsul aja dulu 100jtan sekarang zenik dah 700jt untuk mendapatkan mobil yang kelasnya sama
Betul bahan baku naik,tp sebenernya nilai yang banyak dinaikkan profitnya adalah "brand value"
Klo mau dibedah biaya pembuatan zenik ya ga sampe 500jt
ummm namanya produk begini HPPnya mah paling 50-70% sisanya tax dan margin. udah rahasia umum. dan ngga bisa dibilang busuk namanya jg kapitalisme naturnya cari cuan om kalo baik mah badan amal :mky_07:

yang gw kesel skrg mainnya makin kasar di hardsell sama ADAS dll yang sebenernya gak perlu-perlu amat tp dihajar semua type kasih ADAS pdhl tanpa ADAS bisa hemat mungkin ampe 20% harga. liat aja harga new BRV sensing ama enggak udah beda 50juta.

kalau ngomongin kelas x kenaikan harga, ini sangat complicated om.

pertanyaannya apa iya zenix dan kijang kapsul di zamannya mobil yg ada di kelas yang sama ? pertanyaannya lebih ke apakah dengan level harga setara (termasuk inflasi) kita masih dapet barang yang secara kualitas (dipersepsikan) sama ?

kalau cuma ngomong brand name kijang, lha ga sekalian aja kijang buaya dulu harga berapa skrg zenix harga berapa, pdhl fungsi dan persepsi di market saja sudah beda.

krn kalau ngomong kelas biasa kita ngomong secara size. kijang kapsul ngga lebih gede dari toyota avanza all new. kenyamanan teknologi ya sudah pasti jauh. dan sayangnya toyota sejak keluarin avanza pertama kali emang memposisikan avanza untuk jadi penerus kijang secara konsep : basic family car yg muat 7 orang, low maintenance, dll. basic family car, entry level car.

kijang sendiri sejak innova ya sudah jadi tier 2 family car alias yang rada premium. dan ini konsep paling umum di semua pabrikan mobil : mereka upgrade mobil lamanya supaya ada celah untuk keluarin product baru yang lebih murah / kecil.

city diposisikan untuk gantikan civic sebagai sedan kecil, dan brio diposisikan menggantikan jazz sebagai hatchback kecil. dan sialnya mau kita protes seperti apapun atau bilang jazz lebih enak dari brio, bagi HPM cara ngejual brio sekarang adalah cara mereka ngejual / nge-branding jazz dulu. krn subconciously mereka sadar bahwa pasar brio sekarang adalah pasar yang ditinggalkan jazz dulu.

jadi ya kalau mau fair bandingin "kelas yang sama" ya bandinginnya sama yang seukuran bukan yang "nama" nya sama aja om krn mobil makin lama makin melar dan digantikan oleh produk di bawahnya. kijang ya sekarang bandingannya avanza all new.

ini kita ngomongin kelas mobil (by size) ya, bukan ngomongin teknologi dll nya. itu makin complicated lagi. krn kalau innova bandingin reborn dan zenix saja sudah beda spesies. 1nya mobil 1nya truk berkabin.
SETUJU BANGET OM!!!
Tapiii....
khususon negara berkembang aja kayanya.
Negara maju mah yg dulu 90an-2000an beli C segment (Civic/Corolla), ngeliat C segment sekarang yaa tetap C segment.
Ga ada ngerasa Yaris itu penerus Corolla di 90-2000an, karena daya beli nya tetep, perubahan harga juga gak terlampau jauh.
yang susah mah kita di negara berkembang, Agya aja sekarang "suksesor spritual" nya Yaris Bakpao :big_childish:
Secara ukuran kan si Agya persis banget Yaris XP90
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by ChZ »

FR6 wrote: 31 Jul 2023, 11:23 SETUJU BANGET OM!!!
Tapiii....
khususon negara berkembang aja kayanya.
Negara maju mah yg dulu 90an-2000an beli C segment (Civic/Corolla), ngeliat C segment sekarang yaa tetap C segment.
Ga ada ngerasa Yaris itu penerus Corolla di 90-2000an, karena daya beli nya tetep, perubahan harga juga gak terlampau jauh.
yang susah mah kita di negara berkembang, Agya aja sekarang "suksesor spritual" nya Yaris Bakpao :big_childish:
Secara ukuran kan si Agya persis banget Yaris XP90
sebetulnya sama om. di amrik kan lihatnya by size. mana yang masuk compact midsize fullsize dll. klo makin melar ya naik kelas mobilnya.

bedanya betul om di sana orang upgrade kendaraan itu lebih gampang. ya orang beli mobil di amrik misalnya udah kayak orang indo beli motor. ganti civic ya ke civic baru, kayak ganti vario lama ke vario baru :mky_03: apa malah upgrade ke Nmax. org di sana kuli aja bawanya toyota camry :mky_03:

di sini tingkat kemakmurannya rendah, sementara mobilnya naik kelas terus. ya udah harus nambah mobil di bawahnya buat kompensasi kelas yang sama. ujungnya produk2 china dan india deh.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 584
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by zonepublic »

ChZ wrote: 31 Jul 2023, 12:44
FR6 wrote: 31 Jul 2023, 11:23 SETUJU BANGET OM!!!
Tapiii....
khususon negara berkembang aja kayanya.
Negara maju mah yg dulu 90an-2000an beli C segment (Civic/Corolla), ngeliat C segment sekarang yaa tetap C segment.
Ga ada ngerasa Yaris itu penerus Corolla di 90-2000an, karena daya beli nya tetep, perubahan harga juga gak terlampau jauh.
yang susah mah kita di negara berkembang, Agya aja sekarang "suksesor spritual" nya Yaris Bakpao :big_childish:
Secara ukuran kan si Agya persis banget Yaris XP90
sebetulnya sama om. di amrik kan lihatnya by size. mana yang masuk compact midsize fullsize dll. klo makin melar ya naik kelas mobilnya.

bedanya betul om di sana orang upgrade kendaraan itu lebih gampang. ya orang beli mobil di amrik misalnya udah kayak orang indo beli motor. ganti civic ya ke civic baru, kayak ganti vario lama ke vario baru :mky_03: apa malah upgrade ke Nmax. org di sana kuli aja bawanya toyota camry :mky_03:

di sini tingkat kemakmurannya rendah, sementara mobilnya naik kelas terus. ya udah harus nambah mobil di bawahnya buat kompensasi kelas yang sama. ujungnya produk2 china dan india deh.
Di amrik kan harga mobil lebih murah daripada indo,bisa jadi malah murah beli baru daripada merawat mobil tua
Sementara pendapatan di amerika 10x pendapatan indo
Jadi?kalo saya tinggal dan kerja di amerika ya bakal ganti mobil tiap beberapa tahun juga
Berbanding terbalik sama di indo,kenaikan harga mobil lebih tinggi dari kenaikan pendapatan
IMG_20230731_143239.jpg
IMG_20230731_143239.jpg (33.14 KiB) Viewed 771 times
Di amrik civic type R cuma 660jutaan,di indo dah 1m lebih
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by ChZ »

zonepublic wrote: 31 Jul 2023, 14:31 Di amrik kan harga mobil lebih murah daripada indo,bisa jadi malah murah beli baru daripada merawat mobil tua
Sementara pendapatan di amerika 10x pendapatan indo
Jadi?kalo saya tinggal dan kerja di amerika ya bakal ganti mobil tiap beberapa tahun juga
Berbanding terbalik sama di indo,kenaikan harga mobil lebih tinggi dari kenaikan pendapatan
IMG_20230731_143239.jpg
Di amrik civic type R cuma 660jutaan,di indo dah 1m lebih
di amrik sehh banyakan leasing om. jd 5 taon nanti di buyback terus ditawarin mobilnya mau dibeli apa ditarik dealer lagi buat ganti model baru gitu terus om makanya gampang punya mobil dan dampaknya mobil bekas jg bisa murah banget org demandnya rendah :mky_03:

Org di sana asuransi total loss malah mikir upgrade civic biasa ke type R kalo baca di forum fb. Asem bener :big_childish:

makanya gmn gak diketawain kita. gaji 10x lipet harga lebih murah jauh. kendaraan basic mobil kalo di kita kan kendaraan basic ya motor yg terjangkau orang2.

di amrik yang gila harga rumah/tanah makanya banyak homeless punya mobil ga punya rumah sama student loan bunganya gila bayangin nyicil/sewa rumah sama nyicil student loan lebih mahal drpd nyicil mobil kok :mky_03:

rada miris karena liat di sinciapo mobil mahal tp banyak yg bisa afford cuma mereka gak punya tanah jd sengaja dimahalin :mky_03: ya itu tp udah bener public transportnya bagus solusi dari rakyatnya ga boleh beli mobil. di sini rakyatnya disuruh beli mobil/motor jalannya makin macets
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 528
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by Greenhunter »

ChZ wrote: 27 Jul 2023, 15:23
zonepublic wrote: 27 Jul 2023, 14:58 Nah itu dia,makannya brand mau dibilang strateginya busuk ya emang iya
Kijang kapsul aja dulu 100jtan sekarang zenik dah 700jt untuk mendapatkan mobil yang kelasnya sama
Betul bahan baku naik,tp sebenernya nilai yang banyak dinaikkan profitnya adalah "brand value"
Klo mau dibedah biaya pembuatan zenik ya ga sampe 500jt
ummm namanya produk begini HPPnya mah paling 50-70% sisanya tax dan margin. udah rahasia umum. dan ngga bisa dibilang busuk namanya jg kapitalisme naturnya cari cuan om kalo baik mah badan amal :mky_07:

yang gw kesel skrg mainnya makin kasar di hardsell sama ADAS dll yang sebenernya gak perlu-perlu amat tp dihajar semua type kasih ADAS pdhl tanpa ADAS bisa hemat mungkin ampe 20% harga. liat aja harga new BRV sensing ama enggak udah beda 50juta.

kalau ngomongin kelas x kenaikan harga, ini sangat complicated om.

pertanyaannya apa iya zenix dan kijang kapsul di zamannya mobil yg ada di kelas yang sama ? pertanyaannya lebih ke apakah dengan level harga setara (termasuk inflasi) kita masih dapet barang yang secara kualitas (dipersepsikan) sama ?

kalau cuma ngomong brand name kijang, lha ga sekalian aja kijang buaya dulu harga berapa skrg zenix harga berapa, pdhl fungsi dan persepsi di market saja sudah beda.

krn kalau ngomong kelas biasa kita ngomong secara size. kijang kapsul ngga lebih gede dari toyota avanza all new. kenyamanan teknologi ya sudah pasti jauh. dan sayangnya toyota sejak keluarin avanza pertama kali emang memposisikan avanza untuk jadi penerus kijang secara konsep : basic family car yg muat 7 orang, low maintenance, dll. basic family car, entry level car.

kijang sendiri sejak innova ya sudah jadi tier 2 family car alias yang rada premium. dan ini konsep paling umum di semua pabrikan mobil : mereka upgrade mobil lamanya supaya ada celah untuk keluarin product baru yang lebih murah / kecil.

city diposisikan untuk gantikan civic sebagai sedan kecil, dan brio diposisikan menggantikan jazz sebagai hatchback kecil. dan sialnya mau kita protes seperti apapun atau bilang jazz lebih enak dari brio, bagi HPM cara ngejual brio sekarang adalah cara mereka ngejual / nge-branding jazz dulu. krn subconciously mereka sadar bahwa pasar brio sekarang adalah pasar yang ditinggalkan jazz dulu.

jadi ya kalau mau fair bandingin "kelas yang sama" ya bandinginnya sama yang seukuran bukan yang "nama" nya sama aja om krn mobil makin lama makin melar dan digantikan oleh produk di bawahnya. kijang ya sekarang bandingannya avanza all new.

ini kita ngomongin kelas mobil (by size) ya, bukan ngomongin teknologi dll nya. itu makin complicated lagi. krn kalau innova bandingin reborn dan zenix saja sudah beda spesies. 1nya mobil 1nya truk berkabin.
dulu kijang kapsul 100 jt, keluar tahun 1997. Zenix harga 700 jt keluar tahun 2023. Kan sama sama kijang, berarti zenix kemahalan ?

Menurut google UMR dki tahun 1997 adalah 172.500,
UMR dki tahun 2023 adalah 4.900.000.
Kalau mau zenix dijual harga 100jt gampang, balikin aja UMR dki ke 172.500 ditahun 2023 ini. Harga harga barang dan jasa akan langsung turun semua, termasuk zenix akan turun harga menjadi 100jt aja.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1614
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by darrelund »

Greenhunter wrote: 31 Jul 2023, 22:29
dulu kijang kapsul 100 jt, keluar tahun 1997. Zenix harga 700 jt keluar tahun 2023. Kan sama sama kijang, berarti zenix kemahalan ?

Menurut google UMR dki tahun 1997 adalah 172.500,
UMR dki tahun 2023 adalah 4.900.000.
Kalau mau zenix dijual harga 100jt gampang, balikin aja UMR dki ke 172.500 ditahun 2023 ini. Harga harga barang dan jasa akan langsung turun semua, termasuk zenix akan turun harga menjadi 100jt aja.
100jt taun 97 klo diitung inflasi ya 760jt skrg :big_biglaugh:

jadi ya sebenernya harga mobil segitu" aja, cenderung makin murah

cuma nominal nya aja naik krn inflasi :big_biglaugh:

belum dihitung kurs yg makin lama makin keok :big_biglaugh:

skrg kita org bilang mobil mahal", apalagi jaman dulu :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1614
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by darrelund »

ChZ wrote: 31 Jul 2023, 15:41
Org di sana asuransi total loss malah mikir upgrade civic biasa ke type R kalo baca di forum fb. Asem bener :big_childish:
soal insurance oe jadi inget kapan lalu lihat orang "life hack" ni insurance

awal dia pakai kia soul, terus tabrak. dan itu berkali kali :big_biglaugh:

akirnya dia punya m3, ditabrakin juga

sampe akir nya belio punya aventador :big_biglaugh: :big_biglaugh:

yg f30 biasa ditabrak orang ganti f80 m3 juga banyak, gegara insurance itu :big_biglaugh:
makanya gmn gak diketawain kita. gaji 10x lipet harga lebih murah jauh. kendaraan basic mobil kalo di kita kan kendaraan basic ya motor yg terjangkau orang2.
jadi inget juga bbrp lalu, liat tiktok ada jurnalis bule yg lagi di bali klo gak salah

terus ada konten kreator indo kyk suru nebak gaji dia berapa

awalnya bule tsb naro baseline/ tebakan awal di $5000, akirnya kaget klo jurnalis dimari gajinya $400 :big_biglaugh:

tapi mmg biasanya biaya idup & gaji proporsional um, semakin tinggi UMR semakin tinggi jg biaya idup
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2519
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by KielConstantine »

zonepublic wrote: 31 Jul 2023, 14:31 Di amrik kan harga mobil lebih murah daripada indo,bisa jadi malah murah beli baru daripada merawat mobil tua
Sementara pendapatan di amerika 10x pendapatan indo
Jadi?kalo saya tinggal dan kerja di amerika ya bakal ganti mobil tiap beberapa tahun juga
Berbanding terbalik sama di indo,kenaikan harga mobil lebih tinggi dari kenaikan pendapatan
Image

Di amrik civic type R cuma 660jutaan,di indo dah 1m lebih
Kalo liat gitu bawaannya emang bikin kesel seh.. USD 45K mah di US anak muda kerja jadi tukang ganti popok lansia jg bisa beli :wkkk:

Dah ah balik ngerondok dipojokan dulu cari wangsit
#masihcaricarapindahwarganegaratapiteteppunyaasetbisnisdiindon :ngacir: :ngacir:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by ChZ »

Greenhunter wrote: 31 Jul 2023, 22:29 dulu kijang kapsul 100 jt, keluar tahun 1997. Zenix harga 700 jt keluar tahun 2023. Kan sama sama kijang, berarti zenix kemahalan ?

Menurut google UMR dki tahun 1997 adalah 172.500,
UMR dki tahun 2023 adalah 4.900.000.
Kalau mau zenix dijual harga 100jt gampang, balikin aja UMR dki ke 172.500 ditahun 2023 ini. Harga harga barang dan jasa akan langsung turun semua, termasuk zenix akan turun harga menjadi 100jt aja.
Karena mobilnya jg naik kelas om makanya saya bilang ngomongin kenaikan itu kompleks gak bisa mentah bilang mobil kayak honda civic 1st gen marketnya masih sama kayak civic 11th gen.

Civic 1st gen aja kan lebih kecil dari honda brio.

Tp itu masih gampang kalo yg rancang bangunnya gak nyambung macem zenix makin sulit. Dari truckbased ke car-based tp pake nameplate sama.

Sementara sejak innova kijang udah gak di persepsikan sbg entry level car beda ma kapsul msh terjangkau :mky_03: pinternya toyota ngebaca marketnya blm bisa afford kijang naik kelas, dibuatlah kelas bawahnya buat gantikan status kijang sbg "mobil rakyat".

Tidak proportional nya kenaikan harga mobil dan penghasilan ini di exploit ampe sekarang buat bikin lower quality lower class car :mky_03: sementara yg dulu low jadi makin naik kelas.

Soalnya global market car. di tempat lain mbl yang kita anggep mewah ya biasa2 aja :mky_03: misal BMW 3-series 320i di sini mewah di luar mah minim 340i apa M3 aja masih mobil biasa :mky_03:

Justru yg aturan kemahalan itu reborn org dari innova lama gak berubah banyak suspensi jg masih sama sama aja :mky_03:
Last edited by ChZ on 01 Aug 2023, 09:23, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post