2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by ChZ »

trebla88 wrote: 15 Oct 2023, 21:50 Errr
Ini bkn om sendiri yg pake? Waktubdapet 31.2km/ltr?

Itu range nya 425km kondisi tangki kliatan ampir full
Big no di atas 30km/ltr kalau full toll lurus bukan turunan ya
Gambaran kliatan reset waktu lg jalan itu

Saya masi percaya kalau 25km/ltr dgn kecepatan maks 80km/jam, bener2 lancar.nyetir sendiri.full toll 90%
:big_peace:
kuncinya ada di
1500cc kecepatan 80 kpj rpm cuma 1600an doang padahal 6 speed geared AT doang
to put it short suzuki ga peduli yang penting mpg number is good. rasio gir sepanjang ini keliatan cuma ngejar mpg numbers aja gak peduli faktor lain spt nanjak dan nyalip2.

di ertiga SHVS kan menyedihkan itu 6 speed 0-100 nya 17 detik di indihe :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 584
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by zonepublic »

kunaskun wrote: 14 Oct 2023, 22:39

nambahin saja karena baru saja dapet TD unit punya kenalan, keluaran baru, ready stock, harga entah berapa karena yang pake ga tau, km 1300an sudah ganti oli dengan oli 0W-16 karena oli aslinya bikin tambah lemot.

soal Harga khusus GV ini menurut saya justru good deal banget daripada HRV atau Yaris Cross Hybrid, apalagi kalau rajin tunggu kebiasan Suzuki yang jualan diskon, kenapa:

Ya itulah suzuki sejak indo ngambil barang india yg memang fokus produknya buat efisiensi bahan bakar,bukan teknologi canggih atau performa tinggi
Teknologi mesinnya aja masih MPI dan cuma VVTi pula masih kalah sama dual vvti/iVTEC,apalagi sama hyundai yg udah dual injector GDI&MPI
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by ChZ »

zonepublic wrote: 16 Oct 2023, 13:46
Ya itulah suzuki sejak indo ngambil barang india yg memang fokus produknya buat efisiensi bahan bakar,bukan teknologi canggih atau performa tinggi
Teknologi mesinnya aja masih MPI dan cuma VVTi pula masih kalah sama dual vvti/iVTEC,apalagi sama hyundai yg udah dual injector GDI&MPI
K15C itu pakai dualjet. injektornya ada dua. kasarnya ini mirip dual injector di livina dan juke.

justru suzuki ini pabrikan kecil yang harus di apresiasi. dia modalnya cuma refining teknologi lama. K engine suzuki itu dari suzuki ceples sampe sekarang masih terkenal iritnya. itu K engine dari K12 K14 K15 kan cuma ganti-ganti bore and stroke aja. makanya early design nya punya masalah ma rembes mungkin spek head gasketnya kurang ok di stroke up ke 1500cc.

suzuki ini mirip honda, basicnya bikin motor dan emang mobil2 suzuki dari dulu teknologinya bukan yang terdepan kok. hanya slightly modified version of the econo-engine. M16A adalah M15A di stroke up dan dibuat bisa rev tinggi juga dulu.

K15B engine ertiga itu ga bs diremehin kalo ketemu d transjawa ane pernah ekor2an pake CRV turbo doi ampe 160 masih ngimbangin. paling klo nanti ada versi revisi rasio girboksnya itu GV juga larinya bakal setan jg.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 584
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by zonepublic »

ChZ wrote: 16 Oct 2023, 15:28
zonepublic wrote: 16 Oct 2023, 13:46
Ya itulah suzuki sejak indo ngambil barang india yg memang fokus produknya buat efisiensi bahan bakar,bukan teknologi canggih atau performa tinggi
Teknologi mesinnya aja masih MPI dan cuma VVTi pula masih kalah sama dual vvti/iVTEC,apalagi sama hyundai yg udah dual injector GDI&MPI
K15C itu pakai dualjet. injektornya ada dua. kasarnya ini mirip dual injector di livina dan juke.

justru suzuki ini pabrikan kecil yang harus di apresiasi. dia modalnya cuma refining teknologi lama. K engine suzuki itu dari suzuki ceples sampe sekarang masih terkenal iritnya. itu K engine dari K12 K14 K15 kan cuma ganti-ganti bore and stroke aja. makanya early design nya punya masalah ma rembes mungkin spek head gasketnya kurang ok di stroke up ke 1500cc.

suzuki ini mirip honda, basicnya bikin motor dan emang mobil2 suzuki dari dulu teknologinya bukan yang terdepan kok. hanya slightly modified version of the econo-engine. M16A adalah M15A di stroke up dan dibuat bisa rev tinggi juga dulu.

K15B engine ertiga itu ga bs diremehin kalo ketemu d transjawa ane pernah ekor2an pake CRV turbo doi ampe 160 masih ngimbangin. paling klo nanti ada versi revisi rasio girboksnya itu GV juga larinya bakal setan jg.
Iya k enginenya ngejar efisiensi,btw kemarin akhirnya bisa nyobain suzuki swift GT 2007 manual mesin M15 beda bgt sama K engine suzuki responnya,mau saya ambil tp baris ke 2nya sempit sekali rasanya
Btw dual injectornya ertiga ga seenak dual injectornya hyundai stargazer lho tp ya entahlah krn sama2 cobanya yg matic,satunya matic convensional satunya ivt
Klo honda baru2 kayanya dikasih limiter smua sih
Suzuki yg k12 spt ignis bisa 175kph lo krn mmg ga ada limiternya jadi klo ertiga 1.5 memang bisa 185 kph kayanya,yg ertiga K14 dulu saya coba 175kph mentoknya jadi klo crv masih belom sampe 200 ya masih bisa disalip ertiga
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by ChZ »

zonepublic wrote: 16 Oct 2023, 15:50
Iya k enginenya ngejar efisiensi,btw kemarin akhirnya bisa nyobain suzuki swift GT 2007 manual mesin M15 beda bgt sama K engine suzuki responnya,mau saya ambil tp baris ke 2nya sempit sekali rasanya
Btw dual injectornya ertiga ga seenak dual injectornya hyundai stargazer lho tp ya entahlah krn sama2 cobanya yg matic,satunya matic convensional satunya ivt
Klo honda baru2 kayanya dikasih limiter smua sih
Suzuki yg k12 spt ignis bisa 175kph lo krn mmg ga ada limiternya jadi klo ertiga 1.5 memang bisa 185 kph kayanya,yg ertiga K14 dulu saya coba 175kph mentoknya jadi klo crv masih belom sampe 200 ya masih bisa disalip ertiga
jgn keliru antara efisiensi dan kehematan bbm om.

efisiensi in technical terms itu artinya how much power can be extracted from certain amount of energy used ...

sederhananya :

kalau pagi pagi ngana ngantuk, tp masih bisa lari 100 kilometer itu artinya badan ente efisien dibanding yang musti makan 20 piring nasi padang dulu baru bisa lari sejauh itu.

kalau liat K15B vs M15A - bhp per liternya mirip (100hp-an), tapi K15B bisa pake minyak lebih dikit sih objectively aja K15B itu mesin yang lebih baik. K15B kan dipake di jimny juga. banyak tuh K15B diturboin.

ertiga? K15B belom dual. yg udah K15C (grand vitara). kalau respon mobil faktornya banyak termasuk IVT si stargeter itu ngaruh banget versus 4AT.

CRV disalip ertiga? itu supir CRVnya ngantuk apa gak niat ngeladenin namanya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1295
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by Or4cle »

zonepublic wrote: 16 Oct 2023, 15:50
ChZ wrote: 16 Oct 2023, 15:28
zonepublic wrote: 16 Oct 2023, 13:46
Ya itulah suzuki sejak indo ngambil barang india yg memang fokus produknya buat efisiensi bahan bakar,bukan teknologi canggih atau performa tinggi
Teknologi mesinnya aja masih MPI dan cuma VVTi pula masih kalah sama dual vvti/iVTEC,apalagi sama hyundai yg udah dual injector GDI&MPI
K15C itu pakai dualjet. injektornya ada dua. kasarnya ini mirip dual injector di livina dan juke.

justru suzuki ini pabrikan kecil yang harus di apresiasi. dia modalnya cuma refining teknologi lama. K engine suzuki itu dari suzuki ceples sampe sekarang masih terkenal iritnya. itu K engine dari K12 K14 K15 kan cuma ganti-ganti bore and stroke aja. makanya early design nya punya masalah ma rembes mungkin spek head gasketnya kurang ok di stroke up ke 1500cc.

suzuki ini mirip honda, basicnya bikin motor dan emang mobil2 suzuki dari dulu teknologinya bukan yang terdepan kok. hanya slightly modified version of the econo-engine. M16A adalah M15A di stroke up dan dibuat bisa rev tinggi juga dulu.

K15B engine ertiga itu ga bs diremehin kalo ketemu d transjawa ane pernah ekor2an pake CRV turbo doi ampe 160 masih ngimbangin. paling klo nanti ada versi revisi rasio girboksnya itu GV juga larinya bakal setan jg.
Iya k enginenya ngejar efisiensi,btw kemarin akhirnya bisa nyobain suzuki swift GT 2007 manual mesin M15 beda bgt sama K engine suzuki responnya,mau saya ambil tp baris ke 2nya sempit sekali rasanya
Btw dual injectornya ertiga ga seenak dual injectornya hyundai stargazer lho tp ya entahlah krn sama2 cobanya yg matic,satunya matic convensional satunya ivt
Klo honda baru2 kayanya dikasih limiter smua sih
Suzuki yg k12 spt ignis bisa 175kph lo krn mmg ga ada limiternya jadi klo ertiga 1.5 memang bisa 185 kph kayanya,yg ertiga K14 dulu saya coba 175kph mentoknya jadi klo crv masih belom sampe 200 ya masih bisa disalip ertiga

Kesalahan dasar : berpatokan pada top speed, faktanya berapa detik akselerasi yg dibutuhkan dlm mencapai top yg utama.
Jazz GD3 i-DSI vs Jazz GD3 VTEC sama-sama 1500 CC dgn top speed sama sekitar 180 Kph. Tapi di tol kenyataannya beda, i-DSI keteteran akselerasi lawan VTEC. Apalagi Ertiga, 1500cc mau salip CRV yg 2000cc / 2400cc /1500 cc + turbo :big_sorry:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2519
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by KielConstantine »

Kg usah crv turbo deh


Mobilio manual + remap ecu. Udah bisa ngelibas banyak mobil 1500 cc laennya
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9612
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by Suryaputra »

KielConstantine wrote: 18 Oct 2023, 13:18 Kg usah crv turbo deh


Mobilio manual + remap ecu. Udah bisa ngelibas banyak mobil 1500 cc laennya


Gas polll
Vitek kikin yoo :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1614
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by darrelund »

KielConstantine wrote: 18 Oct 2023, 13:18 Kg usah crv turbo deh


Mobilio manual + remap ecu. Udah bisa ngelibas banyak mobil 1500 cc laennya
oe kapan lalu dapet taksi BB mobilio manual

sebagai penumpang. kerasa kok mantep, gigit bgt manualnya

honda manual kykna emg enak tuh
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5686
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by sintoni »

Sampe skrg belom perna liat mobil ini di jalanan kota ane.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9612
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by Suryaputra »

sintoni wrote: 19 Oct 2023, 09:23 Sampe skrg belom perna liat mobil ini di jalanan kota ane.
saya ketemu baru sekali,
di daerah soekarno-hatta bandung
bentuknya (subjektif opini pribadi) selera prindavan.

di kelas small SUV yg simple dan elegan cuma Seltos dan HRV ajah.
atau WRV dan Sonet.

XForce agak lebay, tapi masih ok lah,
beberapa bagian interiornya ada lapisan matte-silver dan itu bakal ngelotok / ngelupas / scratch dalam waktu >4-5 tahun

Small suv -/+ 400jt yg lain.. antara prindavan look, atau lebay look :ngacir:
Last edited by Suryaputra on 19 Oct 2023, 09:40, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by ChZ »

sintoni wrote: 19 Oct 2023, 09:23 Sampe skrg belom perna liat mobil ini di jalanan kota ane.
di kampung ane surprisingly banyak nih mobil. lumayan sering ketemu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by ChZ »

darrelund wrote: 18 Oct 2023, 14:20
KielConstantine wrote: 18 Oct 2023, 13:18 Kg usah crv turbo deh


Mobilio manual + remap ecu. Udah bisa ngelibas banyak mobil 1500 cc laennya
oe kapan lalu dapet taksi BB mobilio manual

sebagai penumpang. kerasa kok mantep, gigit bgt manualnya

honda manual kykna emg enak tuh
paling berasa kalo dapet grab/gocar/taxi apapun pake honda briok/mobilio, gak gampang bikin mual krn gearingnya alus.

ane pake ploduk2 astra daihatsu yang gearingnya aneh itu malah gampang bgt mual apalagi kalo supirnya bawanya resing. emg aneh si gearing si daihatsu, 1-2 selalu kejauhan jaraknya. masuk 1 nyendul2, masuk 2 gak ada torsi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 19 Oct 2023, 09:35 XForce agak lebay, tapi masih ok lah,
beberapa bagian interiornya ada lapisan matte-silver dan itu bakal ngelotok / ngelupas / scratch dalam waktu >4-5 tahun

Small suv -/+ 400jt yg lain.. antara prindavan look, atau lebay look :ngacir:
ane jujur skrg yang rada bikin goyah iman si Xforce sih. kebiasaan mitsu selalu selling pointnya kabin luas, jok empuk, NVH paling oke. ride nya jg mature bgt. mesin gasnya kudu diurut ya udahlah HRV 1.5 SE ya sama aja. klo males ama cungkwo an ya pilihannya HRV apa Xforce ane sih.

walaupun HRV lebih looker sih model dan pilihan warnanya. Xforce kalo ngga silver aneh.

creta modelnya udah kemakan lawan-lawannya. yarcrot forgettable jg lah. liatinnya ngga pernah napsuin.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1483
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by MSU »

ChZ wrote: 19 Oct 2023, 09:39
darrelund wrote: 18 Oct 2023, 14:20
KielConstantine wrote: 18 Oct 2023, 13:18 Kg usah crv turbo deh


Mobilio manual + remap ecu. Udah bisa ngelibas banyak mobil 1500 cc laennya
oe kapan lalu dapet taksi BB mobilio manual

sebagai penumpang. kerasa kok mantep, gigit bgt manualnya

honda manual kykna emg enak tuh
paling berasa kalo dapet grab/gocar/taxi apapun pake honda briok/mobilio, gak gampang bikin mual krn gearingnya alus.

ane pake ploduk2 astra daihatsu yang gearingnya aneh itu malah gampang bgt mual apalagi kalo supirnya bawanya resing. emg aneh si gearing si daihatsu, 1-2 selalu kejauhan jaraknya. masuk 1 nyendul2, masuk 2 gak ada torsi.
gearing pendek2...driver kantor sampe seringnya pake gear ganjil aja
dari 1 lsg ke 3..abis itu lsg ke 5
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1614
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by darrelund »

ChZ wrote: 19 Oct 2023, 09:43
Suryaputra wrote: 19 Oct 2023, 09:35 XForce agak lebay, tapi masih ok lah,
beberapa bagian interiornya ada lapisan matte-silver dan itu bakal ngelotok / ngelupas / scratch dalam waktu >4-5 tahun

Small suv -/+ 400jt yg lain.. antara prindavan look, atau lebay look :ngacir:
ane jujur skrg yang rada bikin goyah iman si Xforce sih. kebiasaan mitsu selalu selling pointnya kabin luas, jok empuk, NVH paling oke. ride nya jg mature bgt. mesin gasnya kudu diurut ya udahlah HRV 1.5 SE ya sama aja. klo males ama cungkwo an ya pilihannya HRV apa Xforce ane sih.

walaupun HRV lebih looker sih model dan pilihan warnanya. Xforce kalo ngga silver aneh.

creta modelnya udah kemakan lawan-lawannya. yarcrot forgettable jg lah. liatinnya ngga pernah napsuin.
imo xpors sebenernya minus di mesin ajah, terlepas dari komen heran oe di bbrp waktu lalu :big_biglaugh:

secara interior jg xpors mayan lux lah dibanding lawannya, ada fabric di dasbor gtu kyk cx60 :big_biglaugh:

cuma ya oe ngilernya sama hrv dimodipna gampang & safetynya lebi meyakinkan

mungkin nanti di masa depan bisa tuh xpors dicolok 4B10/11 biar makin gigit
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 584
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by zonepublic »

darrelund wrote: 19 Oct 2023, 22:45
ChZ wrote: 19 Oct 2023, 09:43
Suryaputra wrote: 19 Oct 2023, 09:35 XForce agak lebay, tapi masih ok lah,
beberapa bagian interiornya ada lapisan matte-silver dan itu bakal ngelotok / ngelupas / scratch dalam waktu >4-5 tahun

Small suv -/+ 400jt yg lain.. antara prindavan look, atau lebay look :ngacir:
ane jujur skrg yang rada bikin goyah iman si Xforce sih. kebiasaan mitsu selalu selling pointnya kabin luas, jok empuk, NVH paling oke. ride nya jg mature bgt. mesin gasnya kudu diurut ya udahlah HRV 1.5 SE ya sama aja. klo males ama cungkwo an ya pilihannya HRV apa Xforce ane sih.

walaupun HRV lebih looker sih model dan pilihan warnanya. Xforce kalo ngga silver aneh.

creta modelnya udah kemakan lawan-lawannya. yarcrot forgettable jg lah. liatinnya ngga pernah napsuin.
imo xpors sebenernya minus di mesin ajah, terlepas dari komen heran oe di bbrp waktu lalu :big_biglaugh:

secara interior jg xpors mayan lux lah dibanding lawannya, ada fabric di dasbor gtu kyk cx60 :big_biglaugh:

cuma ya oe ngilernya sama hrv dimodipna gampang & safetynya lebi meyakinkan

mungkin nanti di masa depan bisa tuh xpors dicolok 4B10/11 biar makin gigit
Xporce belom sempet tes driv cuma kemarin lihat di mall aja mobil dan interiornya (krn baru nongol di kota semarang 2 hari ini)katanya mmg sengaja ga dikeluarin buat GIIAS
Jadi belom bisa komen soal driving experience
IMG-20231018-WA0071.jpeg
Cuma kalo soal ergonomi buat saya masih kurang dr sudut pandang driver
Setirnya meskipun sudah tilt&teleskopik ukurannya nanggung,saya ga bisa nemu setelan pas
Klo kursi saya majuin kaki saya nekuk,klo kursi saya mundurin setirnya kejauhan
Ditambah konsolnya kegedean klo dari panjang kaki ya lumayan tapi lebar ruang paha kurang,kaki saya tidak bisa nekuk ke samping dengan lega,berasa agak sesak spt karimun wagon R
Lihat tuh di pic kaki saya sebelah kiri paha sampe terangkat tinggi ,bukan sengaja saya angkat lo ya,jadi saya rasa orang yg berpostur lebar dan berkaki cukup panjang cukup duduk sbg penumpang di baris 2 saja lbh nyaman
Nanti klo sudah TD saya update lg,tp klo mesin dan respon transmisinya persis dengan xpander setelah facelift kayanya kok ya saya kurang cocok juga
Tp poin plusnya saya cukup suka dasbornya yg pake lapisan kain kanvas jadi empuk2 gitu memang tidak mewah dan BQ rasanya lbh solid daripada HRV
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1388
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by AbdulHakim »

sintoni wrote: 19 Oct 2023, 09:23 Sampe skrg belom perna liat mobil ini di jalanan kota ane.
saya pas ke bogor sering liat nih GV, cakep juga ternyata pas liat langsung.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by ChZ »

darrelund wrote: 19 Oct 2023, 22:45 imo xpors sebenernya minus di mesin ajah, terlepas dari komen heran oe di bbrp waktu lalu :big_biglaugh:

secara interior jg xpors mayan lux lah dibanding lawannya, ada fabric di dasbor gtu kyk cx60 :big_biglaugh:

cuma ya oe ngilernya sama hrv dimodipna gampang & safetynya lebi meyakinkan

mungkin nanti di masa depan bisa tuh xpors dicolok 4B10/11 biar makin gigit
Wkwkwk kalo buat didandanin emang haervi sih sekarang. Ane aja mikir kok honda kayaknya jual HRV emang buat diutak atik. Sempet kepikir pengen 1 buat diacak2 :big_biglaugh:

Pilihan warna unik2, design clean look gini main velg2 gitu keren. Kit mugen modulonya jg kg norak.

XFC aslinya di remep aja dah enak harusnya. Kayak Xpander di remap banyak yg bilang naiknya gede.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by kunaskun »

ChZ wrote: 19 Oct 2023, 09:39 paling berasa kalo dapet grab/gocar/taxi apapun pake honda briok/mobilio, gak gampang bikin mual krn gearingnya alus.

ane pake ploduk2 astra daihatsu yang gearingnya aneh itu malah gampang bgt mual apalagi kalo supirnya bawanya resing. emg aneh si gearing si daihatsu, 1-2 selalu kejauhan jaraknya. masuk 1 nyendul2, masuk 2 gak ada torsi.
karena Indonesia ga cuma kota besar jawa ketambahan market indo kan unik2, brio unggul vs agya ayla agya GR aja sudah menunjukkan. nah yang di pelosok juga mesti diperhitungkan, makanya test nanjak gradien extreme itu wajib :big_biglaugh: gear 1 biar tarikan kaya angkot bisa narik ODOL, gear 2 biar halus, gear 5 biar bisa sruntulan lane hogger di kanan. untung aja ga dipasang 6 speed kaya honda.
ChZ wrote: 20 Oct 2023, 07:08 XFC aslinya di remep aja dah enak harusnya. Kayak Xpander di remap banyak yg bilang naiknya gede.
xpander 2017 4AT ultimate dulu kenalan ada yang remap, hasilnya cuma nolong pas tarikan bawah jadi lebih masuk akal tarikannya. entah d sekarang. tapi logisnya dengan CVT bisalah lebih beres larinya, apalagi bikinan JATCO :big_exellent:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by ChZ »

kunaskun wrote: 21 Oct 2023, 20:43
karena Indonesia ga cuma kota besar jawa ketambahan market indo kan unik2, brio unggul vs agya ayla agya GR aja sudah menunjukkan. nah yang di pelosok juga mesti diperhitungkan, makanya test nanjak gradien extreme itu wajib :big_biglaugh: gear 1 biar tarikan kaya angkot bisa narik ODOL, gear 2 biar halus, gear 5 biar bisa sruntulan lane hogger di kanan. untung aja ga dipasang 6 speed kaya honda.


xpander 2017 4AT ultimate dulu kenalan ada yang remap, hasilnya cuma nolong pas tarikan bawah jadi lebih masuk akal tarikannya. entah d sekarang. tapi logisnya dengan CVT bisalah lebih beres larinya, apalagi bikinan JATCO :big_exellent:
Lah justru enaknya beriok kan karena alusnya itu mbah gearingnya ideal buat perkotaan yg manual.

Ane si tetep gmn sama agya ayla gr, pasca skandal dnga jadi ragu ma toyodai pake dnga. Maren di giias smg aja da males ke toyota. TDnya cuma yarcrot. Wkwkwk.

Espander justru perlu top end nya rada dimainin, itu mesin timingnya berasa mundur sekali top endnya ga dimainin alhasil atasnya malah jadi kurang linear. CVTnya ok asal jangan kacrut aja nanti interval ganti oli metiknya.

Yg 4at suka cepet ngejedug krn mitsu ga ngasi jadwal ganti metik sblm 80k. Jatco di nissunk rata rata ambrol kan krn kepedean gak dikasi ganti oli metik
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by kunaskun »

ChZ wrote: 21 Oct 2023, 22:06 Lah justru enaknya beriok kan karena alusnya itu mbah gearingnya ideal buat perkotaan yg manual.
nah daihatsu mikirnya jauh ke depan, mesti bisa mendaki gunung lewati lembah berubah menjadi amphibi pula makanya gear ratio-nya begitu. :big_biglaugh:
Ane si tetep gmn sama agya ayla gr, pasca skandal dnga jadi ragu ma toyodai pake dnga. Maren di giias smg aja da males ke toyota. TDnya cuma yarcrot. Wkwkwk.

Espander justru perlu top end nya rada dimainin, itu mesin timingnya berasa mundur sekali top endnya ga dimainin alhasil atasnya malah jadi kurang linear. CVTnya ok asal jangan kacrut aja nanti interval ganti oli metiknya.

Yg 4at suka cepet ngejedug krn mitsu ga ngasi jadwal ganti metik sblm 80k. Jatco di nissunk rata rata ambrol kan krn kepedean gak dikasi ganti oli metik
yap, kira2 digituinlah mestinya, bawaannya diset kelewat eco kali.
Xenon42
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 03 Nov 2023, 20:23

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by Xenon42 »

darrelund wrote: 18 Oct 2023, 14:20
KielConstantine wrote: 18 Oct 2023, 13:18 Kg usah crv turbo deh


Mobilio manual + remap ecu. Udah bisa ngelibas banyak mobil 1500 cc laennya
oe kapan lalu dapet taksi BB mobilio manual

sebagai penumpang. kerasa kok mantep, gigit bgt manualnya

honda manual kykna emg enak tuh
Sbg ex user GE8 manual selama +- 10 tahun ane setuju pake bgt hehe

Manual nya honda itu nyaman bgt , feeling kopling rem gas serasa selaras gt, nikmat bgt buat bejek2, cuman kurangny GE8 nya aja sih yg putaran bawahnya lemot

Pernah bawa Ertiga manual pny bokap jg mirip2 honda cuman aga ngempos

Yg aga aneh/kagok itu pernah bawa Yaris manual pny temen, koplingnya it kasar & ga selaras sm perpindahan giginya, rasanya ndut ndutan

Overall manual nya honda is the best sih so far.
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 413
Joined: 27 Dec 2015, 22:18

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by fl4b1e »

kesan saya sih pas duduk di GV pas lagi masukkin XL7 saja
1. yes bener, Building quality ok, dan tumben brand satu ini banyak masukkin printilan tombol. Mengingatkan saya dengan Suzuki Swift pada jamannya baru jeluar.
2. Posisi duduk jok depan, mantap tuk tinggi saya 180/100kg. lebih enak dari XL7 saya, meski ga serendah Creta di rumah.
3. jok belakang, hmmm.. rasanya saya masih lebih nyaman di XL7 karena lebih rebah bangkunya serta masalah kelegaan kalah lega dibanding Creta. ruang belakang GV ini rada sempit ya..
4. liat figur tenaga yg 101 serta baca review Om Chz, mnrt saya sih Suzuki gak ngejar HRV yaa.. lebih ngejar Creta atau Yaris Cross Non Hybrid tuk kinerja. Pas saya liat hasil review2 di YT, ya memang keiriitan bbm memang lebih tangguh, serta realibility 6AT mungkin diatas CVT yaa.. Jadi cuma mobil Cross over dalam kota tuk hajar jalan rusak di ibukota, nembus genangan sama irit aja serta bisa dibawa ke puncak atau bandung pas akhir pekan. itulah kesan yg saya dapat.
5. Tapi apakah saya akan mikir tuk beli, hmmm.. Di 2024 ini, kalau kejar keiritan, jujur saya mungkin lebih milih EV2 mulai dari MG4EV, Dolphin, Binguo atau kalau saya konservatif milih Yaris Cross Hybrid. Value preposition si GV ini even kalah sama Creta karena ga ada ADAS atau Bluelink, atau Honda Sensing di HRV. Ya jujur ADAS ini ngebantu bgt tuk saya yang nyetir 4 jam pp tiap hari tuk jarak 40km.. suka ngantuk soalnya.. wwwkwkkwk..
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post