Long Term Ownership Honda Vario Techno 125 2014

Segala motor tipe scooter (Mio, Kymco, Vespa, Vario, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: 22 Feb 2012, 17:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Long Term Ownership Honda Vario Techno 125 2014

Post by classicrock »

Halo om om semua, setelah lumayan lama pakai si Vario, saya mau berbagi soal skutik yang sebentar lagi mau ulang tahun ke-9 ini.

Skuter matik satu ini biasa dipanggil Vario 125, Vario 125 old atau bahkan disebut Vario 125 super old. Selama hampir 9 tahun, skuter ini baru menempuh jarak +/- 24.650 km saja, relatif rendah untuk usianya.

Oke kita mulai, skuter ini saya beli untuk menggantikan Honda BeAT karbu tahun 2009 yang waktu itu terasa kekecilan buat saya. Poin plus yang langsung terasa adalah bagasinya cukup besar, bisa muat helm KYT DJ Maru atau INK Metro 2 tanpa ribet, posisi duduk lebih nyaman untuk tinggi badan 170 cm dan tangki bensinnya berkapasitas 5,5 liter, cukup bikin saya isi BBM tiap seminggu sekali dengan Shell V-Power.

Untuk perawatan cukup mudah, bahkan perawatan rutin seperti ganti oli mesin dan oli gear, busi, saringan udara, air radiator serta brake pad bisa dikerjakan sendiri di rumah. Tapi untuk urusan perawatan CVT, ganti komstir dan ganti brake shoe belakang tetap saya serahkan ke bengkel langganan (males ribet [emoji1787]). Untuk oli mesinnya sendiri, setelah beberapa kali coba oli dari berbagai merk (Honda MPX 2/PTT Challenger/Shell AX7), akhirnya saya setia sama Castrol Power 1 Ultimate 10W30. Ganti oli saya lakukan setiap 2.000 km (sehari jalan 50 km). Untuk konsumsi BBM nya saya pernah ukur full to full dapat 1 ltr : 48 km dengan kondisi berangkat dan pulang selalu berdua.

Selama hampir 9 tahun pemakaian, keadaannya saya biarkan hampir 100% standar, kecuali lampu depan saya ganti dengan LED dari Osram. Untuk parts yang udah diganti sejauh ini baru shockbreaker belakang, lalu ban sudah dua kali ganti, yang terakhir saya percayakan ke Michelin City Extra. Accu juga sudah dua kali ganti karena skuter ini sempat dalam suatu waktu agak lama tidak dipakai. Terakhir kali jajan sih dia minta waterpump baru.

Lalu apa yang menurut saya kurang? Pertama, joknya keras, untuk perjalanan jauh wah pantat puanas...[emoji2359] Kedua, komstir agak ringkih, kalau sering lewat jalan rusak pasti jadi sering minta stel/ganti. Ketiga, dalam keadaan mesin masih dingin, tenaga mesinnya sering terasa tertahan, tapi ini bukan major problem sih, cukup panaskan selama +/- 2 menit untuk kondisi start pagi hari, lalu bawa jalan santai, ketika mesin sudah mencapai temperatur kerja maka problem ini hilang sendiri. Selebihnya saya suka dengan skuter satu ini, bobotnya pas, handlingnya bagus dan tenaga mesinnya masuk kategori cukup buat harian. Kayanya segitu dulu cerita saya soal si Vario.
20230722_192024.jpg
20230722_191927.jpg
20230705_114947.jpg
20230705_114956.jpg
20230705_115110.jpg
20140905_122506.jpg
20140905_122506.jpg (49.98 KiB) Viewed 910 times
20230629_091948.jpg
20230629_092038.jpg
20230629_092133.jpg
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 414
Joined: 27 Dec 2015, 22:18

Re: Long Term Ownership Honda Vario Techno 125 2014

Post by fl4b1e »

Wuih mantap review-nya Om.

Saya sendiri pakalai Lexi oemakaian 3 tahun hanya kepakai 6600km, jadi 24ribu km dalam 9 tahun itu Mnrt saya kehitung rendah.. wwkwwk.

Masalah jok, ya saya mafhum kalau Honda Vario memang biasanya rada keras kalau dibanding Lexi saya.

Btw sekilas motor TS terlihat terawat kok. Biasanya motor Honda tuh bodinya cepet kusam, tapi sepintas kalau Vario om 9 tahun kondisinya maknyus begitu, nungkin jedeoannya saya bisa beralih juga ke Honda ADV atau Vario 160 deh mudah2an :)
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 586
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: Long Term Ownership Honda Vario Techno 125 2014

Post by zonepublic »

Kok banyak sekali ya part yang diganti?kalah di umur sepertinya krn dulu saya pake vario 125 fi (terkenal dengan sebutan vario ngorok krn mmg unitnya banyak yang ngorok)sejak 2013 saya pake sampe 45ribuan sebelum saya jual di 2016 buat naik ke vario 150 prnya cuma ganti bohlam lampu rem 2x, oli mesin& gardan dan ganti belt+roller set 1x,kampas rem belakang ganti sekali,udah itu aja ,jangankan shokbeker,komstir,accu aja belum pernah ganti
Dan kons bbmnya buat saya yg berat 100kg++ tembus 58-60km/L kok bbm juga selalu premium kalo vario 150 baru turun jadi 1:52-54km/L
Coba ganti olinya pake 0w-20 buat oli mesin&gardan interval ganti oli saya dulu sih 10ribu km biar irit bbm sejak 2012 sampe sekarang motor saya selalu saya kasi oli 0w-20 dari merk amsoil,ptt,fastron gold,shell helix extend
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: 22 Feb 2012, 17:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Long Term Ownership Honda Vario Techno 125 2014

Post by classicrock »

fl4b1e wrote:Wuih mantap review-nya Om.

Saya sendiri pakalai Lexi oemakaian 3 tahun hanya kepakai 6600km, jadi 24ribu km dalam 9 tahun itu Mnrt saya kehitung rendah.. wwkwwk.

Masalah jok, ya saya mafhum kalau Honda Vario memang biasanya rada keras kalau dibanding Lexi saya.

Btw sekilas motor TS terlihat terawat kok. Biasanya motor Honda tuh bodinya cepet kusam, tapi sepintas kalau Vario om 9 tahun kondisinya maknyus begitu, nungkin jedeoannya saya bisa beralih juga ke Honda ADV atau Vario 160 deh mudah2an :)
Hehe iya om, jarak tempuh memang masih rendah buat tahun segini. Kalo untuk bodi belum kusam mungkin karena parkirnya selalu indoor, jadi jarang kejemur lama dalam kondisi diam.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: 22 Feb 2012, 17:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Long Term Ownership Honda Vario Techno 125 2014

Post by classicrock »

zonepublic wrote:Kok banyak sekali ya part yang diganti?kalah di umur sepertinya krn dulu saya pake vario 125 fi (terkenal dengan sebutan vario ngorok krn mmg unitnya banyak yang ngorok)sejak 2013 saya pake sampe 45ribuan sebelum saya jual di 2016 buat naik ke vario 150 prnya cuma ganti bohlam lampu rem 2x, oli mesin& gardan dan ganti belt+roller set 1x,kampas rem belakang ganti sekali,udah itu aja ,jangankan shokbeker,komstir,accu aja belum pernah ganti
Dan kons bbmnya buat saya yg berat 100kg++ tembus 58-60km/L kok bbm juga selalu premium kalo vario 150 baru turun jadi 1:52-54km/L
Coba ganti olinya pake 0w-20 buat oli mesin&gardan interval ganti oli saya dulu sih 10ribu km biar irit bbm sejak 2012 sampe sekarang motor saya selalu saya kasi oli 0w-20 dari merk amsoil,ptt,fastron gold,shell helix extend
Kalo yang diganti selama ini lebih ke yang habis terpakai aja sih om. Kalau yang kemakan umur betul, ada ban dan accu.

Accu sempet kalah karena kelamaan parkir dan ban keburu retak padahal baru kepakai 50%.

Kalau kaya selang selang air lebih ke preventif aja, umur segini beberapa selang udah ada yang retak, takut aja kalo pecah di jalan malah jadi repot.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1295
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Long Term Ownership Honda Vario Techno 125 2014

Post by Or4cle »

Vario 125 FI jok dan bantingannya memang keras
Apalagi kalau di jalan lagi kebelet, lewat jalan rusak / poldur dijamin penyiksaan banget.
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: 22 Feb 2012, 17:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Long Term Ownership Honda Vario Techno 125 2014

Post by classicrock »

Or4cle wrote:Vario 125 FI jok dan bantingannya memang keras
Apalagi kalau di jalan lagi kebelet, lewat jalan rusak / poldur dijamin penyiksaan banget.
Iya nih om, jadi mikir pengen pasang seat cover punya Vario 125 yang baru. Kabarnya sih cocok plug n play. Trus ada yang bilang jadi lebih empuk joknya.
SmartSelect_20230724_093204.jpg
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
mobilkutu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 409
Joined: 16 Dec 2015, 09:27

Re: Long Term Ownership Honda Vario Techno 125 2014

Post by mobilkutu »

classicrock wrote: 24 Jul 2023, 09:33
Or4cle wrote:Vario 125 FI jok dan bantingannya memang keras
Apalagi kalau di jalan lagi kebelet, lewat jalan rusak / poldur dijamin penyiksaan banget.
Iya nih om, jadi mikir pengen pasang seat cover punya Vario 125 yang baru. Kabarnya sih cocok plug n play. Trus ada yang bilang jadi lebih empuk joknya.SmartSelect_20230724_093204.jpg
Pinter bgt ahass jualan accesoris :mky_03:
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: 30 Sep 2015, 16:29

Re: Long Term Ownership Honda Vario Techno 125 2014

Post by black2345 »

9th baru jalan 24k itu rendah bgt sih om.. sy pake nmax 2th uda tembus 14k, padahal sehari kurang lebih 30km jarak tempuhnya..

Selain joknya yg keras, menurut sy ini vario yg paling proper proporsinya. Bisa pas gitu, nggak kebesaren spt skutik2 skrg. Dirawat & disimpen terus om, siapa tau kedepannya akan booming & naik harganya
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: 22 Feb 2012, 17:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Long Term Ownership Honda Vario Techno 125 2014

Post by classicrock »

mobilkutu wrote:
classicrock wrote: 24 Jul 2023, 09:33
Or4cle wrote:Vario 125 FI jok dan bantingannya memang keras
Apalagi kalau di jalan lagi kebelet, lewat jalan rusak / poldur dijamin penyiksaan banget.
Iya nih om, jadi mikir pengen pasang seat cover punya Vario 125 yang baru. Kabarnya sih cocok plug n play. Trus ada yang bilang jadi lebih empuk joknya.SmartSelect_20230724_093204.jpg
Pinter bgt ahass jualan accesoris :mky_03:
Hahahaha...baru kali ini kayanya ada asesoris cover jok buat vario, makanya jadi penasaran saya.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: 22 Feb 2012, 17:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Long Term Ownership Honda Vario Techno 125 2014

Post by classicrock »

black2345 wrote:9th baru jalan 24k itu rendah bgt sih om.. sy pake nmax 2th uda tembus 14k, padahal sehari kurang lebih 30km jarak tempuhnya..

Selain joknya yg keras, menurut sy ini vario yg paling proper proporsinya. Bisa pas gitu, nggak kebesaren spt skutik2 skrg. Dirawat & disimpen terus om, siapa tau kedepannya akan booming & naik harganya
Betul om, jarak tempuhnya rendah karena sempet diem lama dia. Baru intens kepakai lagi +/- setahun terakhir ini. Tau tau kilometernya nambah 10 rb an hehehe...tadinya saya lebih sering pakai mobil.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1388
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Long Term Ownership Honda Vario Techno 125 2014

Post by AbdulHakim »

classicrock wrote: 24 Jul 2023, 09:33
Or4cle wrote:Vario 125 FI jok dan bantingannya memang keras
Apalagi kalau di jalan lagi kebelet, lewat jalan rusak / poldur dijamin penyiksaan banget.
Iya nih om, jadi mikir pengen pasang seat cover punya Vario 125 yang baru. Kabarnya sih cocok plug n play. Trus ada yang bilang jadi lebih empuk joknya.SmartSelect_20230724_093204.jpg
Karena dicakar2 kucing trus diganti pake MBTech cuma 120rb
IMG_1692.jpeg
Vario 125 2017
almer18
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 83
Joined: 05 Apr 2020, 17:14
Location: South Tangerang
Daily Vehicle: Proton Exora

Re: Long Term Ownership Honda Vario Techno 125 2014

Post by almer18 »

Mirip dengan motor mertua ane.. Tahunnya sama lagi,, 2014
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: 22 Feb 2012, 17:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Long Term Ownership Honda Vario Techno 125 2014

Post by classicrock »

AbdulHakim wrote:
classicrock wrote: 24 Jul 2023, 09:33
Or4cle wrote:Vario 125 FI jok dan bantingannya memang keras
Apalagi kalau di jalan lagi kebelet, lewat jalan rusak / poldur dijamin penyiksaan banget.
Iya nih om, jadi mikir pengen pasang seat cover punya Vario 125 yang baru. Kabarnya sih cocok plug n play. Trus ada yang bilang jadi lebih empuk joknya.SmartSelect_20230724_093204.jpg
Karena dicakar2 kucing trus diganti pake MBTech cuma 120rb
IMG_1692.jpeg
Vario 125 2017
Haha paham om, saya di rumah ada kucing juga, jadi kalo udah masuk rumah langsung pasang kardus atau apapun buat jagain jok.

Btw ini ganti kulit luarnya aja atau busanya dibikin empuk sekalian om?
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: 22 Feb 2012, 17:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Long Term Ownership Honda Vario Techno 125 2014

Post by classicrock »

almer18 wrote:Mirip dengan motor mertua ane.. Tahunnya sama lagi,, 2014
Hehe iya om sesuai kebiasaan Honda, tiap tahun cuma main warna sama stripping, jadinya gampang bedain tahunnya.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1388
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Long Term Ownership Honda Vario Techno 125 2014

Post by AbdulHakim »

classicrock wrote: 25 Jul 2023, 06:42
AbdulHakim wrote:
classicrock wrote: 24 Jul 2023, 09:33 Iya nih om, jadi mikir pengen pasang seat cover punya Vario 125 yang baru. Kabarnya sih cocok plug n play. Trus ada yang bilang jadi lebih empuk joknya.SmartSelect_20230724_093204.jpg
Karena dicakar2 kucing trus diganti pake MBTech cuma 120rb
IMG_1692.jpeg
Vario 125 2017
Haha paham om, saya di rumah ada kucing juga, jadi kalo udah masuk rumah langsung pasang kardus atau apapun buat jagain jok.

Btw ini ganti kulit luarnya aja atau busanya dibikin empuk sekalian om?
ganti kulitnya aja om, tukang jok nya yang enggan nambah2 kerjaan kyk nambah busa atau latex gitu.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1487
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Long Term Ownership Honda Vario Techno 125 2014

Post by MSU »

zonepublic wrote: 22 Jul 2023, 21:59 Kok banyak sekali ya part yang diganti?kalah di umur sepertinya krn dulu saya pake vario 125 fi (terkenal dengan sebutan vario ngorok krn mmg unitnya banyak yang ngorok)sejak 2013 saya pake sampe 45ribuan sebelum saya jual di 2016 buat naik ke vario 150 prnya cuma ganti bohlam lampu rem 2x, oli mesin& gardan dan ganti belt+roller set 1x,kampas rem belakang ganti sekali,udah itu aja ,jangankan shokbeker,komstir,accu aja belum pernah ganti
Dan kons bbmnya buat saya yg berat 100kg++ tembus 58-60km/L kok bbm juga selalu premium kalo vario 150 baru turun jadi 1:52-54km/L
Coba ganti olinya pake 0w-20 buat oli mesin&gardan interval ganti oli saya dulu sih 10ribu km biar irit bbm sejak 2012 sampe sekarang motor saya selalu saya kasi oli 0w-20 dari merk amsoil,ptt,fastron gold,shell helix extend
0W-20 utk 10rb km nguap ga om?
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 586
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: Long Term Ownership Honda Vario Techno 125 2014

Post by zonepublic »

MSU wrote: 25 Jul 2023, 12:46
zonepublic wrote: 22 Jul 2023, 21:59 Kok banyak sekali ya part yang diganti?kalah di umur sepertinya krn dulu saya pake vario 125 fi (terkenal dengan sebutan vario ngorok krn mmg unitnya banyak yang ngorok)sejak 2013 saya pake sampe 45ribuan sebelum saya jual di 2016 buat naik ke vario 150 prnya cuma ganti bohlam lampu rem 2x, oli mesin& gardan dan ganti belt+roller set 1x,kampas rem belakang ganti sekali,udah itu aja ,jangankan shokbeker,komstir,accu aja belum pernah ganti
Dan kons bbmnya buat saya yg berat 100kg++ tembus 58-60km/L kok bbm juga selalu premium kalo vario 150 baru turun jadi 1:52-54km/L
Coba ganti olinya pake 0w-20 buat oli mesin&gardan interval ganti oli saya dulu sih 10ribu km biar irit bbm sejak 2012 sampe sekarang motor saya selalu saya kasi oli 0w-20 dari merk amsoil,ptt,fastron gold,shell helix extend
0W-20 utk 10rb km nguap ga om?
Nguap 100ml sih,tp balik lg olinya wajib oli bagus klo buat long drain
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Long Term Ownership Honda Vario Techno 125 2014

Post by pengendiesel »

fl4b1e wrote: 22 Jul 2023, 20:30 Wuih mantap review-nya Om.

Saya sendiri pakalai Lexi oemakaian 3 tahun hanya kepakai 6600km, jadi 24ribu km dalam 9 tahun itu Mnrt saya kehitung rendah.. wwkwwk.

Masalah jok, ya saya mafhum kalau Honda Vario memang biasanya rada keras kalau dibanding Lexi saya.

Btw sekilas motor TS terlihat terawat kok. Biasanya motor Honda tuh bodinya cepet kusam, tapi sepintas kalau Vario om 9 tahun kondisinya maknyus begitu, nungkin jedeoannya saya bisa beralih juga ke Honda ADV atau Vario 160 deh mudah2an :)
Lexi gimana om? Imo masih value for money dan yang pasti bisa buat kerja karena lantainya rata.
Tapi liat di youtube banyak yang kena kode eror 12.
Apakah bodinya sudah termasuk merepotkan saat di kemacetan dan parkir? Sama nmax masih lebar nmax kan ya?
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: 24 Aug 2022, 15:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011
Contact:

Re: Long Term Ownership Honda Vario Techno 125 2014

Post by daimler »

Wah low km jg br 24K umur dah 9tahun, kalo businya pake yg iridium blm perlu ganti bahkan :big_biglaugh:
Itu lampu dpn ganti osram led ya om? Boleh review penampakannya di malam hari ga? Penasaran jg mau ganti led osram cm liat2 di yutub ada yg nyaranin led philips jd galau :big_think:
Joknya keras mungkin bisa diakalin dengan beli busa latex, trs minta pasang ke tukang jok langganan. Di motor saya yg lain saya gituin, lmayan empukan dikit ( atau kalo kata user2 vario lain ganti pakai joknya punya mio lbih empuk, cm ogut sndiri blm pernah nyoba)
Akinya kali cara lama kalo ga pas dipake ya copot kutub negatifnya aja biar ga ada parasitic drain
AbdulHakim wrote: 24 Jul 2023, 21:20 -cut-

Karena dicakar2 kucing trus diganti pake MBTech cuma 120rb
IMG_1692.jpeg
Vario 125 2017
Lah ogud malah jok motor dah diganti mbtech, ehh jd korban jasa cakar jok keliling wasalam :big_cry: jdnya sementara ini ganti kulit yg murah2 aja dah
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: 22 Feb 2012, 17:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Long Term Ownership Honda Vario Techno 125 2014

Post by classicrock »

daimler wrote:Wah low km jg br 24K umur dah 9tahun, kalo businya pake yg iridium blm perlu ganti bahkan :big_biglaugh:
Itu lampu dpn ganti osram led ya om? Boleh review penampakannya di malam hari ga? Penasaran jg mau ganti led osram cm liat2 di yutub ada yg nyaranin led philips jd galau :big_think:
Joknya keras mungkin bisa diakalin dengan beli busa latex, trs minta pasang ke tukang jok langganan. Di motor saya yg lain saya gituin, lmayan empukan dikit ( atau kalo kata user2 vario lain ganti pakai joknya punya mio lbih empuk, cm ogut sndiri blm pernah nyoba)
Akinya kali cara lama kalo ga pas dipake ya copot kutub negatifnya aja biar ga ada parasitic drain
AbdulHakim wrote: 24 Jul 2023, 21:20 -cut-

Karena dicakar2 kucing trus diganti pake MBTech cuma 120rb
IMG_1692.jpeg
Vario 125 2017
Lah ogud malah jok motor dah diganti mbtech, ehh jd korban jasa cakar jok keliling wasalam :big_cry: jdnya sementara ini ganti kulit yg murah2 aja dah
Thank you tips jok dan accu nya om.

Untuk lampu coba nanti pas malam hari saya fotoin ya om. Kalo menurut saya sih untuk lampu dekatnya memang lebih baik ketimbang bohlam lampu standarnya yang kuning itu, tapi ngga terlalu istimewa. Untuk lampu jauhnya hanya nambah sedikit tinggi aja cahayanya, tapi ngga terlalu jauh.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: 14 Jun 2020, 13:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: Long Term Ownership Honda Vario Techno 125 2014

Post by Poporing »

mirip om ama punya saya...
ahahahha
tp sy uda ganti peleg paryo LED
Image 2023-08-14.jpg
itu abis bongkar2 (ceritanya mau peremajaan).. cek panel2 yg patah.. ternyata buanyak buanget
akhirnya cm ganti 3 panel (reflektor rem belakang, dasi depan ama front lower cover).. karena mahal bgt
mahal amat body panel ngonda

itu abis ganti ban blkg (dari dulu michelin pilot street)
shock belakang
cakram depan, kampas depan, piston, seal piston, brake fluid, seal cylinder dkk
minumnya selalu v power

masalahnya dari dulu cuma di lampu depan dan lampu tengah blkg yg sering putus..... :mky_01:

sempet punya pcx k97, tp akhirnya dijual murah.. vario dipake lg
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: 22 Feb 2012, 17:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Long Term Ownership Honda Vario Techno 125 2014

Post by classicrock »

Poporing wrote:mirip om ama punya saya...
ahahahha
tp sy uda ganti peleg paryo LED
Image 2023-08-14.jpg
itu abis bongkar2 (ceritanya mau peremajaan).. cek panel2 yg patah.. ternyata buanyak buanget
akhirnya cm ganti 3 panel (reflektor rem belakang, dasi depan ama front lower cover).. karena mahal bgt
mahal amat body panel ngonda

itu abis ganti ban blkg (dari dulu michelin pilot street)
shock belakang
cakram depan, kampas depan, piston, seal piston, brake fluid, seal cylinder dkk
minumnya selalu v power

masalahnya dari dulu cuma di lampu depan dan lampu tengah blkg yg sering putus..... :mky_01:

sempet punya pcx k97, tp akhirnya dijual murah.. vario dipake lg
Wuah mayan banyak juga om yang diganti, kayanya jam terbang Vario nya udah tinggi nih ya?

Btw penasaran, kenapa dari PCX balik ke Vario om?

Oh iya buat lampu tengah belakang sama lampu plat nomor saya pake LED Osram yang T10, awet dan lumayan terang.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: 14 Jun 2020, 13:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: Long Term Ownership Honda Vario Techno 125 2014

Post by Poporing »

classicrock wrote: 14 Aug 2023, 17:30 Wuah mayan banyak juga om yang diganti, kayanya jam terbang Vario nya udah tinggi nih ya?

Btw penasaran, kenapa dari PCX balik ke Vario om?

Oh iya buat lampu tengah belakang sama lampu plat nomor saya pake LED Osram yang T10, awet dan lumayan terang.
jarang dipake om.. baru aja lewat 50k ni paryo
itu motor2 saya nganggur setelah punya mobil...
pcx masi 12k, si paryo 50k... trus mikir2 kayaknya sayang punya motor agak mahal tp ga dpake.. akhirnya ya jual murah ke sodara
lampu tengah belakang ama lampu plat nomor udah sy ganti led.. yg murah aja.. hahah
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 414
Joined: 27 Dec 2015, 22:18

Re: Long Term Ownership Honda Vario Techno 125 2014

Post by fl4b1e »

pengendiesel wrote:
fl4b1e wrote: 22 Jul 2023, 20:30 Wuih mantap review-nya Om.

Saya sendiri pakalai Lexi oemakaian 3 tahun hanya kepakai 6600km, jadi 24ribu km dalam 9 tahun itu Mnrt saya kehitung rendah.. wwkwwk.

Masalah jok, ya saya mafhum kalau Honda Vario memang biasanya rada keras kalau dibanding Lexi saya.

Btw sekilas motor TS terlihat terawat kok. Biasanya motor Honda tuh bodinya cepet kusam, tapi sepintas kalau Vario om 9 tahun kondisinya maknyus begitu, nungkin jedeoannya saya bisa beralih juga ke Honda ADV atau Vario 160 deh mudah2an :)
Lexi gimana om? Imo masih value for money dan yang pasti bisa buat kerja karena lantainya rata.
Tapi liat di youtube banyak yang kena kode eror 12.
Apakah bodinya sudah termasuk merepotkan saat di kemacetan dan parkir? Sama nmax masih lebar nmax kan ya?
maap Om baru sempet bales. iya bener, saya suka Lexi karena dek rata jadi bisa taruh tas di dek, atau buat belanjaan di supermarket lega. Tuk anak saya yang 5 tahun juga suka duduk atau berdiri di depan kalau jarak deket.

soal kode 12, syukurlah saya masih belum pernah kena. usia motor 3 tahun, memang pemakaian baru 7000km, soalnya suka juga naik mobil. naik motor ini suka buat weekend sama kalau ke kantor tuk ke stasiun mrt aja..

tuk tarikan, ya lumayan saja sih, lumayan kerasa kalau vva dah nyala, dibawah itu biasa aja, kebetulan saya dah ga suka ngebut2 lagi.. yang enak tuk ngebut tuh suzuki tornado saya dulu .. wwkwwkk

kekurangannya, tangki bbmnya kecil, cuma 4.2liter. jadi kalau konsumsi bbm saya hanya 38km/l, yaa 100km, pasti saya sudah isi bensin.

tuk service, selain service rutin ganti oli, dah 2x service cvt.. ya lumayan kena mahal kalau service cvt, karena ganti roller dll.

tuk posisi berkendara, kenyamanan, saya suka sama motor ini. posisinya memang tinggi di 790mm, tapi pas dengan saya yang 179cm, ya masih dikit jinjit, tapi tuk perjalanan 2 jam begitu enak, nyaman..

Sejauh ini, ini motor saya yang paling nyaman dibanding suzuki Tornado ataupun Suzuki Thunder. kalau dibanding Honda Karisma, atau Beat saya dulu, well kedua motor itu saya ga bisa anggep nyaman yaa..
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post