[share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

[share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by zonepublic »

Lagi bingung bikin rencana jangka panjang performance tuning jazz ge8 matic jadi butuh masukan,kali aja ada yang seriusin performance tuning mobilnya entah mobil harian atau mobil balap di track
Bisa share part performance tuningnya pake apa aja dituning siapa(mobil apa,transmisi apa) dari beberapa sumber performance tuning dibagi beberapa stage
Stage 1
Air filter replacement
Full exhaust system
Remapping ECU/pasang custom ECU
Stage 2
Intercooler
Oil cooler
Turbocharger
Supercharger
Intake manifold
Stage 3
Internal engine component
Katup
Piston
Camshaft
Port and polish
Stage 4
Suspensi
Braking system
Stage 5++
Swap engine
Dll
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 631
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by trebla88 »

Last Stage ganti bpkp om :big_biglaugh:

Skarang yg menjamur remap

Utk ganti open filter, fullexhaust ama pnp kayanya uda jarang ya
Dulu jaman modcom kayanya masih mayan
Skrang jamannya remap :wkkk:

Eh ya ama cvt cooler feeling bakal nambah rame kayanya

Kebetulan pelihara dua nissin saat ini satu 4at ama satu cvt
Dua2nya da remap

March 1.5 remap ron 95

Lipina l11 remap ron 92

Next lg mikir pasang atf cooler buat march

Lipina mikir2 mau pasang cvt cooler atau ga,soalnya cvt nya jg ga kuat kalau mau buat narik2 jg, antara dikeep dulu 1 taun lagi atau diganti

Utk exhaust kepikiran ganti full tapi ga ada yg riset beneran buat si nissin
jd aga ngeri jg tau2 malah drop krn ga bener itungannya
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by b0ku »

saya si ngacak om dari awal beli GE8

lebarin ban dari 175 ke 195

ganti replacement KNN

ganti dp+fp

ganti disc depan pake yang lebih tahan panas :big_think:

sama pasang cusco strutbar sama lower arm bar

gatel eh kebeli resonator :mky_03:

nemu selang rem teflon bekas merek HD :mky_03:

ganti brake pad pake yang bagusan

ganti swaybar depan tebelin dikit ganti ultra racing :mky_01:

ganti coilover karena shock ud pada mampus :big_biglaugh:

sekalian ganjel baut chasis pake ring magic collar :mky_03:

pasang thrtotle control ecushop

sejauh ini baru itu doank :mky_03:

NEXT

yang ud gejala rusak mau ganti engine mounting mau ganti 3 3nya sekalian pake hardrace

pasang fender bar sekalian masuk body repair

ganti disc belakang pake yang lebih tahan panas

ganti radiator sama alumunium biar mesin lebih dingin sama ntar kalo remap bisa lebih maksimal :mky_03:

LUPA selangnya juga ganti pake SAMCO :mky_03:

ganti link stabilizer sama hardrace kalo jebol :big_biglaugh:

karet support atas depan hardrace

rear antiroll

middle lower bar

MASIH galau :big_think:

remap masih mikir perlu apa kagak :big_think:

fornt arm hardrace kanan kiri mahal banget kalo punya duit boleh sih :mky_01:

MIKIR KERASSS!!!! :mky_07:

BONGKAR MESIN BANGUN ULANG ganti crank, piston, ROD kem sama per klep biar cc naek jadi 1700 (jadi L17) :big_biglaugh:

kalo dah gini ecu keknya kudu ganti dah :mky_03:
Last edited by b0ku on Thu Jun 29, 2023 15:46, edited 1 time in total.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1781
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by sahabatq8 »

b0ku wrote: Thu Jun 29, 2023 13:47 saya si ngacak om dari awal beli GE8

lebarin ban dari 175 ke 195

ganti replacement KNN

ganti dp+fp

ganti disc depan pake yang lebih tahan panas :big_think:

sama pasang cusco strutbar sama lower arm bar

gatel eh kebeli resonator :mky_03:

nemu selang rem teflon bekas merek HD :mky_03:

ganti brake pad pake yang bagusan

ganti swaybar depan tebelin dikit ganti ultra racing :mky_01:

ganti coilover karena shock ud pada mampus :big_biglaugh:

sekalian ganjel baut chasis pake ring magic collar :mky_03:

pasang thrtotle control ecushop

sejauh ini baru itu doank :mky_03:

NEXT

yang ud gejala rusak mau ganti engine mounting mau ganti 3 3nya sekalian pake hardrace

pasang fender bar sekalian masuk body repair

ganti disc belakang pake yang lebih tahan panas

ganti radiator sama alumunium biar mesin lebih dingin sama ntar kalo remap bisa lebih maksimal :mky_03:

ganti link stabilizer sama hardrace kalo jebol :big_biglaugh:

karet support atas depan hardrace

rear antiroll

middle lower bar

MASIH galau :big_think:

remap masih mikir perlu apa kagak :big_think:

fornt arm hardrace kanan kiri mahal banget kalo punya duit boleh sih :mky_01:

MIKIR KERASSS!!!! :mky_07:

BONGKAR MESIN BANGUN ULANG ganti crank, piston, ROD kem sama per klep biar cc naek jadi 1700 (jadi L17) :big_biglaugh:

kalo dah gini ecu keknya kudu ganti dah :mky_03:
Makin kebawah makin dalem lobangnya :big_biglaugh:

Tapi mantep om mobilnya jadi one of a kind, bener bener di customize sesuai selera
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by b0ku »

sahabatq8 wrote: Thu Jun 29, 2023 14:22 Makin kebawah makin dalem lobangnya :big_biglaugh:

Tapi mantep om mobilnya jadi one of a kind, bener bener di customize sesuai selera
dalem om keknya kalo mesin di rebuild tenaga naek bisa 180-200hp itu kenalpot juga pasti di revisi lagi gedein piping :mky_07:

ujung2xnya harga mobilnya kalah sama harga modifnya cuma emang saya bangun itu GE8 kebanyakan liatin porsche singer jd conceptnya emang ikutin singer ngerebuild biar lebih enak di pake di jalan, liatin aja A-Z gak ada modif kosmetik emang sampe sekarang tampangnya stock abis tipe S pula bukan RS :big_biglaugh:

CUMA saya daripada beli mobil baru lebih penasaran ini mobil kalo dah jadi sih keknya idup kagak tenang kalo gak kelar2x mana masih ada pajero juga masih setengah jalan :big_biglaugh:

Itu aja ge8 saya bangun dari 2016 gak kelar2x ud 7thn kalo di itung2x :big_biglaugh:

idup cuma sekali pake barang yang bener2x dinikmatin aja daripada buat gaya2xan doank :mky_03:
W42d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Wed Jan 25, 2017 14:22

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by W42d »

b0ku wrote: Thu Jun 29, 2023 13:47 saya si ngacak om dari awal beli GE8

lebarin ban dari 175 ke 195

ganti replacement KNN

ganti dp+fp

ganti disc depan pake yang lebih tahan panas :big_think:

sama pasang cusco strutbar sama lower arm bar

gatel eh kebeli resonator :mky_03:

nemu selang rem teflon bekas merek HD :mky_03:

ganti brake pad pake yang bagusan

ganti swaybar depan tebelin dikit ganti ultra racing :mky_01:

ganti coilover karena shock ud pada mampus :big_biglaugh:

sekalian ganjel baut chasis pake ring magic collar :mky_03:

pasang thrtotle control ecushop

sejauh ini baru itu doank :mky_03:

NEXT

yang ud gejala rusak mau ganti engine mounting mau ganti 3 3nya sekalian pake hardrace

pasang fender bar sekalian masuk body repair

ganti disc belakang pake yang lebih tahan panas

ganti radiator sama alumunium biar mesin lebih dingin sama ntar kalo remap bisa lebih maksimal :mky_03:

LUPA selangnya juga ganti pake SAMCO :mky_03:

ganti link stabilizer sama hardrace kalo jebol :big_biglaugh:

karet support atas depan hardrace

rear antiroll

middle lower bar

MASIH galau :big_think:

remap masih mikir perlu apa kagak :big_think:

fornt arm hardrace kanan kiri mahal banget kalo punya duit boleh sih :mky_01:

MIKIR KERASSS!!!! :mky_07:

BONGKAR MESIN BANGUN ULANG ganti crank, piston, ROD kem sama per klep biar cc naek jadi 1700 (jadi L17) :big_biglaugh:

kalo dah gini ecu keknya kudu ganti dah :mky_03:
Izin nimbrung om. Pake magic collar berasa signifikan bedanya ga?
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by KielConstantine »

Sebenernya stage stage gitu bikinan orang/tuner aja seh. Kagak ada pakem gimana stage 1 apa stage 2 apa wkwk

Cuman secara umum klo bicara engine tuning. Stage 1,2,3 ada tahapnya..

Garis besarnya
Stage 1 —> Remap ECU doang. Komponen engine laen OEM

Stage 2 —> ganti exhaust system khususnya downpipe + intake jg ganti bisa pake replacement atau open air intake, trus ganti intercooler jd lebih gede. Charge pipe & diverter valve jg bs diganti aftermarket. Trakhir dipadu sama remap

Stage 3 —> mulai ganti turbocharger sama yg lebih gede. Dengan komponen smua ud dipasang di stage 2

Stage 3+ /4 whatever you named it —> ganti internal engine. Mulai dari camshaft; connecting rods, dan lain2 u/ nopang boost lebih gede lagi dari turbo yg ud diganti di stage 3

Contoh stage 2 :


Contoh stage 3 :
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1404
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by AbdulHakim »

Ijin nimbrung ya gan,
Kalo saya tertarik untuk tuning SUV turbo ketimbang sedan, menimbang jalan-jalan berlubang jahanam yang makin banyak dan harga crv turbo ke depannya perlahan makin turun, jadi make sense untuk dikeep dan dijadikan objek berkreasi.
Sebenarnya CRV turbo dengan penggunaan bbm berkualitas seperti pertabo instead of pertamax biasa apalagi pertalite, performanya untuk daily sangat mumpuni, cukup dengan mematikan ECO, respon throtlenya sudah membaik, kalo masih kurang bisa memindahkan transmisi ke mode S.
Iseng browsing ke situs torquecars.com stage 1 nya aja kirain cuma remap sama ganti air filter, tapi ternyata udah macem-macem :big_biglaugh:
Typical stage 1 mods often include: Panel air filter, Engine Tunes/Remapping, Alloy wheels, Sports exhaust, Suspension upgrade (drop 30-40mm), Lighter flywheel.
Typical stage 2 mods often include: high flow fuel injector, Ported and polished head, Power/Sport clutch, fuel pump upgrades, Fast road cam.
Typical stage 3 mods often include: Engine balancing, Competition cam, Internal engine upgrades (pistons/head/valves), Adding or upgrading forced induction (turbo/supercharger), Sports gearbox.
sumber: https://www.torquecars.com/honda/cr-v-tuning.php
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by b0ku »

W42d wrote: Thu Jun 29, 2023 17:14
Izin nimbrung om. Pake magic collar berasa signifikan bedanya ga?
chasisnya berasa naek kelas om mobil makin berasa solid sama kokoh

yang saya inget dulu waktu pasang magic collar kepasang coilover dulu coilover itu cuma bikin mobil mantep buat lari lurus doank mauvernya menurut saya masih berasa kurang kalo belokannya agresive :mky_03:

waktu itu itu saya juga barengan pasang swaybar tapi magic collarnya nyusul karena bongkarnya agak lebih ribet

nah setelah magic collar kepasang tuh keknya sih bedanya jauh banget terutama belakangnya sekarang jadi berasa tetep ringan tapi kalo di belokin kenceng bisa di kontrol slidenya dan kalo di pake manuver sekarang mobil anteng banget overster understeer bisa di bilang gak ada atau mungkin gak berasa, di tambah swaybar saya makin tebel jd response sterringnya lebih agresive tapi chasisnya makin bisa nahan thanks dari kombinasi magic collar sama coilovernya :mky_03:

sebenernya gak rugi om pasang magic collar saya juga mau masang lagi di pajero :mky_03:
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by pendoli »

Gw rasa guide om takumi di modcom dulu masi applicable: http://www.modifikasi.com/showthread.ph ... A-KENCENG-!

Kalo diringkas:
Skill
Suspension
Brake
Engine
ECU (termasuk remap biar ga bolak balik flashing kecuali emanh ga niat modif engine)
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by ChZ »

sekarang udah nggak ada patokan jelas. kalau ngomong sama tuner VW malah ada remap stage 2+ segala.

istilahnya stage 1 : full stock parts hanya remap. stage 2 itu udah ganti intake exhaust segala. 2+ ya ada ganti apa lagi. sebenernya ya bisa sih full stock parts dipaksa pake stage 2 atau 2+, tapi risiko tanggung penumpang biasanya.

terakhir remap CRV, disuruh sekalian aja stage 2 kan udah ganti catless. pertimbangan nya karena catless boost bisa lebih besar. biaya jg sama.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by zonepublic »

Sebenernya potensinya besar mana untuk diupgrade mobil N/A diturboin sendiri dan dimodif part2 lainnya atau yg dari pabrik udah diturboin?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by ChZ »

zonepublic wrote: Fri Jun 30, 2023 7:35 Sebenernya potensinya besar mana untuk diupgrade mobil N/A diturboin sendiri dan dimodif part2 lainnya atau yg dari pabrik udah diturboin?
nggak semua sama case nya om. desain head, bore n stroke, cam duration, kekuatan crankshaft, dll nya beda-beda.

tapi kalau stock didesain untuk NA lebih baik NA dan begitu pula dgn turbo. NA dikasih turbo, pengalaman temen banyak banget trial and error nya. malah jadi keseringan ke bengkel.

say, kalau dari NA ke turbo
- milih turbonya, kalo kekecilan jadi gak dapet atasnya, kalo terlalu gede ngempos di bawah.
- harus bikin custom jalur exhaust. ini jujur bagian paling menantang apalagi kalo mobilnya ruang mesin imut-imut macem GE8.
- intake ya harus ganti biar udara seger lebih
- harus desain lagi piping intercooler
- harus ganjal head nurunin rasio kompresi
- injector harus lebih besar
- harus ganti conrod
- crankshaft juga harus ganti yang kuat buat nahan tekanan kompresi
- camshaft harus diganti juga
- busi ya harus ganti juga lah. mesinnya tambah panas.
- harus ganti ECU / pasang piggyback / stand-alone.
- dll dll

selesai? belum. itu baru mesin. blom flywheel dan clutch pack. ban juga harus ganti. rem harus ganti. langsung beres sekali bikin ya enggak juga. di jalan pasti trial and error. karna ngeturboin mesin itu hampir kayak bikin mesin baru dan biaya/result nya lebih baik pake mesin yang udah diturboin dari pabrik. paling ganti IC dan ganti turbo trs piggyback doank udah jadi.

sementara untuk case sama, gain nya mungkin hanya beda 10% dgn allmotor / NA dengan effort jauh lebih kecil karna paling kalo NA 70% komponen bawaan masih bisa dipake. NA tinggal penyesuaian aja untuk itu mesin yang sama bisa di push limiter dari 6500 ke 7500 - 8000 rpm. ganti crankshaft lightweight, ganti camshaft, fuel injector gedein biar atasnya dapet. plus nggak ada risiko piston ngehajar block karena overboost wkwkwkkw. clutch dan flywheel juga tetep harus ganti, tapi kan kita udah save dulu dari ngebangun mesinnya hemat banyak banget.

di jalan raya, hasilnya blom tentu selisih jauh. makanya drag race banyak yang lebih suka pakai NA.

oiyak jangan terlalu berpaku dengan angka horsepower. horsepower besar kalau kurvanya jelek juga percuma. mesin N/A mau dikata remap cuma dapet maksimal 10 hp, lebih penting liat kurvanya. banyak case hp kayaknya cuma nambah 5-10 hp yah tapi kurva nya diperbaiki jadi signifikan efeknya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by b0ku »

zonepublic wrote: Fri Jun 30, 2023 7:35 Sebenernya potensinya besar mana untuk diupgrade mobil N/A diturboin sendiri dan dimodif part2 lainnya atau yg dari pabrik udah diturboin?
potensi turbo N/A sama aja om urusan material sama build quality mesinnya aja biasanya yang bisa di abuse gila2xan mesin tua pake besi cor , kayak 2 jasad, rb itu semua mesin block besi cor :big_biglaugh:

kayak L15 aja parts buat turunin kompresinya juga banyak biar tahan boost lebih gede :mky_03:

cuma mau naekin kompresi juga ada bisa sampe 11-12 :mky_03:

ujung2xnya semua bisa di ganti2x menurut saya sih sama aja jatohnya nanti

sama ngomongin potensin tergantung buat apa dulu kalo buat drag mendingan cari mesin yang materialnya kuat aja nanti tuning lebih gampang jejelinnya :big_biglaugh:

kalo buat drift track nah ini kudu nyari mesin lightwheight paling bagus ya rotary cuma SR20 juga mantep tuh setiap mobil pake mesin itu mau bodynya apa pasti ngesoootnya indah banget ntah kenapa keliatan banget cara ni mesin lewat pas drift kek ud ciri khas :mky_03:

mungkin karna kalo liat bentuk mesinnya mesinnya compact banget :mky_03:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by zonepublic »

ChZ wrote: Fri Jun 30, 2023 8:16
zonepublic wrote: Fri Jun 30, 2023 7:35 Sebenernya potensinya besar mana untuk diupgrade mobil N/A diturboin sendiri dan dimodif part2 lainnya atau yg dari pabrik udah diturboin?
nggak semua sama case nya om. desain head, bore n stroke, cam duration, kekuatan crankshaft, dll nya beda-beda.

tapi kalau stock didesain untuk NA lebih baik NA dan begitu pula dgn turbo. NA dikasih turbo, pengalaman temen banyak banget trial and error nya. malah jadi keseringan ke bengkel.

say, kalau dari NA ke turbo
- milih turbonya, kalo kekecilan jadi gak dapet atasnya, kalo terlalu gede ngempos di bawah.
- harus bikin custom jalur exhaust. ini jujur bagian paling menantang apalagi kalo mobilnya ruang mesin imut-imut macem GE8.
- intake ya harus ganti biar udara seger lebih
- harus desain lagi piping intercooler
- harus ganjal head nurunin rasio kompresi
- injector harus lebih besar
- harus ganti conrod
- crankshaft juga harus ganti yang kuat buat nahan tekanan kompresi
- camshaft harus diganti juga
- busi ya harus ganti juga lah. mesinnya tambah panas.
- harus ganti ECU / pasang piggyback / stand-alone.
- dll dll

selesai? belum. itu baru mesin. blom flywheel dan clutch pack. ban juga harus ganti. rem harus ganti. langsung beres sekali bikin ya enggak juga. di jalan pasti trial and error. karna ngeturboin mesin itu hampir kayak bikin mesin baru dan biaya/result nya lebih baik pake mesin yang udah diturboin dari pabrik. paling ganti IC dan ganti turbo trs piggyback doank udah jadi.

sementara untuk case sama, gain nya mungkin hanya beda 10% dgn allmotor / NA dengan effort jauh lebih kecil karna paling kalo NA 70% komponen bawaan masih bisa dipake. NA tinggal penyesuaian aja untuk itu mesin yang sama bisa di push limiter dari 6500 ke 7500 - 8000 rpm. ganti crankshaft lightweight, ganti camshaft, fuel injector gedein biar atasnya dapet. plus nggak ada risiko piston ngehajar block karena overboost wkwkwkkw. clutch dan flywheel juga tetep harus ganti, tapi kan kita udah save dulu dari ngebangun mesinnya hemat banyak banget.

di jalan raya, hasilnya blom tentu selisih jauh. makanya drag race banyak yang lebih suka pakai NA.

oiyak jangan terlalu berpaku dengan angka horsepower. horsepower besar kalau kurvanya jelek juga percuma. mesin N/A mau dikata remap cuma dapet maksimal 10 hp, lebih penting liat kurvanya. banyak case hp kayaknya cuma nambah 5-10 hp yah tapi kurva nya diperbaiki jadi signifikan efeknya.
Simplenya gini sebagai contoh dari potensi performa mending turboin L15 jazz GE8 atau ganti bpkb ke civic turbo standar?
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by b0ku »

zonepublic wrote: Fri Jun 30, 2023 13:55 Simplenya gini sebagai contoh dari potensi performa mending turboin L15 jazz GE8 atau ganti bpkb ke civic turbo standar?
mau itungin duit modal beli ge8 130jtan + 200jt ud dapet mesin civic turbo pake turbo spoon kali :mky_07:

itu aja project impian saya itu ge8 manual 6 speed mesin crv turbo ganti turbo spoon, inceran mau buat bantai GR yaris :big_biglaugh:


330jt baru dapet civic std :mky_03:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by zonepublic »

b0ku wrote: Fri Jun 30, 2023 14:56
zonepublic wrote: Fri Jun 30, 2023 13:55 Simplenya gini sebagai contoh dari potensi performa mending turboin L15 jazz GE8 atau ganti bpkb ke civic turbo standar?
mau itungin duit modal beli ge8 130jtan + 200jt ud dapet mesin civic turbo pake turbo spoon kali :mky_07:

itu aja project impian saya itu ge8 manual 6 speed mesin crv turbo ganti turbo spoon, inceran mau buat bantai GR yaris :big_biglaugh:


330jt baru dapet civic std :mky_03:
Saya sih sementara baru dpt inspirasi dari yutub ini
Dia cm oprek ECU, sektor mesin dan kaki2,transmisi matic standar,mesin juga ga di swap/naikin cc



223hp 287Nm
Ntah berapa tenaga dan torsi cibo standar
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by b0ku »

zonepublic wrote: Fri Jun 30, 2023 16:28 Saya sih sementara baru dpt inspirasi dari yutub ini
Dia cm oprek ECU, sektor mesin dan kaki2,transmisi matic standar,mesin juga ga di swap/naikin cc



223hp 287Nm
Ntah berapa tenaga dan torsi cibo standar
civic turbo cuma 170hp om

itu jazz 223hp pake turbo :big_biglaugh:

sebenernya jazz kalo buat di jalanan mah mesin std ud cukup saya punya si banyakan maen handling
anindyo
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Mon Oct 05, 2020 7:53
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Splash

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by anindyo »

b0ku wrote: Fri Jun 30, 2023 0:49
W42d wrote: Thu Jun 29, 2023 17:14
Izin nimbrung om. Pake magic collar berasa signifikan bedanya ga?
chasisnya berasa naek kelas om mobil makin berasa solid sama kokoh
Wah, nuwun sharingnya om. dah lama pengen masang tapi ragu.. :big_think:

ini masangnya bisa di bengkel umum atau kudu yang spesialis kaki-kaki ya?
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by b0ku »

anindyo wrote: Sat Jul 01, 2023 0:23 Wah, nuwun sharingnya om. dah lama pengen masang tapi ragu.. :big_think:

ini masangnya bisa di bengkel umum atau kudu yang spesialis kaki-kaki ya?
ada instruksinya om di kardusnya yang biasa bongkar kaki2x pasti bisa kok :mky_03:

lumayan om 2jtan daripada spoon punya 5jtan barang keknya 11 12 :mky_03:
2kdpelan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Wed May 13, 2020 15:29
Location: INDONESIA
Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by 2kdpelan »

ChZ wrote: Fri Jun 30, 2023 8:16
zonepublic wrote: Fri Jun 30, 2023 7:35 Sebenernya potensinya besar mana untuk diupgrade mobil N/A diturboin sendiri dan dimodif part2 lainnya atau yg dari pabrik udah diturboin?
nggak semua sama case nya om. desain head, bore n stroke, cam duration, kekuatan crankshaft, dll nya beda-beda.

tapi kalau stock didesain untuk NA lebih baik NA dan begitu pula dgn turbo. NA dikasih turbo, pengalaman temen banyak banget trial and error nya. malah jadi keseringan ke bengkel.

say, kalau dari NA ke turbo
- milih turbonya, kalo kekecilan jadi gak dapet atasnya, kalo terlalu gede ngempos di bawah.
- harus bikin custom jalur exhaust. ini jujur bagian paling menantang apalagi kalo mobilnya ruang mesin imut-imut macem GE8.
- intake ya harus ganti biar udara seger lebih
- harus desain lagi piping intercooler
- harus ganjal head nurunin rasio kompresi
- injector harus lebih besar
- harus ganti conrod
- crankshaft juga harus ganti yang kuat buat nahan tekanan kompresi
- camshaft harus diganti juga
- busi ya harus ganti juga lah. mesinnya tambah panas.
- harus ganti ECU / pasang piggyback / stand-alone.
- dll dll

selesai? belum. itu baru mesin. blom flywheel dan clutch pack. ban juga harus ganti. rem harus ganti. langsung beres sekali bikin ya enggak juga. di jalan pasti trial and error. karna ngeturboin mesin itu hampir kayak bikin mesin baru dan biaya/result nya lebih baik pake mesin yang udah diturboin dari pabrik. paling ganti IC dan ganti turbo trs piggyback doank udah jadi.

sementara untuk case sama, gain nya mungkin hanya beda 10% dgn allmotor / NA dengan effort jauh lebih kecil karna paling kalo NA 70% komponen bawaan masih bisa dipake. NA tinggal penyesuaian aja untuk itu mesin yang sama bisa di push limiter dari 6500 ke 7500 - 8000 rpm. ganti crankshaft lightweight, ganti camshaft, fuel injector gedein biar atasnya dapet. plus nggak ada risiko piston ngehajar block karena overboost wkwkwkkw. clutch dan flywheel juga tetep harus ganti, tapi kan kita udah save dulu dari ngebangun mesinnya hemat banyak banget.

di jalan raya, hasilnya blom tentu selisih jauh. makanya drag race banyak yang lebih suka pakai NA.

oiyak jangan terlalu berpaku dengan angka horsepower. horsepower besar kalau kurvanya jelek juga percuma. mesin N/A mau dikata remap cuma dapet maksimal 10 hp, lebih penting liat kurvanya. banyak case hp kayaknya cuma nambah 5-10 hp yah tapi kurva nya diperbaiki jadi signifikan efeknya.
Nubie ikutan nimbrung ya.. ada rencana (yg blm tau kapan realisasinya) mau turboin mobil n/a nubie

Cara pemilihan turbo biar size nya pas gmn ya?
Trus efeknya kl ga ganti intake apa?
Head kl diganjel, aman gak (kompresi 10.8:1). Kl diganjel, pake apa ganjelnya ya?
Camshaft kl gk diganti, apakah bs patah cam std nya?

Kl dgn budget yg sama (misalnya 100jt) turbo vs na gain nya apakah gain nya akan mirip2 aja?

Sorry bnyk nanya, blm pernah bangun mesin na pake turbo soalnya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by ChZ »

zonepublic wrote: Fri Jun 30, 2023 13:55 Simplenya gini sebagai contoh dari potensi performa mending turboin L15 jazz GE8 atau ganti bpkb ke civic turbo standar?
Bangun L15 NA 160hp.

Atau ganti civic turbo.

Kecuali demen tiap bulan trial error ke bengkel.

Klo project car iseng iseng sih ga masalah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by ChZ »

2kdpelan wrote: Sat Jul 01, 2023 1:34
Nubie ikutan nimbrung ya.. ada rencana (yg blm tau kapan realisasinya) mau turboin mobil n/a nubie

Cara pemilihan turbo biar size nya pas gmn ya?
Trus efeknya kl ga ganti intake apa?
Head kl diganjel, aman gak (kompresi 10.8:1). Kl diganjel, pake apa ganjelnya ya?
Camshaft kl gk diganti, apakah bs patah cam std nya?

Kl dgn budget yg sama (misalnya 100jt) turbo vs na gain nya apakah gain nya akan mirip2 aja?

Sorry bnyk nanya, blm pernah bangun mesin na pake turbo soalnya
mobil nya apa om? bbrp mobil udah ada turbo kitnya by hks greddy apa garett jadi tinggal milih wkwkwkkw.

nah kalo hal2 teknis gini harus banyak trial error sama bengkelnya om.

intake ini udah pasti ganti, karena design exhaust nya juga diganti. kan itu intake nanti nemplok ke housingnya turbo.

head benernya balik ke tune nya makanya musti balik ke mobilnya apa dulu. ada bbrp mobil tanpa turun kompresi aman, ada yang harus turun kompresi. biasa si ditambahin karet atau plat tambahan. tokh ganjalnya paling ukuran milimeter om. 10.8 biasanya kalo high boost di atas 0.3 bar harus turun kompresi. tinggi tuh.

lagi, balik ke mobilnya apa dulu. dan boost mau seberapa. sebenernya kadang ganti conrod aja cukup. tapi karna pressure makin tinggi ada kemungkinan untuk kalah.

gambaran, dulu GE8 temen 0.25 bar pakai all stock internals. ganti conrod bisa 0.8bar.

kalau soal biaya, 100jt mending bangun 2KD daripada ngeturboin mesin NA. wkwkwkwkwkw. nurut saya ngeturboin mesin NA itu tidak worth it effortnya udah kayak bangun mesin ulang mending swap.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by r1409 »

pendoli wrote: Fri Jun 30, 2023 2:04 Gw rasa guide om takumi di modcom dulu masi applicable: http://www.modifikasi.com/showthread.ph ... A-KENCENG-!

Kalo diringkas:
Skill
Suspension
Brake
Engine
ECU (termasuk remap biar ga bolak balik flashing kecuali emanh ga niat modif engine)
sepemikiran dan paling setuju dengan stage ini, urutannya jelas dan bener.

mau upgrade engine & ECU sehebat apapun, kalau skill, suspensi dan brake tidak mumpuni = unusable power boost atau cari mati.

yang paling sering dilupakan orang adalah brake system, biasanya upgrade tenaga dulu lalu kalau pas hard braking ternyata ga mumpuni baru mikir upgrade rem. iya kalo masih selamat, kalo bablas duluan?

krn skill + suspension + brake = nyawa. mau upgrade power sehebat apapun harus punya handling yg cukup untuk mengendalikan mobil dan braking system yang cukup kuat untuk menghentikan powernya.

dan jangan lupa, ban juga penting. tidak disebutkan diatas krn ban sudah mencakup suspension sebagai bagian penstabil mobil yg pertama menyentuh tanah, dan juga bagian dari braking system yaitu grip.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by zonepublic »


Ini menurut saya kok gagal ya tuningnya freed matic dipasang supercharger cuma jadi 176Hp dan 189Nm kok masih jauh dari 200hp
Open filter udah ganti,exhaust juga udah ganti full system
Secara mesin& transmisi sama persis dengan jazz ge8
Apa berat mobil ngaruh di mesin dyno ya?
Bukannya harusnya klo dikasi supercharger malah lebih tinggi naiknya daripada turbocharger ya?