Review: All New Civic RS 2023
Posted: Sun Jun 25, 2023 8:36
Review all new civic rs 2023
Berawal dari mid life crisis yang mulai datang di hidup saya.. Kangen juga rasanya nyetir sedan, mobil yang pendek, ugal-able, dan jelas kenceng. Tapi di umur skrg dan dengan posisi udh berkeluarga anak istri, rasanya nggak bijak kalo beli mobil nggak consider space.
Beberapa kandidat sebelum akhirnya SPK ini adalah:
1. BRZ a/t 2023
2. Kemri Xv70 2022 (yg udh facelift)
3. Kemri Xv50 2014 (seri terakhir banget)
4. Honda civic sedan 2019 (facelift)
Memang yang akan pakai mobil ini weekdays adalah istri, dan hanya untuk antar jemput anak ke sekolah gantiin HRV SE doi. Nggak ada kenapa2 sih utk HRV SE nya, tapi ya itu, sekeliling temen2 saya udh banyak yg mati mendadak, padahal umur masih kisaran 30-40an doang. Dulu mah reuni di kafe, skrg reuni di rumah duka. Kenyataan ini makin menjadi justifikasi untuk eksekusi mobil sedan, untuk saya bisa nyetir sendiri di weekend. Yah, hidup Cuma skali, nanti kalo udh tua, jangan2 saya udh nggak berani ngaspol kalo kata om kompre wkwkwk.
Lanjott tanya2 sesepuh SM disini, akhirnya malah yang dipilih all new civic rs, platinum white pearl ini.
Design eksterior
Yeap, civic generasi ini bener2 udh berubah jadi kalem modelnya. Sangat cocok buat bapack2 galau mid life crisis seperti saya. Mungkin mobil ini nggak fotogenic, di foto rasanya kok ada yang gimana gitu modelnya. Tapi kalo diliat langsung, beh.. nih mobil kayanya ‘mature’ banget dibanding gen sebelumnya yang memang keliatan sporty banget. Garis agak naik, di pilar C, mirip banget sama accord turbo. Design fastback nya juga keliatan dipertajam dengan lekukan garis agak naik itu.
Sengaja pilih warna putih, biar kontras two tone sama door handle, cover spion, shark fin antenna, duck tail, dan velg yang bawaannya udh hitam.
Headlamp seperti biasa honda2 jaman now, antiprojectorclub, cukup LED headlights yang terang pol. Jangkauannya juga surprisingly jauh dan cukup lebar. Dan ini juga design lampu belakangnya, lampu sein masih bohlam, lampu mundur masih bohlam. Apa yang diharapin dari lampu blkg WRV RS ini? Untuk spion, skrg sudah balik lagi nempel di pintu, nggak di pilar A lagi.
Trus atapnya.. udh gk ada karet nya lagi lho. Gk tau sih ini bisa ngefek kemana. Ada fungsi apa kgk. Interior
Ya, disini lah perubahan paling besar bagi saya utk sebuah civic. Civic dari dulu ngga pernah nonjolin kemewahan. Ya yg ditonjolin pasti ya sasis lah, pengendalian lah, ato mgkn mesin lah. Tapi disini nggak. Motif honeycomb di tengah sbg kisi AC yg unik. Headunit yang asli bawaan honda, integrated dengan switch AC yg ada, bahkan masih ada tombol fisiknya lho. Puteran2 AC yang suaranya clicky banget kaya kita lagi puterin brankas gitu suaranya. Top banget. Design setir nya, tombol2 di setir nya. Udah terasa mewah bagi saya. Khusus kursinya, gabungan antara kulit yang ditengahnya ada suede. Sandaran kepala nya empuk pol. Mantep abis deh. Apalagi support paha nya juga enak. Jok nya masih megang kita utk sedikit ugal.
Ada lampu ambient light di baris depan, pintu kiri kanan ada garis merah nya. Di bagian kaki driver dan penumpang depan juga ada warna merah. Oke lah, walopun bukan selera saya.
Backlight tombol juga banyak, dan nyala semua warna putih. Port2 utk colokan USB cable juga nyala, jadi nggak susah kita kalo mau colok. Lampu interior di atas sudah LED putih. Baik depan maupun tengah. But, honda is still a honda. Lampu di sunshade depan masih pake bohlam kuning. Omaigad. Di tengah lampu putih smua, masih aja ada lampu kuning laknat ini. Plafon juga sudah hitam, top.
Headunit, males lah ya bahas nya. Intinya gimmick mobil semua bisa di setel disini. Suara yang keluar surprisingly oke. Speaker ada 8 info salesnya. Gk tau juga dah ada dimana aja.
Driving experience
Nah mungkin disini kali ya kuncinya. Civic FE ini mungkin memang bener hanya lebih ke penyempurnaan dari civic fc. 1.5turbo dari yg katanya udh jauh dari isu oil dilution. Cvt yang udh di sempurnain. Ah entahlah, apa ini Cuma Bahasa marketing. Yg saya rasain dari pengendaraan memang, lengket banget di jalan. Nekuk2 nyalip2 sih nikmat, nggak kalah dari FC.
Seating position seperti biasa, juara. Bahkan dia bisa di setel posisi duduknya sampe bawah banget. Setel setir, tilt and telescopic, sesuai setelan saya. Spion sudah electrochromatic.
Mobil dikirim kerumah kira2 25km. skrg posisi sudah 80km kurleb. Dalam pengendaraan dalam kota mobil terasa rileks banget. Turbo lag masih kerasa di mode normal, dan tambah parah di mode eco. Di mode sport, rpm naik, speedometer berubah jadi warna merah, dan gas terasa lebih spontan. Kalo kita lepas gas RPM agak nahan. Oke juga dibikin mirip2 kaya manual kali ya. Tapi mode sport nggak cocok rasanya di dalam kota. Agak nyentul2 gimana gitu. Tapi kalo di tol, nah ini pas banget ya buat sekedar salip2an ato kebut2an.
Untuk bantingan, sedep.. nggak keras. Empuk. Dan yang heran, waloopun dengan setting suspense empuk gini, kalo nikung2 sih nggak sampe kerasa body roll gimana. Tentu jangan dipake sampe barbar ya. Kalo mau barbar mungkin type r wkwkwk. kalo buat harian sih nyaman banget. Tapi kalo mau diajak ugal nikung2 juga siap.
Noise. Mungkin ini horror kali ya bagi pengguna honda. Tapi yg saya rasain disini, peredaman oke lho. Oke banget malah. Jalanan konblok pik keredam dengan baik, ada suara tetep dug dug tapi pelan dan hening banget. Untuk suara motor2 juga nggak kedengeran. Waktu dibawa ke tol, lari 100 juga masih hening. Memang, ada beberapa jalanan kayanya beton gitu, nah itu ada masuk tuh suara nya. Oh ya, ban yang di pake yokohama advan db. Yang belum tinggal denger suara pas hujan gede.
Speedometernya lucu. Bisa ngegambarin kalo mobil kita ngerem, animasi nya nyala lampu rem nya. Kalo kita lagi di tengah jalur, dia juga di tengah. Dan kalo kita lagi nginjek jalur marka jalan, dia juga gambarin gitu. Dan hebatnya sensor ini, kalo depan kita motor dia gambarin motor. Kalo mobil biasa dia gambarin mobil biasa. Bahkan kalo mobil depan mobil box / niaga, dia bisa kasih visual mobil niaga. Nice job honda. Honda sensing. How good is it?
Nah ini ada satu bagian khusus utk bahas sensing. Hal yang saya notice dan saya anggap penting paling cuma, adaptive cruise control. Jujurnya, fitur ini rasanya belum mateng. Di dalam kota, saya set di speed 30kph, dan memang dia bisa ngikutin mobil depan, bahkan sampai berhenti. Lalu kalo mobil depan jalan, kita juga jalan dengan maksimal 30kph. Kita bisa set juga jarak antara mobil kita dengan mobil depan tuh mau segimana jauh ato deket. Enak ya? Nggak. Masalah nya adalah mobil nya jadi kerasa nggak natural banget. Apalagi pas kena turbo lag nya. Jos deh rasanya ajrut2an gitu gasnya. Contohnya gini. Kita set di 30kph. Lalu mobil depan ngerem sampe berenti. Kita juga berenti. Tapi pas mobil depan gas pol ninggalin kita, civic serasa pengen cpt2 mencapai di 30kph ini. Akibatnya apa? Mungkin rasanya kaya dia injek gas agak dalem. Belum lagi kalau mobil depan crawling. Lets say speed variasi antara 20 otw 30kph. Lalu nanti dia melambat dari 30kph otw ke 20kph. Behh makin2 tuh rasa bom bom car.
Kesimpulan
Yah, kalo memang Cuma mau cari ugal dan kenceng, saya rasa civic turbo FC juga udh cukup ya. Tapi di generasi ini, civic serasa mau naik kelas. Khususnya di bagian interiornya. Ngikutin dengan perkembangan jaman, dimana jaman skrg udh banyak sensor2 yang dimasukin.
Banyak banget pertimbangan2 kenapa brz ato camry ato mungkin FC nggak jadi dipilih. Tapi ya sudahlah, rasanya memang paling sensible adalah civic ini. Setidaknya untuk kebutuhan saya.
Tapi civic ini juga bukan mobil yg sempurna banget. Setidaknya di price range dia. Banyak banget yg bisa diimprove, ya at least wishes saya. Ventilated seat, dan wireless charging. Trus, utk mobil sgini camera 360 aja nggak ada. Trus apa? Pasti dong fitur andalan netijen. Sunroof. Wkwkwk.
Nanti kalo plat nomor asli udh turun, pasti mobil ini sy bw remap ke mod sini. infonya sih mapping ecu utk harian nya udh ada, semoga aja perubahannya kerasa.
Berawal dari mid life crisis yang mulai datang di hidup saya.. Kangen juga rasanya nyetir sedan, mobil yang pendek, ugal-able, dan jelas kenceng. Tapi di umur skrg dan dengan posisi udh berkeluarga anak istri, rasanya nggak bijak kalo beli mobil nggak consider space.
Beberapa kandidat sebelum akhirnya SPK ini adalah:
1. BRZ a/t 2023
2. Kemri Xv70 2022 (yg udh facelift)
3. Kemri Xv50 2014 (seri terakhir banget)
4. Honda civic sedan 2019 (facelift)
Memang yang akan pakai mobil ini weekdays adalah istri, dan hanya untuk antar jemput anak ke sekolah gantiin HRV SE doi. Nggak ada kenapa2 sih utk HRV SE nya, tapi ya itu, sekeliling temen2 saya udh banyak yg mati mendadak, padahal umur masih kisaran 30-40an doang. Dulu mah reuni di kafe, skrg reuni di rumah duka. Kenyataan ini makin menjadi justifikasi untuk eksekusi mobil sedan, untuk saya bisa nyetir sendiri di weekend. Yah, hidup Cuma skali, nanti kalo udh tua, jangan2 saya udh nggak berani ngaspol kalo kata om kompre wkwkwk.
Lanjott tanya2 sesepuh SM disini, akhirnya malah yang dipilih all new civic rs, platinum white pearl ini.
Design eksterior
Yeap, civic generasi ini bener2 udh berubah jadi kalem modelnya. Sangat cocok buat bapack2 galau mid life crisis seperti saya. Mungkin mobil ini nggak fotogenic, di foto rasanya kok ada yang gimana gitu modelnya. Tapi kalo diliat langsung, beh.. nih mobil kayanya ‘mature’ banget dibanding gen sebelumnya yang memang keliatan sporty banget. Garis agak naik, di pilar C, mirip banget sama accord turbo. Design fastback nya juga keliatan dipertajam dengan lekukan garis agak naik itu.
Sengaja pilih warna putih, biar kontras two tone sama door handle, cover spion, shark fin antenna, duck tail, dan velg yang bawaannya udh hitam.
Headlamp seperti biasa honda2 jaman now, antiprojectorclub, cukup LED headlights yang terang pol. Jangkauannya juga surprisingly jauh dan cukup lebar. Dan ini juga design lampu belakangnya, lampu sein masih bohlam, lampu mundur masih bohlam. Apa yang diharapin dari lampu blkg WRV RS ini? Untuk spion, skrg sudah balik lagi nempel di pintu, nggak di pilar A lagi.
Trus atapnya.. udh gk ada karet nya lagi lho. Gk tau sih ini bisa ngefek kemana. Ada fungsi apa kgk. Interior
Ya, disini lah perubahan paling besar bagi saya utk sebuah civic. Civic dari dulu ngga pernah nonjolin kemewahan. Ya yg ditonjolin pasti ya sasis lah, pengendalian lah, ato mgkn mesin lah. Tapi disini nggak. Motif honeycomb di tengah sbg kisi AC yg unik. Headunit yang asli bawaan honda, integrated dengan switch AC yg ada, bahkan masih ada tombol fisiknya lho. Puteran2 AC yang suaranya clicky banget kaya kita lagi puterin brankas gitu suaranya. Top banget. Design setir nya, tombol2 di setir nya. Udah terasa mewah bagi saya. Khusus kursinya, gabungan antara kulit yang ditengahnya ada suede. Sandaran kepala nya empuk pol. Mantep abis deh. Apalagi support paha nya juga enak. Jok nya masih megang kita utk sedikit ugal.
Ada lampu ambient light di baris depan, pintu kiri kanan ada garis merah nya. Di bagian kaki driver dan penumpang depan juga ada warna merah. Oke lah, walopun bukan selera saya.
Backlight tombol juga banyak, dan nyala semua warna putih. Port2 utk colokan USB cable juga nyala, jadi nggak susah kita kalo mau colok. Lampu interior di atas sudah LED putih. Baik depan maupun tengah. But, honda is still a honda. Lampu di sunshade depan masih pake bohlam kuning. Omaigad. Di tengah lampu putih smua, masih aja ada lampu kuning laknat ini. Plafon juga sudah hitam, top.
Headunit, males lah ya bahas nya. Intinya gimmick mobil semua bisa di setel disini. Suara yang keluar surprisingly oke. Speaker ada 8 info salesnya. Gk tau juga dah ada dimana aja.
Driving experience
Nah mungkin disini kali ya kuncinya. Civic FE ini mungkin memang bener hanya lebih ke penyempurnaan dari civic fc. 1.5turbo dari yg katanya udh jauh dari isu oil dilution. Cvt yang udh di sempurnain. Ah entahlah, apa ini Cuma Bahasa marketing. Yg saya rasain dari pengendaraan memang, lengket banget di jalan. Nekuk2 nyalip2 sih nikmat, nggak kalah dari FC.
Seating position seperti biasa, juara. Bahkan dia bisa di setel posisi duduknya sampe bawah banget. Setel setir, tilt and telescopic, sesuai setelan saya. Spion sudah electrochromatic.
Mobil dikirim kerumah kira2 25km. skrg posisi sudah 80km kurleb. Dalam pengendaraan dalam kota mobil terasa rileks banget. Turbo lag masih kerasa di mode normal, dan tambah parah di mode eco. Di mode sport, rpm naik, speedometer berubah jadi warna merah, dan gas terasa lebih spontan. Kalo kita lepas gas RPM agak nahan. Oke juga dibikin mirip2 kaya manual kali ya. Tapi mode sport nggak cocok rasanya di dalam kota. Agak nyentul2 gimana gitu. Tapi kalo di tol, nah ini pas banget ya buat sekedar salip2an ato kebut2an.
Untuk bantingan, sedep.. nggak keras. Empuk. Dan yang heran, waloopun dengan setting suspense empuk gini, kalo nikung2 sih nggak sampe kerasa body roll gimana. Tentu jangan dipake sampe barbar ya. Kalo mau barbar mungkin type r wkwkwk. kalo buat harian sih nyaman banget. Tapi kalo mau diajak ugal nikung2 juga siap.
Noise. Mungkin ini horror kali ya bagi pengguna honda. Tapi yg saya rasain disini, peredaman oke lho. Oke banget malah. Jalanan konblok pik keredam dengan baik, ada suara tetep dug dug tapi pelan dan hening banget. Untuk suara motor2 juga nggak kedengeran. Waktu dibawa ke tol, lari 100 juga masih hening. Memang, ada beberapa jalanan kayanya beton gitu, nah itu ada masuk tuh suara nya. Oh ya, ban yang di pake yokohama advan db. Yang belum tinggal denger suara pas hujan gede.
Speedometernya lucu. Bisa ngegambarin kalo mobil kita ngerem, animasi nya nyala lampu rem nya. Kalo kita lagi di tengah jalur, dia juga di tengah. Dan kalo kita lagi nginjek jalur marka jalan, dia juga gambarin gitu. Dan hebatnya sensor ini, kalo depan kita motor dia gambarin motor. Kalo mobil biasa dia gambarin mobil biasa. Bahkan kalo mobil depan mobil box / niaga, dia bisa kasih visual mobil niaga. Nice job honda. Honda sensing. How good is it?
Nah ini ada satu bagian khusus utk bahas sensing. Hal yang saya notice dan saya anggap penting paling cuma, adaptive cruise control. Jujurnya, fitur ini rasanya belum mateng. Di dalam kota, saya set di speed 30kph, dan memang dia bisa ngikutin mobil depan, bahkan sampai berhenti. Lalu kalo mobil depan jalan, kita juga jalan dengan maksimal 30kph. Kita bisa set juga jarak antara mobil kita dengan mobil depan tuh mau segimana jauh ato deket. Enak ya? Nggak. Masalah nya adalah mobil nya jadi kerasa nggak natural banget. Apalagi pas kena turbo lag nya. Jos deh rasanya ajrut2an gitu gasnya. Contohnya gini. Kita set di 30kph. Lalu mobil depan ngerem sampe berenti. Kita juga berenti. Tapi pas mobil depan gas pol ninggalin kita, civic serasa pengen cpt2 mencapai di 30kph ini. Akibatnya apa? Mungkin rasanya kaya dia injek gas agak dalem. Belum lagi kalau mobil depan crawling. Lets say speed variasi antara 20 otw 30kph. Lalu nanti dia melambat dari 30kph otw ke 20kph. Behh makin2 tuh rasa bom bom car.
Kesimpulan
Yah, kalo memang Cuma mau cari ugal dan kenceng, saya rasa civic turbo FC juga udh cukup ya. Tapi di generasi ini, civic serasa mau naik kelas. Khususnya di bagian interiornya. Ngikutin dengan perkembangan jaman, dimana jaman skrg udh banyak sensor2 yang dimasukin.
Banyak banget pertimbangan2 kenapa brz ato camry ato mungkin FC nggak jadi dipilih. Tapi ya sudahlah, rasanya memang paling sensible adalah civic ini. Setidaknya untuk kebutuhan saya.
Tapi civic ini juga bukan mobil yg sempurna banget. Setidaknya di price range dia. Banyak banget yg bisa diimprove, ya at least wishes saya. Ventilated seat, dan wireless charging. Trus, utk mobil sgini camera 360 aja nggak ada. Trus apa? Pasti dong fitur andalan netijen. Sunroof. Wkwkwk.
Nanti kalo plat nomor asli udh turun, pasti mobil ini sy bw remap ke mod sini. infonya sih mapping ecu utk harian nya udh ada, semoga aja perubahannya kerasa.