Review: All New Civic RS 2023

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

Post Reply
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 14713
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by ChZ »

iamwewe wrote: 01 Jul 2023, 12:44
ouch.. r18 hajar lobang kebayang banget tuh suara klontangnya gimana. venturer sy velg dan profil bawaan aja KO, pny saya peyang tengah sdkt wkwkw. profil bannya berapa om pake r18 gitu?

180-190... udh gk kuat lagi dengkul saya ngejejek gas segitunya
225/45/18 om. ngejedaknya berasa sih wwwkkwkw. apalagi kl angin terlalu keras.

wakakak ini nyali jg kalah duluan om itu msh bisa nambah... :ngacir: 190 udah auto ngerem kaki dah gemeter. klo udah remap jalan kosong gaspol enteng lari segitu
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 912
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

ChZ wrote: 01 Jul 2023, 12:46
iamwewe wrote: 01 Jul 2023, 12:44
ouch.. r18 hajar lobang kebayang banget tuh suara klontangnya gimana. venturer sy velg dan profil bawaan aja KO, pny saya peyang tengah sdkt wkwkw. profil bannya berapa om pake r18 gitu?

180-190... udh gk kuat lagi dengkul saya ngejejek gas segitunya
225/45/18 om. ngejedaknya berasa sih wwwkkwkw. apalagi kl angin terlalu keras.

wakakak ini nyali jg kalah duluan om itu msh bisa nambah... :ngacir: 190 udah auto ngerem kaki dah gemeter. klo udah remap jalan kosong gaspol enteng lari segitu
civic kan turbonya kecil gitu, emang kalo 140 keatas nggak berat apa? gila amat udh 190 masih bisa nambah... kmrn om cerita cuma ganti dp fp doang kan ya kalo gk salah. sisanya brt mesin tranny standar remap ya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 14713
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by ChZ »

iamwewe wrote: 01 Jul 2023, 12:49 civic kan turbonya kecil gitu, emang kalo 140 keatas nggak berat apa? gila amat udh 190 masih bisa nambah... kmrn om cerita cuma ganti dp fp doang kan ya kalo gk salah. sisanya brt mesin tranny standar remap ya
sebenernya klo mau kejar atas ya bisa aja ganti turbonya CRV atau hybrid turbo :mky_01: tp buat apa banyak user yang gak terlalu rekomen invest di turbo karna gak bakal gain banyak juga ke limit di CVT plus bawah lebih lag. gini2 atasnya lebih nyaut daripada VW golf mk6 tsi yang masih twincharger. pernah coba soalnya mk6 tsi udah chiptuning atasnya masih lbh buas civic.

enteng om gimana gimana kan 200 hp lebih body cuma 1.3ton. blom dyno terakhir ga ganti dp fp murni remap aja 218hp, sekarang keknya naik 10-20hp lagi. ane malah dp aja fp belom ganti :mky_01: dp sama remap. transmisi full std cuma ganti cvtf FK
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 912
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

ChZ wrote: 01 Jul 2023, 12:53
iamwewe wrote: 01 Jul 2023, 12:49 civic kan turbonya kecil gitu, emang kalo 140 keatas nggak berat apa? gila amat udh 190 masih bisa nambah... kmrn om cerita cuma ganti dp fp doang kan ya kalo gk salah. sisanya brt mesin tranny standar remap ya
sebenernya klo mau kejar atas ya bisa aja ganti turbonya CRV atau hybrid turbo :mky_01: tp buat apa banyak user yang gak terlalu rekomen invest di turbo karna gak bakal gain banyak juga ke limit di CVT plus bawah lebih lag. gini2 atasnya lebih nyaut daripada VW golf mk6 tsi yang masih twincharger. pernah coba soalnya mk6 tsi udah chiptuning atasnya masih lbh buas civic.

enteng om gimana gimana kan 200 hp lebih body cuma 1.3ton. blom dyno terakhir ga ganti dp fp murni remap aja 218hp, sekarang keknya naik 10-20hp lagi. ane malah dp aja fp belom ganti :mky_01: dp sama remap. transmisi full std cuma ganti cvtf FK
udah pasti ogah kalo ganti turbo crv. pengalaman turbo imut venturer vs turbo nya pajero sport, tetep aja kalo dibawa harian dalkot macet2an mah jauh lebih enak turbo kecil wkwkkww. biarin dah walo dikata napas di tol nya udah ngap juga, yg penting fuel consnya hemat dan dibawa sodok2an macet2an lebih jos si inova wkwkwk
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1348
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by darrelund »

iamwewe wrote: 01 Jul 2023, 12:49 civic kan turbonya kecil gitu, emang kalo 140 keatas nggak berat apa? gila amat udh 190 masih bisa nambah... kmrn om cerita cuma ganti dp fp doang kan ya kalo gk salah. sisanya brt mesin tranny standar remap ya
meski turbo kecil tp itu oonda pinter tune CVT nya

jd itu cvt bakal ditahan semaksimal mungkin di peak torque / power

makanya biar dikata bawahnya boyo jg klo ud lari mah semua jg lewat, aplg ud remap :big_biglaugh:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 912
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

darrelund wrote: 02 Jul 2023, 23:20
meski turbo kecil tp itu oonda pinter tune CVT nya

jd itu cvt bakal ditahan semaksimal mungkin di peak torque / power

makanya biar dikata bawahnya boyo jg klo ud lari mah semua jg lewat, aplg ud remap :big_biglaugh:
sebenernya bahasa honda pinter tune cvt nya udh sering banget sy baca di forum ini. tapi standar pinter itu gimanasih??

jujur aja.. tes cvt yaris trd 2019, trus tes cvt avanza DNGA 2022 1.5cc, bawa hrv RU cvt rasanya ya kayanya gitu2 aja dah namanya cvt.. apa ada sesuatu yg gw kgk notice ya? ya minimal apa yg bedain cvt honda dgn cvt merk lain.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1348
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by darrelund »

iamwewe wrote: 03 Jul 2023, 19:39
darrelund wrote: 02 Jul 2023, 23:20
meski turbo kecil tp itu oonda pinter tune CVT nya

jd itu cvt bakal ditahan semaksimal mungkin di peak torque / power

makanya biar dikata bawahnya boyo jg klo ud lari mah semua jg lewat, aplg ud remap :big_biglaugh:
sebenernya bahasa honda pinter tune cvt nya udh sering banget sy baca di forum ini. tapi standar pinter itu gimanasih??

jujur aja.. tes cvt yaris trd 2019, trus tes cvt avanza DNGA 2022 1.5cc, bawa hrv RU cvt rasanya ya kayanya gitu2 aja dah namanya cvt.. apa ada sesuatu yg gw kgk notice ya? ya minimal apa yg bedain cvt honda dgn cvt merk lain.
gimana ya um

klo pengalaman oe bawa haervi, bisa dibilang itu girbok pinter. cvt tsb bisa translate kemauan kita jadi rpm yg sesuai

terus nggak ngempos juga meski cuma 1.5, padet feelnya, dijaga di posisi torque curve yg bagus

dibawa nanjak jg ga ngoyo, itu kombinasi TCU & ECU

pernah ga um liat oonda kg bisa nanjak? itulah dia :big_biglaugh:

kyk masda girboknya kita injek dikit ud pindah gigi, itu tuningan um :big_biglaugh:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 912
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

darrelund wrote: 03 Jul 2023, 21:54
iamwewe wrote: 03 Jul 2023, 19:39
darrelund wrote: 02 Jul 2023, 23:20
meski turbo kecil tp itu oonda pinter tune CVT nya

jd itu cvt bakal ditahan semaksimal mungkin di peak torque / power

makanya biar dikata bawahnya boyo jg klo ud lari mah semua jg lewat, aplg ud remap :big_biglaugh:
sebenernya bahasa honda pinter tune cvt nya udh sering banget sy baca di forum ini. tapi standar pinter itu gimanasih??

jujur aja.. tes cvt yaris trd 2019, trus tes cvt avanza DNGA 2022 1.5cc, bawa hrv RU cvt rasanya ya kayanya gitu2 aja dah namanya cvt.. apa ada sesuatu yg gw kgk notice ya? ya minimal apa yg bedain cvt honda dgn cvt merk lain.
gimana ya um

klo pengalaman oe bawa haervi, bisa dibilang itu girbok pinter. cvt tsb bisa translate kemauan kita jadi rpm yg sesuai

terus nggak ngempos juga meski cuma 1.5, padet feelnya, dijaga di posisi torque curve yg bagus

dibawa nanjak jg ga ngoyo, itu kombinasi TCU & ECU

pernah ga um liat oonda kg bisa nanjak? itulah dia :big_biglaugh:

kyk masda girboknya kita injek dikit ud pindah gigi, itu tuningan um :big_biglaugh:
pengalaman pake crv 3rd gen 2.0 AT... nyesel nya bukan maen beli itu..... dibawa nanjak tanjakan puncak full isi 5 orang plus bagasi.... dulu inget banget namanya bukit talitha.. asli dah itu.... bnr2 naek nya speed paling cuma 5 kph doang... malu nya sampe ke ubun2... temeen sampe ngomong.. itu ditanjakan ngeden crawling gitu doang, istilahnya mah kalo kita dikejar maling mah di fur lari aja tuh maling udah pasti dapet saking ngeden nggak kira2 nanjak nya wkkkwwk.. mau di posisi gigi D, posisi gigi L sama aja... salah beli aja kayanya harus nya beli 2.4AT wkwkwkw gembel emang. mamam dah tuh beli 2.0AT incer irit.. sejak saat itu kapok dah beli mobil gede cc pas2an

kalo bawa cvt susah nanjak nggak pernah sih..

iya bener, pengalaman pake hrv 1.5 emang enak.. tenaga ngisi terusssss.. satu hal aja di note wkt itu bawa ke transjawa pengen lsg hajar ke batu malang... kalo gk salah udh mulai masuk daerah semarang itu cvtnya kaya udh mulai rasa power loss.. bener2 di gas nya nggak enak banget gak responsif. istirahat makan di rest area semarang apa tuh yg lumayan gede km brp itu.. tidur sebentar di mobil.. ajaib pas dibawa lagi jos terus.. mulai kerasa 'ngempos'nya lagi di kisaran solo ya. kesimpulan sementara sih waktu itu ya karena cvt nya butuh istirahat juga kali ya gk bisa di durrrr gaspol terus

kalo yaris dan avanza DNGA emang bukan punya saya.. jadi gk ada longterm experiencenya
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8324
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: 03 Jul 2023, 22:38
darrelund wrote: 03 Jul 2023, 21:54
iamwewe wrote: 03 Jul 2023, 19:39

sebenernya bahasa honda pinter tune cvt nya udh sering banget sy baca di forum ini. tapi standar pinter itu gimanasih??

jujur aja.. tes cvt yaris trd 2019, trus tes cvt avanza DNGA 2022 1.5cc, bawa hrv RU cvt rasanya ya kayanya gitu2 aja dah namanya cvt.. apa ada sesuatu yg gw kgk notice ya? ya minimal apa yg bedain cvt honda dgn cvt merk lain.
gimana ya um

klo pengalaman oe bawa haervi, bisa dibilang itu girbok pinter. cvt tsb bisa translate kemauan kita jadi rpm yg sesuai

terus nggak ngempos juga meski cuma 1.5, padet feelnya, dijaga di posisi torque curve yg bagus

dibawa nanjak jg ga ngoyo, itu kombinasi TCU & ECU

pernah ga um liat oonda kg bisa nanjak? itulah dia :big_biglaugh:

kyk masda girboknya kita injek dikit ud pindah gigi, itu tuningan um :big_biglaugh:
pengalaman pake crv 3rd gen 2.0 AT... nyesel nya bukan maen beli itu..... dibawa nanjak tanjakan puncak full isi 5 orang plus bagasi.... dulu inget banget namanya bukit talitha.. asli dah itu.... bnr2 naek nya speed paling cuma 5 kph doang... malu nya sampe ke ubun2... temeen sampe ngomong.. itu ditanjakan ngeden crawling gitu doang, istilahnya mah kalo kita dikejar maling mah di fur lari aja tuh maling udah pasti dapet saking ngeden nggak kira2 nanjak nya wkkkwwk.. mau di posisi gigi D, posisi gigi L sama aja... salah beli aja kayanya harus nya beli 2.4AT wkwkwkw gembel emang. mamam dah tuh beli 2.0AT incer irit.. sejak saat itu kapok dah beli mobil gede cc pas2an

kalo bawa cvt susah nanjak nggak pernah sih..

iya bener, pengalaman pake hrv 1.5 emang enak.. tenaga ngisi terusssss.. satu hal aja di note wkt itu bawa ke transjawa pengen lsg hajar ke batu malang... kalo gk salah udh mulai masuk daerah semarang itu cvtnya kaya udh mulai rasa power loss.. bener2 di gas nya nggak enak banget gak responsif. istirahat makan di rest area semarang apa tuh yg lumayan gede km brp itu.. tidur sebentar di mobil.. ajaib pas dibawa lagi jos terus.. mulai kerasa 'ngempos'nya lagi di kisaran solo ya. kesimpulan sementara sih waktu itu ya karena cvt nya butuh istirahat juga kali ya gk bisa di durrrr gaspol terus

kalo yaris dan avanza DNGA emang bukan punya saya.. jadi gk ada longterm experiencenya
Bukan cuma cvtnya mbah
Mesinnya juga :big_peace:

Mungkin... ecu programming bawaan pabrik, udh diset; ketika suhu sudah capai sekian, durasi rpm sekian selama waktu sekian, tenaga dan torsi mesin dipotong dikit.

Sama seperti Processor gadget/pc, klo dah panas dalam durasi lama, dia akan throttling (speed processor dicut dikit).

Tujuannya ya reliability dan durability mesin dan transmisi jangka panjang.
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 14713
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by ChZ »

iamwewe wrote: 03 Jul 2023, 19:39
sebenernya bahasa honda pinter tune cvt nya udh sering banget sy baca di forum ini. tapi standar pinter itu gimanasih??

jujur aja.. tes cvt yaris trd 2019, trus tes cvt avanza DNGA 2022 1.5cc, bawa hrv RU cvt rasanya ya kayanya gitu2 aja dah namanya cvt.. apa ada sesuatu yg gw kgk notice ya? ya minimal apa yg bedain cvt honda dgn cvt merk lain.
Istilahnya kalau mobil manual itu "ngatur bukaan kopling" nya.

Penyakit CVT zaman lawas itu misal kitorang butuh cuma jalan santai ya udah rpm 2-3 kunci aja di rasio lbh tinggi kan (pindah gigi tinggi kalo di manual). Tp yang terjadi itu transmisi selip terus menerus kek orang mindah gigi lupa dilepas koplingnya. Ini jg tersangka utama yang bikin CVT zaman lawas (dan CVT motor skutik) kurang awet. Ya gimana gak panas gesek gesek selip mulu. Wkwkwkwkw.

Masalahnya CVT itu emang bekerja ngatur selip cara kerjanya. CVT bagus imo ya bisa ngatur sesuai kebutuhan. Lagi mau santai dia lock di rasio tinggi, lagi mau akselerasi dia sigap ke rasio rendah. Skrg si banyakan dibantu lock up clutch dan torque converter jd lebih akurat. Iya, ujungnya CVT jg pake torque converter :big_biglaugh: makanya dia buat yang gak notice, susah bedain CVT modern sama AT.

Ya macam transmisi AT biasa yang pinter. AT biasa yang bodo juga banyak :big_childish:

Cuma ya karna emang CVT kalo akselerasi kickdown tetep raungan khas CVTnya gak bisa ilang sepenuhnya. Wkwkwkkw.

Paling enjinir ya ngakalnya dibuat virtual shifting aja. Rpm nya dibiarin loss dikit di atas peak power biar turunnya langsung deket peak power. Ujungnya sensasinya mirip dual clutch deh wkwkwk. Nyaris no slip.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
AbdulHakim
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1168
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by AbdulHakim »

Traditional steel belt and pulley :big_smile]
Di negara yg sudah lebih maju, udah bahas e-cvt yg pake planetary gear dan rotor.
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 834
Joined: 20 Mar 2022, 08:17

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by t105erd »

Padahal Civic ini kalo pakai manual 6 Speed kaya di US sana seru kali yah...
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 912
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

Suryaputra wrote: 04 Jul 2023, 07:00 Bukan cuma cvtnya mbah
Mesinnya juga :big_peace:

Mungkin... ecu programming bawaan pabrik, udh diset; ketika suhu sudah capai sekian, durasi rpm sekian selama waktu sekian, tenaga dan torsi mesin dipotong dikit.

Sama seperti Processor gadget/pc, klo dah panas dalam durasi lama, dia akan throttling (speed processor dicut dikit).

Tujuannya ya reliability dan durability mesin dan transmisi jangka panjang.
oo berati bener ya yg sy rasain. kirain cuma perasaan aja, taunya ada throttling juga ya.. thank u om info nyaa
ChZ wrote: 04 Jul 2023, 07:08

Istilahnya kalau mobil manual itu "ngatur bukaan kopling" nya.

Penyakit CVT zaman lawas itu misal kitorang butuh cuma jalan santai ya udah rpm 2-3 kunci aja di rasio lbh tinggi kan (pindah gigi tinggi kalo di manual). Tp yang terjadi itu transmisi selip terus menerus kek orang mindah gigi lupa dilepas koplingnya. Ini jg tersangka utama yang bikin CVT zaman lawas (dan CVT motor skutik) kurang awet. Ya gimana gak panas gesek gesek selip mulu. Wkwkwkwkw.

Masalahnya CVT itu emang bekerja ngatur selip cara kerjanya. CVT bagus imo ya bisa ngatur sesuai kebutuhan. Lagi mau santai dia lock di rasio tinggi, lagi mau akselerasi dia sigap ke rasio rendah. Skrg si banyakan dibantu lock up clutch dan torque converter jd lebih akurat. Iya, ujungnya CVT jg pake torque converter :big_biglaugh: makanya dia buat yang gak notice, susah bedain CVT modern sama AT.

Ya macam transmisi AT biasa yang pinter. AT biasa yang bodo juga banyak :big_childish:

Cuma ya karna emang CVT kalo akselerasi kickdown tetep raungan khas CVTnya gak bisa ilang sepenuhnya. Wkwkwkkw.

Paling enjinir ya ngakalnya dibuat virtual shifting aja. Rpm nya dibiarin loss dikit di atas peak power biar turunnya langsung deket peak power. Ujungnya sensasinya mirip dual clutch deh wkwkwk. Nyaris no slip.
ada gambaran sih sedikit2. kaya mobil manual yg ngangkat kopling nya agak gantung2 gitu ya. kaget juga cvt ada torque converternya juga yak set dah

mantap om penjelasannya :big_exellent:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 912
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

AbdulHakim wrote: 04 Jul 2023, 07:58 Traditional steel belt and pulley :big_smile]
Di negara yg sudah lebih maju, udah bahas e-cvt yg pake planetary gear dan rotor.
e cvt kayanya yg dipake di mobil2 hybrid gk sih? kayanya pernah baca zenix pake e cvt ya.
t105erd wrote: 04 Jul 2023, 07:59 Padahal Civic ini kalo pakai manual 6 Speed kaya di US sana seru kali yah...
yg beli nggak banyak om.. ujung2nya gk ketemu economic scalenya kali ya. eh tapi kan civic unit CBU, tinggal impor aja ya kalo ada demand [emo-yesno]
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8324
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: 04 Jul 2023, 07:58 Traditional steel belt and pulley :big_smile]
Di negara yg sudah lebih maju, udah bahas e-cvt yg pake planetary gear dan rotor.
iya klo sistem hibrid plg efisien mnrt toyota honda kudu pk ecvt.

technically sync power torsi motor listrik + mesin bbm bisa dicapai dan dikontrol computer.

dan itu jg adopt teknologi loco diesel ajah yg terbukti reliable dipakai bbrp dekade
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
AbdulHakim
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1168
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by AbdulHakim »

Suryaputra wrote: 04 Jul 2023, 09:14
AbdulHakim wrote: 04 Jul 2023, 07:58 Traditional steel belt and pulley :big_smile]
Di negara yg sudah lebih maju, udah bahas e-cvt yg pake planetary gear dan rotor.
iya klo sistem hibrid plg efisien mnrt toyota honda kudu pk ecvt.

technically sync power torsi motor listrik + mesin bbm bisa dicapai dan dikontrol computer.

dan itu jg adopt teknologi loco diesel ajah yg terbukti reliable dipakai bbrp dekade
yup betul mbah, sebenarnya teknologi mekanikal dan elektrikal itu disitu-situ aja, hanya skrg ditambahin logic computerized.
iamwewe wrote: 04 Jul 2023, 08:11 e cvt kayanya yg dipake di mobil2 hybrid gk sih? kayanya pernah baca zenix pake e cvt ya.
ah iya my bad, ini topiknya mirip di thread sebelah yg bahas sabuk cvt :big_peace:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8324
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: 04 Jul 2023, 10:02
Suryaputra wrote: 04 Jul 2023, 09:14
AbdulHakim wrote: 04 Jul 2023, 07:58 Traditional steel belt and pulley :big_smile]
Di negara yg sudah lebih maju, udah bahas e-cvt yg pake planetary gear dan rotor.
iya klo sistem hibrid plg efisien mnrt toyota honda kudu pk ecvt.

technically sync power torsi motor listrik + mesin bbm bisa dicapai dan dikontrol computer.

dan itu jg adopt teknologi loco diesel ajah yg terbukti reliable dipakai bbrp dekade
yup betul mbah, sebenarnya teknologi mekanikal dan elektrikal itu disitu-situ aja, hanya skrg ditambahin logic computerized.
iamwewe wrote: 04 Jul 2023, 08:11 e cvt kayanya yg dipake di mobil2 hybrid gk sih? kayanya pernah baca zenix pake e cvt ya.
ah iya my bad, ini topiknya mirip di thread sebelah yg bahas sabuk cvt :big_peace:
+ Fitur mager mbah :big_biglaugh:
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
AbdulHakim
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1168
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by AbdulHakim »

Suryaputra wrote: 04 Jul 2023, 10:12
AbdulHakim wrote: 04 Jul 2023, 10:02
Suryaputra wrote: 04 Jul 2023, 09:14
iya klo sistem hibrid plg efisien mnrt toyota honda kudu pk ecvt.

technically sync power torsi motor listrik + mesin bbm bisa dicapai dan dikontrol computer.

dan itu jg adopt teknologi loco diesel ajah yg terbukti reliable dipakai bbrp dekade
yup betul mbah, sebenarnya teknologi mekanikal dan elektrikal itu disitu-situ aja, hanya skrg ditambahin logic computerized.
iamwewe wrote: 04 Jul 2023, 08:11 e cvt kayanya yg dipake di mobil2 hybrid gk sih? kayanya pernah baca zenix pake e cvt ya.
ah iya my bad, ini topiknya mirip di thread sebelah yg bahas sabuk cvt :big_peace:
+ Fitur mager mbah :big_biglaugh:
Fitur pemikat gen-Z itu mbah :big_biglaugh:
BTT, sensor ADAS nya Civic FE ini masih pake camera kyk HRV RU ya? berarti line up yang pake radar itu baru Accord dan CRV facelift :big_think:
knp saya tanya gitu, karena ada di thread HRV yg posting video mengenai Sensor ADAS camera-based keliru mengidentifikasi bayangan saat berada di bawah underpass sehingga sudden brake lalu kena tabrak belakang, video dari negara tetangga kalo ga salah CMIIW
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2309
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: 04 Jul 2023, 07:08 Paling enjinir ya ngakalnya dibuat virtual shifting aja. Rpm nya dibiarin loss dikit di atas peak power biar turunnya langsung deket peak power. Ujungnya sensasinya mirip dual clutch deh wkwkwk. Nyaris no slip.
Pada akhirnya smua type mobil2 buat car enthusiast jg kiblatin ke dual clutch kan … :big_biglaugh:

Kek matic zf-8speed torque converter bmw , di tuning pake software (xhp; bm3) demi dapetin sensasi shifting dual clutch

Harusnya ud saatnya honda bikin in house trans DCT. Jadi kg dibawah bayang2 VAG terus yg emang ud jadi leader dual clutch :big_blushing:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 14713
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: 04 Jul 2023, 10:46 Pada akhirnya smua type mobil2 buat car enthusiast jg kiblatin ke dual clutch kan … :big_biglaugh:

Kek matic zf-8speed torque converter bmw , di tuning pake software (xhp; bm3) demi dapetin sensasi shifting dual clutch

Harusnya ud saatnya honda bikin in house trans DCT. Jadi kg dibawah bayang2 VAG terus yg emang ud jadi leader dual clutch :big_blushing:
honda mah garis keras harus MT mbah. wkwkwkkw.

type R mana ada mau bikin DCT tetep kekeh harus manual :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8324
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: 04 Jul 2023, 10:31
Suryaputra wrote: 04 Jul 2023, 10:12
AbdulHakim wrote: 04 Jul 2023, 10:02
yup betul mbah, sebenarnya teknologi mekanikal dan elektrikal itu disitu-situ aja, hanya skrg ditambahin logic computerized.


ah iya my bad, ini topiknya mirip di thread sebelah yg bahas sabuk cvt :big_peace:
+ Fitur mager mbah :big_biglaugh:
Fitur pemikat gen-Z itu mbah :big_biglaugh:
BTT, sensor ADAS nya Civic FE ini masih pake camera kyk HRV RU ya? berarti line up yang pake radar itu baru Accord dan CRV facelift :big_think:
knp saya tanya gitu, karena ada di thread HRV yg posting video mengenai Sensor ADAS camera-based keliru mengidentifikasi bayangan saat berada di bawah underpass sehingga sudden brake lalu kena tabrak belakang, video dari negara tetangga kalo ga salah CMIIW
iya dr yg saya baca2 itu kelemahan ADAS sensor rely on camera.
jd kurang refine.

klo pk radar, scr teori dia lbh akurat ngukur jaraknya dalam jeda waktu sekian ms.
sebagian teknologi penerbangan diadopt ke mobil.
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8324
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 04 Jul 2023, 10:51
KielConstantine wrote: 04 Jul 2023, 10:46 Pada akhirnya smua type mobil2 buat car enthusiast jg kiblatin ke dual clutch kan … :big_biglaugh:

Kek matic zf-8speed torque converter bmw , di tuning pake software (xhp; bm3) demi dapetin sensasi shifting dual clutch

Harusnya ud saatnya honda bikin in house trans DCT. Jadi kg dibawah bayang2 VAG terus yg emang ud jadi leader dual clutch :big_blushing:
honda mah garis keras harus MT mbah. wkwkwkkw.

type R mana ada mau bikin DCT tetep kekeh harus manual :mky_03:
depends... ke usernya gmn.

karena saya yakin sih produsen sekelas honda itu customer centric.
gak kaya nok*a :big_biglaugh:

pelanggan setia honda beda sama pelanggan setia VAG.
jadi hasil produknya pasti beda.
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 14713
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 04 Jul 2023, 10:52
depends... ke usernya gmn.

karena saya yakin sih produsen sekelas honda itu customer centric.
gak kaya nok*a, :big_biglaugh:
customer centric buat model2 yg massal. HRV CRV civic biasa dll.

justru karena customer centric dy tau konsumen type R ganti matic customernya malah lari. apa specialnya beli type R dibanding golf R kalo sama-sama DCT kencengan golf R wkwkwk.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8324
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 04 Jul 2023, 10:53
Suryaputra wrote: 04 Jul 2023, 10:52
depends... ke usernya gmn.

karena saya yakin sih produsen sekelas honda itu customer centric.
gak kaya nok*a, :big_biglaugh:
customer centric buat model2 yg massal. HRV CRV civic biasa dll.

justru karena customer centric dy tau konsumen type R ganti matic customernya malah lari. apa specialnya beli type R dibanding golf R kalo sama-sama DCT kencengan golf R wkwkwk.
iyaa type r kan marketnya dan loyal customer nya beda sm golep r (at least saat ini)

gaktau nanti ya :upss:
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 912
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

AbdulHakim wrote: 04 Jul 2023, 10:31
Fitur pemikat gen-Z itu mbah :big_biglaugh:
BTT, sensor ADAS nya Civic FE ini masih pake camera kyk HRV RU ya? berarti line up yang pake radar itu baru Accord dan CRV facelift :big_think:
knp saya tanya gitu, karena ada di thread HRV yg posting video mengenai Sensor ADAS camera-based keliru mengidentifikasi bayangan saat berada di bawah underpass sehingga sudden brake lalu kena tabrak belakang, video dari negara tetangga kalo ga salah CMIIW
liatnya dari mana om utk sensor ADASnya? kalo yg di atas spion tengah itu, kayanya sih udh radar juga ya. kgk liat ada kamera kayanya nih.

iya bener ngeri banget itu hrv baru yg di malay katanya ya.. sudden brake gitu dihantem hrv lama dari belakang. coba kalo belakangnya truk gede, habis lah :off_no:

sedikit cerita aja, kemarin itu waktu kaca depan masih ada kaya krim2 obat apa lah waktu mau dicoating, mobil disuruh masukin ke garasi sama detailer. itu di layar speedometer nya lsg ada notif kaca depan kotor, suruh bersihin dulu karena takut sensor gk bekerja dgn maksimal. gk tau dah ini ada hubungannya gk sama sensor HRV yg salah detect bayangan itu.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post