Review: All New Civic RS 2023

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Post Reply
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3595
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by kendibocor »

ChZ wrote: 22 Jul 2023, 19:29
darrelund wrote: 22 Jul 2023, 16:43 itu pirelli dragon sport aja biar ban passenger tp kayak ban AT tampangnya, aneh :big_biglaugh:

klo mau yg gudluking beli conti, micin, GY F1, ventus evo, p zero/ advan um :big_biglaugh:
Wakakak iya neh beli ban kadang liat desainnya jg :mky_03:

Pinter tuh accelera, phi-r sekilas dibuat kayak continental mc6.

Tp gw sekarang semislick ftw ah. Gagah liat sidewallnya ngotak tegas gitu resing look :big_biglaugh: champiro SX2 aja bentuknya kek ban mahal
Iyah SX2 bagus tuh, sayang mentok R18. Termasuk ban yg banyak dibeli kalo orng pd ganti velg. Murmer tp good looking :big_exellent:
Butuh dana buat beli M4 :big_weee:
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15924
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by ChZ »

kendibocor wrote: 22 Jul 2023, 19:59 Iyah SX2 bagus tuh, sayang mentok R18. Termasuk ban yg banyak dibeli kalo orng pd ganti velg. Murmer tp good looking :big_exellent:
Bener jg kalo semislick mentok cuma 18 neh. Mau 19 up paling luas pilihan accelera phi-r atau hajar continental/michelin.

Semislick cocoknya pake ring kecil tp lebar, soalnya spek semislick jg lebar2. :mky_03: liat ayla brio pake SX2 aja udah kliatan racinglook banget :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

yak.. akhirnya sampe juga 1000km pertama, sekalian service pertama di bengkel resmi. diputuskan utk ganti oli mesin. ternyata buset murah banget dah ini 1.5cc turbo. oli mesin pake dari dealer honda nya. 1 liter cuma 140rb. total pakai 4liter. filter oli nya juga cuma 40rb. total abis cuma 620rb kalo gk salah inget. msh free service sih. top abis.

trus untuk fuel consumption.. diawal review di posisi mesin standar sempet saya ngomong dapet di angka 1:7.5km, dengan kondisi istri yg bawa bolak cuma anter jemput anak dari rumah ke skolah dengan jarak tempuh total 15km.

setelah remap, skrg dapet di 1:9km - 9.5km. nggak pernah tembus angka 10kpl. kondisi yg pakai juga sama istri, dan rute yg sama.

tapi untuk real fuel consumption, kalo harian rute kombinasi dalkot dan tol sih saya yakin banget dapet 1:12km dengan mudah, nggak perlu effort irit2 kaki sopan2.

nah ini di bawah ada foto2nya ya.

jadi di trip A, udh jalan 246km kurleb, dengan avg speed 19km/h, masih dapet 1:10.4 km/liter
trip A ini selalu di reset setiap saya isi bensin.
WhatsApp Image 2023-07-28 at 15.38.24.jpeg
WhatsApp Image 2023-07-28 at 15.38.52.jpeg
di trip B, ini nggak pernah saya reset sejak saya terima mobil nya di rumah. total udh jalan 970km, dengan avg speed 17km/h, masih dapet 1:9.6km/liter.
WhatsApp Image 2023-07-28 at 15.39.15.jpeg
WhatsApp Image 2023-07-28 at 15.39.51.jpeg
bener kata om Chz, ini mesin hemat banget dan bertenaga wkwkwkkww :big_exellent:

semoga aja dah mesin dan transmisi nya awet dipake jangka panjang walo udh di remap kecil2an
Eastclubber
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: 02 May 2023, 18:03
Location: West Jakarta
Daily Vehicle: si hitam ganteng GM6

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Eastclubber »

Civic FE1 warna merah mobil impian banget ,saya sebagai pecinta sedan udah punya rencana 3 taun lagi pingin upgrade ke FE1 warna merah :e-pray:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

Halo temen2 serayaHonda…. Balik lagi mau lanjut ripiw civic FE setelah dipakai untuk liburan nih.
Penumpang 2 dewasa 2 bocah, beserta koper
Rute nya jakarta pik – lembang – dago – punclut – tj priuk – pik.

Sengaja di pilih rute jauh dan nanjak2 pegunungan yang cukup ekstrim, untuk tes performa keseluruhan civic ini. Kondisi mobil saya, semua standar, hanya remap ecu saja. Bensin full ron98 nitro+. Ganti oli mesin pertama di 1000km dengan oli beres eco pro.
Oke langsung aja.

Perjalanan dimulai dari PIK, langsung tujuan floating market lembang lanjut istirahat di setiabudhi.
Asli, enak banget pake ini mobil. Gas tipis2, top speed max 150kph aja di tol MBZ. Gampang banget naiknya. Yang mengejutkan buat saya, konsumsi bbm bisa tembus 19.4km/liter.
WhatsApp Image 2023-09-25 at 15.50.18.jpeg
momen menuju 150km/h, di keplak istri sembari pegang hp sembari nyetir kenceng
WhatsApp Image 2023-09-25 at 15.50.18 (1).jpeg

Tiba di tol padalarang. Tanjakan curam yang paling Panjang kayanya tanjakan blibli ya. Tapi nggak kerasa ngeden nih mobil. Mungkin kuncinya jaga momentum RPM aja kali ya. Kalo turbo udh masuk, ga ada cerita ngeden2. Bahkan dalam beberapa kesempetan, nyalip trio ladderframe gampang aja tuh. Selain torsi yang ngisi terus, lincahnya mobil juga bikin pede banget untuk nyalip2. Tiba di hotel, udah mikir nih wah fuel cons pasti turun nih, soalnya rute nanjak dan bejek terus kan. Lah.. ternyata masih dapet 16.2km/liter. Sedep..

Hari ke 2. Rute nya ke noah’s park, dago dream park, lanjut dinner di punclut, baru pulang ke hotel lagi di setiabudi. Pergi dari pagi sih enak banget, jalanan masih kosong. Libas gunung, naik turun, belok2, bahkan nyalip, kerasa banget effortless.

Tapi masa2 indah naek civic ini berubah jadi mimpi buruk begitu sore, dan mulai di hadapi dengan kemacetan daerah punclut. Bagi yang nggak tau, ini jalanan tanjakannya curam banget, dan hanya bisa dilewati 2 mobil berlawanan arah dengan lebar jalan yang pas2an banget buat 2 mobil ukuran sedang. Mesin 1.5T+cvt nggak bisa boong. Keteteran banget kalo pas lagi stop and go. Kerasa berat, berat banget. Cuma ya asal berani bejek dan tega denger CVT nya sih ya nanjak aja sih. Mesin nge-gerung ditemenin dgn raungan CVT yang nguuuuu aduh, nggak enak banget. Ada momen lucu, bisa2 nya disalip innova 2.0G gen1, facelift pertama, lengkap dengan suara whooosssshhh nya. Saat2 kaya gini sih kangen banget naek 2GD. Mungkin saat kaya gini, naek crv 1.5T mendingan kali ya. Kalo kata om chz kan gear nya lebih kasar. Kali aja lebih nolong pas stop and go tanjakan curam gini. Setelah semua acara selesai, balik ke setiabudi. Fuel cons langsung tercatat 13.2km/liter. Ouch..

Hari ke 3, udah tepar…. Pagi2 pergi ke farmhouse, maen seharian. Abis itu lunch di daerah kota bandungnya, restoran dunia baru. Jos abis. Balik lagi ke hotel setiabudi, udah istirahat full total disana. Gak tau kenapa, jalanan lancar banget, tumben2an tuh farmhouse. Padahal hari minggu, biasa rame. Fuel cons membaik di 15.2km/liter. Mantep..

Hari ini pulang, mampir dulu ke rest area pertama di tol padalarang arah jakarta, tercatat 16.7km/liter.
WhatsApp Image 2023-09-25 at 15.52.09.jpeg
Yok kita gas, tujuan langsung ke kantor di daerah tj priuk. Asli, cvt nya pinter abis. Di turunan Panjang, gak perlu kita untuk maenin paddleshift engine brake. Dia bisa engine brake sendiri,. Cuma ya ga tega denger suara mesin meraung naek di rpm 3 sih. Jadi kalo dia nyala engine brakenya, auto lompat ke rpm 3, biasa saya maenin paddleshift +, untuk upshift gigi virtualnya. Nanti rpmnya turun ke 2.5, tapi efek engine brake nggak sekuat yang rpm 3.

Masuk ke tol MBZ arah pulang, gak kerasa fuel cons udh naik di 19 km/liter.
WhatsApp Image 2023-09-25 at 15.52.09 (1).jpeg
Thanks to tol bandung arah jakarta yang turunan terus kebanyakan. Lanjut masuk tol cikunir, dan berhenti di kantor tj priuk, akhirnya dapet fuel cons 18.9 km/liter. total fuel cons yang didapat dengan beragam rute yang ada selama trip ini di dapat 14.1 km/liter. muantap pol.
WhatsApp Image 2023-09-25 at 15.52.09 (2).jpeg

Kesimpulan
Okay, mungkin sedan bukan selera semua orang. Terlebih di jaman orang semua pada demen SUV. Tapi percayalah, duduk rendah di sebuah sedan, dengan kenikmatan body roll minim saat ditekuk sana tekuk sini ditambah pula mesin yang sangat bertenaga dan irit, bener2 suatu sensasi nikmat tersendiri.

Kalau memang ngga selera sedan, secara spesifik combo mesin 1.5T dan cvt ini bener2 boleh banget diperhitungkan. Tenaga nya dapet, irit nya dapet, transmisi nya pun pinter banget. Sigap. Tapi kan tadi katanya di tanjakan, rasanya berat banget ngegerung mesinnya. Yes bener, tapi seberapa sering sih kita mengalami posisi spt itu di real life? Paling kebanyakan ya rute perkotaan aja, atau kalopun nanjak, ya tentu gak akan se ekstrim tanjakan punclut itu. tanjakan ujung langit dah.

oh belum bahas the famous road noise? jadi, civic FE dengan segala improvement noise nya, beserta ban bawaannya yokohama advan db gimana? jawabannya, honda is still honda. ngga nolong wkwkwk. better dari hrv lama saya iya, jauh. tapi kalo dibilang senyap sih nggak banget. tinggal yg belum kejajal pas ujan gede nih. brisiknya seberapa sih.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

ExorT wrote: 20 Sep 2023, 12:23
Hahaha. Ditunggu ini review nanjaknya Om. Apalagi kalau nanjaknya yang berkelok2. :mky_03:
om, sy pindah kesini ya. gak enak sama thread BRV.

aman om, di FE saya nggak ada keluhan apa2. standar aja, kalo nanjak ya cuma suara mesin normal dan CVT yang nguuunngggg.. asal tega jejek sih, nanjak terus.

performance mesin pas nanjak dan kelok2 juga aman, nggak kerasa turbo lag. rata performancenya, nggak ada penurunan performance sama sekali. ini udh dijajal dari hegarmaneh, dago dreampark, punclut, dannnn arah sebaliknya.

cuma diatas saya ada jelasin aja.. emang pas stop and go di punclut sih berat pake banget. ya nggak sampe crawling sih mobilnya, tapi kerasa banget effortnya.

om udh update belum ke bengkel resmi kalo gk salah BCM nya recall ya? ato mungkin udah consider utk remap sendiri? siapa tau nolong
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10216
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Suryaputra »

Wuah lewat punclut yaa.
Itu sadis sih, ke puncak pas mah gakda apa2nya.

Coba berikutnya Lanjut aja terus sampai jl raya tangkuban perahu, mampir ke warung kopi gunung, bisa sukses bikin suhu CVT sampai 120 an C (klo gak pakai atf cooler)

Emg bener, klo macet tanjakan, mesin cc besar nolong sih buat stop and go di sana :big_peace:

Tapi klo buat jalan lurus no issue koq, perpaduan irit dan kencang civic turbo cvt ini :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

Suryaputra wrote: 25 Sep 2023, 21:08 Wuah lewat punclut yaa.
Itu sadis sih, ke puncak pas mah gakda apa2nya.

Coba berikutnya Lanjut aja terus sampai jl raya tangkuban perahu, mampir ke warung kopi gunung, bisa sukses bikin suhu CVT sampai 120 an C (klo gak pakai atf cooler)

Emg bener, klo macet tanjakan, mesin cc besar nolong sih buat stop and go di sana :big_peace:

Tapi klo buat jalan lurus no issue koq, perpaduan irit dan kencang civic turbo cvt ini :big_exellent:
Ya karena topik jalan2 nya kan buat nyenengin anak dan bini.
Anak udh seneng tuh diajak ke semua activity dan zoo. Ajak lah bini dinner di sudut pandang biar malem nya lebih enak kiw kiw nya :mky_03:

Kalo tangkuban perahu nggak om.. gak ada apa2. Anak msh kecil gini mah males diajak ke tempat gituan. Paling nyantai aja di cikole. Cuma emang rute perjalanannya kan beda om hehe.

Nah ini. Mungkin kalo geared at mendingan gak sih? Kayanya ini ngeden ya karena cvt nya aja kali ya. Tapi kalo geared at gk bakal dapet hemat dan hening nya cvt ya
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 361
Joined: 21 Dec 2021, 00:17

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by ExorT »

iamwewe wrote: 25 Sep 2023, 20:55
om, sy pindah kesini ya. gak enak sama thread BRV.

aman om, di FE saya nggak ada keluhan apa2. standar aja, kalo nanjak ya cuma suara mesin normal dan CVT yang nguuunngggg.. asal tega jejek sih, nanjak terus.

performance mesin pas nanjak dan kelok2 juga aman, nggak kerasa turbo lag. rata performancenya, nggak ada penurunan performance sama sekali. ini udh dijajal dari hegarmaneh, dago dreampark, punclut, dannnn arah sebaliknya.

cuma diatas saya ada jelasin aja.. emang pas stop and go di punclut sih berat pake banget. ya nggak sampe crawling sih mobilnya, tapi kerasa banget effortnya.

om udh update belum ke bengkel resmi kalo gk salah BCM nya recall ya? ato mungkin udah consider utk remap sendiri? siapa tau nolong
Thank you Om reportnya!!

BBMnya Pertamax Turbo ya?

Berarti HRV ane yang ngebug ini. Putaran mesinnya bisa ga linear gitu naiknya. Si CVT yang nguuuuuunggggggg itu bisa hilang beberapa detik, sampai tau2 skip ke rpm tinggi :big_biglaugh:

Tapi, pas lagi nanjak2 ini, untuk pertama kalinya ane isi Pertamax 92. Karena di luar kota ga ada pom jualan Turbo yang kelihatannya bonafide. Ada ngaruhkah??

Ditambah lagi, suara seperti pulley menjerit ketika di RPM mid to high. Curiga CVT nya overheat.

Kalo nanjak berat wajar di stop and go wajar sih menurut saya.

Untuk update belum Om, karena kemarin ada mobil yang cobain tapi gagal update karena internet bengkel nya lemot. Ane telp lagi, katanya sudah diupgrade inetnya, tapi belum ada yang cobain lagi. Ane takut jadi kelinci percobaan gitu. :big_biglaugh:

Ane malas buat remap2an. Setidaknya, tunggu sampe semua masalah jadi terang, supaya tidak diributin waktu claim garansi.

Next shopping list mau ganti oli cvt di beres.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10216
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: 25 Sep 2023, 21:47
Suryaputra wrote: 25 Sep 2023, 21:08 Wuah lewat punclut yaa.
Itu sadis sih, ke puncak pas mah gakda apa2nya.

Coba berikutnya Lanjut aja terus sampai jl raya tangkuban perahu, mampir ke warung kopi gunung, bisa sukses bikin suhu CVT sampai 120 an C (klo gak pakai atf cooler)

Emg bener, klo macet tanjakan, mesin cc besar nolong sih buat stop and go di sana :big_peace:

Tapi klo buat jalan lurus no issue koq, perpaduan irit dan kencang civic turbo cvt ini :big_exellent:
Ya karena topik jalan2 nya kan buat nyenengin anak dan bini.
Anak udh seneng tuh diajak ke semua activity dan zoo. Ajak lah bini dinner di sudut pandang biar malem nya lebih enak kiw kiw nya :mky_03:

Kalo tangkuban perahu nggak om.. gak ada apa2. Anak msh kecil gini mah males diajak ke tempat gituan. Paling nyantai aja di cikole. Cuma emang rute perjalanannya kan beda om hehe.

Nah ini. Mungkin kalo geared at mendingan gak sih? Kayanya ini ngeden ya karena cvt nya aja kali ya. Tapi kalo geared at gk bakal dapet hemat dan hening nya cvt ya
Nah tanjakan dr parkiran di bawah sudut pandang juga bikin girboks rasio panjang bisa ngos2an ketika crawling :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15924
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by ChZ »

Wah fuelcons nya asik ya mbah. Dpt di atas 15 gampang bgt wkwkwkw.

Soal nanjak bener sesuatu yang ane rada sebel bawa civic. CVTnya terlalu cepet lock rasio. Jd kalo nanjak ga bisa itu creeping/merayap halus. Alhasil kalo macet2 agak hrs jaga jarak buat jagain respon mobilnya yang langsung wutttt.

Di CRV selipnya dibiarin agak berlebih biar bisa merayap. Tp kalo elevasinya ekstrim dikit jg biasa langsung ngelock, dan dari kosong injek dikit langsung wuttttt jg wkwkwkwk. Kalo pengemudi newbie suka kaget, adik ane pernah bawa ampe spin karena kaget.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

ExorT wrote: 25 Sep 2023, 21:49
Thank you Om reportnya!!

BBMnya Pertamax Turbo ya?

Berarti HRV ane yang ngebug ini. Putaran mesinnya bisa ga linear gitu naiknya. Si CVT yang nguuuuuunggggggg itu bisa hilang beberapa detik, sampai tau2 skip ke rpm tinggi :big_biglaugh:

Tapi, pas lagi nanjak2 ini, untuk pertama kalinya ane isi Pertamax 92. Karena di luar kota ga ada pom jualan Turbo yang kelihatannya bonafide. Ada ngaruhkah??

Ditambah lagi, suara seperti pulley menjerit ketika di RPM mid to high. Curiga CVT nya overheat.

Kalo nanjak berat wajar di stop and go wajar sih menurut saya.

Untuk update belum Om, karena kemarin ada mobil yang cobain tapi gagal update karena internet bengkel nya lemot. Ane telp lagi, katanya sudah diupgrade inetnya, tapi belum ada yang cobain lagi. Ane takut jadi kelinci percobaan gitu. :big_biglaugh:

Ane malas buat remap2an. Setidaknya, tunggu sampe semua masalah jadi terang, supaya tidak diributin waktu claim garansi.

Next shopping list mau ganti oli cvt di beres.
kalo pengalaman saya, yang om exort alamin itu turbo lag gk sih? dulu sebelum remap 4n15 sih ya emang itu yg dirasain. gas di bawahnya kopong, giliran udh rpm tertentu langsung tuh nyentak.

cvt overheat harusnya ada warning ngga sih di MID?

nah bener.. bbm saya dari awal selalu pake nitro+. ron98. tapi review sy jgn dijadiin patokan juga sih om. soalnya walopun semua masih standar, kan emang udah di remap. kalo info dari tuner sy.. ahond di remap nggak ketawan di data log ecu nya. istilahnya nanti kalo misal ada masalah apa2 curiganya karena remap, dan mau claim ke beres, doi bisa bantu balikin ke map standar dan ngga akan ketawan.

saya juga nih kayanya nanti kalo udh 10rb km, mau coba ganti oli cvt yg bagusan hahaha. kalo ganti oli cvt di beres kan dapet yang standar aja ya kalo gk salah HCF.
Suryaputra wrote: 25 Sep 2023, 22:31
Nah tanjakan dr parkiran di bawah sudut pandang juga bikin girboks rasio panjang bisa ngos2an ketika crawling :big_biglaugh:
tapi saya coba pake inova sama pajero, pas lagi tanjakan itu kan belok tekuk kiri tuh. sengaja saya stop berhenti pas tekukannya. pas mulai jalan sih nggak ada cerita crawling lho. bener sih ini rasanya masalah diesel + rwd vs bensin + fwd.

penasaran aja kalo ada yang udh pernah coba pake 320i ato c200 aja deh di tanjakan ini gimana. kalo emang effortless ya berarti balik lagi ke hukum dasar rwd vs fwd kali ya.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

ChZ wrote: 26 Sep 2023, 06:41 Wah fuelcons nya asik ya mbah. Dpt di atas 15 gampang bgt wkwkwkw.

Soal nanjak bener sesuatu yang ane rada sebel bawa civic. CVTnya terlalu cepet lock rasio. Jd kalo nanjak ga bisa itu creeping/merayap halus. Alhasil kalo macet2 agak hrs jaga jarak buat jagain respon mobilnya yang langsung wutttt.

Di CRV selipnya dibiarin agak berlebih biar bisa merayap. Tp kalo elevasinya ekstrim dikit jg biasa langsung ngelock, dan dari kosong injek dikit langsung wuttttt jg wkwkwkwk. Kalo pengemudi newbie suka kaget, adik ane pernah bawa ampe spin karena kaget.
iya om. buat orang2 kantong cekak kaya saya sih, ini cuan banget. cenderung cheat dan nggak fair sih sebenernya. mobil dengan tenaga gede gini, selama bawa masih bisa senyum2 ugal, nyalip cepet, tapi bisa dapet fuel cons akhir perjalanan 1:14. dulu hrv SE 1.5 saya aja rute yang kurang lebih sama, dapet nya 1:11-12 seinget saya.

cvt civic terlalu cepet lock rasio? tapi beneran lho, kemaren mah pas dari posisi berenti, di gas pol juga nggak mau turbo kicked in yo.emang kalo lebih di perhatiin, ini 0-20km/h sih bener2 kopongnya kerasa.. kalo udh diatas speed 20km/h baru dah tuh ganas. makanya kalo macet2an dalam posisi tanjakan sih nyiksa banget. kita jaga jarak, ehhhh innova 2.0G nyalip.

ya berarti better crv lah ya kalo tanjakan. wah, kalo cerita spin lagi stop and go di tanjakan kemarin sih civic nggak ada cerita gitu. dipindah ke posisi sport mode, juga nggak ada bener2 tambahan tenaga ato respon gas yang signifikan. yg ada cuma speedometer berubah jadi merah, suara mesin ngeden. suara cvt naik. suara umpatan dalam hati gw, bangke ini berat amat bawa nya wkwkwkw
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15924
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by ChZ »

iamwewe wrote: 26 Sep 2023, 08:26
iya om. buat orang2 kantong cekak kaya saya sih, ini cuan banget. cenderung cheat dan nggak fair sih sebenernya. mobil dengan tenaga gede gini, selama bawa masih bisa senyum2 ugal, nyalip cepet, tapi bisa dapet fuel cons akhir perjalanan 1:14. dulu hrv SE 1.5 saya aja rute yang kurang lebih sama, dapet nya 1:11-12 seinget saya.

cvt civic terlalu cepet lock rasio? tapi beneran lho, kemaren mah pas dari posisi berenti, di gas pol juga nggak mau turbo kicked in yo.emang kalo lebih di perhatiin, ini 0-20km/h sih bener2 kopongnya kerasa.. kalo udh diatas speed 20km/h baru dah tuh ganas. makanya kalo macet2an dalam posisi tanjakan sih nyiksa banget. kita jaga jarak, ehhhh innova 2.0G nyalip.

ya berarti better crv lah ya kalo tanjakan. wah, kalo cerita spin lagi stop and go di tanjakan kemarin sih civic nggak ada cerita gitu. dipindah ke posisi sport mode, juga nggak ada bener2 tambahan tenaga ato respon gas yang signifikan. yg ada cuma speedometer berubah jadi merah, suara mesin ngeden. suara cvt naik. suara umpatan dalam hati gw, bangke ini berat amat bawa nya wkwkwkw
sensasi no power terus ujug2 ngeboost nya itu kadang di tanjakan bikin gak nyaman. wakakkaka.

kalo CRV lemahnya giliran di jalan lurusan dia malah kesannya jd gak lincah terlalu banyak selip transmisinya.

wah jgn pake S deh, ane jg males pake S kalo nggak lagi ngejer top speed. meraung2 jerky gak nyaman malah wakakakka.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
inobody
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: 18 May 2016, 10:48

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by inobody »

iamwewe wrote: 25 Sep 2023, 20:50 Halo temen2 serayaHonda…. Balik lagi mau lanjut ripiw civic FE setelah dipakai untuk liburan nih.
Penumpang 2 dewasa 2 bocah, beserta koper
Rute nya jakarta pik – lembang – dago – punclut – tj priuk – pik.

Sengaja di pilih rute jauh dan nanjak2 pegunungan yang cukup ekstrim, untuk tes performa keseluruhan civic ini. Kondisi mobil saya, semua standar, hanya remap ecu saja. Bensin full ron98 nitro+. Ganti oli mesin pertama di 1000km dengan oli beres eco pro.
Oke langsung aja.

Perjalanan dimulai dari PIK, langsung tujuan floating market lembang lanjut istirahat di setiabudhi.
Asli, enak banget pake ini mobil. Gas tipis2, top speed max 150kph aja di tol MBZ. Gampang banget naiknya. Yang mengejutkan buat saya, konsumsi bbm bisa tembus 19.4km/liter.
WhatsApp Image 2023-09-25 at 15.50.18.jpeg

momen menuju 150km/h, di keplak istri sembari pegang hp sembari nyetir kenceng
WhatsApp Image 2023-09-25 at 15.50.18 (1).jpeg


Tiba di tol padalarang. Tanjakan curam yang paling Panjang kayanya tanjakan blibli ya. Tapi nggak kerasa ngeden nih mobil. Mungkin kuncinya jaga momentum RPM aja kali ya. Kalo turbo udh masuk, ga ada cerita ngeden2. Bahkan dalam beberapa kesempetan, nyalip trio ladderframe gampang aja tuh. Selain torsi yang ngisi terus, lincahnya mobil juga bikin pede banget untuk nyalip2. Tiba di hotel, udah mikir nih wah fuel cons pasti turun nih, soalnya rute nanjak dan bejek terus kan. Lah.. ternyata masih dapet 16.2km/liter. Sedep..

Hari ke 2. Rute nya ke noah’s park, dago dream park, lanjut dinner di punclut, baru pulang ke hotel lagi di setiabudi. Pergi dari pagi sih enak banget, jalanan masih kosong. Libas gunung, naik turun, belok2, bahkan nyalip, kerasa banget effortless.

Tapi masa2 indah naek civic ini berubah jadi mimpi buruk begitu sore, dan mulai di hadapi dengan kemacetan daerah punclut. Bagi yang nggak tau, ini jalanan tanjakannya curam banget, dan hanya bisa dilewati 2 mobil berlawanan arah dengan lebar jalan yang pas2an banget buat 2 mobil ukuran sedang. Mesin 1.5T+cvt nggak bisa boong. Keteteran banget kalo pas lagi stop and go. Kerasa berat, berat banget. Cuma ya asal berani bejek dan tega denger CVT nya sih ya nanjak aja sih. Mesin nge-gerung ditemenin dgn raungan CVT yang nguuuuu aduh, nggak enak banget. Ada momen lucu, bisa2 nya disalip innova 2.0G gen1, facelift pertama, lengkap dengan suara whooosssshhh nya. Saat2 kaya gini sih kangen banget naek 2GD. Mungkin saat kaya gini, naek crv 1.5T mendingan kali ya. Kalo kata om chz kan gear nya lebih kasar. Kali aja lebih nolong pas stop and go tanjakan curam gini. Setelah semua acara selesai, balik ke setiabudi. Fuel cons langsung tercatat 13.2km/liter. Ouch..

Hari ke 3, udah tepar…. Pagi2 pergi ke farmhouse, maen seharian. Abis itu lunch di daerah kota bandungnya, restoran dunia baru. Jos abis. Balik lagi ke hotel setiabudi, udah istirahat full total disana. Gak tau kenapa, jalanan lancar banget, tumben2an tuh farmhouse. Padahal hari minggu, biasa rame. Fuel cons membaik di 15.2km/liter. Mantep..

Hari ini pulang, mampir dulu ke rest area pertama di tol padalarang arah jakarta, tercatat 16.7km/liter.
WhatsApp Image 2023-09-25 at 15.52.09.jpeg

Yok kita gas, tujuan langsung ke kantor di daerah tj priuk. Asli, cvt nya pinter abis. Di turunan Panjang, gak perlu kita untuk maenin paddleshift engine brake. Dia bisa engine brake sendiri,. Cuma ya ga tega denger suara mesin meraung naek di rpm 3 sih. Jadi kalo dia nyala engine brakenya, auto lompat ke rpm 3, biasa saya maenin paddleshift +, untuk upshift gigi virtualnya. Nanti rpmnya turun ke 2.5, tapi efek engine brake nggak sekuat yang rpm 3.

Masuk ke tol MBZ arah pulang, gak kerasa fuel cons udh naik di 19 km/liter.
WhatsApp Image 2023-09-25 at 15.52.09 (1).jpeg

Thanks to tol bandung arah jakarta yang turunan terus kebanyakan. Lanjut masuk tol cikunir, dan berhenti di kantor tj priuk, akhirnya dapet fuel cons 18.9 km/liter. total fuel cons yang didapat dengan beragam rute yang ada selama trip ini di dapat 14.1 km/liter. muantap pol.
WhatsApp Image 2023-09-25 at 15.52.09 (2).jpeg


Kesimpulan
Okay, mungkin sedan bukan selera semua orang. Terlebih di jaman orang semua pada demen SUV. Tapi percayalah, duduk rendah di sebuah sedan, dengan kenikmatan body roll minim saat ditekuk sana tekuk sini ditambah pula mesin yang sangat bertenaga dan irit, bener2 suatu sensasi nikmat tersendiri.

Kalau memang ngga selera sedan, secara spesifik combo mesin 1.5T dan cvt ini bener2 boleh banget diperhitungkan. Tenaga nya dapet, irit nya dapet, transmisi nya pun pinter banget. Sigap. Tapi kan tadi katanya di tanjakan, rasanya berat banget ngegerung mesinnya. Yes bener, tapi seberapa sering sih kita mengalami posisi spt itu di real life? Paling kebanyakan ya rute perkotaan aja, atau kalopun nanjak, ya tentu gak akan se ekstrim tanjakan punclut itu. tanjakan ujung langit dah.

oh belum bahas the famous road noise? jadi, civic FE dengan segala improvement noise nya, beserta ban bawaannya yokohama advan db gimana? jawabannya, honda is still honda. ngga nolong wkwkwk. better dari hrv lama saya iya, jauh. tapi kalo dibilang senyap sih nggak banget. tinggal yg belum kejajal pas ujan gede nih. brisiknya seberapa sih.
:D... ini tetap kacau ya meski uda pakai Advan DB.
Btw selama macet2an dan tanjakan gimana dengan ADAS nya bro? brisik atau jadi bikin ribet / ga nyaman ?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15924
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by ChZ »

vankryie wrote: 26 Sep 2023, 10:09
:D... ini tetap kacau ya meski uda pakai Advan DB.
Btw selama macet2an dan tanjakan gimana dengan ADAS nya bro? brisik atau jadi bikin ribet / ga nyaman ?
dulu FK ane awal dpt advan db ya sama... walau lbh senyap dari yang pake turanza.

makanya nge build FK enak invest cari ban UHP proper apa skalian upgrade 18inch pake semislick (jgn accelera phi-r dapet berisiknya gripnya kaga). berisik berisiknya masih terbayar karena performa di tikungan yang ok. krn mustahil dibuat nyaman. wkwkwk.

klo accord baru deh.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
inobody
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: 18 May 2016, 10:48

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by inobody »

ChZ wrote: 26 Sep 2023, 10:11
vankryie wrote: 26 Sep 2023, 10:09
:D... ini tetap kacau ya meski uda pakai Advan DB.
Btw selama macet2an dan tanjakan gimana dengan ADAS nya bro? brisik atau jadi bikin ribet / ga nyaman ?
dulu FK ane awal dpt advan db ya sama... walau lbh senyap dari yang pake turanza.

makanya nge build FK enak invest cari ban UHP proper apa skalian upgrade 18inch pake semislick (jgn accelera phi-r dapet berisiknya gripnya kaga). berisik berisiknya masih terbayar karena performa di tikungan yang ok. krn mustahil dibuat nyaman. wkwkwk.

klo accord baru deh.
Haha iya ya, Civic emang mbl enak banget buat daily car, cuman deru ban nya aja ampun deh nih ( sll compare ama mbl 1 lagi SaFe ), dalam waktu dekat mau coba rotasi, mungkin ngaruh sebelum ganti ban ke MC6.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15924
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by ChZ »

vankryie wrote: 26 Sep 2023, 10:40
Haha iya ya, Civic emang mbl enak banget buat daily car, cuman deru ban nya aja ampun deh nih ( sll compare ama mbl 1 lagi SaFe ), dalam waktu dekat mau coba rotasi, mungkin ngaruh sebelum ganti ban ke MC6.
kalau concern nya senyap pake tipe UC om kalo MC keknya masih agak berisik jg itu kan UHP kelasnya :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

ChZ wrote: 26 Sep 2023, 10:01

sensasi no power terus ujug2 ngeboost nya itu kadang di tanjakan bikin gak nyaman. wakakkaka.

kalo CRV lemahnya giliran di jalan lurusan dia malah kesannya jd gak lincah terlalu banyak selip transmisinya.

wah jgn pake S deh, ane jg males pake S kalo nggak lagi ngejer top speed. meraung2 jerky gak nyaman malah wakakakka.
nah lho.. kalo urusan transmisi gini ya, jadi obatnya cuma kasih oli cvt yang bagus?? crv pake oli cvt apa om?

kgk om.. punya gw kalo mau tarik2an emang pindahin ke sport deh.. gk salah.. ngisi terusssss rasanya.

pssstt.. rahasia dapur aja. ini keuntungan bawaan mobil yang ada mapping eco, normal, dan sport mode. katanya kalo di switch ke sport mode, selain rpm nahan di puteran lebih tinggi, mapping nya dibikin bensin ngalir brp persen lebih banyak daripada normal mode. sdkt sih.. kayanya 1 apa 2% lbh banyak daripada normal mode. gw sempet tanya balik dong, kalo gitu lebih boros dong daripada normal mode? gantian tuner yang bingung...lah, lu kalo udah switch ke sport mode kan emang mau ngebut kan? gimana cara kalo ngebut itu nggak boros? gantian gw yang bengong berasa bloon nanya nya :big_childish:
ChZ wrote: 26 Sep 2023, 10:11

dulu FK ane awal dpt advan db ya sama... walau lbh senyap dari yang pake turanza.

makanya nge build FK enak invest cari ban UHP proper apa skalian upgrade 18inch pake semislick (jgn accelera phi-r dapet berisiknya gripnya kaga). berisik berisiknya masih terbayar karena performa di tikungan yang ok. krn mustahil dibuat nyaman. wkwkwk.

klo accord baru deh.
wah ini kurang bisa relate ke saya nih om.. di umur jompo gini, cari nya yg nyaman2 aja wkwkwkw
vankryie wrote: 26 Sep 2023, 10:09

:D... ini tetap kacau ya meski uda pakai Advan DB.
Btw selama macet2an dan tanjakan gimana dengan ADAS nya bro? brisik atau jadi bikin ribet / ga nyaman ?
iya bener. tetep kerasa banget road noise nya. untuk suara mesin, dan suara angin pas ngebut sih bnr2 hening. didominasi sama road noise, jauh. apalagi kalo ketemu aspal kasar. jalan beton gak sampe gimana, walo emang suara tetep masuk. aspal halus? ya ini gk usah dibahas lah ya udh pasti hening.

urusan noise ini, ketolong sama headunit OEM nya yang emang pinter nyesuaiin volume lagu bisa kenceng seiring kecepatan mobil naik (baca: road noise naik)

apalagi buat orang2 yang biasa naek trio ladder ya. buset roadnoise nya jauh banget langit bumi. cuma kalo naek trio ladder yang kerasa mungkin suara mesin diesel nya dan anginnya yg werrrrr werrrr gitu ya.

untuk ADAS, nggak terlalu intrusif sih dia. yang intrusif cuma kalo yg pas macet2, trus mobil depan jalan, kita masih blm jalan. dia akan keluarin bunyi, dan notif di MID kasih tau mobil depan udh jalan. masalahnya, kalo lagi tanjakan curam gitu kan kita tentu jaga jarak dong sama mobil depan. jadi ya lumayan sering bunyi.

kalo yang rem sendiri, nggak tuh. pas di punclut, motor banyak yang selip2, dia juga nggak rem sendiri dan nggak kasih notif apa2. ya syukur lah gak terlalu lebay.
inobody
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: 18 May 2016, 10:48

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by inobody »

ChZ wrote: 26 Sep 2023, 10:42
vankryie wrote: 26 Sep 2023, 10:40
Haha iya ya, Civic emang mbl enak banget buat daily car, cuman deru ban nya aja ampun deh nih ( sll compare ama mbl 1 lagi SaFe ), dalam waktu dekat mau coba rotasi, mungkin ngaruh sebelum ganti ban ke MC6.
kalau concern nya senyap pake tipe UC om kalo MC keknya masih agak berisik jg itu kan UHP kelasnya :ungg:
well noted bro, ada ga toko ban yang boleh coba2 dulu haha
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15924
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by ChZ »

iamwewe wrote: 26 Sep 2023, 10:43
nah lho.. kalo urusan transmisi gini ya, jadi obatnya cuma kasih oli cvt yang bagus?? crv pake oli cvt apa om?

kgk om.. punya gw kalo mau tarik2an emang pindahin ke sport deh.. gk salah.. ngisi terusssss rasanya.

pssstt.. rahasia dapur aja. ini keuntungan bawaan mobil yang ada mapping eco, normal, dan sport mode. katanya kalo di switch ke sport mode, selain rpm nahan di puteran lebih tinggi, mapping nya dibikin bensin ngalir brp persen lebih banyak daripada normal mode. sdkt sih.. kayanya 1 apa 2% lbh banyak daripada normal mode. gw sempet tanya balik dong, kalo gitu lebih boros dong daripada normal mode? gantian tuner yang bingung...lah, lu kalo udah switch ke sport mode kan emang mau ngebut kan? gimana cara kalo ngebut itu nggak boros? gantian gw yang bengong berasa bloon nanya nya :big_childish:


wah ini kurang bisa relate ke saya nih om.. di umur jompo gini, cari nya yg nyaman2 aja wkwkwkw
obatnya sebenernya tuning software CVTnya... cuma blom banyak yang bisa... lebih tepatnya blom banyak yg berani. takut kenapa2 rontok. wkwkwkkw.

CRV civic sama2 pake FK om.

iya om kalo di S rpm nya juga ditahan lebih tinggi :mky_03: makanya ngejar top speednya lebih enak wkwkwkw. apalagi honda L15 turbo sebenernya emang optimumnya pake ron98 timing pengapiannya bisa maju banget bahkan di kondisi stock.

kalo FE masih itungan nyaman lah om kecuali diganti velg besar wakakkaka.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 361
Joined: 21 Dec 2021, 00:17

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by ExorT »

iamwewe wrote: 26 Sep 2023, 08:11

kalo pengalaman saya, yang om exort alamin itu turbo lag gk sih? dulu sebelum remap 4n15 sih ya emang itu yg dirasain. gas di bawahnya kopong, giliran udh rpm tertentu langsung tuh nyentak.

cvt overheat harusnya ada warning ngga sih di MID?

nah bener.. bbm saya dari awal selalu pake nitro+. ron98. tapi review sy jgn dijadiin patokan juga sih om. soalnya walopun semua masih standar, kan emang udah di remap. kalo info dari tuner sy.. ahond di remap nggak ketawan di data log ecu nya. istilahnya nanti kalo misal ada masalah apa2 curiganya karena remap, dan mau claim ke beres, doi bisa bantu balikin ke map standar dan ngga akan ketawan.

saya juga nih kayanya nanti kalo udh 10rb km, mau coba ganti oli cvt yg bagusan hahaha. kalo ganti oli cvt di beres kan dapet yang standar aja ya kalo gk salah HCF.
Ya, bisa jadi turbo lag. Tapi yang jadi masalah bagi ane, kok lama banget lag nya :big_biglaugh:
iamwewe wrote: 26 Sep 2023, 08:26
ChZ wrote: 26 Sep 2023, 06:41 Wah fuelcons nya asik ya mbah. Dpt di atas 15 gampang bgt wkwkwkw.

Soal nanjak bener sesuatu yang ane rada sebel bawa civic. CVTnya terlalu cepet lock rasio. Jd kalo nanjak ga bisa itu creeping/merayap halus. Alhasil kalo macet2 agak hrs jaga jarak buat jagain respon mobilnya yang langsung wutttt.

Di CRV selipnya dibiarin agak berlebih biar bisa merayap. Tp kalo elevasinya ekstrim dikit jg biasa langsung ngelock, dan dari kosong injek dikit langsung wuttttt jg wkwkwkwk. Kalo pengemudi newbie suka kaget, adik ane pernah bawa ampe spin karena kaget.
iya om. buat orang2 kantong cekak kaya saya sih, ini cuan banget. cenderung cheat dan nggak fair sih sebenernya. mobil dengan tenaga gede gini, selama bawa masih bisa senyum2 ugal, nyalip cepet, tapi bisa dapet fuel cons akhir perjalanan 1:14. dulu hrv SE 1.5 saya aja rute yang kurang lebih sama, dapet nya 1:11-12 seinget saya.

cvt civic terlalu cepet lock rasio? tapi beneran lho, kemaren mah pas dari posisi berenti, di gas pol juga nggak mau turbo kicked in yo.emang kalo lebih di perhatiin, ini 0-20km/h sih bener2 kopongnya kerasa.. kalo udh diatas speed 20km/h baru dah tuh ganas. makanya kalo macet2an dalam posisi tanjakan sih nyiksa banget. kita jaga jarak, ehhhh innova 2.0G nyalip.

ya berarti better crv lah ya kalo tanjakan. wah, kalo cerita spin lagi stop and go di tanjakan kemarin sih civic nggak ada cerita gitu. dipindah ke posisi sport mode, juga nggak ada bener2 tambahan tenaga ato respon gas yang signifikan. yg ada cuma speedometer berubah jadi merah, suara mesin ngeden. suara cvt naik. suara umpatan dalam hati gw, bangke ini berat amat bawa nya wkwkwkw
Untuk daily driving jalan datar AKAP sih, ane lebih pilih setup cepet lockup / minim selip supaya overtaking lebih gampang.

Dah karakter cc cuman 1500, diterima saja :big_peace:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

ChZ wrote: 26 Sep 2023, 10:51

obatnya sebenernya tuning software CVTnya... cuma blom banyak yang bisa... lebih tepatnya blom banyak yg berani. takut kenapa2 rontok. wkwkwkkw.

CRV civic sama2 pake FK om.

iya om kalo di S rpm nya juga ditahan lebih tinggi :mky_03: makanya ngejar top speednya lebih enak wkwkwkw. apalagi honda L15 turbo sebenernya emang optimumnya pake ron98 timing pengapiannya bisa maju banget bahkan di kondisi stock.

kalo FE masih itungan nyaman lah om kecuali diganti velg besar wakakkaka.
tuning CVT beda lagi ya sama remap ecu? bukannya remap ecu udah termasuk di tune juga ya cvt nya?

ic om, nanti pas ganti oli matic, sy coba juga pake FK
ExorT wrote: 26 Sep 2023, 11:02

Ya, bisa jadi turbo lag. Tapi yang jadi masalah bagi ane, kok lama banget lag nya :big_biglaugh:


Untuk daily driving jalan datar AKAP sih, ane lebih pilih setup cepet lockup / minim selip supaya overtaking lebih gampang.

Dah karakter cc cuman 1500, diterima saja :big_peace:
kalo trkhr itu ngobrol sama om chz.. biar kita sama2 mesin 1.5T, tapi ada beberapa internal parts yang beda, contohnya turbo nya ya. kmrn itu doi bilang turbo civic FE kenapa lah gitu lupa juga. mungkin ya emang turbo nya hrv rs gitu kali ya.

hooh nih.. emang harus tau diri ya kalo mobil nya cuma 1.5cc :big_cry:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15924
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by ChZ »

iamwewe wrote: 26 Sep 2023, 11:52

tuning CVT beda lagi ya sama remap ecu? bukannya remap ecu udah termasuk di tune juga ya cvt nya?

ic om, nanti pas ganti oli matic, sy coba juga pake FK
beda mbah. TCM modulnya beda lagi :mky_03:

makanya banyak mobil walau di remap tetep power deliverynya gak bisa smooth paling ketolong karena torsinya naik jadi gak berasa underpower2 amat :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1866
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by darrelund »

iamwewe wrote: 26 Sep 2023, 11:52
kalo trkhr itu ngobrol sama om chz.. biar kita sama2 mesin 1.5T, tapi ada beberapa internal parts yang beda, contohnya turbo nya ya. kmrn itu doi bilang turbo civic FE kenapa lah gitu lupa juga. mungkin ya emang turbo nya hrv rs gitu kali ya.

hooh nih.. emang harus tau diri ya kalo mobil nya cuma 1.5cc :big_cry:
nih um

https://hondanews.com/en-US/honda-autom ... rbo-engine
11th-Generation Civic (2022-present)
Powering the new 11th generation Civic Sedan EX and Touring grades, as well as the Civic Hatchback EX-L and Sport Touring is the latest of the 1.5-liter Turbo (L15B7 with VTEC®). Compared to the versions of the engine used in the 10th generation Civic, multiple updates have been made to improve output, fuel efficiency and emissions.

The most significant was the addition of VTEC® to the exhaust cam, improving exhaust efficiency and optimizing valve overlap. The new Civic engine also uses a “4 into 2” exhaust manifold design, similar to the one used on Accord, and a 10.3:1 compression ratio.

In the latest Civic the engine also uses a reshaped 11-blade turbine impeller design in the turbocharger, and it combines with a new flow path to enable the turbocharger to generate pressure in a wider range and more efficiently. Exhaust channeled to the turbo now enters the turbine wheel diagonally, rather than from the side as before.

Moreover, by reducing the curvature of the intake air entry to the compressor housing and the high-pressure side pipe, which leads to charged intake air discharge, the pressure drop is reduced. This increases efficiency by approximately 5% in all areas, resulting in high responsiveness and high output. With these changes the engine’s peak output of 180 hp (SAE net @ 6,000 rpm) and 177 lb.-ft. of torque (SAE net @ 1,700-4,500 rpm) are possible at 16.5 psi of boost on regular unleaded fuel, instead of premium in the 10th-generation Hatchback.

The new high-performance 2022 Civic Si is equipped with a 200 hp (SAE net @ 6,000 rpm) version of the engine (L15CA) that features the reshaped 11-blade turbine impeller design, 17.8 psi of boost, VTEC®, a 10.3:1 compression ratio, and significant power delivery improvements. It now maintains more output between its 6000-rpm power peak and its 6600 rpm redline than it did in the previous Si models (L15B7 High Output) and its peak torque of 192 lb.-ft. arrives at 1800 rpm, 300 rpm sooner than before, for quicker punch off the line and out of tight corners.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post