iamwewe wrote: ↑15 Feb 2024, 16:56
Hi rekan-rekan SM. Udah lama nggak update nih FE.
Kemarin kebetulan ganti oli mesin dan oli CVT, dan sesuai saran dari om surya, saya pakai kyueid series. Penasaran dah apa sih bedanya dibanding si ecopro gold dan hcf2. Kebetulan, posisi saya ganti oli di odometer 9500km. kenapa sih bisa pengen ganti kyueid? Apalagi utk oli cvt nya, padahal odo masih rendah banget. Jawabannya ya karena selama pemakaian, kadang kalo habis kena macet2an lama gitu, buset tenaga nya kerasa banget kaya tuned down. Kalo habis tarik2an juga sama, rasanya respon gas tuh lemot banget. Tapi kalo kita cruising di 120km/h, ini sih nggak pernah kerasa loss power ya. Tanya sana sini, ya katanya memang karena oli mesin dan oli cvtnya. Oke lah sekalian aja ganti oli mesin dan matic. Daripada penasaran nanti kalo gk maksimal hasilnya, jadi ngeduga2. Ini apa karena oli mesin gk diganti ya. Ini apa karena oli matic gak diganti ya. okelah kita gas coba.
Habis ganti si kyueid… jujur aja gak ada yg special sama sekali sih. Hal pertama yg paling kerasa, di gas nya agak berat. Berat bukan kaya lemot ya, tapi berat kaya jadi lebih berbobot. Istilahnya.. dulu pertama ganti oli di beres, di towel sedikit itu gas lsg ngacir. Tapi memang kalo udh pake 4000km, lsg deh kerasa banget kaya kualitas nya turun, jadi berat itu mobilnya. Kalo ini gas beratnya jadi kaya kita lebih bisa ngukur aja kita injek berapa dalem, speed nya naiknya sgitu. Sempet tanya ke bengkel tempat ganti oli, doi bilang sih katanya kasih waktu 2-3hari utk ganti film oli nya di dlm mesin. Ya udh lah coba aja. Minimal yang diincer ya long term sih sebenernya, penasaran aja ini oli kalo dibawa sampe 7500km kira2 gimana feelnya. Btw kok jadi ripiw si kyueid ya wkwkwkw
WhatsApp Image 2024-02-15 at 16.51.23.jpeg
WhatsApp Image 2024-02-15 at 16.51.06.jpeg
Nah sekilas impression setelah 10.000km pemakaian
1. Rattling kabin dan kaki2
Rattle bener2 ngga ada sama sekali, ya setidaknya sampai sekarang sih. Fit and finish dashboardnya masih solid banget. Panel ac yang clicky masih jadi favorit. Padahal rute pemakaian daily nya di pik, yang konblok nya tau sendiri kasarnya. Untuk kaki2, kemarin baru hajar lobang ganas di elang laut pik. Asli nggak keliatan, malem2, hujan2, aspal ketutup hujan, mungkin lari kisaran 20km/h, suaranya sih ngeri banget. Bletakkk. Udh mikir aja ini sih calon velg peyang ato minimal ban benjol ato karet2 nya ada yg pecah gimana. Ehhhh tapi kemarin pas ngolong ganti oli di cek sih karet kaki2 masih pada aman. Ya semoga aja deh awet.
2. Mesin mesin dan mesin
Rasanya orang kalo beli mobilnya civic, pasti incernya kenceng dan ugal nya deh. Tampang exterior dan interior itu bonus. Yeap itu bener banget. Awal2 beli, excited banget dgn mesinnya yg udh terkenal kenceng, gampang di tune, tapi tetep reliable. Modal remap aja udah dapet gain HP dan torque yang lumayan. Yah itulah saya, awal beli lsg remap, wuih lsg mikir gk salah lah. Sat set ngebut dan ugal. Tapi perasaan ini gak bertahan lama. Balik ke realita, fuel cons itu penting bok! Wkkwkww. Lagi2 ngga salah pilih ini. Bayangin, full to full di tol aja sih kalo 22km/liter sih gampang banget. Kalo eco driving aliran siksa diri (tetep nggak mau eco mode jahanam) masih dapet 24-25km/liter. Impressive. Tapi jangan di tanya kalo ditarik2 di tol, sport mode. Dapet Cuma 10km/liter. Rute harian macet2an di pik area Cuma dapet 8.5-9km/liter. Tapi kalo rute kombinasi pik – tanjung priuk daily dapet 12-13km/liter. Hemat banget? Tergantung. Kemarin juga pas kena macet2an total di pik jelang imlek, perjalanan 2jam untuk tempuh jarak 12km, dapet nya 2km/liter. Mesin 1.5cc turbo fuel cons 2km/liter.
WhatsApp Image 2024-02-13 at 12.39.44.jpeg
3. Akomodasi kabin.
Ya sedan udah pasti bukan juara nya kalo ngomong kelegaan kabin. Walo civic memang yang terlega di kelasnya, tapi tetep aja, kalo dipake buat road trip sama 2 anak bocah kelas 5sd dan 3sd, ya tetep aja ngga bisa ngalahin suv mpv crossover. Tapii.. bersyukur banget ini civic jok belakang bisa dilipat rata bagasi. Jadi kalo dipake road trip..anak2 masih bisa tidur full di belakang dengan kaki ke arah bagasi. Lumayan utk trip 3-4jam mah. Cuma hati2 aja dengan pengait jok nya ke bagasi karena agak nonjol. Solusinya ya pake bantal utk tutupin.
Yah segini aja kali ya update sementara 10rb km pake si civic FE ini. Enjoy