Review: All New Civic RS 2023

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2863
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by KielConstantine »

Apa kabar nih teman2 pecinta sedan khususnya civic ? :upss:

Diluaran udah kluar facelift nya + jg drivetrain hybrid 2.0L e:Hev .
Hasil review2 nya jg banyak yg positif, even orang2 di europe jg pada suka & banyak consider buat jadiin daily driver mereka :big_comfort:





Top speed keliatan kena limit di 189 km/h (pre-FL type shown)


Reviewer sekaliber savagegeese jg approved nih mobil 👍👍

Kemaren ada info dari sales honda pas bca expo. Bntr lg mau launching :mky_02:

Kayanya bakal consider ini buat jadi daily drive sedan deh. Type prefaceliftnya banyak yg tembus 20km/l diluaran dan pada puas testimony dari mereka

Semoga HPM kasih harga ngotak pas official launching :ngacir:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11688
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Suryaputra »

KielConstantine wrote: 25 Aug 2024, 12:52 Apa kabar nih teman2 pecinta sedan khususnya civic ? :upss:

Diluaran udah kluar facelift nya + jg drivetrain hybrid 2.0L e:Hev .
Hasil review2 nya jg banyak yg positif, even orang2 di europe jg pada suka & banyak consider buat jadiin daily driver mereka :big_comfort:





Top speed keliatan kena limit di 189 km/h (pre-FL type shown)


Reviewer sekaliber savagegeese jg approved nih mobil 👍👍

Kemaren ada info dari sales honda pas bca expo. Bntr lg mau launching :mky_02:

Kayanya bakal consider ini buat jadi daily drive sedan deh. Type prefaceliftnya banyak yg tembus 20km/l diluaran dan pada puas testimony dari mereka

Semoga HPM kasih harga ngotak pas official launching :ngacir:
Yep bahkan overall bs mengungguli golep sekelas nya
Di car wow comparison

Medium sedan terbaik katanya matt watson :big_exellent:

Top speed gak usah ngadi2
Kecuali mau risiko makin dekat ke sang pencipta
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 485
Joined: 22 Aug 2014, 16:41

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Jenson »

Kalo ngomongin pricing, gabsa berharap banyak ama HPM di era manajemen sekarang. Liat harga CRV segitu sih bisa2 ini paling enggak 759 ish tebakan ane, dengan alasan uda e:hev.

Selamat hunting Civic FE new old stock dah mendingan kalo mau ambil :big_grin: rasanya ga worth it klo sampe naik 100++, mending ambil accord sisa stok sekalian. Kalo HPM mau tobat, kali2 baca ni forum, masukin Civic FE facelift keluarin lagi beberapa trim, type S (trondol) 520, type E (kopongin dikit dari RS, semisal instrument cluster gausa full digital), 570, Type RS facelift 630 (naik jangan banyak2 dr skarang), yg Hybrid 689. Mgkin ini masih bisa diperhitungkan orang2
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1671
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by AbdulHakim »

Harga mobil hybrid bakal naek, karena Skema II akan diterapkan sesuai PerMen.
Big boss HPM juga bilang kalau akan patuh, yang berarti harga akan naik.
mungkin CRV e:HEV RS bakal jadi 850, dan kalo civic ini beneran pake mesin hybrid, ya harga yg dibilang om Jenson di atas make sense sekitar 760-an
plus ditambah lagi perusahaan-perusahaan juga mulai ngurangin budget buat kendaraan-kendaraan dinas top manajemennya, kalo dulu citranya pake sedan, sekarang top manajemen dipaksa pake pajero/fortuner/zenix.
pangsa pasar sedan ya makin niche lagi, bisa-bisa nanti malah spot order.

btw top speed kendaraan berbatere ini dikunci di 180 km/jam CMIIW
boebeng
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 11 Dec 2015, 07:59

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by boebeng »

iamwewe wrote: 15 Feb 2024, 16:56 Hi rekan-rekan SM. Udah lama nggak update nih FE.

Kemarin kebetulan ganti oli mesin dan oli CVT, dan sesuai saran dari om surya, saya pakai kyueid series. Penasaran dah apa sih bedanya dibanding si ecopro gold dan hcf2. Kebetulan, posisi saya ganti oli di odometer 9500km. kenapa sih bisa pengen ganti kyueid? Apalagi utk oli cvt nya, padahal odo masih rendah banget. Jawabannya ya karena selama pemakaian, kadang kalo habis kena macet2an lama gitu, buset tenaga nya kerasa banget kaya tuned down. Kalo habis tarik2an juga sama, rasanya respon gas tuh lemot banget. Tapi kalo kita cruising di 120km/h, ini sih nggak pernah kerasa loss power ya. Tanya sana sini, ya katanya memang karena oli mesin dan oli cvtnya. Oke lah sekalian aja ganti oli mesin dan matic. Daripada penasaran nanti kalo gk maksimal hasilnya, jadi ngeduga2. Ini apa karena oli mesin gk diganti ya. Ini apa karena oli matic gak diganti ya. okelah kita gas coba.

Habis ganti si kyueid… jujur aja gak ada yg special sama sekali sih. Hal pertama yg paling kerasa, di gas nya agak berat. Berat bukan kaya lemot ya, tapi berat kaya jadi lebih berbobot. Istilahnya.. dulu pertama ganti oli di beres, di towel sedikit itu gas lsg ngacir. Tapi memang kalo udh pake 4000km, lsg deh kerasa banget kaya kualitas nya turun, jadi berat itu mobilnya. Kalo ini gas beratnya jadi kaya kita lebih bisa ngukur aja kita injek berapa dalem, speed nya naiknya sgitu. Sempet tanya ke bengkel tempat ganti oli, doi bilang sih katanya kasih waktu 2-3hari utk ganti film oli nya di dlm mesin. Ya udh lah coba aja. Minimal yang diincer ya long term sih sebenernya, penasaran aja ini oli kalo dibawa sampe 7500km kira2 gimana feelnya. Btw kok jadi ripiw si kyueid ya wkwkwkw

WhatsApp Image 2024-02-15 at 16.51.23.jpeg
WhatsApp Image 2024-02-15 at 16.51.06.jpeg

Nah sekilas impression setelah 10.000km pemakaian
1. Rattling kabin dan kaki2
Rattle bener2 ngga ada sama sekali, ya setidaknya sampai sekarang sih. Fit and finish dashboardnya masih solid banget. Panel ac yang clicky masih jadi favorit. Padahal rute pemakaian daily nya di pik, yang konblok nya tau sendiri kasarnya. Untuk kaki2, kemarin baru hajar lobang ganas di elang laut pik. Asli nggak keliatan, malem2, hujan2, aspal ketutup hujan, mungkin lari kisaran 20km/h, suaranya sih ngeri banget. Bletakkk. Udh mikir aja ini sih calon velg peyang ato minimal ban benjol ato karet2 nya ada yg pecah gimana. Ehhhh tapi kemarin pas ngolong ganti oli di cek sih karet kaki2 masih pada aman. Ya semoga aja deh awet.

2. Mesin mesin dan mesin
Rasanya orang kalo beli mobilnya civic, pasti incernya kenceng dan ugal nya deh. Tampang exterior dan interior itu bonus. Yeap itu bener banget. Awal2 beli, excited banget dgn mesinnya yg udh terkenal kenceng, gampang di tune, tapi tetep reliable. Modal remap aja udah dapet gain HP dan torque yang lumayan. Yah itulah saya, awal beli lsg remap, wuih lsg mikir gk salah lah. Sat set ngebut dan ugal. Tapi perasaan ini gak bertahan lama. Balik ke realita, fuel cons itu penting bok! Wkkwkww. Lagi2 ngga salah pilih ini. Bayangin, full to full di tol aja sih kalo 22km/liter sih gampang banget. Kalo eco driving aliran siksa diri (tetep nggak mau eco mode jahanam) masih dapet 24-25km/liter. Impressive. Tapi jangan di tanya kalo ditarik2 di tol, sport mode. Dapet Cuma 10km/liter. Rute harian macet2an di pik area Cuma dapet 8.5-9km/liter. Tapi kalo rute kombinasi pik – tanjung priuk daily dapet 12-13km/liter. Hemat banget? Tergantung. Kemarin juga pas kena macet2an total di pik jelang imlek, perjalanan 2jam untuk tempuh jarak 12km, dapet nya 2km/liter. Mesin 1.5cc turbo fuel cons 2km/liter.
WhatsApp Image 2024-02-13 at 12.39.44.jpeg

3. Akomodasi kabin.
Ya sedan udah pasti bukan juara nya kalo ngomong kelegaan kabin. Walo civic memang yang terlega di kelasnya, tapi tetep aja, kalo dipake buat road trip sama 2 anak bocah kelas 5sd dan 3sd, ya tetep aja ngga bisa ngalahin suv mpv crossover. Tapii.. bersyukur banget ini civic jok belakang bisa dilipat rata bagasi. Jadi kalo dipake road trip..anak2 masih bisa tidur full di belakang dengan kaki ke arah bagasi. Lumayan utk trip 3-4jam mah. Cuma hati2 aja dengan pengait jok nya ke bagasi karena agak nonjol. Solusinya ya pake bantal utk tutupin.

Yah segini aja kali ya update sementara 10rb km pake si civic FE ini. Enjoy
Salam kenal om iamwewe, saya baru meminang civic FE Agustus lalu setelah meyakinkan diri dengan baca" posting" om dan para suhu disini. Gimana experiencenya setelah lebih dari 6 bulan di-remap? Apa aja positif dan negatifnya setelah long term use? Gatel juga saya pengen ikut remap seperti si om :big_grin:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1126
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

KielConstantine wrote: 25 Aug 2024, 12:52 Apa kabar nih teman2 pecinta sedan khususnya civic ? :upss:

Diluaran udah kluar facelift nya + jg drivetrain hybrid 2.0L e:Hev .
Hasil review2 nya jg banyak yg positif, even orang2 di europe jg pada suka & banyak consider buat jadiin daily driver mereka :big_comfort:





Top speed keliatan kena limit di 189 km/h (pre-FL type shown)


Reviewer sekaliber savagegeese jg approved nih mobil 👍👍

Kemaren ada info dari sales honda pas bca expo. Bntr lg mau launching :mky_02:

Kayanya bakal consider ini buat jadi daily drive sedan deh. Type prefaceliftnya banyak yg tembus 20km/l diluaran dan pada puas testimony dari mereka

Semoga HPM kasih harga ngotak pas official launching :ngacir:
weh baru liat postingan om kiel.

kalo bener hybrid ini masuk sih dan emang consider sedan udh deh merem sikat ini aja. lari nya dapet, gesit nya dapet, iritnya juga dapet. ya gk tau sih ya tapi nanti batre gimana. tapi peduli amat, pake mah pake aja wkwkwkw

kalo di ripiw2 luar sih bilang suspensinya di setting ulang lagi ya jadi makin mantep.

civic FE hybrid di luaran kaya malay thay kayanya udh ada ya sebelum di negara bule ada. tapi kgk tau kenapa kok gk terlalu rame dibahasnya di luaran. giliran negara bule ada, lsg rame nih. apa gara2 embel2 fastest civic sekarang ya diluar type R
boebeng wrote: 23 Nov 2024, 22:54
Salam kenal om iamwewe, saya baru meminang civic FE Agustus lalu setelah meyakinkan diri dengan baca" posting" om dan para suhu disini. Gimana experiencenya setelah lebih dari 6 bulan di-remap? Apa aja positif dan negatifnya setelah long term use? Gatel juga saya pengen ikut remap seperti si om :big_grin:
kalo tanya negatif mah kagak ada negatif nya wkwkkw. ini mah bener2 positif semua, lari tambah kenceng krn responsif, trus bensin juga makin hemat. hemat ini dalam artian karena injek gas sedikit, mobil udah ngacir ya. biasa lah remap smua juga gini. tapi kalo dibejek2 terus ya jelas makin boros lah.

oh ngomong negatif, kan kemarin itu udah ganti DP nih. gak tau apa efek dari ganti DP, ini ujung knalpot jadi agak kuning2. BBM isi pertabo always. jadi sekarang nambah pe er kalo cuci mobil. sbulan skali lah. siapin odol merk peb**den ato cib**den, buat bersihin aja ujung knalpot yg kuning2 ini, udh beres. chrome mengkilap lagi.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16449
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by ChZ »

Jenson wrote: 25 Aug 2024, 17:32 Kalo ngomongin pricing, gabsa berharap banyak ama HPM di era manajemen sekarang. Liat harga CRV segitu sih bisa2 ini paling enggak 759 ish tebakan ane, dengan alasan uda e:hev.

Selamat hunting Civic FE new old stock dah mendingan kalo mau ambil :big_grin: rasanya ga worth it klo sampe naik 100++, mending ambil accord sisa stok sekalian. Kalo HPM mau tobat, kali2 baca ni forum, masukin Civic FE facelift keluarin lagi beberapa trim, type S (trondol) 520, type E (kopongin dikit dari RS, semisal instrument cluster gausa full digital), 570, Type RS facelift 630 (naik jangan banyak2 dr skarang), yg Hybrid 689. Mgkin ini masih bisa diperhitungkan orang2
kurang lebih civic ini sama kayak seri-3 sih nasibnya.

kapan sih terakhir civic jadi mobil yang rame di modip... kalo barrier to entry nya udah semahal ini, artinya udah salah arah itu HPM. apalagi cuma mau jual hybrid. lebih salah lagi.

dari dulu H itu selalu menang di jualan aftermarket parts dan flexibility buat di modip. kustomer honda itu bukan tech savvy people yang akan beli tesla kalo ada duitnya. kalo zaman dulu orang modip GE8 itu variasinya banyak betul. sekarang brio aja modipnya boring banget.

terakhir ya FC/FK dan F30 itu rame di modip... setelah itu liat FE dan G20 mukenya standaran rata-rata. yang doyan modip Honda sekarang musti puas disuruh modip HRV sama HPM.

enthusiast berduit pun males, lebih baik beli FK8 seken, atau oprek FD2.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 485
Joined: 22 Aug 2014, 16:41

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Jenson »

ChZ wrote: 25 Nov 2024, 10:35
Jenson wrote: 25 Aug 2024, 17:32 Kalo ngomongin pricing, gabsa berharap banyak ama HPM di era manajemen sekarang. Liat harga CRV segitu sih bisa2 ini paling enggak 759 ish tebakan ane, dengan alasan uda e:hev.

Selamat hunting Civic FE new old stock dah mendingan kalo mau ambil :big_grin: rasanya ga worth it klo sampe naik 100++, mending ambil accord sisa stok sekalian. Kalo HPM mau tobat, kali2 baca ni forum, masukin Civic FE facelift keluarin lagi beberapa trim, type S (trondol) 520, type E (kopongin dikit dari RS, semisal instrument cluster gausa full digital), 570, Type RS facelift 630 (naik jangan banyak2 dr skarang), yg Hybrid 689. Mgkin ini masih bisa diperhitungkan orang2
kurang lebih civic ini sama kayak seri-3 sih nasibnya.

kapan sih terakhir civic jadi mobil yang rame di modip... kalo barrier to entry nya udah semahal ini, artinya udah salah arah itu HPM. apalagi cuma mau jual hybrid. lebih salah lagi.

dari dulu H itu selalu menang di jualan aftermarket parts dan flexibility buat di modip. kustomer honda itu bukan tech savvy people yang akan beli tesla kalo ada duitnya. kalo zaman dulu orang modip GE8 itu variasinya banyak betul. sekarang brio aja modipnya boring banget.

terakhir ya FC/FK dan F30 itu rame di modip... setelah itu liat FE dan G20 mukenya standaran rata-rata. yang doyan modip Honda sekarang musti puas disuruh modip HRV sama HPM.

enthusiast berduit pun males, lebih baik beli FK8 seken, atau oprek FD2.
Hmm bener juga komparasinya, G20 sekarang keliatan jauh lebih jarang populasinya dbanding F30. Rata2 Bimmer plat baru yg banyak sliweran X1, 2 series or X5 malahan. X3 juga agak ghoib. 5 series apalagi..
boebeng
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 11 Dec 2015, 07:59

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by boebeng »

iamwewe wrote: 25 Nov 2024, 08:04 kalo tanya negatif mah kagak ada negatif nya wkwkkw. ini mah bener2 positif semua, lari tambah kenceng krn responsif, trus bensin juga makin hemat. hemat ini dalam artian karena injek gas sedikit, mobil udah ngacir ya. biasa lah remap smua juga gini. tapi kalo dibejek2 terus ya jelas makin boros lah.

oh ngomong negatif, kan kemarin itu udah ganti DP nih. gak tau apa efek dari ganti DP, ini ujung knalpot jadi agak kuning2. BBM isi pertabo always. jadi sekarang nambah pe er kalo cuci mobil. sbulan skali lah. siapin odol merk peb**den ato cib**den, buat bersihin aja ujung knalpot yg kuning2 ini, udh beres. chrome mengkilap lagi.
wow positif gede yaa, mantap! Pernah di-dyno juga untuk cek real HP-nya setelah remap?
Kalo boros karena sering bejek itu saya anggap sebagai ongkos entertainment, yg penting puas & hepi, om :wkkk:

Apa pernah ngalamin tenaga ngempos karena CVT oil temp kepanasan setelah remap?
Last edited by boebeng on 26 Nov 2024, 06:29, edited 1 time in total.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1126
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

boebeng wrote: 26 Nov 2024, 06:25

wow positif gede yaa, mantap! Pernah di-dyno juga untuk cek real HP-nya setelah remap?
Kalo boros karena sering bejek itu saya anggap sebagai ongkos entertainment, yg penting puas & hepi, om :wkkk:

Apa pernah ngalamin tenaga ngempos karena CVT oil temp kepanasan setelah remap?
malah baru tau bisa ada istilah tenaga ngempos krn cvt oil kepanasan. mang sampe dibetot gimana sih sampe bisa panas gitu cvtnya. tested 2x road trip jkt - batu malang sih nggak ada masalah samsek.

kalo om liat di page 13, saya ada ksh liat di speedometer tertulis average speed saya 121km/h, jalannya 3jam tuh, gak ada gejala ngempos / hilang tenaga sama sekali. kalo avg speednya kerecord di 120kph selama 3jam, harusnya udh ada gambaran juga kira2 bawa mobilnya speednya gimana. gejala yg pasti kerasa itu, hilang bensin lbh cepet daripada gas konstan :wkkk:

kalo dyno nggak pernah om, maklum orang susah... ga ada budget dan waktu utk dyno.....
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16449
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by ChZ »

Jenson wrote: 25 Nov 2024, 23:30
Hmm bener juga komparasinya, G20 sekarang keliatan jauh lebih jarang populasinya dbanding F30. Rata2 Bimmer plat baru yg banyak sliweran X1, 2 series or X5 malahan. X3 juga agak ghoib. 5 series apalagi..
masalahnya 2-series dan X1 itu juga nggak sukses gantiin posisi seri-3 sebagai entry level car. nggak favorit buat dioprek juga.

dulu honda punya jazz sekarang ganti city, city yang ngoprek juga jarang parts opreknya gak se-seru jazz yang global model. HRV yang paling murah jg cuma 1500 NA pelan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
boebeng
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 11 Dec 2015, 07:59

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by boebeng »

iamwewe wrote: 26 Nov 2024, 08:45 malah baru tau bisa ada istilah tenaga ngempos krn cvt oil kepanasan. mang sampe dibetot gimana sih sampe bisa panas gitu cvtnya. tested 2x road trip jkt - batu malang sih nggak ada masalah samsek.

kalo om liat di page 13, saya ada ksh liat di speedometer tertulis average speed saya 121km/h, jalannya 3jam tuh, gak ada gejala ngempos / hilang tenaga sama sekali. kalo avg speednya kerecord di 120kph selama 3jam, harusnya udh ada gambaran juga kira2 bawa mobilnya speednya gimana. gejala yg pasti kerasa itu, hilang bensin lbh cepet daripada gas konstan :wkkk:

kalo dyno nggak pernah om, maklum orang susah... ga ada budget dan waktu utk dyno.....
saya baca fenomena ngempos ini (meski bukan karena CVT overheat) di forum luar https://www.civicx.com/forum/threads/1- ... ode.69686/, disebutnya limp mode, keluar warning juga di speedometer. Berarti FE remap untuk pemakaian bejek harian dan bukan bejek track day aman" aja. Tq untuk sharingnya, saya jadi mantep untuk ikut jejak om nge-remap FE :big_exellent:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1126
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

boebeng wrote: 26 Nov 2024, 18:32
iamwewe wrote: 26 Nov 2024, 08:45 malah baru tau bisa ada istilah tenaga ngempos krn cvt oil kepanasan. mang sampe dibetot gimana sih sampe bisa panas gitu cvtnya. tested 2x road trip jkt - batu malang sih nggak ada masalah samsek.

kalo om liat di page 13, saya ada ksh liat di speedometer tertulis average speed saya 121km/h, jalannya 3jam tuh, gak ada gejala ngempos / hilang tenaga sama sekali. kalo avg speednya kerecord di 120kph selama 3jam, harusnya udh ada gambaran juga kira2 bawa mobilnya speednya gimana. gejala yg pasti kerasa itu, hilang bensin lbh cepet daripada gas konstan :wkkk:

kalo dyno nggak pernah om, maklum orang susah... ga ada budget dan waktu utk dyno.....
saya baca fenomena ngempos ini (meski bukan karena CVT overheat) di forum luar https://www.civicx.com/forum/threads/1- ... ode.69686/, disebutnya limp mode, keluar warning juga di speedometer. Berarti FE remap untuk pemakaian bejek harian dan bukan bejek track day aman" aja. Tq untuk sharingnya, saya jadi mantep untuk ikut jejak om nge-remap FE :big_exellent:
kalo civic 10th gen FC FK kali ya. ini harus tanya om chz. tapi om chz bawa mobilnya cukup brutal dan udh remap juga aman tuh. gak pernah denger doi cerita sampe limp mode.

tapi ya gimana2 menurut saya sih remap itu harus sama tuner yg berpengalaman, jgn smua parameter di pentokin cuma demi niat kenceng2an kali ya. trus tentu yg paling penting ya perawatan basic spt bbm bergizi, oli mesin dan matic yg bagus, dan radiator yg sehat tentu sangat berpengaruh di semua mobil.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16449
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by ChZ »

iamwewe wrote: 28 Nov 2024, 09:58 kalo civic 10th gen FC FK kali ya. ini harus tanya om chz. tapi om chz bawa mobilnya cukup brutal dan udh remap juga aman tuh. gak pernah denger doi cerita sampe limp mode.

tapi ya gimana2 menurut saya sih remap itu harus sama tuner yg berpengalaman, jgn smua parameter di pentokin cuma demi niat kenceng2an kali ya. trus tentu yg paling penting ya perawatan basic spt bbm bergizi, oli mesin dan matic yg bagus, dan radiator yg sehat tentu sangat berpengaruh di semua mobil.
perna di awal2 remap limp mode cuma gara-gara...... kalibrasi wheel speed sensor bawaan :upss:

sekarang 60 ribu km bawa mix macet macet dan ngetoll bejek2 ampir tiap hari aman jaya.

sbenernya L15 turbo ini mesin kuat dan enaknya ngoprek bensin turbo itu 200 hp aja udah kenceng krn bodi enteng. ekivalennya diesel turbo oprek 300 hp lebih baru berasa enak buat kenceng kencengan.

relatif durable karna naik boost 0.3 bar aja udah berasa peningkatannya dan bisa maksimalin peak boost di mid-high rpm kalo diesel kan ngejar low-mid udah peak boost jd kalaupun dipake luar kota bejek terus mesti hati-hati dgn EGT.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
boebeng
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 11 Dec 2015, 07:59

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by boebeng »

iamwewe wrote: 28 Nov 2024, 09:58 kalo civic 10th gen FC FK kali ya. ini harus tanya om chz. tapi om chz bawa mobilnya cukup brutal dan udh remap juga aman tuh. gak pernah denger doi cerita sampe limp mode.

tapi ya gimana2 menurut saya sih remap itu harus sama tuner yg berpengalaman, jgn smua parameter di pentokin cuma demi niat kenceng2an kali ya. trus tentu yg paling penting ya perawatan basic spt bbm bergizi, oli mesin dan matic yg bagus, dan radiator yg sehat tentu sangat berpengaruh di semua mobil.
setuju om, memang sudah rencana dari awal kl hatinya dah mantep memang mau dibawanya ke om satria juga. :big_okay:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1126
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

ChZ wrote: 28 Nov 2024, 10:05
perna di awal2 remap limp mode cuma gara-gara...... kalibrasi wheel speed sensor bawaan :upss:

sekarang 60 ribu km bawa mix macet macet dan ngetoll bejek2 ampir tiap hari aman jaya.

sbenernya L15 turbo ini mesin kuat dan enaknya ngoprek bensin turbo itu 200 hp aja udah kenceng krn bodi enteng. ekivalennya diesel turbo oprek 300 hp lebih baru berasa enak buat kenceng kencengan.

relatif durable karna naik boost 0.3 bar aja udah berasa peningkatannya dan bisa maksimalin peak boost di mid-high rpm kalo diesel kan ngejar low-mid udah peak boost jd kalaupun dipake luar kota bejek terus mesti hati-hati dgn EGT.
wadiau.. jadi di MID nongol tulisan limp mode gitu? ato cuma rasa2 aja tenaga di limit banget?

iya kalo di luaran liat orang mods L15 turbo ini buset ganas2 ya. disini beberapa seleb tiktok ada juga nih yg mods civic FC nya gila2an, yg warna hitam. justru civic FE blm pernah liat nih yg mods sangar2.
boebeng wrote: 28 Nov 2024, 10:23
setuju om, memang sudah rencana dari awal kl hatinya dah mantep memang mau dibawanya ke om satria juga. :big_okay:
kalo nih orang sih udh langganan saya banget.. sampe skrg sih nggak ada yg fail ya. ditunggu report dan ripiw nya om :big_exellent:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16449
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by ChZ »

iamwewe wrote: 28 Nov 2024, 11:46
wadiau.. jadi di MID nongol tulisan limp mode gitu? ato cuma rasa2 aja tenaga di limit banget?

iya kalo di luaran liat orang mods L15 turbo ini buset ganas2 ya. disini beberapa seleb tiktok ada juga nih yg mods civic FC nya gila2an, yg warna hitam. justru civic FE blm pernah liat nih yg mods sangar2.
check engine nyala om sama lampu EPS dan lampu VSA. ni civic krn modul jadi 1 semua jadi apapun masalahnya indikator bisa nyala semua kek pohon natal padahal masalah simple.

kirain modul kena abis diremap, eh ama omsat dicek kalibrasi sensor aja krn bacaan ga cocok abis diremap. skrg udah saman sentosa ampe 60 rebu, mobil standar cuma gak sampe 1000 km :mky_07:

FE ntah kenapa di sini kemahalan kali yah jadi kurang banyak yang main, FC/FK dulu masih 400an entry levelnya. yang civic Si jeroan lebih kuat bisa dihajar 300hp dengan stock internals. kalo yg spek reguler kek kita2 modar dihajar sgitu tanpa ganti stang :mky_07:

mirip kasus F30 dan G20.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 485
Joined: 22 Aug 2014, 16:41

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Jenson »

ChZ wrote: 28 Nov 2024, 14:30
iamwewe wrote: 28 Nov 2024, 11:46
wadiau.. jadi di MID nongol tulisan limp mode gitu? ato cuma rasa2 aja tenaga di limit banget?

iya kalo di luaran liat orang mods L15 turbo ini buset ganas2 ya. disini beberapa seleb tiktok ada juga nih yg mods civic FC nya gila2an, yg warna hitam. justru civic FE blm pernah liat nih yg mods sangar2.
check engine nyala om sama lampu EPS dan lampu VSA. ni civic krn modul jadi 1 semua jadi apapun masalahnya indikator bisa nyala semua kek pohon natal padahal masalah simple.

kirain modul kena abis diremap, eh ama omsat dicek kalibrasi sensor aja krn bacaan ga cocok abis diremap. skrg udah saman sentosa ampe 60 rebu, mobil standar cuma gak sampe 1000 km :mky_07:

FE ntah kenapa di sini kemahalan kali yah jadi kurang banyak yang main, FC/FK dulu masih 400an entry levelnya. yang civic Si jeroan lebih kuat bisa dihajar 300hp dengan stock internals. kalo yg spek reguler kek kita2 modar dihajar sgitu tanpa ganti stang :mky_07:

mirip kasus F30 dan G20.
Curiga karena harganya makin mahal dan model makin ke accord2an, bisa jadi beberapa bapak2 senior ex user accord yg butuh peremajaan "downsize" ke Civic, sehingga ud ga dimodif aneh2 lagi
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16449
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by ChZ »

Jenson wrote: 28 Nov 2024, 15:05 Curiga karena harganya makin mahal dan model makin ke accord2an, bisa jadi beberapa bapak2 senior ex user accord yg butuh peremajaan "downsize" ke Civic, sehingga ud ga dimodif aneh2 lagi
bisa jadi ada pergeseran. yang dulu budget mobil dinas kelas direktur accord jadi civic.

lah wong kalo orang nanya kenapa zenix 600 juta laris kan itu dapet limpahan dari pergeseran konsumen kelas CRV :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 712
Joined: 18 Sep 2019, 23:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by timbermaniac123 »

Kebetulan lagi naksir berat mau nimang ini buat gantiin family car yang sebenerya udah cukup pendek GC nya di 165mm. Masih maju mundur antara ini atau corcross. Corcross di Malay baru mau masuk yang facelift, di indo masih model lama. Civic consider GC nya tambah pendek di bawah mobil yang sekarang... Tapi baca2 di forum lowyat, civic termasuk masalah di racksteer juga ya. Ada recall EPS juga belum lama.
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 485
Joined: 22 Aug 2014, 16:41

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Jenson »

timbermaniac123 wrote: 29 Nov 2024, 11:55 Kebetulan lagi naksir berat mau nimang ini buat gantiin family car yang sebenerya udah cukup pendek GC nya di 165mm. Masih maju mundur antara ini atau corcross. Corcross di Malay baru mau masuk yang facelift, di indo masih model lama. Civic consider GC nya tambah pendek di bawah mobil yang sekarang... Tapi baca2 di forum lowyat, civic termasuk masalah di racksteer juga ya. Ada recall EPS juga belum lama.
Dulu saya juga sama pertimbangannya om, maju mundur antara ini sama Corcross. Tapi akhirnya mantepin ambil ini gara2 hal simple, mgkin bsa dihujat ama tim anti ADAS d sini, krna adaptive cruise controlnya FE yg ada traffic jam assist :big_biglaugh: Tapi jujur, ini fitur ngebantu bgt buat saya yg suka lewatin macet stop and go maupun macet merayap, lumayan biar ga begitu pegel.

Tapi di sisi lain, kalo dari segi driving experience jauhhh FE lebih top.

Cuman dari segi akomodasi, kepraktisan (karena GC tinggi) dan bagasi lebih gede, Cor Cross menang. Oh iya, FC juga pasti menang Cor Cross karena hybrid.

Dicoba aja 2 duanya om, biar nemu yg cocok gimana.

Utk racksteer sampai skrg sih masih aman, semoga ga kenapa2. Cmn saya nemu fenomena aneh sih, kalo abis remote engine start kadang stir suka belok ke kanan or ke kiri sndiri, @om wewe/user lain pernah ada issue juga kah?
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 712
Joined: 18 Sep 2019, 23:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by timbermaniac123 »

Jenson wrote: 29 Nov 2024, 13:31
Dulu saya juga sama pertimbangannya om, maju mundur antara ini sama Corcross. Tapi akhirnya mantepin ambil ini gara2 hal simple, mgkin bsa dihujat ama tim anti ADAS d sini, krna adaptive cruise controlnya FE yg ada traffic jam assist :big_biglaugh: Tapi jujur, ini fitur ngebantu bgt buat saya yg suka lewatin macet stop and go maupun macet merayap, lumayan biar ga begitu pegel.

Tapi di sisi lain, kalo dari segi driving experience jauhhh FE lebih top.

Cuman dari segi akomodasi, kepraktisan (karena GC tinggi) dan bagasi lebih gede, Cor Cross menang. Oh iya, FC juga pasti menang Cor Cross karena hybrid.

Dicoba aja 2 duanya om, biar nemu yg cocok gimana.

Utk racksteer sampai skrg sih masih aman, semoga ga kenapa2. Cmn saya nemu fenomena aneh sih, kalo abis remote engine start kadang stir suka belok ke kanan or ke kiri sndiri, @om wewe/user lain pernah ada issue juga kah?
Barusan nanya sales toyota, corcross 24 udah lama ga produksi. Kayanya alamat bentar lagi launching corcross facelift. Sementara di jepang, 3 bulan lalu keluar civic versi hatchback RS nya... Itu belakangnya cakep banget mirip type R ... Entah bakal dirilis ga buat pasar asean
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 712
Joined: 18 Sep 2019, 23:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by timbermaniac123 »

Jenson wrote: 29 Nov 2024, 13:31
Dicoba aja 2 duanya om, biar nemu yg cocok gimana.
Om mau nanya dong. Lebih worth mana, corcross nik 23 low odo di 460. Atau civic baru nik 24 di 550 ? Kalau corcross baru nik 24 si sekitar 540. Tapi ya gitu belum ada sensing, walaupun udah ada 360 sama bsm.

Saya baru nyadar itu row belakang corcross rupanya sempit ya, hampir mirip kaya mazda. Trus minus nya juga bagasi ga rata lantai ya.

Sales honda pada bilang kalau GC civic tinggi 170mm ternyata. Kalau gitu aman si buat rute harian. Pernah mentok ga om pake seputaran kota besar atau bandung ?
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4795
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Pboyz97 »

timbermaniac123 wrote: 29 Nov 2024, 11:55 Kebetulan lagi naksir berat mau nimang ini buat gantiin family car yang sebenerya udah cukup pendek GC nya di 165mm. Masih maju mundur antara ini atau corcross. Corcross di Malay baru mau masuk yang facelift, di indo masih model lama. Civic consider GC nya tambah pendek di bawah mobil yang sekarang... Tapi baca2 di forum lowyat, civic termasuk masalah di racksteer juga ya. Ada recall EPS juga belum lama.
kalo diantara 2 itu saya vote civic. lebih fun to drive & handlingnya lebih enak daripada cocross. cocross entah knp buat harga segitu berasa plain & boring mobilnya menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4795
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Pboyz97 »

timbermaniac123 wrote: 02 Dec 2024, 21:07
Jenson wrote: 29 Nov 2024, 13:31
Dicoba aja 2 duanya om, biar nemu yg cocok gimana.
Om mau nanya dong. Lebih worth mana, corcross nik 23 low odo di 460. Atau civic baru nik 24 di 550 ? Kalau corcross baru nik 24 si sekitar 540. Tapi ya gitu belum ada sensing, walaupun udah ada 360 sama bsm.

Saya baru nyadar itu row belakang corcross rupanya sempit ya, hampir mirip kaya mazda. Trus minus nya juga bagasi ga rata lantai ya.

Sales honda pada bilang kalau GC civic tinggi 170mm ternyata. Kalau gitu aman si buat rute harian. Pernah mentok ga om pake seputaran kota besar atau bandung ?
diantara 2 itu saya prefer civic, apalagi civicnya baru. cocross entah knp kalo buat nyetir sendiri berasa plain & boring diharga segitu menurut saya pribadi
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post