Review: All New Civic RS 2023

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Post Reply
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10203
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Suryaputra »

levofloxacine wrote: 14 Dec 2023, 07:30
vankryie wrote: 13 Dec 2023, 22:34 Just for update khususnya buat kawan2 Civic Turbo yg galau ama road noise. Kmrn habis ganti LM 7*5 Dunl*p.. naik ukuran dikit 215/55 R17, hasil nya.... senyap empuk nyaman... asemm juga bener slm ini fix krn ban,.
sebelumnya pake ban apa om? saya ganti hankook ventus masih aja bising..
Msh baru
Karet msh legit
Nanti klo TWI dah <60% br mulai harsh :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3592
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by kendibocor »

vankryie wrote: 13 Dec 2023, 22:34 Just for update khususnya buat kawan2 Civic Turbo yg galau ama road noise. Kmrn habis ganti LM 7*5 Dunl*p.. naik ukuran dikit 215/55 R17, hasil nya.... senyap empuk nyaman... asemm juga bener slm ini fix krn ban,.
Biasa abis ganti ban emang gitu om, mau ban barunya lebih jelek drpd sebelumnya jg pasti ngerasa lebih enak drpd ban lama. Soal road noise biasa beberapa bulan uda adaptasi lg kupingnya bakalan berasa berisik lg apalagi kalo naek mbl lain yg lebih kedap. Faktor karena ban lama uda mulai abis, karet mulai getas dll.
Butuh dana buat beli M4 :big_weee:
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

vankryie wrote: 13 Dec 2023, 22:34 Just for update khususnya buat kawan2 Civic Turbo yg galau ama road noise. Kmrn habis ganti LM 7*5 Dunl*p.. naik ukuran dikit 215/55 R17, hasil nya.... senyap empuk nyaman... asemm juga bener slm ini fix krn ban,.
kok ini ban jadi kaya ban sapu jagad nih.. di MPV enak... hatch enak.. sedan juga enak wkwkwkw.

saya pribadi kalo sampe ban bawaan abis, incernya turanza aja... gk semahal advanDB bawaan
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15911
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by ChZ »

vankryie wrote: 13 Dec 2023, 22:34 Just for update khususnya buat kawan2 Civic Turbo yg galau ama road noise. Kmrn habis ganti LM 7*5 Dunl*p.. naik ukuran dikit 215/55 R17, hasil nya.... senyap empuk nyaman... asemm juga bener slm ini fix krn ban,.
sudah jalan berapa km om? klo masih baru biasa senyap, dulu waktu awal2 ganti sp sport maxx 050 di CRV aja senyap. sekarang udah jalan agak banyak aja berasa di kuping tetep.

tp yang pake dueler, memang lebih berisik. sama kayak civic yang dapet turanza. ane dulu dapet advan dB, terus ada yang cobain jauh lebih senyap daripada yang dapet turanza :upss:

emang si jembatanbatu ini terkenal keras dan berisik. cm emang badak ngga abis abis.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
inobody
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: 18 May 2016, 10:48

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by inobody »

ChZ wrote: 14 Dec 2023, 10:53
vankryie wrote: 13 Dec 2023, 22:34 Just for update khususnya buat kawan2 Civic Turbo yg galau ama road noise. Kmrn habis ganti LM 7*5 Dunl*p.. naik ukuran dikit 215/55 R17, hasil nya.... senyap empuk nyaman... asemm juga bener slm ini fix krn ban,.
sudah jalan berapa km om? klo masih baru biasa senyap, dulu waktu awal2 ganti sp sport maxx 050 di CRV aja senyap. sekarang udah jalan agak banyak aja berasa di kuping tetep.

tp yang pake dueler, memang lebih berisik. sama kayak civic yang dapet turanza. ane dulu dapet advan dB, terus ada yang cobain jauh lebih senyap daripada yang dapet turanza :upss:

emang si jembatanbatu ini terkenal keras dan berisik. cm emang badak ngga abis abis.
Baru 24 jam, blum sampe 50km :D.. tapi emang beda sih, seingat saya dulu pas ambil baru Civic nya juga brisik krg nyaman tuh ER33. Sebulanan nyari Conti UC7 ga da stok smua, adanya UC6.. UC7 kt gudangnya masih lama masuk. Tadinya kl uda ganti ban masih brisik juga,nyerah deh tuker BPKB yang lagi diskon gede :D
inobody
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: 18 May 2016, 10:48

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by inobody »

kendibocor wrote: 14 Dec 2023, 08:11
vankryie wrote: 13 Dec 2023, 22:34 Just for update khususnya buat kawan2 Civic Turbo yg galau ama road noise. Kmrn habis ganti LM 7*5 Dunl*p.. naik ukuran dikit 215/55 R17, hasil nya.... senyap empuk nyaman... asemm juga bener slm ini fix krn ban,.
Biasa abis ganti ban emang gitu om, mau ban barunya lebih jelek drpd sebelumnya jg pasti ngerasa lebih enak drpd ban lama. Soal road noise biasa beberapa bulan uda adaptasi lg kupingnya bakalan berasa berisik lg apalagi kalo naek mbl lain yg lebih kedap. Faktor karena ban lama uda mulai abis, karet mulai getas dll.
ER33 dari baru dateng mblnya juga uda brisik haha.. ditahan2in ga habis2, Relain ganti juga dengan kondisi masih 90%. lon pernah ada tambalan.
inobody
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: 18 May 2016, 10:48

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by inobody »

levofloxacine wrote: 14 Dec 2023, 07:30
vankryie wrote: 13 Dec 2023, 22:34 Just for update khususnya buat kawan2 Civic Turbo yg galau ama road noise. Kmrn habis ganti LM 7*5 Dunl*p.. naik ukuran dikit 215/55 R17, hasil nya.... senyap empuk nyaman... asemm juga bener slm ini fix krn ban,.
sebelumnya pake ban apa om? saya ganti hankook ventus masih aja bising..
Sebelumnya bawaan OEM nya BridgeSt*on* ER33.
Harus naikin jadi 215/55 juga mungkin jadi lebih tinggi dan empuk, tp si 705 emang reviewnya hening.. saya pakai juga di santafe, jadi uda terbukti. *bknmarketing.. awalnya incer UC7 c*ntin*ntal tapi ga da stok.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15911
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by ChZ »

vankryie wrote: 14 Dec 2023, 14:51 Baru 24 jam, blum sampe 50km :D.. tapi emang beda sih, seingat saya dulu pas ambil baru Civic nya juga brisik krg nyaman tuh ER33. Sebulanan nyari Conti UC7 ga da stok smua, adanya UC6.. UC7 kt gudangnya masih lama masuk. Tadinya kl uda ganti ban masih brisik juga,nyerah deh tuker BPKB yang lagi diskon gede :D
Sbenernya klo standar brisik nya bristun pake apapun bakal berasa senyap sih om :mky_03: dgn catatan sesama ban jpn ya klo accelera phi-r ga usah dianggep wkwkwkwkwkwk. E tapi gt radial katanya senyap cm blom pernah coba.

Bristun baru mahal jg... Saya terakir nanya ban CRV masa cuma beda 100rb sama conti Uc6 suv.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: 22 Aug 2014, 16:41

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Jenson »

Om Wewe, mau tanya, untuk Civic RS biasa dikasi minum ap ya om? Kalo dr tutup tangki sih masih bsa Ron 92, tp menurut sales dan driver yg delivery, dibilang rawan ngelitik. Apakah betul?
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

Jenson wrote: 08 Jan 2024, 15:55 Om Wewe, mau tanya, untuk Civic RS biasa dikasi minum ap ya om? Kalo dr tutup tangki sih masih bsa Ron 92, tp menurut sales dan driver yg delivery, dibilang rawan ngelitik. Apakah betul?
halo om. maap baru reply baru cek thread lagi, baru liat ada notif merah unread. dari baru isi nya nitro+.. tapi udh sbulan apa 2bulan belakangan ini semenjak cobain pertabo, pindah lsg pertabo... ngacir polll kekeke.

kalo ngelitik, dari awal delivery pake bensin bawaan dari dealer sih gk ngelitik. tau sendiri lah ya kira2 bensin bawaan dari dealer diisi apa.

udah dateng om civic nya?
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2612
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by KielConstantine »

vankryie wrote: 14 Dec 2023, 14:54 ER33 dari baru dateng mblnya juga uda brisik haha.. ditahan2in ga habis2, Relain ganti juga dengan kondisi masih 90%. lon pernah ada tambalan.
Bridgestone emang brisik. Kmaren pake adrenalin re003 aja brisik sama rasa naekan kek batu ban RFT. Tp emang nge-grip seh buat ukuran ban UHP. Sama harga lebih affordable + umur lebih panjang


Drpd pake micin… superior memang.. primacy 4 / pilot sport 4
Cuman pas bayar kluar micin dari dompet 🧂

:mky_07:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: 22 Aug 2014, 16:41

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Jenson »

iamwewe wrote: 17 Jan 2024, 07:51
Jenson wrote: 08 Jan 2024, 15:55 Om Wewe, mau tanya, untuk Civic RS biasa dikasi minum ap ya om? Kalo dr tutup tangki sih masih bsa Ron 92, tp menurut sales dan driver yg delivery, dibilang rawan ngelitik. Apakah betul?
halo om. maap baru reply baru cek thread lagi, baru liat ada notif merah unread. dari baru isi nya nitro+.. tapi udh sbulan apa 2bulan belakangan ini semenjak cobain pertabo, pindah lsg pertabo... ngacir polll kekeke.

kalo ngelitik, dari awal delivery pake bensin bawaan dari dealer sih gk ngelitik. tau sendiri lah ya kira2 bensin bawaan dari dealer diisi apa.

udah dateng om civic nya?
So far saya kemarin akhirnya pakai VPower om. Mengingat bakal sering dipake daily juga, rasanya sedikit lebih ekonomis dr Pertabo :mky_01: Secara RON, 95 harusnya masih cukup decent ya harusnya?

Udah dateng om mobilnya, nanti saya mau bikin review singkat jg kalo udah sempet. Impresi singkatnya sih bener kata om, top markotop, berasa upgrade dr bumi ampe langit dr HRV driving feelsnya. If anything, bawa sedan rendah downsidenya cmn d jalan lebih rawan kena bully ama motor2 dan taxol, rata2 gaada yang mau kasih jalan. Masih lebih bisa ugal2an bawa Pajero Sport Jadi2an (read: Xpander Cross :big_biglaugh: ), profil mobil tinggi plus muka galak fix bikin motor2 / taxol agak takut ga ngasih jalan. Cuman sayang aj mesinnya bunyinya ga gahar, wong masi saudara ama Colt T120SS :mky_03:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

Jenson wrote: 18 Jan 2024, 09:48
So far saya kemarin akhirnya pakai VPower om. Mengingat bakal sering dipake daily juga, rasanya sedikit lebih ekonomis dr Pertabo :mky_01: Secara RON, 95 harusnya masih cukup decent ya harusnya?

Udah dateng om mobilnya, nanti saya mau bikin review singkat jg kalo udah sempet. Impresi singkatnya sih bener kata om, top markotop, berasa upgrade dr bumi ampe langit dr HRV driving feelsnya. If anything, bawa sedan rendah downsidenya cmn d jalan lebih rawan kena bully ama motor2 dan taxol, rata2 gaada yang mau kasih jalan. Masih lebih bisa ugal2an bawa Pajero Sport Jadi2an (read: Xpander Cross :big_biglaugh: ), profil mobil tinggi plus muka galak fix bikin motor2 / taxol agak takut ga ngasih jalan. Cuman sayang aj mesinnya bunyinya ga gahar, wong masi saudara ama Colt T120SS :mky_03:
congratz ya om mobil baru nya.. enjoy the ride yo! bener2 ditunggu nih review / impressionnya, khususnya nanti mgkn beda tenaga dan fuel cons mesin 1.8 hrv vs 1.5t. punya saya kan hrv 1.5, ya udah jauh banget kemana2 bedanya.

haha.. ini masalah motor sih emang repot banget. tinggi stang = tinggi spion, dan spion skrg ada lanewatch dibanding hrv lama saya. deg2an dah kalo di lampu merah liat motor selap selip. kasih jalan ya kasih jalan sekalian, tutup ya tutup sekalian jangan nanggung.

kalo utk ron, saya gk komentar banyak om.. pny saya baru turun plat aja udah langsung saya bawa ke tempat remap soalnya kan. jadi udh gk mau pusing lsg pertabo aja dhe. justru nanti om coba share kalo mobil standar, beda ron kerasa banget gk sih. kalo saya, beda nitro+ dan pertabo aja udh kerasa banget bedanya sekarang.
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: 22 Aug 2014, 16:41

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Jenson »

iamwewe wrote: 18 Jan 2024, 13:20
Jenson wrote: 18 Jan 2024, 09:48
So far saya kemarin akhirnya pakai VPower om. Mengingat bakal sering dipake daily juga, rasanya sedikit lebih ekonomis dr Pertabo :mky_01: Secara RON, 95 harusnya masih cukup decent ya harusnya?

Udah dateng om mobilnya, nanti saya mau bikin review singkat jg kalo udah sempet. Impresi singkatnya sih bener kata om, top markotop, berasa upgrade dr bumi ampe langit dr HRV driving feelsnya. If anything, bawa sedan rendah downsidenya cmn d jalan lebih rawan kena bully ama motor2 dan taxol, rata2 gaada yang mau kasih jalan. Masih lebih bisa ugal2an bawa Pajero Sport Jadi2an (read: Xpander Cross :big_biglaugh: ), profil mobil tinggi plus muka galak fix bikin motor2 / taxol agak takut ga ngasih jalan. Cuman sayang aj mesinnya bunyinya ga gahar, wong masi saudara ama Colt T120SS :mky_03:
congratz ya om mobil baru nya.. enjoy the ride yo! bener2 ditunggu nih review / impressionnya, khususnya nanti mgkn beda tenaga dan fuel cons mesin 1.8 hrv vs 1.5t. punya saya kan hrv 1.5, ya udah jauh banget kemana2 bedanya.

haha.. ini masalah motor sih emang repot banget. tinggi stang = tinggi spion, dan spion skrg ada lanewatch dibanding hrv lama saya. deg2an dah kalo di lampu merah liat motor selap selip. kasih jalan ya kasih jalan sekalian, tutup ya tutup sekalian jangan nanggung.

kalo utk ron, saya gk komentar banyak om.. pny saya baru turun plat aja udah langsung saya bawa ke tempat remap soalnya kan. jadi udh gk mau pusing lsg pertabo aja dhe. justru nanti om coba share kalo mobil standar, beda ron kerasa banget gk sih. kalo saya, beda nitro+ dan pertabo aja udh kerasa banget bedanya sekarang.
Thanks om, so far sangat puas. Mungkin dibanding engine 1.8, kekurangannya hanya suara mesinnya kurang galak, sisanya jauh enak engine ini kemana2.

Utk RON, so far saya isi V Power cukup ngacir sih tenaganya. Mgkin kapan2 bsa jga cba Nitro + untuk perbandingan :big_grin:
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 364
Joined: 11 Apr 2019, 17:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota
Contact:

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by KSG88 »

L15 turbo sih sebaiknya minimum ron 95, diisi ron 92 malah bolot. Kalau soal tarikan dan power tetep best pertabo 98.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

Hi rekan-rekan SM. Udah lama nggak update nih FE.

Kemarin kebetulan ganti oli mesin dan oli CVT, dan sesuai saran dari om surya, saya pakai kyueid series. Penasaran dah apa sih bedanya dibanding si ecopro gold dan hcf2. Kebetulan, posisi saya ganti oli di odometer 9500km. kenapa sih bisa pengen ganti kyueid? Apalagi utk oli cvt nya, padahal odo masih rendah banget. Jawabannya ya karena selama pemakaian, kadang kalo habis kena macet2an lama gitu, buset tenaga nya kerasa banget kaya tuned down. Kalo habis tarik2an juga sama, rasanya respon gas tuh lemot banget. Tapi kalo kita cruising di 120km/h, ini sih nggak pernah kerasa loss power ya. Tanya sana sini, ya katanya memang karena oli mesin dan oli cvtnya. Oke lah sekalian aja ganti oli mesin dan matic. Daripada penasaran nanti kalo gk maksimal hasilnya, jadi ngeduga2. Ini apa karena oli mesin gk diganti ya. Ini apa karena oli matic gak diganti ya. okelah kita gas coba.

Habis ganti si kyueid… jujur aja gak ada yg special sama sekali sih. Hal pertama yg paling kerasa, di gas nya agak berat. Berat bukan kaya lemot ya, tapi berat kaya jadi lebih berbobot. Istilahnya.. dulu pertama ganti oli di beres, di towel sedikit itu gas lsg ngacir. Tapi memang kalo udh pake 4000km, lsg deh kerasa banget kaya kualitas nya turun, jadi berat itu mobilnya. Kalo ini gas beratnya jadi kaya kita lebih bisa ngukur aja kita injek berapa dalem, speed nya naiknya sgitu. Sempet tanya ke bengkel tempat ganti oli, doi bilang sih katanya kasih waktu 2-3hari utk ganti film oli nya di dlm mesin. Ya udh lah coba aja. Minimal yang diincer ya long term sih sebenernya, penasaran aja ini oli kalo dibawa sampe 7500km kira2 gimana feelnya. Btw kok jadi ripiw si kyueid ya wkwkwkw
WhatsApp Image 2024-02-15 at 16.51.23.jpeg
WhatsApp Image 2024-02-15 at 16.51.06.jpeg
Nah sekilas impression setelah 10.000km pemakaian
1. Rattling kabin dan kaki2
Rattle bener2 ngga ada sama sekali, ya setidaknya sampai sekarang sih. Fit and finish dashboardnya masih solid banget. Panel ac yang clicky masih jadi favorit. Padahal rute pemakaian daily nya di pik, yang konblok nya tau sendiri kasarnya. Untuk kaki2, kemarin baru hajar lobang ganas di elang laut pik. Asli nggak keliatan, malem2, hujan2, aspal ketutup hujan, mungkin lari kisaran 20km/h, suaranya sih ngeri banget. Bletakkk. Udh mikir aja ini sih calon velg peyang ato minimal ban benjol ato karet2 nya ada yg pecah gimana. Ehhhh tapi kemarin pas ngolong ganti oli di cek sih karet kaki2 masih pada aman. Ya semoga aja deh awet.

2. Mesin mesin dan mesin
Rasanya orang kalo beli mobilnya civic, pasti incernya kenceng dan ugal nya deh. Tampang exterior dan interior itu bonus. Yeap itu bener banget. Awal2 beli, excited banget dgn mesinnya yg udh terkenal kenceng, gampang di tune, tapi tetep reliable. Modal remap aja udah dapet gain HP dan torque yang lumayan. Yah itulah saya, awal beli lsg remap, wuih lsg mikir gk salah lah. Sat set ngebut dan ugal. Tapi perasaan ini gak bertahan lama. Balik ke realita, fuel cons itu penting bok! Wkkwkww. Lagi2 ngga salah pilih ini. Bayangin, full to full di tol aja sih kalo 22km/liter sih gampang banget. Kalo eco driving aliran siksa diri (tetep nggak mau eco mode jahanam) masih dapet 24-25km/liter. Impressive. Tapi jangan di tanya kalo ditarik2 di tol, sport mode. Dapet Cuma 10km/liter. Rute harian macet2an di pik area Cuma dapet 8.5-9km/liter. Tapi kalo rute kombinasi pik – tanjung priuk daily dapet 12-13km/liter. Hemat banget? Tergantung. Kemarin juga pas kena macet2an total di pik jelang imlek, perjalanan 2jam untuk tempuh jarak 12km, dapet nya 2km/liter. Mesin 1.5cc turbo fuel cons 2km/liter.
WhatsApp Image 2024-02-13 at 12.39.44.jpeg
3. Akomodasi kabin.
Ya sedan udah pasti bukan juara nya kalo ngomong kelegaan kabin. Walo civic memang yang terlega di kelasnya, tapi tetep aja, kalo dipake buat road trip sama 2 anak bocah kelas 5sd dan 3sd, ya tetep aja ngga bisa ngalahin suv mpv crossover. Tapii.. bersyukur banget ini civic jok belakang bisa dilipat rata bagasi. Jadi kalo dipake road trip..anak2 masih bisa tidur full di belakang dengan kaki ke arah bagasi. Lumayan utk trip 3-4jam mah. Cuma hati2 aja dengan pengait jok nya ke bagasi karena agak nonjol. Solusinya ya pake bantal utk tutupin.

Yah segini aja kali ya update sementara 10rb km pake si civic FE ini. Enjoy
inobody
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: 18 May 2016, 10:48

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by inobody »

iamwewe wrote: 15 Feb 2024, 16:56 Hi rekan-rekan SM. Udah lama nggak update nih FE.

Kemarin kebetulan ganti oli mesin dan oli CVT, dan sesuai saran dari om surya, saya pakai kyueid series. Penasaran dah apa sih bedanya dibanding si ecopro gold dan hcf2. Kebetulan, posisi saya ganti oli di odometer 9500km. kenapa sih bisa pengen ganti kyueid? Apalagi utk oli cvt nya, padahal odo masih rendah banget. Jawabannya ya karena selama pemakaian, kadang kalo habis kena macet2an lama gitu, buset tenaga nya kerasa banget kaya tuned down. Kalo habis tarik2an juga sama, rasanya respon gas tuh lemot banget. Tapi kalo kita cruising di 120km/h, ini sih nggak pernah kerasa loss power ya. Tanya sana sini, ya katanya memang karena oli mesin dan oli cvtnya. Oke lah sekalian aja ganti oli mesin dan matic. Daripada penasaran nanti kalo gk maksimal hasilnya, jadi ngeduga2. Ini apa karena oli mesin gk diganti ya. Ini apa karena oli matic gak diganti ya. okelah kita gas coba.

Habis ganti si kyueid… jujur aja gak ada yg special sama sekali sih. Hal pertama yg paling kerasa, di gas nya agak berat. Berat bukan kaya lemot ya, tapi berat kaya jadi lebih berbobot. Istilahnya.. dulu pertama ganti oli di beres, di towel sedikit itu gas lsg ngacir. Tapi memang kalo udh pake 4000km, lsg deh kerasa banget kaya kualitas nya turun, jadi berat itu mobilnya. Kalo ini gas beratnya jadi kaya kita lebih bisa ngukur aja kita injek berapa dalem, speed nya naiknya sgitu. Sempet tanya ke bengkel tempat ganti oli, doi bilang sih katanya kasih waktu 2-3hari utk ganti film oli nya di dlm mesin. Ya udh lah coba aja. Minimal yang diincer ya long term sih sebenernya, penasaran aja ini oli kalo dibawa sampe 7500km kira2 gimana feelnya. Btw kok jadi ripiw si kyueid ya wkwkwkw

WhatsApp Image 2024-02-15 at 16.51.23.jpeg
WhatsApp Image 2024-02-15 at 16.51.06.jpeg

Nah sekilas impression setelah 10.000km pemakaian
1. Rattling kabin dan kaki2
Rattle bener2 ngga ada sama sekali, ya setidaknya sampai sekarang sih. Fit and finish dashboardnya masih solid banget. Panel ac yang clicky masih jadi favorit. Padahal rute pemakaian daily nya di pik, yang konblok nya tau sendiri kasarnya. Untuk kaki2, kemarin baru hajar lobang ganas di elang laut pik. Asli nggak keliatan, malem2, hujan2, aspal ketutup hujan, mungkin lari kisaran 20km/h, suaranya sih ngeri banget. Bletakkk. Udh mikir aja ini sih calon velg peyang ato minimal ban benjol ato karet2 nya ada yg pecah gimana. Ehhhh tapi kemarin pas ngolong ganti oli di cek sih karet kaki2 masih pada aman. Ya semoga aja deh awet.

2. Mesin mesin dan mesin
Rasanya orang kalo beli mobilnya civic, pasti incernya kenceng dan ugal nya deh. Tampang exterior dan interior itu bonus. Yeap itu bener banget. Awal2 beli, excited banget dgn mesinnya yg udh terkenal kenceng, gampang di tune, tapi tetep reliable. Modal remap aja udah dapet gain HP dan torque yang lumayan. Yah itulah saya, awal beli lsg remap, wuih lsg mikir gk salah lah. Sat set ngebut dan ugal. Tapi perasaan ini gak bertahan lama. Balik ke realita, fuel cons itu penting bok! Wkkwkww. Lagi2 ngga salah pilih ini. Bayangin, full to full di tol aja sih kalo 22km/liter sih gampang banget. Kalo eco driving aliran siksa diri (tetep nggak mau eco mode jahanam) masih dapet 24-25km/liter. Impressive. Tapi jangan di tanya kalo ditarik2 di tol, sport mode. Dapet Cuma 10km/liter. Rute harian macet2an di pik area Cuma dapet 8.5-9km/liter. Tapi kalo rute kombinasi pik – tanjung priuk daily dapet 12-13km/liter. Hemat banget? Tergantung. Kemarin juga pas kena macet2an total di pik jelang imlek, perjalanan 2jam untuk tempuh jarak 12km, dapet nya 2km/liter. Mesin 1.5cc turbo fuel cons 2km/liter.
WhatsApp Image 2024-02-13 at 12.39.44.jpeg

3. Akomodasi kabin.
Ya sedan udah pasti bukan juara nya kalo ngomong kelegaan kabin. Walo civic memang yang terlega di kelasnya, tapi tetep aja, kalo dipake buat road trip sama 2 anak bocah kelas 5sd dan 3sd, ya tetep aja ngga bisa ngalahin suv mpv crossover. Tapii.. bersyukur banget ini civic jok belakang bisa dilipat rata bagasi. Jadi kalo dipake road trip..anak2 masih bisa tidur full di belakang dengan kaki ke arah bagasi. Lumayan utk trip 3-4jam mah. Cuma hati2 aja dengan pengait jok nya ke bagasi karena agak nonjol. Solusinya ya pake bantal utk tutupin.

Yah segini aja kali ya update sementara 10rb km pake si civic FE ini. Enjoy
Lagi2 senasib nih dgn yg sy rasain, kadang ngeselin dgr ngeden nya si CVT Cipic ini kl lagi "lemot", tapi kalo lagi enteng, emang sedep.. jadi serba salah, bawa santai nanti tiba2 jadi lemot lagi, bawa gesit jadi ga santai haha.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10203
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: 15 Feb 2024, 16:56 Hi rekan-rekan SM. Udah lama nggak update nih FE.

Kemarin kebetulan ganti oli mesin dan oli CVT, dan sesuai saran dari om surya, saya pakai kyueid series. Penasaran dah apa sih bedanya dibanding si ecopro gold dan hcf2. Kebetulan, posisi saya ganti oli di odometer 9500km. kenapa sih bisa pengen ganti kyueid? Apalagi utk oli cvt nya, padahal odo masih rendah banget. Jawabannya ya karena selama pemakaian, kadang kalo habis kena macet2an lama gitu, buset tenaga nya kerasa banget kaya tuned down. Kalo habis tarik2an juga sama, rasanya respon gas tuh lemot banget. Tapi kalo kita cruising di 120km/h, ini sih nggak pernah kerasa loss power ya. Tanya sana sini, ya katanya memang karena oli mesin dan oli cvtnya. Oke lah sekalian aja ganti oli mesin dan matic. Daripada penasaran nanti kalo gk maksimal hasilnya, jadi ngeduga2. Ini apa karena oli mesin gk diganti ya. Ini apa karena oli matic gak diganti ya. okelah kita gas coba.

Habis ganti si kyueid… jujur aja gak ada yg special sama sekali sih. Hal pertama yg paling kerasa, di gas nya agak berat. Berat bukan kaya lemot ya, tapi berat kaya jadi lebih berbobot. Istilahnya.. dulu pertama ganti oli di beres, di towel sedikit itu gas lsg ngacir. Tapi memang kalo udh pake 4000km, lsg deh kerasa banget kaya kualitas nya turun, jadi berat itu mobilnya. Kalo ini gas beratnya jadi kaya kita lebih bisa ngukur aja kita injek berapa dalem, speed nya naiknya sgitu. Sempet tanya ke bengkel tempat ganti oli, doi bilang sih katanya kasih waktu 2-3hari utk ganti film oli nya di dlm mesin. Ya udh lah coba aja. Minimal yang diincer ya long term sih sebenernya, penasaran aja ini oli kalo dibawa sampe 7500km kira2 gimana feelnya. Btw kok jadi ripiw si kyueid ya wkwkwkw

WhatsApp Image 2024-02-15 at 16.51.23.jpeg
WhatsApp Image 2024-02-15 at 16.51.06.jpeg

Nah sekilas impression setelah 10.000km pemakaian
1. Rattling kabin dan kaki2
Rattle bener2 ngga ada sama sekali, ya setidaknya sampai sekarang sih. Fit and finish dashboardnya masih solid banget. Panel ac yang clicky masih jadi favorit. Padahal rute pemakaian daily nya di pik, yang konblok nya tau sendiri kasarnya. Untuk kaki2, kemarin baru hajar lobang ganas di elang laut pik. Asli nggak keliatan, malem2, hujan2, aspal ketutup hujan, mungkin lari kisaran 20km/h, suaranya sih ngeri banget. Bletakkk. Udh mikir aja ini sih calon velg peyang ato minimal ban benjol ato karet2 nya ada yg pecah gimana. Ehhhh tapi kemarin pas ngolong ganti oli di cek sih karet kaki2 masih pada aman. Ya semoga aja deh awet.

2. Mesin mesin dan mesin
Rasanya orang kalo beli mobilnya civic, pasti incernya kenceng dan ugal nya deh. Tampang exterior dan interior itu bonus. Yeap itu bener banget. Awal2 beli, excited banget dgn mesinnya yg udh terkenal kenceng, gampang di tune, tapi tetep reliable. Modal remap aja udah dapet gain HP dan torque yang lumayan. Yah itulah saya, awal beli lsg remap, wuih lsg mikir gk salah lah. Sat set ngebut dan ugal. Tapi perasaan ini gak bertahan lama. Balik ke realita, fuel cons itu penting bok! Wkkwkww. Lagi2 ngga salah pilih ini. Bayangin, full to full di tol aja sih kalo 22km/liter sih gampang banget. Kalo eco driving aliran siksa diri (tetep nggak mau eco mode jahanam) masih dapet 24-25km/liter. Impressive. Tapi jangan di tanya kalo ditarik2 di tol, sport mode. Dapet Cuma 10km/liter. Rute harian macet2an di pik area Cuma dapet 8.5-9km/liter. Tapi kalo rute kombinasi pik – tanjung priuk daily dapet 12-13km/liter. Hemat banget? Tergantung. Kemarin juga pas kena macet2an total di pik jelang imlek, perjalanan 2jam untuk tempuh jarak 12km, dapet nya 2km/liter. Mesin 1.5cc turbo fuel cons 2km/liter.
WhatsApp Image 2024-02-13 at 12.39.44.jpeg

3. Akomodasi kabin.
Ya sedan udah pasti bukan juara nya kalo ngomong kelegaan kabin. Walo civic memang yang terlega di kelasnya, tapi tetep aja, kalo dipake buat road trip sama 2 anak bocah kelas 5sd dan 3sd, ya tetep aja ngga bisa ngalahin suv mpv crossover. Tapii.. bersyukur banget ini civic jok belakang bisa dilipat rata bagasi. Jadi kalo dipake road trip..anak2 masih bisa tidur full di belakang dengan kaki ke arah bagasi. Lumayan utk trip 3-4jam mah. Cuma hati2 aja dengan pengait jok nya ke bagasi karena agak nonjol. Solusinya ya pake bantal utk tutupin.

Yah segini aja kali ya update sementara 10rb km pake si civic FE ini. Enjoy
klo oli beres, pakai 4rb km aja udah less refined mesinnya di hi rpm.
better Total Quartz 9000 0w20 klo mau hemat dan pakai 5rb km :big_grin:

Soal ban, hati2 dan jaga tekanan ajah,
klo profil tipis jangan sampai under inflate.
(naikin 3 psi dari tekanan minimal yg tertera di pinggir pintu).

takutnya benjol klo hajar lubang sampai bunyi gtu, dalam kondisi under inflate :upss:

Btw... Mbah
sahabatq8 wrote:
ada yg manggil nihh
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1989
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Contact:

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by sahabatq8 »

Isi olinya gak overfill kan? Selebih dari di gas terasa lebih berbobot , performa saat udah panas gimana?
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

vankryie wrote: 15 Feb 2024, 17:18
Lagi2 senasib nih dgn yg sy rasain, kadang ngeselin dgr ngeden nya si CVT Cipic ini kl lagi "lemot", tapi kalo lagi enteng, emang sedep.. jadi serba salah, bawa santai nanti tiba2 jadi lemot lagi, bawa gesit jadi ga santai haha.
ah.. syukurlah ada yang ngerasain hal yg sama. minimal ada yang paham ya pas si cvt nya lemot.

makanya daripada penasaran kan, ganti aja oli cvt nya deh sama yg katanya bagus kan. ntar dijajal sembari di rasa2in deh.
Suryaputra wrote: 15 Feb 2024, 17:45 klo oli beres, pakai 4rb km aja udah less refined mesinnya di hi rpm.
better Total Quartz 9000 0w20 klo mau hemat dan pakai 5rb km :big_grin:

Soal ban, hati2 dan jaga tekanan ajah,
klo profil tipis jangan sampai under inflate.
(naikin 3 psi dari tekanan minimal yg tertera di pinggir pintu).

takutnya benjol klo hajar lubang sampai bunyi gtu, dalam kondisi under inflate :upss:

Btw... Mbah
sahabatq8 wrote:
ada yg manggil nihh
yeap.. angin sih selalu 35rata. padahal di pintu civic cuma 32ps doang ya.

iya bener.. itu yg saya rasain. di 4rb km dah berat. bener2 berat nih mobilnya, bahkan kalo mobil dalam keadaan bekas parkir semaleman gitu. kita bawa jalan pagi2, ajak ngebut, itu aja udh berat.
sahabatq8 wrote: 15 Feb 2024, 19:42 Isi olinya gak overfill kan? Selebih dari di gas terasa lebih berbobot , performa saat udah panas gimana?
nggak om. kalo performa panas juga rasanya masih biasa aja.

tapi jgn salah paham, ini juga bukan bilang oli jelek kok. ini rasanya mirip kaya ganti oli beres punya, awal2 ngacir.. cuma beda tipe ngacirnya. kasih waktu aja sesuai kata org bengkel nya kan 2-3hari, katanya biar ganti film oli nya. mungkin ntar baru dapet optimalnya.

skrg pola pikirnya ganti:
1. targetnya ini sampe 7500km performa oli mesin masih maksimal, udh oke buat saya
2. khusus oli matic, rasanya baru bisa saya comment performanya kalo saya udh bawa nanti pas di weekend. jajal di tol dulu. ini sekarang kan masih bini yg bawa area pik aja macet2an. semoga aja masa inreyen oli nya usai di tangan bini wkwkkw
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: 25 Jan 2017, 08:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by levofloxacine »

iamwewe wrote: 15 Feb 2024, 16:56 Hi rekan-rekan SM. Udah lama nggak update nih FE.

Kemarin kebetulan ganti oli mesin dan oli CVT, dan sesuai saran dari om surya, saya pakai kyueid series. Penasaran dah apa sih bedanya dibanding si ecopro gold dan hcf2. Kebetulan, posisi saya ganti oli di odometer 9500km. kenapa sih bisa pengen ganti kyueid? Apalagi utk oli cvt nya, padahal odo masih rendah banget. Jawabannya ya karena selama pemakaian, kadang kalo habis kena macet2an lama gitu, buset tenaga nya kerasa banget kaya tuned down. Kalo habis tarik2an juga sama, rasanya respon gas tuh lemot banget. Tapi kalo kita cruising di 120km/h, ini sih nggak pernah kerasa loss power ya. Tanya sana sini, ya katanya memang karena oli mesin dan oli cvtnya. Oke lah sekalian aja ganti oli mesin dan matic. Daripada penasaran nanti kalo gk maksimal hasilnya, jadi ngeduga2. Ini apa karena oli mesin gk diganti ya. Ini apa karena oli matic gak diganti ya. okelah kita gas coba.

Habis ganti si kyueid… jujur aja gak ada yg special sama sekali sih. Hal pertama yg paling kerasa, di gas nya agak berat. Berat bukan kaya lemot ya, tapi berat kaya jadi lebih berbobot. Istilahnya.. dulu pertama ganti oli di beres, di towel sedikit itu gas lsg ngacir. Tapi memang kalo udh pake 4000km, lsg deh kerasa banget kaya kualitas nya turun, jadi berat itu mobilnya. Kalo ini gas beratnya jadi kaya kita lebih bisa ngukur aja kita injek berapa dalem, speed nya naiknya sgitu. Sempet tanya ke bengkel tempat ganti oli, doi bilang sih katanya kasih waktu 2-3hari utk ganti film oli nya di dlm mesin. Ya udh lah coba aja. Minimal yang diincer ya long term sih sebenernya, penasaran aja ini oli kalo dibawa sampe 7500km kira2 gimana feelnya. Btw kok jadi ripiw si kyueid ya wkwkwkw

WhatsApp Image 2024-02-15 at 16.51.23.jpeg
WhatsApp Image 2024-02-15 at 16.51.06.jpeg

Nah sekilas impression setelah 10.000km pemakaian
1. Rattling kabin dan kaki2
Rattle bener2 ngga ada sama sekali, ya setidaknya sampai sekarang sih. Fit and finish dashboardnya masih solid banget. Panel ac yang clicky masih jadi favorit. Padahal rute pemakaian daily nya di pik, yang konblok nya tau sendiri kasarnya. Untuk kaki2, kemarin baru hajar lobang ganas di elang laut pik. Asli nggak keliatan, malem2, hujan2, aspal ketutup hujan, mungkin lari kisaran 20km/h, suaranya sih ngeri banget. Bletakkk. Udh mikir aja ini sih calon velg peyang ato minimal ban benjol ato karet2 nya ada yg pecah gimana. Ehhhh tapi kemarin pas ngolong ganti oli di cek sih karet kaki2 masih pada aman. Ya semoga aja deh awet.

2. Mesin mesin dan mesin
Rasanya orang kalo beli mobilnya civic, pasti incernya kenceng dan ugal nya deh. Tampang exterior dan interior itu bonus. Yeap itu bener banget. Awal2 beli, excited banget dgn mesinnya yg udh terkenal kenceng, gampang di tune, tapi tetep reliable. Modal remap aja udah dapet gain HP dan torque yang lumayan. Yah itulah saya, awal beli lsg remap, wuih lsg mikir gk salah lah. Sat set ngebut dan ugal. Tapi perasaan ini gak bertahan lama. Balik ke realita, fuel cons itu penting bok! Wkkwkww. Lagi2 ngga salah pilih ini. Bayangin, full to full di tol aja sih kalo 22km/liter sih gampang banget. Kalo eco driving aliran siksa diri (tetep nggak mau eco mode jahanam) masih dapet 24-25km/liter. Impressive. Tapi jangan di tanya kalo ditarik2 di tol, sport mode. Dapet Cuma 10km/liter. Rute harian macet2an di pik area Cuma dapet 8.5-9km/liter. Tapi kalo rute kombinasi pik – tanjung priuk daily dapet 12-13km/liter. Hemat banget? Tergantung. Kemarin juga pas kena macet2an total di pik jelang imlek, perjalanan 2jam untuk tempuh jarak 12km, dapet nya 2km/liter. Mesin 1.5cc turbo fuel cons 2km/liter.
WhatsApp Image 2024-02-13 at 12.39.44.jpeg

3. Akomodasi kabin.
Ya sedan udah pasti bukan juara nya kalo ngomong kelegaan kabin. Walo civic memang yang terlega di kelasnya, tapi tetep aja, kalo dipake buat road trip sama 2 anak bocah kelas 5sd dan 3sd, ya tetep aja ngga bisa ngalahin suv mpv crossover. Tapii.. bersyukur banget ini civic jok belakang bisa dilipat rata bagasi. Jadi kalo dipake road trip..anak2 masih bisa tidur full di belakang dengan kaki ke arah bagasi. Lumayan utk trip 3-4jam mah. Cuma hati2 aja dengan pengait jok nya ke bagasi karena agak nonjol. Solusinya ya pake bantal utk tutupin.

Yah segini aja kali ya update sementara 10rb km pake si civic FE ini. Enjoy
ternyata memang kalo hajar lobang agak dalam meski di kecepatan rendah bunyinya serem ya om, civic FC saya juga demikian, kalo gak sengaja hajar lubang agak dalam di kecepatan rendah bunyinya juga bletakkk keras sekali seperti travel suspensinya pendek, mungkin memang karakter suspensinya seperti itu ya, saya kira shock absorber saya udah mati, soalnya bila lewat polisi tidur aman2 saja, tidak mengayun berlebihan.

untuk cvtnya juga serupa, "kadang-kadang" kadang responsif, kadang lemot, entah apa triggernya, giliran pas mau nyalip di lukot, udah ancang2, eh pas lg lemot sampe kadang terpaksa gas lebih dalam atau turun ke S, kalo lagi responsif toel dikit aja langsung ngacir + jambak dikit.. memang agak aneh... :big_bored:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

levofloxacine wrote: 16 Feb 2024, 07:30
ternyata memang kalo hajar lobang agak dalam meski di kecepatan rendah bunyinya serem ya om, civic FC saya juga demikian, kalo gak sengaja hajar lubang agak dalam di kecepatan rendah bunyinya juga bletakkk keras sekali seperti travel suspensinya pendek, mungkin memang karakter suspensinya seperti itu ya, saya kira shock absorber saya udah mati, soalnya bila lewat polisi tidur aman2 saja, tidak mengayun berlebihan.

untuk cvtnya juga serupa, "kadang-kadang" kadang responsif, kadang lemot, entah apa triggernya, giliran pas mau nyalip di lukot, udah ancang2, eh pas lg lemot sampe kadang terpaksa gas lebih dalam atau turun ke S, kalo lagi responsif toel dikit aja langsung ngacir + jambak dikit.. memang agak aneh... :big_bored:
wah si FC juga gitu ya kalo hajar lobang agak dalem. bener om, suara nya tuh kaya apa ya.. udh kaya besi ketemu besi gitu, bletakkk kenceng gitu. tau sih di kaki2 juga ada karet2, mungkin karetnya agak tipis? gak tau lah. dulu HRV saya juga gitu suaranya kalo hajar lobang. beda dengan inova dan pajero, gak ada tuh suara lebay bletak besi beradu besi gitu.

kalo di FE saya, triggernya kalo abis kena macet2an parah yg creeping/crawling. trus kalo bekas dipake betot2an, sama kalo abis dipake nanjak2. ini pasti gk lama jadi kaya lemes itu.

nah utk cvt, om punya udh kilometer brp om? trus udh ganti oli matic yg bagusan blm ato selalu oli matic beres?
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: 25 Jan 2017, 08:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by levofloxacine »

iamwewe wrote: 16 Feb 2024, 08:07
levofloxacine wrote: 16 Feb 2024, 07:30
ternyata memang kalo hajar lobang agak dalam meski di kecepatan rendah bunyinya serem ya om, civic FC saya juga demikian, kalo gak sengaja hajar lubang agak dalam di kecepatan rendah bunyinya juga bletakkk keras sekali seperti travel suspensinya pendek, mungkin memang karakter suspensinya seperti itu ya, saya kira shock absorber saya udah mati, soalnya bila lewat polisi tidur aman2 saja, tidak mengayun berlebihan.

untuk cvtnya juga serupa, "kadang-kadang" kadang responsif, kadang lemot, entah apa triggernya, giliran pas mau nyalip di lukot, udah ancang2, eh pas lg lemot sampe kadang terpaksa gas lebih dalam atau turun ke S, kalo lagi responsif toel dikit aja langsung ngacir + jambak dikit.. memang agak aneh... :big_bored:
wah si FC juga gitu ya kalo hajar lobang agak dalem. bener om, suara nya tuh kaya apa ya.. udh kaya besi ketemu besi gitu, bletakkk kenceng gitu. tau sih di kaki2 juga ada karet2, mungkin karetnya agak tipis? gak tau lah. dulu HRV saya juga gitu suaranya kalo hajar lobang. beda dengan inova dan pajero, gak ada tuh suara lebay bletak besi beradu besi gitu.

kalo di FE saya, triggernya kalo abis kena macet2an parah yg creeping/crawling. trus kalo bekas dipake betot2an, sama kalo abis dipake nanjak2. ini pasti gk lama jadi kaya lemes itu.

nah utk cvt, om punya udh kilometer brp om? trus udh ganti oli matic yg bagusan blm ato selalu oli matic beres?
iya om, entah apa karetnya tipis atau travel suspensi pendek, tapi saya bandingkan dengan city GN yg baru bila hajar lubang masih ada bunyi karet2nya tidak bletakk seperti di FC, nah tetapi bila lewat speed trap di kecepatan tinggi FC jauh lebih nyaman dan tidak terlalu terasa dibanding city GN

skrg udah 38 rb km, pas servis 40 rb kemarin ganti oli cvt di beres, berhubung juga saya di palembang, jadi ga tau bengkel mana yg bagus, jadi ya pasrah di beres ajalah om.. :big_childish:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15911
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by ChZ »

levofloxacine wrote: 16 Feb 2024, 07:30 ternyata memang kalo hajar lobang agak dalam meski di kecepatan rendah bunyinya serem ya om, civic FC saya juga demikian, kalo gak sengaja hajar lubang agak dalam di kecepatan rendah bunyinya juga bletakkk keras sekali seperti travel suspensinya pendek, mungkin memang karakter suspensinya seperti itu ya, saya kira shock absorber saya udah mati, soalnya bila lewat polisi tidur aman2 saja, tidak mengayun berlebihan.

untuk cvtnya juga serupa, "kadang-kadang" kadang responsif, kadang lemot, entah apa triggernya, giliran pas mau nyalip di lukot, udah ancang2, eh pas lg lemot sampe kadang terpaksa gas lebih dalam atau turun ke S, kalo lagi responsif toel dikit aja langsung ngacir + jambak dikit.. memang agak aneh... :big_bored:
risiko sasis kaku tapi dikasih damper yang reaktif jadi ya gitu om. tipikal honda dari jaman dulu wkwkwkw.

CVT honda keknya sangat adaptif dan sensitif sama suhu dan kondisi mengemudi jadi dia kalo habis macet macet lama biasa jadi bego. kalo habis ngebut jadi responsive sekali.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

levofloxacine wrote: 16 Feb 2024, 09:57

iya om, entah apa karetnya tipis atau travel suspensi pendek, tapi saya bandingkan dengan city GN yg baru bila hajar lubang masih ada bunyi karet2nya tidak bletakk seperti di FC, nah tetapi bila lewat speed trap di kecepatan tinggi FC jauh lebih nyaman dan tidak terlalu terasa dibanding city GN

skrg udah 38 rb km, pas servis 40 rb kemarin ganti oli cvt di beres, berhubung juga saya di palembang, jadi ga tau bengkel mana yg bagus, jadi ya pasrah di beres ajalah om.. :big_childish:
oh oke2 om.. ga apa lah, nanti coba saya juga sharing aja longterm pake oli matic si kiyu ini
ChZ wrote: 16 Feb 2024, 10:15

risiko sasis kaku tapi dikasih damper yang reaktif jadi ya gitu om. tipikal honda dari jaman dulu wkwkwkw.

CVT honda keknya sangat adaptif dan sensitif sama suhu dan kondisi mengemudi jadi dia kalo habis macet macet lama biasa jadi bego. kalo habis ngebut jadi responsive sekali.
crv turbo nya juga gini om cvtnya?
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post