Review: 1989 E34 535, Project Car?
Posted: Thu Jun 08, 2023 17:14
Hai semua salam kenal, mau berbagi cerita sedikit tentang yang jadi bahan pikiran hampir setahun ini yaitu si E34 535.
Eps 1 : The Back Story
Sedikit background story, setau saya cerita E34 di Indonesia umumnya hadir lewat varian 518, 520, dan 530 dengan varian mesin dan spek yang cukup bervariasi mulai dari mesin M40, M20, M50, sampe M60. Mulai merembet ke varian "ghaib"-nya dengam 535, 540 (denger-denger ada yang masukin), hingga M5.
Berawal cerita dari mau cari E34 buat bahan dagangan, eh terpapar iklan di olx tentang si E34 535 ini kok harganya miring agak jauh dari pasaran tapi memang karena kondisinya yang bisa dibilang semi bahan ga seperti rekan-rekannya yang mulus di harga 150 jutaan. Mungkin jodoh mungkin juga sudah jalannya ternyata unitnya deket banget dari rumah, ga pake lama langsung janjian ketemuan untuk cek unit.
Kesan pertama pas mau liat mobilnya udah mogok pas mau diisi bensin karena airflownya trouble jadi susah nyala, cuman setelah beberapa kali di utak utik akhirnya bisa nyala untuk test drive. Bisa dibilang bukan test drive yang memuaskan karena mobil ajrut2an dengan airflow yang belum bener settingannya jadi untuk ngebejek gaspol harus agak ada selanya, pas lg bener airflownya baru berasa ngacirnya dan memang ini ngacirr bangettt mobilnya. Buat komparasi, sebelumnya saya pernah pakai E36 323 AT aja ga sebegininya ngejambaknya. Spesialnya di varian 535 ini selain mesinnya M30B35, udah sunroof yang masih aktif, dan yang sulit ditiru adalah gardannya sudah LSD. Cuman namanya sudah kepincut dan ini genuine 535 bukan convert, setelah nego-nego dan minta kronologi jelas minus ini mobil apa aja, saya putusin untuk berani ambil mobil ini untuk project jangka panjang, walaupun belum tahu apakah untuk dijual lagi atau pakai pribadi.
Eps 2: The "Malam Pertama"
Singkat cerita setelah dipinang, mari kita coba runut PR apa aja yang kasat mata dari mobil ini dan plan untuk pembenahannya:
1. Eksterior: Body sebenernya cukup lempeng, hanya cat bodi perlu cat ulang dan beberapa titik di bemper perlu repair. Plannya, masih impian punya E34 pake bodykit full Zender, walaupun yang sekarang menempel di mobil Mtech PN tapi tetep Zender masih lebih halus tampilannya dan ga bosenin.
2. Interior: Seperti dilihat di foto, carut marut belang belonteng interiornya. Karena bukan varian 535 Sport, jadi interior yang didapat masih jok fabric dan bukan jok sport elektrik, bahkan jok belakangnya aja bisa trim kulit beda sendiri yang penjualnya aja ga tau sejarahnya gimana. Plannya, sementara kebayangnya kanibal 1 set interior pake E34 520/530 karena untuk dapet sport seatnya 535 pasti susah dan mahal klo ada juga. Sempet terpikir juga untuk jok depan pakai racing seat aftermarket karena memang pengen beda aja ga mau aliran OEM banget2an seperti 535 yang ada di pasaran. Mana yang akan di pilih kita liat nanti yaa
3. Mesin: Nah ini agak banyak sepertinya, karena yang kasat mata si airflow belum beres, dan kabel2an yang sepertinya pernah di bongkar2. Plannya, mesin akan di refresh seperti standart aja karena kondisi standar aja udah ngacir sihhh
4. Lainnya: PR lainnya sih minor aja seperti power window belakang mati, central lock ga idup, dll yang masih umum dan bisa nanti aja belakangan.
Eps 3: Si Bahan Pikiran
Hal pertama yang saya coba rapihin adalah urusan airflow. Beruntung dapet seller yang kooperatif dan ujung2nya jadi temen juga, mereka masih bantuin saya yang masih "ijo" di dunia per BMW-an ini untuk coba ngerapihin mobil bareng2. E34 535 ini pakai mesin M30B35 yang sama ada di E32 735, sistemnya masih airflow meter seperti di M40 yang pakai jarum, belum pakai airmass seperti di generasi mesin berikutnya. Langsung aja mobil dibawa ke ahlinya benerin airflow meter buat yang udah lama main BMW mungkin tahu siapa orangnya. Selang 2 hari si 535 udah bisa jalan dengan lancar dengan airflow yang udah di servis dan juga sedikit bebenah dengan stel klep dan ganti paking mesin.
Tapi ya namanya mobil tua, baru juga enak dikit ngerasain mobil bisa jalan normal, musibah datang lagi karena mobil ga mau distarter!. Sempet kita kira habis bensin, setelah hampir 4 jam ngubek2 ruang mesin akhirnya ketemu masalahnnya ada di pengapian dari delco distributornya. Sourcing part kampakan dan yang bikin pusing mobil dengan mesin jarang gini adalah partsnya bingung cari subtitusinya. Akhirnya diliat2 masih mirip dengan M20, kita coba pasang delco copotan dan akhirnya bisa nyala lagi.
https://youtube.com/shorts/HMRKN7M4IF8? ... shareVideo
di atas adalah satu-satunya rekam jejak happynya bisa bawa si 535 dengan kondisi normal setelah ganti delco, walaupun setelahnya.....
Musibah kembali datang stelah beberapa hari karena mobil ga mau nyala lagi!!
Diduga masih dari pengapian, kali ini dirunut dan ganti semua dari busi, kabel busi, sampe koil mobil tetep ga mau nyala, cuman mau nge-crank aja tapi ga ada suara apa2 lagi.
Setelah cek sensor2 TD, puli, alternator, dll hingga tersisa satu suspect terakhir yang memang bikin mimpi buruk yaitu ECU. Lelah kita coba utak atik sendiri sejauh ini, kita coba deh lepasin ke ahlinya mesin unik ini. Salah satu bengkel di daerah Bintaro yang terkenal juga dengan isi BMWnya yang unik2, mobilnya akhirnya kita towing kesana untuk di cek.
Ternyata, memang bener ECU-nya korslet
Ga lama ECU kita pilih servis dulu aja karena alasan budget tapi sudah diwanti2 kalo ini perkabelan cukup jadi masalah dan bisa jadi efek ke ECU-nya, disarankan untuk urut kabel dulu secepetnya. Beres ECU diservis mobil bisa nyala lagi dengan normal namun, bener aja ga berapa lama mobil akhirnya mati lagi.
Di sini saya mulai merasa menyerah akan ini mobil tapi rasa penasaran masih tetep ada, karena bagaimanapun mobil ini masih jadi spesies langka dan ga rela aja kalau cuman ngejogrok diem. Alhasil sekarang mobil sedang kita coba untuk urut kabelnya dan plannya ganti ECU yang cocok sama M30 karena ternyata ECU yang nyolok dimobil ini pun punya M20 dimana pinnya cocok tapi settingan fuel dan ignitionnya jauh berbeda karena memang didesain untuk mesin yang beda pula jadi agak lean untuk bensinnya.
Mungkin sampai sini dulu ceritanya, karena proses urut kabel lumayan makan waktu. Ditunggu yaa untuk update cerita buildnya disini dan semoga saya masih punya energi dan dana sampai mobil ini bisa hidup berdiri selayaknya mobil normal!
Eps 1 : The Back Story
Sedikit background story, setau saya cerita E34 di Indonesia umumnya hadir lewat varian 518, 520, dan 530 dengan varian mesin dan spek yang cukup bervariasi mulai dari mesin M40, M20, M50, sampe M60. Mulai merembet ke varian "ghaib"-nya dengam 535, 540 (denger-denger ada yang masukin), hingga M5.
Berawal cerita dari mau cari E34 buat bahan dagangan, eh terpapar iklan di olx tentang si E34 535 ini kok harganya miring agak jauh dari pasaran tapi memang karena kondisinya yang bisa dibilang semi bahan ga seperti rekan-rekannya yang mulus di harga 150 jutaan. Mungkin jodoh mungkin juga sudah jalannya ternyata unitnya deket banget dari rumah, ga pake lama langsung janjian ketemuan untuk cek unit.
Kesan pertama pas mau liat mobilnya udah mogok pas mau diisi bensin karena airflownya trouble jadi susah nyala, cuman setelah beberapa kali di utak utik akhirnya bisa nyala untuk test drive. Bisa dibilang bukan test drive yang memuaskan karena mobil ajrut2an dengan airflow yang belum bener settingannya jadi untuk ngebejek gaspol harus agak ada selanya, pas lg bener airflownya baru berasa ngacirnya dan memang ini ngacirr bangettt mobilnya. Buat komparasi, sebelumnya saya pernah pakai E36 323 AT aja ga sebegininya ngejambaknya. Spesialnya di varian 535 ini selain mesinnya M30B35, udah sunroof yang masih aktif, dan yang sulit ditiru adalah gardannya sudah LSD. Cuman namanya sudah kepincut dan ini genuine 535 bukan convert, setelah nego-nego dan minta kronologi jelas minus ini mobil apa aja, saya putusin untuk berani ambil mobil ini untuk project jangka panjang, walaupun belum tahu apakah untuk dijual lagi atau pakai pribadi.
Eps 2: The "Malam Pertama"
Singkat cerita setelah dipinang, mari kita coba runut PR apa aja yang kasat mata dari mobil ini dan plan untuk pembenahannya:
1. Eksterior: Body sebenernya cukup lempeng, hanya cat bodi perlu cat ulang dan beberapa titik di bemper perlu repair. Plannya, masih impian punya E34 pake bodykit full Zender, walaupun yang sekarang menempel di mobil Mtech PN tapi tetep Zender masih lebih halus tampilannya dan ga bosenin.
2. Interior: Seperti dilihat di foto, carut marut belang belonteng interiornya. Karena bukan varian 535 Sport, jadi interior yang didapat masih jok fabric dan bukan jok sport elektrik, bahkan jok belakangnya aja bisa trim kulit beda sendiri yang penjualnya aja ga tau sejarahnya gimana. Plannya, sementara kebayangnya kanibal 1 set interior pake E34 520/530 karena untuk dapet sport seatnya 535 pasti susah dan mahal klo ada juga. Sempet terpikir juga untuk jok depan pakai racing seat aftermarket karena memang pengen beda aja ga mau aliran OEM banget2an seperti 535 yang ada di pasaran. Mana yang akan di pilih kita liat nanti yaa
3. Mesin: Nah ini agak banyak sepertinya, karena yang kasat mata si airflow belum beres, dan kabel2an yang sepertinya pernah di bongkar2. Plannya, mesin akan di refresh seperti standart aja karena kondisi standar aja udah ngacir sihhh
4. Lainnya: PR lainnya sih minor aja seperti power window belakang mati, central lock ga idup, dll yang masih umum dan bisa nanti aja belakangan.
Eps 3: Si Bahan Pikiran
Hal pertama yang saya coba rapihin adalah urusan airflow. Beruntung dapet seller yang kooperatif dan ujung2nya jadi temen juga, mereka masih bantuin saya yang masih "ijo" di dunia per BMW-an ini untuk coba ngerapihin mobil bareng2. E34 535 ini pakai mesin M30B35 yang sama ada di E32 735, sistemnya masih airflow meter seperti di M40 yang pakai jarum, belum pakai airmass seperti di generasi mesin berikutnya. Langsung aja mobil dibawa ke ahlinya benerin airflow meter buat yang udah lama main BMW mungkin tahu siapa orangnya. Selang 2 hari si 535 udah bisa jalan dengan lancar dengan airflow yang udah di servis dan juga sedikit bebenah dengan stel klep dan ganti paking mesin.
Tapi ya namanya mobil tua, baru juga enak dikit ngerasain mobil bisa jalan normal, musibah datang lagi karena mobil ga mau distarter!. Sempet kita kira habis bensin, setelah hampir 4 jam ngubek2 ruang mesin akhirnya ketemu masalahnnya ada di pengapian dari delco distributornya. Sourcing part kampakan dan yang bikin pusing mobil dengan mesin jarang gini adalah partsnya bingung cari subtitusinya. Akhirnya diliat2 masih mirip dengan M20, kita coba pasang delco copotan dan akhirnya bisa nyala lagi.
https://youtube.com/shorts/HMRKN7M4IF8? ... shareVideo
di atas adalah satu-satunya rekam jejak happynya bisa bawa si 535 dengan kondisi normal setelah ganti delco, walaupun setelahnya.....
Musibah kembali datang stelah beberapa hari karena mobil ga mau nyala lagi!!
Diduga masih dari pengapian, kali ini dirunut dan ganti semua dari busi, kabel busi, sampe koil mobil tetep ga mau nyala, cuman mau nge-crank aja tapi ga ada suara apa2 lagi.
Setelah cek sensor2 TD, puli, alternator, dll hingga tersisa satu suspect terakhir yang memang bikin mimpi buruk yaitu ECU. Lelah kita coba utak atik sendiri sejauh ini, kita coba deh lepasin ke ahlinya mesin unik ini. Salah satu bengkel di daerah Bintaro yang terkenal juga dengan isi BMWnya yang unik2, mobilnya akhirnya kita towing kesana untuk di cek.
Ternyata, memang bener ECU-nya korslet
Ga lama ECU kita pilih servis dulu aja karena alasan budget tapi sudah diwanti2 kalo ini perkabelan cukup jadi masalah dan bisa jadi efek ke ECU-nya, disarankan untuk urut kabel dulu secepetnya. Beres ECU diservis mobil bisa nyala lagi dengan normal namun, bener aja ga berapa lama mobil akhirnya mati lagi.
Di sini saya mulai merasa menyerah akan ini mobil tapi rasa penasaran masih tetep ada, karena bagaimanapun mobil ini masih jadi spesies langka dan ga rela aja kalau cuman ngejogrok diem. Alhasil sekarang mobil sedang kita coba untuk urut kabelnya dan plannya ganti ECU yang cocok sama M30 karena ternyata ECU yang nyolok dimobil ini pun punya M20 dimana pinnya cocok tapi settingan fuel dan ignitionnya jauh berbeda karena memang didesain untuk mesin yang beda pula jadi agak lean untuk bensinnya.
Mungkin sampai sini dulu ceritanya, karena proses urut kabel lumayan makan waktu. Ditunggu yaa untuk update cerita buildnya disini dan semoga saya masih punya energi dan dana sampai mobil ini bisa hidup berdiri selayaknya mobil normal!