Review: 1989 E34 535, Project Car?

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Post Reply
hendymenn
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 07 Jun 2023, 21:57

Review: 1989 E34 535, Project Car?

Post by hendymenn »

Hai semua salam kenal, mau berbagi cerita sedikit tentang yang jadi bahan pikiran hampir setahun ini yaitu si E34 535.
20230105_161916.jpg
20230105_162126.jpg

Eps 1 : The Back Story
Sedikit background story, setau saya cerita E34 di Indonesia umumnya hadir lewat varian 518, 520, dan 530 dengan varian mesin dan spek yang cukup bervariasi mulai dari mesin M40, M20, M50, sampe M60. Mulai merembet ke varian "ghaib"-nya dengam 535, 540 (denger-denger ada yang masukin), hingga M5.

Berawal cerita dari mau cari E34 buat bahan dagangan, eh terpapar iklan di olx tentang si E34 535 ini kok harganya miring agak jauh dari pasaran tapi memang karena kondisinya yang bisa dibilang semi bahan ga seperti rekan-rekannya yang mulus di harga 150 jutaan. Mungkin jodoh mungkin juga sudah jalannya ternyata unitnya deket banget dari rumah, ga pake lama langsung janjian ketemuan untuk cek unit.
20221113_171501.jpg
20221113_171529.jpg
20221113_171520.jpg
Kesan pertama pas mau liat mobilnya udah mogok pas mau diisi bensin karena airflownya trouble jadi susah nyala, cuman setelah beberapa kali di utak utik akhirnya bisa nyala untuk test drive. Bisa dibilang bukan test drive yang memuaskan karena mobil ajrut2an dengan airflow yang belum bener settingannya jadi untuk ngebejek gaspol harus agak ada selanya, pas lg bener airflownya baru berasa ngacirnya dan memang ini ngacirr bangettt mobilnya. Buat komparasi, sebelumnya saya pernah pakai E36 323 AT aja ga sebegininya ngejambaknya. Spesialnya di varian 535 ini selain mesinnya M30B35, udah sunroof yang masih aktif, dan yang sulit ditiru adalah gardannya sudah LSD. Cuman namanya sudah kepincut dan ini genuine 535 bukan convert, setelah nego-nego dan minta kronologi jelas minus ini mobil apa aja, saya putusin untuk berani ambil mobil ini untuk project jangka panjang, walaupun belum tahu apakah untuk dijual lagi atau pakai pribadi.

Eps 2: The "Malam Pertama"
Singkat cerita setelah dipinang, mari kita coba runut PR apa aja yang kasat mata dari mobil ini dan plan untuk pembenahannya:

1. Eksterior: Body sebenernya cukup lempeng, hanya cat bodi perlu cat ulang dan beberapa titik di bemper perlu repair. Plannya, masih impian punya E34 pake bodykit full Zender, walaupun yang sekarang menempel di mobil Mtech PN tapi tetep Zender masih lebih halus tampilannya dan ga bosenin.
20230105_161936.jpg
2. Interior: Seperti dilihat di foto, carut marut belang belonteng interiornya. Karena bukan varian 535 Sport, jadi interior yang didapat masih jok fabric dan bukan jok sport elektrik, bahkan jok belakangnya aja bisa trim kulit beda sendiri yang penjualnya aja ga tau sejarahnya gimana. Plannya, sementara kebayangnya kanibal 1 set interior pake E34 520/530 karena untuk dapet sport seatnya 535 pasti susah dan mahal klo ada juga. Sempet terpikir juga untuk jok depan pakai racing seat aftermarket karena memang pengen beda aja ga mau aliran OEM banget2an seperti 535 yang ada di pasaran. Mana yang akan di pilih kita liat nanti yaa

3. Mesin: Nah ini agak banyak sepertinya, karena yang kasat mata si airflow belum beres, dan kabel2an yang sepertinya pernah di bongkar2. Plannya, mesin akan di refresh seperti standart aja karena kondisi standar aja udah ngacir sihhh

4. Lainnya: PR lainnya sih minor aja seperti power window belakang mati, central lock ga idup, dll yang masih umum dan bisa nanti aja belakangan.

Eps 3: Si Bahan Pikiran

Hal pertama yang saya coba rapihin adalah urusan airflow. Beruntung dapet seller yang kooperatif dan ujung2nya jadi temen juga, mereka masih bantuin saya yang masih "ijo" di dunia per BMW-an ini untuk coba ngerapihin mobil bareng2. E34 535 ini pakai mesin M30B35 yang sama ada di E32 735, sistemnya masih airflow meter seperti di M40 yang pakai jarum, belum pakai airmass seperti di generasi mesin berikutnya. Langsung aja mobil dibawa ke ahlinya benerin airflow meter buat yang udah lama main BMW mungkin tahu siapa orangnya. Selang 2 hari si 535 udah bisa jalan dengan lancar dengan airflow yang udah di servis dan juga sedikit bebenah dengan stel klep dan ganti paking mesin.

Tapi ya namanya mobil tua, baru juga enak dikit ngerasain mobil bisa jalan normal, musibah datang lagi karena mobil ga mau distarter!. Sempet kita kira habis bensin, setelah hampir 4 jam ngubek2 ruang mesin akhirnya ketemu masalahnnya ada di pengapian dari delco distributornya. Sourcing part kampakan dan yang bikin pusing mobil dengan mesin jarang gini adalah partsnya bingung cari subtitusinya. Akhirnya diliat2 masih mirip dengan M20, kita coba pasang delco copotan dan akhirnya bisa nyala lagi.

https://youtube.com/shorts/HMRKN7M4IF8? ... shareVideo

di atas adalah satu-satunya rekam jejak happynya bisa bawa si 535 dengan kondisi normal setelah ganti delco, walaupun setelahnya.....

Musibah kembali datang stelah beberapa hari karena mobil ga mau nyala lagi!!
Diduga masih dari pengapian, kali ini dirunut dan ganti semua dari busi, kabel busi, sampe koil mobil tetep ga mau nyala, cuman mau nge-crank aja tapi ga ada suara apa2 lagi.

Setelah cek sensor2 TD, puli, alternator, dll hingga tersisa satu suspect terakhir yang memang bikin mimpi buruk yaitu ECU. Lelah kita coba utak atik sendiri sejauh ini, kita coba deh lepasin ke ahlinya mesin unik ini. Salah satu bengkel di daerah Bintaro yang terkenal juga dengan isi BMWnya yang unik2, mobilnya akhirnya kita towing kesana untuk di cek.

Ternyata, memang bener ECU-nya korslet😞
Ga lama ECU kita pilih servis dulu aja karena alasan budget tapi sudah diwanti2 kalo ini perkabelan cukup jadi masalah dan bisa jadi efek ke ECU-nya, disarankan untuk urut kabel dulu secepetnya. Beres ECU diservis mobil bisa nyala lagi dengan normal namun, bener aja ga berapa lama mobil akhirnya mati lagi.

Di sini saya mulai merasa menyerah akan ini mobil tapi rasa penasaran masih tetep ada, karena bagaimanapun mobil ini masih jadi spesies langka dan ga rela aja kalau cuman ngejogrok diem. Alhasil sekarang mobil sedang kita coba untuk urut kabelnya dan plannya ganti ECU yang cocok sama M30 karena ternyata ECU yang nyolok dimobil ini pun punya M20 dimana pinnya cocok tapi settingan fuel dan ignitionnya jauh berbeda karena memang didesain untuk mesin yang beda pula jadi agak lean untuk bensinnya.

Mungkin sampai sini dulu ceritanya, karena proses urut kabel lumayan makan waktu. Ditunggu yaa untuk update cerita buildnya disini dan semoga saya masih punya energi dan dana sampai mobil ini bisa hidup berdiri selayaknya mobil normal!
fenrir
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: 30 Jun 2015, 15:10

Re: Review: 1989 E34 535, Project Car?

Post by fenrir »

bintaro? bmw unik2? liberty garage? kayaknya mending sekalian di upgrade ke standalone macem megasquirt/speeduino, kayaknya mereka biasa deh ngerjain begituan. mungkin problemnya upgrade ke standalone, ngibulin tcu(egs?) karena matic, kalo ada budgetnya sih saya prefer swap MT & upgrade ke standalone, tuneable + usabilitynya gede.

kalo di repair atau dicariin orinya, bukan mau skeptis, namanya elektronik, ada jangka waktunya, MTBF kalo orang bilang.
Kecuali memang ngejar all original ya, beda lagi.
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 664
Joined: 06 Jun 2016, 17:35

Re: Review: 1989 E34 535, Project Car?

Post by trebla88 »

Endless money pit detected :big_think:
Pemakai zebelumnya aja kurang tau sejarahnya
Kalau mau buat jualan mnding langsung aja jual bahan as is
Asik nih sahabat bengkel :mky_02:

Hanya bercanda ya om :big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15928
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: 1989 E34 535, Project Car?

Post by ChZ »

Wiii sobat shirr repairing plisurr lagi. Makin rame SerayaBMW :mky_02: baru mention di sebelah wkwkwk.

Btw di gerobakeropablitar ada tuh 535 beige dijual sepaket ama kampakan 75jt.

Ane mikirnya M30B35 rawatnya kudu sabar yak kayaknya... Partnya ga se melimpah M5x.

Ga consider swap ke M60 aja om yg lebih common? :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4673
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review: 1989 E34 535, Project Car?

Post by Pboyz97 »

nice project & nice review. emg termasuk varian langka E34 disini, ditunggu updatenya om hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2714
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Review: 1989 E34 535, Project Car?

Post by farizfsa »

good luck om restorasinya, mesin M30 partsnya gaib pula hahaha
cuma 535i di sini sih jarang banget, suarany merdu, lebih suka suara inline 535i drpd V8 nya 530i

dr bentuk nya sih mobil lempeng. di hitung2 dulu aja beresin kira2 abis berapa, atau jgn2 bakal sama kaya swap mesin bmw N54 wkwkwkwk
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2615
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Review: 1989 E34 535, Project Car?

Post by KielConstantine »

trebla88 wrote: 09 Jun 2023, 07:50 Endless money pit detected :big_think:
Pemakai zebelumnya aja kurang tau sejarahnya
Kalau mau buat jualan mnding langsung aja jual bahan as is
Asik nih sahabat bengkel :mky_02:

Hanya bercanda ya om :big_peace:
:mky_07:

Kalo gw sih auto mundur .. drpd nyusahin diri sendiri
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15928
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: 1989 E34 535, Project Car?

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: 09 Jun 2023, 11:20
trebla88 wrote: 09 Jun 2023, 07:50 Endless money pit detected :big_think:
Pemakai zebelumnya aja kurang tau sejarahnya
Kalau mau buat jualan mnding langsung aja jual bahan as is
Asik nih sahabat bengkel :mky_02:

Hanya bercanda ya om :big_peace:
:mky_07:

Kalo gw sih auto mundur .. drpd nyusahin diri sendiri
mending yang ini dijadiin kampakan... beli yang ex punya tommy soeharto itu kapan hari di iklanin :mky_03: tp segera di balik nama biar kl kenapa-napa gak dicegat orang takutnya diincer ma mantan musuhnya :ngacir:

agak sulit 535 E34 mesin M30 itu di indo cm belasan isunya... ga tau ini akal akalan goreng barang atau beneran. tp emang spek jarang, ya partnya ya jarang pula :ungg:

trs gak ada BMW lain yang pake mesin M30 masuk sini. yg ada 735iL yang mana sama aja langkanya :ungg:

E34 aman nya beli yg mesin M50 apa M60 530i klo mau dapet kencengnya wkwkwkkw.

520i soalnya cuma 150hp tenaganya ya begitu... sama kek mesinnya 320i E36. tp part aman pake banget. atau stroke up ke M50B25 biar dpt tenaganya :big_smoking:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
hendymenn
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 07 Jun 2023, 21:57

Re: Review: 1989 E34 535, Project Car?

Post by hendymenn »

fenrir wrote: 09 Jun 2023, 03:39 bintaro? bmw unik2? liberty garage? kayaknya mending sekalian di upgrade ke standalone macem megasquirt/speeduino, kayaknya mereka biasa deh ngerjain begituan. mungkin problemnya upgrade ke standalone, ngibulin tcu(egs?) karena matic, kalo ada budgetnya sih saya prefer swap MT & upgrade ke standalone, tuneable + usabilitynya gede.

kalo di repair atau dicariin orinya, bukan mau skeptis, namanya elektronik, ada jangka waktunya, MTBF kalo orang bilang.
Kecuali memang ngejar all original ya, beda lagi.
Iya om sama mas dimas, beliau udh paham sih krn lg bangun 535 diturboin juga, jadi yg standaran gini udh merem deh haha. Swap MT juga kepikiran cuman belum sempet research girboks mana yang plun n play ke M30.
trebla88 wrote: 09 Jun 2023, 07:50 Endless money pit detected :big_think:
Pemakai zebelumnya aja kurang tau sejarahnya
Kalau mau buat jualan mnding langsung aja jual bahan as is
Asik nih sahabat bengkel :mky_02:

Hanya bercanda ya om :big_peace:
BANGET OM HAHA, di awal ngambil ini juga udah siap mental aja sih
ChZ wrote: 09 Jun 2023, 09:23 Wiii sobat shirr repairing plisurr lagi. Makin rame SerayaBMW :mky_02: baru mention di sebelah wkwkwk.

Btw di gerobakeropablitar ada tuh 535 beige dijual sepaket ama kampakan 75jt.

Ane mikirnya M30B35 rawatnya kudu sabar yak kayaknya... Partnya ga se melimpah M5x.

Ga consider swap ke M60 aja om yg lebih common? :mky_01:
Iya sempet saya tawarin juga ini unit ke mas faisal, cuman harga disana miring2 bgt jadi dia ga berani, yang dia jual sih menurut saya good deal aja 75jt dpt 1 mobil + kanibalan cmn emang nomor mesin hilang katanya.
farizfsa wrote: 09 Jun 2023, 10:13 good luck om restorasinya, mesin M30 partsnya gaib pula hahaha
cuma 535i di sini sih jarang banget, suarany merdu, lebih suka suara inline 535i drpd V8 nya 530i

dr bentuk nya sih mobil lempeng. di hitung2 dulu aja beresin kira2 abis berapa, atau jgn2 bakal sama kaya swap mesin bmw N54 wkwkwkwk
Saya udah sempet itung2 kasar sih, sebenrnya masih dibawah harga pasaran 535 lain yang dipasaran sekarang. Balik ke kita sihh, semakin deket ke katalog semakin mahal hehee
ChZ wrote: 09 Jun 2023, 14:38
KielConstantine wrote: 09 Jun 2023, 11:20
trebla88 wrote: 09 Jun 2023, 07:50 Endless money pit detected :big_think:
Pemakai zebelumnya aja kurang tau sejarahnya
Kalau mau buat jualan mnding langsung aja jual bahan as is
Asik nih sahabat bengkel :mky_02:

Hanya bercanda ya om :big_peace:
:mky_07:

Kalo gw sih auto mundur .. drpd nyusahin diri sendiri
mending yang ini dijadiin kampakan... beli yang ex punya tommy soeharto itu kapan hari di iklanin :mky_03: tp segera di balik nama biar kl kenapa-napa gak dicegat orang takutnya diincer ma mantan musuhnya :ngacir:

agak sulit 535 E34 mesin M30 itu di indo cm belasan isunya... ga tau ini akal akalan goreng barang atau beneran. tp emang spek jarang, ya partnya ya jarang pula :ungg:

trs gak ada BMW lain yang pake mesin M30 masuk sini. yg ada 735iL yang mana sama aja langkanya :ungg:

E34 aman nya beli yg mesin M50 apa M60 530i klo mau dapet kencengnya wkwkwkkw.

520i soalnya cuma 150hp tenaganya ya begitu... sama kek mesinnya 320i E36. tp part aman pake banget. atau stroke up ke M50B25 biar dpt tenaganya :big_smoking:
Betul om, beberapa ini juga saya comot dari 735iL, tapi ada beberapa parts2 kecil yang masih "compatible" sama M20. 520 ada juga buat harian om, ga bohong E34 ini menurut saya nyaman hehe
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15928
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: 1989 E34 535, Project Car?

Post by ChZ »

hendymenn wrote: 10 Jun 2023, 01:04
Iya sempet saya tawarin juga ini unit ke mas faisal, cuman harga disana miring2 bgt jadi dia ga berani, yang dia jual sih menurut saya good deal aja 75jt dpt 1 mobil + kanibalan cmn emang nomor mesin hilang katanya.


Betul om, beberapa ini juga saya comot dari 735iL, tapi ada beberapa parts2 kecil yang masih "compatible" sama M20. 520 ada juga buat harian om, ga bohong E34 ini menurut saya nyaman hehe
oh iya yang itu nomer mesinnya ilang :big_biglaugh: ud ada di iklan lama itu mobil ampe berakhir ke mas faisal. sblm ane hunting E39 udah ada :big_biglaugh:

seri-5 gen E34/E39 keknya emang formulanya balance bgt. klo dibanding E60/F10/G30 itu masih dapet empuknya tp dapet handlingnya.

yang baru-baru lbh fokus ke handling jd keras mana pake RFT :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2714
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Review: 1989 E34 535, Project Car?

Post by farizfsa »

Bagus deh kl udh ada pawang nya jd ga banyak coba2

Kl udh rapih, saya colokin velg bmw style 5 atau alpina classic r17 yang belang

Udh deh kelar lgs ganteng
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
hendymenn
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 07 Jun 2023, 21:57

Re: Review: 1989 E34 535, Project Car?

Post by hendymenn »

ChZ wrote: 10 Jun 2023, 09:47
hendymenn wrote: 10 Jun 2023, 01:04
Iya sempet saya tawarin juga ini unit ke mas faisal, cuman harga disana miring2 bgt jadi dia ga berani, yang dia jual sih menurut saya good deal aja 75jt dpt 1 mobil + kanibalan cmn emang nomor mesin hilang katanya.


Betul om, beberapa ini juga saya comot dari 735iL, tapi ada beberapa parts2 kecil yang masih "compatible" sama M20. 520 ada juga buat harian om, ga bohong E34 ini menurut saya nyaman hehe
oh iya yang itu nomer mesinnya ilang :big_biglaugh: ud ada di iklan lama itu mobil ampe berakhir ke mas faisal. sblm ane hunting E39 udah ada :big_biglaugh:

seri-5 gen E34/E39 keknya emang formulanya balance bgt. klo dibanding E60/F10/G30 itu masih dapet empuknya tp dapet handlingnya.

yang baru-baru lbh fokus ke handling jd keras mana pake RFT :ungg:
Iyaa om lumayan lama itu, pas sm owner aslinya sempet sy tanya dijual 85 , smp om faisal 65an aja. Infonya di gresik sana 535 rapih ga sampe 100jtan

E34 ga segesit 3 series sih, tp ttp nyamannya ga ada yg ngalahin hehe

farizfsa wrote: 10 Jun 2023, 09:53 Bagus deh kl udh ada pawang nya jd ga banyak coba2

Kl udh rapih, saya colokin velg bmw style 5 atau alpina classic r17 yang belang

Udh deh kelar lgs ganteng
Masih ngidam Zender + Mpar om hihi
User avatar
carlowolvie
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: 20 Dec 2021, 09:09
Daily Vehicle: e39_ACU30_civic es

Re: Review: 1989 E34 535, Project Car?

Post by carlowolvie »

Wuih, kudu sabar2 restorasi nya ni om, m30 emang aga susa parts nya. pas bgt dibawa ke Dimas, dah khatam bgt soal bmw, palagi e34. Pernah coba e34 dia dulu sadis bgt 530i manual yg dibkin 540i

E34 klo dah rapi, kaca bening masi kece abis.. palagi kena Alpina, mpar, throwing star belang, beuuuh

Smangat om!!
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post