Review: 1989 E34 535, Project Car?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Wed Jun 07, 2023 14:57
Review: 1989 E34 535, Project Car?
Hai semua salam kenal, mau berbagi cerita sedikit tentang yang jadi bahan pikiran hampir setahun ini yaitu si E34 535.
Eps 1 : The Back Story
Sedikit background story, setau saya cerita E34 di Indonesia umumnya hadir lewat varian 518, 520, dan 530 dengan varian mesin dan spek yang cukup bervariasi mulai dari mesin M40, M20, M50, sampe M60. Mulai merembet ke varian "ghaib"-nya dengam 535, 540 (denger-denger ada yang masukin), hingga M5.
Berawal cerita dari mau cari E34 buat bahan dagangan, eh terpapar iklan di olx tentang si E34 535 ini kok harganya miring agak jauh dari pasaran tapi memang karena kondisinya yang bisa dibilang semi bahan ga seperti rekan-rekannya yang mulus di harga 150 jutaan. Mungkin jodoh mungkin juga sudah jalannya ternyata unitnya deket banget dari rumah, ga pake lama langsung janjian ketemuan untuk cek unit.
Kesan pertama pas mau liat mobilnya udah mogok pas mau diisi bensin karena airflownya trouble jadi susah nyala, cuman setelah beberapa kali di utak utik akhirnya bisa nyala untuk test drive. Bisa dibilang bukan test drive yang memuaskan karena mobil ajrut2an dengan airflow yang belum bener settingannya jadi untuk ngebejek gaspol harus agak ada selanya, pas lg bener airflownya baru berasa ngacirnya dan memang ini ngacirr bangettt mobilnya. Buat komparasi, sebelumnya saya pernah pakai E36 323 AT aja ga sebegininya ngejambaknya. Spesialnya di varian 535 ini selain mesinnya M30B35, udah sunroof yang masih aktif, dan yang sulit ditiru adalah gardannya sudah LSD. Cuman namanya sudah kepincut dan ini genuine 535 bukan convert, setelah nego-nego dan minta kronologi jelas minus ini mobil apa aja, saya putusin untuk berani ambil mobil ini untuk project jangka panjang, walaupun belum tahu apakah untuk dijual lagi atau pakai pribadi.
Eps 2: The "Malam Pertama"
Singkat cerita setelah dipinang, mari kita coba runut PR apa aja yang kasat mata dari mobil ini dan plan untuk pembenahannya:
1. Eksterior: Body sebenernya cukup lempeng, hanya cat bodi perlu cat ulang dan beberapa titik di bemper perlu repair. Plannya, masih impian punya E34 pake bodykit full Zender, walaupun yang sekarang menempel di mobil Mtech PN tapi tetep Zender masih lebih halus tampilannya dan ga bosenin.
2. Interior: Seperti dilihat di foto, carut marut belang belonteng interiornya. Karena bukan varian 535 Sport, jadi interior yang didapat masih jok fabric dan bukan jok sport elektrik, bahkan jok belakangnya aja bisa trim kulit beda sendiri yang penjualnya aja ga tau sejarahnya gimana. Plannya, sementara kebayangnya kanibal 1 set interior pake E34 520/530 karena untuk dapet sport seatnya 535 pasti susah dan mahal klo ada juga. Sempet terpikir juga untuk jok depan pakai racing seat aftermarket karena memang pengen beda aja ga mau aliran OEM banget2an seperti 535 yang ada di pasaran. Mana yang akan di pilih kita liat nanti yaa
3. Mesin: Nah ini agak banyak sepertinya, karena yang kasat mata si airflow belum beres, dan kabel2an yang sepertinya pernah di bongkar2. Plannya, mesin akan di refresh seperti standart aja karena kondisi standar aja udah ngacir sihhh
4. Lainnya: PR lainnya sih minor aja seperti power window belakang mati, central lock ga idup, dll yang masih umum dan bisa nanti aja belakangan.
Eps 3: Si Bahan Pikiran
Hal pertama yang saya coba rapihin adalah urusan airflow. Beruntung dapet seller yang kooperatif dan ujung2nya jadi temen juga, mereka masih bantuin saya yang masih "ijo" di dunia per BMW-an ini untuk coba ngerapihin mobil bareng2. E34 535 ini pakai mesin M30B35 yang sama ada di E32 735, sistemnya masih airflow meter seperti di M40 yang pakai jarum, belum pakai airmass seperti di generasi mesin berikutnya. Langsung aja mobil dibawa ke ahlinya benerin airflow meter buat yang udah lama main BMW mungkin tahu siapa orangnya. Selang 2 hari si 535 udah bisa jalan dengan lancar dengan airflow yang udah di servis dan juga sedikit bebenah dengan stel klep dan ganti paking mesin.
Tapi ya namanya mobil tua, baru juga enak dikit ngerasain mobil bisa jalan normal, musibah datang lagi karena mobil ga mau distarter!. Sempet kita kira habis bensin, setelah hampir 4 jam ngubek2 ruang mesin akhirnya ketemu masalahnnya ada di pengapian dari delco distributornya. Sourcing part kampakan dan yang bikin pusing mobil dengan mesin jarang gini adalah partsnya bingung cari subtitusinya. Akhirnya diliat2 masih mirip dengan M20, kita coba pasang delco copotan dan akhirnya bisa nyala lagi.
https://youtube.com/shorts/HMRKN7M4IF8? ... shareVideo
di atas adalah satu-satunya rekam jejak happynya bisa bawa si 535 dengan kondisi normal setelah ganti delco, walaupun setelahnya.....
Musibah kembali datang stelah beberapa hari karena mobil ga mau nyala lagi!!
Diduga masih dari pengapian, kali ini dirunut dan ganti semua dari busi, kabel busi, sampe koil mobil tetep ga mau nyala, cuman mau nge-crank aja tapi ga ada suara apa2 lagi.
Setelah cek sensor2 TD, puli, alternator, dll hingga tersisa satu suspect terakhir yang memang bikin mimpi buruk yaitu ECU. Lelah kita coba utak atik sendiri sejauh ini, kita coba deh lepasin ke ahlinya mesin unik ini. Salah satu bengkel di daerah Bintaro yang terkenal juga dengan isi BMWnya yang unik2, mobilnya akhirnya kita towing kesana untuk di cek.
Ternyata, memang bener ECU-nya korslet
Ga lama ECU kita pilih servis dulu aja karena alasan budget tapi sudah diwanti2 kalo ini perkabelan cukup jadi masalah dan bisa jadi efek ke ECU-nya, disarankan untuk urut kabel dulu secepetnya. Beres ECU diservis mobil bisa nyala lagi dengan normal namun, bener aja ga berapa lama mobil akhirnya mati lagi.
Di sini saya mulai merasa menyerah akan ini mobil tapi rasa penasaran masih tetep ada, karena bagaimanapun mobil ini masih jadi spesies langka dan ga rela aja kalau cuman ngejogrok diem. Alhasil sekarang mobil sedang kita coba untuk urut kabelnya dan plannya ganti ECU yang cocok sama M30 karena ternyata ECU yang nyolok dimobil ini pun punya M20 dimana pinnya cocok tapi settingan fuel dan ignitionnya jauh berbeda karena memang didesain untuk mesin yang beda pula jadi agak lean untuk bensinnya.
Mungkin sampai sini dulu ceritanya, karena proses urut kabel lumayan makan waktu. Ditunggu yaa untuk update cerita buildnya disini dan semoga saya masih punya energi dan dana sampai mobil ini bisa hidup berdiri selayaknya mobil normal!
Eps 1 : The Back Story
Sedikit background story, setau saya cerita E34 di Indonesia umumnya hadir lewat varian 518, 520, dan 530 dengan varian mesin dan spek yang cukup bervariasi mulai dari mesin M40, M20, M50, sampe M60. Mulai merembet ke varian "ghaib"-nya dengam 535, 540 (denger-denger ada yang masukin), hingga M5.
Berawal cerita dari mau cari E34 buat bahan dagangan, eh terpapar iklan di olx tentang si E34 535 ini kok harganya miring agak jauh dari pasaran tapi memang karena kondisinya yang bisa dibilang semi bahan ga seperti rekan-rekannya yang mulus di harga 150 jutaan. Mungkin jodoh mungkin juga sudah jalannya ternyata unitnya deket banget dari rumah, ga pake lama langsung janjian ketemuan untuk cek unit.
Kesan pertama pas mau liat mobilnya udah mogok pas mau diisi bensin karena airflownya trouble jadi susah nyala, cuman setelah beberapa kali di utak utik akhirnya bisa nyala untuk test drive. Bisa dibilang bukan test drive yang memuaskan karena mobil ajrut2an dengan airflow yang belum bener settingannya jadi untuk ngebejek gaspol harus agak ada selanya, pas lg bener airflownya baru berasa ngacirnya dan memang ini ngacirr bangettt mobilnya. Buat komparasi, sebelumnya saya pernah pakai E36 323 AT aja ga sebegininya ngejambaknya. Spesialnya di varian 535 ini selain mesinnya M30B35, udah sunroof yang masih aktif, dan yang sulit ditiru adalah gardannya sudah LSD. Cuman namanya sudah kepincut dan ini genuine 535 bukan convert, setelah nego-nego dan minta kronologi jelas minus ini mobil apa aja, saya putusin untuk berani ambil mobil ini untuk project jangka panjang, walaupun belum tahu apakah untuk dijual lagi atau pakai pribadi.
Eps 2: The "Malam Pertama"
Singkat cerita setelah dipinang, mari kita coba runut PR apa aja yang kasat mata dari mobil ini dan plan untuk pembenahannya:
1. Eksterior: Body sebenernya cukup lempeng, hanya cat bodi perlu cat ulang dan beberapa titik di bemper perlu repair. Plannya, masih impian punya E34 pake bodykit full Zender, walaupun yang sekarang menempel di mobil Mtech PN tapi tetep Zender masih lebih halus tampilannya dan ga bosenin.
2. Interior: Seperti dilihat di foto, carut marut belang belonteng interiornya. Karena bukan varian 535 Sport, jadi interior yang didapat masih jok fabric dan bukan jok sport elektrik, bahkan jok belakangnya aja bisa trim kulit beda sendiri yang penjualnya aja ga tau sejarahnya gimana. Plannya, sementara kebayangnya kanibal 1 set interior pake E34 520/530 karena untuk dapet sport seatnya 535 pasti susah dan mahal klo ada juga. Sempet terpikir juga untuk jok depan pakai racing seat aftermarket karena memang pengen beda aja ga mau aliran OEM banget2an seperti 535 yang ada di pasaran. Mana yang akan di pilih kita liat nanti yaa
3. Mesin: Nah ini agak banyak sepertinya, karena yang kasat mata si airflow belum beres, dan kabel2an yang sepertinya pernah di bongkar2. Plannya, mesin akan di refresh seperti standart aja karena kondisi standar aja udah ngacir sihhh
4. Lainnya: PR lainnya sih minor aja seperti power window belakang mati, central lock ga idup, dll yang masih umum dan bisa nanti aja belakangan.
Eps 3: Si Bahan Pikiran
Hal pertama yang saya coba rapihin adalah urusan airflow. Beruntung dapet seller yang kooperatif dan ujung2nya jadi temen juga, mereka masih bantuin saya yang masih "ijo" di dunia per BMW-an ini untuk coba ngerapihin mobil bareng2. E34 535 ini pakai mesin M30B35 yang sama ada di E32 735, sistemnya masih airflow meter seperti di M40 yang pakai jarum, belum pakai airmass seperti di generasi mesin berikutnya. Langsung aja mobil dibawa ke ahlinya benerin airflow meter buat yang udah lama main BMW mungkin tahu siapa orangnya. Selang 2 hari si 535 udah bisa jalan dengan lancar dengan airflow yang udah di servis dan juga sedikit bebenah dengan stel klep dan ganti paking mesin.
Tapi ya namanya mobil tua, baru juga enak dikit ngerasain mobil bisa jalan normal, musibah datang lagi karena mobil ga mau distarter!. Sempet kita kira habis bensin, setelah hampir 4 jam ngubek2 ruang mesin akhirnya ketemu masalahnnya ada di pengapian dari delco distributornya. Sourcing part kampakan dan yang bikin pusing mobil dengan mesin jarang gini adalah partsnya bingung cari subtitusinya. Akhirnya diliat2 masih mirip dengan M20, kita coba pasang delco copotan dan akhirnya bisa nyala lagi.
https://youtube.com/shorts/HMRKN7M4IF8? ... shareVideo
di atas adalah satu-satunya rekam jejak happynya bisa bawa si 535 dengan kondisi normal setelah ganti delco, walaupun setelahnya.....
Musibah kembali datang stelah beberapa hari karena mobil ga mau nyala lagi!!
Diduga masih dari pengapian, kali ini dirunut dan ganti semua dari busi, kabel busi, sampe koil mobil tetep ga mau nyala, cuman mau nge-crank aja tapi ga ada suara apa2 lagi.
Setelah cek sensor2 TD, puli, alternator, dll hingga tersisa satu suspect terakhir yang memang bikin mimpi buruk yaitu ECU. Lelah kita coba utak atik sendiri sejauh ini, kita coba deh lepasin ke ahlinya mesin unik ini. Salah satu bengkel di daerah Bintaro yang terkenal juga dengan isi BMWnya yang unik2, mobilnya akhirnya kita towing kesana untuk di cek.
Ternyata, memang bener ECU-nya korslet
Ga lama ECU kita pilih servis dulu aja karena alasan budget tapi sudah diwanti2 kalo ini perkabelan cukup jadi masalah dan bisa jadi efek ke ECU-nya, disarankan untuk urut kabel dulu secepetnya. Beres ECU diservis mobil bisa nyala lagi dengan normal namun, bener aja ga berapa lama mobil akhirnya mati lagi.
Di sini saya mulai merasa menyerah akan ini mobil tapi rasa penasaran masih tetep ada, karena bagaimanapun mobil ini masih jadi spesies langka dan ga rela aja kalau cuman ngejogrok diem. Alhasil sekarang mobil sedang kita coba untuk urut kabelnya dan plannya ganti ECU yang cocok sama M30 karena ternyata ECU yang nyolok dimobil ini pun punya M20 dimana pinnya cocok tapi settingan fuel dan ignitionnya jauh berbeda karena memang didesain untuk mesin yang beda pula jadi agak lean untuk bensinnya.
Mungkin sampai sini dulu ceritanya, karena proses urut kabel lumayan makan waktu. Ditunggu yaa untuk update cerita buildnya disini dan semoga saya masih punya energi dan dana sampai mobil ini bisa hidup berdiri selayaknya mobil normal!
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 152
- Joined: Tue Jun 30, 2015 8:10
Re: Review: 1989 E34 535, Project Car?
bintaro? bmw unik2? liberty garage? kayaknya mending sekalian di upgrade ke standalone macem megasquirt/speeduino, kayaknya mereka biasa deh ngerjain begituan. mungkin problemnya upgrade ke standalone, ngibulin tcu(egs?) karena matic, kalo ada budgetnya sih saya prefer swap MT & upgrade ke standalone, tuneable + usabilitynya gede.
kalo di repair atau dicariin orinya, bukan mau skeptis, namanya elektronik, ada jangka waktunya, MTBF kalo orang bilang.
Kecuali memang ngejar all original ya, beda lagi.
kalo di repair atau dicariin orinya, bukan mau skeptis, namanya elektronik, ada jangka waktunya, MTBF kalo orang bilang.
Kecuali memang ngejar all original ya, beda lagi.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: Review: 1989 E34 535, Project Car?
Endless money pit detected
Pemakai zebelumnya aja kurang tau sejarahnya
Kalau mau buat jualan mnding langsung aja jual bahan as is
Asik nih sahabat bengkel
Hanya bercanda ya om
Pemakai zebelumnya aja kurang tau sejarahnya
Kalau mau buat jualan mnding langsung aja jual bahan as is
Asik nih sahabat bengkel
Hanya bercanda ya om
-
- SM Specialist
- Posts: 16239
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review: 1989 E34 535, Project Car?
Wiii sobat shirr repairing plisurr lagi. Makin rame SerayaBMW baru mention di sebelah wkwkwk.
Btw di gerobakeropablitar ada tuh 535 beige dijual sepaket ama kampakan 75jt.
Ane mikirnya M30B35 rawatnya kudu sabar yak kayaknya... Partnya ga se melimpah M5x.
Ga consider swap ke M60 aja om yg lebih common?
Btw di gerobakeropablitar ada tuh 535 beige dijual sepaket ama kampakan 75jt.
Ane mikirnya M30B35 rawatnya kudu sabar yak kayaknya... Partnya ga se melimpah M5x.
Ga consider swap ke M60 aja om yg lebih common?
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4757
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Review: 1989 E34 535, Project Car?
nice project & nice review. emg termasuk varian langka E34 disini, ditunggu updatenya om hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2837
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Ford Ranger T7
Re: Review: 1989 E34 535, Project Car?
good luck om restorasinya, mesin M30 partsnya gaib pula hahaha
cuma 535i di sini sih jarang banget, suarany merdu, lebih suka suara inline 535i drpd V8 nya 530i
dr bentuk nya sih mobil lempeng. di hitung2 dulu aja beresin kira2 abis berapa, atau jgn2 bakal sama kaya swap mesin bmw N54 wkwkwkwk
cuma 535i di sini sih jarang banget, suarany merdu, lebih suka suara inline 535i drpd V8 nya 530i
dr bentuk nya sih mobil lempeng. di hitung2 dulu aja beresin kira2 abis berapa, atau jgn2 bakal sama kaya swap mesin bmw N54 wkwkwkwk
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2785
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Review: 1989 E34 535, Project Car?
Kalo gw sih auto mundur .. drpd nyusahin diri sendiri
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- SM Specialist
- Posts: 16239
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review: 1989 E34 535, Project Car?
mending yang ini dijadiin kampakan... beli yang ex punya tommy soeharto itu kapan hari di iklanin tp segera di balik nama biar kl kenapa-napa gak dicegat orang takutnya diincer ma mantan musuhnya
agak sulit 535 E34 mesin M30 itu di indo cm belasan isunya... ga tau ini akal akalan goreng barang atau beneran. tp emang spek jarang, ya partnya ya jarang pula
trs gak ada BMW lain yang pake mesin M30 masuk sini. yg ada 735iL yang mana sama aja langkanya
E34 aman nya beli yg mesin M50 apa M60 530i klo mau dapet kencengnya wkwkwkkw.
520i soalnya cuma 150hp tenaganya ya begitu... sama kek mesinnya 320i E36. tp part aman pake banget. atau stroke up ke M50B25 biar dpt tenaganya
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Wed Jun 07, 2023 14:57
Re: Review: 1989 E34 535, Project Car?
Iya om sama mas dimas, beliau udh paham sih krn lg bangun 535 diturboin juga, jadi yg standaran gini udh merem deh haha. Swap MT juga kepikiran cuman belum sempet research girboks mana yang plun n play ke M30.fenrir wrote: ↑Thu Jun 08, 2023 20:39 bintaro? bmw unik2? liberty garage? kayaknya mending sekalian di upgrade ke standalone macem megasquirt/speeduino, kayaknya mereka biasa deh ngerjain begituan. mungkin problemnya upgrade ke standalone, ngibulin tcu(egs?) karena matic, kalo ada budgetnya sih saya prefer swap MT & upgrade ke standalone, tuneable + usabilitynya gede.
kalo di repair atau dicariin orinya, bukan mau skeptis, namanya elektronik, ada jangka waktunya, MTBF kalo orang bilang.
Kecuali memang ngejar all original ya, beda lagi.
BANGET OM HAHA, di awal ngambil ini juga udah siap mental aja sih
Iya sempet saya tawarin juga ini unit ke mas faisal, cuman harga disana miring2 bgt jadi dia ga berani, yang dia jual sih menurut saya good deal aja 75jt dpt 1 mobil + kanibalan cmn emang nomor mesin hilang katanya.ChZ wrote: ↑Fri Jun 09, 2023 2:23 Wiii sobat shirr repairing plisurr lagi. Makin rame SerayaBMW baru mention di sebelah wkwkwk.
Btw di gerobakeropablitar ada tuh 535 beige dijual sepaket ama kampakan 75jt.
Ane mikirnya M30B35 rawatnya kudu sabar yak kayaknya... Partnya ga se melimpah M5x.
Ga consider swap ke M60 aja om yg lebih common?
Saya udah sempet itung2 kasar sih, sebenrnya masih dibawah harga pasaran 535 lain yang dipasaran sekarang. Balik ke kita sihh, semakin deket ke katalog semakin mahal heheefarizfsa wrote: ↑Fri Jun 09, 2023 3:13 good luck om restorasinya, mesin M30 partsnya gaib pula hahaha
cuma 535i di sini sih jarang banget, suarany merdu, lebih suka suara inline 535i drpd V8 nya 530i
dr bentuk nya sih mobil lempeng. di hitung2 dulu aja beresin kira2 abis berapa, atau jgn2 bakal sama kaya swap mesin bmw N54 wkwkwkwk
Betul om, beberapa ini juga saya comot dari 735iL, tapi ada beberapa parts2 kecil yang masih "compatible" sama M20. 520 ada juga buat harian om, ga bohong E34 ini menurut saya nyaman heheChZ wrote: ↑Fri Jun 09, 2023 7:38mending yang ini dijadiin kampakan... beli yang ex punya tommy soeharto itu kapan hari di iklanin tp segera di balik nama biar kl kenapa-napa gak dicegat orang takutnya diincer ma mantan musuhnya
agak sulit 535 E34 mesin M30 itu di indo cm belasan isunya... ga tau ini akal akalan goreng barang atau beneran. tp emang spek jarang, ya partnya ya jarang pula
trs gak ada BMW lain yang pake mesin M30 masuk sini. yg ada 735iL yang mana sama aja langkanya
E34 aman nya beli yg mesin M50 apa M60 530i klo mau dapet kencengnya wkwkwkkw.
520i soalnya cuma 150hp tenaganya ya begitu... sama kek mesinnya 320i E36. tp part aman pake banget. atau stroke up ke M50B25 biar dpt tenaganya
-
- SM Specialist
- Posts: 16239
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review: 1989 E34 535, Project Car?
oh iya yang itu nomer mesinnya ilang ud ada di iklan lama itu mobil ampe berakhir ke mas faisal. sblm ane hunting E39 udah adahendymenn wrote: ↑Fri Jun 09, 2023 18:04
Iya sempet saya tawarin juga ini unit ke mas faisal, cuman harga disana miring2 bgt jadi dia ga berani, yang dia jual sih menurut saya good deal aja 75jt dpt 1 mobil + kanibalan cmn emang nomor mesin hilang katanya.
Betul om, beberapa ini juga saya comot dari 735iL, tapi ada beberapa parts2 kecil yang masih "compatible" sama M20. 520 ada juga buat harian om, ga bohong E34 ini menurut saya nyaman hehe
seri-5 gen E34/E39 keknya emang formulanya balance bgt. klo dibanding E60/F10/G30 itu masih dapet empuknya tp dapet handlingnya.
yang baru-baru lbh fokus ke handling jd keras mana pake RFT
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2837
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Ford Ranger T7
Re: Review: 1989 E34 535, Project Car?
Bagus deh kl udh ada pawang nya jd ga banyak coba2
Kl udh rapih, saya colokin velg bmw style 5 atau alpina classic r17 yang belang
Udh deh kelar lgs ganteng
Kl udh rapih, saya colokin velg bmw style 5 atau alpina classic r17 yang belang
Udh deh kelar lgs ganteng
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Wed Jun 07, 2023 14:57
Re: Review: 1989 E34 535, Project Car?
Iyaa om lumayan lama itu, pas sm owner aslinya sempet sy tanya dijual 85 , smp om faisal 65an aja. Infonya di gresik sana 535 rapih ga sampe 100jtanChZ wrote: ↑Sat Jun 10, 2023 2:47oh iya yang itu nomer mesinnya ilang ud ada di iklan lama itu mobil ampe berakhir ke mas faisal. sblm ane hunting E39 udah adahendymenn wrote: ↑Fri Jun 09, 2023 18:04
Iya sempet saya tawarin juga ini unit ke mas faisal, cuman harga disana miring2 bgt jadi dia ga berani, yang dia jual sih menurut saya good deal aja 75jt dpt 1 mobil + kanibalan cmn emang nomor mesin hilang katanya.
Betul om, beberapa ini juga saya comot dari 735iL, tapi ada beberapa parts2 kecil yang masih "compatible" sama M20. 520 ada juga buat harian om, ga bohong E34 ini menurut saya nyaman hehe
seri-5 gen E34/E39 keknya emang formulanya balance bgt. klo dibanding E60/F10/G30 itu masih dapet empuknya tp dapet handlingnya.
yang baru-baru lbh fokus ke handling jd keras mana pake RFT
E34 ga segesit 3 series sih, tp ttp nyamannya ga ada yg ngalahin hehe
Masih ngidam Zender + Mpar om hihi
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Mon Dec 20, 2021 2:09
- Daily Vehicle: e39_ACU30_civic es
Re: Review: 1989 E34 535, Project Car?
Wuih, kudu sabar2 restorasi nya ni om, m30 emang aga susa parts nya. pas bgt dibawa ke Dimas, dah khatam bgt soal bmw, palagi e34. Pernah coba e34 dia dulu sadis bgt 530i manual yg dibkin 540i
E34 klo dah rapi, kaca bening masi kece abis.. palagi kena Alpina, mpar, throwing star belang, beuuuh
Smangat om!!
E34 klo dah rapi, kaca bening masi kece abis.. palagi kena Alpina, mpar, throwing star belang, beuuuh
Smangat om!!