Wuling Binggo... EV + bagasi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by the-mantal »

https://wuling.id/id/blog/press-release ... tahun-2023

akhirnya ditulis jg sama mereka, beneran air ev lifetime warranty (syarat ketentuan berlaku).
yg beli kemarin2 berasa kecele ga sih ....??
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by impactful »

Bibieight wrote: ↑Thu Dec 07, 2023 12:50
iwing wrote: ↑Thu Dec 07, 2023 10:30 btw bukan nya salah satu arti dari garansi seumur hidup adalah selama produk tersebut masih di produksi ya (baterai). klo sudah ganti generasi baterai atau sdh tidak produksi tipe tsb, otomatis garansi seumur hidup gak berlaku..??
Nah ini bahan diskusi baru. Kalau ketersediaan produk itu tergantung dari lama garansi, kalo garansi 8 tahun berarti dalam 8 tahun pasti ada partnya. Nah kalo lewat 8 tahun itu tergantung pabrikan, kalo Honda 2W&4W pernah denger onderdilnya ATPM jamin stocknya pasti ada sampai 10 tahun, lewat 10 tahun mengandalkan sisa di gudang sama di market. Lewat itu tergantung pabrikan KW.

Nah di ICE, kalo ganti model engine jeroan ganti semua, makanya umur engine panjang2 dan 1 engine dipake buat segala macam model, harapannya setelah discontinue banyak sisanya di pasar umum.

Yang gelap EV. Menang besar dia di platform, kayak Hyundai e-GMP itu dipake I5,I6,I7,Kia EV6,EV7, kayaknya Kona baru juga pake, jadi kayaknya kalo battery module aja populasi pemakainya relatif lebih banyak dari ICE. Cuma beginipun battery modulenya Hyundai spesifik banget, ndak ada cerita batere e-GMP bisa dipasang di EQS

Yang saya penasaran itu low end EV China macam Wuling & Neta, jangan2 pakenya battery-nya generik, pake prismatik biru LFP, mau Wuling, Neta apalagi bisa tuker2an modul, makanya pada berani lifetime2an :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
ini menarik nih, habis ngobrol sama temen saya orang armenia yg juga sehari2 pakai air ev bilang dia bisa ganti mesin air ev pakai yang lebih powerful 🀣 entah dari brand apa...
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by b0ku »

impactful wrote: ↑Fri Dec 15, 2023 9:54 ini menarik nih, habis ngobrol sama temen saya orang armenia yg juga sehari2 pakai air ev bilang dia bisa ganti mesin air ev pakai yang lebih powerful 🀣 entah dari brand apa...
coba om liat2x ke best denki di bagian mesin cuci mungkin nemu motornya :mky_07:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by darrelund »

darrelund wrote: ↑Tue Dec 05, 2023 15:05
ahond sempet wacana e:ny1 (hrv listrik) rakit thai, nyaris kejadian

cuma cancel grgr harga baterenya ga ngejer

entah nanti bakal masukin model global / tar bikin EV kusus developing countries

honda e kepentok ama spion kamera, makanya EV9 dimari aja pke spion biasa
my bad, ternyata dibikin



perasaan dulu bilangnya kaga jadi :big_think:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by b0ku »



ternyata di luar prediksi BMKG :big_bored:

perjudice saya masih malaikat di banding clausul aslinya :big_slap:
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by pendoli »

impactful wrote: ↑Fri Dec 15, 2023 9:54
Bibieight wrote: ↑Thu Dec 07, 2023 12:50
iwing wrote: ↑Thu Dec 07, 2023 10:30 btw bukan nya salah satu arti dari garansi seumur hidup adalah selama produk tersebut masih di produksi ya (baterai). klo sudah ganti generasi baterai atau sdh tidak produksi tipe tsb, otomatis garansi seumur hidup gak berlaku..??
Nah ini bahan diskusi baru. Kalau ketersediaan produk itu tergantung dari lama garansi, kalo garansi 8 tahun berarti dalam 8 tahun pasti ada partnya. Nah kalo lewat 8 tahun itu tergantung pabrikan, kalo Honda 2W&4W pernah denger onderdilnya ATPM jamin stocknya pasti ada sampai 10 tahun, lewat 10 tahun mengandalkan sisa di gudang sama di market. Lewat itu tergantung pabrikan KW.

Nah di ICE, kalo ganti model engine jeroan ganti semua, makanya umur engine panjang2 dan 1 engine dipake buat segala macam model, harapannya setelah discontinue banyak sisanya di pasar umum.

Yang gelap EV. Menang besar dia di platform, kayak Hyundai e-GMP itu dipake I5,I6,I7,Kia EV6,EV7, kayaknya Kona baru juga pake, jadi kayaknya kalo battery module aja populasi pemakainya relatif lebih banyak dari ICE. Cuma beginipun battery modulenya Hyundai spesifik banget, ndak ada cerita batere e-GMP bisa dipasang di EQS

Yang saya penasaran itu low end EV China macam Wuling & Neta, jangan2 pakenya battery-nya generik, pake prismatik biru LFP, mau Wuling, Neta apalagi bisa tuker2an modul, makanya pada berani lifetime2an :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
ini menarik nih, habis ngobrol sama temen saya orang armenia yg juga sehari2 pakai air ev bilang dia bisa ganti mesin air ev pakai yang lebih powerful 🀣 entah dari brand apa...
Dari SGMW ada kalo ga salah buat model mereka yg lain
Kemaren sempet ada yg kasi link taobai/aliexpressnya di group airev 🫣
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by Bibieight »

https://otomotif.kompas.com/read/2023/1 ... p-358-juta

Masih mabok set harganya, takut di bully sama yang telanjur beli AirEV :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: … Kalo sama2 dapet diskon PPN masih murah Neta bangsa 30an juta tuh :big_bored: :big_bored: :big_bored: Fix, sampe hari ini ATPM set harga sambil minum soju cuma si Ioniq, marketing Wuling perlu dikirimin maotai biar set harganya bener :big_peace: :big_peace: :big_peace:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by darrelund »

b0ku wrote: ↑Sat Dec 16, 2023 0:34

ternyata di luar prediksi BMKG :big_bored:

perjudice saya masih malaikat di banding clausul aslinya :big_slap:
ni mah lebi parah dari warranty mobil biasanya :big_biglaugh:

sampe di cap biaya perbaikannya :big_biglaugh:
tonmi
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Mar 06, 2017 7:50

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by tonmi »

Yg saya dapat info dr sales senior wulingnya..
Garansi battery awal secara umum berlaku utk mobil wuling ev bingo ataupun airev:
Garansi 8 tahun atau 120rb km.

Naaah. Setelah 8 tahun/ 120 rb km, baru dilihat syarat dan kondisi saat beli masa promo ini. Kalau memenuhi syarat, wuling akan mengasuransikan batterynya sehingga garansi diextend lebih lanjut sampai seumur hidup.
Jadi life time battery ini yg dibicarakan sebenarnya setelah 8 tahun/ 120rb km.
Selama 8 tahun/120rb km, yg beli air ev dulu sama sekarang sama aja.. ga beda garansi baterainya..

Nah kalau mobil dijual sebelum 8 thn atau 120rb km garansi pembeli kedua mengikuti kelanjutan garansi 8 thn/ 120rb km ini. Tidak ada klausul life time setelah umur mbl 8 tahun. Jd utk pembeli kedua ya sama aja jg.

Dan pergantian battery ini jg ga akan 1 modul semua. Tp sel2 yg rusak atau aus saja.

Pertanyaannya (yg mana semua org ributin life time battery guarrantee dan jd trigger promo bingo dan airev skg) :
Berapa banyak orang yang akan memakai mobil ini selama 8 tahun dan ga ganti2 mobil?
Mengingat part2 lain selain battery jg akan aus (saatnya diganti) dan selama 8 tahun jg pasti akan keluar mobil2 ev lain yg lbh up to date dan modern lagi.
Disini wuling jg main probability org ganti mbl dan psikology keberatan org saja akan battery.
Yg notabene paling kurang dr 20% yg mungkin msh bertahan pakai evnya lebih dr 8 tahun (tapi kalau 120rb km ga tau ya. Mkn bs lbh banyak, krn banyak org pasti akan geber pakai evnya jg terus2an dr pada mobil bensin. Walau yakin jg pasti km 80rb-100rb km jg akan kepikir ganti)
Imho aja ya :big_grin:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by b0ku »

darrelund wrote: ↑Sat Dec 16, 2023 14:58
ni mah lebi parah dari warranty mobil biasanya :big_biglaugh:

sampe di cap biaya perbaikannya :big_biglaugh:


mateng dah loe cuma gesrot aja warranty void........... :big_biglaugh:

jgn2x garansi seumur idup tapi kolongnya lecet dikit lsg void..... :wkkk:
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 655
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by Dogies »

Kebutuhan tersier... yg punya duit lebih iseng ah coba...
Setelah pake bbrp lama... ooh gini toh... dgn suka dukanya...

Jual ambles or didiemin aja... mirip2 hp... :big_peace:
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by impactful »

pendoli wrote: ↑Sat Dec 16, 2023 2:19 Dari SGMW ada kalo ga salah buat model mereka yg lain
Kemaren sempet ada yg kasi link taobai/aliexpressnya di group airev 🫣
yep, bener banget om, tar bisa drag tuh air ev kita hahaha...ban depan jengat ke atas kayak tamiya kalau udah pake hyper dash motor... :drinking:
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by Bibieight »

impactful wrote: ↑Mon Dec 18, 2023 11:56 yep, bener banget om, tar bisa drag tuh air ev kita hahaha...ban depan jengat ke atas kayak tamiya kalau udah pake hyper dash motor... :drinking:
Nah, kalo yang mobil harian pada dipake mainan drag/balap di Sentul Sabtu/Minggu itu habis modal berapa si ya ?, kalo EV enak juga kali yak kaya mainan Tamiya raksasa, Jumat masuk bengkel, ganti battery pack racing sama motor racing, plug and play kan, upload coding racing di BMS dan VMS-nya, sabtu-minggu drag, minggu malem balikin normal, Senen dah ngantor lagi :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: …. Sapa tau suatu saat ada yg sewain battery pack racing + motor racing, kan 1 set bisa time sharing sama 4-5 orang tuh, ndak mungkin juga tiap weekend balapan mulu. Drawback-nya cuma satu, mabok ngantor pake suspensi keras :big_peace: :big_peace: :big_peace:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by kendibocor »

b0ku wrote: ↑Sat Dec 16, 2023 0:34

ternyata di luar prediksi BMKG :big_bored:

perjudice saya masih malaikat di banding clausul aslinya :big_slap:
Ini pabrikan mana om? Ada statement resminya? *serius nanya

Kadang influenza jg suka bikin heboh ngelempar statement tanpa kejelasan siapa trus dimakan mentah2 ma netijen :upss:

Kalo ada statement resmi dari pabrikannya beneran max pertanggungan 20jt baru deh kita goreng rame2 tuh pabrikan :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by pendoli »

Konon itu wuling, ga tau sourcenya dari sales apa kacab asal ngomong wkwkwk
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by b0ku »

kendibocor wrote: ↑Tue Dec 19, 2023 17:27
Ini pabrikan mana om? Ada statement resminya? *serius nanya

Kadang influenza jg suka bikin heboh ngelempar statement tanpa kejelasan siapa trus dimakan mentah2 ma netijen :upss:

Kalo ada statement resmi dari pabrikannya beneran max pertanggungan 20jt baru deh kita goreng rame2 tuh pabrikan :big_biglaugh:
pada bilang woling om lagian liat aja video ioniq yang saya share di atas tenryata gesrot aja bisa bikin warranty void padahal yang damage cuma cover pelindung batrenya :big_biglaugh:
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by impactful »

pendoli wrote: ↑Tue Dec 19, 2023 23:58 Konon itu wuling, ga tau sourcenya dari sales apa kacab asal ngomong wkwkwk
nah kadang (oknuum) sales ada aja yg asal ngomong
kaya kemaren sempet nanya2 harga official binguo sebelum rilis ada aja yg kepedean nyebut angka pas 350, padahal nyatanya 358...

:big_grin: :big_childish:
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by b0ku »

impactful wrote: ↑Wed Dec 20, 2023 6:55 nah kadang (oknuum) sales ada aja yg asal ngomong
kaya kemaren sempet nanya2 harga official binguo sebelum rilis ada aja yg kepedean nyebut angka pas 350, padahal nyatanya 358...

:big_grin: :big_childish:
cuma hati2x deh kalo ud di kasih bintang S&K berlaku berarti ada clausul yang di umpetin dan gak di open di publik kemaren saya korek2x semua brosur mobil kalo garansi biasa itu mereka gak selipin gituan ini semua merek batrenya di selipin gituan :big_bored:
dregon
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Sat Feb 23, 2019 13:38
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner VRZ

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by dregon »

b0ku wrote: ↑Wed Dec 20, 2023 1:51
kendibocor wrote: ↑Tue Dec 19, 2023 17:27
Ini pabrikan mana om? Ada statement resminya? *serius nanya

Kadang influenza jg suka bikin heboh ngelempar statement tanpa kejelasan siapa trus dimakan mentah2 ma netijen :upss:

Kalo ada statement resmi dari pabrikannya beneran max pertanggungan 20jt baru deh kita goreng rame2 tuh pabrikan :big_biglaugh:
pada bilang woling om lagian liat aja video ioniq yang saya share di atas tenryata gesrot aja bisa bikin warranty void padahal yang damage cuma cover pelindung batrenya :big_biglaugh:
saya baru aja nonton videonya. Gila sih, di jakarta gampang banget kena gesrot kayak gitu. Parkiran mall aja sudutnya suka gak kira2
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by Bibieight »

dregon wrote: ↑Wed Dec 20, 2023 9:56
saya baru aja nonton videonya. Gila sih, di jakarta gampang banget kena gesrot kayak gitu. Parkiran mall aja sudutnya suka gak kira2
EV inheren ada risiko kena batere, karena 100% EV batere-nya ditaruh di bawah. Cuma beda mobil beda inheren risikonya. Salah satu yang inheren risiko-nya tinggi itu platform e-GMP. Buat maksimumkan berat batere & kWh-nya, cooling plate dijadiin integral sama struktur. Jadi kalo liat Ioniq 5/EV6/EV7 itu dibawah ada CFRP item, tebelnya cuma 1 mm-an, setelah plastik item itu langsung cooling plate, alumunium tebel 1mm x 2, dibalik cooling plate langsung battery yang pouch cell, ditempel ke cooling plate pake thermal grease.

Nah urusan gesruk, selama beneran cuma geseran gesruk, jadi ndak sampe visibel deformasi di CFRP kemungkinan besar cooling plate aman, kalo cooling plate aman berarti batere aman. Yang repot itu kalo sampe deformasi CFRP (sobek, penyok), soalnya kalo CFRP deformasi ada kemungkinan cooling plate deformasi, terus kalo cooling plate deformasi ada kemungkinan batere ikut penyok.

Nah untuk diagnosa ini susah, soalnya CFRP-nya dilem mati sama cooling plate, jadi ada 2 opsi, CFRP dilepas, atau pack diturunin, diinspeksi batere yang pas diatasnya deformasi itu. Biasanya kalo batere-nya penyok parah, voltase-nya akan turun pas 1 cell di posisi yang penyok itu (1 module itu ada 6 cell), jadi bisa ditebak2 dari bacaan voltase, cuma kalo penyok dikit enggak kebaca.

Nah beres Hyundai di Indonesia SOP-nya kalo gesruk parah : module lepas semua, ganti housing baru, pasang thermal grease baru, pasang batere-nya, major job ini soalnya penyok dikit dah di-write off itu housing, yang bingung kenapa beres di US/Kanada pada males2 banget yak ?, dikit2 ganti module :big_bored: :big_bored: :big_bored:

Cuma pengalaman ya, kalo cuma gesruk poldur sama parkiran mall biasanya ndak bikin deformasi (contoh yang extreem di JKT itu jembatan masuk AG dari Yos Sudarso, harus pelan, kalo ndak gesruk, di SBY palang sepur Juwingan, harus pelan banget). Beda perkara kalo kena batu di tol, nerjang kerb trotoar dan sejenisnya, ini pasti penyok cooling plate-nya, naah yang divideo itu keliatan banget deformasi-nya, disamping panjang pulak, itu kayaknya nyrempet kerb trotoar rada kenceng, kalo di Indonesia pasti ganti housing + ganti modul minimal 4 (sepanjang gasrukannya), kalo di Kanada, berhubung bengkelnya males2 banget langsung ganti 1 pack :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:

Balik ke Wuling, yang AirEv itu pake modul prismatik ditaruh dalam box baja, pake pendingin angin, jadi per-gesruk-an aman, tapi ndak isa difast-charging, soalnya kalo dibikin bisa bakal pendek umurnya tu batere (ini yg bikin ngeri Citroen EC3). Kalo Kona/BMW pake prismatic, ditaruh diatas cooling plate, baru cooling plate-nya ditaruh dalam box, repotnya kalo selangnya ada yang bocor, bisa agak lama ketauan, itu kenapa coolant EV harus low conductivity...

Naaah urusan gesruk, isu beginian di Indonesia akan amat sangat menguntungkan pedagang mobkas, karena yang jual ama yang beli pada males investigasi dalem, ada gesruk dikit ditawar pdg mobkas cuma 40% pasaran langsung dilepas. Abis itu sama si pdg ditambal gesrukannya, dicat item, dijual lagi dah cuma murah 5% dari pasaran :big_peace: :big_peace: :big_peace: :big_peace: :big_peace: . Saya kalo ama pdg itu entah kenapa selalu illfill, taun 2022 jual ANKI dijel Q 2016 masa cuma ditawar 260 juta, lamaan lagi, taun 2014 jual Innova 2008 bensin captain seat cuma ditawar 160 juta, udah gitu gaya nawar pdg itu kayak saya dianggep maling mobil :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by b0ku »

Bibieight wrote: ↑Thu Dec 21, 2023 6:37
EV inheren ada risiko kena batere, karena 100% EV batere-nya ditaruh di bawah. Cuma beda mobil beda inheren risikonya. Salah satu yang inheren risiko-nya tinggi itu platform e-GMP. Buat maksimumkan berat batere & kWh-nya, cooling plate dijadiin integral sama struktur. Jadi kalo liat Ioniq 5/EV6/EV7 itu dibawah ada CFRP item, tebelnya cuma 1 mm-an, setelah plastik item itu langsung cooling plate, alumunium tebel 1mm x 2, dibalik cooling plate langsung battery yang pouch cell, ditempel ke cooling plate pake thermal grease.

Nah urusan gesruk, selama beneran cuma geseran gesruk, jadi ndak sampe visibel deformasi di CFRP kemungkinan besar cooling plate aman, kalo cooling plate aman berarti batere aman. Yang repot itu kalo sampe deformasi CFRP (sobek, penyok), soalnya kalo CFRP deformasi ada kemungkinan cooling plate deformasi, terus kalo cooling plate deformasi ada kemungkinan batere ikut penyok.

Nah untuk diagnosa ini susah, soalnya CFRP-nya dilem mati sama cooling plate, jadi ada 2 opsi, CFRP dilepas, atau pack diturunin, diinspeksi batere yang pas diatasnya deformasi itu. Biasanya kalo batere-nya penyok parah, voltase-nya akan turun pas 1 cell di posisi yang penyok itu (1 module itu ada 6 cell), jadi bisa ditebak2 dari bacaan voltase, cuma kalo penyok dikit enggak kebaca.

Nah beres Hyundai di Indonesia SOP-nya kalo gesruk parah : module lepas semua, ganti housing baru, pasang thermal grease baru, pasang batere-nya, major job ini soalnya penyok dikit dah di-write off itu housing, yang bingung kenapa beres di US/Kanada pada males2 banget yak ?, dikit2 ganti module :big_bored: :big_bored: :big_bored:

Cuma pengalaman ya, kalo cuma gesruk poldur sama parkiran mall biasanya ndak bikin deformasi (contoh yang extreem di JKT itu jembatan masuk AG dari Yos Sudarso, harus pelan, kalo ndak gesruk, di SBY palang sepur Juwingan, harus pelan banget). Beda perkara kalo kena batu di tol, nerjang kerb trotoar dan sejenisnya, ini pasti penyok cooling plate-nya, naah yang divideo itu keliatan banget deformasi-nya, disamping panjang pulak, itu kayaknya nyrempet kerb trotoar rada kenceng, kalo di Indonesia pasti ganti housing + ganti modul minimal 4 (sepanjang gasrukannya), kalo di Kanada, berhubung bengkelnya males2 banget langsung ganti 1 pack :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:

Balik ke Wuling, yang AirEv itu pake modul prismatik ditaruh dalam box baja, pake pendingin angin, jadi per-gesruk-an aman, tapi ndak isa difast-charging, soalnya kalo dibikin bisa bakal pendek umurnya tu batere (ini yg bikin ngeri Citroen EC3). Kalo Kona/BMW pake prismatic, ditaruh diatas cooling plate, baru cooling plate-nya ditaruh dalam box, repotnya kalo selangnya ada yang bocor, bisa agak lama ketauan, itu kenapa coolant EV harus low conductivity...

Naaah urusan gesruk, isu beginian di Indonesia akan amat sangat menguntungkan pedagang mobkas, karena yang jual ama yang beli pada males investigasi dalem, ada gesruk dikit ditawar pdg mobkas cuma 40% pasaran langsung dilepas. Abis itu sama si pdg ditambal gesrukannya, dicat item, dijual lagi dah cuma murah 5% dari pasaran :big_peace: :big_peace: :big_peace: :big_peace: :big_peace: . Saya kalo ama pdg itu entah kenapa selalu illfill, taun 2022 jual ANKI dijel Q 2016 masa cuma ditawar 260 juta, lamaan lagi, taun 2014 jual Innova 2008 bensin captain seat cuma ditawar 160 juta, udah gitu gaya nawar pdg itu kayak saya dianggep maling mobil :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
per module aja mahal om coba kalo mobil sya paling pecah tangki ganti 2-4jt :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by darrelund »

Bibieight wrote: ↑Thu Dec 21, 2023 6:37
dregon wrote: ↑Wed Dec 20, 2023 9:56
saya baru aja nonton videonya. Gila sih, di jakarta gampang banget kena gesrot kayak gitu. Parkiran mall aja sudutnya suka gak kira2
EV inheren ada risiko kena batere, karena 100% EV batere-nya ditaruh di bawah. Cuma beda mobil beda inheren risikonya. Salah satu yang inheren risiko-nya tinggi itu platform e-GMP. Buat maksimumkan berat batere & kWh-nya, cooling plate dijadiin integral sama struktur. Jadi kalo liat Ioniq 5/EV6/EV7 itu dibawah ada CFRP item, tebelnya cuma 1 mm-an, setelah plastik item itu langsung cooling plate, alumunium tebel 1mm x 2, dibalik cooling plate langsung battery yang pouch cell, ditempel ke cooling plate pake thermal grease.

Nah urusan gesruk, selama beneran cuma geseran gesruk, jadi ndak sampe visibel deformasi di CFRP kemungkinan besar cooling plate aman, kalo cooling plate aman berarti batere aman. Yang repot itu kalo sampe deformasi CFRP (sobek, penyok), soalnya kalo CFRP deformasi ada kemungkinan cooling plate deformasi, terus kalo cooling plate deformasi ada kemungkinan batere ikut penyok.

Nah untuk diagnosa ini susah, soalnya CFRP-nya dilem mati sama cooling plate, jadi ada 2 opsi, CFRP dilepas, atau pack diturunin, diinspeksi batere yang pas diatasnya deformasi itu. Biasanya kalo batere-nya penyok parah, voltase-nya akan turun pas 1 cell di posisi yang penyok itu (1 module itu ada 6 cell), jadi bisa ditebak2 dari bacaan voltase, cuma kalo penyok dikit enggak kebaca.

Nah beres Hyundai di Indonesia SOP-nya kalo gesruk parah : module lepas semua, ganti housing baru, pasang thermal grease baru, pasang batere-nya, major job ini soalnya penyok dikit dah di-write off itu housing, yang bingung kenapa beres di US/Kanada pada males2 banget yak ?, dikit2 ganti module :big_bored: :big_bored: :big_bored:

Cuma pengalaman ya, kalo cuma gesruk poldur sama parkiran mall biasanya ndak bikin deformasi (contoh yang extreem di JKT itu jembatan masuk AG dari Yos Sudarso, harus pelan, kalo ndak gesruk, di SBY palang sepur Juwingan, harus pelan banget). Beda perkara kalo kena batu di tol, nerjang kerb trotoar dan sejenisnya, ini pasti penyok cooling plate-nya, naah yang divideo itu keliatan banget deformasi-nya, disamping panjang pulak, itu kayaknya nyrempet kerb trotoar rada kenceng, kalo di Indonesia pasti ganti housing + ganti modul minimal 4 (sepanjang gasrukannya), kalo di Kanada, berhubung bengkelnya males2 banget langsung ganti 1 pack :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:

Balik ke Wuling, yang AirEv itu pake modul prismatik ditaruh dalam box baja, pake pendingin angin, jadi per-gesruk-an aman, tapi ndak isa difast-charging, soalnya kalo dibikin bisa bakal pendek umurnya tu batere (ini yg bikin ngeri Citroen EC3). Kalo Kona/BMW pake prismatic, ditaruh diatas cooling plate, baru cooling plate-nya ditaruh dalam box, repotnya kalo selangnya ada yang bocor, bisa agak lama ketauan, itu kenapa coolant EV harus low conductivity...

Naaah urusan gesruk, isu beginian di Indonesia akan amat sangat menguntungkan pedagang mobkas, karena yang jual ama yang beli pada males investigasi dalem, ada gesruk dikit ditawar pdg mobkas cuma 40% pasaran langsung dilepas. Abis itu sama si pdg ditambal gesrukannya, dicat item, dijual lagi dah cuma murah 5% dari pasaran :big_peace: :big_peace: :big_peace: :big_peace: :big_peace: . Saya kalo ama pdg itu entah kenapa selalu illfill, taun 2022 jual ANKI dijel Q 2016 masa cuma ditawar 260 juta, lamaan lagi, taun 2014 jual Innova 2008 bensin captain seat cuma ditawar 160 juta, udah gitu gaya nawar pdg itu kayak saya dianggep maling mobil :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
ini trit ngana ya um yg ganti tray bawah?

ngeri jg ampe penyok gitu :big_biglaugh:

mahal seh, cuma di sisi lain keliatan ud serius maen EV tuh yoondei

https://www.ioniqforum.com/threads/dama ... q-5.47418/
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by Bibieight »

darrelund wrote: ↑Sat Dec 23, 2023 1:40 ini trit ngana ya um yg ganti tray bawah?

ngeri jg ampe penyok gitu :big_biglaugh:

mahal seh, cuma di sisi lain keliatan ud serius maen EV tuh yoondei

https://www.ioniqforum.com/threads/dama ... q-5.47418/
Nemu aja oom :big_smile] :big_smile] :big_smile] , kejadian di JORR, cuma 80 km/h padahal, kan disana ada speedcam. Pas gludak saya langsung kepikir oom b0ku, mbledug nih mobil, modyar saya :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: , eh masih jalan normal, sensor2 ndak ada yang nyala dan masih bisa dibawa ke Sunter. Tapi sumpah, seumur idup nyetir, udah 35 taun, mulai dari yang aneh kayak GS,CX,W109,W116, setengah aneh kayak 504,505,306,308,F30,G20, barang sejuta umat kayak Avanza, Innova ya baru sekali ini kena batu di jalan tol :big_cry: :big_cry: :big_cry:

Sekarang dah beres tapi si Youngdie beneran perlu beres2 PR after sales service. Battery housing inden 45 hari, battery module inden 45 hari, rebutan alat antar bengkel 15 hari. Alat2 se-Jekardah cuma ada 1 di Hyundai Simprug, alat pentingnya itu : thermal interface applicator (kayak printer 3D), sama battery balancer (buat balancing voltase, cek internal resistance masing2 module).

Pelajaran : perlu pasang accessories kayak punya Tesla begini :
https://www.greencarreports.com/news/10 ... ail-photos
Minimal front deflector, sama pelat yg ditengah, post mortem : punya saya si batu kena ke connector juga, pelat tengah ndak perlu extrem titanium, aluminium dah cukup, tinggal sudut pasangnya aja. Kalo di I5 pasang front deflectornya lebih mudah mudah, bisa pasang di reinforcement cross member depan. Itu cross member bahannya pelat baja 4 mm, terus cuma dibaut ke front sub-frame, jadi nempelin aluminium bar gampang, tinggal bingung saya, tukang fabricator yg bisa bikin kayak difoto di Jakarta dimana.

Kesempatan bisnis si benernya, secara peredaran dah 8000 lebih dan tiap bulan nambah 500-700 unit, udah gitu orang sini kan banyak yg awam dan gampang banget ditakut2in :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by darrelund »

Bibieight wrote: ↑Sat Dec 23, 2023 3:34
darrelund wrote: ↑Sat Dec 23, 2023 1:40 ini trit ngana ya um yg ganti tray bawah?

ngeri jg ampe penyok gitu :big_biglaugh:

mahal seh, cuma di sisi lain keliatan ud serius maen EV tuh yoondei

https://www.ioniqforum.com/threads/dama ... q-5.47418/
Nemu aja oom :big_smile] :big_smile] :big_smile] , kejadian di JORR, cuma 80 km/h padahal, kan disana ada speedcam. Pas gludak saya langsung kepikir oom b0ku, mbledug nih mobil, modyar saya :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: , eh masih jalan normal, sensor2 ndak ada yang nyala dan masih bisa dibawa ke Sunter. Tapi sumpah, seumur idup nyetir, udah 35 taun, mulai dari yang aneh kayak GS,CX,W109,W116, setengah aneh kayak 504,505,306,308,F30,G20, barang sejuta umat kayak Avanza, Innova ya baru sekali ini kena batu di jalan tol :big_cry: :big_cry: :big_cry:

Sekarang dah beres tapi si Youngdie beneran perlu beres2 PR after sales service. Battery housing inden 45 hari, battery module inden 45 hari, rebutan alat antar bengkel 15 hari. Alat2 se-Jekardah cuma ada 1 di Hyundai Simprug, alat pentingnya itu : thermal interface applicator (kayak printer 3D), sama battery balancer (buat balancing voltase, cek internal resistance masing2 module).

Pelajaran : perlu pasang accessories kayak punya Tesla begini :
https://www.greencarreports.com/news/10 ... ail-photos
Minimal front deflector, sama pelat yg ditengah, post mortem : punya saya si batu kena ke connector juga, pelat tengah ndak perlu extrem titanium, aluminium dah cukup, tinggal sudut pasangnya aja. Kalo di I5 pasang front deflectornya lebih mudah mudah, bisa pasang di reinforcement cross member depan. Itu cross member bahannya pelat baja 4 mm, terus cuma dibaut ke front sub-frame, jadi nempelin aluminium bar gampang, tinggal bingung saya, tukang fabricator yg bisa bikin kayak difoto di Jakarta dimana.

Kesempatan bisnis si benernya, secara peredaran dah 8000 lebih dan tiap bulan nambah 500-700 unit, udah gitu orang sini kan banyak yg awam dan gampang banget ditakut2in :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
klo ud robekin lantai gtu berarti batunya gede, makanya oe bilang jalan dimari tuh kyk mario kart. ada aja rintangannya :big_biglaugh:

battnya itu termasuk oke lho, sampe cellnya mletot gitu tapi gak meledug

inden 45 hari? gudang pusat gak nyetok samsek ya um klo gitu. atleast imo nyetok 1-5 pcs lah full assy tray nya itu.

itu alat TIA & batt balancernya bespoke yoondei ga tuh?
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by Bibieight »

darrelund wrote: ↑Sat Dec 23, 2023 17:22
klo ud robekin lantai gtu berarti batunya gede, makanya oe bilang jalan dimari tuh kyk mario kart. ada aja rintangannya :big_biglaugh:

battnya itu termasuk oke lho, sampe cellnya mletot gitu tapi gak meledug

inden 45 hari? gudang pusat gak nyetok samsek ya um klo gitu. atleast imo nyetok 1-5 pcs lah full assy tray nya itu.

itu alat TIA & batt balancernya bespoke yoondei ga tuh?
[/quote]

Segede helm oom :big_bored: :big_bored: :big_bored: . Emang ajaib after salesnya youngdie. Batt modul stok kayaknya ndak lebih 10, soalnya maks 2 unit dirawat, unit ketiga lsg inden. Yg jadi masalah, alat TIA dan batt balancer itu generik. Yg TIA kayak printer 3D, yg batt balancer itu generik juga, naah barang generik gini harus pake merek youngdie :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
Sekilas ya, bengkel spesialis EV bakal jd bisnis tenar, kalah tuh spesialis sheer repairing pleasure. Cuma skill ya bukan montir kruk as, tapi montir benerin hengpon, montir kruk as cukup kerja otot angkat2 battery modul :big_peace: :big_peace: :big_peace: