[News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Suryaputra »

rakyatwkwkland wrote: Sat May 20, 2023 15:24
Suryaputra wrote: Sat May 20, 2023 15:13
rakyatwkwkland wrote: Sat May 20, 2023 15:07

Kalo gear hunting asal tegaan dikit sama mobil dan ga takut fuel cons drop mah hajar aja gigi rendah

Sbg user gerobak yg 4AT nya mirip2 rasionya sama punya xpander, biasa si ane hajar aja gigi rendah rpm tinggi, tenaga auto ngisi terus. Di cipularang kl lg tanjakan matiin o/d biar maks di gigi 3, kalo kecepatan agak rendah dan mau nyalip cepet tinggal hajar ke gigi 2, tarik sampe 80-90 juga masih ada napas, baru naikin ke gigi 3 lagi dan kalo udh speed segitu tenaga pun msh tetep ngisi. Kalo ke lembang ane bawa via punclut hajar di L terus juga gamasalah. Gigi 1 nya itu biasa napasnya panjang, sampe 30an km/h jg msh blm terlalu meraung.

Plusnya lg 4AT engine break sopastie lebih bisa diandalkan. Kalo lg turun lewat punclut misalnya, tahan di L gausa sering2 injek rem :big_grin:

Memang kalo transmisi purbakala gini harus banyak intervensi dari drivernya. Kalo terlalu ngandelin kepintaran mobil mah susah :big_weee:
klo cipularang bisa pakai OD off

masalahnya ini jalur sekitar lembang sampai subang, jalan turun naiknya lbh terjal..
- jadi klo pakai 2nd gear: dia meraung sampai RPM >5k, terus pindah gear ke 2... trus spt kekurangan power, dia pindah lagi ke gear ke-1 lagi..
- naik lagi sampai RPM 5k lebih, pindah lagi ke gear 2.. trus kekurangan power, pindah lg ke 1

gtu terus sampai tanjakannya rada mendingan :mky_03:

mana cuma pakai oli mitsu 0w20, gak tega aja gtu denger meraung ditahan di RPM 5k, terus speednya gak nambah :big_biglaugh:

Case yg sama juga terjadi klo pas jalan ke puncak pas :big_biglaugh:
Makanya harus tegaan, hajar 5rb rpm masih okelah :ngacir:

Ane blm pernah ke arah subang sih. Jd gatau seterjal apa. Tp kalo gigi 1 5000 rpm harusnya udah di atas 40 km/h seinget ane, mungkin di kisaran 45an km/h. Harusnya kalo di gigi 2 speed segitu udah hampir 3 ribu rpm. Kalo kekurangan power artinya terjal banget ya tanjakannya.
Ke arah tangkuban perahu jg bikin ngos2an si 4AT nya :mky_03:

cuma klo jalur perkotaan + tol sih fine2 aja
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: Sat May 20, 2023 15:32 Ke arah tangkuban perahu jg bikin ngos2an si 4AT nya :mky_03:

cuma klo jalur perkotaan + tol sih fine2 aja
engine tune by Nissan kali... :big_biglaugh:
kan nissan emang begitu larinya, enak buat cruising, giliran dalkot secukupnya, tanjakan modal doa :big_biglaugh:
User avatar
Joehard30
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 318
Joined: Sun Feb 28, 2016 1:28

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Joehard30 »

rakyatwkwkland wrote: Sat May 20, 2023 15:07
Suryaputra wrote: Sat May 20, 2023 13:53
rakyatwkwkland wrote: Sat May 20, 2023 13:34

Iyaa, menurut ripiuer emg xpand FL jd lebih stiff. Salah satu yg ane inget, di ripiunya om botak di yutub menurutnya kalo xpand lama pendekatannya lbh ke arah er3 gen 1 yg empuk dan bouncy, nah yg FL ini lbh dekat ke arah er3 gen 2 yg lebih stiff memang. Tp tetep aja masih empukan xpand 'katanya' soalnya yg FL jujur ane blm pernah nyoba sih :big_blushing:
Xpander CVT FL enak, rpm low - mid cukup buat dalkot

Better response dan smooth accel dibanding Pre-FL 4AT.

klo Xpander 4AT gear hunting nya ampun deh
apalagi klo diajak jalan2 ke arah lembang - subang
1-2-1-2-1-2 kaya orang linglung
wakakakaka
Kalo gear hunting asal tegaan dikit sama mobil dan ga takut fuel cons drop mah hajar aja gigi rendah

Sbg user gerobak yg 4AT nya mirip2 rasionya sama punya xpander, biasa si ane hajar aja gigi rendah rpm tinggi, tenaga auto ngisi terus. Di cipularang kl lg tanjakan matiin o/d biar maks di gigi 3, kalo kecepatan agak rendah dan mau nyalip cepet tinggal hajar ke gigi 2, tarik sampe 80-90 juga masih ada napas, baru naikin ke gigi 3 lagi dan kalo udh speed segitu tenaga pun msh tetep ngisi. Kalo ke lembang ane bawa via punclut hajar di L terus juga gamasalah. Gigi 1 nya itu biasa napasnya panjang, sampe 30an km/h jg msh blm terlalu meraung.

Plusnya lg 4AT engine break sopastie lebih bisa diandalkan. Kalo lg turun lewat punclut misalnya, tahan di L gausa sering2 injek rem :big_grin:

Memang kalo transmisi purbakala gini harus banyak intervensi dari drivernya. Kalo terlalu ngandelin kepintaran mobil mah susah :big_weee:
Ngomong2 engine brake, saya suka pake paddle shifter nya HRV 1.5 buat engine brake, saya panteng gigi 1-2. Tapi kadang kepikiran, CVT nya bakal kalah dan jadi jebol g y kalo buat engine brake gini? :ungg:
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Sat May 20, 2023 6:55
mr_mytplx wrote: Sat May 20, 2023 6:27
Suryaputra wrote: Sat May 20, 2023 5:40
mksd saya FL platform Heartect :big_biglaugh:
mesin K15B
Lumayan jg y om platform heartect msh bersaing ama platform daihatsu baru.

rupanya ga spesial2 amat y dnga ini.

oh y om, meskipun ga sekelas, tp gmn pendapat om kl sasis yaris bakpao vs heartect ertiga ini?
jaman ababil dulu.. yaris bakpao itu dihajar sampai 160an kph masih stabil, cuma mesin dan 4AT nya aja rada dodol di rpm atas udah ngos2an :big_biglaugh:

Di kecepatan segitu, sasisnya bakpao berasa masih nempel dan berasa rigid, 11 12 bantingan nya sama jazz ge8

klo Ertiga Heartect, masih ada rasa lebih goyang2 nya di bagian belakang,
dan bukan punya saya juga, jadi gak berani agak ngepush :mky_03:

Ertiga Heartect buat daily dalkot dan kisaran 100 kph udah cukup nyaman koq.
:wkkk:

saya ud hajar sampe 170kmh on gps om bakpao on speedo keknya sekitar 180kmh mobil ancur itu :big_biglaugh:

stabil lurus doank karena revisian yang 2010an dia ganti pake suspensi keras, giliran belok zonk berasa naek mobil chasis jadul :big_biglaugh:

karena di hajar pake suspensi gerobak padahal problemnya di chasis akhirnya tambah kacau ud handling beloknya gak enak kena jalan rusak juga kagak enak bahkan saya sebagai driver pun dulu suka mual bawa tuh mobil :big_biglaugh:

sekarang ada pajero makin keliatan aja jeleknya masa muter balik manuver parkir gampangan pajero di banding bakpao :wkkk:

bahkan chasisnya pun keknya masih enakan pajero moncoque vs truck :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Suryaputra »

Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by KSG88 »

Kalo ngikutin kepentingan bisnis, kualitas kalah supaya ngeker kuantitas itu biasa. Ibarat zaman sekarang kenapa fast food dan fast drink lebih laku walaupun kita tahu itu tidak sehat.

Fast food laris manis dimana mana walaupun kandungan gizi minim.

Fast drink muncul berbagai rupa padahal intinya jual air dikasi es sama gula. Baik di outlet maupun di mini market.

Ujungnya kan market yg memilih demikian
muvaed
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sat Dec 05, 2015 9:25

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by muvaed »

Noted ..... ..... ....
Last edited by muvaed on Sun May 21, 2023 8:05, edited 1 time in total.
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Bibieight »

KSG88 wrote: Sun May 21, 2023 6:54 Kalo ngikutin kepentingan bisnis, kualitas kalah supaya ngeker kuantitas itu biasa. Ibarat zaman sekarang kenapa fast food dan fast drink lebih laku walaupun kita tahu itu tidak sehat.

Fast food laris manis dimana mana walaupun kandungan gizi minim.

Fast drink muncul berbagai rupa padahal intinya jual air dikasi es sama gula. Baik di outlet maupun di mini market.

Ujungnya kan market yg memilih demikian
Pabrikan kan juga kejepit oom, dividen tiap taun dituntut naik, gaji karyawan tiap taun nuntut naik, bahan baku geraknya suka2 kagak bisa ditebak, paling aman ya kalo punya power pricing customer lah yg suruh tanggung :big_peace: :big_peace: :big_peace: ...
Pas launching itu kan baik proses internal ama suppliernya dikenakan target cost reduction sekian persen per tahun. CR bisa dari efisiensi proses, tp paling mudah ya dari sunat fitur mahal ganti fitur murah toh ?... Chassis tu kan hal yg paling ndak dihargai sama Average Joe, lha bikinnya kan paling ribet, high tensile steel itu apa ndak susah bikin dies-nya, belun mesin pressnya, abis gitu proses weldingnya, emang gas Argon tambah taun tambah murah :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: Kalo ADAS kan tinggal printilan elektronik + programming yg dibuat supplier yg bisa ditekan harganya :big_peace: :big_peace: :big_peace:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2532
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by KielConstantine »

DLM wrote: Thu May 18, 2023 13:113. Apakah selama ini mobil berplatform DNGA-B "terdiskriminasi" di mata car enthusiast, karena tidak dianggap platform Toyota betulan?
Sadly answer is yes om :big_blushing:


Kalo mau jadi orang hypocrite yah…

Ane bakal kasih usul masukan positif vibes sgala macem buat nebus ini yarcrot buat calon2 consumen yg nanya bikin thread di forum “punya budget segini mau beli ini (yarcrot) vs itu (kompetitor)” .
Dengan segala kelebihan fitur; tampang keren; easy to maintain khas toyota & resale value you named it lah .
Yang balik lg smua diatas kesukaan market khas asean third world

Tapi misal buat ane pake sendiri, kalo punya budget yg sama. Kg bakal pilih ini benda :mrgreen:

Kaya kejadian yg dulu2, pas mobcin menggempur. You name it vvuling si kelelawar. Banyak yg nyaranin beli itu. Valuenya dapet, fitur komplit plitplit harga murah. Tapi yg kasih saran belinya avanza :wkkk:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by kunaskun »

KielConstantine wrote: Sun May 21, 2023 7:56 Sadly answer is yes om :big_blushing:


Kalo mau jadi orang hypocrite yah…

Ane bakal kasih usul masukan positif vibes sgala macem buat nebus ini yarcrot buat calon2 consumen yg nanya bikin thread di forum “punya budget segini mau beli ini (yarcrot) vs itu (kompetitor)” .
Dengan segala kelebihan fitur; tampang keren; easy to maintain khas toyota & resale value you named it lah .
Yang balik lg smua diatas kesukaan market khas asean third world

Tapi misal buat ane pake sendiri, kalo punya budget yg sama. Kg bakal pilih ini benda :mrgreen:

Kaya kejadian yg dulu2, pas mobcin menggempur. You name it vvuling si kelelawar. Banyak yg nyaranin beli itu. Valuenya dapet, fitur komplit plitplit harga murah. Tapi yg kasih saran belinya avanza :wkkk:
netijen mendang mending detected :big_biglaugh: :ungg:

semua pada ngeledekin, ga taunya Yaris Cross GR Indonesia Edition itu dapet handling retune juga kaya Agya GR, pas dipake pada kasih review positif... :big_smoking: pas ngolong pada kicep liat ada anti sway bar, sokbreker, per, brake kit ada logo GR, ban pakenya hi performance :big_smoking:

kalopun kejadian tetep aja si, DNGA... :big_biglaugh: mendin si ini si itu.. padahal yang kaya gitu naeknya tetep papanja 2005 :big_think:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1631
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by darrelund »

kunaskun wrote: Sun May 21, 2023 10:52
semua pada ngeledekin, ga taunya Yaris Cross GR Indonesia Edition itu dapet handling retune juga kaya Agya GR, pas dipake pada kasih review positif... :big_smoking: pas ngolong pada kicep liat ada anti sway bar, sokbreker, per, brake kit ada logo GR, ban pakenya hi performance :big_smoking:

kalopun kejadian tetep aja si, DNGA... :big_biglaugh: mendin si ini si itu.. padahal yang kaya gitu naeknya tetep papanja 2005 :big_think:
nitijen mana peduli, katanya malah bisa modip sendiri :big_biglaugh:

tapi oe jujur sih gap di agya GR itu agak terlalu besar ya, sampe 70jt. jelas tim mendang mending treak :big_biglaugh:

cuma klo emg bener yarcross mid trim hibrid -> GRS gap hanya 10jt spt di post tsb sih valuenya gacor jg :big_biglaugh:

sampe ada protes overprice seh kebangetan :big_biglaugh:

kabarnya kan type S 400an, GRS 450-460an

tinggal HPM linglung mau pasang HRV hibrid di harga brp :big_biglaugh:

User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1631
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by darrelund »

Suryaputra wrote: Sun May 21, 2023 5:18 Welcome to DNGA World :big_peace:

Image

Sumur: https://finance.yahoo.com/news/japans-t ... 34270.html
untung grgr side pole sebelah, dan hanya secara "prosedur" aja

coba klo ud prosedur salah, dan ternyata struktur sasisnya beneran "faulty"

alamat recall sampe muntah :big_biglaugh:

untungnya lagi kejadian di third world country

coba klo diluar ASEAN

bisa dihajar ke meja hijau itu, aplg yg dulu mounting suspensi jebol [emo-police]
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1631
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by darrelund »

KSG88 wrote: Sun May 21, 2023 6:54 Kalo ngikutin kepentingan bisnis, kualitas kalah supaya ngeker kuantitas itu biasa. Ibarat zaman sekarang kenapa fast food dan fast drink lebih laku walaupun kita tahu itu tidak sehat.

Fast food laris manis dimana mana walaupun kandungan gizi minim.

Fast drink muncul berbagai rupa padahal intinya jual air dikasi es sama gula. Baik di outlet maupun di mini market.

Ujungnya kan market yg memilih demikian
bener um, sayangnya nitijen onlen mana paham

ujungnya ya konsumen minta baru dikasih

kyk ADAS kan dari dulu honda sempet masupin di accord CR, gada yg beli

hibrid jg, dari jaman jebot dulu toyota ud masukin, gada yg beli

klo gada yg beli ya ngapaen dijual :big_biglaugh:

makanya skrg aja nih padat fitur krn emg riil konsumennya minta, mungkin faktor demografi customernya geser ke yg lebih muda
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1631
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by darrelund »

lawyerone wrote: Sat May 20, 2023 5:43
darrelund wrote: Fri May 19, 2023 4:13
Suryaputra wrote: Fri May 19, 2023 3:36
kayanya hal hal teknis spt ini adalah info rahasia, gak mungkin dibuka (disclose) oleh mereka
biar satu suara dgn Marketing nya :big_peace:

krn orang kan bawa mobil gak dipush to limit,
fungsinya org beli mobil ngincer fitur, comfort dan yg penting fungsional

hanya bbrp pabrikan yg masih mempertahankan driving dynamics, spt mazda, biem, dan sejenis :upss:

klo dibilang jarang push limit, oe rasa 99% user mobil jg gitu um

itu yg pakai mazda "jinba ittai" seberapa sering usernya bawa nekuk" di tikungan? oe rasa hanya segelintir saja

dan toyota jg sebenernya masi perhatiin fun to drive klo oe liat, itu marketing TNGA aja yg dibahas body & chassis rigidity terus :big_biglaugh:
Saya ga pernah nekuk2 di tikungan.

Tapi jujur, chassis mazda at high speed itu masih sangat rigid dan predictable. Jalan 160 di transjawabahn masih anteng, ga goyang, ga limbung, dan tetep nempel do jalan.

Misal kita bandingin sesama segmen B DNGA sekarang, rasanya jauh.

Oke, mungkin memang segmen kaki kaki pengaruh, mengingat meski Mazda cenderung lebih keras dan lebih rigid, dan mobil2 DNGA sekarang terasa banget kaki-kakinya sangat budget, tapi gabisa dipungkiri juga kalau chassis rigid pengaruh banget ketika jalan kenceng dan anginnya kenceng.

Tapi lagi, saya yakin ga banyak yang peduli untuk hal ini. Orang ketika beli mobil yang dipikirin hanya sekedar duduknya enak atau ngga (first impression), fiturnya ada apa aja, dan designnya masuk atau ngga.

Dan sebenernya lagi, ini yang lagi saya hadapin. Di segmen ini, pilihan yang ga terlalu banyak, ketika cari mobil pengganti, harus ambil yang mana. Karena lagi, pada akhirnya its a trade off. Pilihan sasis bagus, ada hal lain yang dikorbankan. Tapi di sisi lain, pilih yang lega atau fitur lebih oke, driving feelnya turun.

Just my 0.2c, cmiiw.
balik lg um, skyactiv itu platform global spt TNGA, honda architecture

jadi ya mesti berikan yg terbaik um

aplg speed limit diluar sana lebih tinggi, jelas harus stabil & predictable mobilnya

US 100-120, EU 130-140

aplg klo kyk jerman gtu, yg mobil barang aja lari 160-170 (transit, vw kombi, v class etc etc) :big_biglaugh:

pastilah standar mrk utk sasis & kaki" lebih tinggi

dan klo oe lihat sih masyarakat sana klo liat mobil emg keseluruhan packagenya (enjin, sasis, fitur etc), beda sama ASEAN umumnya yg mayoritas lihat fitur saja.
Kalau saya liat orang orang kita jarang yang mikirik driving impressionnya. Pada akhirnya ya terjebak lagi di masalah yang sama.
klo ini menurut oe sih tergantung target demografi aja um

ada yg nyari handling / nyaman/ fitur

ada yg salah satu, ada yg nyari semuanya

tapi ga dipungkiri klo emg presentasi yg hari nyaman & fitur lebih banyak drpd yg nyari handling/ bahkan semuanya
DLM
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Fri Sep 24, 2021 16:29
Location: BUMI
Daily Vehicle: Vios G

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by DLM »

darrelund wrote: Sun May 21, 2023 12:32
lawyerone wrote: Sat May 20, 2023 5:43
darrelund wrote: Fri May 19, 2023 4:13


klo dibilang jarang push limit, oe rasa 99% user mobil jg gitu um

itu yg pakai mazda "jinba ittai" seberapa sering usernya bawa nekuk" di tikungan? oe rasa hanya segelintir saja

dan toyota jg sebenernya masi perhatiin fun to drive klo oe liat, itu marketing TNGA aja yg dibahas body & chassis rigidity terus :big_biglaugh:
Saya ga pernah nekuk2 di tikungan.

Tapi jujur, chassis mazda at high speed itu masih sangat rigid dan predictable. Jalan 160 di transjawabahn masih anteng, ga goyang, ga limbung, dan tetep nempel do jalan.

Misal kita bandingin sesama segmen B DNGA sekarang, rasanya jauh.

Oke, mungkin memang segmen kaki kaki pengaruh, mengingat meski Mazda cenderung lebih keras dan lebih rigid, dan mobil2 DNGA sekarang terasa banget kaki-kakinya sangat budget, tapi gabisa dipungkiri juga kalau chassis rigid pengaruh banget ketika jalan kenceng dan anginnya kenceng.

Tapi lagi, saya yakin ga banyak yang peduli untuk hal ini. Orang ketika beli mobil yang dipikirin hanya sekedar duduknya enak atau ngga (first impression), fiturnya ada apa aja, dan designnya masuk atau ngga.

Dan sebenernya lagi, ini yang lagi saya hadapin. Di segmen ini, pilihan yang ga terlalu banyak, ketika cari mobil pengganti, harus ambil yang mana. Karena lagi, pada akhirnya its a trade off. Pilihan sasis bagus, ada hal lain yang dikorbankan. Tapi di sisi lain, pilih yang lega atau fitur lebih oke, driving feelnya turun.

Just my 0.2c, cmiiw.
balik lg um, skyactiv itu platform global spt TNGA, honda architecture

jadi ya mesti berikan yg terbaik um

aplg speed limit diluar sana lebih tinggi, jelas harus stabil & predictable mobilnya

US 100-120, EU 130-140

aplg klo kyk jerman gtu, yg mobil barang aja lari 160-170 (transit, vw kombi, v class etc etc) :big_biglaugh:

pastilah standar mrk utk sasis & kaki" lebih tinggi

dan klo oe lihat sih masyarakat sana klo liat mobil emg keseluruhan packagenya (enjin, sasis, fitur etc), beda sama ASEAN umumnya yg mayoritas lihat fitur saja.
Kalau saya liat orang orang kita jarang yang mikirik driving impressionnya. Pada akhirnya ya terjebak lagi di masalah yang sama.
klo ini menurut oe sih tergantung target demografi aja um

ada yg nyari handling / nyaman/ fitur

ada yg salah satu, ada yg nyari semuanya

tapi ga dipungkiri klo emg presentasi yg hari nyaman & fitur lebih banyak drpd yg nyari handling/ bahkan semuanya
Honda arsitektur sasisnya global semua? Bahkan yang seperti Amaze/Brio/BR-V?
DLM
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Fri Sep 24, 2021 16:29
Location: BUMI
Daily Vehicle: Vios G

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by DLM »

kunaskun wrote: Sun May 21, 2023 10:52
KielConstantine wrote: Sun May 21, 2023 7:56 Sadly answer is yes om :big_blushing:


Kalo mau jadi orang hypocrite yah…

Ane bakal kasih usul masukan positif vibes sgala macem buat nebus ini yarcrot buat calon2 consumen yg nanya bikin thread di forum “punya budget segini mau beli ini (yarcrot) vs itu (kompetitor)” .
Dengan segala kelebihan fitur; tampang keren; easy to maintain khas toyota & resale value you named it lah .
Yang balik lg smua diatas kesukaan market khas asean third world

Tapi misal buat ane pake sendiri, kalo punya budget yg sama. Kg bakal pilih ini benda :mrgreen:

Kaya kejadian yg dulu2, pas mobcin menggempur. You name it vvuling si kelelawar. Banyak yg nyaranin beli itu. Valuenya dapet, fitur komplit plitplit harga murah. Tapi yg kasih saran belinya avanza :wkkk:
netijen mendang mending detected :big_biglaugh: :ungg:

semua pada ngeledekin, ga taunya Yaris Cross GR Indonesia Edition itu dapet handling retune juga kaya Agya GR, pas dipake pada kasih review positif... :big_smoking: pas ngolong pada kicep liat ada anti sway bar, sokbreker, per, brake kit ada logo GR, ban pakenya hi performance :big_smoking:

kalopun kejadian tetep aja si, DNGA... :big_biglaugh: mendin si ini si itu.. padahal yang kaya gitu naeknya tetep papanja 2005 :big_think:
Hmmmm, just wait and see. Penasaran juga ane soal handlingnya.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by b0ku »

DLM wrote: Sun May 21, 2023 12:49 Honda arsitektur sasisnya global semua? Bahkan yang seperti Amaze/Brio/BR-V?
kalo gak salah buat yang 3rd world country pun target mereka lolos euro NCAP jd biarpun ujung2xnya gak dijual kesana designya ud prepare buat tembus market sana makanya yang di bikin ancur BQ nya, ada loh mobil BQnya bagus banget cuma sektor mesinnya ancur radiator kek wafer jazz pun tebelnya 2x lipet padahal ni mobil mobil gede, intercoller alakadarnya padahal ni mobil mesin turbonya mayan gede dan tunningannya berat dari pabrik, bahkan shock belakangnya pun kecil banget buat mobil segede gitu :mky_03:

ironisnya salah satu mobil kesayangan saya di rumah :big_bored:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by b0ku »

kunaskun wrote: Sun May 21, 2023 10:52
netijen mendang mending detected :big_biglaugh: :ungg:

semua pada ngeledekin, ga taunya Yaris Cross GR Indonesia Edition itu dapet handling retune juga kaya Agya GR, pas dipake pada kasih review positif... :big_smoking: pas ngolong pada kicep liat ada anti sway bar, sokbreker, per, brake kit ada logo GR, ban pakenya hi performance :big_smoking:

kalopun kejadian tetep aja si, DNGA... :big_biglaugh: mendin si ini si itu.. padahal yang kaya gitu naeknya tetep papanja 2005 :big_think:
sama aja om kek bakpao suspensi doank di tune ulang akhirnya makin amburadul kalo chasisnya buruk gak nolong gitu2xan :mky_07:

btw sway bar bukanya bawaan semua mobil ada soalnya saya malah tebelin swaybar di ge8 :big_think:

pajero pun di depan ada swaybarnya :big_think:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1631
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by darrelund »

DLM wrote: Sun May 21, 2023 12:49
Honda arsitektur sasisnya global semua? Bahkan yang seperti Amaze/Brio/BR-V?
jazz (GR), city HB / city (GN), hrv (RV) yg skrg pakai global small car platform om, ud masuk honda architecture global

yg 3rd world punya wrv (DG4), brio (DD), amaze (DF), brv (DG3)

enthusiast oonda mungkin bisa koreksi klo oe salah..........
Jenson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Jenson »

Mau update sedikit habis liat unit langsung. Kaget juga tetiba ada barang lagi pameran di tenda Atoyot (ntah apa strateginya promo d tempat tersembunyi gini, konon ni mobil digerek ke tpt2' berbeda dan modal towing). Overall first impression tanpa nyetir cukup ok, kabin berasa luas kaya HRV RU (jauh lebih luas dr RV). Untuk gimmick2 gausa ditanya, jempolan utk unit GR S yg ane liat. Untuk kekurangan yg kasat mata: 1. Pintu ringan banget, bahkan berasa lebih ringam dr rocky (jadi curiiga apakah ini produk crash trst tpu2) 2. Bangku belakang row 2 positioningnya aneh. Ntah kenapa agak berasa kurang enak, letak sandarannya somehow bikin pusing. Tpi konon ini masi unit prototype, smoga d mass pro diperbaiki. Oh iya konon d versi mass pro dash mau dirubah,. Ntah apa yg mau disunat
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by kunaskun »

darrelund wrote: Sun May 21, 2023 12:06
nitijen mana peduli, katanya malah bisa modip sendiri :big_biglaugh:

tapi oe jujur sih gap di agya GR itu agak terlalu besar ya, sampe 70jt. jelas tim mendang mending treak :big_biglaugh:
:big_biglaugh: ya tipikal netijen mendang mending yg ga akan beli kaya gitu :big_biglaugh:
Agya GR selisih 70 jt si mendingan beneran daripada Brio RS, dikasih FL malah kaya kasih jalan ke Agya GR... :big_biglaugh:

DLM wrote: Sun May 21, 2023 12:51
Hmmmm, just wait and see. Penasaran juga ane soal handlingnya.
jangan diharapkan banyak2.. :big_biglaugh:
b0ku wrote: Sun May 21, 2023 13:05 sama aja om kek bakpao suspensi doank di tune ulang akhirnya makin amburadul kalo chasisnya buruk gak nolong gitu2xan :mky_07:

btw sway bar bukanya bawaan semua mobil ada soalnya saya malah tebelin swaybar di ge8 :big_think:

pajero pun di depan ada swaybarnya :big_think:
yaris bakpao secara dasar udah lumayan bagus si, macem versi empuknya si Jazz, handling biasa tapi bantingan empuk larinya lumayan, ya namanya aja barang global, dikasih TRD malah ngawur... saya sempet berapa tahun icip2 tu yaris bakpao tahun 2007 type E, beli karena type itu anti gesrot, pas dilepas rada nyesel juga tapi ya ga kepake juga. :big_biglaugh:

eh iya ya anti sway bar mah di papanja 2013 juga dah ada harusnya strut bar, atau chassis bar atau apalah yg penting keren :big_smoking:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by b0ku »

kunaskun wrote: Sun May 21, 2023 17:14
:big_biglaugh: ya tipikal netijen mendang mending yg ga akan beli kaya gitu :big_biglaugh:
Agya GR selisih 70 jt si mendingan beneran daripada Brio RS, dikasih FL malah kaya kasih jalan ke Agya GR... :big_biglaugh:
ya cuma menang fitur doank om selama ini kan brio emang kagak jualan fitur :big_biglaugh:

imagenya dah kuat di dunia modifikasi banyak brio sangar bikinan sendiri banyak dikit ngaruh ke otak konsumen awam biarpun ujung2xnya yang beli juga kebanyakan cuma di pake buat kepasar beli sayur sama daging :mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by ChZ »

Harchi wrote: Sat May 20, 2023 7:48 Maksud ane di kelas yg setara mod, misal kyk yaris cross ini, atau seltos lah. Malah mesti siapin banyak jenis body parts misalnya, dsb
Biasa si gituan itu kayak dikawin campur aja platformnya sama yang model murah om.

Atawa disiapin buat pengembangan future car platform. Lazim kok ini.

Soalnya bener kan abis seltos keluar lagi sonet. Yg partnya mungkin dikit banyak sama.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by mr_mytplx »

b0ku wrote: Sun May 21, 2023 3:49
saya ud hajar sampe 170kmh on gps om bakpao on speedo keknya sekitar 180kmh mobil ancur itu :big_biglaugh:

stabil lurus doank karena revisian yang 2010an dia ganti pake suspensi keras, giliran belok zonk berasa naek mobil chasis jadul :big_biglaugh:

karena di hajar pake suspensi gerobak padahal problemnya di chasis akhirnya tambah kacau ud handling beloknya gak enak kena jalan rusak juga kagak enak bahkan saya sebagai driver pun dulu suka mual bawa tuh mobil :big_biglaugh:

sekarang ada pajero makin keliatan aja jeleknya masa muter balik manuver parkir gampangan pajero di banding bakpao :wkkk:

bahkan chasisnya pun keknya masih enakan pajero moncoque vs truck :big_biglaugh:
Om boku ud coba nyetir mobil yg pake Dnga? Kl ud pernah gmn pendapat om soal sasis ini? Bagus, cuman ok, ato kurang.

Kl di bandingkan sasis kompetitor gmn?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by ChZ »

darrelund wrote: Sun May 21, 2023 12:11
untungnya lagi kejadian di third world country

coba klo diluar ASEAN

bisa dihajar ke meja hijau itu, aplg yg dulu mounting suspensi jebol [emo-police]
di third world pada pemaaf mbah. :mky_03: apa msh ga inget beberapa kejadian memilukan otomotif yang menguap macem nissan kodok goreng ama avanza maut cipuljamil yang selalu dibilang kesalahan pengguna lalu dimaapken gitu aja ama netijen :mky_03:

klo kliennya ga ngotot macem nissan march boros sehh berakhir gitu selalu :mky_03:

klo di amerika tukang ribut semua. kerjaan lawyer laku di sono. katanya sih sampe di kereta2 ada stiker nawarin jasa lawyer dimana-mana. macem badut sulap ama sedot WC dimari wkwkwkkw

tuntut sana tuntut sini ketumpahan kopi di mcdonalds aja lawsuit eh menang dong bisa ngebuktiin kalo kopinya terlalu panas sampe bikin kulit melepuh... :big_biglaugh:
b0ku wrote: Mon May 22, 2023 1:09
ya cuma menang fitur doank om selama ini kan brio emang kagak jualan fitur :big_biglaugh:

imagenya dah kuat di dunia modifikasi banyak brio sangar bikinan sendiri banyak dikit ngaruh ke otak konsumen awam biarpun ujung2xnya yang beli juga kebanyakan cuma di pake buat kepasar beli sayur sama daging :mky_03:
yang lucu kayaknya honda nyadar kalau nggak bisa menang soal fitur dan build, makanya skrg jargon marketingnya #testdrivedulubarutahu :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7