curhat dan review singkat e87 120i

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Post Reply
theone77
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: 04 Oct 2022, 14:50
Location: jakarta

curhat dan review singkat e87 120i

Post by theone77 »

prolog

saya ingin punya weekend car, dari dan kondisinya punya 325i e46,
rusak terus, dari awal beli memang mobilnya ternyata kurang oke, habis puluhan juta, sampe bener-bener males. saya diemin beberapa tahun (saya pinjemin jadi rusak, saya taruh jadi rusak)


1. awalnya bangun lagi,
interior bisa abis 5-10jt, kaca 2-3jt,ac 3-4jt, matic 15-20jt
kaki-kaki 5-10jt, pajak 10juta....50-60jt, lalu masuk bengkel saran temen
sebagian sparepart udah dibeli, mobil dibongkar, duit masuk, mekanik kabur haha
masuk 2 mobil pula, w140 dan e46 tsb, dadah 5juta uang dp

2. beli e46 lagi,323i-318 swap, mungkin abis 60jutaan.
nyari yang interior dan exterior oke, pajak idup === sulit

3. cari 325 lagi, malah banyak sharing rawat bmw, karena saya bawa scanner

-------sudah saya mau cari mobil lain aja.
awalnya budget 70, jepangan...maticnya terlalu konvesional
naikin lagi 100, ada jepangan dan eropa usa...tertarik sama ford focus dan golf mk4-5
nanya temen2 pemain mobil dan cek parts online

waduh kok lebih mudah bmw mercy yah, barang, dan teknisinya (ya walau sebenernya mobil umum yah gitu2 aja).

-------------------
saya cari mobil relatif kecil
5-6-7 speed, matic triptronic, kalau bisa roda belakang

jazz= sulit cari barang yang sreg, kalau sreg, buka harganya ampun
golf = mk5 non gti sulit dicari, mk6 dsg mecha dryclutch tcm, waduh.
seri 1= pilihan terakhir

cuma kata seorang sahabat, "itu mobil lucu, handling enak, udah bmw serie 1 aja, langka"
saya yakin, rwd, kecil, bmw, enak banget, cari cari
dan akhirnya dapat (sebenernya masih panjang ceritanya, masuk ke bagian review aja ya)
theone77
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: 04 Oct 2022, 14:50
Location: jakarta

Re: curhat dan review singkat e87 120i

Post by theone77 »

pro dan con e87 menurut pribadi

- di e87 itu aneh, dashboardnya gk mengarah ke driver (not driver oritented)
ini bmw loh....
- jok sempit untuk orang gemuk spt saya, obesitas jangan harap nyaman
- jok gk se empuk 325, lebih dibawah 318 (e46)
- interior exterior sulit, copotannya.
- n46 rewel konon,

+enak banget buat meliuk liuk, padahal pas baru beli kaki-kaki kondisi 70%, ban tua
+suspensi buat polisi tidur, jalan lubang enak masih kerasa eropanya
+tarikan enak, karena mungkin overstroke,
+bentuk manis, suka banget.
+lebih modern interior dan exterior
+matic halus



kalau dibanding sama e46 325i enakan mana, overall enakan 325i',
klo sama 318? belom coba jalan jauh.
325i jok nyaman,suspensi enak, tenaga mantep, apalagi mau 150-220
mekanik banyak, tuning parts banyak
-----go for 325i kalau nyari bmw budget 100-200

lalu apa pro e87 ?recomended gk? iya. jika
+suka handling, jalan max 150km/h
+tampilan dan mau lebih muda

alternatif lain
kalau suka ngebut gimana? camry 3.5Q aja, tapi roda depan dan panjang lebar
or 2kd 2gd toyota no drama :mky_01: (handling enteng, kepanjangan dan body roll bujug)

atau audi a3, tipe apa gitu kawan rekomen, karena itu harga belom tergoreng jauh, mesin golf gti

====
pastikan beli mobil eropa
elektrik oke, interior oke, cat oke, ...mesin urusan 20-40jt 1bulan selesai
ngurut kabel itu sulit, kecuali ganti baru semua
interior itu sulit, dan perilahal exterior
--->cat itu masalah suka/tidak suka, juga lama dan mahal
Attachments
e87.png
WhatsApp Image 2023-05-01 at 04.59.03.jpg
WhatsApp Image 2023-05-02 at 08.11.31.jpg
theone77
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: 04 Oct 2022, 14:50
Location: jakarta

Re: curhat dan review singkat e87 120i

Post by theone77 »

maaf ya admin, saya bikin postingan ke 3

yang saya lakukan, mungkin bisa jadi masukan

1. ganti semua oli dan air
ganti oli bardahl xtc 5-40w, oli prestone gm, kuras semua
ganti oli gardan aisin

2. ganti semua filter
kalau matic, masih garansi 12rb km, karena belom lama ganti mecha, bulan 2
filter oli, filter ac, filter udara

3, rem dan kaki-kaki
disc depan belakang, +kampas ganti, kondisi jelek
ban ganti, hankook ventus prime, suka ama merk ini, value for money
kaki-kaki depan ganti semua, kecuali per, yang lama saya simpen
kaki2 belakang masih oke, mekanikny NOLAK, ganti, karena sayang kata dia
(nama mekaniknya ex avon, sutaji, klo gk salah dah keluar dia, skrg di blok m)
*yang kiri pake lemforder, kanan tecnokrat apa reddix gitu,
kiri lebih cape, jadi lebih bagus

4, tune up, dan engine
belt, busi 1 step lebih dingin, minyak rem, air wiper
isi freon, mmm apalagi ya, sampe lupa

5. pastikan aki ampere, cca nya benar, dan masa waktu
ganti aki, yang lama masih bagus, tapi dah 2tahun, lebih baik saya pindah ke mobil lain
*pengalaman ganti aki e46 ada arus bocor, 3tahun 5x per aki 1.8-2jt :mky_04:



=====================================

yang saya stok
laher depan belakang, sensor abs depan belakang, bushing belakang
pipa breather filter udara, filter udara-oli-ac
selang radiator, airmass, oil cooler,
kalau air radiator, dan oli, saya selalu stock beberapa galon, dah kayak toko haha
*ada mobil beberapa, saya males bolak balik beli

next
- shock belakang, velg ganti ke 17 forged
lowering kit= engga, jkt ngeri polisi tidurnya, dan males keras
- jok bahan kain, mau saya copot, temen rekanan vertue, mau coba atur, waktu buat retrim, sekalian masukin msport seat saya, kayaknya lebih enak
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 767
Joined: 24 Oct 2008, 11:19

Re: curhat dan review singkat e87 120i

Post by Asfur »

Akhirnya gantinya ke BMW juga, udah cucok lah om, emang begitu sih plg sip, macam sy pernah pake mersi, tadinya mau coba nyebrang ke baling2, tp krn mesti belajar lagi dari nol yah akhirnya mikir2 males lah, mending nyari mersi lagi aja setidaknya udah lbh tau bengkel dan cari2 part copotannya kalo emanng kita lg butuh.
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1286
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: curhat dan review singkat e87 120i

Post by pendoli »

Wah 120i dapet di harga berapa om? Dulu seri 1 ini banyak 116i dan 118i juga yak, ada beda selain mesin kah? Kalo ga salah 116 yg paling minim fitur yah
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
mekitokazi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 14 Jul 2014, 16:32
Daily Vehicle: BMW_E36_323i

Re: curhat dan review singkat e87 120i

Post by mekitokazi »

wah mantap ini, barang langka nih seri 1 rwd, masuk nominasi untuk pergantian e36 tuir saya ini tadinya, cuma harganya mulai merangkak naik :big_chicken:
btw ini sempet ada yang manual kan ya, mobil kecil + rwd + mt + bmw .. duh racunnn :big_love:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15911
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: curhat dan review singkat e87 120i

Post by ChZ »

wah dibuat review nya, ane reply di sini ajah wkwkwkkw.

kl pengalaman mesin 4 silinder pasti lebih responsif buat low speed. dulu pengalaman coba 318i N42 si enak enak aja kl yang M43 baru boyo wkwkwkkw. N46 harusnya lumayan buat kota kota juga power lbh gede dari N42 kan.

didandanin asik nih E87 :mky_03: kasih bodykit Mtech cakep
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2713
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: curhat dan review singkat e87 120i

Post by farizfsa »

cemplungin mesin n54 enak nih jd 135i :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
saya juga suka model ini mbl, bonnet panjang belakang kecil, kaya clown shoe Z3M coupe
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
RCMN
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: 23 Feb 2018, 15:02

Re: curhat dan review singkat e87 120i

Post by RCMN »

Duh kayaknya ini mobil pernah liat iklannya deh di marketplace online bbrp bulan lalu.
Cuma karena gak ISO, gak jadi ambil deh... naksir2 doang wkwkwk.
Congrats mobil barunya om.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4666
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: curhat dan review singkat e87 120i

Post by Pboyz97 »

nice review om. desainnya memang cukup unik & mobilnya cukup rare walaupun bagian belakangnya bukan selera semua orang (termasuk saya) hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
theone77
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: 04 Oct 2022, 14:50
Location: jakarta

Re: curhat dan review singkat e87 120i

Post by theone77 »

maaf gk bisa quote semua

sekarang malah mikir jok, kayaknya rellnya beda sama pada umunnya bmw
dan kecil dimensi dalam (mobil)

e90 seat bisa masuk gk yah

*saya ada 330i e46 seat, beda jarak rell, dan kayaknya kegedean dikit
User avatar
akbarfit
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 290
Joined: 02 Jul 2010, 22:23

Re: curhat dan review singkat e87 120i

Post by akbarfit »

lihat pertama gambarnya langsung jatuh hati karena warna biru muda nya. :big_love:
karena warnanya bukan silver sperti umumnya BMW. Bukan hitam juga.
justru warna seperti ini akan stand out setelah life cycle habis / ganti model.

Congrats om...

pertanyaan cuman 1, apakah cocok utk the first BMW? btw ini preFL / PreLCI ya om? Saya liat yg LCI bagus..
consider E46 sdh lanjut usia, selain itu serie 1 jg jarang yang punya.

adakah common parts mekanikal dan lainnya dengan BMW serie lain yang lebih banyak beredar? dg Serie 3 misalnya..
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15911
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: curhat dan review singkat e87 120i

Post by ChZ »

akbarfit wrote: 08 Jun 2023, 08:17 lihat pertama gambarnya langsung jatuh hati karena warna biru muda nya. :big_love:
karena warnanya bukan silver sperti umumnya BMW. Bukan hitam juga.
justru warna seperti ini akan stand out setelah life cycle habis / ganti model.

Congrats om...

pertanyaan cuman 1, apakah cocok utk the first BMW? btw ini preFL / PreLCI ya om? Saya liat yg LCI bagus..
consider E46 sdh lanjut usia, selain itu serie 1 jg jarang yang punya.

adakah common parts mekanikal dan lainnya dengan BMW serie lain yang lebih banyak beredar? dg Serie 3 misalnya..
E87 banyak sharing parts dgn E90. mesin transmisi sih aman. basically E87 kan E90 compact, gantinya seri-3 compact :mky_03:

first BMW ini bisa diliat dari 2 sisi.

kalau sdh pegang generasi 2004 ke atas (E90/E60/E87/dst) pegang generasi sblmnya dan setelahnya akan lebih mudah :mky_03: gen sblmnya lebih sederhana, gen setelahnya lbh refined secara mekanikal alias less mechanical problems biarpun electrical gremlins nya lebih banyak :mky_03: rasa "belajar" nya lbh banyak langsung level medium to hard :mky_03:

tp kalau first BMW diliat dari ingin belajar belajar iseng ga makan waktu dan biaya ya seringnya gen E36/E46 lbh disarankan terutama mesin 6-silinder lbh robust sistem pendinginannya. nggak terlalu kaget kalo habis pindah dari jepangan.

E39 jg ok lbh kuat dari E46 tapi lbh jarang biasa krn faktor ukuran dan bbrp partsnya lebih mahal.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
theone77
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: 04 Oct 2022, 14:50
Location: jakarta

Re: curhat dan review singkat e87 120i

Post by theone77 »

maaf baru balas
Asfur wrote: 11 May 2023, 08:36 Akhirnya gantinya ke BMW juga, udah cucok lah om, emang begitu sih plg sip, macam sy pernah pake mersi, tadinya mau coba nyebrang ke baling2, tp krn mesti belajar lagi dari nol yah akhirnya mikir2 males lah, mending nyari mersi lagi aja setidaknya udah lbh tau bengkel dan cari2 part copotannya kalo emanng kita lg butuh.
setau saya, kalau merc misal w211, dia fiturnya mirip e39 (bmw selangkah lebih maju untuk fitur aka ribetnya)
pendoli wrote: 11 May 2023, 09:23 Wah 120i dapet di harga berapa om? Dulu seri 1 ini banyak 116i dan 118i juga yak, ada beda selain mesin kah? Kalo ga salah 116 yg paling minim fitur yah
kurleb 140-150, jangan seri 116 om, mesinnya gk ada subtitusi. kalau 118i kayaknya gk masuk indo, dan power dibawah 120i
lalu fitur, semakin tinggi cc, biasanya fitur semakin lengkap
mekitokazi wrote: 11 May 2023, 09:31 wah mantap ini, barang langka nih seri 1 rwd, masuk nominasi untuk pergantian e36 tuir saya ini tadinya, cuma harganya mulai merangkak naik :big_chicken:
btw ini sempet ada yang manual kan ya, mobil kecil + rwd + mt + bmw .. duh racunnn :big_love:
kayaknya yang masuk indo, gk ada manual. dan jangan convert ke manual
baca2 dari Ftimoty quora, partsnya itu sulit yang manual
ChZ wrote: 11 May 2023, 10:07 wah dibuat review nya, ane reply di sini ajah wkwkwkkw.

kl pengalaman mesin 4 silinder pasti lebih responsif buat low speed. dulu pengalaman coba 318i N42 si enak enak aja kl yang M43 baru boyo wkwkwkkw. N46 harusnya lumayan buat kota kota juga power lbh gede dari N42 kan.

didandanin asik nih E87 :mky_03: kasih bodykit Mtech cakep
saya coba 325i saya,
dan saya dah coba pasang ground dibeberapa titik mesin e87 ini, (bikin sendiri, brand sendiri),
lalu velg depan hsr 7.5 belakang te37 subaru (adaptor sarinande)-17
pasang air filter beli ebay uk, sponge
dah pasang chip2 apagitu yang ke airmass
enakan 325 tarikannya (apa karena dah remap ya, padahal airmas karetnya bocor)
farizfsa wrote: 11 May 2023, 11:11 cemplungin mesin n54 enak nih jd 135i :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
saya juga suka model ini mbl, bonnet panjang belakang kecil, kaya clown shoe Z3M coupe
udah itung, mendingan ganti mobil ahahaha, masalahnya, nanti wiring, shock, dan brake set gk mumpuni
RCMN wrote: 11 May 2023, 14:09 Duh kayaknya ini mobil pernah liat iklannya deh di marketplace online bbrp bulan lalu.
Cuma karena gak ISO, gak jadi ambil deh... naksir2 doang wkwkwk.
Congrats mobil barunya om.
thx om
Pboyz97 wrote: 12 May 2023, 16:38 nice review om. desainnya memang cukup unik & mobilnya cukup rare walaupun bagian belakangnya bukan selera semua orang (termasuk saya) hehehe
lama2 bersama = lama2 cinta eaaa hahaha
theone77
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: 04 Oct 2022, 14:50
Location: jakarta

Re: curhat dan review singkat e87 120i

Post by theone77 »

akbarfit wrote: 08 Jun 2023, 08:17 lihat pertama gambarnya langsung jatuh hati karena warna biru muda nya. :big_love:
karena warnanya bukan silver sperti umumnya BMW. Bukan hitam juga.
justru warna seperti ini akan stand out setelah life cycle habis / ganti model.

Congrats om...

pertanyaan cuman 1, apakah cocok utk the first BMW? btw ini preFL / PreLCI ya om? Saya liat yg LCI bagus..
consider E46 sdh lanjut usia, selain itu serie 1 jg jarang yang punya.

adakah common parts mekanikal dan lainnya dengan BMW serie lain yang lebih banyak beredar? dg Serie 3 misalnya..
terima kasih, pre-fl om, lci gk banyak masuk indo seri ini
dan baru ketemu mekanik, blgnya gini
"kalau lci itu bagus, pada jamannya, kalau skrg pasti sudah harus siap overhaul, nah lci itu lebih mahal cost untuk rebuilt"

sama plek, karena e90 dipotong = e87, cuma interiornya yang pr, saya pun skrg lagi hunting2 dari LN, klo dalam negri angkat tangan

-----
ChZ wrote: 08 Jun 2023, 09:29
akbarfit wrote: 08 Jun 2023, 08:17 lihat pertama gambarnya langsung jatuh hati karena warna biru muda nya. :big_love:
karena warnanya bukan silver sperti umumnya BMW. Bukan hitam juga.
justru warna seperti ini akan stand out setelah life cycle habis / ganti model.

Congrats om...

pertanyaan cuman 1, apakah cocok utk the first BMW? btw ini preFL / PreLCI ya om? Saya liat yg LCI bagus..
consider E46 sdh lanjut usia, selain itu serie 1 jg jarang yang punya.

adakah common parts mekanikal dan lainnya dengan BMW serie lain yang lebih banyak beredar? dg Serie 3 misalnya..
E87 banyak sharing parts dgn E90. mesin transmisi sih aman. basically E87 kan E90 compact, gantinya seri-3 compact :mky_03:

first BMW ini bisa diliat dari 2 sisi.

kalau sdh pegang generasi 2004 ke atas (E90/E60/E87/dst) pegang generasi sblmnya dan setelahnya akan lebih mudah :mky_03: gen sblmnya lebih sederhana, gen setelahnya lbh refined secara mekanikal alias less mechanical problems biarpun electrical gremlins nya lebih banyak :mky_03: rasa "belajar" nya lbh banyak langsung level medium to hard :mky_03:

tp kalau first BMW diliat dari ingin belajar belajar iseng ga makan waktu dan biaya ya seringnya gen E36/E46 lbh disarankan terutama mesin 6-silinder lbh robust sistem pendinginannya. nggak terlalu kaget kalo habis pindah dari jepangan.

E39 jg ok lbh kuat dari E46 tapi lbh jarang biasa krn faktor ukuran dan bbrp partsnya lebih mahal.
setuju, e46 aja, 325i, jangan 318, harga parts sudah turun, dibanding 5-7tahun terakhir
dulu 2017 beli airmass, 1.8-2.5, selang2 seperator 1.5jt, skrg banyak varian parts harga bersaing,
turun matic, jaman itu rata2 18-25jt, skrg kampas paking set, cuma 2.6-4jt, kena jasa naik turun matic 2jt (tergantung bengkel)
dan tanya mekanik, mau naik turun subframe = 750, dulu pada minta 2jt
mungkin skrg banyak yang bisa kali ya,

go for e46 325i...or both
Attachments
Gambar WhatsApp 2024-07-09 pukul 08.28.18_7248d8a6.jpg
Gambar WhatsApp 2024-07-09 pukul 08.22.35_ef5b3e0b.jpg
Gambar WhatsApp 2024-07-09 pukul 08.22.00_0200f74a.jpg
Gambar WhatsApp 2024-07-09 pukul 08.20.58_adc0d3a8.jpg
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2713
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: curhat dan review singkat e87 120i

Post by farizfsa »

theone77 wrote: 09 Jul 2024, 08:47
akbarfit wrote: 08 Jun 2023, 08:17 lihat pertama gambarnya langsung jatuh hati karena warna biru muda nya. :big_love:
karena warnanya bukan silver sperti umumnya BMW. Bukan hitam juga.
justru warna seperti ini akan stand out setelah life cycle habis / ganti model.

Congrats om...

pertanyaan cuman 1, apakah cocok utk the first BMW? btw ini preFL / PreLCI ya om? Saya liat yg LCI bagus..
consider E46 sdh lanjut usia, selain itu serie 1 jg jarang yang punya.

adakah common parts mekanikal dan lainnya dengan BMW serie lain yang lebih banyak beredar? dg Serie 3 misalnya..
terima kasih, pre-fl om, lci gk banyak masuk indo seri ini
dan baru ketemu mekanik, blgnya gini
"kalau lci itu bagus, pada jamannya, kalau skrg pasti sudah harus siap overhaul, nah lci itu lebih mahal cost untuk rebuilt"

sama plek, karena e90 dipotong = e87, cuma interiornya yang pr, saya pun skrg lagi hunting2 dari LN, klo dalam negri angkat tangan

-----
ChZ wrote: 08 Jun 2023, 09:29
akbarfit wrote: 08 Jun 2023, 08:17 lihat pertama gambarnya langsung jatuh hati karena warna biru muda nya. :big_love:
karena warnanya bukan silver sperti umumnya BMW. Bukan hitam juga.
justru warna seperti ini akan stand out setelah life cycle habis / ganti model.

Congrats om...

pertanyaan cuman 1, apakah cocok utk the first BMW? btw ini preFL / PreLCI ya om? Saya liat yg LCI bagus..
consider E46 sdh lanjut usia, selain itu serie 1 jg jarang yang punya.

adakah common parts mekanikal dan lainnya dengan BMW serie lain yang lebih banyak beredar? dg Serie 3 misalnya..
E87 banyak sharing parts dgn E90. mesin transmisi sih aman. basically E87 kan E90 compact, gantinya seri-3 compact :mky_03:

first BMW ini bisa diliat dari 2 sisi.

kalau sdh pegang generasi 2004 ke atas (E90/E60/E87/dst) pegang generasi sblmnya dan setelahnya akan lebih mudah :mky_03: gen sblmnya lebih sederhana, gen setelahnya lbh refined secara mekanikal alias less mechanical problems biarpun electrical gremlins nya lebih banyak :mky_03: rasa "belajar" nya lbh banyak langsung level medium to hard :mky_03:

tp kalau first BMW diliat dari ingin belajar belajar iseng ga makan waktu dan biaya ya seringnya gen E36/E46 lbh disarankan terutama mesin 6-silinder lbh robust sistem pendinginannya. nggak terlalu kaget kalo habis pindah dari jepangan.

E39 jg ok lbh kuat dari E46 tapi lbh jarang biasa krn faktor ukuran dan bbrp partsnya lebih mahal.
setuju, e46 aja, 325i, jangan 318, harga parts sudah turun, dibanding 5-7tahun terakhir
dulu 2017 beli airmass, 1.8-2.5, selang2 seperator 1.5jt, skrg banyak varian parts harga bersaing,
turun matic, jaman itu rata2 18-25jt, skrg kampas paking set, cuma 2.6-4jt, kena jasa naik turun matic 2jt (tergantung bengkel)
dan tanya mekanik, mau naik turun subframe = 750, dulu pada minta 2jt
mungkin skrg banyak yang bisa kali ya,

go for e46 325i...or both
cakep om mobilnya dan interiornya.

wondering, kalo swap mesin n52 6 silinder nya udh ada yg pernah blm ya.. pasti enak tu kali jadi 130i
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
theone77
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: 04 Oct 2022, 14:50
Location: jakarta

Re: curhat dan review singkat e87 120i

Post by theone77 »

farizfsa wrote: 09 Jul 2024, 09:19
theone77 wrote: 09 Jul 2024, 08:47
akbarfit wrote: 08 Jun 2023, 08:17 lihat pertama gambarnya langsung jatuh hati karena warna biru muda nya. :big_love:
karena warnanya bukan silver sperti umumnya BMW. Bukan hitam juga.
justru warna seperti ini akan stand out setelah life cycle habis / ganti model.

Congrats om...

pertanyaan cuman 1, apakah cocok utk the first BMW? btw ini preFL / PreLCI ya om? Saya liat yg LCI bagus..
consider E46 sdh lanjut usia, selain itu serie 1 jg jarang yang punya.

adakah common parts mekanikal dan lainnya dengan BMW serie lain yang lebih banyak beredar? dg Serie 3 misalnya..
terima kasih, pre-fl om, lci gk banyak masuk indo seri ini
dan baru ketemu mekanik, blgnya gini
"kalau lci itu bagus, pada jamannya, kalau skrg pasti sudah harus siap overhaul, nah lci itu lebih mahal cost untuk rebuilt"

sama plek, karena e90 dipotong = e87, cuma interiornya yang pr, saya pun skrg lagi hunting2 dari LN, klo dalam negri angkat tangan

-----
ChZ wrote: 08 Jun 2023, 09:29

E87 banyak sharing parts dgn E90. mesin transmisi sih aman. basically E87 kan E90 compact, gantinya seri-3 compact :mky_03:

first BMW ini bisa diliat dari 2 sisi.

kalau sdh pegang generasi 2004 ke atas (E90/E60/E87/dst) pegang generasi sblmnya dan setelahnya akan lebih mudah :mky_03: gen sblmnya lebih sederhana, gen setelahnya lbh refined secara mekanikal alias less mechanical problems biarpun electrical gremlins nya lebih banyak :mky_03: rasa "belajar" nya lbh banyak langsung level medium to hard :mky_03:

tp kalau first BMW diliat dari ingin belajar belajar iseng ga makan waktu dan biaya ya seringnya gen E36/E46 lbh disarankan terutama mesin 6-silinder lbh robust sistem pendinginannya. nggak terlalu kaget kalo habis pindah dari jepangan.

E39 jg ok lbh kuat dari E46 tapi lbh jarang biasa krn faktor ukuran dan bbrp partsnya lebih mahal.
setuju, e46 aja, 325i, jangan 318, harga parts sudah turun, dibanding 5-7tahun terakhir
dulu 2017 beli airmass, 1.8-2.5, selang2 seperator 1.5jt, skrg banyak varian parts harga bersaing,
turun matic, jaman itu rata2 18-25jt, skrg kampas paking set, cuma 2.6-4jt, kena jasa naik turun matic 2jt (tergantung bengkel)
dan tanya mekanik, mau naik turun subframe = 750, dulu pada minta 2jt
mungkin skrg banyak yang bisa kali ya,

go for e46 325i...or both
cakep om mobilnya dan interiornya.

wondering, kalo swap mesin n52 6 silinder nya udh ada yg pernah blm ya.. pasti enak tu kali jadi 130i
sempet kepikiran, tapi rasanya ganti full set semua bisa habis 150-250jt
mesin, gearbox, wiring, kaki2, rem, dll. lalu fitur2 di dashboard, ndak sama . lama2 swap mobil wkekek
*apalagi sasis, takutnya gk sama, walau bentuk plek, reinforce dll nya

e87 klo speeeding 120-150, ganti lane, saya merasa gk nyaman, kayak goyang2
*udah pasang swaybar depan, dan swaybar belakang (bawah) ganti

e46 325i aja hehe
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post