Mobil / motor near zero depreciation

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil / motor near zero depreciation

Post by ChZ »

deddytok wrote: Fri May 12, 2023 13:25 Kalo Honda mFreed termasuk nahan gak sih harga seken nya..
lucunya JDM van macem freed dan sienta, waktu barunya ngga dibeli orang karna mahal banget seharga truck berkabin idaman orang indo.

tapi giliran seken diburu banget karna banyak yang pengen 7seater garasinya pas-pasan ga bisa muat kijang.

perawatan juga mudah banyak common dgn GE8.

udah gitu sekarang freed lemot bin boros udah banyak obatnya. remap remap uda banyak. sienta yang blom ada obatnya, ecu 2nr blom bisa di remap.

temen ane msh piara freed 2010 dia ogah ngejual ud terlalu dioprek. wakakkakaka. gw berasanya tuh mobil baru terus krn dia beli dari baru. pdhl emang koleksi di rumahnya tua-tua cuma barusan angkut odyssey RC bwt nyokapnya :upss:

honda lineups jadul itu lucu lucu sayang kurang diserap market macem stream ma odyssey krn selalu bandingannya kijang :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Mobil / motor near zero depreciation

Post by r1409 »

harga seken sekarang udah ga ngotak krn barunya naik gila, dan price setternya adalah para showroom di o-el-ex krn org sekarang cek harga seken pasti langsung buka disana. harga ngikutin harga baru yg selalu naik ngawur, biang keladinya adalah astra group sebagai market leader yg tiap facelift model dengan printilan yg mungkin harganya cuma 5-10jt, tapi price up nya bisa sampe 20jt. jadi merk lain pada ngikut untuk mengimbangi harganya.

lha gimana tidak, calya G AT yg dulu ga sampe 150jt, sekarang udah tembus 180jt dengan perubahan yg paling ketara bisa dibilang hanya di desain bemper dan lampu depan. tidak ada upgrade yg terasa di pemakaian. wuling confero yg dulu versi termurah di sby bisa dapet 130jt, sekarang 150jt aja harus ajuin dulu ke kantor. brio LCGC nyundul 200jt. otomatis para pedagang seken juga up harga, kalo pembeli protes kenaikan harga tinggal bilang "ya silakan beli baru aja coba liat harga barunya sekarang".

nyari yg near zero depreciation lebih cocok dari harga seken ke seken, jadi mobil yg beli seken harganya berapa waktu dijual lagi bisa berapa.

kalau kasus saya sih panther GT 2008 dulu beli seken, kondisi mesin ada rembesan oli dikit, km 130rb, harga 138jt.
sy pake 4 taun, jual di km 220rb dengan kondisi mesin ngobos parah, pajak mati 3 taun, jual di 118jt, cuma rugi 20jt sedangakan nilai pajak 3 taun 9jt, kalau biaya restorasi mesin dan turbo 15-20jt ya sama aja untung pemakaian.
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: Mobil / motor near zero depreciation

Post by black2345 »

Mobil depresiasi rendah = demand-nya banyak, dengan catatan perlu ditunggu >5th agar harga pasarnya stabil kembali, krn menurut kesotoy-an ane, depresiasi mobil terbesar itu ada di th 1-3. Krn rata2 org jual krn uda bosen atau upgrade ke mobil yg lain, dimana rata2 kenaikan mobil dgn tipe & jenis yg sama 1-3th kedepan itu ga banyak (rata2 naek 10-15jt per th)

Dulu ada agya trd s a/t gen awal beli di harga 124,5jt (otr sby) dipakai 5th laku 115jt. Per th depresiasinya 1,9jt. Kenceng nggak, nyaman nggak, irit nggak padahal.. wkwkwk
Tapi ya mau gmn lagi, mobil rawatan auto2k dari brojol & ga pernah laka, serta harga baru agya tipe yg sama uda nyentuh 160-an waktu itu, jd wajar aja harga pasar yg kebentuk masih tinggi
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Mobil / motor near zero depreciation

Post by Pboyz97 »

Miracle9000 wrote: Thu May 11, 2023 4:55 paling sakti ya innova 2kd, malah naik harganya. sekarang aja udah tembus 200-an harga sekennya. 2 taun lalu 180 dapet wkwk.
karena peminatnya di daerah masih banyak, disana bisa setara or melebihin reborn harga sekennya, apalagi yg matic :big_biglaugh:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV