600jutaan untuk mobil seumur hidup

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup

Post by krniawnhdr »

fl4b1e wrote: Mon May 01, 2023 5:56 saya suggest:
1. Zenix hybrid, ?terserah V atau Q) mrn monovoque, hybrid dan bagasi luas tuk siap kursi roda masuk bagasi, sama vagasi dah rata lantai kalau2 ortu perlu masuk mobil pakai tandu pas afa lenyakit parah ( pengalaman pribafi dulu, pas susah dpt ambulan. Tandu masuk mobil yg bagasi raya lantai).

2. Voxy jTau Serena juga bisa karena ramah tuk kaum elderly tuk masuk keluar mobil). Tapi jujur. saya ragu yg terkait dsma power dliding door tuk 10 tahunan. Lebih duka Zenix krn ga PSD dan hybrid.

3. Yq altetnatif hybrid yg lain ya Corolla Cross Hybrid. tapi kelrmahannya, ga selega Zenix hybrid tapi lebih sigap kalau bawa sendiri.

Kenapa hybrid? Saya takut akan potensi pajak emisi kedepannya, makanya pikih hybrid Toyota yv reliable, serta perawstan juga ga sneh2.. garansi juga panjang.

Krnapa va EV,, krn prmakaian mnrt TS jangka panjang harga EV yv sesua demgani k4bufuhan TS masih tinggi.

Kenapa va diesel, jangka panjang, harga DEX mahal, jadi hybrid aja cukupllah.. sama2 irit kok.
go for VOXY atau santa fe gasoline.
btw jangan ragu sama PSD. sienta istri umur mau 7 tahun masih lancar jaya PSD nya. ngga pernah ada kasus aneh2..
yang penting di maintain rajin semprot pake silicone spray di railingnya. hehe
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup

Post by mike22 »

Kalau gamasalah sedan, sy sarankan camry 2.5 .
Platform TNGA nya yg jadi point krusial, dan designnya juga timeless. Atau mau brand new altis juga oke banget.
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05

Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup

Post by hosea »

krniawnhdr wrote: Tue May 02, 2023 6:16
hosea wrote: Tue May 02, 2023 4:38 Sebagai user Santa Fe Gasoline , menurut saya mobil ini ok. Ga pernah rewel, after sales service sih standard ya, memang montirnya ga begitu expert tapi klaim garansi nya cepet sih.

Keluhan saya hanya audio standarnya kurang sip untuk mobil 500 jutaan (saya beli thn 2019 harga 515 ).

Tenaga OK, transmini 6 AT konvensional bandel, interior mewah. Suspensi nyaman, kabin luas.
om, dalkot dan lukot, konsumsinya so far di angka berapa om?
kalau perbandingan dengan innova reborn bensin, cost of ownershipnya jauh ngga selisihnya om? asumsi sama2 isi pertamax...hehe
Kalau innnova reborn saya belum pernah pakai ya.
Santa fe bensin nya 8‐10 km/l dalkot. Luar kota bisa 12-13 an. Pakai pertamax.

Sejauh ini sudah hampir 4 tahun ga pernah jajan apapun hanya ganti oli dan busi saja.
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup

Post by vulvy8858 »

Nifty917 wrote: Mon May 01, 2023 1:18 Jadi ceritanya bokap ane sebentar lagi pensiun dan rencananya CRV Turbo Prestige tahun 2018 ini mau diremajakan lalu setelah ini katanya gak akan ganti mobil lagi alias mobil yang ada dirawat serusaknya aja.

Crv ini review singkat ane:
+handling oke lumayan fun to drive
+mesin powerful + CVT yang agak lemot malah pas untuk smooth driving berasa effortless tiba2 kenceng aja
+secara kenyamanan no complain (kursi penumpang, suspensi)
- road noise
- build quality ancur, panel gap berantakan dan yang paling ganggu interior banyak bunyi2. Armrest depan, panel pintu dan kursi belakang terutama. Intinya yang bikin gak betah mobil ini adalah setiap lewat polisi tidur serba bunyi kriet2 dan sepertinya kaki2 juga udah mulai agak2. Oh iya rack steer juga baru ganti.

Sementara ini ane baru nemu 2 pilihan:

Santafe Gasoline Prime:
concernnya apakah worth nambah sekitar 200jt cuma sekedar sidegrade aja? Secara kelas hampir sama. Lalu bagaimana dengan reliabilitynya? Diatas kertas sih mesin NA + AT konven sepertinya cocok untuk jangka panjang. Lalu build quality dan NVH beda jauh sama crv ini gk ya? Aftersales sepertinya cukup menjanjikan sih. Oh iya tenaga kalah jauh gak sih dari CRV turbo?

BMW X1 2020:
Agak khawatir keawetan DCTnya dan kalo macet tersendat2 gak ya? Kira2 apa cocok untuk jangka panjang? Secara ini mobil entry level pasti kualitasnya beda dengan seri 3 atau c class keatas.

Kebutuhan:
-Keperluannya adalah SUV minimal 5 seater yang agak luas, untuk dipake tiap hari dan kemana aja.
-Sering dipake macet2an di Jakarta dan juga jalan2 ke jawa timur lewat transjawa dua bulan sekali.
-Wajib reliable dan aftersales terjamin karena akan jadi mobil terakhir jadi setelah 10 tahunpun tetep enak dipake.
-mobil diesel apalagi ladder frame coret karena udah ada fortuner vnt dan keluarga gak ada yang suka :big_peace: karena berat, limbung dan mahalnya dex, walau patut diakui sih badaknya udah 8 tahun no trouble sama sekali.

Kira2 gimana para suhu antara dua mobil ini mana yang lebih worth, atau ada opsi lain yang lebih worth lagi? Memang agak berat sih kalo nyari yang lebih baik dari crv secara dia barunya 660jt :big_cry:, apa mending tetap dirawat aja CRV ini mungkin dibenerin satu2 penyebab bunyi2annya :big_childish:
melihat kebutuhan dan kekhawatiran dan pemikirannya,,
kalau cari yang agak luas, siap perang, siap amprak amprakan, siap dipakai kemana saja dan kapan saja, reliable dan terjamin,
bukan ladder frame, bukan diesel, bukan mobil yang berat limbung dan bisa dipaksa oktan seadanya,

Innova Zenix Non HV
ambil seri G

kalkulator saya bilang ini mobil sangat amat worthed wakkwakkwkawkak

alesan:
1. ga banyak fitur = ga banyak rusak
2. ga banyak fitur = ga banyak rattle
3. saya pake yang HV, 0 ke 140 sih effortless sekali,
perna coba yang non-HV, 0 ke 100 nya juga masih di bawah 12 detik.
ga semenyebalkan 2KD maupun 2GD dalam kondisi standar.
4. handling, braking, dan feedback setir uda enak, uda ga terlalu berasa bawa mobil gede.
5. road noise jauh lebih baik dari Reborn apalagi dari KD.

selama ga bermasalah dengan emblem Kijang setelah pakai mobil yang grade nya diatas Kijang, Zenix seri G ini oke banget kok wkwkwkwkwk.
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup

Post by zzzprince »

Vote srz brand new pak

Kalah di FC aja, tapi udah teruji Medan Arab 999.999 km masih gelinding
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 583
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup

Post by timbermaniac123 »

Nifty917 wrote: Mon May 01, 2023 1:18

Kebutuhan:
-Keperluannya adalah SUV minimal 5 seater yang agak luas, untuk dipake tiap hari dan kemana aja.
-Sering dipake macet2an di Jakarta dan juga jalan2 ke jawa timur lewat transjawa dua bulan sekali.
-Wajib reliable dan aftersales terjamin karena akan jadi mobil terakhir jadi setelah 10 tahunpun tetep enak dipake.
-mobil diesel apalagi ladder frame coret karena udah ada fortuner vnt dan keluarga gak ada yang suka :big_peace: karena berat, limbung dan mahalnya dex, walau patut diakui sih badaknya udah 8 tahun no trouble sama sekali.
ini mah jawabannya zenix hybrid. kalau ga mau nambah banyak yang G sudah cukup. Ada dana lebih anggepan buat cadangan suatu waktu ganti baterai aja.

Intinya si semaikin mobil mainstream / banyak di jalanan. Makin banyak sparepart aftermarket / bengkel yang bisa handle di 10-20 tahun ++

Saya ga yakin mobil korea bakalan berlimpah sparepartnya. Sekarang aja lagi heboh hyundai bisa indent sparepart sampe berbulan2. Apalagi brand kaya kia.
Nifty917
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Tue Jan 25, 2022 13:22

Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup

Post by Nifty917 »

vulvy8858 wrote: Fri May 05, 2023 6:35
melihat kebutuhan dan kekhawatiran dan pemikirannya,,
kalau cari yang agak luas, siap perang, siap amprak amprakan, siap dipakai kemana saja dan kapan saja, reliable dan terjamin,
bukan ladder frame, bukan diesel, bukan mobil yang berat limbung dan bisa dipaksa oktan seadanya,

Innova Zenix Non HV
ambil seri G

kalkulator saya bilang ini mobil sangat amat worthed wakkwakkwkawkak

alesan:
1. ga banyak fitur = ga banyak rusak
2. ga banyak fitur = ga banyak rattle
3. saya pake yang HV, 0 ke 140 sih effortless sekali,
perna coba yang non-HV, 0 ke 100 nya juga masih di bawah 12 detik.
ga semenyebalkan 2KD maupun 2GD dalam kondisi standar.
4. handling, braking, dan feedback setir uda enak, uda ga terlalu berasa bawa mobil gede.
5. road noise jauh lebih baik dari Reborn apalagi dari KD.

selama ga bermasalah dengan emblem Kijang setelah pakai mobil yang grade nya diatas Kijang, Zenix seri G ini oke banget kok wkwkwkwkwk.
timbermaniac123 wrote: Fri May 05, 2023 9:12
Nifty917 wrote: Mon May 01, 2023 1:18

Kebutuhan:
-Keperluannya adalah SUV minimal 5 seater yang agak luas, untuk dipake tiap hari dan kemana aja.
-Sering dipake macet2an di Jakarta dan juga jalan2 ke jawa timur lewat transjawa dua bulan sekali.
-Wajib reliable dan aftersales terjamin karena akan jadi mobil terakhir jadi setelah 10 tahunpun tetep enak dipake.
-mobil diesel apalagi ladder frame coret karena udah ada fortuner vnt dan keluarga gak ada yang suka :big_peace: karena berat, limbung dan mahalnya dex, walau patut diakui sih badaknya udah 8 tahun no trouble sama sekali.
ini mah jawabannya zenix hybrid. kalau ga mau nambah banyak yang G sudah cukup. Ada dana lebih anggepan buat cadangan suatu waktu ganti baterai aja.

Intinya si semaikin mobil mainstream / banyak di jalanan. Makin banyak sparepart aftermarket / bengkel yang bisa handle di 10-20 tahun ++

Saya ga yakin mobil korea bakalan berlimpah sparepartnya. Sekarang aja lagi heboh hyundai bisa indent sparepart sampe berbulan2. Apalagi brand kaya kia.
mobilover wrote: Mon May 01, 2023 4:51 Zenix V bensin. Difungsiin sebagai 5 seater jadi baris ke 3 dilipat terus. Badak pasti, irit lumayan, tenaga lumayan, part kw nya pasti melimpah innova gitu. Mesinnya pakai mesin voxy jd halus kok mobilnya. Sisa budget bisa dipakai utk upgrade macem2 seperti ban, audio, peredam

Hmmm kalo zenix sepertinya lebih cocok buat gantiin fortuner vnt sih, tapi tetep concern apakah zenix bisa sereliable vnt? Mengingat zenix udah pake cvt + monocoque dan juga nanti jadinya dirumah mobilnya fwd+cvt semua.

Kalo tenaga torsi lebih kecil gak masalah, toh menurut saya 2kd torsi gede tapi crusing 145kmh aja udh terlalu ngeden jadinya boros poll kalo dipake jalan jauh di transjawa.
Ivan123
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Wed Jan 29, 2020 15:42

Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup

Post by Ivan123 »

ko ga ada yang nyaranin All New Pajero Sport ya? hehehe
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup

Post by kunaskun »

vulvy8858 wrote: Fri May 05, 2023 6:35 selama ga bermasalah dengan emblem Kijang setelah pakai mobil yang grade nya diatas Kijang, Zenix seri G ini oke banget kok wkwkwkwkwk.
apalagi yang non hybrid lebih tenang hati lagi.
tapi yang pasti akan jajan duluan pasti sektor kaki2 depan, tapi ya ini emang kelemahan sekaligus kelebihan FWD.
kalau mau cari mobil seumur hidup, kalau saya malah panther aja tuh, yg lagi rame digoreng :big_biglaugh:
biosolar bisa
kaki2 murah meriah bisa
lega bisa
irit bisa
tapi jangan tanya urusan kenyamanan dsb
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup

Post by Pboyz97 »

Nifty917 wrote: Sun May 07, 2023 9:14


Hmmm kalo zenix sepertinya lebih cocok buat gantiin fortuner vnt sih, tapi tetep concern apakah zenix bisa sereliable vnt? Mengingat zenix udah pake cvt + monocoque dan juga nanti jadinya dirumah mobilnya fwd+cvt semua.

Kalo tenaga torsi lebih kecil gak masalah, toh menurut saya 2kd torsi gede tapi crusing 145kmh aja udh terlalu ngeden jadinya boros poll kalo dipake jalan jauh di transjawa.
kalo saya jujur aja blm yakin, kecuali vnt nya dikeep terus nambah zenix masih oke lah. tapi kalo buat gantiin vnt kok kalo saya kurang ya, apalagi yg g , kalo saya jadi om. jika wajib ambil zenix buat gantiin vnt, saya bakal pick tipe Q, minimal nggak turun2 amat lah kalo dari vnt secara naikkan dan kelas juga nggak bohong . tp lain cerita kalo om ts nya nyari kenyamanan, fitur, keempukan bantingan suspensi, sm sering duduk di row 2 + mayoritas muter2 dalkot doang, sangat worthed ganti vnt ke zenix secara bakal upgrade banyakkk bgt terutama dari segi fitur & kenyamanannya, tp kalo buat lukot, apalagi transjawa, entah knp saya masih lebih prefer diesel + matic konven . cvt nya zenix ini entah knp buat lukot tarikan bawahnya agak kurang. sm kalo di compare sm cvt nya crv turbo nya pun buat cruising masih lebih enak cvt nya crv, apalagi rute om bakal lewat transjawa jg. kebetulan saya ex user reborn diesel matic 2018 & crv turbo prestige 2019 dan sekarang pakai voxy 2023 yg mesin & transmisinya mirip dengan zenix ini hehehe

pengalaman bawa reborn diesel , crv turbo & voxy yg notabene mesin & transmisinya sama kaya zenix ini tarikan bawahnya agak kedodoran kalo mau nyalip, apalagi tanjakkan , kondisi mobil waktu itu full load rute jakarta - bandung PP . pengalaman bawa crv turbo dan reborn diesel buat nyalip2 kalo nanjak or jalan tol mulus buat lukot kaya transjawa masih lebih enak 2 itu tarikannya dibanding voxy hehehe, walaupun perpindahan giginya saya akui cukup smooth hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: 600jutaan untuk mobil seumur hidup

Post by vulvy8858 »

kunaskun wrote: Sun May 07, 2023 12:14 apalagi yang non hybrid lebih tenang hati lagi.
tapi yang pasti akan jajan duluan pasti sektor kaki2 depan, tapi ya ini emang kelemahan sekaligus kelebihan FWD.

kalau mau cari mobil seumur hidup, kalau saya malah panther aja tuh, yg lagi rame digoreng :big_biglaugh:
biosolar bisa
kaki2 murah meriah bisa
lega bisa
irit bisa
tapi jangan tanya urusan kenyamanan dsb
yang non hybrid paling ganti consumable parts aja wkwkwkwkwk itu mirip2 corolla sama voxy yang ga bakal terlalu aneh aneh dah..
pastinya om, ga bakal bisa diadu badak sama yang RWD apalagi RWD jaman batu macem LGX wkwkwkwk.

panther lagi kocak banget harganya apalagi yang matic wkwkwkwkwk dulu ga ada yang mao skrg dicari cari sampe ampasnya juga dicari buat disulap & digoreng lagi wakakakakakak.

Nifty917 wrote: Sun May 07, 2023 9:14 Hmmm kalo zenix sepertinya lebih cocok buat gantiin fortuner vnt sih, tapi tetep concern apakah zenix bisa sereliable vnt? Mengingat zenix udah pake cvt + monocoque dan juga nanti jadinya dirumah mobilnya fwd+cvt semua.

Kalo tenaga torsi lebih kecil gak masalah, toh menurut saya 2kd torsi gede tapi crusing 145kmh aja udh terlalu ngeden jadinya boros poll kalo dipake jalan jauh di transjawa.
menurut eike si namanya Kijang bakal tetep disetel sebagai Kijang om.
andai kata ga se reliable VNT pun masi mudah dirawat dan dicari parts nya.

perna pake KD, ganti ke GD, tandemin GD sama Zenix Hybrid, buat cruising di tol, Zenix paling halus dan ga ngeraung diantara ketiganya.
compare head to head ke GD yang lari 130 rpm nya baru 2000 pun masih halusan Zenix.
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007