Mobil Terbakar Karena Cuaca Panas?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mobil Terbakar Karena Cuaca Panas?

Post by Suryaputra »

doge wrote: Fri Apr 28, 2023 6:20
ilhami wrote: Fri Apr 28, 2023 2:27 buka kaca sedikit ketika parkir bisa mengurangi suhu kabin?
bisa

logikanya kan kalo udara panas itu ngumpulnya di atas, kalo kacanya buka dikit kan pasti scr alami kedorong keluar udara panasnya

cmn yg mslh itu klo pas ditinggal di parkiran, trus ujan, berabe deh

apalagi model kaca mobil (sekalipun yg kaca blkg) udh jarang yg bentuknya cm persegi panjang; klo buka dikit, yg atas emg kdg ada talang air, tp sampingnya yg g ketutup

blm lg klo apes" kemasukan serangga dr kaca yg dibuka itu
Makanya mbl di Indonesia ini rentan rattle.

Klo gak rattle, material dashboard dan interior dll resiko pecah2

Kaca dibuka salah
Kaca ditutup jg salah
Jd ya dinikmati aja :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Mobil Terbakar Karena Cuaca Panas?

Post by lexnic »

saya selalu hindari parkir di tempat terbuka yg gk ada atapnya. paling minim hrus di bawah bayangan pohon (ato objek besar lain), itu jga sbenernya ngeselin gara2 klo parkir lama di bawah pohon pasti kejatuhan daun ato kotoran burung.

so far gk ada mslh aneh2 yg terjadi. 2 mobil di rmh slalu parkir gantian di luar gara2 carport gk cukup. dua2nya headlamp nya gk menguning (mudah2an gk smpe kejadian) & cat so far msh kinclong. yg paling kliatan ya material dgn warna doff di beberapa bagian yg warnanya lbh cepat kusam & ada rattle dikit di area dashboard.
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1987 - now]
silenzo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Fri May 28, 2021 16:02

Re: Mobil Terbakar Karena Cuaca Panas?

Post by silenzo »

artoodetoo wrote: Thu Apr 27, 2023 4:04
Suryaputra wrote: Thu Apr 27, 2023 3:57 Klo yg pakai MobLis dan hidbrid
Pastikan cooling system bekerja maksimal.

Apakagi ioniq baru, sampai pakai freon buat dingingin batre, jgn sampai ada kebocoran freon atau malfungsi cooling system
Duh serem ya ... jadi makin yakin untuk tidak beli mobil listrik dan hybrid dulu.
*duitnya juga belum ada :big_slap:
Ini mobil listrik pastinya sudah di test di cuaca ekstrim. Kalau ada case kebakaran si perusahaan bisa kasih bukti.
akbrn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38

Re: Mobil Terbakar Karena Cuaca Panas?

Post by akbrn »

Suryaputra wrote:Klo yg pakai MobLis dan hidbrid
Pastikan cooling system bekerja maksimal.

Apakagi ioniq baru, sampai pakai freon buat dingingin batre, jgn sampai ada kebocoran freon atau malfungsi cooling system
buat cooling system batre ikut sama kompresor AC atau masing2 ada kompresor terpisah?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mobil Terbakar Karena Cuaca Panas?

Post by Suryaputra »

akbrn wrote: Sat Apr 29, 2023 10:56
Suryaputra wrote:Klo yg pakai MobLis dan hidbrid
Pastikan cooling system bekerja maksimal.

Apakagi ioniq baru, sampai pakai freon buat dingingin batre, jgn sampai ada kebocoran freon atau malfungsi cooling system
buat cooling system batre ikut sama kompresor AC atau masing2 ada kompresor terpisah?
Mbah bibieight mungkin lbh paham detil teknisnya

Secara beliau super user ioniq :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Mobil Terbakar Karena Cuaca Panas?

Post by Bibieight »

Suryaputra wrote: Sat Apr 29, 2023 11:33
akbrn wrote: Sat Apr 29, 2023 10:56
Suryaputra wrote:Klo yg pakai MobLis dan hidbrid
Pastikan cooling system bekerja maksimal.

Apakagi ioniq baru, sampai pakai freon buat dingingin batre, jgn sampai ada kebocoran freon atau malfungsi cooling system
buat cooling system batre ikut sama kompresor AC atau masing2 ada kompresor terpisah?
Mbah bibieight mungkin lbh paham detil teknisnya

Secara beliau super user ioniq :big_peace:
Ndak gitu laaa…. :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: , ini kan barang baru bener, dealer juga kagak edukasi apapun sama user, jd ya terpaksa belajar ndiri. Itu kompresor jadi satu ama AC, keluar dr kompresor dipecah dua, ke evaporator sama ke heat exchanger buat batere, Algoritmanya prioritas cooling batere dulu baru manusia, jadi kalo abis jalan jauh (transjawabahn misalnya) terus batere anget (33-34C) terus di fast charging, begitu sampe di threshold 38-39C manusianya di kalah in, dr kompresor full ke heat exchanger, jd ACnya tau2 ndak dingin, soalnya itu AC dipake bikin suhu batere jadi 33-35C lagi. Kalo AC dut atau bocor gimana ?, ya di dethrottle mobilnya, dicekek ampernya, pertama2 speed dulu mentok di 100 kpj, terus terakhir2 brenti mobilnya :big_peace: :big_peace: :big_peace: Yg bikin agak paranoid, ini AC bikinan Kroya masih kalah sakti ama Densò, bahkan ama Sanden :big_bored: :big_bored: :big_bored:
Tapi overall udah pake EV setaun, asal sehat (ndak ada masalah : sensor batere, DC to DC charger, AC bocor) ndak kepikir buat balik ke ICE… dirumah ada satu G20, tetep lebih seneng pake EV sy, kemaren lebaran dipinjemin CRV yg CVT, bujubuneng buseet, kagak biasa bawanya, manja bener, nyelip harus diurut gasnya, ngerim harus injek pedal rem, kagak ada itu namanya engine brake :big_peace: :big_peace: :big_peace:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mobil Terbakar Karena Cuaca Panas?

Post by Suryaputra »

Bibieight wrote: Sat Apr 29, 2023 14:30
Suryaputra wrote: Sat Apr 29, 2023 11:33
akbrn wrote: Sat Apr 29, 2023 10:56 buat cooling system batre ikut sama kompresor AC atau masing2 ada kompresor terpisah?
Mbah bibieight mungkin lbh paham detil teknisnya

Secara beliau super user ioniq :big_peace:
Ndak gitu laaa…. :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: , ini kan barang baru bener, dealer juga kagak edukasi apapun sama user, jd ya terpaksa belajar ndiri. Itu kompresor jadi satu ama AC, keluar dr kompresor dipecah dua, ke evaporator sama ke heat exchanger buat batere, Algoritmanya prioritas cooling batere dulu baru manusia, jadi kalo abis jalan jauh (transjawabahn misalnya) terus batere anget (33-34C) terus di fast charging, begitu sampe di threshold 38-39C manusianya di kalah in, dr kompresor full ke heat exchanger, jd ACnya tau2 ndak dingin, soalnya itu AC dipake bikin suhu batere jadi 33-35C lagi. Kalo AC dut atau bocor gimana ?, ya di dethrottle mobilnya, dicekek ampernya, pertama2 speed dulu mentok di 100 kpj, terus terakhir2 brenti mobilnya :big_peace: :big_peace: :big_peace: Yg bikin agak paranoid, ini AC bikinan Kroya masih kalah sakti ama Densò, bahkan ama Sanden :big_bored: :big_bored: :big_bored:
Tapi overall udah pake EV setaun, asal sehat (ndak ada masalah : sensor batere, DC to DC charger, AC bocor) ndak kepikir buat balik ke ICE… dirumah ada satu G20, tetep lebih seneng pake EV sy, kemaren lebaran dipinjemin CRV yg CVT, bujubuneng buseet, kagak biasa bawanya, manja bener, nyelip harus diurut gasnya, ngerim harus injek pedal rem, kagak ada itu namanya engine brake :big_peace: :big_peace: :big_peace:
Wah luar biasa
Ini ilmunya bisa2 ngalahin SA hyundai sendiri dah. :big_exellent:

Prinsip kerjanya mirip laptop ya, throttling ketika chip overheat atau batere gak optimal :big_biglaugh:

Btw klo matic konven atau cvt emang ngeremnya kudu pakai posisi S
Klo G20 enak ya, mainin manual mode aja.. transmisi zf nya lbh sigap :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
akbrn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38

Re: Mobil Terbakar Karena Cuaca Panas?

Post by akbrn »

Suryaputra wrote:
Mbah bibieight mungkin lbh paham detil teknisnya

Secara beliau super user ioniq :big_peace:
Siap mbah, penasaran aja mbah gara2 ada beberapa kasus ioniq 5 masuk limp mode gara2 batre OH
Bibieight wrote:
Ndak gitu laaa…. :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: , ini kan barang baru bener, dealer juga kagak edukasi apapun sama user, jd ya terpaksa belajar ndiri. Itu kompresor jadi satu ama AC, keluar dr kompresor dipecah dua, ke evaporator sama ke heat exchanger buat batere, Algoritmanya prioritas cooling batere dulu baru manusia, jadi kalo abis jalan jauh (transjawabahn misalnya) terus batere anget (33-34C) terus di fast charging, begitu sampe di threshold 38-39C manusianya di kalah in, dr kompresor full ke heat exchanger, jd ACnya tau2 ndak dingin, soalnya itu AC dipake bikin suhu batere jadi 33-35C lagi. Kalo AC dut atau bocor gimana ?, ya di dethrottle mobilnya, dicekek ampernya, pertama2 speed dulu mentok di 100 kpj, terus terakhir2 brenti mobilnya :big_peace: :big_peace: :big_peace: Yg bikin agak paranoid, ini AC bikinan Kroya masih kalah sakti ama Densò, bahkan ama Sanden :big_bored: :big_bored: :big_bored:
Tapi overall udah pake EV setaun, asal sehat (ndak ada masalah : sensor batere, DC to DC charger, AC bocor) ndak kepikir buat balik ke ICE… dirumah ada satu G20, tetep lebih seneng pake EV sy, kemaren lebaran dipinjemin CRV yg CVT, bujubuneng buseet, kagak biasa bawanya, manja bener, nyelip harus diurut gasnya, ngerim harus injek pedal rem, kagak ada itu namanya engine brake :big_peace: :big_peace: :big_peace:
penjelasan super ini

kerja kompresor termasuk berat nih buat 2 fungsi pendinginan

menarik nih kompresor AC EV, banyak yg pake juga buat upgrade kompresor di mobil high performance / kompetisi biar ngga ngurangin performa mesin

baca di salah 1 bukman hybrid & EV versi luar ni kompresor electric ngga bisa pake oli PAG harus pake PAO, kl pake PAG bisa korslet

ioniq apa pake kompresor electric merek dowoon?
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Mobil Terbakar Karena Cuaca Panas?

Post by Bibieight »

akbrn wrote: Sun Apr 30, 2023 3:56 penjelasan super ini

kerja kompresor termasuk berat nih buat 2 fungsi pendinginan

menarik nih kompresor AC EV, banyak yg pake juga buat upgrade kompresor di mobil high performance / kompetisi biar ngga ngurangin performa mesin

baca di salah 1 bukman hybrid & EV versi luar ni kompresor electric ngga bisa pake oli PAG harus pake PAO, kl pake PAG bisa korslet

ioniq apa pake kompresor electric merek dowoon?
Kompressornya dibawah frunk, bakat mekanik saya baru di taraf bisa bongkar ndak bisa pasang :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: , nah terima kasih banyak info soal olie ini, masuk akal. Soalnya di heat exchanger itu titik bertemunya refrigerant dengan coolant batere, kalo ada konduksi dikit aja di referigerant si teoritis bisa konslet. Mangkanya sy mikir, ini mobil jelas2 ndak bisa dipegang tukang AC umum, tapi liat kemampuan beres Hyundai yg ndak rata antar bengkel si sy jg agak ngeri2 sedap urusan servis kompressor AC :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
BTW, kalo Ioniq Classic + Kona coolantnya cuma satu, dipisah 2 loop, loop batere, keluar dr batere mampir heat exchanger buat tarik panas dr loop motor+inverter, naaah penyakitnya pada muncul disini, krn memang ambientnya lbh panas heat exchangernya gampang kotor, coolantnya jd gel disini...