Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by ChZ »

KSG88 wrote: 26 Apr 2023, 22:03 Solusinya remap ya.. tapi cukup ragu juga apakah mesin bensin na dan turbo aman di remap oleh para tukang remap. seiring dengan peningkatan HP apakqh bisa tetap senyaman "standar". Takutnya tukang remap sendiri gk paham logic pergantian gigi atau apa lah lain lainnya seperti bukaan udara, throtle, kapan ganti rasio. Mumet juga. (Karena awam)
Nah makanya remap susah kan om :mky_03: ga bisa tuh asal copy paste map doank.

Kbanyakan remap2 murah kan cuma copy paste asal dimentokin semua parameternya :mky_03: konon katanya ada bandarnya yang gini wkwkwkwk. Ga pake datalogging segala.

Ane makanya gak mau kalo remap tp di tempat yang gak biasa pegang mesin.... Amsiong jg mereka kaga mau tanggung jawab :big_biglaugh: skrg banyak tuh bengkel aksesoris aja bisa tiba2 jualan remap
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: 11 Apr 2019, 17:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota
Contact:

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by KSG88 »

Wkwkwk modal colok OBD sama copy paste map pasang tarif 2 - 3 juta.

Apa kalau mau aman copy paste dari map tuner yg uda jadi kayak Ktuner atau hondata gitu kali ya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by ChZ »

KSG88 wrote: 27 Apr 2023, 08:44 Wkwkwk modal colok OBD sama copy paste map pasang tarif 2 - 3 juta.

Apa kalau mau aman copy paste dari map tuner yg uda jadi kayak Ktuner atau hondata gitu kali ya
d sini malah kadang ga ampe 2jt :mky_03:

kalo hondata/ktuner sih dy jual tuningbox harganya mirip dastek kita tinggal datalogging ke mereka nanti dikirim balik file remapnya... dijamin aman ntu hondata ngetesnya di track :mky_03: selama basemap ga diutak-atik dijamin aman... yg suka jebol jebol kenapa2 mesin dan transmisinya di luaran itu kl nakal basemap diutak-atik sendiri.

konon yg uda pake hondata flashpro di civic/CRV hasilnya lbh linear dan halus daripada remap custom map... harga emang beda sih. wkwkkwkwkw.

indo sih paling rev apa bli surya UKworks bali... selama yg tuning murid muridnya mereka biasa aman.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
indrasir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: 08 Jun 2012, 11:22
Location: South Jakarta

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by indrasir »

Kesan ane pake mobil ini hampir 2 bulan yg perlu segera diganti itu diantaranya olinya, nggak enak blas oli bawaan pabrik, digeber mesin berasa agak getar2 gimana gitu dan raungannya bikin nggak tega gebernya. Pas ganti oli dicek olinya encer banget, mungkin pake SAE 0-20 kali. Ganti pake 5-30 baru deh enak tenang dan halus suara mesinnya. Trus angin ban jg sebaiknya ganti ke nitrogen, berasa improvementnya ke bantingan, jadi lebih nyaman. Tapi overall, ini mobil sebenarnya mesinnya responsif kok dan enak buat dipake cruising.
Oh ya, bensinya pake yg bagus sekelas ron 95, enak deh responsnya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by ChZ »

indrasir wrote: 27 Apr 2023, 10:18 Kesan ane pake mobil ini hampir 2 bulan yg perlu segera diganti itu diantaranya olinya, nggak enak blas oli bawaan pabrik, digeber mesin berasa agak getar2 gimana gitu dan raungannya bikin nggak tega gebernya. Pas ganti oli dicek olinya encer banget, mungkin pake SAE 0-20 kali. Ganti pake 5-30 baru deh enak tenang dan halus suara mesinnya. Trus angin ban jg sebaiknya ganti ke nitrogen, berasa improvementnya ke bantingan, jadi lebih nyaman. Tapi overall, ini mobil sebenarnya mesinnya responsif kok dan enak buat dipake cruising.
Oh ya, bensinya pake yg bagus sekelas ron 95, enak deh responsnya.
HPM keknya standar skrg pake gold 0W-20 semua.

jangankan gold om, turbo aja ane gak tega itu ngisi epro turbo halusnya jauh bener kl digeber ama kiu eit... :big_biglaugh:

nah iya angin bawaan pabrik ntu biasanya bikin ride quality parah blom kalo mobil TD suka dikasih angin gede-gede biar gak cepet kempes, biasa ane turunin 1-2 psi dari bawaan pabrik. soalnya gak bawa orang juga cuma ane sndirian :big_bored:

jangankan ron95 om, dimari ngomong ron92 aja keknya berat bener. nyicil dp minim cicilan ringan plus bunga gak berat, ngisi bensin beda 3300/liter aja berat :big_biglaugh: berarti bener kan itu timing retard banget biar bisa mimik ron90.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9612
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by Suryaputra »

indrasir wrote: 27 Apr 2023, 10:18 Kesan ane pake mobil ini hampir 2 bulan yg perlu segera diganti itu diantaranya olinya, nggak enak blas oli bawaan pabrik, digeber mesin berasa agak getar2 gimana gitu dan raungannya bikin nggak tega gebernya. Pas ganti oli dicek olinya encer banget, mungkin pake SAE 0-20 kali. Ganti pake 5-30 baru deh enak tenang dan halus suara mesinnya. Trus angin ban jg sebaiknya ganti ke nitrogen, berasa improvementnya ke bantingan, jadi lebih nyaman. Tapi overall, ini mobil sebenarnya mesinnya responsif kok dan enak buat dipake cruising.
Oh ya, bensinya pake yg bagus sekelas ron 95, enak deh responsnya.
Oli dr beres honda jelek
Cobain w20 nya total q9000 dulu.

Udh lbh alus di hi rpm dibanding epro gold

Klo budget bisa melar sampai 180rb seliter
Cobain q8 0w20 dah
Pakai sampai 9800 Km jg masih enak

Saking penasaran sampai sy test lab, emang rada lebay tu oli bagusnya.
Tnyt bukan butt o meter doang :big_biglaugh:

Honda tu suka oli encer.

Soal BBM
Dr jaman L15Z emang (minimal) direkomen nya ron 91 atau ke atas lbh baik.
Apalagi ini dohc powerband lebih ke tengah atas, ya enaknya ron 95 :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9612
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 27 Apr 2023, 10:38
indrasir wrote: 27 Apr 2023, 10:18 Kesan ane pake mobil ini hampir 2 bulan yg perlu segera diganti itu diantaranya olinya, nggak enak blas oli bawaan pabrik, digeber mesin berasa agak getar2 gimana gitu dan raungannya bikin nggak tega gebernya. Pas ganti oli dicek olinya encer banget, mungkin pake SAE 0-20 kali. Ganti pake 5-30 baru deh enak tenang dan halus suara mesinnya. Trus angin ban jg sebaiknya ganti ke nitrogen, berasa improvementnya ke bantingan, jadi lebih nyaman. Tapi overall, ini mobil sebenarnya mesinnya responsif kok dan enak buat dipake cruising.
Oh ya, bensinya pake yg bagus sekelas ron 95, enak deh responsnya.
HPM keknya standar skrg pake gold 0W-20 semua.

jangankan gold om, turbo aja ane gak tega itu ngisi epro turbo halusnya jauh bener kl digeber ama kiu eit... :big_biglaugh:

nah iya angin bawaan pabrik ntu biasanya bikin ride quality parah blom kalo mobil TD suka dikasih angin gede-gede biar gak cepet kempes, biasa ane turunin 1-2 psi dari bawaan pabrik. soalnya gak bawa orang juga cuma ane sndirian :big_bored:

jangankan ron95 om, dimari ngomong ron92 aja keknya berat bener. nyicil dp minim cicilan ringan plus bunga gak berat, ngisi bensin beda 3300/liter aja berat :big_biglaugh: berarti bener kan itu timing retard banget biar bisa mimik ron90.
Menyiasati velg gede dan lbh berat, ya tekanan ban nya jgn sampai di bawah 35psi

Ideally di rentang min 35 - max 40 psi
Jadi makin tinggi tekanan ban, roll resistance jg berkurang
Tp emang jd makin harsh. :big_biglaugh:

Klo velg profil 60 an masih ok di 35 psi lahh
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 27 Apr 2023, 11:01 Menyiasati velg gede dan lbh berat, ya tekanan ban nya jgn sampai di bawah 35psi

Ideally di rentang min 35 - max 40 psi
Jadi makin tinggi tekanan ban, roll resistance jg berkurang
Tp emang jd makin harsh. :big_biglaugh:
ntu civic ane udah naik 1 inch isi angin skrg 28-29, rekomen pabrik 33.

sekali coba 30 aja keras banget :ungg: keknya tipe ban ngaruh. dz102 diisi angin beda 1psi aja feel bawa langsung beda. dulu pake ze914 32 aja ga masalah. soalnya under 30 kempes bgt bannya :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9612
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 27 Apr 2023, 11:04
Suryaputra wrote: 27 Apr 2023, 11:01 Menyiasati velg gede dan lbh berat, ya tekanan ban nya jgn sampai di bawah 35psi

Ideally di rentang min 35 - max 40 psi
Jadi makin tinggi tekanan ban, roll resistance jg berkurang
Tp emang jd makin harsh. :big_biglaugh:
ntu civic ane udah naik 1 inch isi angin skrg 28-29, rekomen pabrik 33.

sekali coba 30 aja keras banget :ungg: keknya tipe ban ngaruh. dz102 diisi angin beda 1psi aja feel bawa langsung beda. dulu pake ze914 32 aja ga masalah. soalnya under 30 kempes bgt bannya :upss:
Hati2
Itu resiko ban sobek samping "lbh gede"
Klo profil 50an tapi tekanan cm segitu :big_peace:

Makanya di type R ban micin PS aja, tekanan yg direkomen sampai >40 an psi :big_peace:

Makin tipis harus makin kenceng tekanan nya
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 27 Apr 2023, 11:09
Hati2
Itu resiko ban sobek samping "lbh gede"
Klo profil 50an tapi tekanan cm segitu :big_peace:

Makanya di type R ban micin PS aja, tekanan yg direkomen sampai >40 an psi :big_peace:

Makin tipis harus makin kenceng tekanan nya
225/45/18 sih.

tapi handling paling pas ane rasakan emang di tekanan segini. kalo di atas itu braking dan gripnya langsung ngawang. kalibrasi alat? ga tau deh, itu di pom soalnya bukan di abang2 pinggir jalan. sejauh ini kg apa2 sih, lbh magnet paku falken dulu bisa seminggu kena paku 3x.

itu CTR tapi kalo trackday pasti setupnya under inflate.... CTR yang FK8 kan tipis banget 245/30/20. yang FL5 aja masih 265/30/19.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9612
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 27 Apr 2023, 11:14
Suryaputra wrote: 27 Apr 2023, 11:09
Hati2
Itu resiko ban sobek samping "lbh gede"
Klo profil 50an tapi tekanan cm segitu :big_peace:

Makanya di type R ban micin PS aja, tekanan yg direkomen sampai >40 an psi :big_peace:

Makin tipis harus makin kenceng tekanan nya
225/45/18 sih.

tapi handling paling pas ane rasakan emang di tekanan segini. kalo di atas itu braking dan gripnya langsung ngawang. kalibrasi alat? ga tau deh, itu di pom soalnya bukan di abang2 pinggir jalan. sejauh ini kg apa2 sih, lbh magnet paku falken dulu bisa seminggu kena paku 3x.

itu CTR tapi kalo trackday pasti setupnya under inflate.... CTR yang FK8 kan tipis banget 245/30/20. yang FL5 aja masih 265/30/19.
I see
Soalnya di bbrp kasus
Ban benjol dan sobek samping krn under inflate
Klo trackday aspal mulus, beda lagi sama jalan umum atau tol itu aspal ajaib beranjau :upss:

Sidewall nya gak kuat dan sobek nahan beban mobil
Emang grip lbh nempel tp implikasinya korban di sidewall

Udahhh, ganti lah sm Micin minimal
Yg versi ada rim protectornya dan tekanan jangan under inflate :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 27 Apr 2023, 11:18
I see
Soalnya di bbrp kasus
Ban benjol dan sobek samping krn under inflate
Klo trackday aspal mulus, beda lagi sama jalan umum atau tol itu aspal ajaib beranjau :upss:

Sidewall nya gak kuat dan sobek nahan beban mobil
Emang grip lbh nempel tp implikasinya korban di sidewall

Udahhh, ganti lah sm Micin minimal
Yg versi ada rim protectornya dan tekanan jangan under inflate :big_peace:
Ya kalo nurutin punya pabrik semua paling bener spek std :big_biglaugh:

Udah naek velg, udah naek power kg bisa tuh compromise handling masalahnya.. :ungg: handling berubah dikit malah takut ngegas. Ujungnya yah trial error cocok yang mana.

Dahlah ini dz102 mayan kuat kok sidewallnya. Under inflate kg kliatan kempes jg wkwkwkwk. Ini kan ada rim protector jg
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9612
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 27 Apr 2023, 12:26
Suryaputra wrote: 27 Apr 2023, 11:18
I see
Soalnya di bbrp kasus
Ban benjol dan sobek samping krn under inflate
Klo trackday aspal mulus, beda lagi sama jalan umum atau tol itu aspal ajaib beranjau :upss:

Sidewall nya gak kuat dan sobek nahan beban mobil
Emang grip lbh nempel tp implikasinya korban di sidewall

Udahhh, ganti lah sm Micin minimal
Yg versi ada rim protectornya dan tekanan jangan under inflate :big_peace:
Ya kalo nurutin punya pabrik semua paling bener spek std :big_biglaugh:

Udah naek velg, udah naek power kg bisa tuh compromise handling masalahnya.. :ungg: handling berubah dikit malah takut ngegas. Ujungnya yah trial error cocok yang mana.

Dahlah ini dz102 mayan kuat kok sidewallnya. Under inflate kg kliatan kempes jg wkwkwkwk. Ini kan ada rim protector jg
Ya udh remap apalgi dyno on wheel segitu
BS 003 lah
Or micin ps4 sekalian :weekk:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 27 Apr 2023, 12:46
Ya udh remap apalgi dyno on wheel segitu
BS 003 lah
Or micin ps4 sekalian :weekk:
ya paling naik semislick abis ini mbah... kl udah abis :mky_03:

PS4 agak sayang per pcsnya mahal buat harian :ungg: sobek benjol nangis dah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9612
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 27 Apr 2023, 13:40
Suryaputra wrote: 27 Apr 2023, 12:46
Ya udh remap apalgi dyno on wheel segitu
BS 003 lah
Or micin ps4 sekalian :weekk:
ya paling naik semislick abis ini mbah... kl udah abis :mky_03:

PS4 agak sayang per pcsnya mahal buat harian :ungg: sobek benjol nangis dah.
Cobain GY Eagle F1 Sport
Di web nya GY ada 3 toko resmi di smg

Garansi 1 thn / 20rb km
Ya setidaknya 1 tahun tenang wakakkaka
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 27 Apr 2023, 13:49
Cobain GY Eagle F1 Sport
Di web nya GY ada 3 toko resmi di smg

Garansi 1 thn / 20rb km
Ya setidaknya 1 tahun tenang wakakkaka
lah, kemaren aslinya mo cari itu wkwkwkwkw. kaga ready mau re003 jg adanya techno sports jadi ya udah dz102 aja... malah ane early adopter tuh ban fitra eri endors aja 2 minggu setelah ane pake :mky_03: .

susah mbah di sini dikata toko resmi pun jualnya tetep bristun dunlop GT atawa langsung premium toyo conti micin. kmrn cari hankook v2 concept buat e39 aja katanya toko resmi tapi kg ready semua.

kok jadi bahas ban.... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9612
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 27 Apr 2023, 13:54
Suryaputra wrote: 27 Apr 2023, 13:49
Cobain GY Eagle F1 Sport
Di web nya GY ada 3 toko resmi di smg

Garansi 1 thn / 20rb km
Ya setidaknya 1 tahun tenang wakakkaka
lah, kemaren aslinya mo cari itu wkwkwkwkw. kaga ready mau re003 jg adanya techno sports jadi ya udah dz102 aja... malah ane early adopter tuh ban fitra eri endors aja 2 minggu setelah ane pake :mky_03: .

susah mbah di sini dikata toko resmi pun jualnya tetep bristun dunlop GT atawa langsung premium toyo conti micin. kmrn cari hankook v2 concept buat e39 aja katanya toko resmi tapi kg ready semua.

kok jadi bahas ban.... :ngacir:
wakaakakakaka
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1614
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by darrelund »

ChZ wrote: 26 Apr 2023, 21:24
zonepublic wrote: 26 Apr 2023, 19:44
Mesin turbonya honda kena warisan masalah oil dillutednya mesin earthdreamnya juga kah?
Apa temperatur mesin honda earthdream keatas makin tinggi ya?

Trus gimana?kayanya kok susah klo mau ngeremap ecu mobil baru mungkin pasang dastek atau bisa ga sih drive by wirenya diganti drive by cable untuk throttlenya,atau kasih 9drive throttle controller kayanya lagi ngetren sekarang karena murmer daripada pasang dastek
Indo market 1.5t sih aman... Dilution di amrik itu beberapa northern continent yang cenderung lebih dingin suhunya... Itu aja nggak semua. Paling prone kalau cuma jarak pendek mesin belum panas, bensin ada yang rembes ke oli.

Semua mesin GDI problemnya ini kan bensin disemprot ke ruang bakar langsung, tp karna GDI turbo waktu warm up setelannya rich jd lebih prone to dilution.
dan tu enjin by default karena coakan di blok mesin jadi terlalu dingin, dan pasti dilute krn emg pemanasannya lama, jadi bensin ga kebakar. sampe banyak yg komplen olinya bau bensin :big_biglaugh:

tapi issuenya cuma di negara 4 musim sehh, dan ud di solve pke software update

enjinirnya lupa ngetes kli tuh
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1614
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by darrelund »

ChZ wrote: 25 Apr 2023, 23:58]

speaking of HRV RU... jadi inget.

RU1 ama RU5 kan sebenernya figur akselerasi ga beda jauh pdhl yang RU5 beda 20hp... malah bawa RU1 rasanya lebih nyodok. cuma secara powerband lbh luas yang RU5. u remap tuh RU1 nambah 10hp doang tp bisa nyalip RU5. final gearnya lbh kasar buat compensate kurangnya torsi.

bengsin sama-sama aja R18 itu udah mesin irit juga sih, tapi 0-100 itu RU1 ngejer. 11 detikan vs 10 detikan gede. mirip papanza 1.3 ama 1.5, yang 1.3 akselerasi ga ketinggalan jauh. mesin gede di mobil kecil gini sukanya emang buat ngejar powerband luas enak dipake luar kota.

throttlenya yang baru emang berasa gradual buat granny style driving enak tapi yah itu... jadi kok ketika kickdown malah rasanya selip doank. keknya itu kickdown cuma ngebuka 70% throttle :ungg: kambing sih ini throttle by wire mappingnya suka suka dia.
yg 1.8 kayaknya sesuai trim level utk "prestige" sahaja, 1.5 udah enak tinggal remap jg lewat 1.8 :big_biglaugh:

L15Z yg baru skrg lemot semua yak um :big_biglaugh:

hrv RV aja dyno elika cuma 70whp, lebih kecil dari RU punya power on wheel

lama" oonda kayak masda dah

sasis balap, mesin terlelap :big_biglaugh:

tunggu hibridnya aja dah, 9 detikan mayan lahh

civic hibrid menarik tu, 0-100 6.7 detik
User avatar
indrasir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: 08 Jun 2012, 11:22
Location: South Jakarta

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by indrasir »

ChZ wrote: 27 Apr 2023, 10:38
indrasir wrote: 27 Apr 2023, 10:18 Kesan ane pake mobil ini hampir 2 bulan yg perlu segera diganti itu diantaranya olinya, nggak enak blas oli bawaan pabrik, digeber mesin berasa agak getar2 gimana gitu dan raungannya bikin nggak tega gebernya. Pas ganti oli dicek olinya encer banget, mungkin pake SAE 0-20 kali. Ganti pake 5-30 baru deh enak tenang dan halus suara mesinnya. Trus angin ban jg sebaiknya ganti ke nitrogen, berasa improvementnya ke bantingan, jadi lebih nyaman. Tapi overall, ini mobil sebenarnya mesinnya responsif kok dan enak buat dipake cruising.
Oh ya, bensinya pake yg bagus sekelas ron 95, enak deh responsnya.
HPM keknya standar skrg pake gold 0W-20 semua.

jangankan gold om, turbo aja ane gak tega itu ngisi epro turbo halusnya jauh bener kl digeber ama kiu eit... :big_biglaugh:

nah iya angin bawaan pabrik ntu biasanya bikin ride quality parah blom kalo mobil TD suka dikasih angin gede-gede biar gak cepet kempes, biasa ane turunin 1-2 psi dari bawaan pabrik. soalnya gak bawa orang juga cuma ane sndirian :big_bored:

jangankan ron95 om, dimari ngomong ron92 aja keknya berat bener. nyicil dp minim cicilan ringan plus bunga gak berat, ngisi bensin beda 3300/liter aja berat :big_biglaugh: berarti bener kan itu timing retard banget biar bisa mimik ron90.
Lha di tutup bensinnya aja ditulis rekomendasi bensin ron 90, gimana konsumen nggak ngisi ron 90. Bahkan di crv rw ane rekomendasi bensinnya pake 91. Masih mending lcgc masang stiker min ron 92, cuma konsumennya aja yg bandel ngisi pake ron 90 biar lebih murah biaya ngisinya. :mky_07:
Kalau konsumen ngeluh mobilnya lelet, ya mau gimana lagi orang pake bensin yg bukan semestinya. Padahal honda itu mesinnya paling senang dikasi bensin bagus. Crv dikasi ron 98, enak bener tenaganya, begitu juga all new brio ane yg sekarang diganti wrv, pake ron 95 galak banget gasnya, giliran dikasi pertamax berasa belet dan mesti sabar ngurut gasnya, apalagi dikasi pertalite. :big_bored:
User avatar
indrasir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: 08 Jun 2012, 11:22
Location: South Jakarta

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by indrasir »

Suryaputra wrote: 27 Apr 2023, 10:46
indrasir wrote: 27 Apr 2023, 10:18 Kesan ane pake mobil ini hampir 2 bulan yg perlu segera diganti itu diantaranya olinya, nggak enak blas oli bawaan pabrik, digeber mesin berasa agak getar2 gimana gitu dan raungannya bikin nggak tega gebernya. Pas ganti oli dicek olinya encer banget, mungkin pake SAE 0-20 kali. Ganti pake 5-30 baru deh enak tenang dan halus suara mesinnya. Trus angin ban jg sebaiknya ganti ke nitrogen, berasa improvementnya ke bantingan, jadi lebih nyaman. Tapi overall, ini mobil sebenarnya mesinnya responsif kok dan enak buat dipake cruising.
Oh ya, bensinya pake yg bagus sekelas ron 95, enak deh responsnya.
Oli dr beres honda jelek
Cobain w20 nya total q9000 dulu.

Udh lbh alus di hi rpm dibanding epro gold

Klo budget bisa melar sampai 180rb seliter
Cobain q8 0w20 dah
Pakai sampai 9800 Km jg masih enak

Saking penasaran sampai sy test lab, emang rada lebay tu oli bagusnya.
Tnyt bukan butt o meter doang :big_biglaugh:

Honda tu suka oli encer.

Soal BBM
Dr jaman L15Z emang (minimal) direkomen nya ron 91 atau ke atas lbh baik.
Apalagi ini dohc powerband lebih ke tengah atas, ya enaknya ron 95 :big_peace:
Dari dulu pengen sih om pake oli2 bagus gitu. Cuma ane selama ini mobil selalu rawatan rutin di S&D (jarang banget ke beres kecuali ada masalah), nah pilihan olinya kan terbatas, nggak nemu tuh Total sama q8. Paling rutin pake Motul MultiHD 5-30. Selain itu pertimbangan ane pake oli kelas moderat karena ganti olinya bukan berdasarkan jarak tempuh, tapi berdasarkan waktu karena jalannya nggak jauh. Crv rw ane tahun 2017 sampai saat ini odometer baru 26 ribu km. Trus honda allnew brio rs tahun 2018 yg baru dijual kemarin odometer baru 16.500 km. Dulu pernah sekali cobain pake Shell Helix Ultra SAE 0-20, nggak gitu cocok karena terasa agak kasar aja suara mesin walaupun dari segi tarikan mesin sih enak, jadi komprominya pake SAE 5-30.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1614
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by darrelund »

ganteng ini, r18 kyknya



User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by ChZ »

darrelund wrote: 27 Apr 2023, 16:07 yg 1.8 kayaknya sesuai trim level utk "prestige" sahaja, 1.5 udah enak tinggal remap jg lewat 1.8 :big_biglaugh:

L15Z yg baru skrg lemot semua yak um :big_biglaugh:

hrv RV aja dyno elika cuma 70whp, lebih kecil dari RU punya power on wheel

lama" oonda kayak masda dah

sasis balap, mesin terlelap :big_biglaugh:

tunggu hibridnya aja dah, 9 detikan mayan lahh

civic hibrid menarik tu, 0-100 6.7 detik
Iya, dipaksa ngejar irit dan emisi melulu akhirnya performance makin belet.

Honda jg biasanya kalo bisa pake gir panjang ngapain pake gir pendek kasar, itu cuma buat type R, elu metik ga buat balapan udah selow aja :ungg:

dr jaman 5at kok ga masuk akal panjangnya accord CP itu rasio masuk 260 kmh. Mesinnya ga sanggup. Civic FD aja bisa 210 kmh on speedo. Tp itu di ecu riilnya masih limited 190 kmh. 0-100 jg paling pelan banding camry sama altis gegara kepanjangan.

Tar lagi ciarpi hybrid tuh... 7s... :mky_03:
indrasir wrote: 27 Apr 2023, 16:27
Lha di tutup bensinnya aja ditulis rekomendasi bensin ron 90, gimana konsumen nggak ngisi ron 90. Bahkan di crv rw ane rekomendasi bensinnya pake 91. Masih mending lcgc masang stiker min ron 92, cuma konsumennya aja yg bandel ngisi pake ron 90 biar lebih murah biaya ngisinya. :mky_07:
Kalau konsumen ngeluh mobilnya lelet, ya mau gimana lagi orang pake bensin yg bukan semestinya. Padahal honda itu mesinnya paling senang dikasi bensin bagus. Crv dikasi ron 98, enak bener tenaganya, begitu juga all new brio ane yg sekarang diganti wrv, pake ron 95 galak banget gasnya, giliran dikasi pertamax berasa belet dan mesti sabar ngurut gasnya, apalagi dikasi pertalite. :big_bored:
Betul om ane sekalinya downgrade ke ron92 di ciarpi kok aduh sedih banget....

Pake 98 itu rasanya top end powernya gila semua mobil bisa disalip tanpa mikir :big_biglaugh: pdhl stock form. Skrg remap hajar aja map 98 stage 2.

Ini kayak GE8 dulu banyak yang ngeluh lelet, ya bukmannya aja bilang isi ron88 cukup :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by FR6 »

ChZ wrote: 27 Apr 2023, 18:43
Iya, dipaksa ngejar irit dan emisi melulu akhirnya performance makin belet.

Honda jg biasanya kalo bisa pake gir panjang ngapain pake gir pendek kasar, itu cuma buat type R, elu metik ga buat balapan udah selow aja :ungg:

dr jaman 5at kok ga masuk akal panjangnya accord CP itu rasio masuk 260 kmh. Mesinnya ga sanggup. Civic FD aja bisa 210 kmh on speedo. Tp itu di ecu riilnya masih limited 190 kmh. 0-100 jg paling pelan banding camry sama altis gegara kepanjangan.

Tar lagi ciarpi hybrid tuh... 7s... :mky_03:
CRV RM 2.4 AT gigi 1 nya aja nyampe 100 km/h lebih Om kalo di geber sampe redline, apa gak kurang panjang tuh? :big_biglaugh:
Eh tapi redline nya hampir 7000 RPM sih wkwkwk
mahesoo wrote: 26 Apr 2023, 01:19 Wah kebetulan ada Thread WRV sekalian mau nanya

Saat ini saya memakai GE8 2010 dari baru KM udah 240000, beberapa hal udah di modif seperti Headlamp LED philips, HU Pioneer support carplay, AC digital, Cruise control sama tombol audio so far puas2 aja selama ini servis ya rutin sesuai umur kayak ganti kaki-kaki, repaint biar gak kusem dll.

cuma tahun ini rute kerja perhari 100km dengan kombinasi tol dan jalan gak rata naik turun, karena jalan gak rata bantingan GE8 yang keras kerasa banget, bingung pengen cari yang lebih baik tapi harga mobil makin hari makin gak masuk akal kalaupun ganti gak akan dapet jazz paling kelasnya city hatch/WRV, pengen HRV tapi kemahalan dan dengan beberapa modif tambahan di GE ini udah puas banget sih kekurangannya cuma satu bantingan aja amit2 kerasnya

yang mau saya tanya kalau GE8 ganti WRV apakah worth ? mengingat kelas WRV kan dibawah jazz (dashboard aja pake punya amaze), pertimbangann lainnya ambil mobkas tapi masih bingung mobkas apa yang lebih nyaman dari jazz dan tangguh kayak GE8.

Makasih om om semua
Om coba TD Xpander/Livina..
Yg 4AT jadul yakk, kalo CVT saya blm pernah coba.
So far plus nya pake Xpander Sport AT 2019:
1. Bantingan jauh lebih enak compare ke City GM6, Jazz GE8
2. Rebound dewasa, tapi kalo diisi full agak floaty…
3. Kalo bawa normal gak ngebut lumayan irit 11/12 lah sama GE8 AT.
4. Servis di BERES jauh lebih murah dibanding City GM6 ES CVT.
5. Skrg odo 75k, belum ada part yg diganti kecuali ban, even aki pun standar.
6. Badak, isi pertalite terus ga ada ngelitik wkwkw

Minus:
1. Kayanya agak gatcha, banyak yg kena kaki2 berisik, saya orang yg beruntung belum ada bunyi2 aneh.
2. Isu shock bocor & idle up, dulu gak kena krn batch lebih baru.
3. Lemoooottt, kalo bawa sendiri itu berasa bawa GE8 AT isi 7 orang.
4. Kelasnya sama lah ya dengan GE8, monokok fwd, depan MacPerson+belakanh torsion bitxh wkwkwk.

Tapi kalo udh kebiasa sama kaki2 ringkih honda, harusnya bisa berdamai sama gatcha nya Xpander/Livina. Paling harus bersabar sama lemotnya wakakaka
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by ChZ »

FR6 wrote: 27 Apr 2023, 22:53 CRV RM 2.4 AT gigi 1 nya aja nyampe 100 km/h lebih Om kalo di geber sampe redline, apa gak kurang panjang tuh? :big_biglaugh:
Eh tapi redline nya hampir 7000 RPM sih wkwkwk
RM gigi 1 bukanya 80 kph om? Itu aja udah panjang sih. Gigi 2 keknya 120 apa 130 gitu.

RE di L cuma sampe 65 kph pantes rasanya RM lebih "lemot" biar dikata naik 20hp. Cm nafas dan alusnya emang enak RM panjang bgt wkwkwkwk.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post