Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15553
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by ChZ »

peterming77 wrote: Fri May 12, 2023 3:11 Ya menurut saya ADAS disini intrusif soalnya lawannya nyetir juga asal2an, lagi enak jalan mendadak di potong apa gak kaget ADAS nya langsung auto ngerem mendadak sampe kena cium tipis2 dari belakang. Jadinya fitur ADAS bener cuma gimmick krn sehari2 malah di off.

Trus di transjawabahn lane hogger 60kph ga ada konsekuensi, cuma yg 120 kph kena tilang, padahal 2 2 nya sama ga ngikuti aturan. Belum lagi pengikut aliran bahu jalan. :big_weee: kalo udah ketemu pemuja bahu jalan di kala macet dan saya lagi iseng biasanya saya pepet terus kan namanya bahu jalan juga ga selebar badan jalan terutama kalo saya tau di depan bahu jalannya bakal menyempit biar tau rasa :big_biglaugh:
literally di indo, semua penyebab kecelakaan selalu disimpulkan = ngebut mabuk atau ngantuk.

lanehogger ga pernah salah (pdhl suka bikin kaget akhirnya kita yang banting), truk pelan di kanan ga pernah salah, jalan bergelombang ga pernah salah, penerangan jalan sampah jg ga pernah salah.

sebagai orang yang suka street racing tipis tipis, paling gak rispek orang ambil jalur bahu jalan. maaf gak gentle main gitu mah semua ud tau emergency lane bukan buat nyalip :big_bored: makin sensi kalo yang ngajak SUV arogan wkwkwk dahlah doain aja selamet kaga klontang atau nabrak truk lagi ngeban.

paling tidak 90% tukang ngebut pake truk berkabin yang ane temukan selalu ababil yang ga tau fungsi emergency lane. ngapain sih, banyak polah di jalan toh di depan gw kejar juga :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by gadjahalphien »

ChZ wrote: Wed May 10, 2023 4:40
KielConstantine wrote: Wed May 10, 2023 4:10
Gw kira yg ini om

Image

Jadi itu buat first world yehh :wkkk:
kalo ini pakenya TNGA B mbah. spec negara maju wakakkakaka. base nya ji ar yaris bodinya tp suspensi nya beda :mky_03:

ngga pake DNGA DNGA an. :upss: DNGA is TNGA versi kere :upss:
Ups.
Ini masih DNGA-B, TNGA di segment C up.

Dibawah itu ya DNGA (A dan B segment) ya semua by D, termasuk untuk model yg di jual global. Perkara perakitan tergantung pengaturan dari T JPN / Asia-pasifik, mau di rakit d pabrik yg mana

Mengingat pabriknya se-abrek
Th
In
Id
My
Vn
Jp
Ch
Mx
US

Bahkan bisa numpang cap dari merk lain yg kerjasama
Suzuki
Mazda
BMW
Subaru
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by FR6 »

ChZ wrote: Fri May 12, 2023 2:44
FR6 wrote: Fri May 12, 2023 2:17 OOT Om, soal user mobil di Indonesia emg parah sih..
Kayanya sebagian besar gak tau fitur2 safety di mobil..
Ogut punya temen, fitus se simple manual dimming rearview mirror aja gak tau.. padahal salah satu pendukung safety supaya gak silau..
Gimana mau paham soal airbag, wajar banyan karpet bulu2an wkwkwkw

Yaa wajar deh ADAS masih terbelakang, padahal kalo dipikir2 salah satu penyelamat bgt kalo ada orang ngantuk di Transjawabahn
kl ADAS... banyak yang anggep ADAS intrusif. termasuk ane sih. wkwkwkkw.

problemnya d indo jangankan fitur safety om basicnya safety driving / defensive driving aja minus banget.

masih (banyak) yang nyalip dari bahu jalan, masih jadi lanehogger di kanan. selama msh berantem soal apakah boleh konstan di kanan jalan 60 sehh artinya memang blom lulus pengetahuan nyetirnya.

dalem kota lbh ga ada adab lagi. :big_bored:

nurut ane urutannya adabnya dulu dibenerin baru safety features. soalnya ADAS pun kan diciptakan ngikutin aturan. nah kl patuh aturan aja kg bisa pantes ADAS di indo jadi kaga guna ujungnya gimmick :big_bored:

kmaren ada bule bandingin tuhh nyetir di highway aussie sama highway indo. katanya di aussie tuh tertib semua, di indo kek mau balapan videonya fortuner lagi salip salipan main potong potong di transjawabahn :mky_07:
ngg anu sih Om, saya ngeliatnya dari cukup banyak berita laka waktu mudik di transjawa.
ada yg ngantuk, akhirnya nabrak.. mungkin kalo ada rem otomatis bisa terhindar atau sedikit berkurang tingkat fatalnya :big_childish:

belum lagi kalo udah masuk Cipali, isinya truk2 cuma 40 km/j tapi ngeyel masuk & susul2an. kalo yg ngantuk/reflek rem nya gak bagus bisa celaka juga..

eh tapi kalo ngantuk trs istirahat di bahu jalan, di tabrak belakang juga, serba salah yak wkwkw

tapi emg di samping itu driving behavior emang kacau sih, udh gak bisa di jelasin pake kata2 lagi :big_sorry:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2532
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by KielConstantine »

kendibocor wrote: Thu May 11, 2023 4:34 Tp ya balik lg, mau berharap apa disini :big_biglaugh:
Kaga ada om.. gw aj udah nyerah ngarep sama ini negara, mau didoain sampe bebusa jg keknya percuma lah :big_biglaugh:

Selain pemimpin pada korup kerja ga becus; rakyatnya jg pada kg bisa tertib, ga bisa diatur.



Biarin aja terus jadi negara terbelakang sampe kiamat



Paling idup biasa2 aja dah sambil cari duit disini; nikmatin seperlunya. Mau nge-spend hasil kerja, diluar aja lebih worthed :mky_07:


Sukur2 dapet permanent resident ntar. Mau cabs gw dari sini :ngacir:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1631
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by darrelund »

gadjahalphien wrote: Fri May 12, 2023 8:20
Ups.
Ini masih DNGA-B, TNGA di segment C up.

Dibawah itu ya DNGA (A dan B segment) ya semua by D, termasuk untuk model yg di jual global. Perkara perakitan tergantung pengaturan dari T JPN / Asia-pasifik, mau di rakit d pabrik yg mana

Mengingat pabriknya se-abrek
Th
In
Id
My
Vn
Jp
Ch
Mx
US

Bahkan bisa numpang cap dari merk lain yg kerjasama
Suzuki
Mazda
BMW
Subaru
yaris 210 ini special case um, pakai TNGA-B, sama kyk aygo, aqua etc etc. kusus JP-EU/ negara maju lain

code sasis aja beda

yaris 210 (contoh, M15 hibrid): MXP11Hxxxxx

zenix bensin : MAGA10xxxxx

raize : A250RAxxxxx

cuma klo emg isinya DNGA gatau jg sih, nyari di gugel comparisonnya sulit :big_biglaugh:
herp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Aug 09, 2015 0:58

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by herp »

gadjahalphien wrote: Fri May 12, 2023 8:20
ChZ wrote: Wed May 10, 2023 4:40
KielConstantine wrote: Wed May 10, 2023 4:10
Gw kira yg ini om

Image

Jadi itu buat first world yehh :wkkk:
kalo ini pakenya TNGA B mbah. spec negara maju wakakkakaka. base nya ji ar yaris bodinya tp suspensi nya beda :mky_03:

ngga pake DNGA DNGA an. :upss: DNGA is TNGA versi kere :upss:
Ups.
Ini masih DNGA-B, TNGA di segment C up.

Dibawah itu ya DNGA (A dan B segment) ya semua by D, termasuk untuk model yg di jual global. Perkara perakitan tergantung pengaturan dari T JPN / Asia-pasifik, mau di rakit d pabrik yg mana

Mengingat pabriknya se-abrek
Th
In
Id
My
Vn
Jp
Ch
Mx
US

Bahkan bisa numpang cap dari merk lain yg kerjasama
Suzuki
Mazda
BMW
Subaru
Yaris negara maju bukannya pake tnga om, in house company yg develop jg kan beda (yaris negara maju/aygo didevelop compact car company, vios sini dan seabrek produk toyodai didevelop emerging market car company alias daihatsu)
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3411
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by kendibocor »

peterming77 wrote: Thu May 11, 2023 7:08
ChZ wrote: Thu May 11, 2023 5:50
kendibocor wrote: Thu May 11, 2023 4:34 Yg gw suka ga percaya. Kalo ada kejadian mobil kebakar, tabrakan, dll kayaknya di indo cepet bener bikin kesimpulan. Apa iya bener kesimpulannya scientific-based? Secara itungan 2-3 hari bisa langsung menyimpulkan penyebabnya dan biasanya pasti kesalahan user. Banyak alesan2 konyol macem gara2 pewangi lah, trus kemaren yg baru2 ini kebakar dibilang gara2 bulu2 di dashboard. Apa gara2 ada itu langsung ditunjuk aja sebagai culpritnya tanpa mempertimbangkan hal lain? Tp ya balik lg, mau berharap apa disini :big_biglaugh:

Masalah recall2an mah ketawa aja om. Orng indo kan suka jika dianggap spesial. Makanya kalo ada recall global indo ga kena, malah pd bangga usernya krn produk buat market indo selalu spesial :big_smoking:
Jd inget juke dulu. Wkwkwkwkw. Yg kebakar newasin model :ungg: dicurigai design saluran bensinnya malah ngeles sana sini blg modelnya mabok. Lah iya mabok 1 hal, tp moso mobil kebakar ga ada angin/hujan nabrak doank. :big_bored: sempet salahin velg ga standar wakakakakakak.

Tp di sini pemaaf koq mbah :mky_03: kl kejadian gitu pokoknya damai keluarga ikhlas (karena ribet kalo dikasusin lawan korporasi gede lg) meterai ceban kelar. Kasus menguap gt aja :mky_03:

Salut yg bisa menang. Mental baja emang ngadepin lawyer korporasi.

Dlu pernah sih ngobrol ama instruktur IDDC, dy bingung juga kok Indo ga punya lembaga crash test independen. Aturan mah ada harusnya :big_bored:

mikir jeleknya ya alesannya klasik wakakakkaka.
Mungkin kali di sertifikasi SNI ya? :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: Honda dengan sertifikasi SNI :weekk: :big_smoking:
Proses sertifikasi SNI itu bukannya cuman bayar ya om? Ga pernah ada test produk kan misalkan helm dipakein ke dummy trus tabrakan hasilnya apa segala kan? Harusnya namanya bukan SNI ya. Karena ga jelas jg standarnya apa :upss:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by peterming77 »

kendibocor wrote: Fri May 12, 2023 13:42
peterming77 wrote: Thu May 11, 2023 7:08
ChZ wrote: Thu May 11, 2023 5:50

Jd inget juke dulu. Wkwkwkwkw. Yg kebakar newasin model :ungg: dicurigai design saluran bensinnya malah ngeles sana sini blg modelnya mabok. Lah iya mabok 1 hal, tp moso mobil kebakar ga ada angin/hujan nabrak doank. :big_bored: sempet salahin velg ga standar wakakakakakak.

Tp di sini pemaaf koq mbah :mky_03: kl kejadian gitu pokoknya damai keluarga ikhlas (karena ribet kalo dikasusin lawan korporasi gede lg) meterai ceban kelar. Kasus menguap gt aja :mky_03:

Salut yg bisa menang. Mental baja emang ngadepin lawyer korporasi.

Dlu pernah sih ngobrol ama instruktur IDDC, dy bingung juga kok Indo ga punya lembaga crash test independen. Aturan mah ada harusnya :big_bored:

mikir jeleknya ya alesannya klasik wakakakkaka.
Mungkin kali di sertifikasi SNI ya? :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: Honda dengan sertifikasi SNI :weekk: :big_smoking:
Proses sertifikasi SNI itu bukannya cuman bayar ya om? Ga pernah ada test produk kan misalkan helm dipakein ke dummy trus tabrakan hasilnya apa segala kan? Harusnya namanya bukan SNI ya. Karena ga jelas jg standarnya apa :upss:
SNI itu juga comot standar negara lain kok, jadi copas tapi ganti nama, nga ada yg bener2 standar bikinan lokal, krn pasti harus ada rujukan ke ASTM (Amerika), JIS (Jepang), dll. Mana mungkin kita bikin standar sendiri, who are we???? :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15553
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by ChZ »

FR6 wrote: Fri May 12, 2023 8:42

ngg anu sih Om, saya ngeliatnya dari cukup banyak berita laka waktu mudik di transjawa.
ada yg ngantuk, akhirnya nabrak.. mungkin kalo ada rem otomatis bisa terhindar atau sedikit berkurang tingkat fatalnya :big_childish:

belum lagi kalo udah masuk Cipali, isinya truk2 cuma 40 km/j tapi ngeyel masuk & susul2an. kalo yg ngantuk/reflek rem nya gak bagus bisa celaka juga..

eh tapi kalo ngantuk trs istirahat di bahu jalan, di tabrak belakang juga, serba salah yak wkwkw

tapi emg di samping itu driving behavior emang kacau sih, udh gak bisa di jelasin pake kata2 lagi :big_sorry:
di toll aja resiko dipotong sama truk berkabin ugal ugalan... wakkakakakak.

di negara maju kan ga ada orang motong langsung dari jalur 4 ke jalur 1 terus zigzag ke jalur 2 jalur 4 jalur 1 lagi nyelonong aja tanpa berdosa. ADAS logicnya blom sampe situ :mky_03:
kendibocor wrote: Fri May 12, 2023 13:42
Proses sertifikasi SNI itu bukannya cuman bayar ya om? Ga pernah ada test produk kan misalkan helm dipakein ke dummy trus tabrakan hasilnya apa segala kan? Harusnya namanya bukan SNI ya. Karena ga jelas jg standarnya apa :upss:
kl kata dosen ane dy ngurus SNI buat alat alat pertanian sehh katanya SNI itu singkatan dari standar nga** ... wakakkakaka...

mo nyebut plesetannya takut kena ITE :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by KSG88 »


ChZ wrote:
peterming77 wrote: Fri May 12, 2023 3:11 Ya menurut saya ADAS disini intrusif soalnya lawannya nyetir juga asal2an, lagi enak jalan mendadak di potong apa gak kaget ADAS nya langsung auto ngerem mendadak sampe kena cium tipis2 dari belakang. Jadinya fitur ADAS bener cuma gimmick krn sehari2 malah di off.

Trus di transjawabahn lane hogger 60kph ga ada konsekuensi, cuma yg 120 kph kena tilang, padahal 2 2 nya sama ga ngikuti aturan. Belum lagi pengikut aliran bahu jalan. :big_weee: kalo udah ketemu pemuja bahu jalan di kala macet dan saya lagi iseng biasanya saya pepet terus kan namanya bahu jalan juga ga selebar badan jalan terutama kalo saya tau di depan bahu jalannya bakal menyempit biar tau rasa :big_biglaugh:
literally di indo, semua penyebab kecelakaan selalu disimpulkan = ngebut mabuk atau ngantuk.

lanehogger ga pernah salah (pdhl suka bikin kaget akhirnya kita yang banting), truk pelan di kanan ga pernah salah, jalan bergelombang ga pernah salah, penerangan jalan sampah jg ga pernah salah.

sebagai orang yang suka street racing tipis tipis, paling gak rispek orang ambil jalur bahu jalan. maaf gak gentle main gitu mah semua ud tau emergency lane bukan buat nyalip :big_bored: makin sensi kalo yang ngajak SUV arogan wkwkwk dahlah doain aja selamet kaga klontang atau nabrak truk lagi ngeban.

paling tidak 90% tukang ngebut pake truk berkabin yang ane temukan selalu ababil yang ga tau fungsi emergency lane. ngapain sih, banyak polah di jalan toh di depan gw kejar juga :big_bored:
Sama om, sy juga rada anti nyalip lewat bahu jalan. Gk sesuai fungsinya dan berbahaya banyak jalan jelek
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3411
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by kendibocor »

KSG88 wrote: Sat May 13, 2023 9:47
ChZ wrote:
peterming77 wrote: Fri May 12, 2023 3:11 Ya menurut saya ADAS disini intrusif soalnya lawannya nyetir juga asal2an, lagi enak jalan mendadak di potong apa gak kaget ADAS nya langsung auto ngerem mendadak sampe kena cium tipis2 dari belakang. Jadinya fitur ADAS bener cuma gimmick krn sehari2 malah di off.

Trus di transjawabahn lane hogger 60kph ga ada konsekuensi, cuma yg 120 kph kena tilang, padahal 2 2 nya sama ga ngikuti aturan. Belum lagi pengikut aliran bahu jalan. :big_weee: kalo udah ketemu pemuja bahu jalan di kala macet dan saya lagi iseng biasanya saya pepet terus kan namanya bahu jalan juga ga selebar badan jalan terutama kalo saya tau di depan bahu jalannya bakal menyempit biar tau rasa :big_biglaugh:
literally di indo, semua penyebab kecelakaan selalu disimpulkan = ngebut mabuk atau ngantuk.

lanehogger ga pernah salah (pdhl suka bikin kaget akhirnya kita yang banting), truk pelan di kanan ga pernah salah, jalan bergelombang ga pernah salah, penerangan jalan sampah jg ga pernah salah.

sebagai orang yang suka street racing tipis tipis, paling gak rispek orang ambil jalur bahu jalan. maaf gak gentle main gitu mah semua ud tau emergency lane bukan buat nyalip :big_bored: makin sensi kalo yang ngajak SUV arogan wkwkwk dahlah doain aja selamet kaga klontang atau nabrak truk lagi ngeban.

paling tidak 90% tukang ngebut pake truk berkabin yang ane temukan selalu ababil yang ga tau fungsi emergency lane. ngapain sih, banyak polah di jalan toh di depan gw kejar juga :big_bored:
Sama om, sy juga rada anti nyalip lewat bahu jalan. Gk sesuai fungsinya dan berbahaya banyak jalan jelek
+1
Kalo lg kosong sekali2 ngebut boleh asal ada perhitungan. Tp kalo ketemu sparring partner lewat bahu jalan big no no deh. Terlalu berbahaya bwat sekedar memacu adrenalin.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
indrasir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Fri Jun 08, 2012 4:22
Location: South Jakarta

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by indrasir »

Akhirnya WRV tipe E keluar juga versi transmisi manual. Jadi bertambah pilihan selain brio ataupun citiy hatchback buat modif mesin atau tampilan.
Notoire
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sun Apr 01, 2018 6:40
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Veloz

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by Notoire »

https://otomotif.kompas.com/read/2023/0 ... i-belakang

Apakah honda sensing di semua tipe mingkin bakal seperti itu?
Apakah mungkin terjadi di Indo?atau mungkin bakal terjadi di merek sebelah?
mobilkutu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 409
Joined: Wed Dec 16, 2015 2:27

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by mobilkutu »

FR6 wrote: Fri May 12, 2023 8:42
ChZ wrote: Fri May 12, 2023 2:44
FR6 wrote: Fri May 12, 2023 2:17 OOT Om, soal user mobil di Indonesia emg parah sih..
Kayanya sebagian besar gak tau fitur2 safety di mobil..
Ogut punya temen, fitus se simple manual dimming rearview mirror aja gak tau.. padahal salah satu pendukung safety supaya gak silau..
Gimana mau paham soal airbag, wajar banyan karpet bulu2an wkwkwkw

Yaa wajar deh ADAS masih terbelakang, padahal kalo dipikir2 salah satu penyelamat bgt kalo ada orang ngantuk di Transjawabahn
kl ADAS... banyak yang anggep ADAS intrusif. termasuk ane sih. wkwkwkkw.

problemnya d indo jangankan fitur safety om basicnya safety driving / defensive driving aja minus banget.

masih (banyak) yang nyalip dari bahu jalan, masih jadi lanehogger di kanan. selama msh berantem soal apakah boleh konstan di kanan jalan 60 sehh artinya memang blom lulus pengetahuan nyetirnya.

dalem kota lbh ga ada adab lagi. :big_bored:

nurut ane urutannya adabnya dulu dibenerin baru safety features. soalnya ADAS pun kan diciptakan ngikutin aturan. nah kl patuh aturan aja kg bisa pantes ADAS di indo jadi kaga guna ujungnya gimmick :big_bored:

kmaren ada bule bandingin tuhh nyetir di highway aussie sama highway indo. katanya di aussie tuh tertib semua, di indo kek mau balapan videonya fortuner lagi salip salipan main potong potong di transjawabahn :mky_07:
ngg anu sih Om, saya ngeliatnya dari cukup banyak berita laka waktu mudik di transjawa.
ada yg ngantuk, akhirnya nabrak.. mungkin kalo ada rem otomatis bisa terhindar atau sedikit berkurang tingkat fatalnya :big_childish:

belum lagi kalo udah masuk Cipali, isinya truk2 cuma 40 km/j tapi ngeyel masuk & susul2an. kalo yg ngantuk/reflek rem nya gak bagus bisa celaka juga..

eh tapi kalo ngantuk trs istirahat di bahu jalan, di tabrak belakang juga, serba salah yak wkwkw

tapi emg di samping itu driving behavior emang kacau sih, udh gak bisa di jelasin pake kata2 lagi :big_sorry:
Paling ngeri di tol jawa malam hari, truk2 yg lambat dengan lampu sekecil mata kucing yg ketutup debu super tebal bertahun2. Ngeri bgt si, mana ada bagian tertentu yg penerangan jalan nya minim.
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by osbertc0ol »

mobilkutu wrote: Sat May 20, 2023 2:54
FR6 wrote: Fri May 12, 2023 8:42
ChZ wrote: Fri May 12, 2023 2:44

kl ADAS... banyak yang anggep ADAS intrusif. termasuk ane sih. wkwkwkkw.

problemnya d indo jangankan fitur safety om basicnya safety driving / defensive driving aja minus banget.

masih (banyak) yang nyalip dari bahu jalan, masih jadi lanehogger di kanan. selama msh berantem soal apakah boleh konstan di kanan jalan 60 sehh artinya memang blom lulus pengetahuan nyetirnya.

dalem kota lbh ga ada adab lagi. :big_bored:

nurut ane urutannya adabnya dulu dibenerin baru safety features. soalnya ADAS pun kan diciptakan ngikutin aturan. nah kl patuh aturan aja kg bisa pantes ADAS di indo jadi kaga guna ujungnya gimmick :big_bored:

kmaren ada bule bandingin tuhh nyetir di highway aussie sama highway indo. katanya di aussie tuh tertib semua, di indo kek mau balapan videonya fortuner lagi salip salipan main potong potong di transjawabahn :mky_07:
ngg anu sih Om, saya ngeliatnya dari cukup banyak berita laka waktu mudik di transjawa.
ada yg ngantuk, akhirnya nabrak.. mungkin kalo ada rem otomatis bisa terhindar atau sedikit berkurang tingkat fatalnya :big_childish:

belum lagi kalo udah masuk Cipali, isinya truk2 cuma 40 km/j tapi ngeyel masuk & susul2an. kalo yg ngantuk/reflek rem nya gak bagus bisa celaka juga..

eh tapi kalo ngantuk trs istirahat di bahu jalan, di tabrak belakang juga, serba salah yak wkwkw

tapi emg di samping itu driving behavior emang kacau sih, udh gak bisa di jelasin pake kata2 lagi :big_sorry:
Paling ngeri di tol jawa malam hari, truk2 yg lambat dengan lampu sekecil mata kucing yg ketutup debu super tebal bertahun2. Ngeri bgt si, mana ada bagian tertentu yg penerangan jalan nya minim.
parah banget ini, padahal bisa di mitigasi dengan KIR yang per 6 bulan itu. tp yaaaaaa gitu deh
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by mr_mytplx »

mobilkutu wrote: Sat May 20, 2023 2:54
Paling ngeri di tol jawa malam hari, truk2 yg lambat dengan lampu sekecil mata kucing yg ketutup debu super tebal bertahun2. Ngeri bgt si, mana ada bagian tertentu yg penerangan jalan nya minim.
belum lg pas jalan nanjak keluar asap cuminya. makin ga keliatan tu lampu.

ane pernah hampir nabrak yg model beginian. untung pas itu cm jalan 60 jd msh sempet banting setir.
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by gadjahalphien »

darrelund wrote: Fri May 12, 2023 11:59 yaris 210 ini special case um, pakai TNGA-B, sama kyk aygo, aqua etc etc. kusus JP-EU/ negara maju lain

code sasis aja beda

yaris 210 (contoh, M15 hibrid): MXP11Hxxxxx

zenix bensin : MAGA10xxxxx

raize : A250RAxxxxx

cuma klo emg isinya DNGA gatau jg sih, nyari di gugel comparisonnya sulit :big_biglaugh:
herp wrote: Fri May 12, 2023 13:20
Yaris negara maju bukannya pake tnga om, in house company yg develop jg kan beda (yaris negara maju/aygo didevelop compact car company, vios sini dan seabrek produk toyodai didevelop emerging market car company alias daihatsu)
My Bad.

Betul, masih ada TNGA-B di Global.
Yaris Global
Sienta
New Lexus B segment (apakah compare dg A class dan 2 series)
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
heiituaku
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: Thu Mar 28, 2013 4:53

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by heiituaku »

indrasir wrote: Fri May 19, 2023 11:35 Akhirnya WRV tipe E keluar juga versi transmisi manual. Jadi bertambah pilihan selain brio ataupun citiy hatchback buat modif mesin atau tampilan.
@CHZ review dong, bodi kecil, ringan sasis bagus, mesin besar yg disetting eco dipadu dengan m/t 6 speed apakah menjadi jauh lebih menyenangkan? mungkin sayang cuma type E mungkin ada baikanya type RS non sensing juga
And408
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sat Jan 27, 2024 6:21
Location: Banjarmasin

honda wr v manual

Post by And408 »

Halo semua, saya baru saja memiliki honda wr v manual m/t (baru 2 hari) namun saat masuk gigi mundur (R) kok kaya bunyi "krak" gitu dan bunyinya keras terdengar sampai luar kopling sudah diinjak penuh, sudah dicoba cara lain kaya pelan-pelan masuk giginya tapi tetap bunyi, apakah ini bawaan honda atau honda model lain juga sama seperti ini ? (saya masih baru di forum)
Last edited by And408 on Sat Jan 27, 2024 7:19, edited 1 time in total.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5694
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: honda wr v manual

Post by sintoni »

And408 wrote: Sat Jan 27, 2024 6:47 Halo semua, saya baru saja memiliki honda wr v manual m/t (baru 2 hari) namun saat masuk gigi mundur (R) kok kaya bunyi "krak" gitu dan bunyinya keras terdengar sampai luar kopling sudah diinjak penuh, sudah dicoba cara lain kaya pelan-pelan masuk giginya tapi tetap bunyi, apakah ini bawaan honda atau honda model lain juga sama seperti ini ? (saya masih baru di forum)
Dirasa normal atau tidak?

Kalau tidak normal ya dibawa ke BeRes masih garansi kan.
And408
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sat Jan 27, 2024 6:21
Location: Banjarmasin

Re: honda wr v manual

Post by And408 »

sintoni wrote: Sat Jan 27, 2024 7:48
And408 wrote: Sat Jan 27, 2024 6:47 Halo semua, saya baru saja memiliki honda wr v manual m/t (baru 2 hari) namun saat masuk gigi mundur (R) kok kaya bunyi "krak" gitu dan bunyinya keras terdengar sampai luar kopling sudah diinjak penuh, sudah dicoba cara lain kaya pelan-pelan masuk giginya tapi tetap bunyi, apakah ini bawaan honda atau honda model lain juga sama seperti ini ? (saya masih baru di forum)
Dirasa normal atau tidak?

Kalau tidak normal ya dibawa ke BeRes masih garansi kan.
Sudah dibawa ke BeRes dan manual wr v-nya dibandingkan dengan brio, mobilio sama bunyinya oleh BeRes, adakah solusi lain (selesai garansi habis nanti) ?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9650
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: honda wr v manual

Post by Suryaputra »

And408 wrote: Sat Jan 27, 2024 6:47 Halo semua, saya baru saja memiliki honda wr v manual m/t (baru 2 hari) namun saat masuk gigi mundur (R) kok kaya bunyi "krak" gitu dan bunyinya keras terdengar sampai luar kopling sudah diinjak penuh, sudah dicoba cara lain kaya pelan-pelan masuk giginya tapi tetap bunyi, apakah ini bawaan honda atau honda model lain juga sama seperti ini ? (saya masih baru di forum)
Masih inreyen

nanti servis 1000km lgs aja ganti:
- oli mesin 0w20
- oli transmisi manual Honda
- filter oli mesin

Why?..
- karena komponen metal masih baru, terjadi gesekan tinggi untuk saling menyesuaikan / fit-in
- proses tsb, membuat gram besi (serbuk besi rontok)
- serbuk besi tersebut tidak menguap atau larut, tapi jatuh ke dalam penampung / oil pan di mesin dan girboks

Selanjutnya ganti oli nya di interval:
- oli mesin 5rb km / 6 bulan
- oli girboks 20rb km / 2 tahun sekali
- filter oli mesin ganti baru, tiap ganti oli mesin
- minyak rem tiap 1 tahun sekali (max 1,5 tahun) klo mau aman, karena minyak rem nyerap kelembaban dan menurunkan titik didih
- coolant ganti aja pas masuk tahun ke 3-4, selanjutnya ganti tiap 2 tahun sekali
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
And408
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sat Jan 27, 2024 6:21
Location: Banjarmasin

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by And408 »

Thanks :big_okay: buat masukkannya, yang oli mesin itu pake yang 5w30 boleh ? supaya olinya kental dan ga cepat menguap (mencegah overheat disamping ganti coolant)
Last edited by And408 on Sun Jan 28, 2024 6:53, edited 1 time in total.