W212 Mercy tua yg msh berkelas

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 743
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Asfur »

Halo sm’ers semuanya, pada trit ini gw ingin berbagi suka duka dalam mengurus W212 ataupun mungkin malapetaka bagi yg ngk tabah ngurus mobil setengah tua malah bagi yg koceknya tebel sih udah dianggep tua ini W212. And this can be my last journey bermain mobkas krn sudah mesti siap2 mikir masa tua, scr gw bukan berasal dr keluarga yg bisa kasih wasiat harta berlimpah. Jadi gw buat trit ini sbg sarana berbagi info buat yg juga pada punya W212 untuk berbagi tips and trick, kelemahan, kelebihan, perbaikan dllnya. Moga2 ini bisa menjadi trit yg berguna.

Perjalanan panjang selama 20 tahun gonta ganti mobil (bukan bermaksud untuk nyombong yah), gw anggap ini sbg pondasi gw soal secuil ilmu tentang mobkas, yg pasti gw ngk ahli tp hanya pede dgn secuil ilmu, dan rasanya lbh puas dgn pilihan sendiri drpd dipilihin org lain hehehehe……. :mky_01:

Jaman dulu waktu msh dibeliin ortu (selalu mobkas dan ikutan hunting) : Grand Civic feslip, Honda Prestige PreFL, dan Daihatsu Feroza.

Yg pernah punya seken (beli sendiri) : Taruna SWB lupa tipenya, Innova Prefeslip Kapsul V, Odyssey RA6 Absolute, Camry V XV40, Nav 1 tipe V Limited, Mercy W204 C200 CGI AVG, HRV Prestige, Accord CR2 Vtil dan terakhir ini Mercy W212 E250 AVG.

Pernah punya dari dari baru : Jazz GD IDSi, Carens 2 Matik, Innova Kapsul V Feslip Matik, Mazda CX5, Innova Reborn V Matik (msh dipake), AN HRV SE (msh dipake bini)

Oh iya, btw gw bukan pedege rumahan yah, krn yg pasti semua mobil itu gw balik nama, dan gw selalu pegang lbh dr 1 taon dan under 3 tahun. Jadi udah pasti rugi. Kesalahan gw yah cuman 1, krn gw orangnya bosanan hahahahha parah kan [emo-yesno] …….
Adakah yg jual untung ……ya ada 1 yaitu Camry V, krn dpt jatah buat nebus dari eks mobil punya boss dan harga 100 juta lbh dibawah pasaran, pake 2 taon kayaknya, dan masih jual untung, yah wong belinya dimurahin 100 jt lbh duluan :mky_02: . Trus Nav 1, ini ngk untung ngk rugi krn dpt yg beli org baru balik dari freeport dan ngeliat mobil gw lgs sreg krn super mint dan perfect condition for a second handed car :mky_02: . Dan di ke 2 mobil itu semua dlm kondisi prima jadi ngk ada yg gw repair krn kerusakan pakai. Sisa lainnya yah rugi, tp itulah bahayanya hobi, dan gw ngk bisa jadiin ini hobi menjadi profit krn gw selalu ngerapiin mobil kalo ada yg gw rasa ngk enak. :big_okay:

Nah back to topic ke W212, kenapa gw memutuskan menjual Accord dan balik lagi ke Eropa yg katanya endless money pit, scr dulu gw jual W204 kan krn takut jadi endless money pit. Thats why gw jual W204 yg msh kondisi superb waktu ambil km 29 rb, gw jual di 39 ribu an pake 2 tahunan. Waktu gw jual apakah krn akan rusak, tentu saja tidak, engine mounting dan transmisi mounting udah gw ganti baru krn udah amblas termakan usia, shock depan juga udah lemah jadi ganti baru, paking cover klep dan paking carter matik udah ganti juga krn yg lama udah rembes, wajarlah krn karet udah keras, ngk pusing ganti baru toh biar tenang. Sisanya no problem, electrical no malfunction. :big_exellent:

Agak2 sayang dijual, krn emang ngk problem. Tp kalah2nya gara2 kepincut Accord CR2 (dan ketakutan W204 jadi endless money pit yg blm terbukti) dan memory jaman kuliah dulu yg sempet pake Accord Prestige walopun seken juga dulu, jd kepengen punya Accord lagi, maka nekad deh W204 gw iklanin di oelex dan akhirnya stlh bbrp pedege/makelar yg nawarnya kelewat sadis, dan buyer2 ngk jelas php, serta bbrp buyer serius akhirnya ada 1 yg cocok dan akhirnya deal.

Ngk pake lama, lgs hunting CR2 VTiL dan stlh di cari sana sini akhirnya dpt 1 unit yg cocok di hati. Cek kondisi mesin dan tulangan oke, ada rembesan oli dikit ngk mslh krn cuman urusan paking doang. Sisanya oke, tes jalan kaki2 ngk ada klutak klutuk, so kaki2 mestinya ini ngk mslh. Mesin getar saat langsam nyalain AC, dugaan gw mestinya dari engine mounting. So urusan kecil jg, jadi gw tawar2 dan dpt diharga yg oke. Prosesi pertama tentunya bawa ke bengkel dan kali ini gw bawa ke beres ahond di ring road, dan minta cek ini geter kenapa yah, apakah engine mounting. Parah nih SA nya, katanya ngk bisa dipastikan pak, mobil mesti diinepin dan di cek dulu permasalahannya. Yah udah gw skip ajalah, urusan ngecek mesin geter aja kudu diinepin mah namanya nyari kangtaw yg dibuat2.

Jadi gw bawa aja ke bengkel umum deket rumah, sekalian ganti perolian dan minta cek mesin geternya, dan kata bengkel bener yg rusak mountingnya. So gw beliin partnya, dan stlh diganti, mesin adem lagi. But wait, buat yg ngira part Accord murah, patut pikir ulang yah, engine mounting CR 2 itu pake 4 dan 1 transmisi mounting, harga utk ganti ke 5 brg tsb hampir 5 jutaan. Compare engine mounting W204/W212 yg 1,8 jt per setnya krn hanya pake 2 engine mounting dan 1 transmisi mounting. Harga part2 lainnya macam kaki2 juga 11-12 dgn punya W204/212. Jadi ngerawat CR2 blm tentu lbh murah drpd ngerawat W204/212. [emo-yesno]

Singkatnya stlh pake 1 tahunan lebih (cukup singkat nih), gw tetep ngk bisa move on dgn kekedapan dan bantingan nyaman W204 yg mnrt gw lbh mantep drpd CR2, blm lagi kalo kena lubang2 dan jalan gelombang, gimanapun feedback jalan2 rusak dan gelombang tsb, di W204 tetep lbh nyaman drpd di CR2. Akhirnya krn perasaan terus menerus galau……dan setiap ngeliat W204 kok nyesel yah dijual……Hmmm akhirnya gw iklanin lagi CR2 gw spt biasa di oelex dan mobil321, dan spt biasa lah dtg inspektor gratisan dari oelex autos yg di inspek sana sini dan buka penawaran under 200 [emo-yesno] (madekipe, nawarnya ngk kira2), kmdn dtg carsome lupa brp nawarnya, bbrp end user dan akhirnya malah dibeli sorum dgn harga yg pantas :big_deal:

Dan perburuan mobkas pun dimulai lagi …….dgn target utama W204 dan W212, tp blm gw jadikan target utama krn msh bias ke W124, C124, W203, W211 dan W204 lagi baik yg PFL atau FL tp yg C250 serta melirik X1 Gen 1. Tapi pertama kali hunting gw fokusin di X1, dan di X1 ini gw menemukan banyak sekali yg interior dalemnya rata2 pada lengket2 dan lumer, sbnrnya simple sih banyak yg bisa benerin. Dan X1 yg gw suka itu yg sudah LCI krn velgnya lbh cakep shg merubah overall look ke exteriornya. Tp kok yah hati ini msh blm bisa/mau ketok palu buat pastiin untuk sikat X1 ini.
Pindah ke W124 kalo barang bagus dan pristine harganya udah ngk make sense, dan ngk rela spend duit yg mendekati w211 dan w212 untuk sebuah W124 apalagi yg C124 mint pasti lbh mahal drpd kebanyakan pasaran W212. Jadi skip ke 2 model itu.

W203 pengen beli krn mnrt gw modelnya msh cakep, ambil yg C240 yg fiturnya lbh kumplit dan biar ngk terlalu boros….oke masukin list dulu aja tp blm gw hunting. W211 modelnya klasik dan E280 feslip yg non airsus 7 Gtronic nya masih cukup ganteng. Mesinnya udah sama kayak W212 E300, sama2 Ecu panggang juga, non SBC. Tp yg kondisi mint harganya juga kadang ngk waras dan ngk ngejamin ngk bakal jajan, cari yg kondisi bagus harga standaran aja tp waktu itu ngk ketemu yg cocok. Dan akhirnya diputuskan ngk jadi nerusin hunting W211. Karena tetep lbh sreg liat W204 dan W212.

Jadi mulai kumpulin semua list2 W212 yg ada di online, males liat di IG utk mobil2 mainstream kayak W212, krn kebanyakan calonya doang, kecuali nyari yg mobil2 rare atau motuba2 yg pristine, itupun biasanya kalah cepet krn keburu diembat sama kolektor2.

Stlh data2 dipegang, tiap weekend mulai hunting dan liat2 ke WTC, Blok M Mall dan Mangdu Square, sempet mampir juga di sentra mobkas di Bintaro dan Serpong. Nyari yang jual dgn harga wajar, gw ngk peduli dgn iklan harga murah hanya [cencored] tp kalo harga cash beda harga, yg penting liat barang, ada barang ada harga. Dan kalo ada yg cocok yah gw tawar sepantesnya.

Akhirnya gw dpt 1 unit yg apik barangnya, bukan pristine tp apik dan karena emang gw nyarinya warna iridium silver ataupun paladium silver, ngk minat nyari item krn males ngurusnya aja. Dan memang mercy warna diluar item itu ngk sebanyak warna itemnya, harganyapun yg hitam umumnya lbh tinggi dikit, krn lbh dicari drpd warna silver dan abu2, setidaknya itulah yg diinfokan temen gw yg udah maen mobkas dari taon awal taon 2000 an. Oke deh, cukup gw bookmark dulu nih barang, dan blm gw tawar.

Malah ditawarin temen gw W211 E260, tangan pertama jalan baru 20rb km dan ini real, warna silver, udah berbulan2 ngk laku2 hahahah kalah warna katanya ……udah elu ambil aja deh tuh kan elu demen tuh mobil km rendah, buka harganya cepe lebih brp lupa, ntr harga cincailah……tp ngk gw follow up krn bukan E280.

Kita hunting lagi kesana sini, ehhh ketemu W204 PFL C250 silver di salah 1 showroom di fatmawati, barang rapih dan cakep, cuman bukanya tinggi waktu itu utk sekelas W204 PFL C250. Sempet naksir juga krn liat barangnya itu loh……sales udah bilang tawar aja om, kalo cocok yah kita lepas…..gw bilang gw pikir2 dulu sambil sekali lagi inspek memastikan kalo unitnya beneran fresh. Stlh itu gw pamit….salesman terus pdkt WA, tp gw bilang msh dipikir2 dulu.

Nah berbekal 2 unit ini, gw putuskan gw mau nawar yg W212 silver itu, jadi gw nekad aja nawar dgn harga yg mnrt gw pantes, prinsipnya gw bukan ngegorok, krn gw kan ngk paksa jual, yg penting barangnya gw suka, cocok, dan toh bukan barang pristine, so yah gw bilang aja bujetnya adanya segini. Kalo cocok, kita deal dan lanjut, kalo ngk yah anggep aja kita nambah teman, gw cuman bilang gitu, yah si boss pikir2 aja dulu, ngk perlu jwb skrg, nanti info aja kalo si boss cocok dgn angka saya…..

Seminggu ngk ada kabar…..smtr yg sales W204 tiap hari WA nanyain perkembangan yg gw jwb msh dipikir2 dulu…..akhirnya drpd penasaran ngk ada kabar, yah udah gw yg mulai dulu deh tanyain…..halo om, gmn W212 nya, diterima ngk penawaran saya nih? Soalnya kalo ngk yah sy mau deal di tmpt lain……si boss bilang jgn segitu deh, tambahin dikit…….oke dikit nih yah boss, ya sy naikin dikit, deal yah kan tadi bilang dikit…...akhirnya deal di angka yg mnrt gw sangat2 ok pada taon lalu :big_deal: (sekali lagi ini angka yg logis mnrt versi gw, entah mnrt org lain), dan gw minta lampu depan dibersihin batoknya biar seger lagi, tp namanya minta gratisan, hasil akhirnya ngk memuaskan hahahaha, atau gw yg terlalu ekspektasi tinggi……tp ya sudah namanya minta gratisan. :mky_01:

Oh iya, gw ngk bawa scan ke bengkel, krn gw pede ini mobil pada dasarnya sama dgn W204 scr mesin dan bahkan fitur2 lainnya juga ngk ada perbedaan mencolok dgn W204 :
1. Mesin sama, jadi masih banyak sharing part, yg beda cuman kaki2nya aja dan kalo di scan pun yg part mekanikal ngk bakal ketauan.
2. Fitur2 lain macam bangku elektriknya sama (kecuali yg E300 ada dynamic seat nya), AC dual zonenya sama aja cuman bedanya di W212 digital, audio sistem juga sama aja tape dibawah dan layar diatas, yah pokoknya mnrt gw mostly the same, terkecuali dimensi mobil dan part mekanikal.
3. Jok2 masih bagus dan ngk ada sobek dan msh bawaan orinya.
4. Plafon masih kenceng 99,5 %, ada 1-2 spot yg sedikit lepas, tp not noticeable kalo ngk bener2 dicari.
5. Mobil langsam anteng, ngk ada gejala pincang ataupun suara aneh2 di mesin.
6. Jadi selama gw tes jalan dan ngk ada yg aneh2 base on my experience di W204, yah udah sisanya gw rapiin sendiri toh harganya menarik, cengli lah.
7. Dan terakhir gw panggil temen gw biar makin yakin aja, krn kebetulan dia juga di WTC sorumnya, buat liatin tulangan nih mobil, dan lulus mata dia, artinya mobil lempeng.

Kmdn mobil gw bawa pulang, sambil jalan kita inspeksi lagi :
1. Start engine, mesin normal ngk ada pincang, so gejala ecu yg mau rusak kalo mesin pincang setidaknya aman.
2. Motorik projektor bekerja dgn normal naik turun. DRL nyala, lampu2 nyala normal, gak ada indikator warning di dashboard.
3. Jalan dari WTC melewati jalan rel kereta depan WTC, amannn ngk klatak klutuk kaki2nya, asumsi berarti kaki2 aman dan shock mungkin msh oke, mungkin loh yah krn ini kan udah jalan 78 rb waktu gw angkat, bisa aja udah lemah tp so far tidak terdeteksi.
4. Cobain nahan mesin di posisi D saat macet2 dan nyala AC, ademmm ngk ada getaran mesin ke dashboard ataupun body mobil, asumsi gw engine mounting jg aman tp sekali lagi ini mobil berusia tua dan jalan 78 rb, kalopun rusak yah gw msh anggep wajar, tp okelah kita asumsikan aman dulu.
5. Jalan2 gelombang dan pot hole adem, interior ngk ada rattle, kaki2 ngk ada bunyi2 semua tampak normal. Oke lah kalo gitu, artinya ini unit dulu dipakenya normal ngk disiksa.
6. Masuk tol, kita coba betot2 dikit. No problem, perpindahan gigi halus, mode eco dan sport berfungsi normal. Tp tarikan mesin terasa berat dan terasa suara mesin gaung/sedikit kasar, perkiraan gw mestinya sih gara2 oli yg udah jelek atau owner sebelumnya pake oli jelek krn mobil udah mau dijual.
7. Udah mau sampe rumah, masuk komplek ada poldur, udah pelan2 tp ngayunnya masuk gasruk kolong….tebakan gw berarti ini shock depan udah lemah. Tp mobil msh sempet gw pake 2 mingguan buat memastikan apakah ada yg aneh2 selain shock yg lemah itu. Ternyata ngk ada, lewat jalan rusakpun ngk ada klutuk2. Ya udah deteksi gw cuman ke shock depan lemah.
8. Kalo lewatin jalan speed trap ataupun sambungan antar section di jalan tol, yg sambungannya agak jeglok dalem, di belakang ada suara tek macam suara besi terketuk. Trus gw cek itu shock, ternyata udah ngk ada stopper dampernya shg dust boot covernya kalo kena jeglokan, maka akan mentul2 mengenai bodi shg terdengar bunyi tek tek itu (dugaan gw arahnya kesini)
9. Nikmatin dulu sambil kumpulin list yg mau di rapiin apa aja termasuk mau ganti grill depannya balikin ke ori lagi sambil mesen copotan ke bengkel langganan, krn grill aftermarketnya mnrt gw bikin tampilan jadi ngk asik.

Sebulan kmdn stlh grill ada, lgs gw cap cus ke bengkel langganan sambil cek kondisi kaki depan yg ternyata arm atas dan arm bawah karet2nya udah pecah, ball joint karetnya udah pecah, link stabil udah letoy juga, dan shock juga udah lemah. Dalem ati, hebat juga nih kaki2 udah pada remuk, tp kena jalan2 rusak ngk ada bunyi sama sekali, cuman shock doang yg terasa lemahnya. Yah udah gantiin semua kaki2 pake lemforder dan febi, shock pake bensco, busa stopper juga pasang baru krn udah habis busa stoppernya. Yg belakang ngk keburu dikerjakan, jadi ini gw biarin dulu krn mesti bongkar dan dibengkel ngk ada stoppernya. Gw tanya juga soal suara gemuruh/kasar saat ditarik, di cek engine mounting dan emang sudah kandas juga dan transmisi mounting karetnya juga udah ada retakan, oke ganti semua mounting juga.
Pic 08.jpg
Perolian ngk keburu dikerjakan krn keburu sore, yah udah pulang dulu deh. Dan bener aja, yg ternotice adalah suara gemuruh/kasar sudah hilang ternyata beneran dari engine mounting. Kmdn mau masuk komplek rumah, lewatin poldur yg sama, amannnn ngk gasruk lagi walaupun sedikit dilibas artinya deteksi gw kmrn juga cocok. Tinggal perolian aja, dan kebetulan gw dikenalin montir eks bengkel resmi mercy yg udah jadi freelance. Yah gw pikir ganti oli enak juga yah kalo di rumah, ngk perlu kebengkel toh cuman oli2 ini.

Ya udah gw siapin oli mesin sama paking cover klep, oli matik dan paking carter matik, oli gardan, oli PS, dan air radiator. Siapin waktu di weekend dan montir freelance pun mulai eksekusi ganti oli2 dan air radiator, scan dan reset service. Oke semua beres dan udah di cuci darah semuanya, bikin mesin makin halus lagi.
Pic 07.jpg
Tp kira2 selang 1 bln kemudian sth ganti oli, tiba2 aja abis jmpt anak gw les, mesin dinyalain terus terasa pincang dan check engine nyala, wadowww jack pot nih….hahahahah mau gmn lagi, masa mobil ditinggal di tmpt les, yah udah pelan mobil gw bawa sampe ke rumah, terus gw matiin dan gw nyalain lagi eh kok normal lagi, yah udah gw pikir kemungkinan kmrn itu dpt bensin kualitas jelek kali.

Besok2 gw mau pake lagi, terus nyalain ehhh pincang lagi, gw matiin mesin dan nyalain lagi ehhhh normal lagi, aneh juga dan baca2 di grup WA W212, indikasi ECU kalo ada kerusakan yah kayak gitu, tp ada juga yg bilang bisa juga efek dpt bensin jelek, dan disarankan di top up pake pertabo…….
Hmmmm….yah udah gw blm ambil tindakan dulu sambil nyari2 info lbh lanjut, tp semakin hari lbh sering pincangnya…… stlh tanya sana sini biar dpt info valid, akhirnya gw putuskan untuk nyoba sungkem ke Benz Auto Service di MGK. Ownernya pak Ade juga ternyata cukup lama di perbenz-an, sejarahnya dulu adalah kongsiannya Bambang BM, Pak Ade dan Pak Deni yg di Starpro.

Gw putusin pindah bengkel krn gw merasa udah kurang sreg svc di BM. Blm lagi kalo ada masalah kelistrikan, gw liat disana ngk ada yg khatam buat benerin dilokasi, dan sejak bengkelnya pindah ke PMK, yah cukup brantakan yah tmpnya, untuk mekanik sih cukup handal lah yah. So dari penilaian gw akan hal ini, makanya gw putuskan untuk cari bengkel spesialis lain yg lbh sreg di hati dan tmptnya lbh rapih, dan dptlah bengkel Auto Benz ini. (Ngk bermaksud promosi yah)

Oh iya, gw diinfokan bengkel ini dari bengkel spesialis operasi katarak lampu mobil, dan spt penjelasan gw diatas bahwa pembersihan lampu gratisan dr sorum itu tidak memuaskan, makanya gw putuskan buat bersihin lagi pake ongkos sendiri. Dan sama ownernya gw di ksh tau bawa ke Auto Benz aja, dan soal Ecu itu ownernya ngerti dan terjun langsung untuk perbaikannya. Jadi gw putuskan untuk jajal kesana untuk perbaikan ECU ini dan di scan ternyata terbaca ada misfiring di coil no 3 yg berakibat ECU mengalami masalah.
Pic 06.jpg
Pak Ade bilang ini pasti ECUnya udah ada masalah, nih saya cabut yah pasti ada yg gosong, dan bener ada bbrp titik yg gosong yg diakibatkan dari coil no 3 itu. Terus gw tanya bisa dibenerin dan ditunggu……bisa bosku, DC nya 4 jt aja yah……hmmmm agak kaget, ngk spt dibayangan yg ane sangka bakal 5-10 jt an (bahkan mgkn lebih). Gw minta korting dikit dan diksh 3,5 jt yah udah pak eksekusi langsung deh……
Gw tanya kenapa sampe ecunya korslet pak…..dia cabut coil no 3 dan ada basahan oli, dia bilang ini om pakingnya rembes yah? ……sy biang ngk om baru ganti kok ini……oh kl gitu ini dulu bersihin coilnya ngk bersih, dan ini om bilang ganti paking, ini masih rembes, ini coil yg basah bikin jalur di ECU terjadi short. Ibaratnya konslet lah om, kata pak Ade.

Yah udah gw juga ngk mau nyalahin yg nyervis ganti oli dan paking mesin wkt home svc itu, anggep aja emang udah waktunya lah, walaupun dugaan gw sih mestinya gara2 itu krn sblm ganti paking mesin ngk ada mslh, tp yah sudah terjadi ya udah. Sambil nanya, seandainya nih om kalo sy cuekin krn mikir toh dgn dimatiin dan dinyalain lagi mesinnya normal, nahh gmn tuh……yah akibatnya akan jebol semua2nya om spt ini nih (dia ambil contoh bbrp ecu yg udah gosong dan ada yg spt meletus), kalo udah gini ngk bisa di repair, kudu ganti copotan 1 set atau beli ECU baru.

Sedikit review soal bengkel ini, tempatnya oke, rapih krn toh ini parkiran mobil di MALL yg dijadiin kantor dan tmpt svc, udah pasti ngk panas, kalo mau adem ada tmpt tunggu ber AC, mekaniknya juga cukup cekatan gw liat, kepala teknisinya Susilo juga terlihat mengetahui kelistrikan dan deteksi kerusakan part mekaniknya. Dan cara kerja mekanik dan alat2 tool kitsnya lbh rapih dari di BM (mnrt gw loh yah). Fix ane bakal pindah jadi kesini aja buat maintenance kedepannya.

Sambil nunggu jadi gw ngobrol2 dgn org yg juga svc dan ehhh kebetulan masuk 1 unit W212 E250 punya bapak2 tangan 1 beli dr baru dan langganan svc disana. KM nya masih under 50rb. Gw tanya om svc apa…..ohh itu ganti paking oli mesin dan paking2 apalah gitu, udah pada rembes oli…..ohhh gt toh om…..kalo si om svc apa…….sy svc ecu om……oh punya om juga udah pernah tuh waktu itu, sekalian om ganti lah coilnya 4 biji itu.
Hmmmm dalem ati yahh berarti ini kasus mgkn emang cukup sering terjadi di mesin M271. Dan stlh menunggu 2 jam-an, ECU pun kelar di service, dan di tes dan tentu saja mobil lgs nyala normal kembali tanpa pincang, kmdn di scan dan error sudah tidak terbaca. Kmdn sy bilang ini kan pemicunya coil no 3, jadi apakah ini coil no 3 skrg terbaca ada masalah…..pak Susilo bilang hasil scan tidak terbaca ada masalah……tp mumpung disana dan gw ngk mau ambil resiko krn setidaknya kan pemicunya ini dr coil no 3, jadi gw minta diganti aja sekalian dgn coil baru pake bosch…..oke selesai sudah pekerjaan hari itu dgn service ecu yg hanya 3,5 jt plus coil bosch 900 rb.
Pic 05.jpg


Soal harga bisa jgn dijadiin perdebatan yah krn bisa aja ada yg lbh murah, tp kalo buat gw dgn filing ngeliat bengkel yg rapih, penyimpanan part yg rapih, ruang kerja owner yg rapih, dan lain2 hal yg membuat gw feel sreg pada pandangan pertama, maka mnrt gw bengkel ini worth it buat jadi pegangan gw.
Selesai bayar, masuk W204 C250 yg discan juga mengalami mslh ECU di 2 coil malahan. Yahhh jadi mgkn emang engine M271 ini cukup sering kejadian ECU, tp kalo buat yg sudah punya mobil berengine M271 ataupun yg baru mau meminang, kayaknya ngk perlu terlalu kuatir yah. Kalo di diagnosa ECU ada mslh, mending svc dulu aja sblm malapetaka besar terjadi. Sampe skrg stlh ECU di svc, so far so good. Dan semoga aja it will last for many years come before it collapse again.

And here is the picture of old W212, yet still masih berkarisma buat mobil premium under 300 jt. Disclaimer, ini murni semua berdasarkan POV gw yah :
Exterior look, sejujurnya mnrt gw scr ekterior di era W212 ini kalo di compare ke BMW maka akan head to head ke E60 last edition dan awal2 F10 dan overall looks exterior dan interiornya, mnrt gw W212 looks outdated, desainnya standar aja ala bapak2an.
Pic 04.jpg
Interior juga ngk ada yg canggih. Audionya blm harman kardon tp buat kuping gw , sudah sangat cukup, tp kalah jika dibandingin sama W204 yg udah HK. Dan ternyata layar W212 yg sepintas terlihat monochorme ini sbnrnya adalah full color. Jadi kalo dipasang kits untuk bisa android, maka layar ini akan full color, tp di kompensasi kualitas suara yg turun.
Tombol2 masih banyak yg bagus, tp tombol2 ginian ngk perlu lagi di rekon sih, kayaknya mahalan rekon, mending beli di ali oncom aja, banyak yg jual printilan knob2 gituan. Gw udah ganti tombol central locknya dgn yg baru, ada yg model full knob, ada juga yg cuman cover depannya.
Bangku blm full elektrik, jadi yg elektrik cuman tinggiin dan rendahin bangku, naik turun paha sama reclining, maju mundur dan untuk kembang kempis punggung msh manual.
Pic 01.jpg
Pic 03.jpg
Untuk seatbelt ada fitur bisa narik dulu untuk ngencengin dan kmdn kendor lagi.
Ada fitur park assist, untuk bantu parkir paralel. Auto hold brake juga ada.
Ada fitur untuk turunin head rest belakang, kalo abis dipake penumpang belakang dan lupa nurunin head restnya lagi.
Fitur telephony sama spt W204.
Pic 02.jpg
Konsumsi dalkot berkisar 8-10 km/1lt an, kalo lukot blm nyoba, tp kemungkinan berkisar 13-15 km/lt, tergantung yg nyetir juga.

Okay segitu dulu kali yah, udah panjang lebar banget nih. So mari utk sesama dan mgkn yg baru pengen hunting W212, mudah2an trit ini bisa menjadi tmpt sharing dan berbagi info.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2532
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by KielConstantine »

Pertamax dulu di thread mantep pelihara eropa seken :mky_02:


Hebat ya W212, walaupun udh berumur. Masih ada kharismanya.

W204 sama W212 malah golongan mercy yg ane masih demen modelnya seh om. Drpd yg atas2 macem w205 w213

Ane baru tau jg M271 lemah di ecu gegara misfire ignition coil. Harga coil sama kek bmw tu 900 ribuan aja. ECU gosong dikit masih bisa di repair solder2 kg perlu khawatir banget lah

Di eropa seinget ane taxi2 E klass pada banyak yg nyentuh odo 500k km . Masih pada jalan sihh

Jadi ud total abis brapa duit om dari angkat mobilnya?

Semoga awet & long last mobilnya :off_good_job:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
HaykelAdityawarman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 268
Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2015 Mitsubishi A03A 3A92 GLX MT

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by HaykelAdityawarman »

Thanks for sharing om, sepertinya ilmunya bakal bermanfaat.

Mau tanya om, pertimbangan ambil E250 instead of E300 gimana? Menurut saya E300 menarik krn dia V6 N/A terakhir.
Current: 2008 Mitsubishi CY4A 4B11 CVT

Others:
2020 ANH140 2GD-FTV AT
2019 RU1 L15Z CVT
2019 PQ26-6C 1.2T DSG
2019 CMF-A 1.0 AMT
2013 GM2 L15A AT
2003 E46 M54B25 AT
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2583
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

Nice car om, w212 punya kharisma tersendiri dgn body boxy nya

Dan udah bener bgt grill di standarin lg dengan logo mercy berdiri
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by ChZ »

Wah ini salah 1 yg ane consider sblm angkut E39 jg neh... Uda sempet mikir mau E300 W212, apa F10 523i, atau E60 523i wkwkwkwkw cuma tetep takut nyesel kalo ketemu E39 jd beli E39 aja. Dulu pertama launching uda jatuh cinta sama bentuknya. Ada bokap temen beli pula first batch 2009.

Yg post facelift malah jelek. Sayang E400 adanya model post facelift wkwkwkwkw.

ECU panggang kyknya skrg repair murah yah.

Btw barusan ada temen malah baru angkut E280 w211 juga ex bengkel interior terkenal di sby.

Mercy sih enak asal mobilnya bener. Ga sering visit ke bengkel wkwkwkwkw. BMW lebih sering visit ke bengkel tp repair per visit lebih murah BMW.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by ricz »

Liat trid ini jadi keingat E250 nyokap juga gini casenya... Misfire di coil jadi ngerembet ke ECU :big_biglaugh:

Tp mobil ini beneren enak sih. Bantingan oke, konsumsi bbm gak malu" in (en masih bs nenggak RON 92 :mky_03: ) dan presence lebih bagus drpd mobil baru 300an juta :big_smoking:

Selamat mobil baru nya om, semoga enjoy terus :big_deal:
2021 Fortuner VRZ
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 743
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Asfur »

KielConstantine wrote: Sat Apr 08, 2023 9:29 Pertamax dulu di thread mantep pelihara eropa seken :mky_02:


Hebat ya W212, walaupun udh berumur. Masih ada kharismanya.

W204 sama W212 malah golongan mercy yg ane masih demen modelnya seh om. Drpd yg atas2 macem w205 w213

Ane baru tau jg M271 lemah di ecu gegara misfire ignition coil. Harga coil sama kek bmw tu 900 ribuan aja. ECU gosong dikit masih bisa di repair solder2 kg perlu khawatir banget lah

Di eropa seinget ane taxi2 E klass pada banyak yg nyentuh odo 500k km . Masih pada jalan sihh

Jadi ud total abis brapa duit om dari angkat mobilnya?

Semoga awet & long last mobilnya :off_good_job:
Ecu misfiring sih kemungkinan besar lbh banyak kasus krn coilnya basah oli yah kalo sy liat kasus saya (asumsi pribadi sih ini :mky_01: ), jadi lbh baik kalo udah nampak rembes paking cover klepnya, mending lgs ganti aja, krn lbh murah drpd svc ECU. Kalo diitung yg penting2 aja sih, yg emang rusak 10 jtan lah, kalo termasuk cuci katarak sama ganti grill yah msh under 15 jt :big_okay:
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 743
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Asfur »

HaykelAdityawarman wrote: Sat Apr 08, 2023 11:49 Thanks for sharing om, sepertinya ilmunya bakal bermanfaat.

Mau tanya om, pertimbangan ambil E250 instead of E300 gimana? Menurut saya E300 menarik krn dia V6 N/A terakhir.
Tadinya emang sempet kepikiran, tp pas taon lalu itu W212 E300 pajaknya masih diatas 10 jt [emo-yesno] , yg E250 aja msh 8 jt an, tp taon ini udah turun dibwh 6. Denger2 yg E300 kl ngk salah udah jd 8 jt an. Dan 1 lg yg bikin mundur juga, yah itu transmisinya udah model elektronik di kolom steer, kalo rusak sih pasti lbh mahal drpd benerin yg masih model tuas biasa.
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 743
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Asfur »

farizfsa wrote: Sat Apr 08, 2023 12:31 Nice car om, w212 punya kharisma tersendiri dgn body boxy nya

Dan udah bener bgt grill di standarin lg dengan logo mercy berdiri
Siap om, thanks info2 dr om. :big_deal:
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 743
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Asfur »

ChZ wrote: Sat Apr 08, 2023 13:23 ECU panggang kyknya skrg repair murah yah.
Iya om, udah banyak yg bisa repair, yg penting jgn sampe salah tempat ngerepair aja. Dan mending kalo udah ada mslh macam pincang, ataupun mgkn ngk pincang tp ada check engine, mending di cek dulu dan kalo emang ada gosong mending buruan di svc jadi ngk mahal jatonya.
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by gadjahalphien »

KielConstantine wrote: Sat Apr 08, 2023 9:29 Ane baru tau jg M271 lemah di ecu gegara misfire ignition coil. Harga coil sama kek bmw tu 900 ribuan aja. ECU gosong dikit masih bisa di repair solder2 kg perlu khawatir banget lah
ChZ wrote: Sat Apr 08, 2023 13:23 ECU panggang kyknya skrg repair murah yah.
Sepertinya case ECU lemah di M271, baru mulai muncul ketika unit berumur 10-15 tahunan deh oms.
Serta jasa service nya emang udah terjangkau
Asfur wrote: Sun Apr 09, 2023 0:15
Ecu misfiring sih kemungkinan besar lbh banyak kasus krn coilnya basah oli yah kalo sy liat kasus saya (asumsi pribadi sih ini :mky_01: ), jadi lbh baik kalo udah nampak rembes paking cover klepnya, mending lgs ganti aja, krn lbh murah drpd svc ECU. …Cut…
Case di saya terkait ECU gosong, hasil scan emang Menunjukkan di misfire cyl. no 3.
Setelah di cek, busi sedikit basah.
Coba analisa awal bareng sama teknisi freelance, coba tuker coil dg Cyl. No 2 ternyata misfire masih muncul di Cyl. No 3.
Seminggu kemudian, malah Cyl. no 4 ikutan misfire.

Langsung tobat, service ECU
Kurang lebih kondisi ECU sebelum di service
33B00447-752E-401C-8950-E140E6401808.jpeg
2 hari pengerjaan langsung sembuh
Coil jg enggak di ganti
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3412
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by kendibocor »

Waduh, ke bengkel 1x ketemu 2 orang, dua2nya uda pernah kena masalah ecu. Berarti cukup sering masalah ya dengan berbagai penyebab. Gw kirain E300 aja yg ecu panggang.

W212 yg blm amg emang uda keliatan dikit usang, tp kalo yg AMG atau FL masih bisa lah bersaing sama mobil2 muda tiap weekend. Apalagi lambangnya ga bohong :mky_03:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 743
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Asfur »

gadjahalphien wrote: Langsung tobat, service ECU
Kurang lebih kondisi ECU sebelum di service
33B00447-752E-401C-8950-E140E6401808.jpeg
2 hari pengerjaan langsung sembuh
Coil jg enggak di ganti
Mantep om, emang ngk usah ragu2 lah, kalo ecu bermasalah, lgs svc sblm fatal. Toh skrg ongkos svcnya jg emang udah ngk semahal dulu.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by ChZ »

gadjahalphien wrote: Sun Apr 09, 2023 4:27
Sepertinya case ECU lemah di M271, baru mulai muncul ketika unit berumur 10-15 tahunan deh oms.
Serta jasa service nya emang udah terjangkau
sebenernya dgn kerusakan baru terjadi di 10-15 thn despite kesalahan design itu cukup oke loh. wkwkwkwkkw. kayaknya bisa di prolong lagi kalau rajin buka kap mesin tiap habis long drive, atau malah sudah soalnya kan kebanyakan yg bawa supir :mky_01: .

kyknya kalau mobil jerman emang wajib soalnya yg jadi main culprit di setiap mesin jerman itu biasa suhu temperatur yang ngebukanya udah panas banget wkwkkwkwkw. BMW M52/M54 juga beberapa ecu nya suka rusak tuh.

ini makanya ane sebenernya ngerasa yang ribut engine bay exposed semua itu orang yang gak pernah bongkar-bongkar mesin, ya youtuber otomotif sih yang apa apa ke bengkel resmi sih gak pusing emang. wkwkwkwkkw. engine bay kebanyakan penutup malah bikin heat release gak optimal.

waktu pertama liat engine bay tiggo8pro aja geleng2, ini ketutup semua gini, mesin 2.0liter turbo loh. buang panasnya kemana ampun deh.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4580
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Pboyz97 »

nice review om. w212 memang salah 1 mercy favorit saya sekaligus dream car saya juga . desainnya masih enak bgt diliat & gak lekang dimakan jaman, even compared to w213 sekalipun hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9653
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Mon Apr 10, 2023 2:44
gadjahalphien wrote: Sun Apr 09, 2023 4:27
Sepertinya case ECU lemah di M271, baru mulai muncul ketika unit berumur 10-15 tahunan deh oms.
Serta jasa service nya emang udah terjangkau
sebenernya dgn kerusakan baru terjadi di 10-15 thn despite kesalahan design itu cukup oke loh. wkwkwkwkkw. kayaknya bisa di prolong lagi kalau rajin buka kap mesin tiap habis long drive, atau malah sudah soalnya kan kebanyakan yg bawa supir :mky_01: .

kyknya kalau mobil jerman emang wajib soalnya yg jadi main culprit di setiap mesin jerman itu biasa suhu temperatur yang ngebukanya udah panas banget wkwkkwkwkw. BMW M52/M54 juga beberapa ecu nya suka rusak tuh.

ini makanya ane sebenernya ngerasa yang ribut engine bay exposed semua itu orang yang gak pernah bongkar-bongkar mesin, ya youtuber otomotif sih yang apa apa ke bengkel resmi sih gak pusing emang. wkwkwkwkkw. engine bay kebanyakan penutup malah bikin heat release gak optimal.

waktu pertama liat engine bay tiggo8pro aja geleng2, ini ketutup semua gini, mesin 2.0liter turbo loh. buang panasnya kemana ampun deh.
Nah itu dia bagian dalam kap mesin gak ada covernya dan terlihat berantakan, itu buat kemashlatan user nya juga,

buang panasnya lbh lega, hot-air flow lancar, dan umur kabel dan komponen electrical di dalamnya lbh awet. :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1399
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by AbdulHakim »

Suryaputra wrote: Mon Apr 10, 2023 3:35
ChZ wrote: Mon Apr 10, 2023 2:44
gadjahalphien wrote: Sun Apr 09, 2023 4:27
Sepertinya case ECU lemah di M271, baru mulai muncul ketika unit berumur 10-15 tahunan deh oms.
Serta jasa service nya emang udah terjangkau
sebenernya dgn kerusakan baru terjadi di 10-15 thn despite kesalahan design itu cukup oke loh. wkwkwkwkkw. kayaknya bisa di prolong lagi kalau rajin buka kap mesin tiap habis long drive, atau malah sudah soalnya kan kebanyakan yg bawa supir :mky_01: .

kyknya kalau mobil jerman emang wajib soalnya yg jadi main culprit di setiap mesin jerman itu biasa suhu temperatur yang ngebukanya udah panas banget wkwkkwkwkw. BMW M52/M54 juga beberapa ecu nya suka rusak tuh.

ini makanya ane sebenernya ngerasa yang ribut engine bay exposed semua itu orang yang gak pernah bongkar-bongkar mesin, ya youtuber otomotif sih yang apa apa ke bengkel resmi sih gak pusing emang. wkwkwkwkkw. engine bay kebanyakan penutup malah bikin heat release gak optimal.

waktu pertama liat engine bay tiggo8pro aja geleng2, ini ketutup semua gini, mesin 2.0liter turbo loh. buang panasnya kemana ampun deh.
Nah itu dia bagian dalam kap mesin gak ada covernya dan terlihat berantakan, itu buat kemashlatan user nya juga,

buang panasnya lbh lega, hot-air flow lancar, dan umur kabel dan komponen electrical di dalamnya lbh awet. :big_biglaugh:
kalo peredam yang di engine hood itu buat meredam panas atau noise? atau keduanya?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9653
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: Mon Apr 10, 2023 3:44
Suryaputra wrote: Mon Apr 10, 2023 3:35
ChZ wrote: Mon Apr 10, 2023 2:44

sebenernya dgn kerusakan baru terjadi di 10-15 thn despite kesalahan design itu cukup oke loh. wkwkwkwkkw. kayaknya bisa di prolong lagi kalau rajin buka kap mesin tiap habis long drive, atau malah sudah soalnya kan kebanyakan yg bawa supir :mky_01: .

kyknya kalau mobil jerman emang wajib soalnya yg jadi main culprit di setiap mesin jerman itu biasa suhu temperatur yang ngebukanya udah panas banget wkwkkwkwkw. BMW M52/M54 juga beberapa ecu nya suka rusak tuh.

ini makanya ane sebenernya ngerasa yang ribut engine bay exposed semua itu orang yang gak pernah bongkar-bongkar mesin, ya youtuber otomotif sih yang apa apa ke bengkel resmi sih gak pusing emang. wkwkwkwkkw. engine bay kebanyakan penutup malah bikin heat release gak optimal.

waktu pertama liat engine bay tiggo8pro aja geleng2, ini ketutup semua gini, mesin 2.0liter turbo loh. buang panasnya kemana ampun deh.
Nah itu dia bagian dalam kap mesin gak ada covernya dan terlihat berantakan, itu buat kemashlatan user nya juga,

buang panasnya lbh lega, hot-air flow lancar, dan umur kabel dan komponen electrical di dalamnya lbh awet. :big_biglaugh:
kalo peredam yang di engine hood itu buat meredam panas atau noise? atau keduanya?
both, biar gak panas jg kap nya pas kita pegang hahaha

dan gak mempercepat ngerusak cat/coating dalam jangka panjang
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1399
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by AbdulHakim »

Suryaputra wrote: Mon Apr 10, 2023 3:46
AbdulHakim wrote: Mon Apr 10, 2023 3:44
Suryaputra wrote: Mon Apr 10, 2023 3:35

Nah itu dia bagian dalam kap mesin gak ada covernya dan terlihat berantakan, itu buat kemashlatan user nya juga,

buang panasnya lbh lega, hot-air flow lancar, dan umur kabel dan komponen electrical di dalamnya lbh awet. :big_biglaugh:
kalo peredam yang di engine hood itu buat meredam panas atau noise? atau keduanya?
both, biar gak panas jg kap nya pas kita pegang hahaha

dan gak mempercepat ngerusak cat/coating dalam jangka panjang
hmm.. iya, make sense mbah
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3412
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by kendibocor »

ChZ wrote: Mon Apr 10, 2023 2:44
gadjahalphien wrote: Sun Apr 09, 2023 4:27
Sepertinya case ECU lemah di M271, baru mulai muncul ketika unit berumur 10-15 tahunan deh oms.
Serta jasa service nya emang udah terjangkau
sebenernya dgn kerusakan baru terjadi di 10-15 thn despite kesalahan design itu cukup oke loh. wkwkwkwkkw. kayaknya bisa di prolong lagi kalau rajin buka kap mesin tiap habis long drive, atau malah sudah soalnya kan kebanyakan yg bawa supir :mky_01: .

kyknya kalau mobil jerman emang wajib soalnya yg jadi main culprit di setiap mesin jerman itu biasa suhu temperatur yang ngebukanya udah panas banget wkwkkwkwkw. BMW M52/M54 juga beberapa ecu nya suka rusak tuh.

ini makanya ane sebenernya ngerasa yang ribut engine bay exposed semua itu orang yang gak pernah bongkar-bongkar mesin, ya youtuber otomotif sih yang apa apa ke bengkel resmi sih gak pusing emang. wkwkwkwkkw. engine bay kebanyakan penutup malah bikin heat release gak optimal.

waktu pertama liat engine bay tiggo8pro aja geleng2, ini ketutup semua gini, mesin 2.0liter turbo loh. buang panasnya kemana ampun deh.
Gw jg sekarang kalo jalan > 1 jam sampe rumah langsung buka kap mesin. Itu pas dibuka aja hawa panasnya langsung nyamber ke muka. Mudah2an bisa extend usia karet2 n plastik di mobil. Paling shock hidrolik kap mesinnya aja yg lama2 lemes, ganti kayanya ga mahal
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Mon Apr 10, 2023 3:35
Nah itu dia bagian dalam kap mesin gak ada covernya dan terlihat berantakan, itu buat kemashlatan user nya juga,

buang panasnya lbh lega, hot-air flow lancar, dan umur kabel dan komponen electrical di dalamnya lbh awet. :big_biglaugh:
buat mobil sekarang keliatan berantakan soalnya vacuum lines ama kabelnya banyak bener wkwkwk coba mobil jadul, ngga ada penutup juga rapi-rapi aja :mky_03:

Image

pribadi sih lebih suka cover yang kayak gini aja, kalo tujuannya estetika. msh keliatan teknikal jg :mky_03: ngelepasnya jg sekali buka doank.

Image

kalau kayak gini sih kok gw udah mikir itu karet karet ama sensor sensor bakal kaput cepet. wkwkkwkwkw

Image

mobil se luxury alphard juga gak ada cover kalo buka kap mesin beneran telanjang itu mesin se blok bloknya. wakakkakaka.... masih rapihan mesin honda freed. tp ngebongkarnya simple banget itu alphard.
kendibocor wrote: Mon Apr 10, 2023 4:00
Gw jg sekarang kalo jalan > 1 jam sampe rumah langsung buka kap mesin. Itu pas dibuka aja hawa panasnya langsung nyamber ke muka. Mudah2an bisa extend usia karet2 n plastik di mobil. Paling shock hidrolik kap mesinnya aja yg lama2 lemes, ganti kayanya ga mahal
gpp kan di BMW hydraulic kap mesin itu masuk consumables... mangap mangap club :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 743
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Asfur »

ChZ wrote: Mon Apr 10, 2023 4:06
Image

kalau kayak gini sih kok gw udah mikir itu karet karet ama sensor sensor bakal kaput cepet. wkwkkwkwkw

Image

mobil se luxury alphard juga gak ada cover kalo buka kap mesin beneran telanjang itu mesin se blok bloknya. wakakkakaka.... masih rapihan mesin honda freed. tp ngebongkarnya simple banget itu alphard.
Iya ini cherry tiggo sih keren nih kalo buka kap, rapih banget, tp kalo bahan pastiknya ngk bagus, bisa siap2 jadi kerupuk nih bbrp tahun kedepan.
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 743
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Asfur »

Asfur wrote: Mon Apr 10, 2023 5:23
ChZ wrote: Mon Apr 10, 2023 4:06
kalau kayak gini sih kok gw udah mikir itu karet karet ama sensor sensor bakal kaput cepet. wkwkkwkwkw

Image

mobil se luxury alphard juga gak ada cover kalo buka kap mesin beneran telanjang itu mesin se blok bloknya. wakakkakaka.... masih rapihan mesin honda freed. tp ngebongkarnya simple banget itu alphard.
Iya ini cherry tiggo sih keren nih kalo buka kap, rapih banget, tp kalo bahan pastiknya ngk bagus, bisa siap2 jadi kerupuk nih bbrp tahun kedepan.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by MSU »

Asfur wrote: Mon Apr 10, 2023 5:23
ChZ wrote: Mon Apr 10, 2023 4:06
Image

kalau kayak gini sih kok gw udah mikir itu karet karet ama sensor sensor bakal kaput cepet. wkwkkwkwkw

Image

mobil se luxury alphard juga gak ada cover kalo buka kap mesin beneran telanjang itu mesin se blok bloknya. wakakkakaka.... masih rapihan mesin honda freed. tp ngebongkarnya simple banget itu alphard.
Iya ini cherry tiggo sih keren nih kalo buka kap, rapih banget, tp kalo bahan pastiknya ngk bagus, bisa siap2 jadi kerupuk nih bbrp tahun kedepan.
nebak2 aja cover model begini ga cocok utk iklim tropis dah...terlalu tertutup
bisa2 umur kabel2 pendek ni....kecuali....ide gila...ditambah exhaust fan kecil utk buang udara panas ke bawah
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by benzz89 »


Asfur wrote:
ChZ wrote: Mon Apr 10, 2023 4:06
Image

kalau kayak gini sih kok gw udah mikir itu karet karet ama sensor sensor bakal kaput cepet. wkwkkwkwkw

Image

mobil se luxury alphard juga gak ada cover kalo buka kap mesin beneran telanjang itu mesin se blok bloknya. wakakkakaka.... masih rapihan mesin honda freed. tp ngebongkarnya simple banget itu alphard.
Iya ini cherry tiggo sih keren nih kalo buka kap, rapih banget, tp kalo bahan pastiknya ngk bagus, bisa siap2 jadi kerupuk nih bbrp tahun kedepan.
Tiggo 8 pro pan garansi mesin 10 taon/1 juta KM kan yah?

Cocok jd mobil travel antar kota antar propinsi jalan terus 24/7 jgn kasih mati mesinnya biar kena angin terus waktu jalan... amanlah itu cover engine biar dikata rapet gitu jg awet hahahah [emoji1]

Kl sering short trip ya bener gak lama pada getas semua itu plastik2 & electricalnya.