W212 Mercy tua yg msh berkelas

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
suvmania
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 261
Joined: Fri May 10, 2013 11:33

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by suvmania »

farizfsa wrote: Thu Oct 12, 2023 8:28
kepo2601 wrote: Thu Oct 12, 2023 7:33
farizfsa wrote: Wed Oct 11, 2023 6:12

oia om? bingung juga ya. saya di stnk, no rangka, dan paneng di pintu semua sih WDD.

bener om Palladium Silver on Oyster interiornya.
Bikin reviewnya dong oom, ato upload dimari poto poto soalnya saya penasaran wujudnya :mky_03:
upload aja kali ya review mah udah banyak termasuk

plat akhiran 2 huruf belakang X, ex mobil badan internasional/instansi international.

sebenernya ga ada yg beda2 bgt sih kecuali ada tombol anti tow dan SoS dan interior biasanya E200 (facelift pertama speed color) hitam semua, jarang yg abu2 dan exterior abu2, biasanya hitam juga semua.

sudah saya bpkb in urus form b sudah kelar, plat nomor ttp keluar akhiran X dua huruf. bukan kaya mbl zaman now sudah 3 huruf.

yg gatel bagi saya di e200 adalah ban dan velg nya, masa lebar cuma 205, kurus bgt. cuma kalo udh ganti velg nanti pasti nyebur lebih dalam lg kaya E300 saya dulu wkwkwk sampe 7x ganti

Wah congrats mobil barunya om, klimis banget ya warna interiornya.. btw ini E200 facelift berarti udh pake 7g-tronic juga ya?
Daily Tol Japek Beater :big_smoking:

Even Plate: 2018 RU1 SE
Odd Plate : 2008 W204 C230
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

suvmania wrote: Thu Oct 12, 2023 23:59
farizfsa wrote: Thu Oct 12, 2023 8:28
kepo2601 wrote: Thu Oct 12, 2023 7:33

Bikin reviewnya dong oom, ato upload dimari poto poto soalnya saya penasaran wujudnya :mky_03:
upload aja kali ya review mah udah banyak termasuk

plat akhiran 2 huruf belakang X, ex mobil badan internasional/instansi international.

sebenernya ga ada yg beda2 bgt sih kecuali ada tombol anti tow dan SoS dan interior biasanya E200 (facelift pertama speed color) hitam semua, jarang yg abu2 dan exterior abu2, biasanya hitam juga semua.

sudah saya bpkb in urus form b sudah kelar, plat nomor ttp keluar akhiran X dua huruf. bukan kaya mbl zaman now sudah 3 huruf.

yg gatel bagi saya di e200 adalah ban dan velg nya, masa lebar cuma 205, kurus bgt. cuma kalo udh ganti velg nanti pasti nyebur lebih dalam lg kaya E300 saya dulu wkwkwk sampe 7x ganti

Wah congrats mobil barunya om, klimis banget ya warna interiornya.. btw ini E200 facelift berarti udh pake 7g-tronic juga ya?
iya betul om sudah 7gtronic, di kolom setir gear knob nya. sy jg pgn ambil karena warna interiornya jarang, sudah lama ga ada mbl interior abu2, kalo ga beige, hitam mulu.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Asfur »

Saran dari nubie om, velgnya tuker yg oem aja boleh yg elegance atau avantgarde yg pfl ataupun yg fl yg udah palang 5 itu, udah oem looks dan ganteng drpd veld e200 om....heheheh
kepo2601
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sun Mar 13, 2016 3:54

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by kepo2601 »

farizfsa wrote: Thu Oct 12, 2023 8:28
kepo2601 wrote: Thu Oct 12, 2023 7:33
farizfsa wrote: Wed Oct 11, 2023 6:12

oia om? bingung juga ya. saya di stnk, no rangka, dan paneng di pintu semua sih WDD.

bener om Palladium Silver on Oyster interiornya.
Bikin reviewnya dong oom, ato upload dimari poto poto soalnya saya penasaran wujudnya :mky_03:
upload aja kali ya review mah udah banyak termasuk trit ini

IMG_7089.jpg
IMG_7097.jpg
IMG_7101.jpg

plat akhiran 2 huruf belakang X, ex mobil badan internasional/instansi international.

sebenernya ga ada yg beda2 bgt sih kecuali ada tombol anti tow dan SoS dan interior biasanya E200 (facelift pertama speed color) hitam semua, jarang yg abu2 dan exterior abu2, biasanya hitam juga semua.

sudah saya bpkb in urus form b sudah kelar, plat nomor ttp keluar akhiran X dua huruf. bukan kaya mbl zaman now sudah 3 huruf.

yg gatel bagi saya di e200 adalah ban dan velg nya, masa lebar cuma 205, kurus bgt. cuma kalo udh ganti velg nanti pasti nyebur lebih dalam lg kaya E300 saya dulu wkwkwk sampe 7x ganti velg.

Snapseed (10).jpg
Snapseed (9).jpg
6B021FA4-A088-4C87-B559-3329F7E54A77 (1).jpg
E300 yang difoto saya paling cocok pake velg di foto pertama mirip 10 twin spoke OEM W212 tapi ukurannya lebih besar sptny ya, kelihatan pas :mky_02:
As simple as possible to make it easier for you and everyone else
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

kepo2601 wrote: Thu Oct 19, 2023 8:32
farizfsa wrote: Thu Oct 12, 2023 8:28
kepo2601 wrote: Thu Oct 12, 2023 7:33

Bikin reviewnya dong oom, ato upload dimari poto poto soalnya saya penasaran wujudnya :mky_03:
upload aja kali ya review mah udah banyak termasuk trit ini

IMG_7089.jpg
IMG_7097.jpg
IMG_7101.jpg

plat akhiran 2 huruf belakang X, ex mobil badan internasional/instansi international.

sebenernya ga ada yg beda2 bgt sih kecuali ada tombol anti tow dan SoS dan interior biasanya E200 (facelift pertama speed color) hitam semua, jarang yg abu2 dan exterior abu2, biasanya hitam juga semua.

sudah saya bpkb in urus form b sudah kelar, plat nomor ttp keluar akhiran X dua huruf. bukan kaya mbl zaman now sudah 3 huruf.

yg gatel bagi saya di e200 adalah ban dan velg nya, masa lebar cuma 205, kurus bgt. cuma kalo udh ganti velg nanti pasti nyebur lebih dalam lg kaya E300 saya dulu wkwkwk sampe 7x ganti velg.

Snapseed (10).jpg
Snapseed (9).jpg
6B021FA4-A088-4C87-B559-3329F7E54A77 (1).jpg
E300 yang difoto saya paling cocok pake velg di foto pertama mirip 10 twin spoke OEM W212 tapi ukurannya lebih besar sptny ya, kelihatan pas :mky_02:
Itu namanya velg mercy denebola, oem w221 s class atau w216 cl class. Emang cocok rasanya kaya oem+

Si e200 emg harus ganti velg si, cungkring bgt lebar ban cm 205
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
kingmidas
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Tue May 17, 2016 9:37

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by kingmidas »

Salam om, sesama w212
5b49cd4f-3f9f-4e17-b578-4cf99253ad1a.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Asfur »

kingmidas wrote: Mon Oct 30, 2023 12:56 Salam om, sesama w212 5b49cd4f-3f9f-4e17-b578-4cf99253ad1a.jpg
:big_exellent: :big_exellent:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by ChZ »

kingmidas wrote: Mon Oct 30, 2023 12:56 Salam om, sesama w212 5b49cd4f-3f9f-4e17-b578-4cf99253ad1a.jpg
212 yang ini ga kaleng kaleng neh. 333hp :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by kendibocor »

kingmidas wrote: Mon Oct 30, 2023 12:56 Salam om, sesama w212 5b49cd4f-3f9f-4e17-b578-4cf99253ad1a.jpg
E400 ya om? Idaman :big_love: :big_love: :big_love:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

baru minang w212 e300 nih, main2 ke bengkel spesialis mercy di blok m basement, ganti2 cairan yang ada di mobil biar fresh. cuman ada yang ganjel, awal2 bbm pertamax isi di spbu 31 rada ngelitik, klo gas di kagetin ato lagi nanjak2 gitu pas awal2. minta saran ke bengkel ganti busi, cek filter udara, dll. Pas gue minta carbon clean, wah mobil eropa ga perlu carbon clean pak, nanti malah rusak klo di carbon clean. apa iya gitu?!

odo jalan 60 ribu, di scan no error, semua normal. setelah di service pun masih rada ngelitik, akhirnya dijejelin pertamax turbo full tank. setelah 50km atau 2 hari kemudian ngelitiknya ilang. apa emang harus pertabo yah ni mobil. padahal menurut buku manual bisa ron91-95. konsumsi bbm jg improve dari 1:6-7 ke 1:7-8 di rute yang sama (dalkot jakarta nan macet iniii) tetep pengen di carbon clean sih karena di mobil yang sebelom nya ini works wonders banget. tapi klo sampe jadi rusak kan ngeri juga. walau udah ngga ngelitik pake pertabo rasanya tenaganya masih kurang buat 3000cc. or perlu italian tune up aja kah :D

dan satu lagi, rattle di dashboard itu bisa diobatin ga sih.
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by kendibocor »

tesna wrote: Thu Nov 09, 2023 8:43 baru minang w212 e300 nih, main2 ke bengkel spesialis mercy di blok m basement, ganti2 cairan yang ada di mobil biar fresh. cuman ada yang ganjel, awal2 bbm pertamax isi di spbu 31 rada ngelitik, klo gas di kagetin ato lagi nanjak2 gitu pas awal2. minta saran ke bengkel ganti busi, cek filter udara, dll. Pas gue minta carbon clean, wah mobil eropa ga perlu carbon clean pak, nanti malah rusak klo di carbon clean. apa iya gitu?!

odo jalan 60 ribu, di scan no error, semua normal. setelah di service pun masih rada ngelitik, akhirnya dijejelin pertamax turbo full tank. setelah 50km atau 2 hari kemudian ngelitiknya ilang. apa emang harus pertabo yah ni mobil. padahal menurut buku manual bisa ron91-95. konsumsi bbm jg improve dari 1:6-7 ke 1:7-8 di rute yang sama (dalkot jakarta nan macet iniii) tetep pengen di carbon clean sih karena di mobil yang sebelom nya ini works wonders banget. tapi klo sampe jadi rusak kan ngeri juga. walau udah ngga ngelitik pake pertabo rasanya tenaganya masih kurang buat 3000cc. or perlu italian tune up aja kah :D

dan satu lagi, rattle di dashboard itu bisa diobatin ga sih.
Pake pertabo aja lah om beda cuman dikit ma pertamax. Pake pertabo aja tenaga berasa kurang apalagi pertamax om :big_grin:
Aman italian tune up aja, atau ke spesialis eropa laen minta pendapat. Kalo baling2 sih ga haram ya bwat carbon clean, fuel cleaner gitu2an.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by MSU »

tesna wrote: Thu Nov 09, 2023 8:43 baru minang w212 e300 nih, main2 ke bengkel spesialis mercy di blok m basement, ganti2 cairan yang ada di mobil biar fresh. cuman ada yang ganjel, awal2 bbm pertamax isi di spbu 31 rada ngelitik, klo gas di kagetin ato lagi nanjak2 gitu pas awal2. minta saran ke bengkel ganti busi, cek filter udara, dll. Pas gue minta carbon clean, wah mobil eropa ga perlu carbon clean pak, nanti malah rusak klo di carbon clean. apa iya gitu?!

odo jalan 60 ribu, di scan no error, semua normal. setelah di service pun masih rada ngelitik, akhirnya dijejelin pertamax turbo full tank. setelah 50km atau 2 hari kemudian ngelitiknya ilang. apa emang harus pertabo yah ni mobil. padahal menurut buku manual bisa ron91-95. konsumsi bbm jg improve dari 1:6-7 ke 1:7-8 di rute yang sama (dalkot jakarta nan macet iniii) tetep pengen di carbon clean sih karena di mobil yang sebelom nya ini works wonders banget. tapi klo sampe jadi rusak kan ngeri juga. walau udah ngga ngelitik pake pertabo rasanya tenaganya masih kurang buat 3000cc. or perlu italian tune up aja kah :D

dan satu lagi, rattle di dashboard itu bisa diobatin ga sih.
Sy ga punya merc...cuma logikanya ni kan basic mesin masih seperti biasa ada piston, busi klep dll...harusnya sih aman
Kalo ga sreg mgkn apa masukin aditif bensin yg ada PEAnya....kan ngikis dikit2 jg
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

Coba ke bengkel spesialis lain om cari pendapat. Sy sih dl e300 kasi oktan 92 aja ga pernah ada ngelitik

Kmrn alphard ane bawa ke bengkel mercy spesialis langganan ane, di gurah tuh mesin istilahnya, wah jauh lebih enak dan irit, mungkin e300 perlu jg
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

kendibocor wrote: Thu Nov 09, 2023 9:05
Pake pertabo aja lah om beda cuman dikit ma pertamax. Pake pertabo aja tenaga berasa kurang apalagi pertamax om :big_grin:
Aman italian tune up aja, atau ke spesialis eropa laen minta pendapat. Kalo baling2 sih ga haram ya bwat carbon clean, fuel cleaner gitu2an.
iya so far pertabo bikin mesinnya jadi memuaskan. tadinya sebel bgt ini napa sih lemot bgt 3000cc. skrg jauh lebih improved setelah pake pertabo, tp ya harusnya bisa dibuat lebih baik lagi :D
MSU wrote: Thu Nov 09, 2023 12:37

Sy ga punya merc...cuma logikanya ni kan basic mesin masih seperti biasa ada piston, busi klep dll...harusnya sih aman
Kalo ga sreg mgkn apa masukin aditif bensin yg ada PEAnya....kan ngikis dikit2 jg


iya harusnya mah sama aja ya, toh teknologinya masih sama kan. ntar sy bawa ke langganan sy dulu deh.
farizfsa wrote: Thu Nov 09, 2023 14:28 Coba ke bengkel spesialis lain om cari pendapat. Sy sih dl e300 kasi oktan 92 aja ga pernah ada ngelitik

Kmrn alphard ane bawa ke bengkel mercy spesialis langganan ane, di gurah tuh mesin istilahnya, wah jauh lebih enak dan irit, mungkin e300 perlu jg
bisa share kah langganannya dimana? apakah masih di daerah jakarta?
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Asfur »

tesna wrote: Thu Nov 09, 2023 8:43 baru minang w212 e300 nih, main2 ke bengkel spesialis mercy di blok m basement, ganti2 cairan yang ada di mobil biar fresh. cuman ada yang ganjel, awal2 bbm pertamax isi di spbu 31 rada ngelitik, klo gas di kagetin ato lagi nanjak2 gitu pas awal2. minta saran ke bengkel ganti busi, cek filter udara, dll. Pas gue minta carbon clean, wah mobil eropa ga perlu carbon clean pak, nanti malah rusak klo di carbon clean. apa iya gitu?!

odo jalan 60 ribu, di scan no error, semua normal. setelah di service pun masih rada ngelitik, akhirnya dijejelin pertamax turbo full tank. setelah 50km atau 2 hari kemudian ngelitiknya ilang. apa emang harus pertabo yah ni mobil. padahal menurut buku manual bisa ron91-95. konsumsi bbm jg improve dari 1:6-7 ke 1:7-8 di rute yang sama (dalkot jakarta nan macet iniii) tetep pengen di carbon clean sih karena di mobil yang sebelom nya ini works wonders banget. tapi klo sampe jadi rusak kan ngeri juga. walau udah ngga ngelitik pake pertabo rasanya tenaganya masih kurang buat 3000cc. or perlu italian tune up aja kah :D

dan satu lagi, rattle di dashboard itu bisa diobatin ga sih.
Saran aja om, boleh coba tanya2 ke starpro yg di BOS Sunter. Scr harga berbanding dgn bengkel2 spesialis lainnya 11-12 lah. Kalo urusan rattle, apakah di dashboard om ada tempel car phone holder?
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

tesna wrote: Fri Nov 10, 2023 1:30
kendibocor wrote: Thu Nov 09, 2023 9:05
Pake pertabo aja lah om beda cuman dikit ma pertamax. Pake pertabo aja tenaga berasa kurang apalagi pertamax om :big_grin:
Aman italian tune up aja, atau ke spesialis eropa laen minta pendapat. Kalo baling2 sih ga haram ya bwat carbon clean, fuel cleaner gitu2an.
iya so far pertabo bikin mesinnya jadi memuaskan. tadinya sebel bgt ini napa sih lemot bgt 3000cc. skrg jauh lebih improved setelah pake pertabo, tp ya harusnya bisa dibuat lebih baik lagi :D
MSU wrote: Thu Nov 09, 2023 12:37

Sy ga punya merc...cuma logikanya ni kan basic mesin masih seperti biasa ada piston, busi klep dll...harusnya sih aman
Kalo ga sreg mgkn apa masukin aditif bensin yg ada PEAnya....kan ngikis dikit2 jg


iya harusnya mah sama aja ya, toh teknologinya masih sama kan. ntar sy bawa ke langganan sy dulu deh.
farizfsa wrote: Thu Nov 09, 2023 14:28 Coba ke bengkel spesialis lain om cari pendapat. Sy sih dl e300 kasi oktan 92 aja ga pernah ada ngelitik

Kmrn alphard ane bawa ke bengkel mercy spesialis langganan ane, di gurah tuh mesin istilahnya, wah jauh lebih enak dan irit, mungkin e300 perlu jg
bisa share kah langganannya dimana? apakah masih di daerah jakarta?
garasiku workshop, di permata hijau jaksel.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by KielConstantine »

tesna wrote: Fri Nov 10, 2023 1:30 tadinya sebel bgt ini napa sih lemot bgt 3000cc. skrg jauh lebih improved setelah pake pertabo, tp ya harusnya bisa dibuat lebih baik lagi :D
Remap aja om ECU nya

Pernah liat dimana gitu ada yg remap M272 V6 , hasilnya mayan seh. Tenaga naek jadi 250 PS (standart 230an ya) . Part engine laen dibiarin standart aja klo kaga mau repot kedepannya

Apalagi jaman skarang maen copot2 CC jd catless downpipe malah kg lolos uji emisi :frm_bang_head:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by ChZ »

tesna wrote: Thu Nov 09, 2023 8:43 baru minang w212 e300 nih, main2 ke bengkel spesialis mercy di blok m basement, ganti2 cairan yang ada di mobil biar fresh. cuman ada yang ganjel, awal2 bbm pertamax isi di spbu 31 rada ngelitik, klo gas di kagetin ato lagi nanjak2 gitu pas awal2. minta saran ke bengkel ganti busi, cek filter udara, dll. Pas gue minta carbon clean, wah mobil eropa ga perlu carbon clean pak, nanti malah rusak klo di carbon clean. apa iya gitu?!

odo jalan 60 ribu, di scan no error, semua normal. setelah di service pun masih rada ngelitik, akhirnya dijejelin pertamax turbo full tank. setelah 50km atau 2 hari kemudian ngelitiknya ilang. apa emang harus pertabo yah ni mobil. padahal menurut buku manual bisa ron91-95. konsumsi bbm jg improve dari 1:6-7 ke 1:7-8 di rute yang sama (dalkot jakarta nan macet iniii) tetep pengen di carbon clean sih karena di mobil yang sebelom nya ini works wonders banget. tapi klo sampe jadi rusak kan ngeri juga. walau udah ngga ngelitik pake pertabo rasanya tenaganya masih kurang buat 3000cc. or perlu italian tune up aja kah :D

dan satu lagi, rattle di dashboard itu bisa diobatin ga sih.
habis macet macetan kah om

ECU mobil jerman yang baru baru tu soalnya suka rada sensitif, bener bener menyesuaikan kondisi traffic. abis panas panas macet berasa lelet dan berat.

atau takutnya bekas mobil supir hahaha tau dikasi pertalite diem2 gak ketauan owner :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Asfur »

Kompresor menginjak tahun ke 11 mulai lemah switch on/off solenoidnya, jadi ketauannya sekitar 1 -2 bulan lalu, ane mau pergi, pagi2 panasin mobil sblm meluncur, dan nyalain AC tp AC ngk dingin dan hanya angin biasa saja, coba di on dan off kan msh tetep begitu, yah ane pikir nih kompresor jebol kali yah, akhirnya pergi pake mobil lain. Sore harinya ane coba iseng nyalain lagi W212 dan nyalain AC nya, dan AC kembali dingin spt sedia kala. Yah ane udah mikir sih mgkn switch on dan off kompresor mgkn sdh lemah jadi bisa ngk mau on kan AC. Tp berhubung kembali dingin, yah udah ane pake lagi dan tepat kmrn hari sabtu kembali berulah, tidak dingin lagi, sudah di on off kan, di geber2 mesin buat mancing kompressor on, tp tetep ngk mau on. Yah udah pergi lagi pake mobil lain, sorenya kembali ane panasin dan nyalain AC dan kembali dingin spt normal. Kali ini ane udah putusin kalo sampe diperlukan buat ganti yah ane ganti aja dprd nanti pas dijalan dia mati malah ribet.
Akhirnya minggu ane bawa ke victory AC, dan di cek sama si engkohnya serta mekaniknya, di vonis kompresor solenoidnya lemah. Di service bisa saja dgn di ganti solenoid switch tp berdasarkan pengalaman ngk bertahan lama, kadang malah cuman bbrp hari udah ngadat lagi. Yah udah ane putuskan ganti baru pake Denso harga 6,5 udah termasuk vakum dan isi freon garansi 6 bulan. Sempet nanya2 di tmpt kampakan AC, adan yg murah ada yg agak mahal dgn range harga seken 2,5-4 jutaan. Harganya ngk beda2 jauh amat, ane pikir2 mending ganti baru aja lah :big_okay:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

Asfur wrote: Fri Nov 10, 2023 1:50
Saran aja om, boleh coba tanya2 ke starpro yg di BOS Sunter. Scr harga berbanding dgn bengkel2 spesialis lainnya 11-12 lah. Kalo urusan rattle, apakah di dashboard om ada tempel car phone holder?
ok thanks rekomendasi nya. saya ngga pakai phone holder, tapi soal sattle main2 di forum luar negri sana emang ada service bulletin nya :big_slap: ditambahin kain gitu biar ga bunyi, tp blom gali lebih dalam lagi dibagian mana ya yg butuh diselipin kain :big_slap:

> LI68.10-P-047474 JUL09 rattling/vibrating noises at center IC/speaker cover because of production tolerances, felt will be installed.
farizfsa wrote: Mon Nov 13, 2023 5:27

garasiku workshop, di permata hijau jaksel.
uwah mantap, deket nih sama lokasi saya. thanksss
KielConstantine wrote: Mon Nov 13, 2023 5:40 Remap aja om ECU nya

Pernah liat dimana gitu ada yg remap M272 V6 , hasilnya mayan seh. Tenaga naek jadi 250 PS (standart 230an ya) . Part engine laen dibiarin standart aja klo kaga mau repot kedepannya

Apalagi jaman skarang maen copot2 CC jd catless downpipe malah kg lolos uji emisi :frm_bang_head:
remap nanti, klo ga puas sama peforma std nya. tapi yang pasti harus nyehatin mesin dalam kondisi std dulu :D
ChZ wrote: Mon Nov 13, 2023 5:43
habis macet macetan kah om

ECU mobil jerman yang baru baru tu soalnya suka rada sensitif, bener bener menyesuaikan kondisi traffic. abis panas panas macet berasa lelet dan berat.

atau takutnya bekas mobil supir hahaha tau dikasi pertalite diem2 gak ketauan owner :big_weee:
ya pasti namanya di jakarta ga mungkin ga ketemu macet... klo pertalite ini bukannya susah ya harus pake qrcode skrg? ya ga tau jaman dulu sih...
Asfur wrote: Mon Nov 13, 2023 9:50 Kompresor menginjak tahun ke 11 mulai lemah switch on/off solenoidnya, jadi ketauannya sekitar 1 -2 bulan lalu, ane mau pergi, pagi2 panasin mobil sblm meluncur, dan nyalain AC tp AC ngk dingin dan hanya angin biasa saja, coba di on dan off kan msh tetep begitu, yah ane pikir nih kompresor jebol kali yah, akhirnya pergi pake mobil lain. Sore harinya ane coba iseng nyalain lagi W212 dan nyalain AC nya, dan AC kembali dingin spt sedia kala. Yah ane udah mikir sih mgkn switch on dan off kompresor mgkn sdh lemah jadi bisa ngk mau on kan AC. Tp berhubung kembali dingin, yah udah ane pake lagi dan tepat kmrn hari sabtu kembali berulah, tidak dingin lagi, sudah di on off kan, di geber2 mesin buat mancing kompressor on, tp tetep ngk mau on. Yah udah pergi lagi pake mobil lain, sorenya kembali ane panasin dan nyalain AC dan kembali dingin spt normal. Kali ini ane udah putusin kalo sampe diperlukan buat ganti yah ane ganti aja dprd nanti pas dijalan dia mati malah ribet.
Akhirnya minggu ane bawa ke victory AC, dan di cek sama si engkohnya serta mekaniknya, di vonis kompresor solenoidnya lemah. Di service bisa saja dgn di ganti solenoid switch tp berdasarkan pengalaman ngk bertahan lama, kadang malah cuman bbrp hari udah ngadat lagi. Yah udah ane putuskan ganti baru pake Denso harga 6,5 udah termasuk vakum dan isi freon garansi 6 bulan. Sempet nanya2 di tmpt kampakan AC, adan yg murah ada yg agak mahal dgn range harga seken 2,5-4 jutaan. Harganya ngk beda2 jauh amat, ane pikir2 mending ganti baru aja lah :big_okay:
wah thanks buat sharingnya, harganya reasonable juga. sepertinya memang penyakitnya w212 juga ini (yg wajar karena umur, tapi org2 diluar negri pada ganti solenoid (magnetic clutch nya aja) sih kebanyakan. tapi ya tentu lebih josss ganti baruuuu



anyway, penyakit lemot mobil saya udah sembuh. akhirnya saya bawa ke bengkel langganan saya, (garden speed) dan minta di cek mesinnya, saya sebutin keluhannya (ngelitik klo gas dikagetin, rada lemot tenaganya). pagi taro, sore pulang kantor dah kelar. Hasilnya: SEMBUH!!!!! mesin jadi responsif bangettttt dan enteng. menurut mid juga jadi lebih irit lagi :D wahh ini dia baru 3000cc :D. di bon nya sih cuman di carbon clean.... so far sih aman.

trus saya tanya kira2 apa yang bikin ruang bakar kotor? ktnya karena biasanya mobil jarang dipake, jarang dibawa ke tol (ngebut) jadi ruang bakar cepet kotor. well, since owner sebelum nya ini adalah bokap gue sendiri, dan berbulan2 ni mobil kebanyakan nganggur (karena dia br ambil w213 e300), cuman dipanas2in doang, wajar aja sih ya. lega juga sih ternyata masalahnya ga berat :D
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by ChZ »

tesna wrote: Tue Nov 14, 2023 0:52
ya pasti namanya di jakarta ga mungkin ga ketemu macet... klo pertalite ini bukannya susah ya harus pake qrcode skrg? ya ga tau jaman dulu sih...



anyway, penyakit lemot mobil saya udah sembuh. akhirnya saya bawa ke bengkel langganan saya, (garden speed) dan minta di cek mesinnya, saya sebutin keluhannya (ngelitik klo gas dikagetin, rada lemot tenaganya). pagi taro, sore pulang kantor dah kelar. Hasilnya: SEMBUH!!!!! mesin jadi responsif bangettttt dan enteng. menurut mid juga jadi lebih irit lagi :D wahh ini dia baru 3000cc :D. di bon nya sih cuman di carbon clean.... so far sih aman.

trus saya tanya kira2 apa yang bikin ruang bakar kotor? ktnya karena biasanya mobil jarang dipake, jarang dibawa ke tol (ngebut) jadi ruang bakar cepet kotor. well, since owner sebelum nya ini adalah bokap gue sendiri, dan berbulan2 ni mobil kebanyakan nganggur (karena dia br ambil w213 e300), cuman dipanas2in doang, wajar aja sih ya. lega juga sih ternyata masalahnya ga berat :D
pertalite ane beli selama ini ga pernah diminta qr sih om tapi di kampung yah gak tau di jakarta :mky_03:

wkwkwk kadang orang tu kuatir mbl eropa ga boleh diginiin ga boleh digituin padahal namanya mesin isinya ya besi metal metal sama... honda kl carb cleaning gak di reset yang bener kadang CEL nya juga nyala. mungkin yg ini yang ditakutin bengkel sebelumnya.

bagus deh om kalo udah enak kembali :mky_03: emang udah kodrat punya mesin sese besar artinya ama mobilnya disuruh sering sering nikmatin krn kalo ga dibejek numpuk tuh karbon :mky_03: ane juga rutin ngebejek kalo malem E39 M52 bawa ke toll seminggu sekali biar sehat.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

nah emang itu yang suka jadi masalah mbl jadi lemot mesin ga enak. seminggu sekali saya bawa mbl saya muter toll aja 30km an muterin toll dalkot atau muterin toll airport cgk. day to day soalnya kena macet kemang-pancoran, avg speed plg cuma 9/10kmph. apa lg mbl ane banyak diesel. dulu pas tinggal di cibubur sih gausah carbon clean2 dll pasti kena toll terus wkwk.

itu alphard ane apalg, bener2 full dalkot setahun terakir kali, abis di carbon clean gurah dll lgs bener2 enak lg.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Asfur »

Wah untung komprsor bekas ane bawa pulang, krn ane pikir blm bener2 rusak jadi bisa jadi backup atau kampakan sendiri nantinya, tp kalo bisa ganti selonoid aja yah mayan juga, udah ada bahannya.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

setelah mesin sehat, saatnya improve bagian kaki2. standardnya menurut saya terlalu ngayun... alhasil ganti bilstein depan belakang + lowering kit h&r.

so far sih puas ya, mobilnya terasa lebih lincah dan masih nyaman (kecuali lewat poldur harus pelan2 haahhaha). klo jalan beton, konblock ato keriting doang mah msh enak walau pake ban tipis dan pendek. unutngnya rute sehari2 juga aman dari gasruk2
SCR-20231122-hvfs.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

tesna wrote: Wed Nov 22, 2023 1:21 setelah mesin sehat, saatnya improve bagian kaki2. standardnya menurut saya terlalu ngayun... alhasil ganti bilstein depan belakang + lowering kit h&r.

so far sih puas ya, mobilnya terasa lebih lincah dan masih nyaman (kecuali lewat poldur harus pelan2 haahhaha). klo jalan beton, konblock ato keriting doang mah msh enak walau pake ban tipis dan pendek. unutngnya rute sehari2 juga aman dari gasruk2

SCR-20231122-hvfs.jpeg
wih makin cakep. per h&r emg ceper nya lgs ambles tp masih empuk medium ga ngayun. kalo eibach drop nya ga seberapa masih ditahap masih gatel liatnya, tp dia empuk dan masih ngayun.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)