Saran antara mobil baru murah atau mobil bekas berkelas

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: 25 Oct 2016, 07:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Saran antara mobil baru murah atau mobil bekas berkelas

Post by gadjahalphien »

pendoli wrote: ↑25 May 2023, 20:05
gadjahalphien wrote: ↑25 May 2023, 18:43
*kebetulan sabtu kemarin liat S204 PFL, dg HU modif floating, lihatnya agak ngenes,, walo itu mobil-mobilnya dia si.
Wih wagon, buka harga berapa dia om? Kalo 204 pfl kayanya HU awal ga support camera mundur yak? Lupa kalo bluetooth bisa apa ngga
my mistake,, itu mobil papasan jalan om se arah ke semanggi.
kalo sekarang mah, mungkin stabil di 600-800an kali.
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran antara mobil baru murah atau mobil bekas berkelas

Post by ChZ »

ds31 wrote: ↑25 May 2023, 21:36
Hehehe bener bgt pak saya paling heran sama orang2 yang mobil pajak mati lama khususnya f30, w205, x156 :big_dunno:
waktu itu saya temenin adik saya hunting ke 3 mobil tsb dan mobil yg saya sebutin emang kebanyakan kondisinya ngantuk banget pak dipasaran (jorok bin tak terawat + rata2 pajak mati antara 1 sampai 2 tahun). akhirnya waktu itu adik saya punya konklusi kalo beli mobil "mewah entry-level" mending cari individu yg ownernya tinggal di pemukiman mewah karena atleast mereka ada orang untuk suruh rawat mobilnya.

by the way no offense ya untuk member SM yang suka males bayar pajak :big_deal: :big_deal:
enaknya kl beli mobil di owner langsung biasa kita langsung ngerti neighborhoodnya seperti apa, kadang ngerti latar belakang owner jg perlu :mky_03: krn ada beberapa pekerjaan yang menuntut beli mobil begini untuk pencitraan diri.

biasa kl sudah gini banyak ga keurusnya atau alakadarnya aja. mikir mau jual gak laku2 pajak ga diurusin krn mahal mungkin income nya jg pas-pasan kan kerjanya jualan sukses tapi tidak sukses wakakkakaka :big_bored:

orang kaya kalo mobil di garasinya banyak biasa ada kemungkinan rusak nganggur. cuma dilap-lap ama dipanasin doang ama supirnya wkwkwkwk. tp better opt daripada yang pertama.

idealnya si mobil yang emang masih dipake, ngerti terakhir servis kapan dan dimana kl saya ga mesti bengkel resmi yang penting bener aja kerjaannya ga liat ruang mesin belepotan atau keloloran kabel jumper jumperan wkwkwk.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
qumahaatuh
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 21 Jun 2023, 17:05
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander ultimate

Re: Saran antara mobil baru murah atau mobil bekas berkelas

Post by qumahaatuh »

Vote : Alphard Premium Sound 2010 CBU
πŸ‘πŸ‘
Shibainu
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 11 Aug 2023, 00:38
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Avanza

Re: Saran antara mobil baru murah atau mobil bekas berkelas

Post by Shibainu »

Maaf oot ya mas TS, mau numpang tanya jg sama om2 dimari. Mending hrv prestige 2018 atau wuling alvez ex ya? Kondisi alvez baru, hrv udah 40.000 record honda. Sbnerny naksir hrv tapi dipikir2 hrg hampir mirip bs dpt mobil alvez yg baru
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: Saran antara mobil baru murah atau mobil bekas berkelas

Post by zonepublic »

Shibainu wrote: ↑20 Aug 2023, 19:23 Maaf oot ya mas TS, mau numpang tanya jg sama om2 dimari. Mending hrv prestige 2018 atau wuling alvez ex ya? Kondisi alvez baru, hrv udah 40.000 record honda. Sbnerny naksir hrv tapi dipikir2 hrg hampir mirip bs dpt mobil alvez yg baru
Kalo ga tahu mobil mending ambil alvez daripada mobil bekas dimana riwayat pakai sendiri dari 0 part masih baru semua dan ada garansi produsen
Kalo berani kompensasi dengan kerusakan mobil spent duit dan waktu di bengkel ya hrv apalagi mobil km 40ribu anggap aja mobil sehat servis rutin record ke bengkel resmi,part2 habis pakai harus ganti,kaki2,kampas rem,ban,servis belt transmisi,busi,dll paling ngga masih keluar duit lg abis ngambil mobilnya (pengalaman saya ambil honda jazz km 50ribu yang kondisinya seger abiss aja masih keluar 25juta atau 20%an harga bekas mobilnya buat part habis pakai itu)
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Saran antara mobil baru murah atau mobil bekas berkelas

Post by Pboyz97 »

Shibainu wrote: ↑20 Aug 2023, 19:23 Maaf oot ya mas TS, mau numpang tanya jg sama om2 dimari. Mending hrv prestige 2018 atau wuling alvez ex ya? Kondisi alvez baru, hrv udah 40.000 record honda. Sbnerny naksir hrv tapi dipikir2 hrg hampir mirip bs dpt mobil alvez yg baru
kalo opsinya cuma 2 itu saya vote HRV. km segitu buat tahun 2018 harusnya termasuk low km, per tahun cuma jalan 5000 km , bawa inspektor or kenalan yg ngerti mobil kalo mau gcu asal service record jelas + kondisi bagus km asli, bebas tabrak, bebas banjir, mesin blm pernah bongkaran or ex turun mesin masih worthed menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Shibainu
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 11 Aug 2023, 00:38
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Avanza

Re: Saran antara mobil baru murah atau mobil bekas berkelas

Post by Shibainu »

zonepublic wrote: ↑20 Aug 2023, 22:32
Shibainu wrote: ↑20 Aug 2023, 19:23 Maaf oot ya mas TS, mau numpang tanya jg sama om2 dimari. Mending hrv prestige 2018 atau wuling alvez ex ya? Kondisi alvez baru, hrv udah 40.000 record honda. Sbnerny naksir hrv tapi dipikir2 hrg hampir mirip bs dpt mobil alvez yg baru
Kalo ga tahu mobil mending ambil alvez daripada mobil bekas dimana riwayat pakai sendiri dari 0 part masih baru semua dan ada garansi produsen
Kalo berani kompensasi dengan kerusakan mobil spent duit dan waktu di bengkel ya hrv apalagi mobil km 40ribu anggap aja mobil sehat servis rutin record ke bengkel resmi,part2 habis pakai harus ganti,kaki2,kampas rem,ban,servis belt transmisi,busi,dll paling ngga masih keluar duit lg abis ngambil mobilnya (pengalaman saya ambil honda jazz km 50ribu yang kondisinya seger abiss aja masih keluar 25juta atau 20%an harga bekas mobilnya buat part habis pakai itu)
Hmm abisnya lmyan jg ya kisarannya, sy cm siapin 15 jt utk bayar inspector mobil, reset oli2 sm utk ganti2 sparepart. Sbnerny lbh seneng lihat design ny hrv :big_childish: , tp klo bsa abis kisaran 25 kykny mundur aja deh ambil alvez
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: Saran antara mobil baru murah atau mobil bekas berkelas

Post by qushay20019 »

Shibainu wrote: ↑20 Aug 2023, 23:44
Hmm abisnya lmyan jg ya kisarannya, sy cm siapin 15 jt utk bayar inspector mobil, reset oli2 sm utk ganti2 sparepart. Sbnerny lbh seneng lihat design ny hrv :big_childish: , tp klo bsa abis kisaran 25 kykny mundur aja deh ambil alvez
Ada bengkel umum yg udah jadi langganan gak? Klo ada sih angkut Prestige ajalah. Ganti2 cairan semua termasuk aki paling kena 5-6jt. Yg perlu diperhatikan klo Prestige sih pulley bearing tensioner. Kata mekanik ahond temen ane, itu yg sering minta jajan (selain kaki2) klo di haerpeh
Shibainu
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 11 Aug 2023, 00:38
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Avanza

Re: Saran antara mobil baru murah atau mobil bekas berkelas

Post by Shibainu »

qushay20019 wrote: ↑21 Aug 2023, 06:34
Shibainu wrote: ↑20 Aug 2023, 23:44
Hmm abisnya lmyan jg ya kisarannya, sy cm siapin 15 jt utk bayar inspector mobil, reset oli2 sm utk ganti2 sparepart. Sbnerny lbh seneng lihat design ny hrv :big_childish: , tp klo bsa abis kisaran 25 kykny mundur aja deh ambil alvez
Ada bengkel umum yg udah jadi langganan gak? Klo ada sih angkut Prestige ajalah. Ganti2 cairan semua termasuk aki paling kena 5-6jt. Yg perlu diperhatikan klo Prestige sih pulley bearing tensioner. Kata mekanik ahond temen ane, itu yg sering minta jajan (selain kaki2) klo di haerpeh
nga pny gan, biasa avanza sy paling bawa ke shopndrive utk ganti oli2. klo kaki2 hrvnya itu biasa biaya ganti2 nya mahal nga ya gan? dan kalo dr sisi perawatan si hrv prestige dan yg tipe E biasa sama aja apa beda ya?
Shibainu
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 11 Aug 2023, 00:38
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Avanza

Re: Saran antara mobil baru murah atau mobil bekas berkelas

Post by Shibainu »

Pboyz97 wrote: ↑20 Aug 2023, 22:49
Shibainu wrote: ↑20 Aug 2023, 19:23 Maaf oot ya mas TS, mau numpang tanya jg sama om2 dimari. Mending hrv prestige 2018 atau wuling alvez ex ya? Kondisi alvez baru, hrv udah 40.000 record honda. Sbnerny naksir hrv tapi dipikir2 hrg hampir mirip bs dpt mobil alvez yg baru
kalo opsinya cuma 2 itu saya vote HRV. km segitu buat tahun 2018 harusnya termasuk low km, per tahun cuma jalan 5000 km , bawa inspektor or kenalan yg ngerti mobil kalo mau gcu asal service record jelas + kondisi bagus km asli, bebas tabrak, bebas banjir, mesin blm pernah bongkaran or ex turun mesin masih worthed menurut saya
iya gan, rencanany mau ajak inspector mobil utk cek mobilnya. Utk sih hrv ini mobilnya rewel apa nga ya gan?
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: Saran antara mobil baru murah atau mobil bekas berkelas

Post by zonepublic »

Shibainu wrote: ↑20 Aug 2023, 23:44
zonepublic wrote: ↑20 Aug 2023, 22:32
Shibainu wrote: ↑20 Aug 2023, 19:23 Maaf oot ya mas TS, mau numpang tanya jg sama om2 dimari. Mending hrv prestige 2018 atau wuling alvez ex ya? Kondisi alvez baru, hrv udah 40.000 record honda. Sbnerny naksir hrv tapi dipikir2 hrg hampir mirip bs dpt mobil alvez yg baru
Kalo ga tahu mobil mending ambil alvez daripada mobil bekas dimana riwayat pakai sendiri dari 0 part masih baru semua dan ada garansi produsen
Kalo berani kompensasi dengan kerusakan mobil spent duit dan waktu di bengkel ya hrv apalagi mobil km 40ribu anggap aja mobil sehat servis rutin record ke bengkel resmi,part2 habis pakai harus ganti,kaki2,kampas rem,ban,servis belt transmisi,busi,dll paling ngga masih keluar duit lg abis ngambil mobilnya (pengalaman saya ambil honda jazz km 50ribu yang kondisinya seger abiss aja masih keluar 25juta atau 20%an harga bekas mobilnya buat part habis pakai itu)
Hmm abisnya lmyan jg ya kisarannya, sy cm siapin 15 jt utk bayar inspector mobil, reset oli2 sm utk ganti2 sparepart. Sbnerny lbh seneng lihat design ny hrv :big_childish: , tp klo bsa abis kisaran 25 kykny mundur aja deh ambil alvez
Percayalah bakal lebih dari 15juta habisnya ,apalagi sekelas hrv
Yg harganya 200-300jt
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: 21 Dec 2021, 00:17

Re: Saran antara mobil baru murah atau mobil bekas berkelas

Post by ExorT »

zonepublic wrote: ↑21 Aug 2023, 10:53
Shibainu wrote: ↑20 Aug 2023, 23:44
zonepublic wrote: ↑20 Aug 2023, 22:32
Kalo ga tahu mobil mending ambil alvez daripada mobil bekas dimana riwayat pakai sendiri dari 0 part masih baru semua dan ada garansi produsen
Kalo berani kompensasi dengan kerusakan mobil spent duit dan waktu di bengkel ya hrv apalagi mobil km 40ribu anggap aja mobil sehat servis rutin record ke bengkel resmi,part2 habis pakai harus ganti,kaki2,kampas rem,ban,servis belt transmisi,busi,dll paling ngga masih keluar duit lg abis ngambil mobilnya (pengalaman saya ambil honda jazz km 50ribu yang kondisinya seger abiss aja masih keluar 25juta atau 20%an harga bekas mobilnya buat part habis pakai itu)
Hmm abisnya lmyan jg ya kisarannya, sy cm siapin 15 jt utk bayar inspector mobil, reset oli2 sm utk ganti2 sparepart. Sbnerny lbh seneng lihat design ny hrv :big_childish: , tp klo bsa abis kisaran 25 kykny mundur aja deh ambil alvez
Percayalah bakal lebih dari 15juta habisnya ,apalagi sekelas hrv
Yg harganya 200-300jt
Ga percaya om :big_weee:

Ane pake hrv 1.8 prestige dari 2015 beli baru km skrg 50rban dan masih dipakai. Literally 0 yg rusak. Pergantian hanya consumables seperti ban, aki, wiper, ganti oli2. Itu saja. Kaki2 full original dari baru, ga ada error sama sekali. Mobil robust ini Om.
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 576
Joined: 18 Sep 2019, 23:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Saran antara mobil baru murah atau mobil bekas berkelas

Post by timbermaniac123 »

harusnya si ga sampe 15 juta. apalagi baru 40rb km dan rutin beres honda. Beres honda itu tiap 2 th / 20rb km aja dissuruh ganti oli transmisi, ga kaya toyota yang harus sampe 80rb km / 5 tahun dulu. Ban semua paling 5 jutaan, aki 1.2 juta, wiper 400rb lah, oli 1 jutaan, oli transmisi 1 jutaan. sisanya kaya kaki2 harusnya 40rb masih bagus si. 10-15 selama masih dalam budget harusnya aman hrv ya. Selain itu sparepart hrv juga banyak aftermarketnya. Kalau wuling takutnya indent sparepart, apalagi seri alvez yang peminatnya masih sedikit.

Tapi ya tetep sih. Saya lebih nyaman mobil baru / mobil bekas sodara. kalau budget dibawah 300, baleno juga mayan tuh yg improvement (aya lebih percaya mobil jepang dibanding mocin). Atau kalau butuh 3 seater ya veloz / avanza / brv
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: Saran antara mobil baru murah atau mobil bekas berkelas

Post by zonepublic »

timbermaniac123 wrote: ↑21 Aug 2023, 12:55 harusnya si ga sampe 15 juta. apalagi baru 40rb km dan rutin beres honda. Beres honda itu tiap 2 th / 20rb km aja dissuruh ganti oli transmisi, ga kaya toyota yang harus sampe 80rb km / 5 tahun dulu. Ban semua paling 5 jutaan, aki 1.2 juta, wiper 400rb lah, oli 1 jutaan, oli transmisi 1 jutaan. sisanya kaya kaki2 harusnya 40rb masih bagus si. 10-15 selama masih dalam budget harusnya aman hrv ya. Selain itu sparepart hrv juga banyak aftermarketnya. Kalau wuling takutnya indent sparepart, apalagi seri alvez yang peminatnya masih sedikit.

Tapi ya tetep sih. Saya lebih nyaman mobil baru / mobil bekas sodara. kalau budget dibawah 300, baleno juga mayan tuh yg improvement (aya lebih percaya mobil jepang dibanding mocin). Atau kalau butuh 3 seater ya veloz / avanza / brv
Kadang kita ga bisa tahu user yang make nurut2 aja sama beres atau ngga,bengkel resmi cuma bisa nyaranin tapi belum tentu diturutin,saya dulu pake motor juga gt,tiap 4 tahun ganti baru karena make 3 tahun abis km 30ribuan sudah siap2 ganti belt/rante,gearset,filter udara,roller,kampas rem,ban
Ya mending dijual aja ganti baru lg dpt unit yg seger apalagi kalo ketemunya sama2 aja

ExorT wrote: ↑21 Aug 2023, 11:25
zonepublic wrote: ↑21 Aug 2023, 10:53
Shibainu wrote: ↑20 Aug 2023, 23:44
Hmm abisnya lmyan jg ya kisarannya, sy cm siapin 15 jt utk bayar inspector mobil, reset oli2 sm utk ganti2 sparepart. Sbnerny lbh seneng lihat design ny hrv :big_childish: , tp klo bsa abis kisaran 25 kykny mundur aja deh ambil alvez
Percayalah bakal lebih dari 15juta habisnya ,apalagi sekelas hrv
Yg harganya 200-300jt
Ga percaya om :big_weee:

Ane pake hrv 1.8 prestige dari 2015 beli baru km skrg 50rban dan masih dipakai. Literally 0 yg rusak. Pergantian hanya consumables seperti ban, aki, wiper, ganti oli2. Itu saja. Kaki2 full original dari baru, ga ada error sama sekali. Mobil robust ini Om.
Ini sudut pandang saya sbg user mobil yg proper lho ya,bukan yg cuek sama kondisi mobilnya
Saya beli jazz 2nd km 50ribu record ganti ban 4 biji sesuai standar(krn umur 13 tahun) ,velg penyok beli velg 4 biji,balik nama dan bayar pajak ,ganti kampas rem depan,maintenance rutin mesin,ganti oli,rapiin audio cuma balikin standar sama ganti head unit yg rusak(bukan modifikasi),perlampuan dan perkabelan (kabel2 sudah pada bermasalah ganti kabel set lampu depan),accu,oli transmisi,servis motor kaca jendela belakang kiri kanan,servis ac&ganti filter ,habis total 25jt
Padahal pr belum selesai,masih ada engine mounting yang udah mulai bunyi dan siap diganti,kaki2 belum ada masalah lho ini,tp mesti siap2 kaca film mulai ngelupas semua
Itu smua part diganti ori tp di bengkel luar padahal bukan di beres dan tidak barengan jangka waktunya jadi mesti spend waktu berkali2
Ya itulah resiko beli mobil bekas
Last edited by zonepublic on 21 Aug 2023, 13:43, edited 1 time in total.
Alwayspaid
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 25 Aug 2021, 19:00
Location: Jakarta

Re: Saran antara mobil baru murah atau mobil bekas berkelas

Post by Alwayspaid »

saran sih kalau mobil perang prefer wuling baru aja ya, worry free, beres juga udah lumayan banyak dan apalagi kalo condong ke harrier secara mobil udah 15 tahunan, walaupun toyota judulnya mobil robust tapi tetep aja pasti butuh peremajaan yang lumayan banyak.
kecuali memang banyak waktu untuk ngebengkel/ada mobil lainnya, boleh dipertimbangin tuh harrier, kalau udah seger sih kelasnya diatas yang lain2nya
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: 21 Dec 2021, 00:17

Re: Saran antara mobil baru murah atau mobil bekas berkelas

Post by ExorT »

zonepublic wrote: ↑21 Aug 2023, 10:53
Ini sudut pandang saya sbg user mobil yg proper lho ya,bukan yg cuek sama kondisi mobilnya
Saya beli jazz 2nd km 50ribu record ganti ban 4 biji sesuai standar(krm umur 13 tahun) ,velg penyok beli velg 4 biji,balik nama,ganti kampas rem depan,maintenance rutin mesin,ganti oli,rapiin audio cuma balikin standar sama ganti head unit yg rusak(bukan modifikasi),perlampuan dan perkabelan (kabel2 sudah pada bermasalah ganti kabel set lampu depan),accu,oli transmisi,servis motor kaca jendela belakang kiri kanan,servis ac&ganti filter ,balik nama dan bayar pajak tahunan udah habis 25jt
Padahal pr belum selesai,masih ada engine mounting yang udah mulai bunyi dan siap diganti,kaki2 belum ada masalah lho ini,tp mesti siap2
Itu smua part diganti ori tp di bengkel luar padahal bukan di beres dan tidak barengan jangka waktunya jadi mesti spend waktu berkali2
Ya itulah resiko beli mobil bekas
Iya setuju, maaf kalau ane salah nangkap :big_deal:

Ane juga sensitive sekali kalo mobil ga enak dikit. Tapi kalo yang khusunya hrv 1.8 yang dibahas ini, memang ga rewel samsek mobilnya baik kaki2, mesin, maupun tranny-nya. Padahal nyetirnya selalu hard launch (tapi buka brake launch ya) Tapi karena jalanan mulus, kaki2 ga pernah bermasalah.
MInumnya selalu Pertamax Turbo :big_biglaugh:

Mengenai HRV 1.8 non FL ini, kursinya cenderung keras walaupun posisi nyetirnya bisa enak. Yang ga enak sekali di mobil ini, pedal gas nya terlalu enteng, seperti pegasnya lemah. Alhasil kalau mau nyetir konstan / calm susah sekali karena pergelangan kakinya yang menahan. Jadi bawaannya nge-gas terus dah.

Kaki2nya juga keras sekali. Kalau dijalan keriting hi speed, berasa sekali kebanting2nya. Apalagi kursinya keras, kalau jalan jauh cepat sekali capek.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: Saran antara mobil baru murah atau mobil bekas berkelas

Post by zonepublic »

ExorT wrote: ↑21 Aug 2023, 13:59
zonepublic wrote: ↑21 Aug 2023, 10:53
Ini sudut pandang saya sbg user mobil yg proper lho ya,bukan yg cuek sama kondisi mobilnya
Saya beli jazz 2nd km 50ribu record ganti ban 4 biji sesuai standar(krm umur 13 tahun) ,velg penyok beli velg 4 biji,balik nama,ganti kampas rem depan,maintenance rutin mesin,ganti oli,rapiin audio cuma balikin standar sama ganti head unit yg rusak(bukan modifikasi),perlampuan dan perkabelan (kabel2 sudah pada bermasalah ganti kabel set lampu depan),accu,oli transmisi,servis motor kaca jendela belakang kiri kanan,servis ac&ganti filter ,balik nama dan bayar pajak tahunan udah habis 25jt
Padahal pr belum selesai,masih ada engine mounting yang udah mulai bunyi dan siap diganti,kaki2 belum ada masalah lho ini,tp mesti siap2
Itu smua part diganti ori tp di bengkel luar padahal bukan di beres dan tidak barengan jangka waktunya jadi mesti spend waktu berkali2
Ya itulah resiko beli mobil bekas
Iya setuju, maaf kalau ane salah nangkap :big_deal:

Ane juga sensitive sekali kalo mobil ga enak dikit. Tapi kalo yang khusunya hrv 1.8 yang dibahas ini, memang ga rewel samsek mobilnya baik kaki2, mesin, maupun tranny-nya. Padahal nyetirnya selalu hard launch (tapi buka brake launch ya) Tapi karena jalanan mulus, kaki2 ga pernah bermasalah.
MInumnya selalu Pertamax Turbo :big_biglaugh:

Mengenai HRV 1.8 non FL ini, kursinya cenderung keras walaupun posisi nyetirnya bisa enak. Yang ga enak sekali di mobil ini, pedal gas nya terlalu enteng, seperti pegasnya lemah. Alhasil kalau mau nyetir konstan / calm susah sekali karena pergelangan kakinya yang menahan. Jadi bawaannya nge-gas terus dah.

Kaki2nya juga keras sekali. Kalau dijalan keriting hi speed, berasa sekali kebanting2nya. Apalagi kursinya keras, kalau jalan jauh cepat sekali capek.
Bukannya dah ada cruise control ya?
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: 21 Dec 2021, 00:17

Re: Saran antara mobil baru murah atau mobil bekas berkelas

Post by ExorT »

zonepublic wrote: ↑21 Aug 2023, 14:30
ExorT wrote: ↑21 Aug 2023, 13:59
zonepublic wrote: ↑21 Aug 2023, 10:53
Ini sudut pandang saya sbg user mobil yg proper lho ya,bukan yg cuek sama kondisi mobilnya
Saya beli jazz 2nd km 50ribu record ganti ban 4 biji sesuai standar(krm umur 13 tahun) ,velg penyok beli velg 4 biji,balik nama,ganti kampas rem depan,maintenance rutin mesin,ganti oli,rapiin audio cuma balikin standar sama ganti head unit yg rusak(bukan modifikasi),perlampuan dan perkabelan (kabel2 sudah pada bermasalah ganti kabel set lampu depan),accu,oli transmisi,servis motor kaca jendela belakang kiri kanan,servis ac&ganti filter ,balik nama dan bayar pajak tahunan udah habis 25jt
Padahal pr belum selesai,masih ada engine mounting yang udah mulai bunyi dan siap diganti,kaki2 belum ada masalah lho ini,tp mesti siap2
Itu smua part diganti ori tp di bengkel luar padahal bukan di beres dan tidak barengan jangka waktunya jadi mesti spend waktu berkali2
Ya itulah resiko beli mobil bekas
Iya setuju, maaf kalau ane salah nangkap :big_deal:

Ane juga sensitive sekali kalo mobil ga enak dikit. Tapi kalo yang khusunya hrv 1.8 yang dibahas ini, memang ga rewel samsek mobilnya baik kaki2, mesin, maupun tranny-nya. Padahal nyetirnya selalu hard launch (tapi buka brake launch ya) Tapi karena jalanan mulus, kaki2 ga pernah bermasalah.
MInumnya selalu Pertamax Turbo :big_biglaugh:

Mengenai HRV 1.8 non FL ini, kursinya cenderung keras walaupun posisi nyetirnya bisa enak. Yang ga enak sekali di mobil ini, pedal gas nya terlalu enteng, seperti pegasnya lemah. Alhasil kalau mau nyetir konstan / calm susah sekali karena pergelangan kakinya yang menahan. Jadi bawaannya nge-gas terus dah.

Kaki2nya juga keras sekali. Kalau dijalan keriting hi speed, berasa sekali kebanting2nya. Apalagi kursinya keras, kalau jalan jauh cepat sekali capek.
Bukannya dah ada cruise control ya?
Pemakaian harian di jalan kembar 2 non tol om. Banyak motor2, ga memungkinkan pakai cruise control.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Saran antara mobil baru murah atau mobil bekas berkelas

Post by kendibocor »

Beli mobkas kondisi pasti beda2. Boleh aja denger pengalaman tmn2 laen yg pernah punya mblnya tp gawsa jd patokan pasti segitu. Yg lebih penting sebenernya malahan tau harga2 part perbaikannya. Jd punya tabungan kalo sampe ada yg rusak. Setau ane hondo cukup sering jajan steering rack, itu aja uda kisaran 16jt an kan. Bisa sih diperbaikin dengan biasa lebih murah. Sisa2ny paling komponen kaki2.

Pengalaman sendiri kemaren beli seri 3, tmn2 pd blg suruh spare budget kira2 50an. Sehabis beli, keluar duitnya ga nyampe segitu. Nyari barang yg apik jg kunci penting sih.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: Saran antara mobil baru murah atau mobil bekas berkelas

Post by qushay20019 »

Shibainu wrote: ↑21 Aug 2023, 10:43 klo kaki2 hrvnya itu biasa biaya ganti2 nya mahal nga ya gan? dan kalo dr sisi perawatan si hrv prestige dan yg tipe E biasa sama aja apa beda ya?
Sparepart BERES jaminan ori, tp masangnya klo bisa jgn di beres sih, pasti kena getok biaya jasa (ane 6 taun pegang City, 3 taun BRV, skrg HRV E lama 1.5 ud masuk taun ke-6). Jadi jalan tengahnya beli sperpat di beres, pasang di luar.

Klo penyakit prestige 1.8 ya itu yg ane sebut, pulley bearing tensioner. Lain2 sesuai pemakaian sebelumnya, apalagi kaki2. Klo rute sehari2 cenderung mulus, orangnya gak maen hajar lubang, ya mungkin PR kaki2nya masih bisa ditunda.

Sama satu lagi, alokasi waktu buat ngebengkel bisa fleksibel gak? Klo waktu buat ngurus mobil terbatas, mau gak mau ya angkut alvez baru aja drpd waktu istirahat di weekend kebuang di bengkel
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: Saran antara mobil baru murah atau mobil bekas berkelas

Post by zonepublic »

Alwayspaid wrote: ↑21 Aug 2023, 13:36 saran sih kalau mobil perang prefer wuling baru aja ya, worry free, beres juga udah lumayan banyak dan apalagi kalo condong ke harrier secara mobil udah 15 tahunan, walaupun toyota judulnya mobil robust tapi tetep aja pasti butuh peremajaan yang lumayan banyak.
kecuali memang banyak waktu untuk ngebengkel/ada mobil lainnya, boleh dipertimbangin tuh harrier, kalau udah seger sih kelasnya diatas yang lain2nya
Saya sih jujur setuju,jaman sudah modern,kita jangan terlalu fanatik sama 1 merk atau buatan jepang terus,bisa tertinggal ntar mindsetnya
Mobil cina masih pemain baru tapi bagusnya dia pasti akan berjuang berkompetisi mempertahankan brandnya dan mendengar masukan konsumen
Beda dengan mobil jepang yang merasa sudah diatas angin udah harga naik terus tapi kualitas juga makin parah turunnya
Saya ga yakin durabilitas mobil jepang saat ini bisa diandalkan dalam 1 dekade lagi,bisa jadi mobil cina yang udah ada saat ini ntar ngalahin mobil jepang dalam jangka waktu 10 tahun kedepan saya yakin karena saya udah pernah bawa mobil jepang keluaran tahun 80an-2021
Menurut saya puncak kualitas terbaik mobil jepang hanya sampe tahun 2006 setelah itu mulai menurun perlahan sampai 2012 abis 2012 menurun drastis dari segala sisi (kecuali fitur)
Jadi kalo ambil mobil jepang bekas ya maksimal buatan tahun 2012 yang bakal saya ambil
Sekarang kalo saya harus ambil mobil baru kayanya saya prefer chery sih daripada merk lain dari segala aspek penilaian secara keseluruhan (harga&kualitas)
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 576
Joined: 18 Sep 2019, 23:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Saran antara mobil baru murah atau mobil bekas berkelas

Post by timbermaniac123 »

zonepublic wrote: ↑21 Aug 2023, 21:13
Saya sih jujur setuju,jaman sudah modern,kita jangan terlalu fanatik sama 1 merk atau buatan jepang terus,bisa tertinggal ntar mindsetnya
Mobil cina masih pemain baru tapi bagusnya dia pasti akan berjuang berkompetisi mempertahankan brandnya dan mendengar masukan konsumen
Beda dengan mobil jepang yang merasa sudah diatas angin udah harga naik terus tapi kualitas juga makin parah turunnya
Saya ga yakin durabilitas mobil jepang saat ini bisa diandalkan dalam 1 dekade lagi,bisa jadi mobil cina yang udah ada saat ini ntar ngalahin mobil jepang dalam jangka waktu 10 tahun kedepan saya yakin karena saya udah pernah bawa mobil jepang keluaran tahun 80an-2021
Menurut saya puncak kualitas terbaik mobil jepang hanya sampe tahun 2006 setelah itu mulai menurun perlahan sampai 2012 abis 2012 menurun drastis dari segala sisi (kecuali fitur)
Jadi kalo ambil mobil jepang bekas ya maksimal buatan tahun 2012 yang bakal saya ambil
Sekarang kalo saya harus ambil mobil baru kayanya saya prefer chery sih daripada merk lain dari segala aspek penilaian secara keseluruhan (harga&kualitas)
Maksudnya tertinggal mindsetnya kalau ga pilih mocin ni ? :big_think:

Masalah utama mobil cina kan cuma aftersales nya (sparepart indent berapa lama) + brand nya apakah akan bertahan lama atau tidak. contoh nyata ya dfsk udah diujung tanduk. Dan juga mocin terkenal keborosan mesinnya. Tapi berkat wuling, mobil jepang 200an aja udah include sensing sekarang.

Kelebihan mobil jepang saat ini dimata orang indonesia terutama brand T, ya di RV dan ketahanan / keawetan mesinnya terhadap bbm yang kurang bagus + banyak sparepart aftermarket + banyak bengkel yang bisa nanganin (bengkel resmi juga banyak di pelosokan daerah)
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: Saran antara mobil baru murah atau mobil bekas berkelas

Post by zonepublic »

timbermaniac123 wrote: ↑21 Aug 2023, 21:43
zonepublic wrote: ↑21 Aug 2023, 21:13
Saya sih jujur setuju,jaman sudah modern,kita jangan terlalu fanatik sama 1 merk atau buatan jepang terus,bisa tertinggal ntar mindsetnya
Mobil cina masih pemain baru tapi bagusnya dia pasti akan berjuang berkompetisi mempertahankan brandnya dan mendengar masukan konsumen
Beda dengan mobil jepang yang merasa sudah diatas angin udah harga naik terus tapi kualitas juga makin parah turunnya
Saya ga yakin durabilitas mobil jepang saat ini bisa diandalkan dalam 1 dekade lagi,bisa jadi mobil cina yang udah ada saat ini ntar ngalahin mobil jepang dalam jangka waktu 10 tahun kedepan saya yakin karena saya udah pernah bawa mobil jepang keluaran tahun 80an-2021
Menurut saya puncak kualitas terbaik mobil jepang hanya sampe tahun 2006 setelah itu mulai menurun perlahan sampai 2012 abis 2012 menurun drastis dari segala sisi (kecuali fitur)
Jadi kalo ambil mobil jepang bekas ya maksimal buatan tahun 2012 yang bakal saya ambil
Sekarang kalo saya harus ambil mobil baru kayanya saya prefer chery sih daripada merk lain dari segala aspek penilaian secara keseluruhan (harga&kualitas)
Maksudnya tertinggal mindsetnya kalau ga pilih mocin ni ? :big_think:

Masalah utama mobil cina kan cuma aftersales nya (sparepart indent berapa lama) + brand nya apakah akan bertahan lama atau tidak. contoh nyata ya dfsk udah diujung tanduk. Dan juga mocin terkenal keborosan mesinnya. Tapi berkat wuling, mobil jepang 200an aja udah include sensing sekarang.

Kelebihan mobil jepang saat ini dimata orang indonesia terutama brand T, ya di RV dan ketahanan / keawetan mesinnya terhadap bbm yang kurang bagus + banyak sparepart aftermarket + banyak bengkel yang bisa nanganin (bengkel resmi juga banyak di pelosokan daerah)
Bukan harus pilih mocinnya tapi tutup mata dan masih prejudice bahwa mobil jepang pasti paling bagus ga da lawan
Padahal aftersales kan harus dibangun dari kepercayaan ,bayi lahir ga da yang langsung berlari,klo aftersales mocin pasti lama2 nambah dan berkembang,separah2nya cari sparepart di cina sono pasti berlimpah apalagi populasi mocin di cina sana juga banyak,sama aja dengan mobil jepang yg klo ga da sparepartnya di negara2 luar indo pasti ada
Merk jepang memang saat ini masih market leader di indo,tapi bukan berarti akan selamanya begitu kalo mereka nurunin kualitas
Kalo soal bengkel,selama masih mekanikal sebenernya cara kerja mobil mesin ICE sama aja semua bisa kok,ketahanan mocin di luaran sana yg masih awet dan bisa jalan meskipun bentuknya udah ga jelas juga ada
Lagipula enak tiap beberapa tahun ganti mobil baru daripada make mobil lama sekali,biaya perawatannya tinggi,kaya hp,enak beli hp baru tiap beberapa tahun daripada beli hp 1 dipake bertahun2
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Saran antara mobil baru murah atau mobil bekas berkelas

Post by Or4cle »

zonepublic wrote: ↑21 Aug 2023, 13:28
timbermaniac123 wrote: ↑21 Aug 2023, 12:55 harusnya si ga sampe 15 juta. apalagi baru 40rb km dan rutin beres honda. Beres honda itu tiap 2 th / 20rb km aja dissuruh ganti oli transmisi, ga kaya toyota yang harus sampe 80rb km / 5 tahun dulu. Ban semua paling 5 jutaan, aki 1.2 juta, wiper 400rb lah, oli 1 jutaan, oli transmisi 1 jutaan. sisanya kaya kaki2 harusnya 40rb masih bagus si. 10-15 selama masih dalam budget harusnya aman hrv ya. Selain itu sparepart hrv juga banyak aftermarketnya. Kalau wuling takutnya indent sparepart, apalagi seri alvez yang peminatnya masih sedikit.

Tapi ya tetep sih. Saya lebih nyaman mobil baru / mobil bekas sodara. kalau budget dibawah 300, baleno juga mayan tuh yg improvement (aya lebih percaya mobil jepang dibanding mocin). Atau kalau butuh 3 seater ya veloz / avanza / brv
Kadang kita ga bisa tahu user yang make nurut2 aja sama beres atau ngga,bengkel resmi cuma bisa nyaranin tapi belum tentu diturutin,saya dulu pake motor juga gt,tiap 4 tahun ganti baru karena make 3 tahun abis km 30ribuan sudah siap2 ganti belt/rante,gearset,filter udara,roller,kampas rem,ban
Ya mending dijual aja ganti baru lg dpt unit yg seger apalagi kalo ketemunya sama2 aja

ExorT wrote: ↑21 Aug 2023, 11:25
zonepublic wrote: ↑21 Aug 2023, 10:53
Percayalah bakal lebih dari 15juta habisnya ,apalagi sekelas hrv
Yg harganya 200-300jt
Ga percaya om :big_weee:

Ane pake hrv 1.8 prestige dari 2015 beli baru km skrg 50rban dan masih dipakai. Literally 0 yg rusak. Pergantian hanya consumables seperti ban, aki, wiper, ganti oli2. Itu saja. Kaki2 full original dari baru, ga ada error sama sekali. Mobil robust ini Om.
Ini sudut pandang saya sbg user mobil yg proper lho ya,bukan yg cuek sama kondisi mobilnya
Saya beli jazz 2nd km 50ribu record ganti ban 4 biji sesuai standar(krn umur 13 tahun) ,velg penyok beli velg 4 biji,balik nama dan bayar pajak ,ganti kampas rem depan,maintenance rutin mesin,ganti oli,rapiin audio cuma balikin standar sama ganti head unit yg rusak(bukan modifikasi),perlampuan dan perkabelan (kabel2 sudah pada bermasalah ganti kabel set lampu depan),accu,oli transmisi,servis motor kaca jendela belakang kiri kanan,servis ac&ganti filter ,habis total 25jt
Padahal pr belum selesai,masih ada engine mounting yang udah mulai bunyi dan siap diganti,kaki2 belum ada masalah lho ini,tp mesti siap2 kaca film mulai ngelupas semua
Itu smua part diganti ori tp di bengkel luar padahal bukan di beres dan tidak barengan jangka waktunya jadi mesti spend waktu berkali2
Ya itulah resiko beli mobil bekas
Maaf, kalau mobil umur 13 tahun hanya 50 ribu itu little bit fishy, too good to be true ... kemungkinan odo putaran. Kalau ane kalkulasi dgn patokan ganti oli 10.000 KM, berarti pemakaian hanya dlm 5x periode ganti oli.
Alwayspaid
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 25 Aug 2021, 19:00
Location: Jakarta

Re: Saran antara mobil baru murah atau mobil bekas berkelas

Post by Alwayspaid »

zonepublic wrote: ↑21 Aug 2023, 23:00
timbermaniac123 wrote: ↑21 Aug 2023, 21:43
zonepublic wrote: ↑21 Aug 2023, 21:13
Saya sih jujur setuju,jaman sudah modern,kita jangan terlalu fanatik sama 1 merk atau buatan jepang terus,bisa tertinggal ntar mindsetnya
Mobil cina masih pemain baru tapi bagusnya dia pasti akan berjuang berkompetisi mempertahankan brandnya dan mendengar masukan konsumen
Beda dengan mobil jepang yang merasa sudah diatas angin udah harga naik terus tapi kualitas juga makin parah turunnya
Saya ga yakin durabilitas mobil jepang saat ini bisa diandalkan dalam 1 dekade lagi,bisa jadi mobil cina yang udah ada saat ini ntar ngalahin mobil jepang dalam jangka waktu 10 tahun kedepan saya yakin karena saya udah pernah bawa mobil jepang keluaran tahun 80an-2021
Menurut saya puncak kualitas terbaik mobil jepang hanya sampe tahun 2006 setelah itu mulai menurun perlahan sampai 2012 abis 2012 menurun drastis dari segala sisi (kecuali fitur)
Jadi kalo ambil mobil jepang bekas ya maksimal buatan tahun 2012 yang bakal saya ambil
Sekarang kalo saya harus ambil mobil baru kayanya saya prefer chery sih daripada merk lain dari segala aspek penilaian secara keseluruhan (harga&kualitas)
Maksudnya tertinggal mindsetnya kalau ga pilih mocin ni ? :big_think:

Masalah utama mobil cina kan cuma aftersales nya (sparepart indent berapa lama) + brand nya apakah akan bertahan lama atau tidak. contoh nyata ya dfsk udah diujung tanduk. Dan juga mocin terkenal keborosan mesinnya. Tapi berkat wuling, mobil jepang 200an aja udah include sensing sekarang.

Kelebihan mobil jepang saat ini dimata orang indonesia terutama brand T, ya di RV dan ketahanan / keawetan mesinnya terhadap bbm yang kurang bagus + banyak sparepart aftermarket + banyak bengkel yang bisa nanganin (bengkel resmi juga banyak di pelosokan daerah)
Bukan harus pilih mocinnya tapi tutup mata dan masih prejudice bahwa mobil jepang pasti paling bagus ga da lawan
Padahal aftersales kan harus dibangun dari kepercayaan ,bayi lahir ga da yang langsung berlari,klo aftersales mocin pasti lama2 nambah dan berkembang,separah2nya cari sparepart di cina sono pasti berlimpah apalagi populasi mocin di cina sana juga banyak,sama aja dengan mobil jepang yg klo ga da sparepartnya di negara2 luar indo pasti ada
Merk jepang memang saat ini masih market leader di indo,tapi bukan berarti akan selamanya begitu kalo mereka nurunin kualitas
Kalo soal bengkel,selama masih mekanikal sebenernya cara kerja mobil mesin ICE sama aja semua bisa kok,ketahanan mocin di luaran sana yg masih awet dan bisa jalan meskipun bentuknya udah ga jelas juga ada
Lagipula enak tiap beberapa tahun ganti mobil baru daripada make mobil lama sekali,biaya perawatannya tinggi,kaya hp,enak beli hp baru tiap beberapa tahun daripada beli hp 1 dipake bertahun2
setuju sama quote yang ini. mocin malah menurut saya lebih gampang ngerawatnya kalau yg n/a, karena teknologinya sebenernya masih teknologi jadul (bengkel2 umum harusnya udah khatam masalah beginian). Balik lagi ya mau pake mobilnya berapa lama, kalau sebatas 3-4 thn (abis warranty abis dijual) mocin yang brandnya jelas harusnya bisa jadi pilihan ok.

lain cerita kalo emang mau pake mobilnya diatas 10 thn ya mending beli reborn diesel aja :big_peace:
Present
- DJ5FS GT
- F30 320i B48
- W213 E200
Past
- E36 320i
- E46 325i
- E82 135i
- F30 320i N20
- E82 135i
- F87 M2
- GTI MK6
- Scirocco 1.4
- GE8 1.5
- Brio 1.2
- Megane RS265
- GT86
- ES300H
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post