The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by sherryandkez »

Prolog

seperti sudah ditanyakan sebelumnya di thread viewtopic.php?t=31843, saya butuh mobil buat gantiin Sirion 2019 saya yang perawatannya sudah mulai mahal. dan seperti diduga juga, saya dikira aneh karena mau nuker mobil murah mint ke sedan premium bekas yang notabene "mobil capek".

tapi memang setelah itu, saya makin ngerasa harus ganti mobil. salah satunya karena standar pantat saya sudah mulai naik gara2 sering naik Lexus :big_biglaugh: , kedua karena Sirion 1300cc pun kalah iritnya sama Lexus 2500cc hybrid. dalam kota Sirion mentok 1:13, ES300h bisa 15-17. akhirnya diputuskan cari mobil gantinya dan ada beberapa calon, antara lain X-Trail T32 Hybrid, 520d, X3 20d, CT200h, CR-Z, dan Camry Hybrid ini.

520d dan X3 dicoret duluan karena gak nemu unit yang cocok. CT200h dan CR-Z juga sama karena kemahalan. terakhir ada T32 Hybrid dan Camry Hybrid. T32 ini barangnya oke, tapi kebetulan pas banget ketika saya mau liat, ini mobil baterenya bermasalah dan turns out harga baterenya di Nissan 132jt :off_no:

oke akhirnya pilihan cuma ada Camry Hybrid. di marketplace bisa dibilang buanyak banget unitnya sebenernya, tapi rata-rata mobil keliatan capek dan gak kerawat. akhirnya jatuh cinta sama satu Camry Hybrid putih di bandung, janjian untuk lihat. selain kondisinya bagus di foto, saya kepingin nomornya yang cakep, D 1 [cencored] ([cencored] adalah inisial bidang kerja saya). ternyata pas diliat zonk, kondisi jelek, batere jebol, dan yang terpenting nomornya mau diambil :big_bored:

akhirnya sementara lupain dulu deh toh gak butuh2 amat masih ada Sirion. tiba2 temen saya yang punya dealer mobkas nyodorin saya foto di WA, sebuah Camry Hybrid item yang keliatan bener2 kerawat. rupanya dia liat mobil itu di aplikasi dealer rekanan O*X Autos. ntah kenapa saya iseng aja nanyain nomernya, padahal harusnya dealer rekanan belinya lewat O*X Autos kan.

lah kok dikasih? dari mana nih orang dapet nomor ownernya :big_chicken:

WA an lah sama yang punya, salah satu direktur Freeport jkt. turns out km nya sudah 200rb :big_biglaugh: . lah mobilnya terawat bener, saya yakin ini mobil full service record beres dan kata dia betul. rabu saya cek, kamisnya langsung general checkup di Toyota dan deal 197jt, saya bawa pulang hari itu juga.

asli ini pas pertama saya liat di foto dan real life, saya gak nyangka kmnya 200rb. lha gimana orang mobil cakep banget, yang keliatan mobil capek cuma setirnya dan jok sopirnya yang udah masuk kondisi gawat darurat. setelah ambil dan bawa pulang, saya iseng stop di dealer Toyota tempat dia biasa servis berkala buat print vehicle history.

busyet ada kali 30 menit saya nunggu, print historynya banyak banget 4 lembar full dari 2012 sampe sekarang :big_biglaugh: bahkan bon servis Toyota yang dia simpen dari 2012 saya kumpulin dan kliping jadi setebel novel. hampir semua parts di mobil ini sudah diganti di beres, termasuk baterenya yang sudah ganti 2x :big_biglaugh:

dan karena semua parts sudah diganti, bisa ditebak hasil general check up di Toyota : 100% mechanical aspect seperti baru :big_biglaugh: baru pertama kali saya checkup mobil bekas gak ada rekomendasi ganti sama sekali.
Screenshot 2023-04-05 123203.jpg
Car : Clara - Toyota Camry Hybrid 2012 (AVV50)
Mileage : 240rb km on going (iya gak salah baca, 240rb km :big_biglaugh: )
Price : ditotal2 gak sampe seharga Agya GR lah..

photo credit from RMODA Workshop

Exterior
Screenshot 2023-04-05 122231.jpg
mungkin saya gak terlalu menggebu2 ya jelasin luar dalamnya, lha wong setiap orang di SM pasti udah familiar sama Camry haha. fascia depannya beda total sama Camry biasa, lampu, gril, bumper beda semua. lampunya sudah LED yang hemat energi, namun sayangnya high beam masih halogen dan kurang terang di tol yang kurang penerangan. menurut saya depannya jauh lebih cakep dibanding versi biasa, kelihatan lebih mewah dan juga JDM look :mky_02:
Screenshot 2023-04-05 122252.jpg
sampingnya biasa aja, cenderung flat dan mengotak. nothing to see here, paling cuma emblem hybrid di sisi fender. sialnya mobil ini, keyless accessnya cuma ada di pintu supir. kenapa di pintu penumpang gak ada ya..

velg mobil ini standard, hanya saja saya repaint dark gunmetal chrome supaya mirip dengan Camry Hybrid G Package Premium Black. di sisi fender kiri juga saya tambahkan parking pole karena mobil ini sangat besar untuk jalanan Bandung yang kecil2 :mky_01:

di belakangnya, mobil ini lebih mengotak lagi. dan lebih plain lagi. tapi saya cukup oke dengan desainnya, tidak terlalu ramai dan tidak bosan untuk diliat juga. emblem Hybrid di belakang saya cabut karena aslinya gak ada di versi JDM, saya ganti dengan sticker emisi OEM Toyota. cat mobil ini juga bagus sekali menurut saya, tebal dan kebiruan pearl. sayangnya jadi kelihatan banget kalo habis repaint, seperti saya kemarin repaint bumper depan.

Interior
1214575.jpg
nah bagian ini yang banyak sekali bedanya dengan Camry biasa. dari mulai buka pintu, disambut dashboard dengan speedo yang berbeda, audio yang berbeda, panel AC yang berbeda, panel kayu yang berbeda, dan panel control di bawah AC yang berbeda. belum cukup? dua jok depan yang elektrik modelnya beda, material kulitnya beda, jok belakang executive package (ini kata Toyota ya), kursi pijat, dan banyak lagi.

menurut saya model dashboardnya sudah terlihat berumur dengan desain yang mengotak. desain doortrimnya juga sudah berumur dengan material silver yang menurut saya agak murahan. yang menurut saya bagus adalah desain setirnya yang benar-benar berbeda sendiri dibanding Toyota lain. speedometernya juga sangat bagus, teduh di mata, dan terlihat mahal.

audionya sendiri punya sangat banyak menu, bahkan sampai bisa masukkan maintenance dan service record. jika sudah jadwal servis selanjutnya, maka sistem mobil akan mengingatkan dan bahkan bisa menyambungkan telepon dengan dealer yang terakhir melakukan servis. sayangnya di manapun saya servis tidak ada dealer yang aware dengan fitur ini, jadi kesannya useless :ungg:

usut punya usut sistemnya sama persis dengan mobil Lexus saya, hanya kurang touchpad saja. speakernya ada 9 kalau tidak salah, keluaran JBL GreenEdge, dan suaranya bisa dibilang bagus. tentunya belum selevel 15 speaker Mark Levinson di Lexus saya. display hybridnya sangat menarik dan hampir selalu saya tampilkan saat berkendara. lumayan kan jadi bahan pertanyaan yang numpang :big_biglaugh:

jok depan apa bedanya dengan Camry biasa? jok Hybrid ini ada pendinginnya, dan tentunya ada memory seat yang juga mengatur electric tilt steering dan spion. selain itu jok Hybrid juga spesial, ada pegangan tangannya di bagian belakang dan headrest kiri bisa direbahkan ala-ala Crown. punya saya sendiri saya tambahkan half cover seat ala JDM. selain lucu, barang original Toyota ini juga membantu kursi agak adem karena kulit kan panas ya :big_childish:
1214580.jpg
jok belakang lebih gila lagi bedanya dari yang biasa. kata orang Toyota, jok ini termasuk executive package yang di JDM pun gak masuk. electric recline, pengatur AC, audio, dan tentunya kursi pijat. joknya pun surprisingly lebih nyaman dibanding di Lexus saya, tentunya karena joknya ada per seperti Mercy jadul. legroom dan headroom sangat-sangat lega, bahkan untuk orang setinggi 180cm sekalipun. sayangnya karena jok ini beda dengan JDM, saya jadi gak bisa pasang half cover seat seperti di depan. :big_dunno:

bagasi sih cenderung sempit karena ada batterynya. tapi masih bisa lah nampung bag golf.

Driving (and being the 2nd row boss)
Screenshot 2023-04-05 122341.jpg
soal nyetir, saya gak terlalu berharap banyak dengan Camry ini, namanya juga mobil bapak-bapak. pengalaman di XV30 dan XV40 sih rasanya plain betul ya, kayak naik kapal. surprisingly, Camry Hybrid ini beda jauh. even dengan XV50 bensin. entah beda apa di kaki-kakinya, mobil ini rasanya jauh lebih antep dan nyaman dibandingkan XV50 bensin biasa. dan mobil ini juga bisa dibilang cukup fun to drive. waktu pulang dari kawasan pegunungan di Cukul, saya iseng turun ke bawah sambil ngebut karena masih pagi sekali dan sepi (jam 6an). dan surprisingly lagi, mobil ini sangat nurut ditekuk-tekuk dengan bodyroll yang sangat minim. dan ketika di tanjakan, mobil ini juga sangat perkasa karena torsi motor listriknya. sayangnya top speed mobil ini dilimit di 190 seperti Lexus saya karena untuk menjaga suhu baterenya.

kalo cuma adu kenceng di tol, beberapa kali saya kejar2an dengan sedan Eropa dan masih bisa keep up sampai 190. setelah itu ya byebye saya ditinggal mentok limit :big_biglaugh:

duduk di belakangnya yang bener-bener spesial.
1214579.jpg
ini mobil nyamannya luar biasa. bahkan saya bisa bilang sedikit lebih nyaman dibanding Lexus saya. yang kurang dibanding Lexus hanya peredamannya. di luar itu, betul2 enak. tinggal slide jok depan sampai mentok, dan voila lega sekali. tambah lagi recline jok belakang sampai paling rebah, dan nyalakan pijat. bener-bener mobil bos. gak salah kenapa pejabat banyak yang masih pertahankan AVV50 mereka dibanding XV70.

fun fact, saya pernah ngebut di tol Soroja sampai 180 km/h, dan dua teman saya di jok belakang masih tertidur pulas sambil dipijat :big_biglaugh: saya sendiri sangat jarang duduk di belakang karena malas pakai supir.

saran saya jika beli Camry Hybrid ini, duduklah di belakang. seenak-enaknya nyetir ini tetep enakan nyetir Lexus, ini buat disopirin aja :big_biglaugh:

Ownership Experience
dua kata : SANGAT PUAS.

sampai hari ini (240rb km, 40rb km dalam 3 bulan), nothing to worry about. selama ini cuma servis berkala saja di Toyota dan biayanya hanya sekitar 1-2jt saja. maintenance terakhir di Auto2000 Sunter (rekomendasi saya selain Auto2000 Tebet Supomo) hanya 1.3jt include pembersihan blower battery hybrid. sisanya ya gak terlalu penting, cuma keinginan saya aja seperti retrim steer, repaint jok supir, ganti bracket plat nomor depan, repaint velg, dan lain-lain.

ada 2 hal yang wajib dilakukan apabila beli Camry Hybrid bekas, yakni :

1. pasang filter battery hybrid
Screenshot 2023-04-05 122441.jpg
barang aneh ini fungsinya kayak filter udara, menyaring kotoran supaya gak masuk ke saluran pendingin battery hybrid. Camry Hybrid pre-facelift semuanya gak ada, yang dapet cuma facelift. ES300h pre fl kayak punya om farizfsa pun gak ada ini, cuma facelift yang dapet. bahayanya kalo gak ada ini, blower battery hybridnya bisa kesumbat dan baterenya panas. harganya cuma 90rb, pm saya aja kalo mau.

2. bersihin blower pendingin battery hybrid
1214578.jpg
karena dari baru si filter gak ada, blowernya jadi kotor deh. harus dibersihin kalau gak lama2 kesumbat dan rusak. hati-hati gak sembarang Toyota bisa ngerjain, di data baru ada 2 Auto2000 yang pernah ngerjain, Auto2000 Padang Bypass dan Auto2000 Sunter. Sunter pun baru pertama kali ngerjain di mobil saya itu. Lexus Menteng saya tanya malah blm pernah haha. biayanya 70rb aja kemaren tapi ngerjainnya cukup lama karena harus bongkar jok dan bagasi.

kalo dua ini gak dilakuin.. ya mungkin mempercepat ganti batere 51jt blm pasang (Auto2000)

soal irit-iritan, mobil ini lumayan hebat. mungkin karena baterenya baru juga kali ya. saya bdg-jkt rekor pernah dapet 34km/l, di dalam kota Bandung 15km/l. buat rute harian rumah di Bekasi ke Jakarta masih bisa dapat 22km/l, tapi pulangnya 13km/l karena macet :big_biglaugh: untuk beberapa kali di daerah yang sulit Pertamax saya isi Pertalite, no worries, larinya sama dan iritnya sama.

pajak? murah.. cuma 5jtan aja :big_grin: cuma lebih mahal 2jt dari Sirion dan lebih murah dari mobil-mobil baru.

yang keren dari mobil ini adalah presencenya di jalan. dibanding pake Sirion, tukang parkir jadi nyariin parkir terus, dan motor-motor jarang berani mepet mobil ini. mirip2 pake Lexus lah. padahal ini mobil 200jt kurang loh. dan di jalan pun orang lebih takut untuk macem-macem pas liat Camry item gini. sama seperti Lexus, beberapa kali mobil OKB yang tetot tetot gak berani nyalain sirene dan strobonya deket mobil ini.
1214571.jpg
nah lebih seru lagi kalo Camry Hybrid ini lagi keluar bareng Lexus saya. tanpa tetot tetot (mobil saya gak ada gini2an) orang udah ngasih jalan sendiri, gak ada yang berani nyelak konvoi dua sedan hitam ini :big_biglaugh: gak ngerti juga apa emang image mobil ini cukup serem ya kalo di jalan.

Thank you!
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4196
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by b0ku »

51jt??? harga taon 2020-2021 keknya itu ud 70jt om batrenya doank :wkkk:

saya pernah share kok di sini lapak jualan camry hybrid dari taon ke taon biasa ada beberapa seller umbar mereka apis kena cepu sama tuh mobil biar buyernya tenang, terakhir ud 60jtan dari awalnya cuma 40jtan terus saya nemu di toped ud 69jt assy barunya :big_biglaugh:

ya kagak kaget kan demand batrenya naek materialnya otomatis naek :mky_03:

ciri2x yang umum 5th pasti rontok entah itu high or low km :mky_03:
bimzbim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: Wed Dec 06, 2017 6:43
Location: surabaya
Daily Vehicle: ANF

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by bimzbim »

mobil capek, kalo di rawat dengan bener sih sebenernya tetep aja nyaman.
Saya pengalaman miara mobil dari baru terlama sekarang ada di ertiga, udah mau jalan 9 tahun.
Service rutin macem ganti oli mesin, oli transmisi, busi, filter udara, dll, dilakukan sesuai rekomendasi bengkel.
Untuk per olian, ga wajib oli high end, yang penting rutin dan sesuai jadwal.
Kerusakan part seperti komponen kaki kaki, fuel pump, dll ya diperbaiki dengan barang asli beres.
Jangan sering sering buka kaca mobil apalagi merokok dimobil.
Detailing interior rutin, minimal seharusnya 1 tahun sekali.
Pake BBM sesuai requirement kendaraan.
Hindari kreatifitas yang belum jelas kebenarannya terutama kalo sifatnya memasukkan cairan ke ruang bakar.
Dan ini yang paling penting, jaga mobil stay sesuai standar pabrikan kalo mobil mau dipake selama mungkin.

Mesikpun ni km udah jalan ratusan rb, tetep aja nyaman.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2525
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by KielConstantine »

b0ku wrote: Wed Apr 05, 2023 6:50 51jt??? harga taon 2020-2021 keknya itu ud 70jt om batrenya doank :wkkk:

saya pernah share kok di sini lapak jualan camry hybrid dari taon ke taon biasa ada beberapa seller umbar mereka apis kena cepu sama tuh mobil biar buyernya tenang, terakhir ud 60jtan dari awalnya cuma 40jtan terus saya nemu di toped ud 69jt assy barunya :big_biglaugh:


ciri2x yang umum 5th pasti rontok entah itu high or low km
Itu mah udah jadi biaya yg perlu di siapkeun om klo pengen pelihara hybrid / ev :big_grin:


Kcuali mulai banyak bengkel spesialis pada jago otak atik batre hybrid. Jd bisa murah ganti per cell nya bgitu bgitu. Tunggu jadi common aja dulu wkwkwk
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2572
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by farizfsa »

KielConstantine wrote: Wed Apr 05, 2023 7:30
b0ku wrote: Wed Apr 05, 2023 6:50 51jt??? harga taon 2020-2021 keknya itu ud 70jt om batrenya doank :wkkk:

saya pernah share kok di sini lapak jualan camry hybrid dari taon ke taon biasa ada beberapa seller umbar mereka apis kena cepu sama tuh mobil biar buyernya tenang, terakhir ud 60jtan dari awalnya cuma 40jtan terus saya nemu di toped ud 69jt assy barunya :big_biglaugh:


ciri2x yang umum 5th pasti rontok entah itu high or low km
Itu mah udah jadi biaya yg perlu di siapkeun om klo pengen pelihara hybrid / ev :big_grin:


Kcuali mulai banyak bengkel spesialis pada jago otak atik batre hybrid. Jd bisa murah ganti per cell nya bgitu bgitu. Tunggu jadi common aja dulu wkwkwk
ini udah ada sih di daerah tangerang kalo ga salah, bisa per call se jutaan kl ga salah ya

tp gatau ya mungkin saya sih, kalo emg mobilnya enak kaya lexus atau camry ini plus hybrid, mungkin rela2 aja keluar uang segitu. apalg kalo udh kebiasa megang eropaan sebelumnya hahahahaha
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4196
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by b0ku »

KielConstantine wrote: Wed Apr 05, 2023 7:30
b0ku wrote: Wed Apr 05, 2023 6:50 51jt??? harga taon 2020-2021 keknya itu ud 70jt om batrenya doank :wkkk:

saya pernah share kok di sini lapak jualan camry hybrid dari taon ke taon biasa ada beberapa seller umbar mereka apis kena cepu sama tuh mobil biar buyernya tenang, terakhir ud 60jtan dari awalnya cuma 40jtan terus saya nemu di toped ud 69jt assy barunya :big_biglaugh:


ciri2x yang umum 5th pasti rontok entah itu high or low km
Itu mah udah jadi biaya yg perlu di siapkeun om klo pengen pelihara hybrid / ev :big_grin:


Kcuali mulai banyak bengkel spesialis pada jago otak atik batre hybrid. Jd bisa murah ganti per cell nya bgitu bgitu. Tunggu jadi common aja dulu wkwkwk
ada om di toped jual per cell cuma masalahnya adalah semua cell itu bakalan rusak semua lebih bijak kalo long term use lsg ke toyota aja kalo cuma benerin terus jual baru maen kek gitu :mky_03:

karena ud jatohnya gak jauh beda sama ke toyota kalo ganti nyicil sama lsg semua masih ada plus ongkor kerja sama bolak balik nya :big_biglaugh:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2572
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by farizfsa »

b0ku wrote: Wed Apr 05, 2023 7:40
KielConstantine wrote: Wed Apr 05, 2023 7:30
b0ku wrote: Wed Apr 05, 2023 6:50 51jt??? harga taon 2020-2021 keknya itu ud 70jt om batrenya doank :wkkk:

saya pernah share kok di sini lapak jualan camry hybrid dari taon ke taon biasa ada beberapa seller umbar mereka apis kena cepu sama tuh mobil biar buyernya tenang, terakhir ud 60jtan dari awalnya cuma 40jtan terus saya nemu di toped ud 69jt assy barunya :big_biglaugh:


ciri2x yang umum 5th pasti rontok entah itu high or low km
Itu mah udah jadi biaya yg perlu di siapkeun om klo pengen pelihara hybrid / ev :big_grin:


Kcuali mulai banyak bengkel spesialis pada jago otak atik batre hybrid. Jd bisa murah ganti per cell nya bgitu bgitu. Tunggu jadi common aja dulu wkwkwk
ada om di toped jual per cell cuma masalahnya adalah semua cell itu bakalan rusak semua lebih bijak kalo long term use lsg ke toyota aja kalo cuma benerin terus jual baru maen kek gitu :mky_03:

karena ud jatohnya gak jauh beda sama ke toyota kalo ganti nyicil sama lsg semua masih ada plus ongkor kerja sama bolak balik nya :big_biglaugh:
bener kalo long term pasti ganti full set, dapat warranty juga dr beres

cuma kl pdg style mungkin per cell aja lol
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 506
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by RezPrat »

Ane udah bbrp taun mainan solar panel pake batere lifepo4, menurut pengalaman ane ya, kalo udah d atas 5thn, kalo cuma ganti Cell yg rusak gak akan long lasting, 1-2 tahun juga bakal jebol sebagian besar Cell nya. Sebab batere d seri dan paralel ini sangat sensitif dgn "ketimpangan" voltage pada rangkaian nya. Istilah nya betere Cell yg lemah akan membuat batere Cell yg sehat kerja lebih keras buat balancing voltage dan current nya.
Jadi ya kalo udah ada 1-2 Cell yg rusak mending ganti semua nya 1 set.
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by peterming77 »

sherryandkez wrote: Wed Apr 05, 2023 5:33
ada 2 hal yang wajib dilakukan apabila beli Camry Hybrid bekas, yakni :

1. pasang filter battery hybrid
Screenshot 2023-04-05 122441.jpg
barang aneh ini fungsinya kayak filter udara, menyaring kotoran supaya gak masuk ke saluran pendingin battery hybrid. Camry Hybrid pre-facelift semuanya gak ada, yang dapet cuma facelift. ES300h pre fl kayak punya om farizfsa pun gak ada ini, cuma facelift yang dapet. bahayanya kalo gak ada ini, blower battery hybridnya bisa kesumbat dan baterenya panas. harganya cuma 90rb, pm saya aja kalo mau.

2. bersihin blower pendingin battery hybrid
1214578.jpg
karena dari baru si filter gak ada, blowernya jadi kotor deh. harus dibersihin kalau gak lama2 kesumbat dan rusak. hati-hati gak sembarang Toyota bisa ngerjain, di data baru ada 2 Auto2000 yang pernah ngerjain, Auto2000 Padang Bypass dan Auto2000 Sunter. Sunter pun baru pertama kali ngerjain di mobil saya itu. Lexus Menteng saya tanya malah blm pernah haha. biayanya 70rb aja kemaren tapi ngerjainnya cukup lama karena harus bongkar jok dan bagasi.

Congrats buat Camry Hybrid nya :big_exellent:

Saya udah naksir Camry Hybrid ini sejak kakak minta ganti Swift yg dipake sehari2, tapi mungkin belum jodoh krn akhirnya kakak minta diganti HRV aja dng alasan posisi duduk dan keluar masuk kabin belakang ga susah (krn posisi kursi nya dari aspal relatif tinggi). Sempat saya cobakan Camry XV50 dan posisi dari duduk buat keluarnya kesusahan krn terlalu nyaman kayak boss :big_biglaugh: apalagi yg XV50 nga ada handle di belakang kursi buat narik badan.

Next time semoga kebeli Camry Hybrid ini, krn gimana2 udah umur raga penginnya nyetir mobil yg nyaman ga bikin tulang geser :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: (meski jiwa masih pengin bejek F30 328i :big_love: )

Soal filter battery hybrid, saya jadi penasaran apa di CorCross ada atau nga, coba nanti saya tanya ke bengkel waktu servis. Posisi intake ada di bawah kaki penumpang kanan, kalo ga ada filter gawat juga bisa jadi tempat ngopi debu debu :big_cry:
mhbbi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 108
Joined: Mon Dec 19, 2016 0:19

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by mhbbi »

another proof a toyota is reliable, kalaupun hybridnya penyakitan, berarti karena salah treatment aja hahaha

untuk headlamp ternyata yang hybrid sama-sama kurang terang ya kaya tipe non hybrid, barangkali ada saran apa yang perlu diupgrade biar lebih terang tanpa menyilaukan pengendara dari arah berlawanan.

jadi baru tau saya ternyata tips untuk maintenance baterai hybrid, hmm jadi tertarik pinang mobil hybrid beberapa taun kedepan biar irit bbm

nice review and thanks sharingnya om.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2525
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by KielConstantine »

farizfsa wrote: Wed Apr 05, 2023 8:07
b0ku wrote: Wed Apr 05, 2023 7:40
KielConstantine wrote: Wed Apr 05, 2023 7:30

Itu mah udah jadi biaya yg perlu di siapkeun om klo pengen pelihara hybrid / ev :big_grin:


Kcuali mulai banyak bengkel spesialis pada jago otak atik batre hybrid. Jd bisa murah ganti per cell nya bgitu bgitu. Tunggu jadi common aja dulu wkwkwk
ada om di toped jual per cell cuma masalahnya adalah semua cell itu bakalan rusak semua lebih bijak kalo long term use lsg ke toyota aja kalo cuma benerin terus jual baru maen kek gitu :mky_03:

karena ud jatohnya gak jauh beda sama ke toyota kalo ganti nyicil sama lsg semua masih ada plus ongkor kerja sama bolak balik nya :big_biglaugh:
bener kalo long term pasti ganti full set, dapat warranty juga dr beres

cuma kl pdg style mungkin per cell aja lol
Terus calon2 user yg minat sama hybrid sekenan gini musti langsung gen check ke bengkel resmi biar ketauan kali ya… Kalo ntuh batre ud di akal-akalin misal wkwkwkwk

Biar kg kena jebakan betmen :big_slap:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1620
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by darrelund »

b0ku wrote: Wed Apr 05, 2023 6:50 51jt??? harga taon 2020-2021 keknya itu ud 70jt om batrenya doank :wkkk:

saya pernah share kok di sini lapak jualan camry hybrid dari taon ke taon biasa ada beberapa seller umbar mereka apis kena cepu sama tuh mobil biar buyernya tenang, terakhir ud 60jtan dari awalnya cuma 40jtan terus saya nemu di toped ud 69jt assy barunya :big_biglaugh:

ya kagak kaget kan demand batrenya naek materialnya otomatis naek :mky_03:

ciri2x yang umum 5th pasti rontok entah itu high or low km :mky_03:
berarti kasarnya tiap taun nabung 10-15jt buat jaga" klo taun 6+ ud mulai gejala baterenya

emg plg bener mobil ginian high mileage supaya ga sakit ati ganti batrrenya :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1620
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by darrelund »

kyknya ni mobil cocok sama trit frugal living

197jt + 51jt (batt) = 248jt

nyaman dapet, bensin 1:30, presence oke

menarik jg ni mobil :big_biglaugh:

nyaman maksimal, irit maksimal :big_biglaugh:



btw itu pajak ES hibrid berapa um? penasaran
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by remedusakti »

Pernah beberapa kali pake Camry Hybrid tahun 2015.

Ini Mobil Asli enak bener.. larinya super enteng, karna engine 2AR dibantu dengan motor elektrik.. akselerasi gesit, tekuk kiri kanan, tikungan mantep.. pernah test akselerasi, ini lbh enteng larinya ketimbang LC 2UZ FE 4.7 L V8..
Ini yg membuat sy terpesona sama hybrid, sy kira semua hybrid seenteng ini larinya, pas nyoba Zenix hybrid yang 0-100kpj 9detikan, jauhh entengan camry kemana2..
Perkiraan saya 0-100kpj camry hybrid ada diangka 7detikan

Mobil juga irit banget, kl pake santai, 1 liter bs tembus diatas 20km

Suspensinya juga ajib, enak, empuknya pas dan gak terlalu limbung, ketemu jalan jelek empuk, jalan gelombang body kontrol enak.

Racksteer juga KM diatas 100K, aman sentosa, gak ada gredek2 khas rack steer macem di alphard vellfire yg rawan bener gredek gredek kl sering lwt jalan jelek.

Cuma 1 kekurangannya yaitu harga batterynya muahal amit2.. sdh pernah replace battery hybrid, diauto2000 total habis 77jt..
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4196
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by b0ku »

darrelund wrote: Wed Apr 05, 2023 13:06
berarti kasarnya tiap taun nabung 10-15jt buat jaga" klo taun 6+ ud mulai gejala baterenya

emg plg bener mobil ginian high mileage supaya ga sakit ati ganti batrrenya :big_biglaugh:
rata2x yang saya ud jual sih tahun ke 5 tewas mau low mau high :mky_03:

bener om pake hybrid pastiin itu mobil bakalan jalan 100.000++ sebelom batre jebol mungkin 300.000km biar untung bandar :mky_03:

gitu pula mobil listrik pastiin bakalan jalan 300.000km dalam 10thn disitu berasa deh pengiritannya :big_biglaugh:

kalo kayak saya 10thn aja 100rb kagak nyampe itu namanya pengeretan :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4196
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by b0ku »

remedusakti wrote: Wed Apr 05, 2023 14:22 Pernah beberapa kali pake Camry Hybrid tahun 2015.

Ini Mobil Asli enak bener.. larinya super enteng, karna engine 2AR dibantu dengan motor elektrik.. akselerasi gesit, tekuk kiri kanan, tikungan mantep.. pernah test akselerasi, ini lbh enteng larinya ketimbang LC 2UZ FE 4.7 L V8..
Ini yg membuat sy terpesona sama hybrid, sy kira semua hybrid seenteng ini larinya, pas nyoba Zenix hybrid yang 0-100kpj 9detikan, jauhh entengan camry kemana2..
Perkiraan saya 0-100kpj camry hybrid ada diangka 7detikan

Mobil juga irit banget, kl pake santai, 1 liter bs tembus diatas 20km

Suspensinya juga ajib, enak, empuknya pas dan gak terlalu limbung, ketemu jalan jelek empuk, jalan gelombang body kontrol enak.

Racksteer juga KM diatas 100K, aman sentosa, gak ada gredek2 khas rack steer macem di alphard vellfire yg rawan bener gredek gredek kl sering lwt jalan jelek.

Cuma 1 kekurangannya yaitu harga batterynya muahal amit2.. sdh pernah replace battery hybrid, diauto2000 total habis 77jt..
77jt sama ongkos kerja kan om??? batrenya kena berapa soalnya saya sih terakhir dapet laporan di 60jtan :mky_01:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2525
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by KielConstantine »

b0ku wrote: Wed Apr 05, 2023 15:23
remedusakti wrote: Wed Apr 05, 2023 14:22 Cuma 1 kekurangannya yaitu harga batterynya muahal amit2.. sdh pernah replace battery hybrid, diauto2000 total habis 77jt..
77jt sama ongkos kerja kan om??? batrenya kena berapa soalnya saya sih terakhir dapet laporan di 60jtan :mky_01:
Yaudah gini aja….


Supaya win win


Tiap ketemu seller individu mau jualan mobil hybrid sekenan. Langsung nego minta potong 70 jt dari harga open price yg mereka tawarin :big_weee:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4196
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by b0ku »

KielConstantine wrote: Wed Apr 05, 2023 15:55

Yaudah gini aja….


Supaya win win


Tiap ketemu seller individu mau jualan mobil hybrid sekenan. Langsung nego minta potong 70 jt dari harga open price yg mereka tawarin :big_weee:
saya sih cuma penasaran aja sekarang berapa soalnya terakhir nemu di toped 70jt assynya :mky_01:

malahan zenix sekarang lebih murah sama lebih panjang umur cuma ya gak tau kalo naek harga terus kek camry :big_biglaugh:

konon kalo pedagang ambilannya gitu om mereka potong resiko batrenya jd ntar harga mereka dapet sama jual bisa jomplang gila2xan :wkkk:
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by remedusakti »

b0ku wrote: Wed Apr 05, 2023 15:23
remedusakti wrote: Wed Apr 05, 2023 14:22 Pernah beberapa kali pake Camry Hybrid tahun 2015.

Ini Mobil Asli enak bener.. larinya super enteng, karna engine 2AR dibantu dengan motor elektrik.. akselerasi gesit, tekuk kiri kanan, tikungan mantep.. pernah test akselerasi, ini lbh enteng larinya ketimbang LC 2UZ FE 4.7 L V8..
Ini yg membuat sy terpesona sama hybrid, sy kira semua hybrid seenteng ini larinya, pas nyoba Zenix hybrid yang 0-100kpj 9detikan, jauhh entengan camry kemana2..
Perkiraan saya 0-100kpj camry hybrid ada diangka 7detikan

Mobil juga irit banget, kl pake santai, 1 liter bs tembus diatas 20km

Suspensinya juga ajib, enak, empuknya pas dan gak terlalu limbung, ketemu jalan jelek empuk, jalan gelombang body kontrol enak.

Racksteer juga KM diatas 100K, aman sentosa, gak ada gredek2 khas rack steer macem di alphard vellfire yg rawan bener gredek gredek kl sering lwt jalan jelek.

Cuma 1 kekurangannya yaitu harga batterynya muahal amit2.. sdh pernah replace battery hybrid, diauto2000 total habis 77jt..
77jt sama ongkos kerja kan om??? batrenya kena berapa soalnya saya sih terakhir dapet laporan di 60jtan :mky_01:
Iya om 77jt battry + ongkos kerja di auto2000 lampung.. mobil kelahiran 2015 ganti battry ditahun 2021..
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by benzz89 »

Ini sih gak salah ambil hybrid krn dlm 3 bulan aja jalannya sdh 40 ribu KM.

Kl umur baterai 5 taon, bisa jalan 800 ribu KM itu camry... boleh ini di buy back ama boyota pas di KM 1 juta [emoji1]

Btw ini mobil dibuat apaan om larinya kaya AKAP 3 bulan 40 ribu KM alias 1 hari hampir 450 KM... kuat jg itu drivernya [emoji4]
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1388
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by AbdulHakim »

benzz89 wrote: Wed Apr 05, 2023 22:33 Ini sih gak salah ambil hybrid krn dlm 3 bulan aja jalannya sdh 40 ribu KM.

Kl umur baterai 5 taon, bisa jalan 800 ribu KM itu camry... boleh ini di buy back ama boyota pas di KM 1 juta [emoji1]

Btw ini mobil dibuat apaan om larinya kaya AKAP 3 bulan 40 ribu KM alias 1 hari hampir 450 KM... kuat jg itu drivernya [emoji4]
nah sama, ini juga pertanyaan yang terlintas di benak saya :big_smile]
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by Pboyz97 »

nice review om & selamat buat mobil barunya. kebetulan 4 tahun yg lalu pernah pinjem seharian punya temen bokap tipe sama warna sama tahun sama, kmnya juga udh sekitar 268rban , sering bgt dipake jakarta - bandung PP 2 minggu sekali atau jakarta - jateng 3 bulan sekali PP (pas 2021 udh dijual ganti ANKI G diesel at baru jaman PPNBM) . rasanya nyaman bgt , empuk & lumayan enak disetir. kondisi mobil jg overall masih cukup oke , cuma ya kaya yg om TS nya bilang, jok udh mulai kempot yg bagian driver + unit yg saya coba rack steeringnya udh mulai kena + maticnya juga udh mulai gejala jedug pas mundur & batrenya selama make jg udh ganti 3x wkwk
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by Pboyz97 »

benzz89 wrote: Wed Apr 05, 2023 22:33 Ini sih gak salah ambil hybrid krn dlm 3 bulan aja jalannya sdh 40 ribu KM.

Kl umur baterai 5 taon, bisa jalan 800 ribu KM itu camry... boleh ini di buy back ama boyota pas di KM 1 juta [emoji1]

Btw ini mobil dibuat apaan om larinya kaya AKAP 3 bulan 40 ribu KM alias 1 hari hampir 450 KM... kuat jg itu drivernya [emoji4]
buat daily driver jakarta - bodebek biasanya PP non stop tiap hari. atau bisa juga sering jakarta- bandung or kota lain yg jaraknya diatas 150 km pp 3 bulan sekali. pengalaman dulu minjem punya temen bapak saya yg tahun , tipe & warnanya sama kayak punya TS nya (camry xv50 hybrid 2012 jg) tahun 2019 lalu pas km nya 268rb jg kata ownernya jalan sehari 450km. biasa jakarta- bsd- cikarang PP sm sering jg dipake jakarta - bandung 2 minggu sekali or jakarta jateng 3 bulan sekali PP :big_biglaugh: itu mobil (cuma pas tahun 2021 udh dijual itu mobil diganti ANKI G diesel at baru jaman ppnbm dulu :big_biglaugh: )
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Iriawans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
Location: Jakarta

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by Iriawans »

sherryandkez wrote: Wed Apr 05, 2023 5:33 Prolog

seperti sudah ditanyakan sebelumnya di thread viewtopic.php?t=31843, saya butuh mobil buat gantiin Sirion 2019 saya yang perawatannya sudah mulai mahal. dan seperti diduga juga, saya dikira aneh karena mau nuker mobil murah mint ke sedan premium bekas yang notabene "mobil capek".

tapi memang setelah itu, saya makin ngerasa harus ganti mobil. salah satunya karena standar pantat saya sudah mulai naik gara2 sering naik Lexus :big_biglaugh: , kedua karena Sirion 1300cc pun kalah iritnya sama Lexus 2500cc hybrid. dalam kota Sirion mentok 1:13, ES300h bisa 15-17. akhirnya diputuskan cari mobil gantinya dan ada beberapa calon, antara lain X-Trail T32 Hybrid, 520d, X3 20d, CT200h, CR-Z, dan Camry Hybrid ini.

520d dan X3 dicoret duluan karena gak nemu unit yang cocok. CT200h dan CR-Z juga sama karena kemahalan. terakhir ada T32 Hybrid dan Camry Hybrid. T32 ini barangnya oke, tapi kebetulan pas banget ketika saya mau liat, ini mobil baterenya bermasalah dan turns out harga baterenya di Nissan 132jt :off_no:

oke akhirnya pilihan cuma ada Camry Hybrid. di marketplace bisa dibilang buanyak banget unitnya sebenernya, tapi rata-rata mobil keliatan capek dan gak kerawat. akhirnya jatuh cinta sama satu Camry Hybrid putih di bandung, janjian untuk lihat. selain kondisinya bagus di foto, saya kepingin nomornya yang cakep, D 1 [cencored] ([cencored] adalah inisial bidang kerja saya). ternyata pas diliat zonk, kondisi jelek, batere jebol, dan yang terpenting nomornya mau diambil :big_bored:

akhirnya sementara lupain dulu deh toh gak butuh2 amat masih ada Sirion. tiba2 temen saya yang punya dealer mobkas nyodorin saya foto di WA, sebuah Camry Hybrid item yang keliatan bener2 kerawat. rupanya dia liat mobil itu di aplikasi dealer rekanan O*X Autos. ntah kenapa saya iseng aja nanyain nomernya, padahal harusnya dealer rekanan belinya lewat O*X Autos kan.

lah kok dikasih? dari mana nih orang dapet nomor ownernya :big_chicken:

WA an lah sama yang punya, salah satu direktur Freeport jkt. turns out km nya sudah 200rb :big_biglaugh: . lah mobilnya terawat bener, saya yakin ini mobil full service record beres dan kata dia betul. rabu saya cek, kamisnya langsung general checkup di Toyota dan deal 197jt, saya bawa pulang hari itu juga.

asli ini pas pertama saya liat di foto dan real life, saya gak nyangka kmnya 200rb. lha gimana orang mobil cakep banget, yang keliatan mobil capek cuma setirnya dan jok sopirnya yang udah masuk kondisi gawat darurat. setelah ambil dan bawa pulang, saya iseng stop di dealer Toyota tempat dia biasa servis berkala buat print vehicle history.

busyet ada kali 30 menit saya nunggu, print historynya banyak banget 4 lembar full dari 2012 sampe sekarang :big_biglaugh: bahkan bon servis Toyota yang dia simpen dari 2012 saya kumpulin dan kliping jadi setebel novel. hampir semua parts di mobil ini sudah diganti di beres, termasuk baterenya yang sudah ganti 2x :big_biglaugh:

dan karena semua parts sudah diganti, bisa ditebak hasil general check up di Toyota : 100% mechanical aspect seperti baru :big_biglaugh: baru pertama kali saya checkup mobil bekas gak ada rekomendasi ganti sama sekali.
Screenshot 2023-04-05 123203.jpg
Car : Clara - Toyota Camry Hybrid 2012 (AVV50)
Mileage : 240rb km on going (iya gak salah baca, 240rb km :big_biglaugh: )
Price : ditotal2 gak sampe seharga Agya GR lah..

photo credit from RMODA Workshop

Exterior
Screenshot 2023-04-05 122231.jpg
mungkin saya gak terlalu menggebu2 ya jelasin luar dalamnya, lha wong setiap orang di SM pasti udah familiar sama Camry haha. fascia depannya beda total sama Camry biasa, lampu, gril, bumper beda semua. lampunya sudah LED yang hemat energi, namun sayangnya high beam masih halogen dan kurang terang di tol yang kurang penerangan. menurut saya depannya jauh lebih cakep dibanding versi biasa, kelihatan lebih mewah dan juga JDM look :mky_02:
Screenshot 2023-04-05 122252.jpg
sampingnya biasa aja, cenderung flat dan mengotak. nothing to see here, paling cuma emblem hybrid di sisi fender. sialnya mobil ini, keyless accessnya cuma ada di pintu supir. kenapa di pintu penumpang gak ada ya..

velg mobil ini standard, hanya saja saya repaint dark gunmetal chrome supaya mirip dengan Camry Hybrid G Package Premium Black. di sisi fender kiri juga saya tambahkan parking pole karena mobil ini sangat besar untuk jalanan Bandung yang kecil2 :mky_01:

di belakangnya, mobil ini lebih mengotak lagi. dan lebih plain lagi. tapi saya cukup oke dengan desainnya, tidak terlalu ramai dan tidak bosan untuk diliat juga. emblem Hybrid di belakang saya cabut karena aslinya gak ada di versi JDM, saya ganti dengan sticker emisi OEM Toyota. cat mobil ini juga bagus sekali menurut saya, tebal dan kebiruan pearl. sayangnya jadi kelihatan banget kalo habis repaint, seperti saya kemarin repaint bumper depan.

Interior
1214575.jpg
nah bagian ini yang banyak sekali bedanya dengan Camry biasa. dari mulai buka pintu, disambut dashboard dengan speedo yang berbeda, audio yang berbeda, panel AC yang berbeda, panel kayu yang berbeda, dan panel control di bawah AC yang berbeda. belum cukup? dua jok depan yang elektrik modelnya beda, material kulitnya beda, jok belakang executive package (ini kata Toyota ya), kursi pijat, dan banyak lagi.

menurut saya model dashboardnya sudah terlihat berumur dengan desain yang mengotak. desain doortrimnya juga sudah berumur dengan material silver yang menurut saya agak murahan. yang menurut saya bagus adalah desain setirnya yang benar-benar berbeda sendiri dibanding Toyota lain. speedometernya juga sangat bagus, teduh di mata, dan terlihat mahal.

audionya sendiri punya sangat banyak menu, bahkan sampai bisa masukkan maintenance dan service record. jika sudah jadwal servis selanjutnya, maka sistem mobil akan mengingatkan dan bahkan bisa menyambungkan telepon dengan dealer yang terakhir melakukan servis. sayangnya di manapun saya servis tidak ada dealer yang aware dengan fitur ini, jadi kesannya useless :ungg:

usut punya usut sistemnya sama persis dengan mobil Lexus saya, hanya kurang touchpad saja. speakernya ada 9 kalau tidak salah, keluaran JBL GreenEdge, dan suaranya bisa dibilang bagus. tentunya belum selevel 15 speaker Mark Levinson di Lexus saya. display hybridnya sangat menarik dan hampir selalu saya tampilkan saat berkendara. lumayan kan jadi bahan pertanyaan yang numpang :big_biglaugh:

jok depan apa bedanya dengan Camry biasa? jok Hybrid ini ada pendinginnya, dan tentunya ada memory seat yang juga mengatur electric tilt steering dan spion. selain itu jok Hybrid juga spesial, ada pegangan tangannya di bagian belakang dan headrest kiri bisa direbahkan ala-ala Crown. punya saya sendiri saya tambahkan half cover seat ala JDM. selain lucu, barang original Toyota ini juga membantu kursi agak adem karena kulit kan panas ya :big_childish:
1214580.jpg
jok belakang lebih gila lagi bedanya dari yang biasa. kata orang Toyota, jok ini termasuk executive package yang di JDM pun gak masuk. electric recline, pengatur AC, audio, dan tentunya kursi pijat. joknya pun surprisingly lebih nyaman dibanding di Lexus saya, tentunya karena joknya ada per seperti Mercy jadul. legroom dan headroom sangat-sangat lega, bahkan untuk orang setinggi 180cm sekalipun. sayangnya karena jok ini beda dengan JDM, saya jadi gak bisa pasang half cover seat seperti di depan. :big_dunno:

bagasi sih cenderung sempit karena ada batterynya. tapi masih bisa lah nampung bag golf.

Driving (and being the 2nd row boss)
Screenshot 2023-04-05 122341.jpg
soal nyetir, saya gak terlalu berharap banyak dengan Camry ini, namanya juga mobil bapak-bapak. pengalaman di XV30 dan XV40 sih rasanya plain betul ya, kayak naik kapal. surprisingly, Camry Hybrid ini beda jauh. even dengan XV50 bensin. entah beda apa di kaki-kakinya, mobil ini rasanya jauh lebih antep dan nyaman dibandingkan XV50 bensin biasa. dan mobil ini juga bisa dibilang cukup fun to drive. waktu pulang dari kawasan pegunungan di Cukul, saya iseng turun ke bawah sambil ngebut karena masih pagi sekali dan sepi (jam 6an). dan surprisingly lagi, mobil ini sangat nurut ditekuk-tekuk dengan bodyroll yang sangat minim. dan ketika di tanjakan, mobil ini juga sangat perkasa karena torsi motor listriknya. sayangnya top speed mobil ini dilimit di 190 seperti Lexus saya karena untuk menjaga suhu baterenya.

kalo cuma adu kenceng di tol, beberapa kali saya kejar2an dengan sedan Eropa dan masih bisa keep up sampai 190. setelah itu ya byebye saya ditinggal mentok limit :big_biglaugh:

duduk di belakangnya yang bener-bener spesial.
1214579.jpg
ini mobil nyamannya luar biasa. bahkan saya bisa bilang sedikit lebih nyaman dibanding Lexus saya. yang kurang dibanding Lexus hanya peredamannya. di luar itu, betul2 enak. tinggal slide jok depan sampai mentok, dan voila lega sekali. tambah lagi recline jok belakang sampai paling rebah, dan nyalakan pijat. bener-bener mobil bos. gak salah kenapa pejabat banyak yang masih pertahankan AVV50 mereka dibanding XV70.

fun fact, saya pernah ngebut di tol Soroja sampai 180 km/h, dan dua teman saya di jok belakang masih tertidur pulas sambil dipijat :big_biglaugh: saya sendiri sangat jarang duduk di belakang karena malas pakai supir.

saran saya jika beli Camry Hybrid ini, duduklah di belakang. seenak-enaknya nyetir ini tetep enakan nyetir Lexus, ini buat disopirin aja :big_biglaugh:

Ownership Experience
dua kata : SANGAT PUAS.

sampai hari ini (240rb km, 40rb km dalam 3 bulan), nothing to worry about. selama ini cuma servis berkala saja di Toyota dan biayanya hanya sekitar 1-2jt saja. maintenance terakhir di Auto2000 Sunter (rekomendasi saya selain Auto2000 Tebet Supomo) hanya 1.3jt include pembersihan blower battery hybrid. sisanya ya gak terlalu penting, cuma keinginan saya aja seperti retrim steer, repaint jok supir, ganti bracket plat nomor depan, repaint velg, dan lain-lain.

ada 2 hal yang wajib dilakukan apabila beli Camry Hybrid bekas, yakni :

1. pasang filter battery hybrid
Screenshot 2023-04-05 122441.jpg
barang aneh ini fungsinya kayak filter udara, menyaring kotoran supaya gak masuk ke saluran pendingin battery hybrid. Camry Hybrid pre-facelift semuanya gak ada, yang dapet cuma facelift. ES300h pre fl kayak punya om farizfsa pun gak ada ini, cuma facelift yang dapet. bahayanya kalo gak ada ini, blower battery hybridnya bisa kesumbat dan baterenya panas. harganya cuma 90rb, pm saya aja kalo mau.

2. bersihin blower pendingin battery hybrid
1214578.jpg
karena dari baru si filter gak ada, blowernya jadi kotor deh. harus dibersihin kalau gak lama2 kesumbat dan rusak. hati-hati gak sembarang Toyota bisa ngerjain, di data baru ada 2 Auto2000 yang pernah ngerjain, Auto2000 Padang Bypass dan Auto2000 Sunter. Sunter pun baru pertama kali ngerjain di mobil saya itu. Lexus Menteng saya tanya malah blm pernah haha. biayanya 70rb aja kemaren tapi ngerjainnya cukup lama karena harus bongkar jok dan bagasi.

kalo dua ini gak dilakuin.. ya mungkin mempercepat ganti batere 51jt blm pasang (Auto2000)

soal irit-iritan, mobil ini lumayan hebat. mungkin karena baterenya baru juga kali ya. saya bdg-jkt rekor pernah dapet 34km/l, di dalam kota Bandung 15km/l. buat rute harian rumah di Bekasi ke Jakarta masih bisa dapat 22km/l, tapi pulangnya 13km/l karena macet :big_biglaugh: untuk beberapa kali di daerah yang sulit Pertamax saya isi Pertalite, no worries, larinya sama dan iritnya sama.

pajak? murah.. cuma 5jtan aja :big_grin: cuma lebih mahal 2jt dari Sirion dan lebih murah dari mobil-mobil baru.

yang keren dari mobil ini adalah presencenya di jalan. dibanding pake Sirion, tukang parkir jadi nyariin parkir terus, dan motor-motor jarang berani mepet mobil ini. mirip2 pake Lexus lah. padahal ini mobil 200jt kurang loh. dan di jalan pun orang lebih takut untuk macem-macem pas liat Camry item gini. sama seperti Lexus, beberapa kali mobil OKB yang tetot tetot gak berani nyalain sirene dan strobonya deket mobil ini.
1214571.jpg
nah lebih seru lagi kalo Camry Hybrid ini lagi keluar bareng Lexus saya. tanpa tetot tetot (mobil saya gak ada gini2an) orang udah ngasih jalan sendiri, gak ada yang berani nyelak konvoi dua sedan hitam ini :big_biglaugh: gak ngerti juga apa emang image mobil ini cukup serem ya kalo di jalan.

Thank you!
Om sherryandkez, boleh dong dishare juga pengalaman pake Lexus-nya biar gak penasaran hehehe :big_grin:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2572
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by farizfsa »

KielConstantine wrote: Wed Apr 05, 2023 15:55
b0ku wrote: Wed Apr 05, 2023 15:23
remedusakti wrote: Wed Apr 05, 2023 14:22 Cuma 1 kekurangannya yaitu harga batterynya muahal amit2.. sdh pernah replace battery hybrid, diauto2000 total habis 77jt..
77jt sama ongkos kerja kan om??? batrenya kena berapa soalnya saya sih terakhir dapet laporan di 60jtan :mky_01:
Yaudah gini aja….


Supaya win win


Tiap ketemu seller individu mau jualan mobil hybrid sekenan. Langsung nego minta potong 70 jt dari harga open price yg mereka tawarin :big_weee:
nah saya ambil di pedege, dia lexus aja abis ganti abs pump dll habis 72 jt, ampli mark levinson 18 jt, semua ada record nya

nah coba kira2 dia ambil berapa dr user ya :big_think:

bs jd jual rugi jg lol
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)