2006 Toyota Alphard 3.0 V6 di tahun 2023, Family Man Perfect Dream MPV

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: 09 Jan 2018, 08:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

2006 Toyota Alphard 3.0 V6 di tahun 2023, Family Man Perfect Dream MPV

Post by impactful »

Lebay ya judulnya? Biarin dah...hidup cuma sekali...

Ini adalah Alphard kedua dalam kehidupan kami sekeluarga, yang pertama adalah Alphard ASG 2007 2.4 yang sudah pernah saya review juga di forum SM tercinta ini 2 tahun lalu

Kemana mobilnya sekarang? Udah berubah jadi rumah + tanah di Tangsel...

Kenapa beli lagi, malah umurnya lebih tua dari yang dulu?
Sederhana saja : permintaan istri & anak-anak tercinta.

Perburuan memakan waktu 2 mingguan saja, mengingat type yang dicari adalah type flagshipnya untuk yang sudah facelift. Jadi di pasar juga memang nggak banyak barangnya, 1 di Cirendeu, 1 lagi di Jatiasih...yg di Cirendeu keduluan orang, pas liat yang di Jatiasih, ternyata ini adalah unit yang saya incar juga di tahun 2021 lalu sebelum ambil yang ASG, kenapa saya ingat? Karena pelat no.nya cantik dan masih saya simpan di collection IG postingan dari penjual sebelumnya.

Manual book komplit, remote monitor belakang ada, KM waktu angkut di 100.200an, proven bukan puteran. kulit jok hanya aus di sisi kanan driver saja, yang lainnya menurut saya masih wajar, jok baris ketiga pristine karena kayanya jarang dipakai, all leather doortrim di 4 pintu dan dahsboard, serta steering wheel tidak lengket/rusak, bukan retrim juga.
sayangnya kisi AC banyak yg copot di depan (kayanya udah penyakit bawaan mengingat umur)

Setelah cobain sekeluarga ga pake babibu langsung sreg dan angkut.
What makes the difference with the previous unit :
It's black and I love it...hitamnya beda sama ASG yang solid, ini kaya ada bling2 nya gitu dan cat masih original bawaan.

V6 engine, 220 HP, 3000cc, engine note halus, mulai galak di atas 3000 RPM, udah pernah dibejek pol sampai 170 km/jam nafas masih panjang, sedangkan pas bawa yang 2.4, paling banter saya bawa hanya 130-140 km/jam aja di transjawabahn udah mulai ngos ngos an.

Full electric gorden yang bahkan hilang di generasi ANH20-AGH30, bisa dikontrol dari konsol tengah driver atau mandiri oleh passenger di masing2 sisi.

Power back door.

Meja dan cupholder di jok kanan tengah.

Heated seat driver + front passenger, driver electric seat, beige leather with Alphard logo embossed, SRS front curtain airbag, front seat side airbag (di dalam jok)

Adjustable suspension (Comfort/Sport), Traction Control ON/OFF :big_chicken: segila apa insinyur toyota ngasih fitur traction control off di MPV keluarga kalau ngga supirnya yang rada sinting... :big_biglaugh:

Konsumsi bensin hitung full to full ketemu 6.95 km/liter pakai pertamax 92, udah jalan 500 an km sejak saya angkut seminggu yg lalu, udah bawa dari Bekasi ke Tangsel, ke Bogor, ke Bandara Soetta, ke PIK, sama PP Tangsel - Pondok Indah tiap hari.

Maintenance so far :
Service rem (termasuk ganti minyak rem, di bleeding) ganti oli mesin, ganti filter kabin, kuras radiator, habis 1,4 jutaan di Andala Radio Dalam, oli Transmisi belum waktunya ganti, masih 10.000 km lagi kalau menurut record penggantian sebelumnya...

Minusnya monitor plafon dan HU sudah berpulau...saya reparasi di Golden Way Car Stereo (cek youtube), dikerjakan di kantor saja kurang dari 1 jam (sistem swap, dia sudah ada stok yang sudah repair, jadi tinggal pasang aja bagian depan nya), pengerjaannya rapi banget. DC 3 jutaan.

Ganti master REM atas 3 jutaan, beli sendiri merk AISIN, gantinya di Andala Radio Dalam juga...

So far mobilnya enak, masih bisa memenuhi hasrat bapaknya ngintilin Fortuner 2KD remap atau ngisengin Brio reshing di Tol Pamulang - Serpong - JORR sembari ngasih kenyamanan optimal ke anak-istri pergi sekolah-kerja.

Wishlist : 4 set Bridgestone Potenza Adrenaline sebelum dipakai pulang kampung. :ungg:

Foto-foto dan lanjutan maintenance/daily driving impression menyusul...

:big_peace:
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: 13 Mar 2022, 16:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

Re: 2006 Toyota Alphard 3.0 V6 di tahun 2023, Family Man Perfect Dream MPV

Post by sherryandkez »

ini kenapa SM jadi banyak review mobil mewah tapi murah hahaha.. anyway nice review om, bisa beli alphard sampe 2x = keenakan :big_biglaugh: daripada beli LMPV baru ya kan.
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: 09 Jan 2018, 08:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: 2006 Toyota Alphard 3.0 V6 di tahun 2023, Family Man Perfect Dream MPV

Post by impactful »

sherryandkez wrote: 02 Apr 2023, 09:38 ini kenapa SM jadi banyak review mobil mewah tapi murah hahaha.. anyway nice review om, bisa beli alphard sampe 2x = keenakan :big_biglaugh: daripada beli LMPV baru ya kan.
Karena udah kena racun standar pant*t SM om...
nyobain LCGC-LMPV-LSUV baru 300 jutaan udah ga ada
yang mashook, apalagi nota bene udah pernah pakai
mobil mobil yang lebih enak, nurunin standar susah bener...

dari saya test drive mobil baru macem2 selama 2 bulan terakhir, yang masuk kategori enak nya lumayan itu cuma Creta Prime, satu lagi kalau memang mau yang dikejar simply mobilitas jarak pendek dalam kota dan efisiensi, jawabannya Wuling Air EV (saya pakai Brio Satya E AT 2022 menurut saya enakan Wuling Air EV)
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: 28 May 2015, 07:12

Re: 2006 Toyota Alphard 3.0 V6 di tahun 2023, Family Man Perfect Dream MPV

Post by dsign1990 »

impactful wrote: 02 Apr 2023, 11:14
sherryandkez wrote: 02 Apr 2023, 09:38 ini kenapa SM jadi banyak review mobil mewah tapi murah hahaha.. anyway nice review om, bisa beli alphard sampe 2x = keenakan :big_biglaugh: daripada beli LMPV baru ya kan.
Karena udah kena racun standar pant*t SM om...
nyobain LCGC-LMPV-LSUV baru 300 jutaan udah ga ada
yang mashook, apalagi nota bene udah pernah pakai
mobil mobil yang lebih enak, nurunin standar susah bener...

dari saya test drive mobil baru macem2 selama 2 bulan terakhir, yang masuk kategori enak nya lumayan itu cuma Creta Prime, satu lagi kalau memang mau yang dikejar simply mobilitas jarak pendek dalam kota dan efisiensi, jawabannya Wuling Air EV (saya pakai Brio Satya E AT 2022 menurut saya enakan Wuling Air EV)
mobil yg awalan kelasnya inisial huruf L itu bisa dibilang mobil asal anti hujan dan angin , kalau jalannya berkelok dan banyak tambalan kadang pinggang lebih tersiksa daripada naik motor wkwkwk
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2525
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: 2006 Toyota Alphard 3.0 V6 di tahun 2023, Family Man Perfect Dream MPV

Post by KielConstantine »

sherryandkez wrote: 02 Apr 2023, 09:38 ini kenapa SM jadi banyak review mobil mewah tapi murah hahaha.. anyway nice review om, bisa beli alphard sampe 2x = keenakan :big_biglaugh: daripada beli LMPV baru ya kan.
Generasi kita pikirannya lebih terbuka soalnya bross, sama lebih melek sosmed, forum, tempat q&a macem quora. Dipake buat ngegali informasi trus aplikasiin ke kehidupan..

Kg kek baby boomer ud kolot dibilangin ndablek, dikit2 maunya baru / harus baru. Ya kalo ada duit seh tinggal hajar aj beli yg spek bener, buat yg pas2an ujung2nya ngorbanin kelas alias but-o-meter :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Aswajr
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: 07 Dec 2022, 14:47
Location: Jakarta

Re: 2006 Toyota Alphard 3.0 V6 di tahun 2023, Family Man Perfect Dream MPV

Post by Aswajr »

KielConstantine wrote: 02 Apr 2023, 18:26
sherryandkez wrote: 02 Apr 2023, 09:38 ini kenapa SM jadi banyak review mobil mewah tapi murah hahaha.. anyway nice review om, bisa beli alphard sampe 2x = keenakan :big_biglaugh: daripada beli LMPV baru ya kan.
Generasi kita pikirannya lebih terbuka soalnya bross, sama lebih melek sosmed, forum, tempat q&a macem quora. Dipake buat ngegali informasi trus aplikasiin ke kehidupan..

Kg kek baby boomer ud kolot dibilangin ndablek, dikit2 maunya baru / harus baru. Ya kalo ada duit seh tinggal hajar aj beli yg spek bener, buat yg pas2an ujung2nya ngorbanin kelas alias but-o-meter :big_biglaugh:
ga baby boomer koq om, temen ane aja banyak yang mesti baru, karena orang pemikirannya beda...ane ambil lexus 2nd malah dibilang buang2 uang mending ambil zenix sama yang lebih muda dari ane..padahal ane dah bilang budget cma 300juta, zenix ga cukup malah innova diesel aja katanya padahal ane udah nyobain bawa 2-2nya beda banget..padahal dy nyoba juga belum.. jadi yah udah lah ane ngalah aja :mky_03: :mky_03:
sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: 13 Mar 2022, 16:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

Re: 2006 Toyota Alphard 3.0 V6 di tahun 2023, Family Man Perfect Dream MPV

Post by sherryandkez »

Aswajr wrote: 02 Apr 2023, 18:57
KielConstantine wrote: 02 Apr 2023, 18:26
sherryandkez wrote: 02 Apr 2023, 09:38 ini kenapa SM jadi banyak review mobil mewah tapi murah hahaha.. anyway nice review om, bisa beli alphard sampe 2x = keenakan :big_biglaugh: daripada beli LMPV baru ya kan.
Generasi kita pikirannya lebih terbuka soalnya bross, sama lebih melek sosmed, forum, tempat q&a macem quora. Dipake buat ngegali informasi trus aplikasiin ke kehidupan..

Kg kek baby boomer ud kolot dibilangin ndablek, dikit2 maunya baru / harus baru. Ya kalo ada duit seh tinggal hajar aj beli yg spek bener, buat yg pas2an ujung2nya ngorbanin kelas alias but-o-meter :big_biglaugh:
ga baby boomer koq om, temen ane aja banyak yang mesti baru, karena orang pemikirannya beda...ane ambil lexus 2nd malah dibilang buang2 uang mending ambil zenix sama yang lebih muda dari ane..padahal ane dah bilang budget cma 300juta, zenix ga cukup malah innova diesel aja katanya padahal ane udah nyobain bawa 2-2nya beda banget..padahal dy nyoba juga belum.. jadi yah udah lah ane ngalah aja :mky_03: :mky_03:
menurut ane alasan beli mobil baru sekarang itu cuma worry free, titik.

kenapa? jujur aja sekarang kualitas mobil bekas makin random (pengamatan dari 2000an ya), dulu untuk bedain bekas banjir, nabrak, mesin busuk itu gampang bgt, sekarang bisa ada mobil full record mulus lus ternyata ex numbur parah sampe mesin geser. mau pake inspektor pun inspektor banyak yang ngasal ngomongnya padahal gatau apa apa dan bisa disuap 100rb juga dibagusin semua itu hasil inspeksi (pernah nyoba :big_biglaugh: )

beberapa temen yang mau ambil bekas karena kegiur mobil2 saya, saya kasi tau begitu mundur. yang gak mundur paling saya temenin nyari :upss:

saya pun pernah ketemu calon pembeli yang cerita dia belajar dari youtube dan ig cara inspeksi mobil, banyak prosedur yang ngasal, trus akhirnya saya kasih tau yang bener gimana dan untung deal :big_grin:

sialnya mobil baru sekarang harganya makin gak ngotak, 250jt cuma dapet agya, 400jt cuma dapet city hatchback. padahal sekarang untuk bisa beli cash itu empot2an loh orang. 90an ortu beli cash mobil kayaknya easy aja dari mulai kijang sx sampe 300e w124.

kebetulan saya lagi inden sebuah mobil baru. pertimbangannya ya itu worry free aja dan gak bayar apa2 cuma beli bensin doang 3/4thn. karena ini mobil emang nantinya buat "perang" banget. secara harga sih 600jt saya bisa dapet X5 bekas, LS600hL, bahkan LC200 yg tahun2 awal kalo hoki. cuma ya gak akan worry free dan mesti bayar rawat apa2 yg mahal secara mobil premium kan.

just my 2 cents :big_peace:
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
Iriawans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: 22 Nov 2018, 21:39
Location: Jakarta

Re: 2006 Toyota Alphard 3.0 V6 di tahun 2023, Family Man Perfect Dream MPV

Post by Iriawans »

+1 untuk worry free.

Apalagi kalo yg mau pake itu mobil istri/anak rasanya gak berani kasih mobil 2nd yg umurnya diatas 10 tahun.

Dulu saya selalu beli mobil 2nd itupun umurnya 2-3 tahun karena keterbatasan dana dan punya waktu luang untuk cari mobkas, so far 4x beli mobil 2nd gakda masalah. Sekarang keinginan untuk beli mobil 2nd tetap ada, apalagi setelah membaca thread di SM, biasanya otomatis langsung window shopping di Ol* :mky_07:

btw goodluck untuk mobil barunya TS :big_exellent:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 2006 Toyota Alphard 3.0 V6 di tahun 2023, Family Man Perfect Dream MPV

Post by Pboyz97 »

nice review om & congrats buat mobil barunya. salah 1 mobil yg cukup nyaman dan empuk pada eranya & termasuk varian yg rare jg secara saat itu yg banyak yg versi 2.4 setau saya hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 579
Joined: 18 Sep 2019, 23:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: 2006 Toyota Alphard 3.0 V6 di tahun 2023, Family Man Perfect Dream MPV

Post by timbermaniac123 »

sherryandkez wrote: 02 Apr 2023, 22:50
menurut ane alasan beli mobil baru sekarang itu cuma worry free, titik.
Nah bener, saya termasuk yang pro beli baru. kalau ada dana 300an, saya mending turun kelas beli seperti xpander dibanding beli mobil mewah tahun tua apalagi kalau udah sampai diatas 15 tahun. Kita beli dari baru, kita tau perawatan mobil kita sendiri. Itu ada kok di grup zenix, mobil baru kompresi tinggi aja dipakein pertalite dengan anggapan "ah mesin toyota mah pasti bandel", akhirnya ya gitu deh... gugur garansi nya.

Belakangan karena alasan ekonomi, makin banyak yang ga peduli sama perawatan mobil, mulai dari telat ganti oli, beli oli murah taunya palsu, mobil sekelas crv turbo dikasih pertalite.

Tapi kalau beli bekas dari keluarga sendiri. misal saya ambil city ex adek saya. Daripada dijual sayang cuma laku 210an, dan beli mobil baru di budget segitu pun dapet sekelas raize 3 silinder. ya mending saya ambil aja. paling ga, saya udah tau isi selalu pertamax, perawatan rutin di beres. minus nya bekas adek yang cuma asal pake ya paling perapihan fisik mobil aja, banyak baret dan bekas senggol + jamuran.
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: 04 May 2017, 21:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: 2006 Toyota Alphard 3.0 V6 di tahun 2023, Family Man Perfect Dream MPV

Post by nyotsaeba »

Yup, biar kata ngebengkel part murah, mudah dimana2 bisa ada yg handle, tp tetap aja perlu waktu.
Buat pekerja yg senin jumat udah full nguli, sisa waktu weekend buat keluarga. Kl dipakai buat ngebengkel atau hunting parts sih nyerah deh, ini aja atoyot sy pake maksimal home service nya, cuma kelipatan 40rb nya yg ke bengkel.

Dulu msh single sih hayuk piara feroza tua, tp ya itu sabtu sering ke kamayoran beli parts sm ke bengkel, sampe kenal sm yg punya lapak parts.

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2006 Toyota Alphard 3.0 V6 di tahun 2023, Family Man Perfect Dream MPV

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: 02 Apr 2023, 18:26 Generasi kita pikirannya lebih terbuka soalnya bross, sama lebih melek sosmed, forum, tempat q&a macem quora. Dipake buat ngegali informasi trus aplikasiin ke kehidupan..

Kg kek baby boomer ud kolot dibilangin ndablek, dikit2 maunya baru / harus baru. Ya kalo ada duit seh tinggal hajar aj beli yg spek bener, buat yg pas2an ujung2nya ngorbanin kelas alias but-o-meter :big_biglaugh:
biasa orang ga ngerti mobil mainly cewek, ngerasa maintenance mobil bekas itu susah. bayangannya namanya replace parts itu mahal amit amit (karena ngertinya di beres :upss: ) ini selalu kalo ngobrol ama nyokap adek ama cewe gw pikirannya selalu repot ngurusin bekas... pdhl mah itu HRV adek 8 thn jg kagak kenapa napa.

makanya sebenernya privilege banget kita punya pengetahuan soal mobil... even the most basic. apalagi kalo aktif cari temen di SM quora dll :mky_03:
nyotsaeba wrote: 03 Apr 2023, 12:34 Yup, biar kata ngebengkel part murah, mudah dimana2 bisa ada yg handle, tp tetap aja perlu waktu.
Buat pekerja yg senin jumat udah full nguli, sisa waktu weekend buat keluarga. Kl dipakai buat ngebengkel atau hunting parts sih nyerah deh, ini aja atoyot sy pake maksimal home service nya, cuma kelipatan 40rb nya yg ke bengkel.

Dulu msh single sih hayuk piara feroza tua, tp ya itu sabtu sering ke kamayoran beli parts sm ke bengkel, sampe kenal sm yg punya lapak parts.
slogannya jadi

"kerja keraslah sampai kamu punya waktu ngurusin hobimu"

klo masih klaas kuli yg dateng kantor harus ontime dan cuti habis buat hajar tanggal kecepit buat long weekend dan libur lebaran, emang lebih make sense baru :upss: tp kalau udah level spv manager yang dateng kantor suka-suka, weekend sabtu nggak mendadak dipanggil masuk jd bisa ngebengkel, yah silahkan :mky_03:

:ngacir:

ane sih harus ngakuin ada waktu ngurusin motuba jerman karena usaha sendiri juga, cuma yah tetep aja repot ninggal2 mobil di bengkel sore ambil :upss: pdhl ya hobinya nongkrongin bengkel :mky_03:

kalo msh nguli kantoran gak berani, biarpun dulu nguli kantoran jg agak bebas sih jamnya. duitnya kg ada. wkwkwkkwkwkw.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2006 Toyota Alphard 3.0 V6 di tahun 2023, Family Man Perfect Dream MPV

Post by ChZ »

timbermaniac123 wrote: 03 Apr 2023, 12:22 Nah bener, saya termasuk yang pro beli baru. kalau ada dana 300an, saya mending turun kelas beli seperti xpander dibanding beli mobil mewah tahun tua apalagi kalau udah sampai diatas 15 tahun. Kita beli dari baru, kita tau perawatan mobil kita sendiri. Itu ada kok di grup zenix, mobil baru kompresi tinggi aja dipakein pertalite dengan anggapan "ah mesin toyota mah pasti bandel", akhirnya ya gitu deh... gugur garansi nya.

Belakangan karena alasan ekonomi, makin banyak yang ga peduli sama perawatan mobil, mulai dari telat ganti oli, beli oli murah taunya palsu, mobil sekelas crv turbo dikasih pertalite.

Tapi kalau beli bekas dari keluarga sendiri. misal saya ambil city ex adek saya. Daripada dijual sayang cuma laku 210an, dan beli mobil baru di budget segitu pun dapet sekelas raize 3 silinder. ya mending saya ambil aja. paling ga, saya udah tau isi selalu pertamax, perawatan rutin di beres. minus nya bekas adek yang cuma asal pake ya paling perapihan fisik mobil aja, banyak baret dan bekas senggol + jamuran.
hate to say this tapi.... meng amini yang dibahas mod helem putih dulu. able to buy a car itu beda dgn able to afford a car.

tipikal orang kite masih ada yang nyicil mobil habis itu bingung besok makan apa alias kaga diitung tuh pokoknya minta diitungin DP minim angsuran kecil tenor ampe kiamat. gaji berapa entah pokoknya dipas-in, kaga ngitung pengeluaran. pdhl anak udah 3 nambah terus umur berdekatan sekolah maunya di swasta gengsi dong beli mobil bagus-bagus sekolahnya gretong. wkwkwkkw.

salesnya pusing, banknya ikut pusing karena rawan macet. tapi kalo kaga diadain itu cicilan tenor ampe kiamat, duitnya kaga muter. wkwkwkwkwkw.

beli mobil lalu meninggalkan masalah finansial yang lain. akhirnya ya udah, segala perawatan yang lain di irit-irit.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 579
Joined: 18 Sep 2019, 23:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: 2006 Toyota Alphard 3.0 V6 di tahun 2023, Family Man Perfect Dream MPV

Post by timbermaniac123 »

ChZ wrote: 03 Apr 2023, 15:33
biasa orang ga ngerti mobil mainly cewek, ngerasa maintenance mobil bekas itu susah. bayangannya namanya replace parts itu mahal amit amit (karena ngertinya di beres :upss: ) ini selalu kalo ngobrol ama nyokap adek ama cewe gw pikirannya selalu repot ngurusin bekas... pdhl mah itu HRV adek 8 thn jg kagak kenapa napa.

makanya sebenernya privilege banget kita punya pengetahuan soal mobil... even the most basic. apalagi kalo aktif cari temen di SM quora dll :mky_03:
akaka ini baru kejadian di saya. mobil operational kantor punya nyokap, xpander rusak di ac nya. cek ke beres digetok 8 juta katanya. saya suruh bawa ke specialist ac aja. Eh ga lama selang seminggu doi udah langsung mau ganti ke veloz baru, alasannya dapet disc gede dan mayan bunga 0% setahun. Kayanya si udah di dp ama nyokap. awalnya ngotot lagi inflasi gini, kalau bisa mobil pake minim 7-10 tahun baru peremajaan. Ada rusak dikit, langsung ganti baru :big_slap:
Aswajr
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: 07 Dec 2022, 14:47
Location: Jakarta

Re: 2006 Toyota Alphard 3.0 V6 di tahun 2023, Family Man Perfect Dream MPV

Post by Aswajr »

sherryandkez wrote: 02 Apr 2023, 22:50
Aswajr wrote: 02 Apr 2023, 18:57
KielConstantine wrote: 02 Apr 2023, 18:26

Generasi kita pikirannya lebih terbuka soalnya bross, sama lebih melek sosmed, forum, tempat q&a macem quora. Dipake buat ngegali informasi trus aplikasiin ke kehidupan..

Kg kek baby boomer ud kolot dibilangin ndablek, dikit2 maunya baru / harus baru. Ya kalo ada duit seh tinggal hajar aj beli yg spek bener, buat yg pas2an ujung2nya ngorbanin kelas alias but-o-meter :big_biglaugh:
ga baby boomer koq om, temen ane aja banyak yang mesti baru, karena orang pemikirannya beda...ane ambil lexus 2nd malah dibilang buang2 uang mending ambil zenix sama yang lebih muda dari ane..padahal ane dah bilang budget cma 300juta, zenix ga cukup malah innova diesel aja katanya padahal ane udah nyobain bawa 2-2nya beda banget..padahal dy nyoba juga belum.. jadi yah udah lah ane ngalah aja :mky_03: :mky_03:
menurut ane alasan beli mobil baru sekarang itu cuma worry free, titik.

kenapa? jujur aja sekarang kualitas mobil bekas makin random (pengamatan dari 2000an ya), dulu untuk bedain bekas banjir, nabrak, mesin busuk itu gampang bgt, sekarang bisa ada mobil full record mulus lus ternyata ex numbur parah sampe mesin geser. mau pake inspektor pun inspektor banyak yang ngasal ngomongnya padahal gatau apa apa dan bisa disuap 100rb juga dibagusin semua itu hasil inspeksi (pernah nyoba :big_biglaugh: )

beberapa temen yang mau ambil bekas karena kegiur mobil2 saya, saya kasi tau begitu mundur. yang gak mundur paling saya temenin nyari :upss:

saya pun pernah ketemu calon pembeli yang cerita dia belajar dari youtube dan ig cara inspeksi mobil, banyak prosedur yang ngasal, trus akhirnya saya kasih tau yang bener gimana dan untung deal :big_grin:

sialnya mobil baru sekarang harganya makin gak ngotak, 250jt cuma dapet agya, 400jt cuma dapet city hatchback. padahal sekarang untuk bisa beli cash itu empot2an loh orang. 90an ortu beli cash mobil kayaknya easy aja dari mulai kijang sx sampe 300e w124.

kebetulan saya lagi inden sebuah mobil baru. pertimbangannya ya itu worry free aja dan gak bayar apa2 cuma beli bensin doang 3/4thn. karena ini mobil emang nantinya buat "perang" banget. secara harga sih 600jt saya bisa dapet X5 bekas, LS600hL, bahkan LC200 yg tahun2 awal kalo hoki. cuma ya gak akan worry free dan mesti bayar rawat apa2 yg mahal secara mobil premium kan.

just my 2 cents :big_peace:
Emank bener sie worry free..tpi kadang klo dealernya lemot juga ga jadi worry free..waktu itu nanya harga bsa dapet disc atau ga aja ga dibales, jdi worry juga klo ada kenapa2 ga dibales juga..wkwkwk..
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: 09 Jan 2018, 08:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: 2006 Toyota Alphard 3.0 V6 di tahun 2023, Family Man Perfect Dream MPV

Post by impactful »

Dari membaca banyak replyan di atas yg dapat sy simpulkan adalah :
Sesuaikan saja dengan kemampuan dan kebutuhan...
Dan pada akhirnya setiap pilihan selalu datang dengan konsekuensi...
Kalau butuhnya seken upper class ya monggo...
Kalau mampunya beli baru tapi kelasnya low, ya disyukuri...

Mobil baru worry free? Saya sudah merasakan mobilnya worry free tapi saya jadi worry nyonya sama kedua anak saya jadi sering sakit pinggang, sakit kepala, pegel pegel pundak, sering sakit punggung, gegara naik mobil yang salah...belum lagi ngomel2 nya, damage nya jauh lebih gede daripada service mobilnya yang free sampai 40K km...bahkan sampai saya pribadi sempat beberapa bulan mengalami sakit lutut berkepanjangan sejak pakai mobil baru tersebut...

Kenyamanan tidak selalu bisa berbanding lurus dengan efisiensi...dan tidak selalu bisa diukur dari kacamata orang lain...
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 579
Joined: 18 Sep 2019, 23:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: 2006 Toyota Alphard 3.0 V6 di tahun 2023, Family Man Perfect Dream MPV

Post by timbermaniac123 »

impactful wrote: 03 Apr 2023, 18:00 Dari membaca banyak replyan di atas yg dapat sy simpulkan adalah :
Sesuaikan saja dengan kemampuan dan kebutuhan...
Dan pada akhirnya setiap pilihan selalu datang dengan konsekuensi...
Kalau butuhnya seken upper class ya monggo...
Kalau mampunya beli baru tapi kelasnya low, ya disyukuri...

Mobil baru worry free? Saya sudah merasakan mobilnya worry free tapi saya jadi worry nyonya sama kedua anak saya jadi sering sakit pinggang, sakit kepala, pegel pegel pundak, sering sakit punggung, gegara naik mobil yang salah...belum lagi ngomel2 nya, damage nya jauh lebih gede daripada service mobilnya yang free sampai 40K km...bahkan sampai saya pribadi sempat beberapa bulan mengalami sakit lutut berkepanjangan sejak pakai mobil baru tersebut...

Kenyamanan tidak selalu bisa berbanding lurus dengan efisiensi...dan tidak selalu bisa diukur dari kacamata orang lain...
Sebenernya untuk kaum dengan budget terbatas (maksudnya bukan duit non berseri) pasti akan ada pilihan yang dikorbankan. Misal om utamain kenyamanan. Kalau buat saya no 1 lebih ke keamanan/ Reliabilitas sebuah kendaraan. Misal pola pikir saya, mobil perang pribadi boleh mobil bekas. sampai nenggak solar pun masih oke, kalaupun mogok ya masih dalam kota, tidak melibatkan siapapun dan gampang panggil bantuan. Tapi mobil keluarga paling tidak kita yakin bahwa kendaraan tersebut bisa diandalkan apalagi kalau dibawa liburan keluar kota. Toh dulu saya belum berkeluarga, tapi bawa calon mertua ke acara keluarga, mogok di tengah jalan yang ramai seperti kelapa gading, itu udah kelabakan dan malu nya bukan main (padahal mobil beli baru dan dipakai sendiri, maklum dulu cuma ngerti pakai, nerabas banjirpun juga ga mikir 2x). akhirnya malam itu batal hadir ke acara keluarga dan minta tolong diderek ke bengkel sodara camer malam malam. Bisa dibayangin kalau mogok di daerah yang tidak kita kenal dan terpencil, lalu bawa anak istri.

Tapi balik lagi seperti kata om. kacamata setiap orang berbeda. cara perawatan setiap orang berbeda pula begitupula frekuensi pemakaian kendaraan. buat saya peace of mind itu sebuah realibilitas :big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2006 Toyota Alphard 3.0 V6 di tahun 2023, Family Man Perfect Dream MPV

Post by ChZ »

timbermaniac123 wrote: 03 Apr 2023, 15:52
akaka ini baru kejadian di saya. mobil operational kantor punya nyokap, xpander rusak di ac nya. cek ke beres digetok 8 juta katanya. saya suruh bawa ke specialist ac aja. Eh ga lama selang seminggu doi udah langsung mau ganti ke veloz baru, alasannya dapet disc gede dan mayan bunga 0% setahun. Kayanya si udah di dp ama nyokap. awalnya ngotot lagi inflasi gini, kalau bisa mobil pake minim 7-10 tahun baru peremajaan. Ada rusak dikit, langsung ganti baru :big_slap:
buat orang gak ngerti, mogok karena perlu ganti aki itu solusinya = ganti mobil, dianggep sama kayak mobil perlu turun mesin. wkwkwkkww. padahal cek aki rutin ga pernah, udah starter susah masih dipaksa-paksa terus.

kaki kaki bunyi aja solusinya ganti mobil. :mky_07:

pada akhirnya, people's financial mistake and emotional decision adalah cuan buat pabrikan mobil dan bank :upss:
impactful wrote: 03 Apr 2023, 18:00 Dari membaca banyak replyan di atas yg dapat sy simpulkan adalah :
Sesuaikan saja dengan kemampuan dan kebutuhan...
Dan pada akhirnya setiap pilihan selalu datang dengan konsekuensi...
Kalau butuhnya seken upper class ya monggo...
Kalau mampunya beli baru tapi kelasnya low, ya disyukuri...

Mobil baru worry free? Saya sudah merasakan mobilnya worry free tapi saya jadi worry nyonya sama kedua anak saya jadi sering sakit pinggang, sakit kepala, pegel pegel pundak, sering sakit punggung, gegara naik mobil yang salah...belum lagi ngomel2 nya, damage nya jauh lebih gede daripada service mobilnya yang free sampai 40K km...bahkan sampai saya pribadi sempat beberapa bulan mengalami sakit lutut berkepanjangan sejak pakai mobil baru tersebut...

Kenyamanan tidak selalu bisa berbanding lurus dengan efisiensi...dan tidak selalu bisa diukur dari kacamata orang lain...
mobil bekas jg bisa worry free asal cari unitnya bener :upss: bahkan seekor shirr repairing plisurr. kalau buru-buru terus unit zonk ya sulit ngomong :ungg:

malah ane justru lebih worrisome beli baru kalo mekanik masih tebak-tebak berhadiah biar dikata garansi. apalagi maaf mobil sekarang si merek korea ama merek china yang mekaniknya tebak tebak berhadiah. dikata gratis pun tetep naik darah kok konsumen dimainin kayak gini sih.

enak pake shirr repairing plisurr tua donk kalo gini, mekanik ditanya responsif, ke bengkel selalu beres masalah kg pake tebak tebakan :upss: ya biaya juga sih tapi biaya akuisisi mobilnya jg cuma 1/5 dari harga mobil baru tp kenyamanan 5x lebih nyaman wkwkwkwk.

sangat banyak mobil bekas bagus, apalagi jakarta mah ribuan pilihannya yg usia 5 tahun tapi masih bagus banget :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1620
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2006 Toyota Alphard 3.0 V6 di tahun 2023, Family Man Perfect Dream MPV

Post by darrelund »

ChZ wrote: 03 Apr 2023, 15:45
timbermaniac123 wrote: 03 Apr 2023, 12:22 Nah bener, saya termasuk yang pro beli baru. kalau ada dana 300an, saya mending turun kelas beli seperti xpander dibanding beli mobil mewah tahun tua apalagi kalau udah sampai diatas 15 tahun. Kita beli dari baru, kita tau perawatan mobil kita sendiri. Itu ada kok di grup zenix, mobil baru kompresi tinggi aja dipakein pertalite dengan anggapan "ah mesin toyota mah pasti bandel", akhirnya ya gitu deh... gugur garansi nya.

Belakangan karena alasan ekonomi, makin banyak yang ga peduli sama perawatan mobil, mulai dari telat ganti oli, beli oli murah taunya palsu, mobil sekelas crv turbo dikasih pertalite.

Tapi kalau beli bekas dari keluarga sendiri. misal saya ambil city ex adek saya. Daripada dijual sayang cuma laku 210an, dan beli mobil baru di budget segitu pun dapet sekelas raize 3 silinder. ya mending saya ambil aja. paling ga, saya udah tau isi selalu pertamax, perawatan rutin di beres. minus nya bekas adek yang cuma asal pake ya paling perapihan fisik mobil aja, banyak baret dan bekas senggol + jamuran.
hate to say this tapi.... meng amini yang dibahas mod helem putih dulu. able to buy a car itu beda dgn able to afford a car.
yang oe bold itu bener bgt um

able to buy =/= able to afford

mau e-class 300-400jt, baru 1M+. kan ttp aja kita kan maintenance selayaknya mobil 1M+

harga mobil itu depresiasi, harga maintenance ttp gitu" aja

makanya banyak lux car yg jadi bangke / penyakitan grgr gabisa afford perawatan

minimal dibanding mobil rata" volume oli lebi banyak

oe jg pengen seh beli lux car yg kena depresiasi berat

cuma mikir maintenance, pajak etc etc jadi gapengen :big_biglaugh:

kecuali modelan lexus sih masi oke, krn banyak common parts sama toyota
sudahlah
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: 03 Jan 2019, 13:50
Location: Jakarta Timur

Re: 2006 Toyota Alphard 3.0 V6 di tahun 2023, Family Man Perfect Dream MPV

Post by sudahlah »

Baca ini jadi pengen alphard 3.0 v6, cuma kayaknya terlalu bongsor buat daerah rumah saya... mungkin cuma berani kelas dibawahnya.. jadi pengen minta opini dari para suhu disini, anggaplah saya mau nyari mobil boxy second sekelas nav1 v limited tapi disaat yang sama tergiur juga serena C27 second,

Kenapa saya ga tertarik voxy (old model) second karena menurut saya harganya bedanya sangat jauh dengan mesin, transmisi dan body yang sangat mirip nav1 cuma memang modelnya jauh lebih bagus (saya suka), mending selisih harganya di tabung buat jaga2; dan kenapa saya ga tertarik serena c26 karena saya berharap perbedaan dengan serena c27 sangat banyak terutama disisi reability, berharap banyak upgrade tak kasat mata dari c26 ke c27 sehingga lebih robust, saya sendiri secara sotoy masih menganggap c24 masih lebih peace of mind dibanding c26, cuma c24 sudah terlalu tua. Mohon diluruskan kalo salah. Yang sedikit mengganjal di c27 adalah harga bekasnya masih lumayan (cuma wajar namanya juga produk lebih baru tapi masih lebih murah dari voxy) dan dimensinya lebih besar dari c26 maupun nav1 ini agak buat saya mikir2 apa opsinya diubah aja ya nav1 atau serena c26.

Bagi saya perbedaan konsumsi bahan bakar dan harga sparepart ga terlalu masalah. Ya kalo sparepart memang harus diganti ya diganti, cuma yang saya males adalah harus ngebengkel dadakan karena mobilnya rewel, pas lagi weekend mau jalan2 bareng keluarga malah harus reschedule. Baca postingan ini jadi pengen punya mobil kaya om ts (alphard), cuma saya hanya sedikiiit ngerti permobilan jadi ga berani karena mobilnya udah cukup tua juga dan bodyna bongsor. Kira untuk mobil weekend mana yang lebih baik untuk di keep ya, pengen yang boxy biar lega, boros ga masalah yang penting sebanding, fungsional dan nyaman, minim cacat pabrik (maksudnya penyakit bawaan mobil)


Maaf ya masih berantakan ngetiknya. :big_childish:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2006 Toyota Alphard 3.0 V6 di tahun 2023, Family Man Perfect Dream MPV

Post by ChZ »

darrelund wrote: 05 Apr 2023, 15:22 yang oe bold itu bener bgt um

able to buy =/= able to afford

mau e-class 300-400jt, baru 1M+. kan ttp aja kita kan maintenance selayaknya mobil 1M+

harga mobil itu depresiasi, harga maintenance ttp gitu" aja

makanya banyak lux car yg jadi bangke / penyakitan grgr gabisa afford perawatan

minimal dibanding mobil rata" volume oli lebi banyak

oe jg pengen seh beli lux car yg kena depresiasi berat

cuma mikir maintenance, pajak etc etc jadi gapengen :big_biglaugh:

kecuali modelan lexus sih masi oke, krn banyak common parts sama toyota
kalau maintenance sebenernya makin hari makin murah om, contoh ECU panggang di merc M27x dan mechatronic di BMW E90/E60 atau VW Golf itu sdh ada kitnya semua buat repair. merek non ori tapi oem grade dengan harga miring. dulu mahal kan karena yang bisa kerjain cuma beres. sensor-modul tinggal cari junkyard terdekat.

kalo OCD harus ori bisa sih pesen beres, tapi ya harganya ber puluh puluh jut-jut bikin kejut jantung ama dompet :big_biglaugh:

pajak tahunan kalo liat pelos baru pajak tahunan aja 5juta kok rasanya lebih gak worth piara pelos baru. wkwkwkkwkw.

nurut ane yang lebih memberatkan itu waktunya. bisa menggagalkan rencana tidur siang weekend wakakkakaa. dan bener tabungan hrs siap ama pengeluaran dadakan minimal yah emergency fund nya dobel lah dr anggaran biasanya.

klo motuba jerman nineties masih aman lah gak sengeri itu E36 tuh partnya murah-murah asal dpt yang bagus setahun blm tentu keluar 10jt repair, klo udah angkatan 2000 up repair belasan jut gak jarang. wkwkwkkwkw.

apalagi kalo masih itung-itungan mending fine dining daripada ngempanin maintenance dan bensin bagus sih emang bagusnya beli LMPV baru aja :big_weee: klo mampu beneran dua duanya mah jalan aja hayok, ga malu apa jalan jemput cewek keren2 pake mercy, di pom ngantrinya ama brio, ud gitu ngisinya cuma 200 rebu jarum cuma naik dikit :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: 09 Jan 2018, 08:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: 2006 Toyota Alphard 3.0 V6 di tahun 2023, Family Man Perfect Dream MPV

Post by impactful »

sudahlah wrote: 05 Apr 2023, 21:47 Baca ini jadi pengen alphard 3.0 v6, cuma kayaknya terlalu bongsor buat daerah rumah saya... mungkin cuma berani kelas dibawahnya.. jadi pengen minta opini dari para suhu disini, anggaplah saya mau nyari mobil boxy second sekelas nav1 v limited tapi disaat yang sama tergiur juga serena C27 second,

Kenapa saya ga tertarik voxy (old model) second karena menurut saya harganya bedanya sangat jauh dengan mesin, transmisi dan body yang sangat mirip nav1 cuma memang modelnya jauh lebih bagus (saya suka), mending selisih harganya di tabung buat jaga2; dan kenapa saya ga tertarik serena c26 karena saya berharap perbedaan dengan serena c27 sangat banyak terutama disisi reability, berharap banyak upgrade tak kasat mata dari c26 ke c27 sehingga lebih robust, saya sendiri secara sotoy masih menganggap c24 masih lebih peace of mind dibanding c26, cuma c24 sudah terlalu tua. Mohon diluruskan kalo salah. Yang sedikit mengganjal di c27 adalah harga bekasnya masih lumayan (cuma wajar namanya juga produk lebih baru tapi masih lebih murah dari voxy) dan dimensinya lebih besar dari c26 maupun nav1 ini agak buat saya mikir2 apa opsinya diubah aja ya nav1 atau serena c26.

Bagi saya perbedaan konsumsi bahan bakar dan harga sparepart ga terlalu masalah. Ya kalo sparepart memang harus diganti ya diganti, cuma yang saya males adalah harus ngebengkel dadakan karena mobilnya rewel, pas lagi weekend mau jalan2 bareng keluarga malah harus reschedule. Baca postingan ini jadi pengen punya mobil kaya om ts (alphard), cuma saya hanya sedikiiit ngerti permobilan jadi ga berani karena mobilnya udah cukup tua juga dan bodyna bongsor. Kira untuk mobil weekend mana yang lebih baik untuk di keep ya, pengen yang boxy biar lega, boros ga masalah yang penting sebanding, fungsional dan nyaman, minim cacat pabrik (maksudnya penyakit bawaan mobil)


Maaf ya masih berantakan ngetiknya. :big_childish:
Tune up / maintenance V6 engine ini agak tricky yah...
Bukannya saya nakut2in... Iseng nanya ama montir umum di Blok M basement (pindahan Dutamas) , ongkos ganti koil kalau di Alphard 2.4 ANH10 kena 150rb, tapi kalau MNH10 V6 3.0 kena 800 dengan alasan musti nurunin intake, bongkarnya seharian, bla bla bla...(ya belum nego sih)

Cara ngakalinnya gimana? Cari aja bengkel yang ngasih paket tune up, yg harganya sama aja buat semua mobil...pas tune up sekalian minta ganti koilnya ama montirnya, tinggal kasih tips aja :big_peace:

Ini kemaren yg lumayan bikin stress nyari problem solving buat braking system nya, sampai pindah bengkel 3x...mulai ganti master rem atas, ganti kaliper kit, ganti kampas rem, tiap dipakai di kecepatan tinggi lalu ngerem, tiba2 speed bisa turun sendiri, rem seperti mengunci...indikator VSC nyala dan TRC off... Ketika di diemin bentar, normal lagi, tapi ngerem malah jadi getar kalau speed di atas 80 km/j

Akhirnya semua problem pengereman sembuh setelah discbrake rematching (bubut piringan disk brake) di Nawilis Pamulang...

Untuk konsumsi bahan bakar, so far mobil sudah jalan hampir 900 km dibawa dari Tangsel ke Bawen, lanjut Jombang - Mojokerto - Madiun so far no problem, jalan 801 km habis pertamax92 79L, jadi konsumsi full tol sekitar 10.1 km/L...sesekali pakai cruise control di speed 110km/jam...
Speed di 130an RPM masih di bawah 2500

Top speed yang sudah dicoba so far 150km/jam setelah 2 ban depan ganti dengan ban baru...mesin masih enteng dan panjang nafasnya, setelan shock pindah ke Sport, soalnya kalau di Comfort terlalu mentul-mentul di kecepatan segitu.

Ruas Cikampek dikit2 ada perbaikan setengah ruas jadinya ga bisa kenceng juga, mulai enak begitu masuk Cipali sampai Semarang dan lanjut Bawen, dari Bawen sampai Ngawi lumayan enak, exit di Kertosono.

Lanjut dari ruas Bandar (Perak - Jombang) menuju Mojokerto...udah lumayan lah dibanding terakhir kali mudik 4 tahun yg lalu...

Untuk masalah dimensi, berhubung saya sebelumnya pakai ANH10 2.4, masuk2 gang sudah biasa, kalau tau Jalan Haji Batong yang dari RA Kartini tembus ke Terogong depan JIS itu paling enak buat asah skill bawa mobil gaban...

yang lewat situ juga Alphard, Vellfire, bahkan Caravelle atau G63, justru lebih susah bawa Innova Reborn malahan kalau menurut saya karena terlalu banyak lekukan di body/fender
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: 09 Jan 2018, 08:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: 2006 Toyota Alphard 3.0 V6 di tahun 2023, Family Man Perfect Dream MPV

Post by impactful »

Sedikit tambahan : jaman edan gini harus cermat nyari bengkel...
kalau ada sparepart yang perlu diganti, mending cek Toyota langsung untuk harga & jasa

Bengkel yang lumayan punya nama pun bisa aja "nembak" harga nya di luar nalar...
Padahal isinya orang2 senior yang kalau saya sebutin juga pasti pada tau nama bengkelnya + orangnya

Jasa GCU + scan engine 800rb, lha Toyota Simatupang aja cuma kenain charge 600rb untuk jasa yg sama...

Harga koin 2.150.000, di Toyota cuma 1,7jt

Jasa bersihin brake : 700rb mobil sampai nginep... Paketan di Andala cuma 400rb all in terima enak kerja pake hati...beberapa jam juga kelar

Filter bensin & timing belt baik baik saja malah disuruh ganti 🤣 jauh jauh dah dari bengkel macem beginian...mending selisihnya buat beli Pertamax Turbo
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2006 Toyota Alphard 3.0 V6 di tahun 2023, Family Man Perfect Dream MPV

Post by ChZ »

impactful wrote: 14 Apr 2023, 06:47
Bukannya saya nakut2in... Iseng nanya ama montir umum di Blok M basement (pindahan Dutamas) , ongkos ganti koil kalau di Alphard 2.4 ANH10 kena 150rb, tapi kalau MNH10 V6 3.0 kena 800 dengan alasan musti nurunin intake, bongkarnya seharian, bla bla bla...(ya belum nego sih)

Cara ngakalinnya gimana? Cari aja bengkel yang ngasih paket tune up, yg harganya sama aja buat semua mobil...pas tune up sekalian minta ganti koilnya ama montirnya, tinggal kasih tips aja :big_peace:
klo alesan repot nambah dikit paling yah jadi 200-300 wajar lah, klo 150 ama 800 sehh itu ngajak berantem :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
sudahlah
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: 03 Jan 2019, 13:50
Location: Jakarta Timur

Re: 2006 Toyota Alphard 3.0 V6 di tahun 2023, Family Man Perfect Dream MPV

Post by sudahlah »

impactful wrote: 14 Apr 2023, 06:47
Tune up / maintenance V6 engine ini agak tricky yah...
Bukannya saya nakut2in... Iseng nanya ama montir umum di Blok M basement (pindahan Dutamas) , ongkos ganti koil kalau di Alphard 2.4 ANH10 kena 150rb, tapi kalau MNH10 V6 3.0 kena 800 dengan alasan musti nurunin intake, bongkarnya seharian, bla bla bla...(ya belum nego sih)

Cara ngakalinnya gimana? Cari aja bengkel yang ngasih paket tune up, yg harganya sama aja buat semua mobil...pas tune up sekalian minta ganti koilnya ama montirnya, tinggal kasih tips aja :big_peace:

Ini kemaren yg lumayan bikin stress nyari problem solving buat braking system nya, sampai pindah bengkel 3x...mulai ganti master rem atas, ganti kaliper kit, ganti kampas rem, tiap dipakai di kecepatan tinggi lalu ngerem, tiba2 speed bisa turun sendiri, rem seperti mengunci...indikator VSC nyala dan TRC off... Ketika di diemin bentar, normal lagi, tapi ngerem malah jadi getar kalau speed di atas 80 km/j

Akhirnya semua problem pengereman sembuh setelah discbrake rematching (bubut piringan disk brake) di Nawilis Pamulang...

Untuk konsumsi bahan bakar, so far mobil sudah jalan hampir 900 km dibawa dari Tangsel ke Bawen, lanjut Jombang - Mojokerto - Madiun so far no problem, jalan 801 km habis pertamax92 79L, jadi konsumsi full tol sekitar 10.1 km/L...sesekali pakai cruise control di speed 110km/jam...
Speed di 130an RPM masih di bawah 2500

Top speed yang sudah dicoba so far 150km/jam setelah 2 ban depan ganti dengan ban baru...mesin masih enteng dan panjang nafasnya, setelan shock pindah ke Sport, soalnya kalau di Comfort terlalu mentul-mentul di kecepatan segitu.

Ruas Cikampek dikit2 ada perbaikan setengah ruas jadinya ga bisa kenceng juga, mulai enak begitu masuk Cipali sampai Semarang dan lanjut Bawen, dari Bawen sampai Ngawi lumayan enak, exit di Kertosono.

Lanjut dari ruas Bandar (Perak - Jombang) menuju Mojokerto...udah lumayan lah dibanding terakhir kali mudik 4 tahun yg lalu...

Untuk masalah dimensi, berhubung saya sebelumnya pakai ANH10 2.4, masuk2 gang sudah biasa, kalau tau Jalan Haji Batong yang dari RA Kartini tembus ke Terogong depan JIS itu paling enak buat asah skill bawa mobil gaban...

yang lewat situ juga Alphard, Vellfire, bahkan Caravelle atau G63, justru lebih susah bawa Innova Reborn malahan kalau menurut saya karena terlalu banyak lekukan di body/fender
Nah ini dia jaman sekarang emang makin sedikit bengkel umum yang jaga kepercayaan konsumen (kalo beres udah pada tau lah ya, main tembak ganti aja, ga mau ngebenerin padahal cuma butuh sedikit sentuhan), niatnya pengen lebih murah kebengkel umum, malah sotoy rusak ini dibenerin itu, bukan cuma harga aja yang jadi mahal, tapi waktu bolak-baliknya yang bikin males.

Kalo mobil model boxy memang kelihatan gede dan susah manuver tapi malah sebenarnya masih sedikit lebih predictable dari venturer. :ungg:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post