Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by pengendiesel »

pierrecardin wrote: Sun Apr 02, 2023 4:20
pengendiesel wrote: Thu Mar 30, 2023 23:36 Vote anf 2.8.

Sudah ada xp,monokok fwd bensin.
Cari yang leder rwd diesel buat keperluan yang berbeda jadi bisa saling melengkapi.
Mau traveling nyaman dan sopan,pake xp.
Mau ke tempat2 gak jelas medannya,sensasi kebanting2 selama di perjalanan,pake anf. Meskipun gak enak banget,tapi mobil ini bisa ke tempat2 yang mobil lain kesusahan.
hehe suara baru nih.. medan gak jelas yg dimaksud ini gmn om? karena kayanya kalau kebutuhan traveling keluarga sih nggak sampai ke yg pelosok2 gitu. Utk keperluan bisnis jg nggak. Pertimbangannya sebernernya lebih kepada mobil yg proper aja utk traveling (dilihat dari perspektif mesin utamanya), karena kalau bicara kenyamanan XP Cross sudah sanagt nyaman dan lega namun dgn power yg terbatas.
Misal tanpa sengaja harus lewat jalan yang belum ada aspalnya.
Atau harus full load melewati tanjakan2 curam dalam kondisi hujan licin. Paling tenang di hati pake anf 2.8 dibanding pilihan2 lainnya.
Belom lagi effort pake mesin bensin saat nyalip2 kondisi full load.
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by Penikmat_Kopi »

Fortuner aja sudah pilihan tepat tuh om
User avatar
babehgue708
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: Fri Jul 26, 2019 7:06
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2012 CRV RE1

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by babehgue708 »

Rickz wrote: Wed Apr 05, 2023 10:45
pierrecardin wrote: Wed Apr 05, 2023 1:43
Rickz wrote: Mon Apr 03, 2023 7:06

Di Minggu lalu saya ikut acara Bukber salah satu komunitas Mazda yang dihadiri oleh pihak EMI dan infonya dari petinggi Mazda, CX-60 akan launch di Juni/Juli, cuman masih belum ada detail lebih lanjut apakah hanya berupa launch saja dan barang inden hingga akhir tahun atau memang sudah ready untuk customer yang inden sebelum pre-launch, mungkin bisa ditanyakan ke dealer Simprug karena headquarter Mazda sekarang disana dan pastinya Sales disana punya informasi yang lebih valid dan update dibandingkan dealer lain-nya.

Sepertinya memang ada perbedaan settingan suspensi di CX-5 FL karena kmrn liat CX-5 FL lewat jalanan ga rata dan ada jeglokan lumayan dalem, travel suspensinya membal lumayan agak jauh, sepertinya memang diset lbh empuk dibanding yang keluaran pertama.
Cuman ya itu sudah mulai kelihatan agak jadul design exterior dan interior-nya, mana yang facelift ga dapet layar MZD yang besar.
Bener om, suspensinya jauh lebih empuk dibandingkan pre FL. Yang paling sy sayangin sih layar 10inch MZD connect nya itu. Btw bisa di upgarde OEM nggak ya?
Dan mau tanya jg dengan yg udah pakai CX 5 FL, utk MRCC (adaptive CC Mazda) apa bisa digunakan utk kemacetan dgn stop and go? Jadi bisa follow mobil depan sampai full berhenti. Karena sy coba baca2, kayanya ada 2 tipe MRCC nih, yg satu MRCC with Stop and Go Function, yg satu lagi MRCC aja. Kemarin sy tny ke sales nya sih katanya bisa sampai berhenti (tapi gak saya test), namun lihat beberapa reviewer di youtube (si Moladin) yg test MRCC nya menurut mereka sih gak bisa sampai berhenti.
Kalau lihat review CX 5 FL di luar negeri sih pada bisa stop and go semua.

Kalau utk cx 60 rasa2nya kalau selisih lebih dari 50 jt, budget nya gak nutup nih om :D
Tapi kita coba pantengin jg, toh blm di eksekusi sekarang mobilnya. Rencana eksekusi di bulan juni/juli
Untuk upgrade OEM layar MZD sepertinya tidak bisa karena dudukan yang di dashboardnya pasti berbeda dimana cekungan bagian bawah layar yang nempel ke dashboard hanya untuk yg ukuran layar saat ini, tp untuk produk aftermkt mgkn tersedia karena untuk CX3 bisa upgrade 10 inch cmn jd agak naik posisi layar-nya krn dudukan di dashboard ga muat.

Untuk MRCC CX5 FL setau saya tidak bisa sampe kondisi Stop and Go, tapi ga tau juga kl ada upgrade terakhir karena biasanya Mazda suka kasih light improvement yang tidak di publish secara langsung.
Setau ane CX5 2023 sudah dapat improvement low speed follow oom, bbrp minggu lalu sempet liat story Berkendara mereka ada test drive utk unit2 mazda dan ternyata sudah bisa. Mungkin bisa lsg konfirmasi atau TD di dealernya utk make sure
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1394
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by AbdulHakim »

babehgue708 wrote: Tue Apr 11, 2023 12:47
Rickz wrote: Wed Apr 05, 2023 10:45
pierrecardin wrote: Wed Apr 05, 2023 1:43

Bener om, suspensinya jauh lebih empuk dibandingkan pre FL. Yang paling sy sayangin sih layar 10inch MZD connect nya itu. Btw bisa di upgarde OEM nggak ya?
Dan mau tanya jg dengan yg udah pakai CX 5 FL, utk MRCC (adaptive CC Mazda) apa bisa digunakan utk kemacetan dgn stop and go? Jadi bisa follow mobil depan sampai full berhenti. Karena sy coba baca2, kayanya ada 2 tipe MRCC nih, yg satu MRCC with Stop and Go Function, yg satu lagi MRCC aja. Kemarin sy tny ke sales nya sih katanya bisa sampai berhenti (tapi gak saya test), namun lihat beberapa reviewer di youtube (si Moladin) yg test MRCC nya menurut mereka sih gak bisa sampai berhenti.
Kalau lihat review CX 5 FL di luar negeri sih pada bisa stop and go semua.

Kalau utk cx 60 rasa2nya kalau selisih lebih dari 50 jt, budget nya gak nutup nih om :D
Tapi kita coba pantengin jg, toh blm di eksekusi sekarang mobilnya. Rencana eksekusi di bulan juni/juli
Untuk upgrade OEM layar MZD sepertinya tidak bisa karena dudukan yang di dashboardnya pasti berbeda dimana cekungan bagian bawah layar yang nempel ke dashboard hanya untuk yg ukuran layar saat ini, tp untuk produk aftermkt mgkn tersedia karena untuk CX3 bisa upgrade 10 inch cmn jd agak naik posisi layar-nya krn dudukan di dashboard ga muat.

Untuk MRCC CX5 FL setau saya tidak bisa sampe kondisi Stop and Go, tapi ga tau juga kl ada upgrade terakhir karena biasanya Mazda suka kasih light improvement yang tidak di publish secara langsung.
Setau ane CX5 2023 sudah dapat improvement low speed follow oom, bbrp minggu lalu sempet liat story Berkendara mereka ada test drive utk unit2 mazda dan ternyata sudah bisa. Mungkin bisa lsg konfirmasi atau TD di dealernya utk make sure
Pernah ngobrol sama sales Mazda, sorry to say, product knowledge mereka kurang.
Ketimbang mengumbar kelebihan product mereka, malah banyakin bashing produk kompetitor dg lagu lama.
TD juga ga punya unitnya, apa yg mau ditest.
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by Penikmat_Kopi »

AbdulHakim wrote: Tue Apr 11, 2023 15:42
babehgue708 wrote: Tue Apr 11, 2023 12:47
Rickz wrote: Wed Apr 05, 2023 10:45

Untuk upgrade OEM layar MZD sepertinya tidak bisa karena dudukan yang di dashboardnya pasti berbeda dimana cekungan bagian bawah layar yang nempel ke dashboard hanya untuk yg ukuran layar saat ini, tp untuk produk aftermkt mgkn tersedia karena untuk CX3 bisa upgrade 10 inch cmn jd agak naik posisi layar-nya krn dudukan di dashboard ga muat.

Untuk MRCC CX5 FL setau saya tidak bisa sampe kondisi Stop and Go, tapi ga tau juga kl ada upgrade terakhir karena biasanya Mazda suka kasih light improvement yang tidak di publish secara langsung.
Setau ane CX5 2023 sudah dapat improvement low speed follow oom, bbrp minggu lalu sempet liat story Berkendara mereka ada test drive utk unit2 mazda dan ternyata sudah bisa. Mungkin bisa lsg konfirmasi atau TD di dealernya utk make sure
Pernah ngobrol sama sales Mazda, sorry to say, product knowledge mereka kurang.
Ketimbang mengumbar kelebihan product mereka, malah banyakin bashing produk kompetitor dg lagu lama.
TD juga ga punya unitnya, apa yg mau ditest.
Kalau pengalaman gue malah beda. Kebetulan bbrp kali ketemu sales mazda, cowok maupun cewek, pas orang2nya ngerti produk. Malah jauh lebih ngerti dibanding sales mobil jepang terlaris yg sangat pede unitnya pasti laku tanpa perlu jelasin ke konsumen.
Unit test drive mazda juga selalu ada dan bahkan bisa dianter ke rumah utk TD atau janjian di suatu tempat.
Tapi yah akhirnya ya gue dulu gitu, TD cx 5 atau TD apapun tapi akhirnya bungkus fortuner lagi fortuner lagi. Alasannya simpel, males jauh -jauh ke beresnya.
pierrecardin
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Fri Feb 19, 2016 10:33

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by pierrecardin »

Penikmat_Kopi wrote: Tue Apr 11, 2023 15:59

Setau ane CX5 2023 sudah dapat improvement low speed follow oom, bbrp minggu lalu sempet liat story Berkendara mereka ada test drive utk unit2 mazda dan ternyata sudah bisa. Mungkin bisa lsg konfirmasi atau TD di dealernya utk make sure
Sebenarnya tempo hari udah TD om, cuma saya gak click driving assistance nya. Jadi under speed 30 km/h dia mati. Tutorial di youtube sih bilang driving assistance nya harus hidup dl baru dia bisa low speed follow. Dan saya tanya ke sales jg dia bilang MRCC bisa sampai full stop operate nya.
babehgue708 wrote: Tue Apr 11, 2023 12:47
Kalau pengalaman gue malah beda. Kebetulan bbrp kali ketemu sales mazda, cowok maupun cewek, pas orang2nya ngerti produk. Malah jauh lebih ngerti dibanding sales mobil jepang terlaris yg sangat pede unitnya pasti laku tanpa perlu jelasin ke konsumen.
Unit test drive mazda juga selalu ada dan bahkan bisa dianter ke rumah utk TD atau janjian di suatu tempat.
Tapi yah akhirnya ya gue dulu gitu, TD cx 5 atau TD apapun tapi akhirnya bungkus fortuner lagi fortuner lagi. Alasannya simpel, males jauh -jauh ke beresnya.
Hmm waktu ane kemarin sih sebenarnya utk product knowledge nya si sales lumayan aja. Cuma yg ane rada sangsi sih lebih kepada appearance si sales yg menurut ane kurang proffesional appealing. Nggak pakai seragam dan cara komunikasinya terlalu casual.
cumifumi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Wed Mar 06, 2019 7:46
Location: Medan

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by cumifumi »

Ane bantu jawab ya om sbg pengguna CX 5 GT improvement 2021 dan ANF 2.8

CX 5
Pros:
- Mobil nya fun to drive sekali dan lumayan kencang
- Kualitas BQ yg bagus sekali bahkan menurut ane imbang sm L miring kualitasnya
- Mobil nya juga lumayan irit lah..
- Gak bikin capek klo perjalanan jauh

Cons:
- KAKI KAKI nya lemah banget (punya saya 2thn odo 27ribu sudah oblak) rawan dibawa ke jalanan rusak/keriting
- Sempit bagian belakang, utk tinggi badan 170 terasa mentok kakinya ke jok depan
- Meskipun desain mobil dan HU nya canggih, tp desain mobil ini sudah berusia dan HU nya sudah lumayan ketinggalan utk tahun 2023
- Akte lahir yg lamaaaaaaa banget (yak lama, punya saya akte lahirnya terbit setelah 6 bulan pemakaian, domisili Medan)
- Mobil lumayan kewalahan utk menanjak di jalan pergunungan/bukit karna torsi nya kurang (diisi bobot 300-400kg)


ANF 2.8
Pros:
- Ini mobil tenaga dan torsi nya badak luar biasa dibanding CX 5 (200hp vs 194hp, 500nm vs 251nm)
- Mau angkut sekampung pun muat aja ini mobil bagasi dan space nya lumayan luas
- Irit nya yaa 11/12 lah sama CX5 di lukot, tapi dalkot lebih irit ANF
- Kaki kaki badak hajar segala jenis jalan dan medan tanpa khawatir sm skali, memang truk didesain utk tahan banting :big_grin:

Cons:
- Untuk yg terbiasa bawa mobil bensin, getaran diesel nya enggak bohong, psti terasa getaran dan ribut sampai ke dlm kabin
- Mobil nya tinggi, lumayan susah akses nya utk orang tua atau anak kecil
- Bantingan nya kurang nyaman dan limbung
- WAJIB DEX atau garansi hangus

Kalo untuk Zenix yg ane pernah cobain, zenix ini mobil ternyaman diantara ini 3 dan teririt juga sih, BQ kalah jauh dibanding CX5 tapi setara dengan ANF.

Kalo harus disuruh memilih ane bakal milih CX5 atau nunggu CX60 sekalian yg notabene harganya mirip sm CX5. Sekian pendapat dari nubie, bila ada salah atau kurang berkenan mohon dikoreksi suhu SM. Happy Hunting om!
2017 ANTB LTZ 2.5 (rebuilt)
2021 ANCX5 GT 2.5
2022 ANF GR SPORT 2.8
pierrecardin
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Fri Feb 19, 2016 10:33

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by pierrecardin »

Sekitar 3 hari yang lalu kebetulan udah td Zeniq type Q Hybrid, tp kebetulan karena mobil customer jadi hanya boleh muter2 di sekitar pool auto2000 aja.
Kesan utamanya sih kurang lebih ini :
- Kabin luas banget compare to reborn, baris ketiga nya apalagi. 3rd row diisi 2 orang dewasa masih sangat nyaman, saya rasa di bawa Jkt-Cirebon pun penumpang belakang gak akan komplain.
- Cockpit penuh + fitur2 terkini (TSS dan perintilannya).
- BQ interior biasa aja, khususnya kualitas leathernya yg menurut saya lebih bagus reborn sedikit
- Driving position jauh jauh jauh lebih ergonomis dibanding reborn, sayang beribu sayang driver seat tidak dilengkapi dengan pengaturan elektrik. Ini rada keterlaluan menurut saya. Alasan sales sih supaya alphard dan voxy tetap laku. :big_bored:
- Ketika menyetir rasanya bawa mobil ini tidak sebesar body nya, ada perasaan bahwa mobil ini sedikit lebih kecil dari aslinya. Mungkin efek chasis TNGA nya?
- Bantingan suspensi lebih firm dan stiff, gak terlalu ngayun. Malah saya merasa lebih empukan CX 5 FL (2022)
- Exterior menurut selera saya gagah dan cakep, khususnya facia depan. Utk bagian belakang cukup plain ditambah lampu belakang yang modelnya gk perlu dijelasin lagi mirip siapa. :big_dunno:
- Perpindahan dari mesin bensin ke hybrid ataupun sebaliknya halus, ciri khas hybrid toyota. (terakhir test punya Chr dan Camry, rasanya sih lebih halus lagi zenix ini). Untuk masalah efisiensi gak di test (bisa lihat review di youtube yg udah byk banget).

Alhasil menjadi lebih galau antara pilihan yang tadinya sudah hampir solid ke CX 5 kuro setelah TD jenik ini. Sekarang pertimbangannya lebih mengerucut antara kebutuhan full size family car atau medium SUV. Kalau masalah driving feel, desain, fitur dll saya jelas prefer ke CX 5. Tapi ketika bicara kelegaan akomodasi, potensi utk digunakan road trip bareng keluarga, zenix jauh lebih unggul. Sekarang pertimbangannya kembali ke awal ternyata, apakah efektif melihara 7 seater (zenix + xpander cross) di satu rumah atau lebih baik stick to CX 5 yg fokus untuk keperluan bisnis dan mobilitas dalam kota. Karena dengan konfigurasi CX 5 + xpander cross, keperluan traveling luar kota pasti akan menggunakan xpander cross.

Pertimbangan nyonya surprisingly lebih prefer ke CX 5 karena kalaupun ada zenix, menurut dia utk umur anak sekarang pelihara zenix (asumsi bawa ART dengan 2 orang anak batita) agak mubazir karena row 2 nya terpaksa harus diisi dengan baby car seat, sedangkan di sisi sebelahnya harus ada ART. Alhasil anak 1 lagi harus di taro row 3 atau dipangku ibu nya di depan. Jadi kelegaan kabin zenix menjadi mubazir.

Adakah rekan2 yang mengalami concern yang sama dengan saya dan akhirnya memutuskan memilih konfigurasi yang seperti apa?
jazzretro7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Sun Aug 04, 2019 3:13
Location: Bogor

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by jazzretro7 »

pierrecardin wrote: Fri Apr 28, 2023 3:49 Sekitar 3 hari yang lalu kebetulan udah td Zeniq type Q Hybrid, tp kebetulan karena mobil customer jadi hanya boleh muter2 di sekitar pool auto2000 aja.
Kesan utamanya sih kurang lebih ini :
- Kabin luas banget compare to reborn, baris ketiga nya apalagi. 3rd row diisi 2 orang dewasa masih sangat nyaman, saya rasa di bawa Jkt-Cirebon pun penumpang belakang gak akan komplain.
- Cockpit penuh + fitur2 terkini (TSS dan perintilannya).
- BQ interior biasa aja, khususnya kualitas leathernya yg menurut saya lebih bagus reborn sedikit
- Driving position jauh jauh jauh lebih ergonomis dibanding reborn, sayang beribu sayang driver seat tidak dilengkapi dengan pengaturan elektrik. Ini rada keterlaluan menurut saya. Alasan sales sih supaya alphard dan voxy tetap laku. :big_bored:
- Ketika menyetir rasanya bawa mobil ini tidak sebesar body nya, ada perasaan bahwa mobil ini sedikit lebih kecil dari aslinya. Mungkin efek chasis TNGA nya?
- Bantingan suspensi lebih firm dan stiff, gak terlalu ngayun. Malah saya merasa lebih empukan CX 5 FL (2022)
- Exterior menurut selera saya gagah dan cakep, khususnya facia depan. Utk bagian belakang cukup plain ditambah lampu belakang yang modelnya gk perlu dijelasin lagi mirip siapa. :big_dunno:
- Perpindahan dari mesin bensin ke hybrid ataupun sebaliknya halus, ciri khas hybrid toyota. (terakhir test punya Chr dan Camry, rasanya sih lebih halus lagi zenix ini). Untuk masalah efisiensi gak di test (bisa lihat review di youtube yg udah byk banget).

Alhasil menjadi lebih galau antara pilihan yang tadinya sudah hampir solid ke CX 5 kuro setelah TD jenik ini. Sekarang pertimbangannya lebih mengerucut antara kebutuhan full size family car atau medium SUV. Kalau masalah driving feel, desain, fitur dll saya jelas prefer ke CX 5. Tapi ketika bicara kelegaan akomodasi, potensi utk digunakan road trip bareng keluarga, zenix jauh lebih unggul. Sekarang pertimbangannya kembali ke awal ternyata, apakah efektif melihara 7 seater (zenix + xpander cross) di satu rumah atau lebih baik stick to CX 5 yg fokus untuk keperluan bisnis dan mobilitas dalam kota. Karena dengan konfigurasi CX 5 + xpander cross, keperluan traveling luar kota pasti akan menggunakan xpander cross.

Pertimbangan nyonya surprisingly lebih prefer ke CX 5 karena kalaupun ada zenix, menurut dia utk umur anak sekarang pelihara zenix (asumsi bawa ART dengan 2 orang anak batita) agak mubazir karena row 2 nya terpaksa harus diisi dengan baby car seat, sedangkan di sisi sebelahnya harus ada ART. Alhasil anak 1 lagi harus di taro row 3 atau dipangku ibu nya di depan. Jadi kelegaan kabin zenix menjadi mubazir.

Adakah rekan2 yang mengalami concern yang sama dengan saya dan akhirnya memutuskan memilih konfigurasi yang seperti apa?
klo om concern akan mubasiritas zenix krn akomodasi yg kelebihan dgn cx5 apa ga tambah sempit om klo semua anggota kluarga plus art diangkut.. belum barang2nya..oya perlu dipertimbangkan beli mobil apalagi baru kan ga dipake utk 1-2 thn kan..minimal 5 thn ato klo bs sampe 10 thn nah dgn jangka waktu segitu tentu 2 batita tadi akan tumbuh gd kan palagi klo dah msk playgrop esde pasti mreke butuh akomodasi yg nyaman jg biasanya anak sulung mwnya booking row 3 anak bungsu booking row 2..nah lohh.. :big_think: :big_slap:
ato klo mo keep 2 row di mazda knp ga jajal mazda 6 estate om keren tuhh...jarang2 yg punya estate jaman now... :big_peace:
RCMN
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Fri Feb 23, 2018 8:02

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by RCMN »

pierrecardin wrote: Fri Apr 28, 2023 3:49 Sekitar 3 hari yang lalu kebetulan udah td Zeniq type Q Hybrid, tp kebetulan karena mobil customer jadi hanya boleh muter2 di sekitar pool auto2000 aja.
Kesan utamanya sih kurang lebih ini :
- Kabin luas banget compare to reborn, baris ketiga nya apalagi. 3rd row diisi 2 orang dewasa masih sangat nyaman, saya rasa di bawa Jkt-Cirebon pun penumpang belakang gak akan komplain.
- Cockpit penuh + fitur2 terkini (TSS dan perintilannya).
- BQ interior biasa aja, khususnya kualitas leathernya yg menurut saya lebih bagus reborn sedikit
- Driving position jauh jauh jauh lebih ergonomis dibanding reborn, sayang beribu sayang driver seat tidak dilengkapi dengan pengaturan elektrik. Ini rada keterlaluan menurut saya. Alasan sales sih supaya alphard dan voxy tetap laku. :big_bored:
- Ketika menyetir rasanya bawa mobil ini tidak sebesar body nya, ada perasaan bahwa mobil ini sedikit lebih kecil dari aslinya. Mungkin efek chasis TNGA nya?
- Bantingan suspensi lebih firm dan stiff, gak terlalu ngayun. Malah saya merasa lebih empukan CX 5 FL (2022)
- Exterior menurut selera saya gagah dan cakep, khususnya facia depan. Utk bagian belakang cukup plain ditambah lampu belakang yang modelnya gk perlu dijelasin lagi mirip siapa. :big_dunno:
- Perpindahan dari mesin bensin ke hybrid ataupun sebaliknya halus, ciri khas hybrid toyota. (terakhir test punya Chr dan Camry, rasanya sih lebih halus lagi zenix ini). Untuk masalah efisiensi gak di test (bisa lihat review di youtube yg udah byk banget).

Alhasil menjadi lebih galau antara pilihan yang tadinya sudah hampir solid ke CX 5 kuro setelah TD jenik ini. Sekarang pertimbangannya lebih mengerucut antara kebutuhan full size family car atau medium SUV. Kalau masalah driving feel, desain, fitur dll saya jelas prefer ke CX 5. Tapi ketika bicara kelegaan akomodasi, potensi utk digunakan road trip bareng keluarga, zenix jauh lebih unggul. Sekarang pertimbangannya kembali ke awal ternyata, apakah efektif melihara 7 seater (zenix + xpander cross) di satu rumah atau lebih baik stick to CX 5 yg fokus untuk keperluan bisnis dan mobilitas dalam kota. Karena dengan konfigurasi CX 5 + xpander cross, keperluan traveling luar kota pasti akan menggunakan xpander cross.

Pertimbangan nyonya surprisingly lebih prefer ke CX 5 karena kalaupun ada zenix, menurut dia utk umur anak sekarang pelihara zenix (asumsi bawa ART dengan 2 orang anak batita) agak mubazir karena row 2 nya terpaksa harus diisi dengan baby car seat, sedangkan di sisi sebelahnya harus ada ART. Alhasil anak 1 lagi harus di taro row 3 atau dipangku ibu nya di depan. Jadi kelegaan kabin zenix menjadi mubazir.

Adakah rekan2 yang mengalami concern yang sama dengan saya dan akhirnya memutuskan memilih konfigurasi yang seperti apa?
Kalo saya udah punya xp cross mungkin akan lebih pilih cx5 daripada zenix.
Seinget sy waktu coba xp cross itu row 2 & 3 udah cukup luas dan akomodatif buat jadi mobil keluarga.
Jadi nanti dalkot & sehari2 pake cx5, lukot & bawa keluarga pake xp cross.
Kalo xp cross + zenix serasa mubazir menurut awak yg nubi ini.
User avatar
babehgue708
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: Fri Jul 26, 2019 7:06
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2012 CRV RE1

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by babehgue708 »

pierrecardin wrote: Fri Apr 28, 2023 3:49 Sekitar 3 hari yang lalu kebetulan udah td Zeniq type Q Hybrid, tp kebetulan karena mobil customer jadi hanya boleh muter2 di sekitar pool auto2000 aja.
Kesan utamanya sih kurang lebih ini :
- Kabin luas banget compare to reborn, baris ketiga nya apalagi. 3rd row diisi 2 orang dewasa masih sangat nyaman, saya rasa di bawa Jkt-Cirebon pun penumpang belakang gak akan komplain.
- Cockpit penuh + fitur2 terkini (TSS dan perintilannya).
- BQ interior biasa aja, khususnya kualitas leathernya yg menurut saya lebih bagus reborn sedikit
- Driving position jauh jauh jauh lebih ergonomis dibanding reborn, sayang beribu sayang driver seat tidak dilengkapi dengan pengaturan elektrik. Ini rada keterlaluan menurut saya. Alasan sales sih supaya alphard dan voxy tetap laku. :big_bored:
- Ketika menyetir rasanya bawa mobil ini tidak sebesar body nya, ada perasaan bahwa mobil ini sedikit lebih kecil dari aslinya. Mungkin efek chasis TNGA nya?
- Bantingan suspensi lebih firm dan stiff, gak terlalu ngayun. Malah saya merasa lebih empukan CX 5 FL (2022)
- Exterior menurut selera saya gagah dan cakep, khususnya facia depan. Utk bagian belakang cukup plain ditambah lampu belakang yang modelnya gk perlu dijelasin lagi mirip siapa. :big_dunno:
- Perpindahan dari mesin bensin ke hybrid ataupun sebaliknya halus, ciri khas hybrid toyota. (terakhir test punya Chr dan Camry, rasanya sih lebih halus lagi zenix ini). Untuk masalah efisiensi gak di test (bisa lihat review di youtube yg udah byk banget).

Alhasil menjadi lebih galau antara pilihan yang tadinya sudah hampir solid ke CX 5 kuro setelah TD jenik ini. Sekarang pertimbangannya lebih mengerucut antara kebutuhan full size family car atau medium SUV. Kalau masalah driving feel, desain, fitur dll saya jelas prefer ke CX 5. Tapi ketika bicara kelegaan akomodasi, potensi utk digunakan road trip bareng keluarga, zenix jauh lebih unggul. Sekarang pertimbangannya kembali ke awal ternyata, apakah efektif melihara 7 seater (zenix + xpander cross) di satu rumah atau lebih baik stick to CX 5 yg fokus untuk keperluan bisnis dan mobilitas dalam kota. Karena dengan konfigurasi CX 5 + xpander cross, keperluan traveling luar kota pasti akan menggunakan xpander cross.

Pertimbangan nyonya surprisingly lebih prefer ke CX 5 karena kalaupun ada zenix, menurut dia utk umur anak sekarang pelihara zenix (asumsi bawa ART dengan 2 orang anak batita) agak mubazir karena row 2 nya terpaksa harus diisi dengan baby car seat, sedangkan di sisi sebelahnya harus ada ART. Alhasil anak 1 lagi harus di taro row 3 atau dipangku ibu nya di depan. Jadi kelegaan kabin zenix menjadi mubazir.

Adakah rekan2 yang mengalami concern yang sama dengan saya dan akhirnya memutuskan memilih konfigurasi yang seperti apa?
Ini ane juga punya dilema yang sama, cuma perbandingannya CRV FL vs CX5 GT (waktu masih 2022 awal), dari segi looks lebih prefer CX5, tp dari suspensi lebih enak CRV, cuman krn di rumah udah ada reborn, jadi agak mubazir beli mobil 3 row lagi, akhirnya ambil CX5, skrg ODO udah mau 25rb dan so far sangat puas pakenya. Kalo mau jalan2 berdua ato bertiga aja pake CX5, kalau jalan sekeluarga rame2 reborn yang on duty.

Saran saya sih tutup mata ambil CX5, kecuali oom mau jual xpander crossnya baru deh tukarnya ke zenix. as long masih mau ttp dikeep xpander cross, CX5 pilihan yang lebih masuk akal :big_smile]
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1624
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by darrelund »

pierrecardin wrote: Fri Apr 28, 2023 3:49 Sekitar 3 hari yang lalu kebetulan udah td Zeniq type Q Hybrid, tp kebetulan karena mobil customer jadi hanya boleh muter2 di sekitar pool auto2000 aja.
Kesan utamanya sih kurang lebih ini :
- Kabin luas banget compare to reborn, baris ketiga nya apalagi. 3rd row diisi 2 orang dewasa masih sangat nyaman, saya rasa di bawa Jkt-Cirebon pun penumpang belakang gak akan komplain.
- Cockpit penuh + fitur2 terkini (TSS dan perintilannya).
- BQ interior biasa aja, khususnya kualitas leathernya yg menurut saya lebih bagus reborn sedikit
- Driving position jauh jauh jauh lebih ergonomis dibanding reborn, sayang beribu sayang driver seat tidak dilengkapi dengan pengaturan elektrik. Ini rada keterlaluan menurut saya. Alasan sales sih supaya alphard dan voxy tetap laku. :big_bored:
- Ketika menyetir rasanya bawa mobil ini tidak sebesar body nya, ada perasaan bahwa mobil ini sedikit lebih kecil dari aslinya. Mungkin efek chasis TNGA nya?
- Bantingan suspensi lebih firm dan stiff, gak terlalu ngayun. Malah saya merasa lebih empukan CX 5 FL (2022)
- Exterior menurut selera saya gagah dan cakep, khususnya facia depan. Utk bagian belakang cukup plain ditambah lampu belakang yang modelnya gk perlu dijelasin lagi mirip siapa. :big_dunno:
- Perpindahan dari mesin bensin ke hybrid ataupun sebaliknya halus, ciri khas hybrid toyota. (terakhir test punya Chr dan Camry, rasanya sih lebih halus lagi zenix ini). Untuk masalah efisiensi gak di test (bisa lihat review di youtube yg udah byk banget).

Alhasil menjadi lebih galau antara pilihan yang tadinya sudah hampir solid ke CX 5 kuro setelah TD jenik ini. Sekarang pertimbangannya lebih mengerucut antara kebutuhan full size family car atau medium SUV. Kalau masalah driving feel, desain, fitur dll saya jelas prefer ke CX 5. Tapi ketika bicara kelegaan akomodasi, potensi utk digunakan road trip bareng keluarga, zenix jauh lebih unggul. Sekarang pertimbangannya kembali ke awal ternyata, apakah efektif melihara 7 seater (zenix + xpander cross) di satu rumah atau lebih baik stick to CX 5 yg fokus untuk keperluan bisnis dan mobilitas dalam kota. Karena dengan konfigurasi CX 5 + xpander cross, keperluan traveling luar kota pasti akan menggunakan xpander cross.

Pertimbangan nyonya surprisingly lebih prefer ke CX 5 karena kalaupun ada zenix, menurut dia utk umur anak sekarang pelihara zenix (asumsi bawa ART dengan 2 orang anak batita) agak mubazir karena row 2 nya terpaksa harus diisi dengan baby car seat, sedangkan di sisi sebelahnya harus ada ART. Alhasil anak 1 lagi harus di taro row 3 atau dipangku ibu nya di depan. Jadi kelegaan kabin zenix menjadi mubazir.

Adakah rekan2 yang mengalami concern yang sama dengan saya dan akhirnya memutuskan memilih konfigurasi yang seperti apa?
coba tanya istri, plan mau brp anak, kapan mau nambah anak / ART etc etc

klo anak fix 1-2 incl ART better CX5, toh um sudah condong kesana

cuma klo rencananya mau nambah anak / ART lebih banyak, dalam 2-3 taun ini (lets say total 3 anak + 2 ART), bisa opt zenix. sekalian gtu um

balik lg, apakah plan um mau keep mobil selaras dengan plan membesarkan keluarga.
pierrecardin
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Fri Feb 19, 2016 10:33

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by pierrecardin »

jazzretro7 wrote: Tue May 16, 2023 9:02
pierrecardin wrote: Fri Apr 28, 2023 3:49 Sekitar 3 hari yang lalu kebetulan udah td Zeniq type Q Hybrid, tp kebetulan karena mobil customer jadi hanya boleh muter2 di sekitar pool auto2000 aja.
Kesan utamanya sih kurang lebih ini :
- Kabin luas banget compare to reborn, baris ketiga nya apalagi. 3rd row diisi 2 orang dewasa masih sangat nyaman, saya rasa di bawa Jkt-Cirebon pun penumpang belakang gak akan komplain.
- Cockpit penuh + fitur2 terkini (TSS dan perintilannya).
- BQ interior biasa aja, khususnya kualitas leathernya yg menurut saya lebih bagus reborn sedikit
- Driving position jauh jauh jauh lebih ergonomis dibanding reborn, sayang beribu sayang driver seat tidak dilengkapi dengan pengaturan elektrik. Ini rada keterlaluan menurut saya. Alasan sales sih supaya alphard dan voxy tetap laku. :big_bored:
- Ketika menyetir rasanya bawa mobil ini tidak sebesar body nya, ada perasaan bahwa mobil ini sedikit lebih kecil dari aslinya. Mungkin efek chasis TNGA nya?
- Bantingan suspensi lebih firm dan stiff, gak terlalu ngayun. Malah saya merasa lebih empukan CX 5 FL (2022)
- Exterior menurut selera saya gagah dan cakep, khususnya facia depan. Utk bagian belakang cukup plain ditambah lampu belakang yang modelnya gk perlu dijelasin lagi mirip siapa. :big_dunno:
- Perpindahan dari mesin bensin ke hybrid ataupun sebaliknya halus, ciri khas hybrid toyota. (terakhir test punya Chr dan Camry, rasanya sih lebih halus lagi zenix ini). Untuk masalah efisiensi gak di test (bisa lihat review di youtube yg udah byk banget).

Alhasil menjadi lebih galau antara pilihan yang tadinya sudah hampir solid ke CX 5 kuro setelah TD jenik ini. Sekarang pertimbangannya lebih mengerucut antara kebutuhan full size family car atau medium SUV. Kalau masalah driving feel, desain, fitur dll saya jelas prefer ke CX 5. Tapi ketika bicara kelegaan akomodasi, potensi utk digunakan road trip bareng keluarga, zenix jauh lebih unggul. Sekarang pertimbangannya kembali ke awal ternyata, apakah efektif melihara 7 seater (zenix + xpander cross) di satu rumah atau lebih baik stick to CX 5 yg fokus untuk keperluan bisnis dan mobilitas dalam kota. Karena dengan konfigurasi CX 5 + xpander cross, keperluan traveling luar kota pasti akan menggunakan xpander cross.

Pertimbangan nyonya surprisingly lebih prefer ke CX 5 karena kalaupun ada zenix, menurut dia utk umur anak sekarang pelihara zenix (asumsi bawa ART dengan 2 orang anak batita) agak mubazir karena row 2 nya terpaksa harus diisi dengan baby car seat, sedangkan di sisi sebelahnya harus ada ART. Alhasil anak 1 lagi harus di taro row 3 atau dipangku ibu nya di depan. Jadi kelegaan kabin zenix menjadi mubazir.

Adakah rekan2 yang mengalami concern yang sama dengan saya dan akhirnya memutuskan memilih konfigurasi yang seperti apa?
klo om concern akan mubasiritas zenix krn akomodasi yg kelebihan dgn cx5 apa ga tambah sempit om klo semua anggota kluarga plus art diangkut.. belum barang2nya..oya perlu dipertimbangkan beli mobil apalagi baru kan ga dipake utk 1-2 thn kan..minimal 5 thn ato klo bs sampe 10 thn nah dgn jangka waktu segitu tentu 2 batita tadi akan tumbuh gd kan palagi klo dah msk playgrop esde pasti mreke butuh akomodasi yg nyaman jg biasanya anak sulung mwnya booking row 3 anak bungsu booking row 2..nah lohh.. :big_think: :big_slap:
ato klo mo keep 2 row di mazda knp ga jajal mazda 6 estate om keren tuhh...jarang2 yg punya estate jaman now... :big_peace:
Om coba baca lagi kegalauan ane di atas, maksudnya bukan fis a fis cx 5 vs zenix, tp karena pertimbangan ada xp cross... Jadi kalau ada keperluan family misalnya keluar kota, udah pasti gak pake cx 5 tapi akan pake xp cross. Jadi pertimbangannya itu antara melihara dua seven seater (xp cross and zenix) atau cx 5 dan xp cross, yg satu 5 seater yg satu 7 seater
pierrecardin
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Fri Feb 19, 2016 10:33

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by pierrecardin »

RCMN wrote: Wed May 17, 2023 2:59
Kalo saya udah punya xp cross mungkin akan lebih pilih cx5 daripada zenix.
Seinget sy waktu coba xp cross itu row 2 & 3 udah cukup luas dan akomodatif buat jadi mobil keluarga.
Jadi nanti dalkot & sehari2 pake cx5, lukot & bawa keluarga pake xp cross.
Kalo xp cross + zenix serasa mubazir menurut awak yg nubi ini.
Noted om.. sama pandangannya ama bini ane nih
babehgue708 wrote: Wed May 17, 2023 10:00
Ini ane juga punya dilema yang sama, cuma perbandingannya CRV FL vs CX5 GT (waktu masih 2022 awal), dari segi looks lebih prefer CX5, tp dari suspensi lebih enak CRV, cuman krn di rumah udah ada reborn, jadi agak mubazir beli mobil 3 row lagi, akhirnya ambil CX5, skrg ODO udah mau 25rb dan so far sangat puas pakenya. Kalo mau jalan2 berdua ato bertiga aja pake CX5, kalau jalan sekeluarga rame2 reborn yang on duty.

Saran saya sih tutup mata ambil CX5, kecuali oom mau jual xpander crossnya baru deh tukarnya ke zenix. as long masih mau ttp dikeep xpander cross, CX5 pilihan yang lebih masuk akal :big_smile]
Ane punya pikiran sama neh om, kalau utk jangka panjang kayanya xp cross akan di switch dgn zenix (mungkin facelift) karena perkiraan kami xp cross life time use nya sektitar 5 tahun. Ini jg berkaitan dengan umur anak yang pasti udah pada rada gedean, jd mungkin sdh butuh space agak gede.. Dan terkait pertanyaan rencana punya anak berapa, kemungkinan maksimal di tiga. Tp anak ketiga rencana di jeda sekian tahun dgn kakak nya..
Btw cx 5 nya yang pre-FL ya? Ambil di dealer mana om?
Kervey
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Thu May 26, 2022 0:52
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by Kervey »

pierrecardin wrote: Fri Apr 28, 2023 3:49 Sekitar 3 hari yang lalu kebetulan udah td Zeniq type Q Hybrid, tp kebetulan karena mobil customer jadi hanya boleh muter2 di sekitar pool auto2000 aja.
Kesan utamanya sih kurang lebih ini :
- Kabin luas banget compare to reborn, baris ketiga nya apalagi. 3rd row diisi 2 orang dewasa masih sangat nyaman, saya rasa di bawa Jkt-Cirebon pun penumpang belakang gak akan komplain.
- Cockpit penuh + fitur2 terkini (TSS dan perintilannya).
- BQ interior biasa aja, khususnya kualitas leathernya yg menurut saya lebih bagus reborn sedikit
- Driving position jauh jauh jauh lebih ergonomis dibanding reborn, sayang beribu sayang driver seat tidak dilengkapi dengan pengaturan elektrik. Ini rada keterlaluan menurut saya. Alasan sales sih supaya alphard dan voxy tetap laku. :big_bored:
- Ketika menyetir rasanya bawa mobil ini tidak sebesar body nya, ada perasaan bahwa mobil ini sedikit lebih kecil dari aslinya. Mungkin efek chasis TNGA nya?
- Bantingan suspensi lebih firm dan stiff, gak terlalu ngayun. Malah saya merasa lebih empukan CX 5 FL (2022)
- Exterior menurut selera saya gagah dan cakep, khususnya facia depan. Utk bagian belakang cukup plain ditambah lampu belakang yang modelnya gk perlu dijelasin lagi mirip siapa. :big_dunno:
- Perpindahan dari mesin bensin ke hybrid ataupun sebaliknya halus, ciri khas hybrid toyota. (terakhir test punya Chr dan Camry, rasanya sih lebih halus lagi zenix ini). Untuk masalah efisiensi gak di test (bisa lihat review di youtube yg udah byk banget).

Alhasil menjadi lebih galau antara pilihan yang tadinya sudah hampir solid ke CX 5 kuro setelah TD jenik ini. Sekarang pertimbangannya lebih mengerucut antara kebutuhan full size family car atau medium SUV. Kalau masalah driving feel, desain, fitur dll saya jelas prefer ke CX 5. Tapi ketika bicara kelegaan akomodasi, potensi utk digunakan road trip bareng keluarga, zenix jauh lebih unggul. Sekarang pertimbangannya kembali ke awal ternyata, apakah efektif melihara 7 seater (zenix + xpander cross) di satu rumah atau lebih baik stick to CX 5 yg fokus untuk keperluan bisnis dan mobilitas dalam kota. Karena dengan konfigurasi CX 5 + xpander cross, keperluan traveling luar kota pasti akan menggunakan xpander cross.

Pertimbangan nyonya surprisingly lebih prefer ke CX 5 karena kalaupun ada zenix, menurut dia utk umur anak sekarang pelihara zenix (asumsi bawa ART dengan 2 orang anak batita) agak mubazir karena row 2 nya terpaksa harus diisi dengan baby car seat, sedangkan di sisi sebelahnya harus ada ART. Alhasil anak 1 lagi harus di taro row 3 atau dipangku ibu nya di depan. Jadi kelegaan kabin zenix menjadi mubazir.

Adakah rekan2 yang mengalami concern yang sama dengan saya dan akhirnya memutuskan memilih konfigurasi yang seperti apa?
Saya vote zenix
Alasan = dijual lagi harganya strong,part 3rd party ny bertebaran + mobil spek indo bgt dan yg pasti irit (saya dpt 17 Km an /L pake P turbo)
Tpi klo org tipikal suka yg out of the way.lebih baik mazdut sih
Krn pemakai toyota tipikal org yg main aman (ga neko2.mobil asal pake,tpi ga wah krn kembarannya banyak)
User avatar
B 0 YZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 313
Joined: Fri Aug 17, 2007 9:03

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by B 0 YZ »

Saya punya kondisi yang sama persis, posisi sekarang baru punya anak 1 , mostly pergi sy dan istri, lalu anak balita di car seat dan suster. Lagi kemarin mobil saya fortuner 2gd dan avanza (mobil kantor) karena hampir ga pernah kepake banget row 3, dan kalo kondisi pas butuh angkut orang banyak ada avanza yang setaun paling 1-2 kali aja , akhirnya 2 bulan lalu saya tuker fortuner ke cx5.

Overall ga nyesel si , apalagi sebagai driver bumi langit dari fortuner ke cx5

Pros
Nvh luar biasa halus , biasa naik diesel yang geter sekarang halus banget, peredaman juga jauh , bantingan firm tapi feel premium yang sebelomnya goyang2 naek ladder frame, fitur jauh2 berlimpah krn sebelumnya pake fortuner 2gd tapi tipe G.

Cons
tenaga mesin so far ga kekurangan di cx5, walau torsi diesel ga boong kalo dipake full load atau nanjak di cipularang diesel lebih effortless.
Biaya bensin membengkak , sebelumnya pake solbus sekarang pake pertamax , avg fortuner bisa 1:12an , di cx5 1:10an.
Row 2 agak sempit compare ke fortuner tapi masih ok lah.
User avatar
babehgue708
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: Fri Jul 26, 2019 7:06
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2012 CRV RE1

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by babehgue708 »

pierrecardin wrote: Sun May 21, 2023 11:28
RCMN wrote: Wed May 17, 2023 2:59
Kalo saya udah punya xp cross mungkin akan lebih pilih cx5 daripada zenix.
Seinget sy waktu coba xp cross itu row 2 & 3 udah cukup luas dan akomodatif buat jadi mobil keluarga.
Jadi nanti dalkot & sehari2 pake cx5, lukot & bawa keluarga pake xp cross.
Kalo xp cross + zenix serasa mubazir menurut awak yg nubi ini.
Noted om.. sama pandangannya ama bini ane nih
babehgue708 wrote: Wed May 17, 2023 10:00
Ini ane juga punya dilema yang sama, cuma perbandingannya CRV FL vs CX5 GT (waktu masih 2022 awal), dari segi looks lebih prefer CX5, tp dari suspensi lebih enak CRV, cuman krn di rumah udah ada reborn, jadi agak mubazir beli mobil 3 row lagi, akhirnya ambil CX5, skrg ODO udah mau 25rb dan so far sangat puas pakenya. Kalo mau jalan2 berdua ato bertiga aja pake CX5, kalau jalan sekeluarga rame2 reborn yang on duty.

Saran saya sih tutup mata ambil CX5, kecuali oom mau jual xpander crossnya baru deh tukarnya ke zenix. as long masih mau ttp dikeep xpander cross, CX5 pilihan yang lebih masuk akal :big_smile]
Ane punya pikiran sama neh om, kalau utk jangka panjang kayanya xp cross akan di switch dgn zenix (mungkin facelift) karena perkiraan kami xp cross life time use nya sektitar 5 tahun. Ini jg berkaitan dengan umur anak yang pasti udah pada rada gedean, jd mungkin sdh butuh space agak gede.. Dan terkait pertanyaan rencana punya anak berapa, kemungkinan maksimal di tiga. Tp anak ketiga rencana di jeda sekian tahun dgn kakak nya..
Btw cx 5 nya yang pre-FL ya? Ambil di dealer mana om?
Nah kalo sebentar lagi xpcross dijual, mending sabar ambil Zenix FL nanti, mungkin harganya udah start dari 500jtan deh, jadi better hold dulu buat nabung. Iya oom, ambil yang pre-FL, ambilnya di Bintaro Jaya warna soul red. :big_smile]
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 715
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by adityawei »

Saran :

Ikuti kata istri.. Happy wife = Happy life..

Titik. Tidak pakai koma.

Kecuali istri ngikut kita maunya apa
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
pierrecardin
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Fri Feb 19, 2016 10:33

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by pierrecardin »

Update:
Setelah berbagai macam pertimbangan akhirnya pilihan jatuh ke Zenix Q HEV.
Barang sudah diterima 1 minggu yang lalu dengan masa inden kurang lebih 1 bulan (ambil di Lampung tapi plat Jabodetabek), di jabodetabek infonya msh sekitar 4-6 bulan (diluar jatah GIIAS).
Dapet di harga 624 jt tanpa diskon sepeser pun :big_bored:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by Pboyz97 »

pierrecardin wrote: Wed Aug 30, 2023 4:15 Update:
Setelah berbagai macam pertimbangan akhirnya pilihan jatuh ke Zenix Q HEV.
Barang sudah diterima 1 minggu yang lalu dengan masa inden kurang lebih 1 bulan (ambil di Lampung tapi plat Jabodetabek), di jabodetabek infonya msh sekitar 4-6 bulan (diluar jatah GIIAS).
Dapet di harga 624 jt tanpa diskon sepeser pun :big_bored:
congrats om buat mobil barunya. kalo di jabodetabek gak heran om, laku bgt, malah lebih banyak saya perhatiin dijalan yg tipe q ini dibanding tipe g atau v nya hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3406
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by kendibocor »

pierrecardin wrote: Wed Aug 30, 2023 4:15 Update:
Setelah berbagai macam pertimbangan akhirnya pilihan jatuh ke Zenix Q HEV.
Barang sudah diterima 1 minggu yang lalu dengan masa inden kurang lebih 1 bulan (ambil di Lampung tapi plat Jabodetabek), di jabodetabek infonya msh sekitar 4-6 bulan (diluar jatah GIIAS).
Dapet di harga 624 jt tanpa diskon sepeser pun :big_bored:
Untung ga ambil fortie om, harga dex per hari ini bikin ngurut dada :mky_04:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
edwjuanda
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Fri Sep 15, 2023 6:20
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner TRD Sportivo 2013

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by edwjuanda »

walid_007 wrote: Fri Mar 31, 2023 12:50 w beli cx5 kuro bln des lalu. inden 4 bulan oii

gas nya ga enak om. mendul mendul., kek mobil mo loncat n kek org belajaran nyetir

usut punya usut. pake mesin 2 4 2 4 cylinder yg katanya bisa buat irit tp ah udahlah. jarag pake
klo mau d beli (sp tau minat) dm aja. km belom genep 2000 perak. warna poly metal.
no indent2 club no tunggu stnk2 club haha
Om masih jual cx5 nya? boleh dm om atau share wa om? hehe :big_deal:
edwjuanda
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Fri Sep 15, 2023 6:20
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner TRD Sportivo 2013

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by edwjuanda »

pierrecardin wrote: Wed Aug 30, 2023 4:15 Update:
Setelah berbagai macam pertimbangan akhirnya pilihan jatuh ke Zenix Q HEV.
Barang sudah diterima 1 minggu yang lalu dengan masa inden kurang lebih 1 bulan (ambil di Lampung tapi plat Jabodetabek), di jabodetabek infonya msh sekitar 4-6 bulan (diluar jatah GIIAS).
Dapet di harga 624 jt tanpa diskon sepeser pun :big_bored:
Om ambil yg prem color dan TCO kah harga segitu? atau hny prem color aja om?
Gimana om setelah ambil Zenix Q HV instead of CX5 Kuro? Saya lagi ada di posisi yang sama nih dengan om.. Lagi galau antara CX5 atau Zenix Hybrid :)
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by Pboyz97 »

edwjuanda wrote: Thu Sep 21, 2023 3:22

Om ambil yg prem color dan TCO kah harga segitu? atau hny prem color aja om?
Gimana om setelah ambil Zenix Q HV instead of CX5 Kuro? Saya lagi ada di posisi yang sama nih dengan om.. Lagi galau antara CX5 atau Zenix Hybrid :)
saya bantu jawab ya . tergantung kebutuhan. perlu 7 seater + mentingin akomodasi? kalo perlu 7 seater ambil zenix tp kalo 5 seater udh cukup ambil cx5 . kebetulan saya ex user cx5 2013 & 2018 + sekarang pake voxy 2023 yg drivetrainnya mirip2 sm zenix non hv

kalo diluar opsi bisa up budget ke crv gen 6, sepertinya upgrade jauh dari gen sblmnya menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
pierrecardin
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Fri Feb 19, 2016 10:33

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by pierrecardin »

edwjuanda wrote: Thu Sep 21, 2023 3:22
pierrecardin wrote: Wed Aug 30, 2023 4:15 Update:
Setelah berbagai macam pertimbangan akhirnya pilihan jatuh ke Zenix Q HEV.
Barang sudah diterima 1 minggu yang lalu dengan masa inden kurang lebih 1 bulan (ambil di Lampung tapi plat Jabodetabek), di jabodetabek infonya msh sekitar 4-6 bulan (diluar jatah GIIAS).
Dapet di harga 624 jt tanpa diskon sepeser pun :big_bored:
Om ambil yg prem color dan TCO kah harga segitu? atau hny prem color aja om?
Gimana om setelah ambil Zenix Q HV instead of CX5 Kuro? Saya lagi ada di posisi yang sama nih dengan om.. Lagi galau antara CX5 atau Zenix Hybrid :)
Iya ambil prem colour om, plus tambah 2 jt untuk request nopol genap.
Sofar puasss om karena sesuai dengan kebutuhan saya, kalau dibandingkan dengan cx 5 kelebihannya jelas di tekonologi hybrid dan mesin terbaru, kelegaan kabin, dan TSS 3.0 nya dan yang pasti after sales nya ya. Cx 5 unggul di driving feel, kualitas interior dan sound system (meskipun ini relatif karena zenix jg bisa di upgrade).

Om nya dipakai sendiri apa mau dijadikan mobil keluarga? Kalau mau dijadikan mobil keluarga jg sih merem ambil zenix, tp kalau masih single CX 5 FL ini masih enak banget sih di pake untuk harian.
Sy kebetulan ambil zenix dipakai untuk operasional harian + mobil keluarga khusus untuk family trip. Td nya pakai mobil isteri yaitu XP Cross Facelift utk family trip.
Kebetulan kemaren abis trip ke jogja via trans jawa, kerasa nikmatnya pakai zenix.. mulai dari torsi, fitur dan kelegaan kabin. Yg sy agak sedikit mengganggu itu road noise nya msh agak masuk khususnya kalau udah di atas 120 km/h. Kalau untuk bantingan sy termaksud cocok dengan karakter nya zenix yg sekarang firm dan enak di ajak manuver.