What would you do?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: What would you do?

Post by zonepublic »

kendibocor wrote: Wed Mar 01, 2023 5:23
Nah dari sini kemarin saya mikir2 sendiri kenapa produk2 negara tiongkok ini blm bisa menembus supremasi mobil2 jepang. Padahal kalo bilang produk secara kualitas yg terlihat tidak kalah sama mobil jepang, bahkan boleh dibilang lebih unggul.
Mau rebut pasar mobil jepang atau mobil eropa/amerika dulu?
Karena saya masih tinggal di jawa tapi bukan dijakarta saya coba kasih masalahnya saja (anggap saja kritikus atau hater atau apalah) ,ntar coba cariin solusinya

1 brand eropa/amerika jelas sudah punya posisi dan prestise sendiri,mau rebut penjualan mobil eropa/amerika bisa ga bikin brand image "mobil sport,nyaman,kuat"seperti mobil eropa/amerika?
Brand jepang seperti Honda/toyota di indo terkenal kuat,tahan lama,mudah diakalin,spare part berlimpah dan murah,mudah dioprek bahkan suzuki yg brand jepang biarpun bikinan india aja laku di indo,apa mobil brand cina bisa janjiin itu semua?
2 kalo dipake 10 tahun dijual lagi kira2 bisa gampang laku ga?
Ingat orang indonesia mayoritas beli mobil kaga mau rugi karena mobil tu kaya perhiasan,bukan saja cuma prestise tapi juga maunya balik modal karena banyak yg sebenernya belum mampu beli mobil tapi butuh
3 irit ga?buat kaum yang beli mobil buat nguli dan setelah dimanfaatin nguli dijual tetap laku tinggi
4 mesin kuat ga?performa beneran bagus?karena Belum terbukti di ajang offroad atau balap atau ajang pembuktian apapun,ga bisa dipungkiri ajang balap baik moto gp/ f1/wrc/le mans adalah salah 1 ajang pembuktian brand,makannya seperti di film ford vs ferrari atau honda,yamaha suzuki pabrikan sampe bela2in ikut balapan untuk punya portofolio profil performa mesinnya dan saya belum lihat pabrikan cina ada kontribusi disana
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: What would you do?

Post by mobilover »

User cortez 2019 di sini. Udah 3.5 tahun pakai mobil ini overall, puas, nyaman. Cuma ada 2 keluhan utama buat saya

1. BBM boros. Ini susah gak ada obatnya. Bawaan mesin turbo wuling kiblatnya ke mesinnya GM yg america based RnD jadi yah mobil haus bbm jadinya. Kl lg macet bisa 1 : 6 - 7 km hahaha

2. Sparepart gak ready. Ini kejadian pas mobil sy ketabrak di belakang dan lg claim asuransi. Ampun itu part penggantinya gak ready sampai inden 2 - 3 bulan. Untung aja part yg mau diganti gak fatal, jadi mobilnya bisa saya pakai dulu sampai nunggu barangnya. Tapi gedek aja yg dibilang udah CKD cikarang part inden selama itu.

PRnya utk brand china mnrt sy

1. Udahlah nyerah aja di gasoline engine. Full focus ke hybrid dan EV. Mereka punya modal kuat kok di sana. Cuma feeling sy mereka nunggu insentif EV resmi dr pemerintah baru gass habis

2. Itu sparepart harus diusahakan ready dan tersedia di mana2. Kl masih inden 2 - 3 bulan dan dicarinya susah, jangan mimpi rebut market share dari jepang

3. Resale value harus dibantu distimulasi supaya orang2 PD beli mobilnya gak takut hargany hancur pas dijual lagi. Masih banyak yg gak rela jual rugi banyak.

Itu aja sih. Semoga pasar indo makin ramai dan gak cuma brand itu2 aja
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: What would you do?

Post by classicrock »

Nyimak saran sarannya udah pada mantap nih, memang muter muternya pasti ga jauh di after sales service.

Sedikit berbagi soal pengalaman keluarga kami di sekitaran 1995/2000.

Dari saya kecil ortu selalu ga jauh dari Honda, Toyota, Daihatsu, Suzuki dan BMW. Tahun 1995 keluarlah Opel Optima, bapak saya beli, karena pengen coba merk yang ga mainstream. Alhasil yang dialami onderdil ngga mudah didapat, build quality juga terasa kurang, belum setahun bohlam di dasbor udah pada mati, kaki kaki glodakan, panel plastik di kap bagasi suka mau lepas. Akhirnya jual. Tahun 2000 juga masih berani nyoba merk non mainstream, beli KIA Sportage 4x4 dan KIA Ceres Pickup 4x4 untuk dipakai di proyek di Kalimantan. Ini juga sama aja, onderdil susah, nyari thermostat AC aja ga dapet dapet. Malahan pas baru itu KIA Sportage overheat di hari pertama pemakaian persis setelah delivery. Sampai itu mobil kami tinggal di Pasaraya Blok M dan minta orang KIA ambil.

Setelah itu kapok, urusan mobil lapangan ya balik lagi ke Daihatsu Taft & Rocky plus Hiline Pickup. Urusan mobil penumpang ya balik lagi ke merk merk itu itu lagi.


Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3420
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: What would you do?

Post by kendibocor »

rakyatwkwkland wrote: Wed Mar 01, 2023 14:08
KielConstantine wrote: Wed Mar 01, 2023 13:14
the-mantal wrote: Wed Mar 01, 2023 10:13 3. ac cina (gree) karena diendorse tukang2 ac.
Eh ada yg ngomongin AC :big_biglaugh:

Ada pengalaman nehh. AC gree vs daikin . Pasangnya bareng (awal 2020) . Pakenya bareng, umurnya jg sama persis ud nginjak 3 tahun

Yang merk gree. Sampe skarang masih no problem at all. Kg ada bocor2. Masihh dinginnnn. Freon pernah abis, trus isi 1x. Perawatan cuman cuci berkala aja indoor-outdoor 3 bulan sekali

Sementara yg merk jepang daikin. Ampun dahh. Sering banget rembes2 aer sampe netes2. Freon abis wajar pemakaian. Blom lg kadang sensor module receiver remotenya suka kg fungsi. Musti ganti modul. Dipertanyakan jg neh japan quality.. walaupun ud made in china jg sehh si daikin wkwkwk
Daikin skrg made in thai dan malon oom. Udah ngga ada lagi model yg masuk dari china.

Masalah segitu kayanya masih mending oom. Belon tau aja dia kalo user model inverternya kalo udah kena PCB nya sekali kena gantinya bisa 2 jutaan :ngacir: Ane sering nangkring di trit AC forum sebelah dah mayan kenyang baca orang curhat daikinnya masalah, mulai dari evap bocor sampe PCB bermasalah khusus seri inverter FTKC :ngacir:

btw,
Freon abis wajar pemakaian
Freon abis mah ga wajar oom... Yg namanya freon mah gabakal pernah abis kecuali ada bocor...
2 tahun lalu pas ngisi rumah beli ac daikin 5 biji, kebetulan menkeu memang tugasnya di operasional jd dia ngerti tuh dikit banyak masalah ac, lift, dll. Dia blg beli daikin yg thai tp yg non-inverter karena yg inverter lebih mahal n sering rusak. Ternyata bener ya banyak keluhan ttg inverternya. Skrng ac jalan 2 taon semuanya aman2 aja sih ga ada masalah.

Dari komentar om2 semua, terutama oengguna langsung mobcin. Sebenernya mobcin jaman sekarang uda proper ya, cuman memang masih harus ada finishing touch yg lebih maksimal lg dari produknya itu sendiri sampe aftersalesnya. Gw rasa mobcin kalo mo mengimbangi mobil jepang, ga cukup hanya memberikan pelayanan di level yg sama tapi harus bisa unggul dari mereka baru masyarakat akan consider buat beli. Susahnya persepsi masyarakat terhadap produk baru pasti sentimennya akan negatif duluan, margin of tolerancenya jg pasti lebih kecil kalo ada defect. Padahal banyak loh jejepangan yg sebenernya kualitasnya acakadut jg. Padahal sblm didelivery katanya uda di QC n PDI. Terakhir beli H tegak dari baru aja ane kedapetan yg handle pintunya overspray n karet pembatas di pintu supir jg ga perfect masangnya. Ya namanya mass product ga bakal 100% sempurna. Cuma masalahnya kalo mobcin yg begitu pasti nyanyinya orang2 akan lebih kenceng.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15580
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: What would you do?

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Thu Mar 02, 2023 4:14 Ya namanya mass product ga bakal 100% sempurna. Cuma masalahnya kalo mobcin yg begitu pasti nyanyinya orang2 akan lebih kenceng.
Wkwkkw tapi defectnya mobcin ini gila sih. Itu air ev lcdnya suka error. Almaz juga sama HUnya, sialnya kontrol ac semua lewat hu. Wkwkwkwkw.

Jepangan kan paling rattle sama kaki kaki sama printilan aja yang common. Terakhir gw dapet BRV, PDI nya kelewat. Wkwkwkwkwkw. Lupa reset odometer. Gw ditelponin ke staff PDInya disuruh bawa jalan 30km dah ilang sendiri.

Dan perlakuannya kok .... Ya klo 1-2 dealer mah oknum yah kalo ini banyak ya nganu juga.

Chery bosnya ex orang astra daihatsu... Harusnya mendingan lah. Tp gini2 kan kultur kerja ngikut prinsipal juga.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2ffthud
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Sun Feb 26, 2023 5:06
Location: PlusEnamDua

Re: What would you do?

Post by 2ffthud »

kendibocor wrote: Wed Mar 01, 2023 13:44
yg susah itu bikin hospitalitynya agar bisa melayani konsumen sampai puas. Bikin pelayanan model bank bca itu sangat2 sulit lho :mky_03:
Ini! Ngebangun SDM & kultur pelayanan emang super muahhall & luammma mana gak keliatan langsung lagi. Tapi kalo udah “jadi”, bakalan jadi highest returning investment, apapun model bisnisnya
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: What would you do?

Post by Bibieight »

ChZ wrote: Thu Mar 02, 2023 4:59
kendibocor wrote: Thu Mar 02, 2023 4:14 Ya namanya mass product ga bakal 100% sempurna. Cuma masalahnya kalo mobcin yg begitu pasti nyanyinya orang2 akan lebih kenceng.
Wkwkkw tapi defectnya mobcin ini gila sih. Itu air ev lcdnya suka error. Almaz juga sama HUnya, sialnya kontrol ac semua lewat hu. Wkwkwkwkw.

Jepangan kan paling rattle sama kaki kaki sama printilan aja yang common. Terakhir gw dapet BRV, PDI nya kelewat. Wkwkwkwkwkw. Lupa reset odometer. Gw ditelponin ke staff PDInya disuruh bawa jalan 30km dah ilang sendiri.

Dan perlakuannya kok .... Ya klo 1-2 dealer mah oknum yah kalo ini banyak ya nganu juga.

Chery bosnya ex orang astra daihatsu... Harusnya mendingan lah. Tp gini2 kan kultur kerja ngikut prinsipal juga.
Masalah Boss mah kayaknya ndak ngaruh2 banget, lha itu Ford boss-nya kan mantan Auto 2000 ya ndak kemana2 toh ?. Kalo diliat2 urusan principal-ATPM itu kayak orang kawin, harus jodoh, jadi kulturnya dua2nya harus sama. Liat aja mobil Jepang, bener kultur pelayanan Jepang nomer satu, kalo pernah beli barang disana keliatan banget kan, dibungkusin rapijali sampe sayang ngebuka :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: .

Tapi ndak semua jepang disini bener kan, cuman merek Jepang yang dipegang grup Astra aja yang bagus, si Ahond, Sijuki ama Tiga Berlian kan jauh rasanya ama grup Astra. Terbaru, liat aja tu Hyundai, mabok juga kan si Korea coba2 kontrol dealer2nya, urusan Ioniq 5 aja masalah upping2an sales ndak selesai2, di Astra ketauan upping kirim email ke pusat langsung tindak lanjutnya kenceng bener.

Membangun kultur gini ndak semalem, butuh 10-20 tahun, harus ada penyeragaman training, penyeragaman kriteria rekruitmen kartap, refreshing budaya secara rutin, perlakuan antar dealer harus adil, monitoring harus ketat.

Itu ada principal harus punya komitmen kawin seumur idup, dah dibangun mahal2 principal kabur kan cilaka kayak Ford, liat aja tu nasib grup Nusantara. Terus lokal udah pelayanan bagus ama principal ndak dikasih unit atau onderdil ya ama aja toch... Nah mobcin ini sampai hari ini belun ketemu jodoh, ada juga main sendiri kayak Wuling, DFSK (CMMIW) partneran ama bekas pabrikan mocin....

What would yo do ?, principal harus bersedia setia, ndak kabur2an kayak Ford, Chevrolet, harus pula kawin ama ATPM lokal yang bener dan setia, juga jangan main sendiri kayak Hyundai, Wuling. Nah syarat kesatu gampang, asal principal kuat napas bisa, syarat kedua itu yang malah kayaknya susah....
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: What would you do?

Post by rakyatwkwkland »

kendibocor wrote: Thu Mar 02, 2023 4:14
rakyatwkwkland wrote: Wed Mar 01, 2023 14:08
KielConstantine wrote: Wed Mar 01, 2023 13:14

Eh ada yg ngomongin AC :big_biglaugh:

Ada pengalaman nehh. AC gree vs daikin . Pasangnya bareng (awal 2020) . Pakenya bareng, umurnya jg sama persis ud nginjak 3 tahun

Yang merk gree. Sampe skarang masih no problem at all. Kg ada bocor2. Masihh dinginnnn. Freon pernah abis, trus isi 1x. Perawatan cuman cuci berkala aja indoor-outdoor 3 bulan sekali

Sementara yg merk jepang daikin. Ampun dahh. Sering banget rembes2 aer sampe netes2. Freon abis wajar pemakaian. Blom lg kadang sensor module receiver remotenya suka kg fungsi. Musti ganti modul. Dipertanyakan jg neh japan quality.. walaupun ud made in china jg sehh si daikin wkwkwk
Daikin skrg made in thai dan malon oom. Udah ngga ada lagi model yg masuk dari china.

Masalah segitu kayanya masih mending oom. Belon tau aja dia kalo user model inverternya kalo udah kena PCB nya sekali kena gantinya bisa 2 jutaan :ngacir: Ane sering nangkring di trit AC forum sebelah dah mayan kenyang baca orang curhat daikinnya masalah, mulai dari evap bocor sampe PCB bermasalah khusus seri inverter FTKC :ngacir:

btw,
Freon abis wajar pemakaian
Freon abis mah ga wajar oom... Yg namanya freon mah gabakal pernah abis kecuali ada bocor...
2 tahun lalu pas ngisi rumah beli ac daikin 5 biji, kebetulan menkeu memang tugasnya di operasional jd dia ngerti tuh dikit banyak masalah ac, lift, dll. Dia blg beli daikin yg thai tp yg non-inverter karena yg inverter lebih mahal n sering rusak. Ternyata bener ya banyak keluhan ttg inverternya. Skrng ac jalan 2 taon semuanya aman2 aja sih ga ada masalah.

Dari komentar om2 semua, terutama oengguna langsung mobcin. Sebenernya mobcin jaman sekarang uda proper ya, cuman memang masih harus ada finishing touch yg lebih maksimal lg dari produknya itu sendiri sampe aftersalesnya. Gw rasa mobcin kalo mo mengimbangi mobil jepang, ga cukup hanya memberikan pelayanan di level yg sama tapi harus bisa unggul dari mereka baru masyarakat akan consider buat beli. Susahnya persepsi masyarakat terhadap produk baru pasti sentimennya akan negatif duluan, margin of tolerancenya jg pasti lebih kecil kalo ada defect. Padahal banyak loh jejepangan yg sebenernya kualitasnya acakadut jg. Padahal sblm didelivery katanya uda di QC n PDI. Terakhir beli H tegak dari baru aja ane kedapetan yg handle pintunya overspray n karet pembatas di pintu supir jg ga perfect masangnya. Ya namanya mass product ga bakal 100% sempurna. Cuma masalahnya kalo mobcin yg begitu pasti nyanyinya orang2 akan lebih kenceng.
Makanya keren bukan kalau misalnya wuling bisa ngasih pelayanan 1 tingkat di atas jepangan? Di postingan atas ane ngasih contoh dari rekan senegaranya yaitu gree. Gree punya jargon kalau orang klaim garansi harus beres dalam waktu 72 jam atau dapat ganti unit baru. Dan konon itu benar adanya, makanya sejauh yang ane dengar dari trit AC di forum sebelah, gree termasuk yang aftersalesnya lumayan bisa diandalkan. Dibandingkan misalnya daikin, kadang daikin masih lebih ada aja yang orang klaim garansi sampe berlarut2. Yg sampe ngeluh misuh2 bikin postingan sampe 13 part juga ada :ngacir:

Nahh kalo misalnya wuling bisa ngasih pelayanan dalam hal aftersales ini seperti gree, kan customer juga yang senang. Lama2 nama baik mereka juga yang akan harum. Okelah aftersales garansi ini mungkin gak terlalu ngaruh buat segmen buyer fleet seperti buyernya formo dan confero non S, tapi buat segmen buyernya almaz, alvez, dan air EV yang bahkan mungkin cukup banyak diisi oleh kaum milenial yang dah melek sama urusan garansi gini2an akan sangat ngaruh.

Berikutnya, kalau buat segmennya formo dan confero yang biasanya unitnya sering dipake jadi armada perang, yang paling penting adalah ketersediaan sparepart beserta harganya yang terjangkau. Untuk sparepart ori di beres, kalo denger review2 orang sih udah cukup bagus ya, karena walau mungkin ketahanan agak di bawah jepangan, tapi harganya emang paten lebih murah dari jepangan. Nah, yang konon masih agak kurang kan kalau parts aftermarket dan yang di luar beres. Ini sepertinya masih jadi PR buat wuling biar pedagang berani stok sparepart mereka dan juga buat produsen part aftermarket mau buat part aftermarket buat mobil2 mereka. Rasanya untuk membuat ekosistem ini gak sesulit yang dibayangkan kok, soalnya kan populasi mobil mereka juga udah banyak, jadi cenderung gak jadi stok mati lah. Part aftermarket kw1-1000 dan part ori yang dijual bebas di luar beres ini juga penting buat user armada perang karena di segmen itu juga masih banyak yang hobi ngebengkel di luar beres serta nyari parts di atrium atau tokoijo bukan?

Sisanya untuk kualitas mobilnya sendiri, ane rasa setidaknya masih masuk dalam taraf acceptable buat orang Indonesia lah. Kalau engga mana mungkin mobilnya bisa banyak berkeliaran di jalan? Untuk formo dan confero banyak yang dipercaya jadi mobil perang pulak...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15580
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: What would you do?

Post by ChZ »

Bibieight wrote: Thu Mar 02, 2023 9:33 Tapi ndak semua jepang disini bener kan, cuman merek Jepang yang dipegang grup Astra aja yang bagus, si Ahond, Sijuki ama Tiga Berlian kan jauh rasanya ama grup Astra. Terbaru, liat aja tu Hyundai, mabok juga kan si Korea coba2 kontrol dealer2nya, urusan Ioniq 5 aja masalah upping2an sales ndak selesai2, di Astra ketauan upping kirim email ke pusat langsung tindak lanjutnya kenceng bener.

Membangun kultur gini ndak semalem, butuh 10-20 tahun, harus ada penyeragaman training, penyeragaman kriteria rekruitmen kartap, refreshing budaya secara rutin, perlakuan antar dealer harus adil, monitoring harus ketat.
Hmmm bener uga sekalinya toyota dipegang sama bkn grup astra ya kaco uga :big_bored: nasm*co udah terkenal kasta sudra soal layanan merek toyota.

Sebagai fanboy dan frequent user H tegak 5 thn terakhir mayan banyak improve om apalagi since divisi servis orangnya beda sama marketing ga kayak jonpis dulu rangkap 3 sekaligus.

Terutama soal paket paketan servis dulu plg gembel H tegak era jonfis. Yg laen free jasa sampe 50k, doi ceban doang apaan :big_bored:

Susuki sama 3 berlian, yah berharap apa sama merk yang biasa pegang pickup wkwkwkw. Tp yah average si.

H miring jaman msh HMI sbenernya mayan ok cuma presentasi bengkelnya jelek bener. Bikin rada mikir abis duit gope tiau beli mobil layanan ga ada premium2nya wkwkwkwk. SA kerja ga pake seragam, bengkel sama ruang tunggu lightingnya gelap bener. Ruang pamer juga kok sunyi senyap kaga ada sales jaga.

Yg sekarang presentasi bagus, realisasi gembel.

Intinya mah kite emang mental priyayi, kulturnya cocok ama jepang wkwkwkwk ane jg koq service udah biasa dimanjain mental priyayi ane. cr duit susah susah mikirnya makan tenaga dan waktu beli mobil perlakuan cem gembel klo rusak malah gw ngemis ngemis ya ogah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3420
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: What would you do?

Post by kendibocor »

ChZ wrote: Thu Mar 02, 2023 14:54
Bibieight wrote: Thu Mar 02, 2023 9:33 Tapi ndak semua jepang disini bener kan, cuman merek Jepang yang dipegang grup Astra aja yang bagus, si Ahond, Sijuki ama Tiga Berlian kan jauh rasanya ama grup Astra. Terbaru, liat aja tu Hyundai, mabok juga kan si Korea coba2 kontrol dealer2nya, urusan Ioniq 5 aja masalah upping2an sales ndak selesai2, di Astra ketauan upping kirim email ke pusat langsung tindak lanjutnya kenceng bener.

Membangun kultur gini ndak semalem, butuh 10-20 tahun, harus ada penyeragaman training, penyeragaman kriteria rekruitmen kartap, refreshing budaya secara rutin, perlakuan antar dealer harus adil, monitoring harus ketat.
Hmmm bener uga sekalinya toyota dipegang sama bkn grup astra ya kaco uga :big_bored: nasm*co udah terkenal kasta sudra soal layanan merek toyota.

Sebagai fanboy dan frequent user H tegak 5 thn terakhir mayan banyak improve om apalagi since divisi servis orangnya beda sama marketing ga kayak jonpis dulu rangkap 3 sekaligus.

Terutama soal paket paketan servis dulu plg gembel H tegak era jonfis. Yg laen free jasa sampe 50k, doi ceban doang apaan :big_bored:

Susuki sama 3 berlian, yah berharap apa sama merk yang biasa pegang pickup wkwkwkw. Tp yah average si.

H miring jaman msh HMI sbenernya mayan ok cuma presentasi bengkelnya jelek bener. Bikin rada mikir abis duit gope tiau beli mobil layanan ga ada premium2nya wkwkwkwk. SA kerja ga pake seragam, bengkel sama ruang tunggu lightingnya gelap bener. Ruang pamer juga kok sunyi senyap kaga ada sales jaga.

Yg sekarang presentasi bagus, realisasi gembel.

Intinya mah kite emang mental priyayi, kulturnya cocok ama jepang wkwkwkwk ane jg koq service udah biasa dimanjain mental priyayi ane. cr duit susah susah mikirnya makan tenaga dan waktu beli mobil perlakuan cem gembel klo rusak malah gw ngemis ngemis ya ogah.
Ngomongin kultur, jd inget waktu jenguk om ane berobat ke china. Nginep di rs jauh bener pelayanan sama disini. Yg blg rs disini susternya galak2 dll, coba deh berobat ke china. Selama masih bisa gerak, apa2 disuruh kerjain sendiri. Misalkan kencing butuh diitung aja yg ngitung kita sendiri. Disini kan masih perawatnya yg ngitungin kita cuman nampung doang. Uda gitu ga ada basa-basinya dan ga ada senyum2nya :big_biglaugh:

Padahal itu salah satu center cancer swasta loh bukan level rsud yg mungkin emang pelayanannya kurang baik :big_biglaugh:

Entah ya apa semua rs disana kaya gitu semua
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
hotoriii
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 108
Joined: Thu Jan 09, 2020 5:59
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Toyota

Re: What would you do?

Post by hotoriii »

kendibocor wrote: Thu Mar 02, 2023 16:19 Ngomongin kultur, jd inget waktu jenguk om ane berobat ke china. Nginep di rs jauh bener pelayanan sama disini. Yg blg rs disini susternya galak2 dll, coba deh berobat ke china. Selama masih bisa gerak, apa2 disuruh kerjain sendiri. Misalkan kencing butuh diitung aja yg ngitung kita sendiri. Disini kan masih perawatnya yg ngitungin kita cuman nampung doang. Uda gitu ga ada basa-basinya dan ga ada senyum2nya :big_biglaugh:

Padahal itu salah satu center cancer swasta loh bukan level rsud yg mungkin emang pelayanannya kurang baik :big_biglaugh:

Entah ya apa semua rs disana kaya gitu semua
mungkin karena kultur dan persaingan hidup yg keras om kalau disana, makanya jarang yg paham masalah hospitality wkwk
saya kerja di perusahaan china ikut principal, kita jualan produk dengan customized design, saya di service & solution nya, sering kerja tandem sama sales
dulu rekan kerja saya yg orang mainland asli banyak yg gak paham (sebenarnya sampai sekarang sih untuk sebagian orang) kenapa kalau ada customer/lagi nego bisnis, saya bela2 in tunggu lebih awal, dress nicer than usual, snack / minum harus siap, jangan sampai customer nunggu & ketahan satpam di depan sono, customer jangan dikasih hal yg susah2 karena selama kita bisa solve masalah mereka rasanya mereka gak bakal peduli method kita kayak gimana jg wkwk and so on
sebagian dari mereka mulai paham kalau itu berhasil ya karena murni di mata mereka sales naik, complaint turun, customer satisfaction naik, plus (maaf) customer2 yg rewel dan too demanding itu jadi lebih jarang mampir jg
yah yg bisa diperbaiki dari perusahaan china menurut saya aspek itunya dulu sih hahaha
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7384
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: What would you do?

Post by newrubble »

xpeng disini brani buka outlet meski mobilnya ga pernah terliat di jalanan n surprisingly mrk mencatat untung meski ga ada mobil yg terjual .... mrk (resmi) di sambi jualan jus
2ffthud
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Sun Feb 26, 2023 5:06
Location: PlusEnamDua

Re: What would you do?

Post by 2ffthud »

newrubble wrote: Thu Mar 02, 2023 20:44 xpeng disini brani buka outlet meski mobilnya ga pernah terliat di jalanan n surprisingly mrk mencatat untung meski ga ada mobil yg terjual .... mrk (resmi) di sambi jualan jus
Hah? Jus apaan om?
Mz175
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Wed Jan 25, 2017 16:43

Re: What would you do?

Post by Mz175 »

KielConstantine wrote: Wed Mar 01, 2023 13:14
the-mantal wrote: Wed Mar 01, 2023 10:13 3. ac cina (gree) karena diendorse tukang2 ac.
Eh ada yg ngomongin AC :big_biglaugh:

Ada pengalaman nehh. AC gree vs daikin . Pasangnya bareng (awal 2020) . Pakenya bareng, umurnya jg sama persis ud nginjak 3 tahun

Yang merk gree. Sampe skarang masih no problem at all. Kg ada bocor2. Masihh dinginnnn. Freon pernah abis, trus isi 1x. Perawatan cuman cuci berkala aja indoor-outdoor 3 bulan sekali

Sementara yg merk jepang daikin. Ampun dahh. Sering banget rembes2 aer sampe netes2. Freon abis wajar pemakaian. Blom lg kadang sensor module receiver remotenya suka kg fungsi. Musti ganti modul. Dipertanyakan jg neh japan quality.. walaupun ud made in china jg sehh si daikin wkwkwk
Soal ac juga. Panasonic tahun 2011. Cuma isi freon sekali itupun gara gara instalasi pipanya nggak pas, ganti kapasitor, yg terbaru sensor module receivernya mulai berulah kadang bisa kadang nggak :big_biglaugh:

Yg paling berkesan kulkas merk goldstar di rumah mama, dari tahun 1995. Ngggak pernah isi freon, nggak pernah ngambek :big_smoking:

Atau memang barang jaman dulu didesain bulletproof ya?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15580
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: What would you do?

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Thu Mar 02, 2023 16:19 Ngomongin kultur, jd inget waktu jenguk om ane berobat ke china. Nginep di rs jauh bener pelayanan sama disini. Yg blg rs disini susternya galak2 dll, coba deh berobat ke china. Selama masih bisa gerak, apa2 disuruh kerjain sendiri. Misalkan kencing butuh diitung aja yg ngitung kita sendiri. Disini kan masih perawatnya yg ngitungin kita cuman nampung doang. Uda gitu ga ada basa-basinya dan ga ada senyum2nya :big_biglaugh:

Padahal itu salah satu center cancer swasta loh bukan level rsud yg mungkin emang pelayanannya kurang baik :big_biglaugh:

Entah ya apa semua rs disana kaya gitu semua
ini udah common banget sih klo ke china/HK pasti mah orangnya ketus ketus gak pedulian nyokap gw pernah jenguk tantenya di HK, pulang2 bete cerita supir taxinya galak bener nanya jalan aja dimarahin :big_biglaugh:

ya kultur negara gimana2 pasti ngaruh... terus nggak dikasih training ga kayak astra atau malah lexus yang disuruh beneran ngelayanin ego priyayi orang indo sama kyk negara asal sono wkwkwkkw. jamin nggak bakal survive di indo kalo gini. pdhl tuh MG chery di luaran sukses jg loh.

org indo tuh gak beda sama amrik malah lbh brutal klo cust service jelek dikit lsg viral di medsos :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1406
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: What would you do?

Post by AbdulHakim »

Mz175 wrote: Fri Mar 03, 2023 2:09
KielConstantine wrote: Wed Mar 01, 2023 13:14
the-mantal wrote: Wed Mar 01, 2023 10:13 3. ac cina (gree) karena diendorse tukang2 ac.
Eh ada yg ngomongin AC :big_biglaugh:

Ada pengalaman nehh. AC gree vs daikin . Pasangnya bareng (awal 2020) . Pakenya bareng, umurnya jg sama persis ud nginjak 3 tahun

Yang merk gree. Sampe skarang masih no problem at all. Kg ada bocor2. Masihh dinginnnn. Freon pernah abis, trus isi 1x. Perawatan cuman cuci berkala aja indoor-outdoor 3 bulan sekali

Sementara yg merk jepang daikin. Ampun dahh. Sering banget rembes2 aer sampe netes2. Freon abis wajar pemakaian. Blom lg kadang sensor module receiver remotenya suka kg fungsi. Musti ganti modul. Dipertanyakan jg neh japan quality.. walaupun ud made in china jg sehh si daikin wkwkwk
Soal ac juga. Panasonic tahun 2011. Cuma isi freon sekali itupun gara gara instalasi pipanya nggak pas, ganti kapasitor, yg terbaru sensor module receivernya mulai berulah kadang bisa kadang nggak :big_biglaugh:

Yg paling berkesan kulkas merk goldstar di rumah mama, dari tahun 1995. Ngggak pernah isi freon, nggak pernah ngambek :big_smoking:

Atau memang barang jaman dulu didesain bulletproof ya?
Paling bete banget kalo tukang AC yg nyuci AC bilang "Pak, freonnya perlu diisi".
Langsung blacklist, cari tukang cuci AC yang laen, bukan tukang tipu berkedok tukang AC.
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: What would you do?

Post by Ibet »

saya user ac gree dari 20220 ..
pake inverter jg, yg paling penting sebenernya pemasangan awal sih, beneran saya pelototin tukangnya sampe kelar .. jangan lupa vacuum process dulu biar ga ada udara kejebak, pasang joint / flange jg diliatin harus bagus bentuknya ..
oh ya beli pipa ac jg jangan yg murah - murah banget, sesuaikan sama daya ac nya ..
setelah itu ya saya lebihin uang rokoknya .. haha
so far 2 tahun awet sih, per 6 bulan cuci ..

================================

dapet pengalaman ga enak kemaren pas iims, lagi liat - liat alvez di booth wuling
diikutin sales, ngobrol dikit, langsung ditembak "pokoknya bapak uang ready, kita bisa kirim" ..

dalam hati ini beli mobil udah kaya beli apaan aja hahaha
ga ada pdkt, ga ada share apa gitu soal mobilnya ..
orang sini kan beli something kaya mobil pasti pake emotional or ego priyayi .. semurah apapun mobilnya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15580
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: What would you do?

Post by ChZ »

Ibet wrote: Fri Mar 03, 2023 3:09 dapet pengalaman ga enak kemaren pas iims, lagi liat - liat alvez di booth wuling
diikutin sales, ngobrol dikit, langsung ditembak "pokoknya bapak uang ready, kita bisa kirim" ..

dalam hati ini beli mobil udah kaya beli apaan aja hahaha
ga ada pdkt, ga ada share apa gitu soal mobilnya ..
orang sini kan beli something kaya mobil pasti pake emotional or ego priyayi .. semurah apapun mobilnya
bau bau salesnya gak di training dulu. wkwkwkwk. pokoknya apapun yang terjadi target gak masuk di bulan ke-3 ya out. dulu gw awal2 merk wuling di indo liat di GIIAS 2017 juga aromanya gitu. sales sebanyak ini grudukan menuhin booth, pada pasif semua kalo gak ditoel. giliran ditoel TD nagih SPK kapan pak saya buatin sekarang aja.

bused ga gitu kalee mau jualan :big_bored: kg ada basa basinya. sales merk lain mah basa basi dulu nanti 3 hari lagi baru di follow up.

kerja sales mobil esp di indo susah, udah musti service lebih, komisi gak seberapa. saingan jg banyak dan di 1 sales team pun DOnya junior sales pasti kalah sama sales senior yg jualannya banyak. sales senior komisiannya diputer bisa buat bonusin konsumen lebih. wkwkwkkw.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Iriawans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
Location: Jakarta

Re: What would you do?

Post by Iriawans »

ChZ wrote: Fri Mar 03, 2023 2:30
kendibocor wrote: Thu Mar 02, 2023 16:19 Ngomongin kultur, jd inget waktu jenguk om ane berobat ke china. Nginep di rs jauh bener pelayanan sama disini. Yg blg rs disini susternya galak2 dll, coba deh berobat ke china. Selama masih bisa gerak, apa2 disuruh kerjain sendiri. Misalkan kencing butuh diitung aja yg ngitung kita sendiri. Disini kan masih perawatnya yg ngitungin kita cuman nampung doang. Uda gitu ga ada basa-basinya dan ga ada senyum2nya :big_biglaugh:

Padahal itu salah satu center cancer swasta loh bukan level rsud yg mungkin emang pelayanannya kurang baik :big_biglaugh:

Entah ya apa semua rs disana kaya gitu semua
ini udah common banget sih klo ke china/HK pasti mah orangnya ketus ketus gak pedulian nyokap gw pernah jenguk tantenya di HK, pulang2 bete cerita supir taxinya galak bener nanya jalan aja dimarahin :big_biglaugh:

ya kultur negara gimana2 pasti ngaruh... terus nggak dikasih training ga kayak astra atau malah lexus yang disuruh beneran ngelayanin ego priyayi orang indo sama kyk negara asal sono wkwkwkkw. jamin nggak bakal survive di indo kalo gini. pdhl tuh MG chery di luaran sukses jg loh.

org indo tuh gak beda sama amrik malah lbh brutal klo cust service jelek dikit lsg viral di medsos :big_biglaugh:
ngomong2 soal kultur, beberapa waktu lalu baru aja liburan sama keluarga ke Kroya. Beda banget kulturnya sama Jepang, terlihat dari pelayanan yg simple seperti di toko. Anak istri saya mau beli sepatu, tertarik 2 model sepatu minta cobain 2 nomer yg berbeda jadi harus ambil 4 sepatu; si SPG males2an layanin, setelah dikasih sepatunya trus dia ngadu dan handover ke atasannya (cowo) untuk layanin kita. Sesudah cobain sepatu, si atasannya ini masukin sepatu ke tas sambil banting2 sepatu, trus dusnya dibanting pula. Kayak kita ngemis aja....... :big_bored:

Yg bikin bete lagi, pas bayar cash, Tax Refundnya mau ditilep sama tuh orang, lgs aja saya bentak; trus dianya pura2 kayak yg bingung, akhirnya dikembaliin juga uangnya. madafaka [emo-yesno]

itu yg simple, gimana urusan aftersales mobil wkwkwk :big_biglaugh:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: What would you do?

Post by Bibieight »

ChZ wrote: Fri Mar 03, 2023 3:50
Ibet wrote: Fri Mar 03, 2023 3:09 dapet pengalaman ga enak kemaren pas iims, lagi liat - liat alvez di booth wuling
diikutin sales, ngobrol dikit, langsung ditembak "pokoknya bapak uang ready, kita bisa kirim" ..

dalam hati ini beli mobil udah kaya beli apaan aja hahaha
ga ada pdkt, ga ada share apa gitu soal mobilnya ..
orang sini kan beli something kaya mobil pasti pake emotional or ego priyayi .. semurah apapun mobilnya
bau bau salesnya gak di training dulu. wkwkwkwk. pokoknya apapun yang terjadi target gak masuk di bulan ke-3 ya out. dulu gw awal2 merk wuling di indo liat di GIIAS 2017 juga aromanya gitu. sales sebanyak ini grudukan menuhin booth, pada pasif semua kalo gak ditoel. giliran ditoel TD nagih SPK kapan pak saya buatin sekarang aja.

bused ga gitu kalee mau jualan :big_bored: kg ada basa basinya. sales merk lain mah basa basi dulu nanti 3 hari lagi baru di follow up.

kerja sales mobil esp di indo susah, udah musti service lebih, komisi gak seberapa. saingan jg banyak dan di 1 sales team pun DOnya junior sales pasti kalah sama sales senior yg jualannya banyak. sales senior komisiannya diputer bisa buat bonusin konsumen lebih. wkwkwkkw.
Tentang jualan, sebenernya seberapa penting sih ya dealer/toko mobil buat jualan ?. Kira2 kalo di Indonesia dibikin kayak Tesla mungkin ndak sih ?. Direct sales dari ATPM langsung konsumen. Jalur jualan :
  • Online atau via point of service, jadi ATPM buka Experience Store di mal2, isinya karyawan ATPM, fokus buat kasih pelayanan priyayi, ndak ada acara push2 SPK. Konsumen buka order online, bole dirumah bole di Experience Store, kasih deadline delivery transparan.
  • Buat tarik konsumen sering2 kontrak ke perusahaan marketing buka booth kecil di mal2, konsumen masukin order onlen baru dapet komisi (di level perusahaannya ya, perkara tu perusahaan bagi berapa ke salesnya si ndak perlu ikut2)
  • Terus delivery pakai perusahaan kontrak, ambil dari depo ATPM kirim langsung ke konsumen, kasih standard pengiriman, driver+delivery-man harus pake seragam.
  • Abis serah terima, untuk servis kasih kontrak juga ke bengkel, kayak Ford minggat kan dia kontrak buat ASS-nya ke RMA, urusan klaim bengkel kontrak jadi jasa perantara.
Masalah terbesar emang modal ATPM harus gede, soalnya barang yg tadinya dimodalin Main Dealer-Dealer jadi dimodalin ATPM sih, tapi kalo barangnya laris kan jadi ndak perlu bagi2 rejeki ke Main Dealer-Dealer yak :big_think: :big_think: :big_think:
User avatar
loid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Fri Aug 05, 2022 8:25
Location: Bandung
Daily Vehicle: Xpanther

Re: What would you do?

Post by loid »

Menurut pandangan awam gw sih, dgn adanya desas-desus rush/terios generasi baru ganti sistem penggerak ke FWD bisa jd kesempatan buat wuling confero ngambil ceruk pasar yg ditinggalkan duo astra di daerah2 pelosok yang menganut prinsip 'RWD harga mati' karena keterbatasan infrastruktur jalan atau alasan lain dan budgetnya ga cukup buat naik kelas ke ladder frame diesel

Yg penting aftersales dan ketersediaan sparepart dibenahi aja, bisa mendekati brand jepangan non astra macem suzuki/mitsu aja udh bagus bgt
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15580
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: What would you do?

Post by ChZ »

Iriawans wrote: Fri Mar 03, 2023 5:57 ngomong2 soal kultur, beberapa waktu lalu baru aja liburan sama keluarga ke Kroya. Beda banget kulturnya sama Jepang, terlihat dari pelayanan yg simple seperti di toko. Anak istri saya mau beli sepatu, tertarik 2 model sepatu minta cobain 2 nomer yg berbeda jadi harus ambil 4 sepatu; si SPG males2an layanin, setelah dikasih sepatunya trus dia ngadu dan handover ke atasannya (cowo) untuk layanin kita. Sesudah cobain sepatu, si atasannya ini masukin sepatu ke tas sambil banting2 sepatu, trus dusnya dibanting pula. Kayak kita ngemis aja....... :big_bored:

Yg bikin bete lagi, pas bayar cash, Tax Refundnya mau ditilep sama tuh orang, lgs aja saya bentak; trus dianya pura2 kayak yg bingung, akhirnya dikembaliin juga uangnya. madafaka [emo-yesno]

itu yg simple, gimana urusan aftersales mobil wkwkwk :big_biglaugh:
nah bener kan ini ga bakal terjadi kalo belanja di jepang. hahahaha. lumayan menjawab kenapa hyundai segede itu aftersales digarap "kurang serius". sbenernya bkn kurang serius emang kulturnya gitu aja. wkwkkwkw. china jg sama even worse malah. pengusaha chindo aja ga bakal treat konsumen berlebih kl tidak menguntungkan mereka :mky_03:

makanya produk china kan didesain untuk high volume cheap price, not high quality, extra service? idih. ngaca boss. :upss:

di indo perkataan konsumen adalah raja itu paten. literally. wkwkwkkw. apalagi kalo yang blanja emak-emak. emak2 belanja material di tempat gw ga peduli itu armada gw pada keluar, pokoknya saat ini jg harus kirim ntah pake jin terbang apa gmn.

sering banget adu mulut gegara gini :big_biglaugh:
Bibieight wrote: Fri Mar 03, 2023 6:08 Tentang jualan, sebenernya seberapa penting sih ya dealer/toko mobil buat jualan ?. Kira2 kalo di Indonesia dibikin kayak Tesla mungkin ndak sih ?. Direct sales dari ATPM langsung konsumen. Jalur jualan :
  • Online atau via point of service, jadi ATPM buka Experience Store di mal2, isinya karyawan ATPM, fokus buat kasih pelayanan priyayi, ndak ada acara push2 SPK. Konsumen buka order online, bole dirumah bole di Experience Store, kasih deadline delivery transparan.
  • Buat tarik konsumen sering2 kontrak ke perusahaan marketing buka booth kecil di mal2, konsumen masukin order onlen baru dapet komisi (di level perusahaannya ya, perkara tu perusahaan bagi berapa ke salesnya si ndak perlu ikut2)
  • Terus delivery pakai perusahaan kontrak, ambil dari depo ATPM kirim langsung ke konsumen, kasih standard pengiriman, driver+delivery-man harus pake seragam.
  • Abis serah terima, untuk servis kasih kontrak juga ke bengkel, kayak Ford minggat kan dia kontrak buat ASS-nya ke RMA, urusan klaim bengkel kontrak jadi jasa perantara.
Masalah terbesar emang modal ATPM harus gede, soalnya barang yg tadinya dimodalin Main Dealer-Dealer jadi dimodalin ATPM sih, tapi kalo barangnya laris kan jadi ndak perlu bagi2 rejeki ke Main Dealer-Dealer yak :big_think: :big_think: :big_think:
indo kayaknya masih sulit gini om. buyer mobil di indo say yang sanggup beli mobil 400 ke atas kan umurnya juga sicap munggah alias yang kalo ke resto disuruh bayar pake aplikasi langsung ngeluh ribet... :big_biglaugh: ya ane jg sih walau umur belum sacap. emang jiwa aja emang umur belum sacap tp mentalitas udah kayak lakcap bayar maunya uang cash :big_biglaugh:

bisa kalau targetnya pembeli milenial. makanya ane justru merasa paling penting tu punya program pembelian. klo gak ada yang beli mo kasih diler banyak jg percuma itu diler2 wuling banyak yang sepi juga.

minimal sistem loaner deh itung depresiasi berapa di thn kelima, kurangin harga OTR, anggep aja cicil bayarin depresiasi + bunga. say mobil 200juta ditaksir thn kelima jd 140jt, jadi 60 juta dibagi 5 dibagi 12 plus kasih interest berapa di bundling sama service package sampe thn kelima. :mky_03: gpp, people's financial mistake is a company's profit :ngacir:

sbenernya paling enak itu kalo 1 dealer boleh jual macam-macam kayak indomobil punya. di iims aja indomobil buka booth indomobil plaza kan bukan masing2 merek sendiri wkwkwkwk. macem jualan TV aja.

cuma repotnya nanti inventory parts harus banyak. ya kalau tidak buka service center gpp sih cuma harus modal training ke bengkel2 partner.

tapi kalo mobil china sebenernya ga masalah itu dari ribuan brand kan supliernya paling itu-itu aja :upss:
Last edited by ChZ on Fri Mar 03, 2023 7:27, edited 3 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: What would you do?

Post by rakyatwkwkland »

Mz175 wrote: Fri Mar 03, 2023 2:09
KielConstantine wrote: Wed Mar 01, 2023 13:14
the-mantal wrote: Wed Mar 01, 2023 10:13 3. ac cina (gree) karena diendorse tukang2 ac.
Eh ada yg ngomongin AC :big_biglaugh:

Ada pengalaman nehh. AC gree vs daikin . Pasangnya bareng (awal 2020) . Pakenya bareng, umurnya jg sama persis ud nginjak 3 tahun

Yang merk gree. Sampe skarang masih no problem at all. Kg ada bocor2. Masihh dinginnnn. Freon pernah abis, trus isi 1x. Perawatan cuman cuci berkala aja indoor-outdoor 3 bulan sekali

Sementara yg merk jepang daikin. Ampun dahh. Sering banget rembes2 aer sampe netes2. Freon abis wajar pemakaian. Blom lg kadang sensor module receiver remotenya suka kg fungsi. Musti ganti modul. Dipertanyakan jg neh japan quality.. walaupun ud made in china jg sehh si daikin wkwkwk
Soal ac juga. Panasonic tahun 2011. Cuma isi freon sekali itupun gara gara instalasi pipanya nggak pas, ganti kapasitor, yg terbaru sensor module receivernya mulai berulah kadang bisa kadang nggak :big_biglaugh:

Yg paling berkesan kulkas merk goldstar di rumah mama, dari tahun 1995. Ngggak pernah isi freon, nggak pernah ngambek :big_smoking:

Atau memang barang jaman dulu didesain bulletproof ya?
Goldstar itu sekarang jadi LG oom. Kalo sama LG jadul ane jg pernah pake 2 unit, yg satu 2002 dan satu lagi 2003, 2 2 nya pada berumur panjang sampe belasan tahun semua. Yg satu pensiun karena kompre dah lemah, yg satu lagi pensiun karena evap bocor. Sekarang yg satu ganti ke LG lagi yg dual inverter, tp untuk ketahanan belum tahu gimana karena baru 2 tahun.

Elektronik jadul itu emang lebih kuat2 oom. Beda sama elektronik sekarang yg isinya cost cutting semua. Jadi buat sebuah LG/goldstar di era itu bisa tahan sampe belasan puluhan tahun emang perkara mudah lah :big_grin:

Ngomongin elektronik tuh IMHO sama kaya ngomongin otomotif. Untuk produk keluaran sekarang isinya pada cost cutting semua. Beda sama produk era jadulnya yang bener2 sampe dibilang over engineered.
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: What would you do?

Post by rakyatwkwkland »

loid wrote: Fri Mar 03, 2023 6:55 Menurut pandangan awam gw sih, dgn adanya desas-desus rush/terios generasi baru ganti sistem penggerak ke FWD bisa jd kesempatan buat wuling confero ngambil ceruk pasar yg ditinggalkan duo astra di daerah2 pelosok yang menganut prinsip 'RWD harga mati' karena keterbatasan infrastruktur jalan atau alasan lain dan budgetnya ga cukup buat naik kelas ke ladder frame diesel

Yg penting aftersales dan ketersediaan sparepart dibenahi aja, bisa mendekati brand jepangan non astra macem suzuki/mitsu aja udh bagus bgt
Bukan user confero, tapi konon katanya walau RWD kaki2nya confero ini sama letoynya dengan FWD jepangan bukan? Mungkin di sini ada user confero yg bisa validasi hal ini bener gak?

Kalo gak lebih kuat daripada kaki2nya FWD jepangan buat apa kalo gitu mah... Dah lah naikannya lebih gak enak, ehh ketahanannya sama aja. Paling satu2nya alasan buat pilih confero cuma karena emang harga brand newnya yang lebih murah aja.

Lagian seletoy2nya kaki2 FWD, kalo emang dibuat dengan kualitas yang bener ya gak jelek2 amat kok. Ane pake ertiga gen 2 udah 76 ribu km kaki2nya masih sehat walafiat.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15580
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: What would you do?

Post by ChZ »

rakyatwkwkland wrote: Fri Mar 03, 2023 7:24
loid wrote: Fri Mar 03, 2023 6:55 Menurut pandangan awam gw sih, dgn adanya desas-desus rush/terios generasi baru ganti sistem penggerak ke FWD bisa jd kesempatan buat wuling confero ngambil ceruk pasar yg ditinggalkan duo astra di daerah2 pelosok yang menganut prinsip 'RWD harga mati' karena keterbatasan infrastruktur jalan atau alasan lain dan budgetnya ga cukup buat naik kelas ke ladder frame diesel

Yg penting aftersales dan ketersediaan sparepart dibenahi aja, bisa mendekati brand jepangan non astra macem suzuki/mitsu aja udh bagus bgt
Bukan user confero, tapi konon katanya walau RWD kaki2nya confero ini sama letoynya dengan FWD jepangan bukan? Mungkin di sini ada user confero yg bisa validasi hal ini bener gak?

Kalo gak lebih kuat daripada kaki2nya FWD jepangan buat apa kalo gitu mah... Dah lah naikannya lebih gak enak, ehh ketahanannya sama aja. Paling satu2nya alasan buat pilih confero cuma karena emang harga brand newnya yang lebih murah aja.

Lagian seletoy2nya kaki2 FWD, kalo emang dibuat dengan kualitas yang bener ya gak jelek2 amat kok. Ane pake ertiga gen 2 udah 76 ribu km kaki2nya masih sehat walafiat.
confero sejauh ini paling common itu kopling nyeplos. tp kaki kakinya jg konon nggak bandel. soalnya klo ngomong kaki kaki teoritikal FWD lebih tidak awet karena more components cv joints dll,

tapi pengalaman kaki kaki avanza gen 1 jg ga awet-awet amet. panther tu jg mudah loyo kaki kakinya. memang rwd kalo bushing2 dan link2 nya kokoh bakal awet, tp di mobil2 murah biasa nggak gitu case nya. wkwkwkkww.

toyota innova reborn jg tidak sekuat toyota innova lama. apalagi yg first gen wah jgn ditanya kuatnya
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7