1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 14713
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

Omiyup wrote: 13 Mar 2023, 13:01 Om, mau tanya
E39 ada manualnya kah yang 6cyl? Kok disini ga pernah nemu ya?
pre-LCI ada 523i manual. M52B25 engine. ane hampir dapet neh cm karena harga dan kondisi ga cocok jd ga bungkus.

justru langkaan 523i yang matic. tapi pre-LCI banyakan emang 528i. pre krismon pd hedon neh orang indo belinya lsg top trim semua. bahkan seri-3 aja 320i 323i E36 ga se-langka 323i/325i E46.

abis krismon LCI keluar malah banyakan 318i dan 520i wkwkwkwkwkkwkwk.
ExorT wrote: 13 Mar 2023, 13:45 Weatherstrip (weather sealant) di balik door trim apa pernah di cek om? Biasanya bmw tahun segitu, lem di weather sealantnya gampang copot atau renggang, jadi air nya rembes masuk ke kabin pas hujan.
nah ane curiganya juga ini om. soalnya tempo hari kehujanan kok sill plate ane basah kg kering2.

btw soal starter... tadi problem sementara solved. ternyata sistem EWSnya lagi ngaco. tadi pagi mau pindahin mobil sampe harus ulang 5-7x baru mau nyala.

sama mekaniknya ketemu kode EWS di reset, cuma kalau ane konsul ke owner lamanya katanya itu udah gejala2 EWS minta resync ulang. yah semoga kg perlu deh. mahal soalnya resync wkwkwkwkwk.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1185
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by pendoli »

Ews bukannya bisa delete yak?
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
Omiyup
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: 12 Jun 2020, 01:54

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by Omiyup »

corollae11 wrote: 13 Mar 2023, 14:19
Omiyup wrote: 13 Mar 2023, 13:01 Om, mau tanya
E39 ada manualnya kah yang 6cyl? Kok disini ga pernah nemu ya?
ada, dulu pernah liat di ig warna merah manual dijual
Wadaw, spek idaman itu, manual + merah (apalagi lci)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 14713
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

pendoli wrote: 13 Mar 2023, 18:40 Ews bukannya bisa delete yak?
pilihannya antara nge sync ulang (katanya musti kirim ke anugrah) .... 2 juta :mky_07: atau di bypass alias delete. dulu owner lamanya karena sayang di resync sama modul EWS baru. module nya sih murah cuma 800 rebuan.

yah moga moga beres deh. di forum2 jg pada selesai barang cuma di relearn aja itu EWS. mungkin kalo udah parah kali ya baru di resync lagi. seharian abis keluar dari bengkel sih terpantau aman.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 14713
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

update terbaru :

- handle pintu dalam passenger depan kiri patah. wkkwkwkwkwkw. kejadian kemaren cewe ane mau keluar gak bisa dibuka. ya udah solusinya buka dari luar. soalnya ini memang handle nya yang patah bagian dalem.

ditarik masih ada tahanannya. cuma karena patah jd seperti kurang kuat buat ngebuka locknya. kemaren sempet ngintip dikit bagian dalemnya, dan liat2 tutorial bongkar itu handle ternyata emang penyakit jg neh handle patah. agak ribet karena ada latch nya (u shape).

browsing2 musti beli handle baru. ya udah nanti aja deh kalo udah sempet :mky_03: mobil jarang pake aja.

cewe ane malah bilang gpp sih biar romantis dibukain dari luar :upss:

sama ada temuan lain di garasi kalo parkir kyknya oli kompresor ac rembes dikit... suka netes kalo habis dipake. klo diem aja mah gpp. :upss:

jd sementara sum up pe er nya masih :
- LCM
- handle pintu
- kompresor ac (masih dingin sih, biarin aja dulu.)
- rear brake pad (pending nunggu kabar neh)

rusaknya sebenernya rusak-rusak kecil-kecil mobil tua dan nggak urgent juga sih. kyknya prinsip para mekanik BMW juga gitu : if it works, it works :big_biglaugh: alias : kalo masih error dikit-dikit, dipake masih enak gak mogok gak overheat, gak usah ke bengkel dulu, nanti aja.

ke mas kipu dibilang udah nanti aja benerinnya susah tuh LCM cari barang. mending lu nyetok satu biji deh jd giliran perlu ganti ga buang waktu. gw titip dy aja kalo ada kampakan sementara gw jalan sambil nge seinnya kalo udah deket belokan aja biar gak polusi suara cetek cetek cetek di kuping :upss:

terus 1-month expenses sementara :
- velg 16" style50 + ban falken ze310r 215/60/16 : 9.5juta
- body repair - poles lampu, cat body + lips depan : 5juta.
- rear brake shoe pagid : 650ribu
- rear brake disc brembo : 1.5juta
- ganti oli castrol 10w40 7liter : 700ribu + filter oli 100ribu = 800ribu.
- re-learning EWS : 100ribu

grand total 1 month : +- 17.5juta. parts only yah. klo diitung semua mungkin sampe 18 lebih soalnya ongkos bongkar pasang dan tentu saja ane bolak balik bengkelnya :upss:

kalau dikurangin velg dan ban sih blom tembus captiau. :mky_03:

worth it ngga? dari segi biaya sih worth it, tapi memang makan waktu banget.

yang ane pelajari sih jangan buru-buru pengen mobil beres. stress capek sendiri bener deh ngejar sempurna. benchmarkingnya jangan mobil baru di garasi yang works perfectly. nikmatin aja sambil jalan.
Last edited by ChZ on 16 Mar 2023, 10:59, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 690
Joined: 24 Oct 2008, 11:19

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by Asfur »

Ngk papa om, emang gitu kok, namanya boil tuir, emang kalo mau enak yah kudu dirawat dgn diremajakan, bukan dibiarin pake lagi sampe tuh boil kolaps. Kalo seger dan sehat yg pake juga pede dan puas kok.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 14713
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

Asfur wrote: 16 Mar 2023, 10:59 Ngk papa om, emang gitu kok, namanya boil tuir, emang kalo mau enak yah kudu dirawat dgn diremajakan, bukan dibiarin pake lagi sampe tuh boil kolaps. Kalo seger dan sehat yg pake juga pede dan puas kok.
iya om, worth sih dengan yang didapet emang. sekalian beli mobil ini emang pengen belajar juga sih cari pengalaman baru. jepangan bosen kg ada alesan ke bengkelnya, ini malah ke bengkel mulu :big_weee:

beruntungnya sih ane dapet barang yang mayan terawat dan ownernya friendly... ane masih suka chat dia kalo mobilnya kenapa2 wkwkwkkw. dy lagi honeymoon sama E60 530i N52 last ed... :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2340
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by farizfsa »

blm banyak kok itu, kayanya 2/3 budget larinya udh ke dandan kosmetik dan ban. mekanikal termasuk dikit itu

yg pemting dipake seneng dan ga deg2an kenapa2 di jalan
Audi Q7 3.0 V6 TDI 4L ‘08 (DPE MT10 22" + Eibach + Tein Endurapro+)
BMW 520d F10 ‘14 (HRE P40 20" + H&R + Bilstein)
Ford Ranger 2.2 T7 ‘15 (HRE 648R 20”)
Lexus ES300h ‘14
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 14713
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

farizfsa wrote: 16 Mar 2023, 16:47 blm banyak kok itu, kayanya 2/3 budget larinya udh ke dandan kosmetik dan ban. mekanikal termasuk dikit itu

yg pemting dipake seneng dan ga deg2an kenapa2 di jalan
Iya mbah. Rata rata rusaknya jg wearable parts :mky_03:

Sebanding dengan kenyamanannya :mky_03: yg bikin agak panik cuma kemaren yang perkara EWS. :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2309
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: 16 Mar 2023, 11:02 sekalian beli mobil ini emang pengen belajar juga sih cari pengalaman baru. jepangan bosen kg ada alesan ke bengkelnya, ini malah ke bengkel mulu :big_weee:
Sheer jadi-temen-deket-mekanik plesyuurrr :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 14713
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: 18 Mar 2023, 10:54
ChZ wrote: 16 Mar 2023, 11:02 sekalian beli mobil ini emang pengen belajar juga sih cari pengalaman baru. jepangan bosen kg ada alesan ke bengkelnya, ini malah ke bengkel mulu :big_weee:
Sheer jadi-temen-deket-mekanik plesyuurrr :big_biglaugh:
definisi susah-senang bersama :mky_03:

owner lamanya aja masih suka kontekan sama ane, ane curhatin. kmaren nawarin ketemuan coba 530 E60 dia tapi ane yg gak bisa euy :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2309
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: 18 Mar 2023, 11:40
KielConstantine wrote: 18 Mar 2023, 10:54
ChZ wrote: 16 Mar 2023, 11:02 sekalian beli mobil ini emang pengen belajar juga sih cari pengalaman baru. jepangan bosen kg ada alesan ke bengkelnya, ini malah ke bengkel mulu :big_weee:
Sheer jadi-temen-deket-mekanik plesyuurrr :big_biglaugh:
definisi susah-senang bersama :mky_03:

owner lamanya aja masih suka kontekan sama ane, ane curhatin. kmaren nawarin ketemuan coba 530 E60 dia tapi ane yg gak bisa euy :ungg:
Wahh ditunggu nihh riviunya klo bisa pegang tuh E60

Penasaran gw sama power N52B30


Klo yg N52B25 ya gitulah… cukupan aja :ungg:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 14713
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: 18 Mar 2023, 22:06 Wahh ditunggu nihh riviunya klo bisa pegang tuh E60

Penasaran gw sama power N52B30


Klo yg N52B25 ya gitulah… cukupan aja :ungg:
Ownernya diem diem baca reviu ini :big_biglaugh:

Udah stroke up stroke up aja... :mky_03: bisa ga sih N52 stroke up wkwkwk biasa pd mainnya M5x.

Btw update soal rembesan. Barusan di repair mas kipu. Ternyata bukan dari kompresor ac... Tapi DARI VALVE COVER WKWKWKWKW. Gasketnya udah keras sampe patah :ungg: seumur2 baru liat gasket ampe patah. Ane pertama kg mikir sampe situ soalnya haqulyakin udah di repair semua :big_biglaugh: ada aja yah mobil tua
IMG20230318091547.jpg
Mangap mangap club


Power steering rembes jg sudah repair jalur yang dari coolernya... Rembesnya mayan parah. Diganti klem dan selangnya.

Lalu soal pintu kiri.... Sling nya kendor doang ternyata. Kaga perlu ganti. Wkwkwkwk

Dan benerin segitu biayanya total.... 1.350k. murah bukan :mky_03: kata siapa beemwe mahal.

Mahal kaga, cuma rutin aja :big_weee:

Next pe er tinggal rear brake pad senin mo pasang.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 14713
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

Ok.... Setelah ribut manasin jari di trit sebelah :ngacir:

Update dulu, setelah velg laku ane akhirnya pake tuh duit buat beli headlamp facelift. Awalnya pengen cari yang sein amber (usdm) tapi tanya2 di toped, pada kosong. Nemu sebiji cuma kiri doank.

Ya udah yang available sein putih. Gpp lah nanti kita stiker aja. Niatnya biar serasi ama tail lamp oren juga.

Pemasangan dilakukan tentu saja.... Di garasi sendiri. Modal kunci 8. Gampang, cuma rada ada ngakalnya sedikit karena mentok pipa jalur AC tp karena pipa fleksibel ya ane bengkokin dikit.

Liat2 contoh lain jg pada bengkokin dikit yg convert ke facelift.

Dan setelah proses bergelut dengan panasnya garasi dan cuaca panas.... Voila!
IMG20230403180554.jpg
Tapi masalah belom selesai ternyata. Plug plug soket, loh ada 1 soket gak bisa masuk.... Yak soket lampu senja karena lampu senja E39 lci pakai angel eyes. Bohlamnya beda.

Ya sudah ane beli bohlam di toped.... Barang sampai.... Eh mo pasang soketnya ga pnp :big_slap:
IMG20230410224538.jpg
LED yang ane beli
IMG20230410210904.jpg
Soket bawaan

tanya2 bengkel lampu ga ada yang punya, tanya grup FB akhirnya ada yang nawarin.... Om budhi redpals.
IMG20230416130924.jpg
Adaptor soket

Barang baru sampai kemarin minggu dan akhirnya dipasang tadi :big_love:
IMG20230417183249.jpg
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2979
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by kendibocor »

Ganti HL FL ga perlu coding? Angel eyesnya ganti warna putih cakep kali yak. Jd modern dikit ga terlalu bapack2 :upss:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 14713
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

kendibocor wrote: 17 Apr 2023, 20:53 Ganti HL FL ga perlu coding? Angel eyesnya ganti warna putih cakep kali yak. Jd modern dikit ga terlalu bapack2 :upss:
Nah gw gak pake coding2an neh cuma murni garage mechanic skill aja macem ganti lampu mobil jepang wakakakaka.

Ada yg bilang perlu coding kalo gak error warning di dash, tp ini kok kaga. Kyknya gegara orinya gw dapet udah HID. Yah soket lowbeam highbeam agak kurang mancep ke dudukan tp if it works, it works.

Beliin soket oemnya gila harganya ntar dulu deh nunggu kangtau tahun depan aja :big_biglaugh:

Sengaja pilih amber biar nyamain ama orinya sih mbah :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2979
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by kendibocor »

ChZ wrote: 17 Apr 2023, 22:04
kendibocor wrote: 17 Apr 2023, 20:53 Ganti HL FL ga perlu coding? Angel eyesnya ganti warna putih cakep kali yak. Jd modern dikit ga terlalu bapack2 :upss:
Nah gw gak pake coding2an neh cuma murni garage mechanic skill aja macem ganti lampu mobil jepang wakakakaka.

Ada yg bilang perlu coding kalo gak error warning di dash, tp ini kok kaga. Kyknya gegara orinya gw dapet udah HID. Yah soket lowbeam highbeam agak kurang mancep ke dudukan tp if it works, it works.

Beliin soket oemnya gila harganya ntar dulu deh nunggu kangtau tahun depan aja :big_biglaugh:

Sengaja pilih amber biar nyamain ama orinya sih mbah :mky_03:
Btw, berapa duit DCnya tuh HL? Kalo headlamp perlu coding kayaknya dia bakalan error macem2 mbah. Bisa angel eyes nyala cuman sebiji, apa lampu pincang. Kalo ga masalah sih ya sok nyantai wae. Soket oem brp?
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 14713
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

kendibocor wrote: 17 Apr 2023, 22:09 Btw, berapa duit DCnya tuh HL? Kalo headlamp perlu coding kayaknya dia bakalan error macem2 mbah. Bisa angel eyes nyala cuman sebiji, apa lampu pincang. Kalo ga masalah sih ya sok nyantai wae. Soket oem brp?
4.5jt headlamp pasaran 5jt an tuh apalagi yg amber banyak yg cari.
170ribu apa ya lednya sepasang
200ribu soket harga per pcs. Copotan sih. :big_slap: mahalan soket drpd lampunya

Nanti lah kalo error2 gw bawa coding, bengkelnya deket wakkakaka.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 14713
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

Update...

Jadi beberapa kali setelah pakai ane selalu buka kap mesin. Berasa kok aneh yak. Yak. Hose filter ac nya mau lepas.
IMG20230502212124.jpg
Pantes kok belakangan bau nyengat dari mesinnya bocor ke kabin tiap pake agak lama. Cukup bikin kurang nyaman waktu bawa luar kota. Kirain lupa set ventilasi ternyata ini penyebabnya.

Di foto ga bisa rapat... Dulu waktu mau ambil diskusi dgn owner lama (om Pahaberbulu owner e60 di trit sebelah) memang gitu, partnya susah jadi hanya di cable ties. Krn harusnya ada kuncian lagi kalau liat2 video orang luar.

Image

Solusi kali ini pun sama :mky_03: dirapetin lagi.
IMG_20230503_152123.jpg
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pahaberbulu
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 03 Feb 2017, 10:54

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by Pahaberbulu »

ChZ wrote: 03 May 2023, 15:22 Update...

Jadi beberapa kali setelah pakai ane selalu buka kap mesin. Berasa kok aneh yak. Yak. Hose filter ac nya mau lepas.

IMG20230502212124.jpg

Pantes kok belakangan bau nyengat dari mesinnya bocor ke kabin tiap pake agak lama. Cukup bikin kurang nyaman waktu bawa luar kota. Kirain lupa set ventilasi ternyata ini penyebabnya.

Di foto ga bisa rapat... Dulu waktu mau ambil diskusi dgn owner lama (om Pahaberbulu owner e60 di trit sebelah) memang gitu, partnya susah jadi hanya di cable ties. Krn harusnya ada kuncian lagi kalau liat2 video orang luar.

Image

Solusi kali ini pun sama :mky_03: dirapetin lagi.

IMG_20230503_152123.jpg
Itu sering dicopot soalnya kalo bongkar cover mesin. Cari2 copotan juga jarang n masi mahal 1jutaan lebih kayanya. Dulu pengen ganti, trus mikir jg kalo copot2 juga hasilnya jg sama aja.jadi minta mas kipu buat kencengin biar ga masuk kabin aja
User avatar
Mashiro
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 21 May 2023, 22:46
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Toyota Camry

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by Mashiro »

Wih mantep banget om E39nya

Saya juga ada rencana mau angkut E39 buat mobil ke-2
Kira2 biaya perawatannya gimana ya kalau dibandingin sama high-class sedan jepang macam Accord / Camry?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 14713
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

Mashiro wrote: 24 May 2023, 22:48 Wih mantep banget om E39nya

Saya juga ada rencana mau angkut E39 buat mobil ke-2
Kira2 biaya perawatannya gimana ya kalau dibandingin sama high-class sedan jepang macam Accord / Camry?
nah ini rada kompleks... kalau cuma regular maintenance... asumsi dapet unit kondisi setara yah nggak perfect tapi ya layak jalan pajak hidup dll.

seri-5 E39 kan gak ada tipe 4-silinder. sementara accord/camry nya tipe apa dulu ini yang seangkatan soalnya accord S86 / camry grande wkwkwkw. tapi sampe yang terbaru pun lets assume accord/camry nya tipe 4 silinder. klo soal ganti oli filter dan busi udah pasti menang accord/camry. terus E39 kan rear wheel drive harus ganti oli gardan segala.

tapi gimana ya emang kebayar sama driving experience nya sih. wakakkaka.

lain lain hmmm... aki sih mahal BMW tapi tahan paling cepet 3 taun mokat. kaki kaki sy blom pernah ganti tp seingat saya mahal BMW juga tapi awetnya lebih lama.

kalau nurut saya dan user2 yg saya temui ni mobil ga aneh2 sih... tp syaratnya tempat parkir ada kanopinya minimal krn kalo parkirnya di bawah pohon itu musti rajin bersihin jalur air di filter ac kanan-kiri kalo gak jalur air bisa ngebuang kena ECU dan LCM. krn kalo mobil kondisi parkir kena hujan deres berjam-jam aja itu LCM bisa kena pdhl jalur air tidak tersumbat. LCM kalo copotan aja bisa 1.5juta.

nurut saya masih mahal regular maintenance kijang innova diesel dibanding miara E39. :mky_03: regular maintenance yaa jangan dibandingin slow moving partsnya walaupun keknya sama-sama aja jg wkwkwkwkw. kalahnya di konsumsi bensin aja 528i dalkot pendek2 macet 1:5 :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 14713
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

bosan dengan mobil tampilan standar... akhirnya mulai hunting2 velg lagi di beberapa marketplace. yang mana udahlah velg BMW itu langka, banyakan speknya untuk seri-3 pula.

sempat nemu hartge type A replika 17 inch lebar depan 8.5 belakang 10 ET35. datang ke toko fitting, nah ini untuk ganti velg di E39 sangatlah tricky dan mungkin ends up seringnya liat E39 stance velgnya sulit, not to mention ini mobil kayaknya either susah atau nggak boleh pake velg spek lain selain punya E39.

1. standar E39 itu ET20. dan udah 100% tidak muat kalo dikasih velg di atas ET30 karena akan mentok di shock.

ok, solusinya pasti spacer. tapi kini muncul masalah kedua :

2. center bore (CB) E39 adalah 74.1 mm yang mana lebih besar dari kebanyakan BMW lain yang 72.5 dan jelas tidak muat spacer universal kecuali mau agak dikikis-kikis dan main gerinda sedikit.

artinya mau gak mau, spacer nya musti model spacer nok. pertama untuk biar gak mentok offset, kedua biar center bore nya bisa masuk velg aftermarket.
IMG20230707124916.jpg
Spacer nok

Q : kok gak pake velg yang udah ET kecil dan CB 74.1 ?
A : pertama velg ET kecil dengan CB 74.1 itu yang cukup pasaran adalah the legendary M-Parr style37 yang harganya udah ga ngotak (25jt per pcs, even bukan part number pun mahal), lalu OEM 540i style66 yang udah di atas 15 jutaan juga. kenapa? ya supply and demand lah klasik. mobil spek susah.

bahkan standar E60 aja yang udah ET20 tetep gak masuk, karena CBnya 72.5 .

Q : ih, pake spacer apa gak bahaya tuh?
A : bahkan ketika ane bertanya ke grup E39, jawabannya "spacer itu udah sebuah kepastian, berdamai sajalah". artinya E39 yang tidak pakai M-parr / style66, itu sudah hampir pasti pakai spacer / adapter. Kecuali beruntung dpt spek bagus kek owner sblm ane depan et15 blkg et20 tanpa spacer.

bahaya atau tidak?

sy punya prinsip modifikasi velg/baut/spacer itu tdk ada yang bahaya. semua akan bahaya kalau

1. ban ketipisan,
2. ban kurang angin,
3. masangnya gak bener (misal bautnya kurang panjang atau masang bautnya kekencengan)
4. hajar lobang terlalu jahanam. mang ente2 pikir velg OEM jaminan aman hajar lobang? pecah2 jg kalo lobangnya jahanam. Baut std jg sama aja bisa patah.

saya dah pengalaman pakai spacer di Harrier dulu dipakai hajar pantura pulang-pergi surabaya dan nggak ada cerita bautnya patah.

lalu kemudian saya drop si hartge krn nemu offer lebih menarik di marketplace. ada yg jual seken R18 replika HRE... ane gak tau HRE model apa keknya HRE C103. warna silver polish. awalnya kuatir bakal nabrak warnanya sama mobilnya.

sayang sy pesan spacer nok via online yang masuk cuma yang depan, belakangnya mentok center hub jd kurang panjang 2-3mm. panjang center hubnya yg belakang beda.

tapi ane pun keknya curiga ini center hub belakang udah gak rata. solusi sementara tambahin spacer universal buat ganjal supaya masuk ke center borenya.

aman? ya semalem si bawa ke bandungan aman. tp namanya solusi sementara. rencana ane bubut aja center hubnya.
Last edited by ChZ on 08 Jul 2023, 13:31, edited 4 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 14713
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

Sooo beginilah... Lanjut post krn males mindahin file ke laptop wkwkwkw.
IMG20230707123948.jpg
IMG20230707162754.jpg
IMG20230707162849.jpg
IMG20230707162811.jpg
IMG20230707224158.jpg
Fitment ban
225/40/18 depan 18x8 et35
235/40/18 belakang 18x9 et35
Pakai accelera 651 sport. Krn males pake phi/phi-r pengalaman ngegrip kaga keras iya. Skalian semislick aja.

Benernya mau SX2 soalnya profil sidewall 651 kurang gagah dan sepertinya agak ketipisan jg, tp karna males pindah2 toko ban lain dan udah telanjur jd ya udah gini dulu deh. Wkwkkwkw.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 14713
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

Setelah 2 minggu pake, ane galau untuk ngebuang 2 buah ban baru...

Tapi karena udah gak kuat dgn tampilan yang makin hari diliatin keliatan cingkrang, ya udah ane relakan.

Beli satu set lagi 265/35/18 untuk pasang di belakang, depan pakai 235/40/18 pindahin dari belakang. Size nya nyontek spek M5 E39. Dan kebanyakan fitmentnya emang gini di E39 yang pakai r18.

Sempet ada drama dikit masang ban belakang kanan kaga mau dipompa. Keburu ane mau pergi lg, ya udah serep terpaksa turun zzz. Ga brani bawa kemana mana jauh itu serep udah 20 thn lebih.
IMG20230718214229.jpg
Dan voila! Skrg fitment nya jadi meaty.
IMG20230720120945.jpg
Depannya ga kliatan kayak ban delman kalo dari jauh. Kmrn ane berusaha meyakinkan diri kalau ini karakter sidewall nya ternyata bannya kurang lebar jd aga narik.
IMG20230720133434.jpg
Spec sekarang
18x8 ET20 ban 235/40/18 accelera 651 sport tw200
18x9 ET15 ban 265/35/18 accelera 651 sport tw200

Naikan juga jauh lebih refined gak berasa grobak kayak kemarin. Kelebihan ban semi slicknya juga bisa ane rasakan. Setir jauh lebih akurat dan pede nekuk2nya :mky_03:

Skrg PRnya tinggal kaca film neh... Dijemur bentar aja di siang terik panasnya ampun.

Btw ban lamanya ane jual special price buat warga SM.. accelera 651 tw200 225/40/18 2 biji baru pake 2 minggu. Cakep buat dipasang di E46.
IMG20230718155344.jpg
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post