Haha gausah ganti jok manual, bisa buat service 15x lagi baru impasChZ wrote: ↑13 Jul 2024, 14:56 Jadi setelah sekian lama tiba tiba mobilnya kangen sama mekanik... ya sudah kita bawa saja.
IMG20240710081926.jpg
problem laten electric seat E39 : sling jok putus jadi kalau recline bisa miring sebelahkata mekaniknya solusinya jangan keseringan diubah2 setelan recline nya. makanya skrg kalo cuci mobil ingetin kang cucinya biar gak diubah2 setelan recline nya. padahal 1/2 taon yang lalu juga baru aja rusak ini.
search2 forum luar jg pada bilang memang gitu gak ada solusinya![]()
sekalian deh ngerjain yang lain mumpung inget : ganti kampas rem depan (sebelah kanan ampe bunyi kriyet2) dan cek rembes di timing chain adjuster. Ganti ring nya doang.
IMG-20240712-WA0013.jpg
DC : 1.150k.
tapi sekarang jadi kepikir mau swap joknya pake punya 520i atau 523i yang manual biar gak ada drama2 electric seat.![]()
1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2951
- Joined: 10 Nov 2015, 09:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16537
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Mikirnya nanti kalo tiba tiba bosen aja sih om

Sama bolak balik bengkelnya agak lumayan dan benerin kursi 2 hari kerja sendiri

Precaution ya ingetin tukang cuci ma orang bengkel jgn dimainin recline wkwkwkwk
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 877
- Joined: 21 Feb 2014, 02:08
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
seriusan sebagus ini kondisinya?
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16537
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Biasakan selalu check barang langsung

Namanya dagang ya bebas yg jual mau ngomong apa, kalo emg bagus ga akan mau ditawar murah yang jelas

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2944
- Joined: 03 Jul 2013, 13:23
- Location: Indonesia
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Kalo udah bosen ganti bpkb bisalah ke E60 530i LCI
Cumi2 asep dekil yg bawa bocah2 gampang lah buat maenin2 di toll, ajak manuver pada teguling tuh pada

Btw si om kendi lg gw racunin F10 528 lci yg semodel kek punya om fariz neh wkwkwk. F30 nya udah mau laku bntr lagi

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16537
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Bisa lah nanti gw gantiin E60 lci nya si ko jimmy yang punya nih E39 lgKielConstantine wrote: ↑21 Jul 2024, 13:45 Kalo udah bosen ganti bpkb bisalah ke E60 530i LCI
Cumi2 asep dekil yg bawa bocah2 gampang lah buat maenin2 di toll, ajak manuver pada teguling tuh pada![]()
Btw si om kendi lg gw racunin F10 528 lci yg semodel kek punya om fariz neh wkwkwk. F30 nya udah mau laku bntr lagi![]()

Wah dari miara B48 jadi N20 namanya cari masalah donk

Mending racunin 535i aja

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2951
- Joined: 10 Nov 2015, 09:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
racunin ke g30 520i aja udh murah2 loh 400an dpt.KielConstantine wrote: ↑21 Jul 2024, 13:45Kalo udah bosen ganti bpkb bisalah ke E60 530i LCI
Cumi2 asep dekil yg bawa bocah2 gampang lah buat maenin2 di toll, ajak manuver pada teguling tuh pada![]()
Btw si om kendi lg gw racunin F10 528 lci yg semodel kek punya om fariz neh wkwkwk. F30 nya udah mau laku bntr lagi![]()
kalo mau f10, nunggu seri 5 baru banyak di jalan aja wakak makin enak harganya.
ini aja ane lg nyimak harga g30 prelci. yang bengsin jg gpp abis yg diesel ga ada sanrup semua.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2944
- Joined: 03 Jul 2013, 13:23
- Location: Indonesia
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Oh iya om mau nanya. Ntuh G30 520d pre-lci ok ok aja kan ya buat dipelihara?farizfsa wrote: ↑22 Jul 2024, 10:22racunin ke g30 520i aja udh murah2 loh 400an dpt.KielConstantine wrote: ↑21 Jul 2024, 13:45Kalo udah bosen ganti bpkb bisalah ke E60 530i LCI
Cumi2 asep dekil yg bawa bocah2 gampang lah buat maenin2 di toll, ajak manuver pada teguling tuh pada![]()
Btw si om kendi lg gw racunin F10 528 lci yg semodel kek punya om fariz neh wkwkwk. F30 nya udah mau laku bntr lagi![]()
kalo mau f10, nunggu seri 5 baru banyak di jalan aja wakak makin enak harganya.
ini aja ane lg nyimak harga g30 prelci. yang bengsin jg gpp abis yg diesel ga ada sanrup semua.
Keknya jarang denger deh penyakitan diesel generasi B47 yg baru
Pernah denger doang paling momoknya racksteer kalo kena.. BMW serie-3 & serie-5 type G series blom ada repair kitnya …
musti ganti segelondong

Kalo f series udah banyak lah kampakan & repair kit sgala. Lebih gampang kalo knp2 wkwkwk
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2951
- Joined: 10 Nov 2015, 09:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
aman2 aja b47 mah.. segelondong copotan juga banyak kok rekstirKielConstantine wrote: ↑12 Sep 2024, 11:04Oh iya om mau nanya. Ntuh G30 520d pre-lci ok ok aja kan ya buat dipelihara?farizfsa wrote: ↑22 Jul 2024, 10:22racunin ke g30 520i aja udh murah2 loh 400an dpt.KielConstantine wrote: ↑21 Jul 2024, 13:45
Kalo udah bosen ganti bpkb bisalah ke E60 530i LCI
Cumi2 asep dekil yg bawa bocah2 gampang lah buat maenin2 di toll, ajak manuver pada teguling tuh pada![]()
Btw si om kendi lg gw racunin F10 528 lci yg semodel kek punya om fariz neh wkwkwk. F30 nya udah mau laku bntr lagi![]()
kalo mau f10, nunggu seri 5 baru banyak di jalan aja wakak makin enak harganya.
ini aja ane lg nyimak harga g30 prelci. yang bengsin jg gpp abis yg diesel ga ada sanrup semua.
Keknya jarang denger deh penyakitan diesel generasi B47 yg baru
Pernah denger doang paling momoknya racksteer kalo kena.. BMW serie-3 & serie-5 type G series blom ada repair kitnya …
musti ganti segelondong![]()
Kalo f series udah banyak lah kampakan & repair kit sgala. Lebih gampang kalo knp2 wkwkwk

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 606
- Joined: 02 Oct 2017, 06:00
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
oom kalau di bmw sering dpt petuah begitu angkut kalau bs langsung refresh cooling systemnya aja sblm nyentuh bagian lain.. nah yg dimaksud disini berarti harus ganti radiator, selang2, coolant, waterpump, termostat, apalagi om? itu termasuknya sdh full refresh dan siap dibawa jauh tanpa overheat belum om..
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
‘01 B20B
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16537
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
jadiii yang ditakutkan akhirnya terjadi juga.... alias MOGOK.
singkat cerita bingung kok mesin dibawa di toll kayak rada batuk-batuk. kalo dibejek dia kosong dulu beberapa detik baru jambak. ane pikir ah ya udah penting sampe rumah dulu....
eh exit tol sebentaran, tiba tiba mobil digas nggak mau, di starter lagi mau akhirnya ane pinggirin terus kok pas mogok lagi, mogok total alias nge crank doang tapi bensin kayak nggak naik. telponlah mekanik supaya disamperin jam 9 malem....
selama nunggu mekanik ane browsing di grup FB, banyak yang ngalamin tiba-tiba mogok padahal indikator bensin masih belum kosong.
udah curiga, apalagi mekaniknya telpon nanya "mas deket situ ada pom gak? coba beliin bensin"
krn gak ada pom ya udah beneran nungguin deh sejam
dibawain bensin 60 rebu, nyala mesinnya.
akhirnya dikawal sampe ke pom terdekat, ngisi.... loh kok 70 literan. berarti tadi aslinya kosong dong
bingung juga soalnya udah janjian ma bengkel buat benerin civic, tapi karena diisi bensin mau ya udah toh kata mekaniknya bawa ke bengkelnya kalo bensin udah 1/2 lebih dikit aja. divonis fuelpump lemah di awal,
singkat cerita dibawa ke bengkel 3 hari kemudian , cek fuelpump normal masih bagus banget, ya udah ganti pelampung aja 300rb
ada2 aja ini shirr repairing plisurr.
pas banget, kemaren ada seorang suhu BMW juga bahas fuelpump, ternyata emang desain fueltank nya yang gede gak muat krn BMW kan pake RWD, jadi sering kejadian bensin masih 1/2 tapi mogok ntah karena jetpump nya lemah (yang mindahin dari tank kiri ke kanan), fuelpump lemah, atau apes kek ane sekedar pelampungnya rusak

singkat cerita bingung kok mesin dibawa di toll kayak rada batuk-batuk. kalo dibejek dia kosong dulu beberapa detik baru jambak. ane pikir ah ya udah penting sampe rumah dulu....
eh exit tol sebentaran, tiba tiba mobil digas nggak mau, di starter lagi mau akhirnya ane pinggirin terus kok pas mogok lagi, mogok total alias nge crank doang tapi bensin kayak nggak naik. telponlah mekanik supaya disamperin jam 9 malem....

udah curiga, apalagi mekaniknya telpon nanya "mas deket situ ada pom gak? coba beliin bensin"
krn gak ada pom ya udah beneran nungguin deh sejam



singkat cerita dibawa ke bengkel 3 hari kemudian , cek fuelpump normal masih bagus banget, ya udah ganti pelampung aja 300rb

pas banget, kemaren ada seorang suhu BMW juga bahas fuelpump, ternyata emang desain fueltank nya yang gede gak muat krn BMW kan pake RWD, jadi sering kejadian bensin masih 1/2 tapi mogok ntah karena jetpump nya lemah (yang mindahin dari tank kiri ke kanan), fuelpump lemah, atau apes kek ane sekedar pelampungnya rusak

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
- Asfur
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 802
- Joined: 24 Oct 2008, 11:19
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Wahhh pentengin channel federico juga, hahaha ane juga doyan liatin yt dia walopun kagak punya shirr repering plesur
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16537
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Iya mbah. Banyak belajarnya dari situ. Keliatan jg gak ngejar viewers atau jualan jadi murni edukasi aja. Penjelasan paling fair dan make sense sejauh ini dengerin tips merawat BMW.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16537
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
udah lama ga update... tenang aja mobilnya nggak dijual kok. masih working well.
setelah hiatus ngga mampir ke bengkel selama 2 bulan, ntah kenapa awal taun ni mobil kangen ke bengkel. pdhl kemaren pikiran udah tenang enak lah slow moving baru semua, alamat jarang ke bengkel untuk waktu dekat.
sebenarnya kecurigaan udah dari sekitar setengah taun lalu. ini mobil beberapa kali bunyi mesinnya kasar kayak mesin kurang oli. kemarin ke bengkel, udah curiga ini kena HVA krn baca-baca di forum E39 begitu, eh bukan. diganti oli langsung lancar. malah benerin tierod sekalian krn kata mekaniknya bunyi.
yang aneh benerin tierod mobilnya jadi ambles depannya
habis ketemu sesama user E39 bilang eibach depannya dongak, pulang malah ambles. kalo shock lah shock depannya baru ganti taun lalu. entahlah, ya udah dibiarin aja dulu.
tapi masalah besarnya itu : kenapa oli berkurang terus? kecurigaan mulai setelah coba geber2 di bengkel, kalo injeknya gradual dia gak berasap, tapi injek langsung WOT, muncul deh tuh asap putih.
dengan berbagai pertimbangan akhirnya : turun mesin aja sekalian. awalnya vonis ring piston soalnya. setelah turun 1/2, baru ketawan klep udah belepotan oli hitam2. seal klepnya kena. piston dan cylinder liner malah masih kenceng, soalnya waktu itu langsung ada perbandingan ring yang sudah jelek, pas ada E46 M43 lagi turun ganti ring (iya, M43 yang katanya badak itu).
saya mikirnya kalo harus turun mending sekalian stroke up ke 3200cc
proses turun 1/2 mesin makan waktu seminggu, kepotong imlek dan musim hujan terus.
setelah naik, nyala, mesin jadi alus. dicoba pun mid to high nya ngangkat dan smooooth banget. padahal waktu sebelumnya aja sebenernya enak enak aja cuma jadi berasa memang kurang smooth. ini smooth nya jauh banget.
DC nya 7.5 juta saja. total penggantian seal klep 75 ribu x 24 pcs, oil separator, gasket, skir klep, dan ongkos kerjanya 2.5 juta sendiri wkwkwkwk.
setelah turun malah jadi makin nggak mikir jual. kemarin test run ke ambarawa juga lancar jaya mode betot betotan.
setelah hiatus ngga mampir ke bengkel selama 2 bulan, ntah kenapa awal taun ni mobil kangen ke bengkel. pdhl kemaren pikiran udah tenang enak lah slow moving baru semua, alamat jarang ke bengkel untuk waktu dekat.
sebenarnya kecurigaan udah dari sekitar setengah taun lalu. ini mobil beberapa kali bunyi mesinnya kasar kayak mesin kurang oli. kemarin ke bengkel, udah curiga ini kena HVA krn baca-baca di forum E39 begitu, eh bukan. diganti oli langsung lancar. malah benerin tierod sekalian krn kata mekaniknya bunyi.
yang aneh benerin tierod mobilnya jadi ambles depannya

tapi masalah besarnya itu : kenapa oli berkurang terus? kecurigaan mulai setelah coba geber2 di bengkel, kalo injeknya gradual dia gak berasap, tapi injek langsung WOT, muncul deh tuh asap putih.
dengan berbagai pertimbangan akhirnya : turun mesin aja sekalian. awalnya vonis ring piston soalnya. setelah turun 1/2, baru ketawan klep udah belepotan oli hitam2. seal klepnya kena. piston dan cylinder liner malah masih kenceng, soalnya waktu itu langsung ada perbandingan ring yang sudah jelek, pas ada E46 M43 lagi turun ganti ring (iya, M43 yang katanya badak itu).
saya mikirnya kalo harus turun mending sekalian stroke up ke 3200cc

proses turun 1/2 mesin makan waktu seminggu, kepotong imlek dan musim hujan terus.
setelah naik, nyala, mesin jadi alus. dicoba pun mid to high nya ngangkat dan smooooth banget. padahal waktu sebelumnya aja sebenernya enak enak aja cuma jadi berasa memang kurang smooth. ini smooth nya jauh banget.
DC nya 7.5 juta saja. total penggantian seal klep 75 ribu x 24 pcs, oil separator, gasket, skir klep, dan ongkos kerjanya 2.5 juta sendiri wkwkwkwk.
setelah turun malah jadi makin nggak mikir jual. kemarin test run ke ambarawa juga lancar jaya mode betot betotan.
Last edited by ChZ on 06 Feb 2025, 14:41, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2951
- Joined: 10 Nov 2015, 09:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
dan penyakit pelampung itu masih melanda sampe bmw modern, f48 f45 dan f46 (x1, 2series)ChZ wrote: ↑17 Oct 2024, 10:30 jadiii yang ditakutkan akhirnya terjadi juga.... alias MOGOK.![]()
singkat cerita bingung kok mesin dibawa di toll kayak rada batuk-batuk. kalo dibejek dia kosong dulu beberapa detik baru jambak. ane pikir ah ya udah penting sampe rumah dulu....
eh exit tol sebentaran, tiba tiba mobil digas nggak mau, di starter lagi mau akhirnya ane pinggirin terus kok pas mogok lagi, mogok total alias nge crank doang tapi bensin kayak nggak naik. telponlah mekanik supaya disamperin jam 9 malem....selama nunggu mekanik ane browsing di grup FB, banyak yang ngalamin tiba-tiba mogok padahal indikator bensin masih belum kosong.
udah curiga, apalagi mekaniknya telpon nanya "mas deket situ ada pom gak? coba beliin bensin"
krn gak ada pom ya udah beneran nungguin deh sejamdibawain bensin 60 rebu, nyala mesinnya.
akhirnya dikawal sampe ke pom terdekat, ngisi.... loh kok 70 literan. berarti tadi aslinya kosong dong
bingung juga soalnya udah janjian ma bengkel buat benerin civic, tapi karena diisi bensin mau ya udah toh kata mekaniknya bawa ke bengkelnya kalo bensin udah 1/2 lebih dikit aja. divonis fuelpump lemah di awal,
singkat cerita dibawa ke bengkel 3 hari kemudian , cek fuelpump normal masih bagus banget, ya udah ganti pelampung aja 300rbada2 aja ini shirr repairing plisurr.
pas banget, kemaren ada seorang suhu BMW juga bahas fuelpump, ternyata emang desain fueltank nya yang gede gak muat krn BMW kan pake RWD, jadi sering kejadian bensin masih 1/2 tapi mogok ntah karena jetpump nya lemah (yang mindahin dari tank kiri ke kanan), fuelpump lemah, atau apes kek ane sekedar pelampungnya rusak![]()
218i f45 saya juga error gauge nya, dulu pas dipake ade2 cewe saya suka mogok kasian, 1/4 tangki itu udah abis artinya

sekarang setiap 3/4 saya isi full aja terus. mentok2 sampe setengah deh, harus isi full itu kaya udh 1/4 kurang kayanya.
isi 1/4 aja ternyata pas di isi bisa 25 liter


e39 masih okelah ganti pelampung beres, ini spesialis ga ada yg be kerjain harus bawa ke astra, 19 jutaan, ganti pelampung dan tanki bensin lol, dan di kemudian hari ga menutup error lg pula. mbl saat ini km 90rb doang.
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16537
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
buset, harus ganti pelampung dan tangki sekalian?farizfsa wrote: ↑06 Feb 2025, 14:39 dan penyakit pelampung itu masih melanda sampe bmw modern, f48 f45 dan f46 (x1, 2series)
218i f45 saya juga error gauge nya, dulu pas dipake ade2 cewe saya suka mogok kasian, 1/4 tangki itu udah abis artinya![]()
sekarang setiap 3/4 saya isi full aja terus. mentok2 sampe setengah deh, harus isi full itu kaya udh 1/4 kurang kayanya.
isi 1/4 aja ternyata pas di isi bisa 25 liter, emang nya LC full tank 100 liter
![]()
e39 masih okelah ganti pelampung beres, ini spesialis ga ada yg be kerjain harus bawa ke astra, 19 jutaan, ganti pelampung dan tanki bensin lol, dan di kemudian hari ga menutup error lg pula. mbl saat ini km 90rb doang.
kalo kemarin ganti pelampung malah cuma diambilin dari mobil donor

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1127
- Joined: 11 Jun 2021, 19:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
seru banget om abis bacain dari pejwan dan nonton youtubenya federicotimothy. saya kalo jadi om kykny ga kuat deh benerin peer nya bisa gerd makin parah. ini aja kemaren pas imlek kan banjir di jakarta, gerd saya sampe kumat karna terobos genangan air mungkin 10-15 cm, ngeri epsnya kena. itu sepanjang jalan uda doa doa terus sambil bawa mobilnya pelan pelan, untung dah seminggu lebih dipake gaada muncul gejala aneh sih
btw nonton yang ini bagus banget penjelasannya, saya sampe cek tutup radiator saya, tulisannya sih 140/200 gatau artinya 140 apa 200

btw nonton yang ini bagus banget penjelasannya, saya sampe cek tutup radiator saya, tulisannya sih 140/200 gatau artinya 140 apa 200

- Asfur
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 802
- Joined: 24 Oct 2008, 11:19
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Wakaka, sy jg nontonin si federico, walopun ngk piara baling2. Tp salut sih dia DIY sendiri ganti2 partnya, kren lah.
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 21 Replies
- 5815 Views
-
Last post by daimler
-
- 27 Replies
- 11203 Views
-
Last post by mojacko
-
- 52 Replies
- 18810 Views
-
Last post by farizfsa
-
- 22 Replies
- 7649 Views
-
Last post by Devourer
-
- 12 Replies
- 8547 Views
-
Last post by sherryandkez
-
- 16 Replies
- 7582 Views
-
Last post by Pboyz97
-
- 67 Replies
- 26386 Views
-
Last post by ChZ
-
- 58 Replies
- 14075 Views
-
Last post by Pboyz97
-
- 14 Replies
- 4541 Views
-
Last post by MMW97
-
- 11 Replies
- 4257 Views
-
Last post by ctopher7