
Perasaan gua dulu waktu meminang W124 E320 th 93 cuman minor aja jajan nya. Yg paling mahal cuman peremajaan fast moving macam aki, ban ,coil. Padahal waktu survei gua jg gak ada pengalaman sama sekali sama mobil eropa

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
ada alasan kenapa disebut shirr repairing plisurr omBADAK wrote: ↑26 Oct 2023, 10:46 Baca dr awal amp akhir koq banyak bener neh jajan nya![]()
Perasaan gua dulu waktu meminang W124 E320 th 93 cuman minor aja jajan nya. Yg paling mahal cuman peremajaan fast moving macam aki, ban ,coil. Padahal waktu survei gua jg gak ada pengalaman sama sekali sama mobil eropa![]()
Tp ngeberesinnya emang bikin kepuasan tersendiri om. Udah gitu karena kualitas barangnya dari orok emang joss, kadang rusakpun masih enak. Abis dibenerin jadi huwenakkk tenanAsfur wrote: ↑26 Oct 2023, 16:48 Wuittt ada di sebut2 nih....hahahha, iya maen eropa udah beumur mah pasti perlu peremajaanlah, yg penting msh urusan yg ngk aneh2, buat ane sih msh wajar. Atau emang ane yg OCD sama kesempurnaan mobkas yah ngk tau juga yah, yg pasti emang dr dulu gonta ganti mobkas, kalo ada bunyi2 dikit udah ngk betah dan lgs ganti part biar fresh. Yg penting ati puas, kaki2 ngk glodakan. Soalnya kalo ada bunyi kriyet2 aja udah males dengernya![]()
Kalo yg ECU sama bunyi nguk2 yg kmrn solve sih dugaan ane krn ane salah pake montir![]()
, gara2 mau nyantai, jadi panggil home service montir eks bengkel resmi mercy, tp yah ngk apa2 toh udah buruan ane antisipasi kan sblm menjadi parah, dan skrg ngk berani lagi panggil montir home service deh.
Mending capean dikit ke bengkel tp toolsnya lbh menunjang dan mobil bisa naik pake lift jadi kerjanya kan jg lbh sip.
Kmrn liat video bagus banget om... Senior dunia per BMW an bilangAsfur wrote: ↑26 Oct 2023, 17:00 Oh iya speaking of W124, bbrp bulan lalu ane dipinjemin nih mobil E220 lupa taon brp sempet pake 2 mingguan, emang sih mobil nya jalan, ditawarin udah elu bayarin aja nih mobil wkwkwkw. Jadi nie mobil sblmnya dipake temen boss, trus dibayarin ke temen ane (sekantor) berhubung dia takut bawa pulang krn diomelin bini beli motubadititiplah di kantor ane (krn ini circlenya msh temen boss ane juga) jadi diijinin, maka itu dia bilang udah elu bawa aja tuh mobil, kali elu suka elu bayarin aja tuh
![]()
.
Krn kalo nih mobil ditangan ane, bakal ane full refresh itu kaki2 udah kagak betah, ngk enak bener, tarikan berat, matiknya agak nyendak, ngeremnya kerassss, krei mati, vakum headrest blkg rusak, lampu kayak petromak, kap mesin tutupnya agak ngk rapet atasnya (walopun katanya ini lazm di boxer), cat udah ngk klimis. Yah ditangan 2 org itu fine2 aja, tp suruh ane bayar 30 jt jg males sihBTW, mobilnya dulu dibeli sm temen boss 100 jt, dibeli temennya yg minjemin ane 70 jt, udah ditawar 60 jt sama penggemar mercy yg ketemu di bengkel, tp kagak mau dijual, maunya 70 up krn cari margin
Prinsip ane, tiap org yg suka maen mobkas itu pasti ada preferensi tersendiri atas kendaraannya, ada yg bisa terima apa adanya, ada yg suka di refresh, ujung2nya yg penting mau nge refresh kek, ngk mau refresh kek, yg penting puas itu aja sih.![]()
![]()
E220 ya bukan 220E, kalo 220E body boxer lama lucu tuhAsfur wrote: ↑26 Oct 2023, 17:00 Oh iya speaking of W124, bbrp bulan lalu ane dipinjemin nih mobil E220 lupa taon brp sempet pake 2 mingguan, emang sih mobil nya jalan, ditawarin udah elu bayarin aja nih mobil wkwkwkw. Jadi nie mobil sblmnya dipake temen boss, trus dibayarin ke temen ane (sekantor) berhubung dia takut bawa pulang krn diomelin bini beli motubadititiplah di kantor ane (krn ini circlenya msh temen boss ane juga) jadi diijinin, maka itu dia bilang udah elu bawa aja tuh mobil, kali elu suka elu bayarin aja tuh
![]()
.
Krn kalo nih mobil ditangan ane, bakal ane full refresh itu kaki2 udah kagak betah, ngk enak bener, tarikan berat, matiknya agak nyendak, ngeremnya kerassss, krei mati, vakum headrest blkg rusak, lampu kayak petromak, kap mesin tutupnya agak ngk rapet atasnya (walopun katanya ini lazm di boxer), cat udah ngk klimis. Yah ditangan 2 org itu fine2 aja, tp suruh ane bayar 30 jt jg males sihBTW, mobilnya dulu dibeli sm temen boss 100 jt, dibeli temennya yg minjemin ane 70 jt, udah ditawar 60 jt sama penggemar mercy yg ketemu di bengkel, tp kagak mau dijual, maunya 70 up krn cari margin
Prinsip ane, tiap org yg suka maen mobkas itu pasti ada preferensi tersendiri atas kendaraannya, ada yg bisa terima apa adanya, ada yg suka di refresh, ujung2nya yg penting mau nge refresh kek, ngk mau refresh kek, yg penting puas itu aja sih.![]()
![]()
itu dop ama velgnya kayaknya mahal dopnya om
kalo reference nya ini harusnya ducktail/spoiler omAndImJames wrote: ↑09 Jan 2024, 11:48 Beuhhh emang velg Alpina ga pernah salah..Udah jadi replica alpina e39 belom sih ini? Kan lip udah, apalagi ya?
Selang2nya kapan terakhir ganti om? Biasanya abis radiator, selang2 yang nyambung ke radiatornya yang mesti di replaceChZ wrote: ↑17 Jan 2024, 09:56 Habis modif terbitlah ke bengkel. Wakakakk.
Jadi sore sore pas pake mendadak kok curiga yah ada cairan ijo di bawah mobil. Dikit sih, tapi tetep aja bikin was was. Definitely coolant. Ane coba coba nyalain matiin bbrp kali, kalo mesin nyala dia gak netes. Netesnya sekitar 5-10 menit sejak mesin dimatiin.
Fingers crossed tanya mekanik andalan ane mas kipu dan anak2 komunitas kesimpulan mengerucut ke 1 hal : radiatornya harus ganti![]()
Ya udah pagi pagi deh langsung bawa untuk cek dan bener radiator kondisi udah berkarat. Coolant rembes dari sela selanya.
Lumayanlah belum parah, perjalanan sekitar 10 kilometer masih survive tanpa kendala.
IMG20240113134159.jpg
IMG-20240113-WA0003.jpg
IMG-20240113-WA0004.jpg
Dan selang 2 hari radiator baru pun terpasang. Merk nissens. 3.4juta + ongkos 350rebu.
IMG20240115141556.jpg
pas beberapa waktu lalu ane kok ya baru galau urusan radiator beli cap 140 kPa (nurut arahan suhu quora om federico timothy) eh radiatornya malah minta ganti sekalian. ya udah itu cap 140 kPa sekalian dipasang. research di internet juga banyak yang saranin kalo udah tua enak pake 140 kPa aja biar nggak terlalu beban ke selang2.
kl jalanan nya ga aneh2 sih ceperin aja om, pake lowering kit eibach, kalo h&r terlalu drop ambles. cm kerenan pake h&r secara tampilan. eibach msh sisa 2 jari paling tp ttp empuk.ChZ wrote: ↑09 Jan 2024, 14:39kalo reference nya ini harusnya ducktail/spoiler omAndImJames wrote: ↑09 Jan 2024, 11:48 Beuhhh emang velg Alpina ga pernah salah..Udah jadi replica alpina e39 belom sih ini? Kan lip udah, apalagi ya?
![]()
sama galau mau lowering tapi jalanan ga bersahabat wakakkaka
nah itu om... ane blom tanya owner lamanya wakakkak tp kalo radiatornya sendiri udah 8 taun lalu. klo waterpump dan thermostat masih baru banget.
iya om, ini biar ga trlalu banyak pengeluaran gegara insiden radiator jadi musti nunda dulu deh khilaf lowering kitnya
Bener mbah. Tp mayanlah e39 itungannya masih durable rusak2 mayoritas karena umur jg. Part affordable dan gampang mekanik hapal di luar kepala.pengendiesel wrote: ↑17 Jan 2024, 16:47 Ternyata pelihara bmw seru banget yah.....asal cuma sebatas baca di forum doang![]()
Velgnya wapik pol mbah, berasa nostalgia ke thn 90-2000an,jamannya sedan2 super cool
ane blum pernah otak atik mesin sih om. cuma kalo 0-100 nya masih sesuai klaim 8.8s pabrikan. jd kayaknya kudanya blom banyak berkurang
Wah kecebur ke sheer repairing pleasure juga ni om hehehe
drpd dicari masalah mending nyari duluan wkwkwk
cakep, yang penting enak dipakenya om