1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Post Reply
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16416
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

detektifkonan wrote: 27 Feb 2024, 22:40 Holaaa oom Chz numpang mejeng dan nimbrung yak, kita mutualan di Instagram dan beberapa kali diskusi soal maintenance E39 :mky_01:

Image

tipenya sama dengan oom TS : E39 Aspen Silver 528i 1998
usia pemakaian ni mobil beda2 dikit sama oom TS beda sebulan 2 bulan doang :big_biglaugh:

mau sharing dikit keluh kesah pemakaian 1 tahun terakhir dan upgrade kecil2an :

- awal beli pakai OEM nya size Ring 15, super duper nyaman buat dalam kota & luar kota, bahkan MBZ bener2 kaya karpet terbang kalo udah 120 keatas :big_biglaugh: :big_biglaugh:. Velg OEM ini pake lumayan lama sekitar 7 bulan pertama, bahkan dibawa roadtrip sampe ke Jogja nyaman poll :big_exellent:

- ngerasa bosen pake Velg OEM karena ni mobil susah banget nyari velg PNP nya dan dipaksa bersahabat dengan Adaptor dan Spacer akhirnya angkut BBS LM Ring 19 ET 35 dari daerah Jatim sana.Karena ET bawaan nya kecil di ET 20 akhirnya saya beli adaptor 30mm di tokoijo (biasa kaum mendang mending cari yg murah aja 1 juta untuk 4 pcs :big_grin: )

- untuk Audio sebenernya E39 ini udah cukup enak, secara spek sudah tersedia 10 Speaker di Mobil ini. 3 di masing2 pintu depan, 1 Tweeter di masing2 pintu belakang, dan 2 speaker di bawah kaca belakang. itu kalo FULL SPEK :big_biglaugh: utk 528i yg masuk resmi hanya ada 6 Speaker, Middle di masing2 pintu depan hanya pajangan saja alias kopong gak ada isi, begitu juga dengan tweeter di pintu belakang :big_biglaugh:
akhirnya modal nekat dan berani memberanikan diri untuk DIY mods 3 Way di pintu depan, ukuran speaker untuk Middle di sebelah kisi AC 1.75 inch, ane beli seharga 50rb dgn tipikal speaker full range. supaya freq nya gak tabrakan satu sama lain dipakaikan crossover passive 3 way harga 75rb dari tokoijo :big_grin:

hasil upgrade bisa diliat di video dibawah barangkali ada temen2 user E39 yang mau juga :




- untuk sektor perlampuan sebenernya jadi salah satu momok buat para pengguna motuba, ada yang bulbnya udah redup, kebanyakan reflektornya yang udah gosong dimakan umur. case gini kejadian juga di ane setelah berkutat ganti bohlam halogen nya ke LED CSP mulai dari 30W terus kurang puas ganti lagi ke 55W ternyata nambah terang nya gak efektif. akhirnya ane bongkar dan bener aja kondisi reflektor sekitaran lobang lampu udah gosong hitam2 gitu :mky_04: :mky_04:
setelah pertimbangan daripada ganti reflektor yang biayanya lumayan akhirnya nyoba teknologi terkini : pasang Biled Projector. mulanya hanya pasang seperti bawaan OEM nya, hanya 1 set di kiri dan kanan dgn ukuran sedikit lebih besar yang ukuran 3 Inch. lagi2 semua dikerjakan DIY (luckily PNP :big_biglaugh:) dan untuk produk bilednya seharga 750.000 untuk 1 Set, untuk slot lampu high beam masih bawaan hanya bohlam diganti pakai LED.

setelah pemakaian 1 bulanan rasa rasanya kok kurang terang apalagi dibanding diesel2 lampu ala2 RGB yang terang nya gokil karena Mini Laser nya itu :ungg: akhirnya memberanikan diri untuk pasang lagi di slot highbeam. jadi total ada 2 Set di kiri dan kanan :upss:. Total konsumsi daya untuk Low Beam nyala bersamaan 4-4 nya di 200W, high beam di 300W. sofar untuk settingan ini sudah cukup puas sih, luar kotaan sangat capable buat ngedim sampe spion truk :upss: :upss: :upss:
total cost nya untuk upgrade perlampuan ini masih masuk budget mahasiswa lah sekitar 1.5- 1.75 juta :big_weee:

First run karena DIY masih agak berantakan cutoff-nya :



Test Pass Beam :




untuk maintenance setahun ini belum ada yang aneh2 sih, gasalah kalo M52 ini masuk kategori enjin BADAK versi keluarga BMW tapi yak :mky_07: , sofar sih cuman ganti filter oli,udara dan bensin di awal beli, selang rem pecah di jalan akibatnya mundur sampe nabrak Ayla bemper nya doi remuk :big_bored: sama overheat 1x perkara extrafan jebol, dibawa ke asam reges diservice gulung ulang & ganti arang total cost 350rb sudah kayak baru lagi (IMO better than kampakan yg gatau umurnya). sisanya? isi bensin ganti oli jreng :big_exellent:

waktu awal beli di 172.000 KM sekarang sudah masuk 191.000, pemakaian mobil daily di bandung buat ngampus & wara wiri, 1x roadtrip ke Yogyakarta, PP Jakarta - Bandung sebulan minimal 1x. soal konsumsi bensin dalam kota macet bandung bisa 1:6-7, Luar kota JKT-BDG 1:11-12, BDG-JKT 1:13-14, Luar Kota Full Tol Cipali 1:12-13 agak boros karena lari di 120-150 (best nya cruising di 100-120)

sekedar info persiapan masuk KM 200.000 harus makan indomie neh tiap hari :big_bored: , mau ganti full semua cairan, overhaul matic yg udah ada gejala jedug, kaki2 belakang yang udah ada bunyi ngikngik, sensor TD atas bawah udah harus aware drpd mogok dijalan, fuelpump juga udah harus peremajaan, sekalian full tuneup kalo bisa sih turun setengah biar fresh, perkiraan budget di 25-30 :big_slap:

kayanya segitu dulu sharingnya, btw oom TS nanti bulan 8 ane ada rencana mau Road Trip ke Bali kitee kopdar yuuukk :big_smoking: :big_smoking:
hahahah punya ane lagi kena vonis DME nih... mesin suka pincang mendadak. kemaren2 kirain as kopel kena dicek gpp, setelah dirasain ternyata dari mesin.

dicoba tuker-tuker coil aman, ya udah di scan keluar DME nya kuning. di reset coba jalan kadang normal kadang muncul kode di scanner. tp ada vonis juga aki lemah, ya moga moga ganti aki kelar ya ini ane mau ganti aki dulu sih wkwkwk... denger2 E39 kalo aki lemah suka ngaco juga elektronik lainnya.

ama shock kiri depan bocor. ada cairan warna bening di lantai kadang-kadang, cuma posisinya kok aneh di bawah roda. cek selang rem ga ad rembes, eh liat shock udah kayak mandi. banyak amet ya wkwkkw rencana sekalian pasang lowering kit aja ga terlalu urgent ama ganti kampas rem depan.

blom nemu lowering kit mo beli baru masih mikir2 5jt lumayan jg :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
detektifkonan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: 12 Apr 2014, 18:37

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by detektifkonan »

ChZ wrote: 28 Feb 2024, 09:54

hahahah punya ane lagi kena vonis DME nih... mesin suka pincang mendadak. kemaren2 kirain as kopel kena dicek gpp, setelah dirasain ternyata dari mesin.

dicoba tuker-tuker coil aman, ya udah di scan keluar DME nya kuning. di reset coba jalan kadang normal kadang muncul kode di scanner. tp ada vonis juga aki lemah, ya moga moga ganti aki kelar ya ini ane mau ganti aki dulu sih wkwkwk... denger2 E39 kalo aki lemah suka ngaco juga elektronik lainnya.

ama shock kiri depan bocor. ada cairan warna bening di lantai kadang-kadang, cuma posisinya kok aneh di bawah roda. cek selang rem ga ad rembes, eh liat shock udah kayak mandi. banyak amet ya wkwkkw rencana sekalian pasang lowering kit aja ga terlalu urgent ama ganti kampas rem depan.

blom nemu lowering kit mo beli baru masih mikir2 5jt lumayan jg :big_bored:
weew lumayan tuh kalo DME nya yg kena, apa pernah kerendem sblmnya om?

aki nya ud pemakaian brp lama om? aki eropa kenapa 2-3x lipat last longer dibanding japan yak apa penempatan di bagasi se ngaruh itu :mky_07:
Sheer Driving Pleasure

Now :
E39 M52B28 "98 > Perfect Balance
E36 M40B18 "93 > Mesin Jait

Past :
E34 M60B30 "95 > V8 Powah :big_love:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16416
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

detektifkonan wrote: 28 Feb 2024, 11:30
weew lumayan tuh kalo DME nya yg kena, apa pernah kerendem sblmnya om?

aki nya ud pemakaian brp lama om? aki eropa kenapa 2-3x lipat last longer dibanding japan yak apa penempatan di bagasi se ngaruh itu :mky_07:
gak bro, kering kok... cuma kan biasa lah ni mobil rada alergi hujan itu kehujanan dikit lampu sen langsung kedip kedip gak normal lama lama normal jg :mky_07: padahal jalur air ya steril

atau ane curiganya ya aki itu bro. udah lama jg sih akinya ada kali 4 taunan
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16416
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

ok belakangan mobil agak manja jadi dimulailah jajan jajan sekalian modif.

singkat cerita udah berapa bulan terakhir curiga kok ada tetesan dari bagian roda kiri. sempat curiga minyak rem tapi pola tetesannya gak beraturan, kalo minyak rem kan harusnya netes terus. cek selang rem kering semua. setelah ane senterin.... loh shock nya basah bener :ungg: pantesan ride depannya juga harsh bener tiap kena lobang
IMG20240311151432.jpg
ya udahlah krn juga galau mau ceperin akhirnya sekalian beli bilstein b4 depan + eibach prokit. cari seken eibach prokit susah yang blom potong.
IMG20240311151541.jpg
setelah dipasang baru tau kenapa pada dipotong :upss: tp ini ya faktor shock baru juga sih, semoga makin dipake bisa agak turun lagi :mky_03:
IMG20240311151250.jpg
IMG20240311084125.jpg
Belakang sih celupnya pas.

DC
Bilstein depan 2.8jt
Eibach prokit 5.2jt
stopper 4pc 380rb
ongkos 500rb

pengerjaan di hartono onderstel - masuk pagi selesai sore cuma waktu itu mau ambil sorenya keburu tutup gak dapet taxi gegara hujan :ungg: untung senin tanggal merah buka.

PR selesai? belummm. soal mesin kadang kadang pincang diagnosa lain koilnya lemah tp masih bisa dipake ya udah pake dulu masih mager ke bengkelnya wkwkkwkwkw.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
whitehorse4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 590
Joined: 02 Oct 2017, 06:00

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by whitehorse4 »

ChZ wrote: 12 Mar 2024, 09:59 ok belakangan mobil agak manja jadi dimulailah jajan jajan sekalian modif.

singkat cerita udah berapa bulan terakhir curiga kok ada tetesan dari bagian roda kiri. sempat curiga minyak rem tapi pola tetesannya gak beraturan, kalo minyak rem kan harusnya netes terus. cek selang rem kering semua. setelah ane senterin.... loh shock nya basah bener :ungg: pantesan ride depannya juga harsh bener tiap kena lobang

IMG20240311151432.jpg

ya udahlah krn juga galau mau ceperin akhirnya sekalian beli bilstein b4 depan + eibach prokit. cari seken eibach prokit susah yang blom potong.

IMG20240311151541.jpg

setelah dipasang baru tau kenapa pada dipotong :upss: tp ini ya faktor shock baru juga sih, semoga makin dipake bisa agak turun lagi :mky_03:

IMG20240311151250.jpg

IMG20240311084125.jpg
Belakang sih celupnya pas.

DC
Bilstein depan 2.8jt
Eibach prokit 5.2jt
stopper 4pc 380rb
ongkos 500rb

pengerjaan di hartono onderstel - masuk pagi selesai sore cuma waktu itu mau ambil sorenya keburu tutup gak dapet taxi gegara hujan :ungg: untung senin tanggal merah buka.

PR selesai? belummm. soal mesin kadang kadang pincang diagnosa lain koilnya lemah tp masih bisa dipake ya udah pake dulu masih mager ke bengkelnya wkwkkwkwkw.
Omm gimana impresi bilstein? Soalnya banyak yg bilang keras, yg sachs punya lebih empuk.

Sekalian curhat ane ditawarin e4 530i at 30 juta aja interior std sesuai harga, gak kropos. Minus stnk hilang bpkb ada. Itu termasuknya murah ga ya? Soalnya nyari pasaran e34 530i susah euy harganya gelap barangnya jarang :big_biglaugh:
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16416
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

whitehorse4 wrote: 12 Mar 2024, 10:14 Omm gimana impresi bilstein? Soalnya banyak yg bilang keras, yg sachs punya lebih empuk.

Sekalian curhat ane ditawarin e4 530i at 30 juta aja interior std sesuai harga, gak kropos. Minus stnk hilang bpkb ada. Itu termasuknya murah ga ya? Soalnya nyari pasaran e34 530i susah euy harganya gelap barangnya jarang :big_biglaugh:
dr ane dapat sebelumnya jg bilstein om. bilstein si rada keras apalagi combo sama eibach nya yg lebih pendek dr bawaan yah. cuma krn emang incar handling jadi enak gak terlalu mentul2.

wah kalo saya si males om angkut gituan mana surat ga lengkap indikasi mobil ga keurus :ungg: mending agak mahal tp surat lengkap mobil beres pasaran E34 530 beres itu 70 jutaan udah dapet.

biaya urus urusnya yakin lebih kurang sama kek selisihnya dgn harga yang wajar :upss: kecuali emang ada niatan bangun dari bahan bgt ya monggo kalo bisa ditawar aja.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16416
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

Masuk bengkel karena pincang... Tp memang sudah service due jadi ya kita ganti sekalian aja olmes dan olmet nya :mky_03:

gak terima ditinggal jauh sama W204 kapan hari :ungg: bener ternyata coil no.3 matot.
IMG20240422135406.jpg
Ketemu sesama E39 :mky_03:

Bon servis... Aman ga sampe belasan :big_weee:
IMG-20240420-WA0015.jpg
rencana mau benerin remote soalnya aneh remote di pencet dari kabin bisa, dari luar gak bisa. tapi setelah diganti batrenya juga tetep gak mau. :ungg:

bengkel di kipu kebon BMW ngaliyan
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: 30 Mar 2022, 19:00
Location: Jakarta

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by lexnic »

setelah baca trit ini, kyknya menarik ambil baling2 buat gantiin triple elips di rmh.. :ngacir:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16416
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

lexnic wrote: 23 Apr 2024, 15:14 setelah baca trit ini, kyknya menarik ambil baling2 buat gantiin triple elips di rmh.. :ngacir:
iya lah om, ga bosen apa piara toyota ke bengkel cuma ganti oli..... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: 30 Mar 2022, 19:00
Location: Jakarta

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by lexnic »

ChZ wrote: 23 Apr 2024, 15:28
lexnic wrote: 23 Apr 2024, 15:14 setelah baca trit ini, kyknya menarik ambil baling2 buat gantiin triple elips di rmh.. :ngacir:
iya lah om, ga bosen apa piara toyota ke bengkel cuma ganti oli..... :ngacir:
mentalnya blm betul2 siap mbah, kyknya kudu semedi & perkuat ilmu dulu hahaha. mana toyotanya standar ting2 & gk dipake aneh2, jdi smpe skrg jajannya msh dikit (2kd standar tanpa modif aneh2 ato remap2an kyknya tinggal merem aja jga msh gelinding). :mky_01:

ada rasa seneng klo ngeliat mobil ato motor tua yg terawat, apalagi klo kita sndiri yg kerjain. sbenernya ane jga lg proses restorasi bebek tua di rmh. untungnya sektor mesin gk ada mslh, paling eksterior aja yg msti dirapiin. skrg lg hunting spion gara2 spion bawaan yg sebelah kiri patah. carinya nyantai sih, toh cuma dipake deket2 rmh doang, jdi spion ilang 1 msh gpp.

yg lucu, sblm libur lebaran, ane sama bokap bersih2 karburator & knalpot di rmh. 2 hari setelahnya, tau2 mogok gk bisa distarter samsek. ditelusuri lbh lanjut, penyebabnya gara2 membrannya terlalu longgar akibat kotorannya numpuk. mstinya skalian dikerjain pas posisi karburator dilepas ahahahaha. :big_biglaugh:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 801
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by zonepublic »

lexnic wrote: 23 Apr 2024, 17:28
mentalnya blm betul2 siap mbah, kyknya kudu semedi & perkuat ilmu dulu hahaha. mana toyotanya standar ting2 & gk dipake aneh2, jdi smpe skrg jajannya msh dikit (2kd standar tanpa modif aneh2 ato remap2an kyknya tinggal merem aja jga msh gelinding). :mky_01:

ada rasa seneng klo ngeliat mobil ato motor tua yg terawat, apalagi klo kita sndiri yg kerjain. sbenernya ane jga lg proses restorasi bebek tua di rmh. untungnya sektor mesin gk ada mslh, paling eksterior aja yg msti dirapiin. skrg lg hunting spion gara2 spion bawaan yg sebelah kiri patah. carinya nyantai sih, toh cuma dipake deket2 rmh doang, jdi spion ilang 1 msh gpp.

yg lucu, sblm libur lebaran, ane sama bokap bersih2 karburator & knalpot di rmh. 2 hari setelahnya, tau2 mogok gk bisa distarter samsek. ditelusuri lbh lanjut, penyebabnya gara2 membrannya terlalu longgar akibat kotorannya numpuk. mstinya skalian dikerjain pas posisi karburator dilepas ahahahaha. :big_biglaugh:
Ya dah coba hunting mobil tua karbu trus direstorasi pelan2 dulu
Boleh coba suzuki katana yg plg basic atau corolla twincam atau galant kalo mau yg menantang boleh coba mazda rx7/rx8?,main motuba jepangan dulu klo dah lulus ntar main ke europ,itu filter oli e39 harganya 4x filter oli mobil jepang ori lho
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11650
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by Omnibus »

ChZ wrote: 23 Apr 2024, 11:16 Masuk bengkel karena pincang... Tp memang sudah service due jadi ya kita ganti sekalian aja olmes dan olmet nya :mky_03:

gak terima ditinggal jauh sama W204 kapan hari :ungg: bener ternyata coil no.3 matot.

IMG20240422135406.jpg
Ketemu sesama E39 :mky_03:

Bon servis... Aman ga sampe belasan :big_weee:
IMG-20240420-WA0015.jpg

rencana mau benerin remote soalnya aneh remote di pencet dari kabin bisa, dari luar gak bisa. tapi setelah diganti batrenya juga tetep gak mau. :ungg:

bengkel di kipu kebon BMW ngaliyan
asik ya jd bengkel spesialis bmw

begitu doang 2jt jasanya

tambah gantol metik bayar lg sipego.

kipas2 deh ... :big_grin:

coba kl bengkel spesialis lgbt ... eh lcgc
Taufiq6210
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: 27 May 2019, 20:07

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by Taufiq6210 »

Omnibus wrote: 23 Apr 2024, 19:54 begitu doang 2jt jasanya
200.000 itu mbah, bukan 2000.000 :mky_03:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11650
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by Omnibus »

Taufiq6210 wrote: 23 Apr 2024, 20:09
Omnibus wrote: 23 Apr 2024, 19:54 begitu doang 2jt jasanya
200.000 itu mbah, bukan 2000.000 :mky_03:
wah ga jadi enak kl gitu :wkkk:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 801
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by zonepublic »

Omnibus wrote: 23 Apr 2024, 19:54

asik ya jd bengkel spesialis bmw

begitu doang 2jt jasanya

tambah gantol metik bayar lg sipego.

kipas2 deh ... :big_grin:

coba kl bengkel spesialis lgbt ... eh lcgc
Lha masa cuma lepas engine cover,copot koil dan proses udah ketauan penyakitnya abis cek setrum trus direplace,pasang lagi disodorin tagihan 2juta buat jasanya :big_chicken:
Tapi ya tetep dompet bimmer wajib lebih tahan dari dompet jejepangan
Jasa flusing matic 450k,padahal kmrin saya flush oli matic jazz ge8 8liter aja cuma 100ribuan
Oli maticnya juga seliter 225ribu lho,aisin afw-vi seliter aja saya beli 100ribu yah semahal2nya 125ribu lah
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16416
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

Omnibus wrote: 23 Apr 2024, 19:54 asik ya jd bengkel spesialis bmw

begitu doang 2jt jasanya

tambah gantol metik bayar lg sipego.

kipas2 deh ... :big_grin:

coba kl bengkel spesialis lgbt ... eh lcgc
200 rebu mbah itu, customernya banyak modelan kerehore, ketemu ane yg rada royal doi malah bingung :mky_07:

tp kapan lalu kerjaan 5 menit kelar di charge 50rebu :big_weee: ane pikir enak bener cuma repair sling handle dalam dapet 50rebu. modal kepala ma dengkul doang :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16416
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

zonepublic wrote: 23 Apr 2024, 17:58
Ya dah coba hunting mobil tua karbu trus direstorasi pelan2 dulu
Boleh coba suzuki katana yg plg basic atau corolla twincam atau galant kalo mau yg menantang boleh coba mazda rx7/rx8?,main motuba jepangan dulu klo dah lulus ntar main ke europ,itu filter oli e39 harganya 4x filter oli mobil jepang ori lho
wah kalo classic, malah imo enak main europ... cari barang relatif ga susah, lbh favorit buat orang hobi, mekanik spesialis ampe resmi jg masih mau ngurusin.

mobil jepang tua palagi karbu? iya bisa beresin, ongkosnya beti-beti aja ma rawat e30 atau e36. spesialis karbu makin jarang jg.

percayalah mobil jepang tua macem kijang yg sehat itu lebih susah carinya daripada e36 mint harga wajar. DX tua yg sehat mintanya gak kira-kira, padahal e30 laik jalan aja skrg dah pada buka di 50-60 jutaan ada.
zonepublic wrote: 23 Apr 2024, 22:34
Lha masa cuma lepas engine cover,copot koil dan proses udah ketauan penyakitnya abis cek setrum trus direplace,pasang lagi disodorin tagihan 2juta buat jasanya :big_chicken:
Tapi ya tetep dompet bimmer wajib lebih tahan dari dompet jejepangan
Jasa flusing matic 450k,padahal kmrin saya flush oli matic jazz ge8 8liter aja cuma 100ribuan
Oli maticnya juga seliter 225ribu lho,aisin afw-vi seliter aja saya beli 100ribu yah semahal2nya 125ribu lah
ya e39 jangan dibandingin sama GE8 atuh, beda level. bwat sedan midsize eropaan ini sih murah.

wajar wajar aja, kalo miara jepang kelas akor V6 atau lekses, harganya jg segitu :big_grin:

coba piara galant kalo gak biayanya segini2 juga.

bahkan piara e60 e90 yg katanya rewel aja skrg udah banyak part substitute. mahalnya krn sensor sensornya banyak bener kl e60 up.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16416
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

lexnic wrote: 23 Apr 2024, 17:28
mentalnya blm betul2 siap mbah, kyknya kudu semedi & perkuat ilmu dulu hahaha. mana toyotanya standar ting2 & gk dipake aneh2, jdi smpe skrg jajannya msh dikit (2kd standar tanpa modif aneh2 ato remap2an kyknya tinggal merem aja jga msh gelinding). :mky_01:

ada rasa seneng klo ngeliat mobil ato motor tua yg terawat, apalagi klo kita sndiri yg kerjain. sbenernya ane jga lg proses restorasi bebek tua di rmh. untungnya sektor mesin gk ada mslh, paling eksterior aja yg msti dirapiin. skrg lg hunting spion gara2 spion bawaan yg sebelah kiri patah. carinya nyantai sih, toh cuma dipake deket2 rmh doang, jdi spion ilang 1 msh gpp.

yg lucu, sblm libur lebaran, ane sama bokap bersih2 karburator & knalpot di rmh. 2 hari setelahnya, tau2 mogok gk bisa distarter samsek. ditelusuri lbh lanjut, penyebabnya gara2 membrannya terlalu longgar akibat kotorannya numpuk. mstinya skalian dikerjain pas posisi karburator dilepas ahahahaha. :big_biglaugh:
salah satu rasa puas miara ginian tuh terbayarkan kalo bisa memicu obrolan random di parkiran wkwkwk.

belakangan ada 2x ketemu orang... 1x di parkiran warung makan, 1x di parkiran minimarket random ngajak ngobrol krn liat e39 ane.

cuma emang musti invest waktu lebih buat ngurusin wakakkak harus siap dengan random occurences yang rada urgent. makanya cermatnya harus dari milih unit.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2878
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by farizfsa »

zonepublic wrote: 23 Apr 2024, 17:58
lexnic wrote: 23 Apr 2024, 17:28
mentalnya blm betul2 siap mbah, kyknya kudu semedi & perkuat ilmu dulu hahaha. mana toyotanya standar ting2 & gk dipake aneh2, jdi smpe skrg jajannya msh dikit (2kd standar tanpa modif aneh2 ato remap2an kyknya tinggal merem aja jga msh gelinding). :mky_01:

ada rasa seneng klo ngeliat mobil ato motor tua yg terawat, apalagi klo kita sndiri yg kerjain. sbenernya ane jga lg proses restorasi bebek tua di rmh. untungnya sektor mesin gk ada mslh, paling eksterior aja yg msti dirapiin. skrg lg hunting spion gara2 spion bawaan yg sebelah kiri patah. carinya nyantai sih, toh cuma dipake deket2 rmh doang, jdi spion ilang 1 msh gpp.

yg lucu, sblm libur lebaran, ane sama bokap bersih2 karburator & knalpot di rmh. 2 hari setelahnya, tau2 mogok gk bisa distarter samsek. ditelusuri lbh lanjut, penyebabnya gara2 membrannya terlalu longgar akibat kotorannya numpuk. mstinya skalian dikerjain pas posisi karburator dilepas ahahahaha. :big_biglaugh:
Ya dah coba hunting mobil tua karbu trus direstorasi pelan2 dulu
Boleh coba suzuki katana yg plg basic atau corolla twincam atau galant kalo mau yg menantang boleh coba mazda rx7/rx8?,main motuba jepangan dulu klo dah lulus ntar main ke europ,itu filter oli e39 harganya 4x filter oli mobil jepang ori lho
ribetan main mbl tua jepangan dari pada eropaan beginih. barang mbl jepangan printilan udah susah. bmw mercy mah buanyak.
ga ada di indo itu ebay banyak, atau copotan singapur malaysia jg biasanya mbl eropa banyakan

cb deh main galant, bakal abis banyak jg mirip2 sm eropaan, malah parts lebih susah wkwk
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16416
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

farizfsa wrote: 24 Apr 2024, 10:36
ribetan main mbl tua jepangan dari pada eropaan beginih. barang mbl jepangan printilan udah susah. bmw mercy mah buanyak.
ga ada di indo itu ebay banyak, atau copotan singapur malaysia jg biasanya mbl eropa banyakan

cb deh main galant, bakal abis banyak jg mirip2 sm eropaan, malah parts lebih susah wkwk
ane pernah iseng coba liat marketplace liat galant dr gen eterna lele ampe hiu... barang dikit dan gak yakin barangnya bener pula.

E39 di marketplace minimal tiap hari ada 1 lah yang ngiklanin :big_biglaugh:

E36? dari yg bangke 20 jutaan ampe full accs 100 jutaan buanyak.

ngomong overheat wong dulu genio ferio aja hobinya overheat, trs apa bedanya ma miara E36. kijang tua jg hobi overheat. namanya mbl tua penyakit ya sama-sama aja.

dulu msh pada kaget aja soalnya cuma ada original parts harga mencekik skrg mah cari kawenya juga buanyak yg oem grade wkwkwk. radiator dari yg ga ampe sejuta ampe 5 jutaan juga banyak.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2878
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by farizfsa »

ChZ wrote: 24 Apr 2024, 10:51
farizfsa wrote: 24 Apr 2024, 10:36
ribetan main mbl tua jepangan dari pada eropaan beginih. barang mbl jepangan printilan udah susah. bmw mercy mah buanyak.
ga ada di indo itu ebay banyak, atau copotan singapur malaysia jg biasanya mbl eropa banyakan

cb deh main galant, bakal abis banyak jg mirip2 sm eropaan, malah parts lebih susah wkwk
ane pernah iseng coba liat marketplace liat galant dr gen eterna lele ampe hiu... barang dikit dan gak yakin barangnya bener pula.

E39 di marketplace minimal tiap hari ada 1 lah yang ngiklanin :big_biglaugh:

E36? dari yg bangke 20 jutaan ampe full accs 100 jutaan buanyak.

ngomong overheat wong dulu genio ferio aja hobinya overheat, trs apa bedanya ma miara E36. kijang tua jg hobi overheat. namanya mbl tua penyakit ya sama-sama aja.

dulu msh pada kaget aja soalnya cuma ada original parts harga mencekik skrg mah cari kawenya juga buanyak yg oem grade wkwkwk. radiator dari yg ga ampe sejuta ampe 5 jutaan juga banyak.
bmw overheat udah ada obatnya pasang radiator altech besi, kan penyarkitnya di radiator plastik aja itu. mau main mersih w220 w221 sclass air sus nya udh ga mahal sama sekali, cm 2x harga shock mobil biasa, tp nikmatnya beda level lah.

coba airsus mbl jepang, susah say carinya adapun mahal
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16416
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

farizfsa wrote: 24 Apr 2024, 11:21 bmw overheat udah ada obatnya pasang radiator altech besi, kan penyarkitnya di radiator plastik aja itu. mau main mersih w220 w221 sclass air sus nya udh ga mahal sama sekali, cm 2x harga shock mobil biasa, tp nikmatnya beda level lah.

coba airsus mbl jepang, susah say carinya adapun mahal
ane kayaknya kalo ud bosen sama E39, mau main full size macem seri-7 aja gen F01 atau G12 sekalian wkwkwkkwkw. soalnya tertarik liat harga seri-7 beneran ancur di marketplace.

kalopun repair2 maintenance yah kan ini sedan barunya 2-3 miliar masih ikhlas kalo keluarin 3x budget belinya :mky_07:

mechatronic E90/E60 juga repair nya sekarang 10 juta lebih dikit udah dapet.

soal parts tua2 gini emang jauh lebih worth dan gampang piara eropaan malah daripada jepang.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1117
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by iamwewe »

farizfsa wrote: 24 Apr 2024, 11:21
ChZ wrote: 24 Apr 2024, 10:51
farizfsa wrote: 24 Apr 2024, 10:36
ribetan main mbl tua jepangan dari pada eropaan beginih. barang mbl jepangan printilan udah susah. bmw mercy mah buanyak.
ga ada di indo itu ebay banyak, atau copotan singapur malaysia jg biasanya mbl eropa banyakan

cb deh main galant, bakal abis banyak jg mirip2 sm eropaan, malah parts lebih susah wkwk
ane pernah iseng coba liat marketplace liat galant dr gen eterna lele ampe hiu... barang dikit dan gak yakin barangnya bener pula.

E39 di marketplace minimal tiap hari ada 1 lah yang ngiklanin :big_biglaugh:

E36? dari yg bangke 20 jutaan ampe full accs 100 jutaan buanyak.

ngomong overheat wong dulu genio ferio aja hobinya overheat, trs apa bedanya ma miara E36. kijang tua jg hobi overheat. namanya mbl tua penyakit ya sama-sama aja.

dulu msh pada kaget aja soalnya cuma ada original parts harga mencekik skrg mah cari kawenya juga buanyak yg oem grade wkwkwk. radiator dari yg ga ampe sejuta ampe 5 jutaan juga banyak.
bmw overheat udah ada obatnya pasang radiator altech besi, kan penyarkitnya di radiator plastik aja itu. mau main mersih w220 w221 sclass air sus nya udh ga mahal sama sekali, cm 2x harga shock mobil biasa, tp nikmatnya beda level lah.

coba airsus mbl jepang, susah say carinya adapun mahal
numpang tanya om.

kalo mobil jepang kan sbnrnya terkenal reliable nya dibanding yurop nih. nah karena lagi kebetulan ngomongin galant or ferio vs e39 nih, anggeplah kita bener2 sama2 dapet bahan nih. sama2 direstorasi. utk keawetannya, apa masih si jepang better daripada e39? mengingat pasti part2 replacement banyak yg non oem nih
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16416
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

iamwewe wrote: 24 Apr 2024, 11:50 numpang tanya om.

kalo mobil jepang kan sbnrnya terkenal reliable nya dibanding yurop nih. nah karena lagi kebetulan ngomongin galant or ferio vs e39 nih, anggeplah kita bener2 sama2 dapet bahan nih. sama2 direstorasi. utk keawetannya, apa masih si jepang better daripada e39? mengingat pasti part2 replacement banyak yg non oem nih
assuming sama sama build dari bahan (body only, semua electrical wiring dan engine tranny baru pesan dari atpm), anggeplah mobilnya sama-sama keluar dari dealer gress mengeliminir faktor spt part langka dll.

kita bandingin saja top of mind keduanya toyota versus mercy. kijang versus w124 boxer wkwkk 2 2nya yang katanya badak dan nggak rewelan.

jepang masih akan slightly more durable. problemnya operating temp japs engine itu lebih rendah daripada europ. europ udah pasti suffer di karet karet lebih cepat rembes krn panas. not mentioning kalau sezaman elektrikal europ itu terbilang rumit dan module-modulenya banyak lebih prone to failure.

masalahnya japs brand rata-rata ngga punya culture preserving mobil tua macem atpm jerman, penggemarnya juga relatif dikit kalo toyota paling berhasilnya bikin fanbase kijang kuat.

jerman dari BMW ampe porsche selalu punya gallery dan infrastructure buat pajang dan piara lineup lawas bahkan sy liat sendiri di astra bmw semarang di gudang dia ada seri-3 lengkap dari E30 sampe F30.

makanya ampe sekarang jatohnya malah europ classics itu bertahan dan lebih mudah di maintain.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 801
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by zonepublic »

ChZ wrote: 24 Apr 2024, 11:24
farizfsa wrote: 24 Apr 2024, 11:21 bmw overheat udah ada obatnya pasang radiator altech besi, kan penyarkitnya di radiator plastik aja itu. mau main mersih w220 w221 sclass air sus nya udh ga mahal sama sekali, cm 2x harga shock mobil biasa, tp nikmatnya beda level lah.

coba airsus mbl jepang, susah say carinya adapun mahal
ane kayaknya kalo ud bosen sama E39, mau main full size macem seri-7 aja gen F01 atau G12 sekalian wkwkwkkwkw. soalnya tertarik liat harga seri-7 beneran ancur di marketplace.

kalopun repair2 maintenance yah kan ini sedan barunya 2-3 miliar masih ikhlas kalo keluarin 3x budget belinya :mky_07:

mechatronic E90/E60 juga repair nya sekarang 10 juta lebih dikit udah dapet.

soal parts tua2 gini emang jauh lebih worth dan gampang piara eropaan malah daripada jepang.
Ga coba piara audi?katanya mobil jerman yg punya semua kelebihan dari smua merk jerman kompetitornya
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post