hahahah punya ane lagi kena vonis DME nih... mesin suka pincang mendadak. kemaren2 kirain as kopel kena dicek gpp, setelah dirasain ternyata dari mesin.detektifkonan wrote: ↑27 Feb 2024, 22:40 Holaaa oom Chz numpang mejeng dan nimbrung yak, kita mutualan di Instagram dan beberapa kali diskusi soal maintenance E39
tipenya sama dengan oom TS : E39 Aspen Silver 528i 1998
usia pemakaian ni mobil beda2 dikit sama oom TS beda sebulan 2 bulan doang
mau sharing dikit keluh kesah pemakaian 1 tahun terakhir dan upgrade kecil2an :
- awal beli pakai OEM nya size Ring 15, super duper nyaman buat dalam kota & luar kota, bahkan MBZ bener2 kaya karpet terbang kalo udah 120 keatas . Velg OEM ini pake lumayan lama sekitar 7 bulan pertama, bahkan dibawa roadtrip sampe ke Jogja nyaman poll
- ngerasa bosen pake Velg OEM karena ni mobil susah banget nyari velg PNP nya dan dipaksa bersahabat dengan Adaptor dan Spacer akhirnya angkut BBS LM Ring 19 ET 35 dari daerah Jatim sana.Karena ET bawaan nya kecil di ET 20 akhirnya saya beli adaptor 30mm di tokoijo (biasa kaum mendang mending cari yg murah aja 1 juta untuk 4 pcs )
- untuk Audio sebenernya E39 ini udah cukup enak, secara spek sudah tersedia 10 Speaker di Mobil ini. 3 di masing2 pintu depan, 1 Tweeter di masing2 pintu belakang, dan 2 speaker di bawah kaca belakang. itu kalo FULL SPEK utk 528i yg masuk resmi hanya ada 6 Speaker, Middle di masing2 pintu depan hanya pajangan saja alias kopong gak ada isi, begitu juga dengan tweeter di pintu belakang
akhirnya modal nekat dan berani memberanikan diri untuk DIY mods 3 Way di pintu depan, ukuran speaker untuk Middle di sebelah kisi AC 1.75 inch, ane beli seharga 50rb dgn tipikal speaker full range. supaya freq nya gak tabrakan satu sama lain dipakaikan crossover passive 3 way harga 75rb dari tokoijo
hasil upgrade bisa diliat di video dibawah barangkali ada temen2 user E39 yang mau juga :
- untuk sektor perlampuan sebenernya jadi salah satu momok buat para pengguna motuba, ada yang bulbnya udah redup, kebanyakan reflektornya yang udah gosong dimakan umur. case gini kejadian juga di ane setelah berkutat ganti bohlam halogen nya ke LED CSP mulai dari 30W terus kurang puas ganti lagi ke 55W ternyata nambah terang nya gak efektif. akhirnya ane bongkar dan bener aja kondisi reflektor sekitaran lobang lampu udah gosong hitam2 gitu
setelah pertimbangan daripada ganti reflektor yang biayanya lumayan akhirnya nyoba teknologi terkini : pasang Biled Projector. mulanya hanya pasang seperti bawaan OEM nya, hanya 1 set di kiri dan kanan dgn ukuran sedikit lebih besar yang ukuran 3 Inch. lagi2 semua dikerjakan DIY (luckily PNP ) dan untuk produk bilednya seharga 750.000 untuk 1 Set, untuk slot lampu high beam masih bawaan hanya bohlam diganti pakai LED.
setelah pemakaian 1 bulanan rasa rasanya kok kurang terang apalagi dibanding diesel2 lampu ala2 RGB yang terang nya gokil karena Mini Laser nya itu akhirnya memberanikan diri untuk pasang lagi di slot highbeam. jadi total ada 2 Set di kiri dan kanan . Total konsumsi daya untuk Low Beam nyala bersamaan 4-4 nya di 200W, high beam di 300W. sofar untuk settingan ini sudah cukup puas sih, luar kotaan sangat capable buat ngedim sampe spion truk
total cost nya untuk upgrade perlampuan ini masih masuk budget mahasiswa lah sekitar 1.5- 1.75 juta
First run karena DIY masih agak berantakan cutoff-nya :
Test Pass Beam :
untuk maintenance setahun ini belum ada yang aneh2 sih, gasalah kalo M52 ini masuk kategori enjin BADAK versi keluarga BMW tapi yak , sofar sih cuman ganti filter oli,udara dan bensin di awal beli, selang rem pecah di jalan akibatnya mundur sampe nabrak Ayla bemper nya doi remuk sama overheat 1x perkara extrafan jebol, dibawa ke asam reges diservice gulung ulang & ganti arang total cost 350rb sudah kayak baru lagi (IMO better than kampakan yg gatau umurnya). sisanya? isi bensin ganti oli jreng
waktu awal beli di 172.000 KM sekarang sudah masuk 191.000, pemakaian mobil daily di bandung buat ngampus & wara wiri, 1x roadtrip ke Yogyakarta, PP Jakarta - Bandung sebulan minimal 1x. soal konsumsi bensin dalam kota macet bandung bisa 1:6-7, Luar kota JKT-BDG 1:11-12, BDG-JKT 1:13-14, Luar Kota Full Tol Cipali 1:12-13 agak boros karena lari di 120-150 (best nya cruising di 100-120)
sekedar info persiapan masuk KM 200.000 harus makan indomie neh tiap hari , mau ganti full semua cairan, overhaul matic yg udah ada gejala jedug, kaki2 belakang yang udah ada bunyi ngikngik, sensor TD atas bawah udah harus aware drpd mogok dijalan, fuelpump juga udah harus peremajaan, sekalian full tuneup kalo bisa sih turun setengah biar fresh, perkiraan budget di 25-30
kayanya segitu dulu sharingnya, btw oom TS nanti bulan 8 ane ada rencana mau Road Trip ke Bali kitee kopdar yuuukk
dicoba tuker-tuker coil aman, ya udah di scan keluar DME nya kuning. di reset coba jalan kadang normal kadang muncul kode di scanner. tp ada vonis juga aki lemah, ya moga moga ganti aki kelar ya ini ane mau ganti aki dulu sih wkwkwk... denger2 E39 kalo aki lemah suka ngaco juga elektronik lainnya.
ama shock kiri depan bocor. ada cairan warna bening di lantai kadang-kadang, cuma posisinya kok aneh di bawah roda. cek selang rem ga ad rembes, eh liat shock udah kayak mandi. banyak amet ya wkwkkw rencana sekalian pasang lowering kit aja ga terlalu urgent ama ganti kampas rem depan.
blom nemu lowering kit mo beli baru masih mikir2 5jt lumayan jg