1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
- BADAK
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6015
- Joined: 21 Dec 2007, 11:45
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Baca dr awal amp akhir koq banyak bener neh jajan nya
Perasaan gua dulu waktu meminang W124 E320 th 93 cuman minor aja jajan nya. Yg paling mahal cuman peremajaan fast moving macam aki, ban ,coil. Padahal waktu survei gua jg gak ada pengalaman sama sekali sama mobil eropa
Perasaan gua dulu waktu meminang W124 E320 th 93 cuman minor aja jajan nya. Yg paling mahal cuman peremajaan fast moving macam aki, ban ,coil. Padahal waktu survei gua jg gak ada pengalaman sama sekali sama mobil eropa
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16449
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
ada alasan kenapa disebut shirr repairing plisurr omBADAK wrote: ↑26 Oct 2023, 10:46 Baca dr awal amp akhir koq banyak bener neh jajan nya
Perasaan gua dulu waktu meminang W124 E320 th 93 cuman minor aja jajan nya. Yg paling mahal cuman peremajaan fast moving macam aki, ban ,coil. Padahal waktu survei gua jg gak ada pengalaman sama sekali sama mobil eropa
kalo ditotal semua peremajaan blom ampe cepetiau sih sama biaya akuisisi mobilnya. masih di range 80-90 juta total (di luar fast moving dan modifikasi ya, kalo ditotal semua ya lebih dari cepetiau pasti). ane karena ngga punya waktu banyak jadi kayak sering ngebengkel padahal biaya ya nggak sebesar itu jg om.
merci temen saya ambil E280 abisnya masih lebih gede dr saya sih. emang konon merci lebih jarang ke bengkel tp sekali ke bengkel lebih mahal, BMW lebih murah tapi lebih sering sebelah om @asfur w212nya aja jg lumayan tuh abisnya
keknya ane jarang denger juga main W124 abis banyak om. emg keterlaluan badaknya tuh mobil. di beberapa negara aja jadi taxi kan. makanya banyak yang suka main dan simpen w124 : timeless, ga ribet, part mudah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
- Asfur
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 790
- Joined: 24 Oct 2008, 11:19
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Wuittt ada di sebut2 nih....hahahha, iya maen eropa udah beumur mah pasti perlu peremajaanlah, yg penting msh urusan yg ngk aneh2, buat ane sih msh wajar. Atau emang ane yg OCD sama kesempurnaan mobkas yah ngk tau juga yah, yg pasti emang dr dulu gonta ganti mobkas, kalo ada bunyi2 dikit udah ngk betah dan lgs ganti part biar fresh. Yg penting ati puas, kaki2 ngk glodakan. Soalnya kalo ada bunyi kriyet2 aja udah males dengernya
Kalo yg ECU sama bunyi nguk2 yg kmrn solve sih dugaan ane krn ane salah pake montir , gara2 mau nyantai, jadi panggil home service montir eks bengkel resmi mercy, tp yah ngk apa2 toh udah buruan ane antisipasi kan sblm menjadi parah, dan skrg ngk berani lagi panggil montir home service deh.
Mending capean dikit ke bengkel tp toolsnya lbh menunjang dan mobil bisa naik pake lift jadi kerjanya kan jg lbh sip.
Kalo yg ECU sama bunyi nguk2 yg kmrn solve sih dugaan ane krn ane salah pake montir , gara2 mau nyantai, jadi panggil home service montir eks bengkel resmi mercy, tp yah ngk apa2 toh udah buruan ane antisipasi kan sblm menjadi parah, dan skrg ngk berani lagi panggil montir home service deh.
Mending capean dikit ke bengkel tp toolsnya lbh menunjang dan mobil bisa naik pake lift jadi kerjanya kan jg lbh sip.
- Asfur
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 790
- Joined: 24 Oct 2008, 11:19
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Oh iya speaking of W124, bbrp bulan lalu ane dipinjemin nih mobil E220 lupa taon brp sempet pake 2 mingguan, emang sih mobil nya jalan, ditawarin udah elu bayarin aja nih mobil wkwkwkw. Jadi nie mobil sblmnya dipake temen boss, trus dibayarin ke temen ane (sekantor) berhubung dia takut bawa pulang krn diomelin bini beli motuba dititiplah di kantor ane (krn ini circlenya msh temen boss ane juga) jadi diijinin, maka itu dia bilang udah elu bawa aja tuh mobil, kali elu suka elu bayarin aja tuh .
Krn kalo nih mobil ditangan ane, bakal ane full refresh itu kaki2 udah kagak betah, ngk enak bener, tarikan berat, matiknya agak nyendak, ngeremnya kerassss, krei mati, vakum headrest blkg rusak, lampu kayak petromak, kap mesin tutupnya agak ngk rapet atasnya (walopun katanya ini lazm di boxer), cat udah ngk klimis. Yah ditangan 2 org itu fine2 aja, tp suruh ane bayar 30 jt jg males sih BTW, mobilnya dulu dibeli sm temen boss 100 jt, dibeli temennya yg minjemin ane 70 jt, udah ditawar 60 jt sama penggemar mercy yg ketemu di bengkel, tp kagak mau dijual, maunya 70 up krn cari margin
Prinsip ane, tiap org yg suka maen mobkas itu pasti ada preferensi tersendiri atas kendaraannya, ada yg bisa terima apa adanya, ada yg suka di refresh, ujung2nya yg penting mau nge refresh kek, ngk mau refresh kek, yg penting puas itu aja sih.
Krn kalo nih mobil ditangan ane, bakal ane full refresh itu kaki2 udah kagak betah, ngk enak bener, tarikan berat, matiknya agak nyendak, ngeremnya kerassss, krei mati, vakum headrest blkg rusak, lampu kayak petromak, kap mesin tutupnya agak ngk rapet atasnya (walopun katanya ini lazm di boxer), cat udah ngk klimis. Yah ditangan 2 org itu fine2 aja, tp suruh ane bayar 30 jt jg males sih BTW, mobilnya dulu dibeli sm temen boss 100 jt, dibeli temennya yg minjemin ane 70 jt, udah ditawar 60 jt sama penggemar mercy yg ketemu di bengkel, tp kagak mau dijual, maunya 70 up krn cari margin
Prinsip ane, tiap org yg suka maen mobkas itu pasti ada preferensi tersendiri atas kendaraannya, ada yg bisa terima apa adanya, ada yg suka di refresh, ujung2nya yg penting mau nge refresh kek, ngk mau refresh kek, yg penting puas itu aja sih.
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16449
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Tp ngeberesinnya emang bikin kepuasan tersendiri om. Udah gitu karena kualitas barangnya dari orok emang joss, kadang rusakpun masih enak. Abis dibenerin jadi huwenakkk tenanAsfur wrote: ↑26 Oct 2023, 16:48 Wuittt ada di sebut2 nih....hahahha, iya maen eropa udah beumur mah pasti perlu peremajaanlah, yg penting msh urusan yg ngk aneh2, buat ane sih msh wajar. Atau emang ane yg OCD sama kesempurnaan mobkas yah ngk tau juga yah, yg pasti emang dr dulu gonta ganti mobkas, kalo ada bunyi2 dikit udah ngk betah dan lgs ganti part biar fresh. Yg penting ati puas, kaki2 ngk glodakan. Soalnya kalo ada bunyi kriyet2 aja udah males dengernya
Kalo yg ECU sama bunyi nguk2 yg kmrn solve sih dugaan ane krn ane salah pake montir , gara2 mau nyantai, jadi panggil home service montir eks bengkel resmi mercy, tp yah ngk apa2 toh udah buruan ane antisipasi kan sblm menjadi parah, dan skrg ngk berani lagi panggil montir home service deh.
Mending capean dikit ke bengkel tp toolsnya lbh menunjang dan mobil bisa naik pake lift jadi kerjanya kan jg lbh sip.
Kadang jg mikir ke bengkel terus selain emang hobi itung2 nambah ilmu jadi sering ngobrol sama sesama owner dan mekanik. Nambah temen dan koneksi juga
Selama rusaknya gak bikin pusing kepala aja. Hampir semua kerusakan sifatnya wear n tear yg blom ane beresin dari beli sih dan bisa dicicil nggak hrs saat itu juga fokus nya malah bagusin tampilan mobilnya dulu biar semangat beresinnya. Dipikir2 biaya setelah ane kalkulasi gak mahal walau kayaknya sering banget ke bengkel.
Last edited by ChZ on 27 Oct 2023, 06:45, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16449
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Kmrn liat video bagus banget om... Senior dunia per BMW an bilangAsfur wrote: ↑26 Oct 2023, 17:00 Oh iya speaking of W124, bbrp bulan lalu ane dipinjemin nih mobil E220 lupa taon brp sempet pake 2 mingguan, emang sih mobil nya jalan, ditawarin udah elu bayarin aja nih mobil wkwkwkw. Jadi nie mobil sblmnya dipake temen boss, trus dibayarin ke temen ane (sekantor) berhubung dia takut bawa pulang krn diomelin bini beli motuba dititiplah di kantor ane (krn ini circlenya msh temen boss ane juga) jadi diijinin, maka itu dia bilang udah elu bawa aja tuh mobil, kali elu suka elu bayarin aja tuh .
Krn kalo nih mobil ditangan ane, bakal ane full refresh itu kaki2 udah kagak betah, ngk enak bener, tarikan berat, matiknya agak nyendak, ngeremnya kerassss, krei mati, vakum headrest blkg rusak, lampu kayak petromak, kap mesin tutupnya agak ngk rapet atasnya (walopun katanya ini lazm di boxer), cat udah ngk klimis. Yah ditangan 2 org itu fine2 aja, tp suruh ane bayar 30 jt jg males sih BTW, mobilnya dulu dibeli sm temen boss 100 jt, dibeli temennya yg minjemin ane 70 jt, udah ditawar 60 jt sama penggemar mercy yg ketemu di bengkel, tp kagak mau dijual, maunya 70 up krn cari margin
Prinsip ane, tiap org yg suka maen mobkas itu pasti ada preferensi tersendiri atas kendaraannya, ada yg bisa terima apa adanya, ada yg suka di refresh, ujung2nya yg penting mau nge refresh kek, ngk mau refresh kek, yg penting puas itu aja sih.
Kalo loe dapet BMW harga di bawah pasar, ya sisanya itu biaya perbaikannya.
Mungkin itu boxer jg sama om 30jt tp biaya beresinnya 40jt atau ya minim2 20jt kan pasaran boxer di 50-60 kondisi nggak istimewa
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2885
- Joined: 10 Nov 2015, 09:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
E220 ya bukan 220E, kalo 220E body boxer lama lucu tuhAsfur wrote: ↑26 Oct 2023, 17:00 Oh iya speaking of W124, bbrp bulan lalu ane dipinjemin nih mobil E220 lupa taon brp sempet pake 2 mingguan, emang sih mobil nya jalan, ditawarin udah elu bayarin aja nih mobil wkwkwkw. Jadi nie mobil sblmnya dipake temen boss, trus dibayarin ke temen ane (sekantor) berhubung dia takut bawa pulang krn diomelin bini beli motuba dititiplah di kantor ane (krn ini circlenya msh temen boss ane juga) jadi diijinin, maka itu dia bilang udah elu bawa aja tuh mobil, kali elu suka elu bayarin aja tuh .
Krn kalo nih mobil ditangan ane, bakal ane full refresh itu kaki2 udah kagak betah, ngk enak bener, tarikan berat, matiknya agak nyendak, ngeremnya kerassss, krei mati, vakum headrest blkg rusak, lampu kayak petromak, kap mesin tutupnya agak ngk rapet atasnya (walopun katanya ini lazm di boxer), cat udah ngk klimis. Yah ditangan 2 org itu fine2 aja, tp suruh ane bayar 30 jt jg males sih BTW, mobilnya dulu dibeli sm temen boss 100 jt, dibeli temennya yg minjemin ane 70 jt, udah ditawar 60 jt sama penggemar mercy yg ketemu di bengkel, tp kagak mau dijual, maunya 70 up krn cari margin
Prinsip ane, tiap org yg suka maen mobkas itu pasti ada preferensi tersendiri atas kendaraannya, ada yg bisa terima apa adanya, ada yg suka di refresh, ujung2nya yg penting mau nge refresh kek, ngk mau refresh kek, yg penting puas itu aja sih.
W124 beneran mbl hobby sih sekarang. sy jg mungkin lg males tahap restore mobil apa lg model nanggung kaya W124 ya, kecuali klasik mungkin lebih seru.
sempet beberapa kali ketemu pelanggan di bengkel, ujung2nya malah beli mbl nya. dl pernah beli mercy mini W115 tahun 71, full US cuma 25 juta hahaha, rapih 25 juta juga, jual 80 jt. sekarang kl dijual bisa tembus 150 padahal..
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16449
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Akibat bosen dengan tampilan terakhir... Browsing tokoijo cari velg dgn offset kecil. Selain karena gatel juga ngeliat looks mobil kayak kurang greng.
Eh ketemu velg yang lama dicari cari speknya juga pas.
JF luxury alpina softline 18x8.5-9.5 ET13-18. Harga juga oke jadi sikat lah. Enak gak usah pake adaptor / spacer. spek dobel PCD 5x120-114
Nyampe barang liat spek center bore ... 73.1 daripada pusing ya udahlah bubut center bore dulu biar masuk. karena pengalaman dgn bengkel ban terakhir kurang menyenangkan jadi ane bawa ke ahlinya perpelekan di smg deh : Arvia MT Haryono.
Memuaskan dan ngga banyak drama
Dan voila jadilah
sekilas larinya juga lebih enteng. kayaknya bobot spacer nya cukup lumayan jadi sekarang ringan banget.
Eh ketemu velg yang lama dicari cari speknya juga pas.
JF luxury alpina softline 18x8.5-9.5 ET13-18. Harga juga oke jadi sikat lah. Enak gak usah pake adaptor / spacer. spek dobel PCD 5x120-114
Nyampe barang liat spek center bore ... 73.1 daripada pusing ya udahlah bubut center bore dulu biar masuk. karena pengalaman dgn bengkel ban terakhir kurang menyenangkan jadi ane bawa ke ahlinya perpelekan di smg deh : Arvia MT Haryono.
Memuaskan dan ngga banyak drama
Dan voila jadilah
sekilas larinya juga lebih enteng. kayaknya bobot spacer nya cukup lumayan jadi sekarang ringan banget.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2885
- Joined: 10 Nov 2015, 09:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
cakep om, tinggal beliin dop alpina yang model pake kunci beneran, biar kaya ori xixixi
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: 26 May 2022, 11:47
- Location: Jakarta
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Beuhhh emang velg Alpina ga pernah salah.. Udah jadi replica alpina e39 belom sih ini? Kan lip udah, apalagi ya?
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16449
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
itu dop ama velgnya kayaknya mahal dopnya om
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16449
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
kalo reference nya ini harusnya ducktail/spoiler omAndImJames wrote: ↑09 Jan 2024, 11:48 Beuhhh emang velg Alpina ga pernah salah.. Udah jadi replica alpina e39 belom sih ini? Kan lip udah, apalagi ya?
sama galau mau lowering tapi jalanan ga bersahabat wakakkaka
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16449
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Habis modif terbitlah ke bengkel. Wakakakk.
Jadi sore sore pas pake mendadak kok curiga yah ada cairan ijo di bawah mobil. Dikit sih, tapi tetep aja bikin was was. Definitely coolant. Ane coba coba nyalain matiin bbrp kali, kalo mesin nyala dia gak netes. Netesnya sekitar 5-10 menit sejak mesin dimatiin.
Fingers crossed tanya mekanik andalan ane mas kipu dan anak2 komunitas kesimpulan mengerucut ke 1 hal : radiatornya harus ganti
Ya udah pagi pagi deh langsung bawa untuk cek dan bener radiator kondisi udah berkarat. Coolant rembes dari sela selanya.
Lumayanlah belum parah, perjalanan sekitar 10 kilometer masih survive tanpa kendala.
Dan selang 2 hari radiator baru pun terpasang. Merk nissens. 3.4juta + ongkos 350rebu.
pas beberapa waktu lalu ane kok ya baru galau urusan radiator beli cap 140 kPa (nurut arahan suhu quora om federico timothy) eh radiatornya malah minta ganti sekalian. ya udah itu cap 140 kPa sekalian dipasang. research di internet juga banyak yang saranin kalo udah tua enak pake 140 kPa aja biar nggak terlalu beban ke selang2.
Jadi sore sore pas pake mendadak kok curiga yah ada cairan ijo di bawah mobil. Dikit sih, tapi tetep aja bikin was was. Definitely coolant. Ane coba coba nyalain matiin bbrp kali, kalo mesin nyala dia gak netes. Netesnya sekitar 5-10 menit sejak mesin dimatiin.
Fingers crossed tanya mekanik andalan ane mas kipu dan anak2 komunitas kesimpulan mengerucut ke 1 hal : radiatornya harus ganti
Ya udah pagi pagi deh langsung bawa untuk cek dan bener radiator kondisi udah berkarat. Coolant rembes dari sela selanya.
Lumayanlah belum parah, perjalanan sekitar 10 kilometer masih survive tanpa kendala.
Dan selang 2 hari radiator baru pun terpasang. Merk nissens. 3.4juta + ongkos 350rebu.
pas beberapa waktu lalu ane kok ya baru galau urusan radiator beli cap 140 kPa (nurut arahan suhu quora om federico timothy) eh radiatornya malah minta ganti sekalian. ya udah itu cap 140 kPa sekalian dipasang. research di internet juga banyak yang saranin kalo udah tua enak pake 140 kPa aja biar nggak terlalu beban ke selang2.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 372
- Joined: 21 Dec 2021, 00:17
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Selang2nya kapan terakhir ganti om? Biasanya abis radiator, selang2 yang nyambung ke radiatornya yang mesti di replaceChZ wrote: ↑17 Jan 2024, 09:56 Habis modif terbitlah ke bengkel. Wakakakk.
Jadi sore sore pas pake mendadak kok curiga yah ada cairan ijo di bawah mobil. Dikit sih, tapi tetep aja bikin was was. Definitely coolant. Ane coba coba nyalain matiin bbrp kali, kalo mesin nyala dia gak netes. Netesnya sekitar 5-10 menit sejak mesin dimatiin.
Fingers crossed tanya mekanik andalan ane mas kipu dan anak2 komunitas kesimpulan mengerucut ke 1 hal : radiatornya harus ganti
Ya udah pagi pagi deh langsung bawa untuk cek dan bener radiator kondisi udah berkarat. Coolant rembes dari sela selanya.
Lumayanlah belum parah, perjalanan sekitar 10 kilometer masih survive tanpa kendala.
IMG20240113134159.jpg
IMG-20240113-WA0003.jpg
IMG-20240113-WA0004.jpg
Dan selang 2 hari radiator baru pun terpasang. Merk nissens. 3.4juta + ongkos 350rebu.
IMG20240115141556.jpg
pas beberapa waktu lalu ane kok ya baru galau urusan radiator beli cap 140 kPa (nurut arahan suhu quora om federico timothy) eh radiatornya malah minta ganti sekalian. ya udah itu cap 140 kPa sekalian dipasang. research di internet juga banyak yang saranin kalo udah tua enak pake 140 kPa aja biar nggak terlalu beban ke selang2.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2885
- Joined: 10 Nov 2015, 09:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
kl jalanan nya ga aneh2 sih ceperin aja om, pake lowering kit eibach, kalo h&r terlalu drop ambles. cm kerenan pake h&r secara tampilan. eibach msh sisa 2 jari paling tp ttp empuk.ChZ wrote: ↑09 Jan 2024, 14:39kalo reference nya ini harusnya ducktail/spoiler omAndImJames wrote: ↑09 Jan 2024, 11:48 Beuhhh emang velg Alpina ga pernah salah.. Udah jadi replica alpina e39 belom sih ini? Kan lip udah, apalagi ya?
sama galau mau lowering tapi jalanan ga bersahabat wakakkaka
f10 ane di jaksel si aman, pake h&r depan belakang sisa masuk sekelingking jari.
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16449
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
nah itu om... ane blom tanya owner lamanya wakakkak tp kalo radiatornya sendiri udah 8 taun lalu. klo waterpump dan thermostat masih baru banget.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16449
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
iya om, ini biar ga trlalu banyak pengeluaran gegara insiden radiator jadi musti nunda dulu deh khilaf lowering kitnya
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1639
- Joined: 22 May 2016, 11:20
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Ternyata pelihara bmw seru banget yah.....asal cuma sebatas baca di forum doang
Velgnya wapik pol mbah, berasa nostalgia ke thn 90-2000an,jamannya sedan2 super cool
Velgnya wapik pol mbah, berasa nostalgia ke thn 90-2000an,jamannya sedan2 super cool
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16449
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Bener mbah. Tp mayanlah e39 itungannya masih durable rusak2 mayoritas karena umur jg. Part affordable dan gampang mekanik hapal di luar kepala.pengendiesel wrote: ↑17 Jan 2024, 16:47 Ternyata pelihara bmw seru banget yah.....asal cuma sebatas baca di forum doang
Velgnya wapik pol mbah, berasa nostalgia ke thn 90-2000an,jamannya sedan2 super cool
Makanya ane modip2 biar makin semangat ada motivasi ngurusinnya
Zaman2 ini emang tuner BMW pada kek kacang goreng mbah. Dari alpina acs hartge hamann dll. Makanya single tuner ni kesannya 90s- early 00s banget. Velg jaman2 ini harganya mayan ke up euy.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: 16 Nov 2010, 13:23
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
oom ChZ, sejak ambil mbl pernah ngoprek mesin supaya balik ke 190 dk lg?
br ambil 528 jg ni, salah satunya terinspirasi trit ini
br ambil 528 jg ni, salah satunya terinspirasi trit ini
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16449
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
ane blum pernah otak atik mesin sih om. cuma kalo 0-100 nya masih sesuai klaim 8.8s pabrikan. jd kayaknya kudanya blom banyak berkurang mgkn kalo top speed baru ketauan tp lari 160 ke atas jg masih enteng
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
- pendoli
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1295
- Joined: 01 Jan 2016, 21:51
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Wah kecebur ke sheer repairing pleasure juga ni om hehehe
Smileage lebih penting dari mileage
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: 16 Nov 2010, 13:23
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
drpd dicari masalah mending nyari duluan wkwkwk
tp emg pas beli lgsg ganti macem2 kyk suspensi, thermostat, n macem2 perkaretan.. faktor umur jg
abis itu dipake macet2an commute gambir-bekasi aman2 aja
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16449
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
cakep, yang penting enak dipakenya om mayan sering ke bengkel kan nambah temen jg
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 274
- Joined: 12 Apr 2014, 18:37
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Holaaa oom Chz numpang mejeng dan nimbrung yak, kita mutualan di Instagram dan beberapa kali diskusi soal maintenance E39
tipenya sama dengan oom TS : E39 Aspen Silver 528i 1998
usia pemakaian ni mobil beda2 dikit sama oom TS beda sebulan 2 bulan doang
mau sharing dikit keluh kesah pemakaian 1 tahun terakhir dan upgrade kecil2an :
- awal beli pakai OEM nya size Ring 15, super duper nyaman buat dalam kota & luar kota, bahkan MBZ bener2 kaya karpet terbang kalo udah 120 keatas . Velg OEM ini pake lumayan lama sekitar 7 bulan pertama, bahkan dibawa roadtrip sampe ke Jogja nyaman poll
- ngerasa bosen pake Velg OEM karena ni mobil susah banget nyari velg PNP nya dan dipaksa bersahabat dengan Adaptor dan Spacer akhirnya angkut BBS LM Ring 19 ET 35 dari daerah Jatim sana.Karena ET bawaan nya kecil di ET 20 akhirnya saya beli adaptor 30mm di tokoijo (biasa kaum mendang mending cari yg murah aja 1 juta untuk 4 pcs )
- untuk Audio sebenernya E39 ini udah cukup enak, secara spek sudah tersedia 10 Speaker di Mobil ini. 3 di masing2 pintu depan, 1 Tweeter di masing2 pintu belakang, dan 2 speaker di bawah kaca belakang. itu kalo FULL SPEK utk 528i yg masuk resmi hanya ada 6 Speaker, Middle di masing2 pintu depan hanya pajangan saja alias kopong gak ada isi, begitu juga dengan tweeter di pintu belakang
akhirnya modal nekat dan berani memberanikan diri untuk DIY mods 3 Way di pintu depan, ukuran speaker untuk Middle di sebelah kisi AC 1.75 inch, ane beli seharga 50rb dgn tipikal speaker full range. supaya freq nya gak tabrakan satu sama lain dipakaikan crossover passive 3 way harga 75rb dari tokoijo
hasil upgrade bisa diliat di video dibawah barangkali ada temen2 user E39 yang mau juga :
- untuk sektor perlampuan sebenernya jadi salah satu momok buat para pengguna motuba, ada yang bulbnya udah redup, kebanyakan reflektornya yang udah gosong dimakan umur. case gini kejadian juga di ane setelah berkutat ganti bohlam halogen nya ke LED CSP mulai dari 30W terus kurang puas ganti lagi ke 55W ternyata nambah terang nya gak efektif. akhirnya ane bongkar dan bener aja kondisi reflektor sekitaran lobang lampu udah gosong hitam2 gitu
setelah pertimbangan daripada ganti reflektor yang biayanya lumayan akhirnya nyoba teknologi terkini : pasang Biled Projector. mulanya hanya pasang seperti bawaan OEM nya, hanya 1 set di kiri dan kanan dgn ukuran sedikit lebih besar yang ukuran 3 Inch. lagi2 semua dikerjakan DIY (luckily PNP ) dan untuk produk bilednya seharga 750.000 untuk 1 Set, untuk slot lampu high beam masih bawaan hanya bohlam diganti pakai LED.
setelah pemakaian 1 bulanan rasa rasanya kok kurang terang apalagi dibanding diesel2 lampu ala2 RGB yang terang nya gokil karena Mini Laser nya itu akhirnya memberanikan diri untuk pasang lagi di slot highbeam. jadi total ada 2 Set di kiri dan kanan . Total konsumsi daya untuk Low Beam nyala bersamaan 4-4 nya di 200W, high beam di 300W. sofar untuk settingan ini sudah cukup puas sih, luar kotaan sangat capable buat ngedim sampe spion truk
total cost nya untuk upgrade perlampuan ini masih masuk budget mahasiswa lah sekitar 1.5- 1.75 juta
First run karena DIY masih agak berantakan cutoff-nya :
Test Pass Beam :
untuk maintenance setahun ini belum ada yang aneh2 sih, gasalah kalo M52 ini masuk kategori enjin BADAK versi keluarga BMW tapi yak , sofar sih cuman ganti filter oli,udara dan bensin di awal beli, selang rem pecah di jalan akibatnya mundur sampe nabrak Ayla bemper nya doi remuk sama overheat 1x perkara extrafan jebol, dibawa ke asam reges diservice gulung ulang & ganti arang total cost 350rb sudah kayak baru lagi (IMO better than kampakan yg gatau umurnya). sisanya? isi bensin ganti oli jreng
waktu awal beli di 172.000 KM sekarang sudah masuk 191.000, pemakaian mobil daily di bandung buat ngampus & wara wiri, 1x roadtrip ke Yogyakarta, PP Jakarta - Bandung sebulan minimal 1x. soal konsumsi bensin dalam kota macet bandung bisa 1:6-7, Luar kota JKT-BDG 1:11-12, BDG-JKT 1:13-14, Luar Kota Full Tol Cipali 1:12-13 agak boros karena lari di 120-150 (best nya cruising di 100-120)
sekedar info persiapan masuk KM 200.000 harus makan indomie neh tiap hari , mau ganti full semua cairan, overhaul matic yg udah ada gejala jedug, kaki2 belakang yang udah ada bunyi ngikngik, sensor TD atas bawah udah harus aware drpd mogok dijalan, fuelpump juga udah harus peremajaan, sekalian full tuneup kalo bisa sih turun setengah biar fresh, perkiraan budget di 25-30
kayanya segitu dulu sharingnya, btw oom TS nanti bulan 8 ane ada rencana mau Road Trip ke Bali kitee kopdar yuuukk
tipenya sama dengan oom TS : E39 Aspen Silver 528i 1998
usia pemakaian ni mobil beda2 dikit sama oom TS beda sebulan 2 bulan doang
mau sharing dikit keluh kesah pemakaian 1 tahun terakhir dan upgrade kecil2an :
- awal beli pakai OEM nya size Ring 15, super duper nyaman buat dalam kota & luar kota, bahkan MBZ bener2 kaya karpet terbang kalo udah 120 keatas . Velg OEM ini pake lumayan lama sekitar 7 bulan pertama, bahkan dibawa roadtrip sampe ke Jogja nyaman poll
- ngerasa bosen pake Velg OEM karena ni mobil susah banget nyari velg PNP nya dan dipaksa bersahabat dengan Adaptor dan Spacer akhirnya angkut BBS LM Ring 19 ET 35 dari daerah Jatim sana.Karena ET bawaan nya kecil di ET 20 akhirnya saya beli adaptor 30mm di tokoijo (biasa kaum mendang mending cari yg murah aja 1 juta untuk 4 pcs )
- untuk Audio sebenernya E39 ini udah cukup enak, secara spek sudah tersedia 10 Speaker di Mobil ini. 3 di masing2 pintu depan, 1 Tweeter di masing2 pintu belakang, dan 2 speaker di bawah kaca belakang. itu kalo FULL SPEK utk 528i yg masuk resmi hanya ada 6 Speaker, Middle di masing2 pintu depan hanya pajangan saja alias kopong gak ada isi, begitu juga dengan tweeter di pintu belakang
akhirnya modal nekat dan berani memberanikan diri untuk DIY mods 3 Way di pintu depan, ukuran speaker untuk Middle di sebelah kisi AC 1.75 inch, ane beli seharga 50rb dgn tipikal speaker full range. supaya freq nya gak tabrakan satu sama lain dipakaikan crossover passive 3 way harga 75rb dari tokoijo
hasil upgrade bisa diliat di video dibawah barangkali ada temen2 user E39 yang mau juga :
- untuk sektor perlampuan sebenernya jadi salah satu momok buat para pengguna motuba, ada yang bulbnya udah redup, kebanyakan reflektornya yang udah gosong dimakan umur. case gini kejadian juga di ane setelah berkutat ganti bohlam halogen nya ke LED CSP mulai dari 30W terus kurang puas ganti lagi ke 55W ternyata nambah terang nya gak efektif. akhirnya ane bongkar dan bener aja kondisi reflektor sekitaran lobang lampu udah gosong hitam2 gitu
setelah pertimbangan daripada ganti reflektor yang biayanya lumayan akhirnya nyoba teknologi terkini : pasang Biled Projector. mulanya hanya pasang seperti bawaan OEM nya, hanya 1 set di kiri dan kanan dgn ukuran sedikit lebih besar yang ukuran 3 Inch. lagi2 semua dikerjakan DIY (luckily PNP ) dan untuk produk bilednya seharga 750.000 untuk 1 Set, untuk slot lampu high beam masih bawaan hanya bohlam diganti pakai LED.
setelah pemakaian 1 bulanan rasa rasanya kok kurang terang apalagi dibanding diesel2 lampu ala2 RGB yang terang nya gokil karena Mini Laser nya itu akhirnya memberanikan diri untuk pasang lagi di slot highbeam. jadi total ada 2 Set di kiri dan kanan . Total konsumsi daya untuk Low Beam nyala bersamaan 4-4 nya di 200W, high beam di 300W. sofar untuk settingan ini sudah cukup puas sih, luar kotaan sangat capable buat ngedim sampe spion truk
total cost nya untuk upgrade perlampuan ini masih masuk budget mahasiswa lah sekitar 1.5- 1.75 juta
First run karena DIY masih agak berantakan cutoff-nya :
Test Pass Beam :
untuk maintenance setahun ini belum ada yang aneh2 sih, gasalah kalo M52 ini masuk kategori enjin BADAK versi keluarga BMW tapi yak , sofar sih cuman ganti filter oli,udara dan bensin di awal beli, selang rem pecah di jalan akibatnya mundur sampe nabrak Ayla bemper nya doi remuk sama overheat 1x perkara extrafan jebol, dibawa ke asam reges diservice gulung ulang & ganti arang total cost 350rb sudah kayak baru lagi (IMO better than kampakan yg gatau umurnya). sisanya? isi bensin ganti oli jreng
waktu awal beli di 172.000 KM sekarang sudah masuk 191.000, pemakaian mobil daily di bandung buat ngampus & wara wiri, 1x roadtrip ke Yogyakarta, PP Jakarta - Bandung sebulan minimal 1x. soal konsumsi bensin dalam kota macet bandung bisa 1:6-7, Luar kota JKT-BDG 1:11-12, BDG-JKT 1:13-14, Luar Kota Full Tol Cipali 1:12-13 agak boros karena lari di 120-150 (best nya cruising di 100-120)
sekedar info persiapan masuk KM 200.000 harus makan indomie neh tiap hari , mau ganti full semua cairan, overhaul matic yg udah ada gejala jedug, kaki2 belakang yang udah ada bunyi ngikngik, sensor TD atas bawah udah harus aware drpd mogok dijalan, fuelpump juga udah harus peremajaan, sekalian full tuneup kalo bisa sih turun setengah biar fresh, perkiraan budget di 25-30
kayanya segitu dulu sharingnya, btw oom TS nanti bulan 8 ane ada rencana mau Road Trip ke Bali kitee kopdar yuuukk
Sheer Driving Pleasure
Now :
E39 M52B28 "98 > Perfect Balance
E36 M40B18 "93 > Mesin Jait
Past :
E34 M60B30 "95 > V8 Powah
Now :
E39 M52B28 "98 > Perfect Balance
E36 M40B18 "93 > Mesin Jait
Past :
E34 M60B30 "95 > V8 Powah
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 21 Replies
- 3286 Views
-
Last post by daimler
-
- 14 Replies
- 2856 Views
-
Last post by carlowolvie
-
- 27 Replies
- 6568 Views
-
Last post by mojacko
-
- 37 Replies
- 8904 Views
-
Last post by stealthy
-
- 52 Replies
- 11012 Views
-
Last post by farizfsa
-
- 22 Replies
- 4526 Views
-
Last post by Devourer
-
- 12 Replies
- 4988 Views
-
Last post by sherryandkez
-
- 16 Replies
- 4332 Views
-
Last post by Pboyz97
-
- 67 Replies
- 14948 Views
-
Last post by ChZ
-
- 58 Replies
- 7063 Views
-
Last post by Pboyz97