1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Post Reply
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2885
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by farizfsa »

ChZ wrote: 20 Jul 2023, 21:37 Setelah 2 minggu pake, ane galau untuk ngebuang 2 buah ban baru...

Tapi karena udah gak kuat dgn tampilan yang makin hari diliatin keliatan cingkrang, ya udah ane relakan.

Beli satu set lagi 265/35/18 untuk pasang di belakang, depan pakai 235/40/18 pindahin dari belakang. Size nya nyontek spek M5 E39. Dan kebanyakan fitmentnya emang gini di E39 yang pakai r18.

Sempet ada drama dikit masang ban belakang kanan kaga mau dipompa. Keburu ane mau pergi lg, ya udah serep terpaksa turun zzz. Ga brani bawa kemana mana jauh itu serep udah 20 thn lebih.

IMG20230718214229.jpg

Dan voila! Skrg fitment nya jadi meaty.

IMG20230720120945.jpg

Depannya ga kliatan kayak ban delman kalo dari jauh. Kmrn ane berusaha meyakinkan diri kalau ini karakter sidewall nya ternyata bannya kurang lebar jd aga narik.

IMG20230720133434.jpg

Spec sekarang
18x8 ET20 ban 235/40/18 accelera 651 sport tw200
18x9 ET15 ban 265/35/18 accelera 651 sport tw200

Naikan juga jauh lebih refined gak berasa grobak kayak kemarin. Kelebihan ban semi slicknya juga bisa ane rasakan. Setir jauh lebih akurat dan pede nekuk2nya :mky_03:

Skrg PRnya tinggal kaca film neh... Dijemur bentar aja di siang terik panasnya ampun.

Btw ban lamanya ane jual special price buat warga SM.. accelera 651 tw200 225/40/18 2 biji baru pake 2 minggu. Cakep buat dipasang di E46.

IMG20230718155344.jpg
Keren om, seri 5 emg kl spec2 normal enakan meaty, depan 235/245 belakang 265-285

Drp belakang padet bgt
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2863
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: 20 Jul 2023, 21:37 Image

Spec sekarang
18x8 ET20 ban 235/40/18 accelera 651 sport tw200
18x9 ET15 ban 265/35/18 accelera 651 sport tw200

Naikan juga jauh lebih refined gak berasa grobak kayak kemarin. Kelebihan ban semi slicknya juga bisa ane rasakan. Setir jauh lebih akurat dan pede nekuk2nya :mky_03:

Skrg PRnya tinggal kaca film neh... Dijemur bentar aja di siang terik panasnya ampun.
Udah tjakeppp skarang :mky_02:

Tinggal lowering kit aja seperti biasa… ya kann om @kendibocor keknya ada share eibach buat E39 tuh tadi :upss:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3753
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by kendibocor »

KielConstantine wrote: 20 Jul 2023, 23:59
ChZ wrote: 20 Jul 2023, 21:37 Image

Spec sekarang
18x8 ET20 ban 235/40/18 accelera 651 sport tw200
18x9 ET15 ban 265/35/18 accelera 651 sport tw200

Naikan juga jauh lebih refined gak berasa grobak kayak kemarin. Kelebihan ban semi slicknya juga bisa ane rasakan. Setir jauh lebih akurat dan pede nekuk2nya :mky_03:

Skrg PRnya tinggal kaca film neh... Dijemur bentar aja di siang terik panasnya ampun.
Udah tjakeppp skarang :mky_02:

Tinggal lowering kit aja seperti biasa… ya kann om @kendibocor keknya ada share eibach buat E39 tuh tadi :upss:
1-2 bulan lg uda kepasang tuh eibach :upss:
Tanggung lah cuma velg, sekalian per ma bodykit m-tech. Gnt velg tanpa per n bodykit ibarat masak ga pake garem lada, hambarrrrr :mky_03:

Abis itu baru mikir2 lg mau nambah apalg :big_weee:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16449
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

farizfsa wrote: 20 Jul 2023, 22:10 Keren om, seri 5 emg kl spec2 normal enakan meaty, depan 235/245 belakang 265-285

Drp belakang padet bgt
Hihi iya om keselnya harus ngebuang ban baru kebayar ma tampilan lbh nyetel :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16449
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

kendibocor wrote: 21 Jul 2023, 01:41
KielConstantine wrote: 20 Jul 2023, 23:59 Udah tjakeppp skarang :mky_02:

Tinggal lowering kit aja seperti biasa… ya kann om @kendibocor keknya ada share eibach buat E39 tuh tadi :upss:
1-2 bulan lg uda kepasang tuh eibach :upss:
Tanggung lah cuma velg, sekalian per ma bodykit m-tech. Gnt velg tanpa per n bodykit ibarat masak ga pake garem lada, hambarrrrr :mky_03:

Abis itu baru mikir2 lg mau nambah apalg :big_weee:
Buset racunnya pindah sini wakakakaka.

Iya neh racun masi banyak... Lowering kit ma mtech :big_childish:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16449
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

Habis urusan velg niatnya mau ngerem tp mobil karena dipake, jd berasa kurang nyamannya tiap hari. Apalagi civic sudah mulai minta jajan.

Job pertama utk siapin ni mobil jd mobil cadangan harus enak dipake siang hari... KF lamanya udah jelek gak ngeredam panas sama sekali. Sementara cuaca lg ga bersahabat nih.

Jd pasang kaca film dari HD autofilm yang clear. Iya, kayak aquarium sih. Cuma ane pengen nonjolin kesan classic mobil ini jd ya udah deh. Penting adem :upss: barang penting simpen bagasi aja. Untung sedan.
IMG20230726220905.jpg
Sticker "the perfect balance" wajib dipertahankan :big_weee:

Damage cost 2.5juta full muter.
Installation @otofine.garage . Jl. Ayodyapala (madukoro), rekomen buat kalau mau coating dan pasang beebot mini projie jg nih.

Lalu lanjottt... Karena skalian benerin shock civic, ya udah drpd nunda2 mulu. Bushing arm kaki kaki depan udah nyanyi tiap lewat jalan gak rata.

Ternyata setelah dibongkar..... Gak cuma bushing arm tapi tierod end, link stabilizer, semua kena :ungg: ya gak semua pecah sih, tp udah retak karetnya. Plus menyaksikan sendiri betapa canggihnya suspensi depan BMW.

Costly to repair, tp habis repair puasnya priceless. Gile loh suspensi BMW rusak rasanya kayak suspensi Xpander sehat :big_biglaugh:
IMG20230807134354.jpg
Bushing lower arm uda pecah gini
IMG20230807134418.jpg
IMG20230808161718.jpg
Biaya total 3.7jt incl pasang

Repair di Hartono Onderstel, Kenconowungu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lorensiuswlt
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: 11 Nov 2015, 14:16
Daily Vehicle: BMW

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by lorensiuswlt »

Keren om...bmw tua klo habis benerin kaki2 pasti uenak bgt ...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16449
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

lorensiuswlt wrote: 09 Aug 2023, 14:02 Keren om...bmw tua klo habis benerin kaki2 pasti uenak bgt ...
emang gile tuh german engineering... kaki kaki aja arm nya segitu banyak. klo cuma pake kota kota jalan di bawah 60 sih ga berasa ada yg salah pdhl bushing udah kocak semua :mky_07:

skrg baru berasa loh ternyata aslinya enak bener gini. kuping ember biasa kaki kaki mobil jepang grudukan berisik.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: 24 Oct 2008, 11:19

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by Asfur »

Setuju banget nih om, itulah sebabnya CR2 ane jual krn kalo kena jalan rusak atau lubang, itu bunyi dukduknya kasar khas sedan jepang, ngk asik lah pokoknya.
W212 ai jg sama, waktu abis ambil bawa pulang dan dipake semingguan, ngelibas jalan konblok, jalan bebatuan, jalan lubang (yah tp tentu ngk dihajar lobangnya), semua asik2 aja kagak ada bunyi kultak klutuknya. Tp emang yg ngk bisa dihindari adalah ayunan yg sudah lemah, jadi kalo ada poldur, itu pas ngayun turun, udah ngegesrot cover mesin yg beludru di bagian bawah.
Makanya lgs bawa bengkel dan turunin semua kaki2 dan remajakan semuanya, dari shock, boot shock, damper shock (biasa suka dibilang juga busa shock) dan mounting shock depan belakang ai tuker semua, cuman yg belakang shock nya masih bagus, jadi yg lama ngk ai buang, ai simpen lagi buat dipake kalo sewaktu2 butuh dan dompet lagi cekak. jadi enak lagi dan ada poldur udah kagak ngesot lagi.
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: 25 Oct 2016, 07:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by gadjahalphien »

Asfur wrote: 16 Aug 2023, 15:38 Cut...
Makanya lgs bawa bengkel dan turunin semua kaki2 dan remajakan semuanya, dari shock, boot shock, damper shock (biasa suka dibilang juga busa shock) dan mounting shock depan belakang ai tuker semua, cuman yg belakang shock nya masih bagus, jadi yg lama ngk ai buang, ai simpen lagi buat dipake kalo sewaktu2 butuh dan dompet lagi cekak. jadi enak lagi dan ada poldur udah kagak ngesot lagi.
Tembus berapa om DC nya?

Buat jaga2 adeknya, 204
Daily : (temporary) 150kW M271DE 7AT or (Soon) 78KW 2NR-VE CVT or Bus TJ
Weekend Occasional : 150kW M271DE 7AT
Occasional : 75kW 1.6BGU MT | 89kW 1ZZ-FE MT | 132kW K24Z 5AT
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: 24 Oct 2008, 11:19

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by Asfur »

shock dpt copotan bagus belakang dan mounting shock 800 rban sepasang, waktu itu beli dan cek sendiri barangnya jadi yakin baugs. shock depan pake bensco sepasang 2,5 an kl ngk salah inget, boot shock depan beli baru di PB auto 400 ribuan, sama boot belakang jg kl ngk salah yg blkg 200-300 rb an. link lemforder sepasang 500 an.
hotgunpla
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 27 Sep 2020, 00:38

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by hotgunpla »

ChZ wrote: 08 Aug 2023, 22:45 Habis urusan velg niatnya mau ngerem tp mobil karena dipake, jd berasa kurang nyamannya tiap hari. Apalagi civic sudah mulai minta jajan.

Job pertama utk siapin ni mobil jd mobil cadangan harus enak dipake siang hari... KF lamanya udah jelek gak ngeredam panas sama sekali. Sementara cuaca lg ga bersahabat nih.

Jd pasang kaca film dari HD autofilm yang clear. Iya, kayak aquarium sih. Cuma ane pengen nonjolin kesan classic mobil ini jd ya udah deh. Penting adem :upss: barang penting simpen bagasi aja. Untung sedan.

IMG20230726220905.jpg
Sticker "the perfect balance" wajib dipertahankan :big_weee:

Damage cost 2.5juta full muter.
Installation @otofine.garage . Jl. Ayodyapala (madukoro), rekomen buat kalau mau coating dan pasang beebot mini projie jg nih.

Lalu lanjottt... Karena skalian benerin shock civic, ya udah drpd nunda2 mulu. Bushing arm kaki kaki depan udah nyanyi tiap lewat jalan gak rata.

Ternyata setelah dibongkar..... Gak cuma bushing arm tapi tierod end, link stabilizer, semua kena :ungg: ya gak semua pecah sih, tp udah retak karetnya. Plus menyaksikan sendiri betapa canggihnya suspensi depan BMW.

Costly to repair, tp habis repair puasnya priceless. Gile loh suspensi BMW rusak rasanya kayak suspensi Xpander sehat :big_biglaugh:

IMG20230807134354.jpg
Bushing lower arm uda pecah gini

IMG20230807134418.jpg

IMG20230808161718.jpg
Biaya total 3.7jt incl pasang

Repair di Hartono Onderstel, Kenconowungu.
Halo omm salam kenal,
Beberapa bulan lalu saya minang 525 abis liat trit om, jadi makin penasaran soalnya hahahahhh
Btw di saya kalo jalan udah >80kph stir uda geter. Itu om ganti bushing2 sebelumnya berasa gitu juga apa ngga? Mending ganti bushing apa arem2nya sekalian semua yak om?
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2885
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by farizfsa »

hotgunpla wrote: 24 Aug 2023, 19:49
ChZ wrote: 08 Aug 2023, 22:45 Habis urusan velg niatnya mau ngerem tp mobil karena dipake, jd berasa kurang nyamannya tiap hari. Apalagi civic sudah mulai minta jajan.

Job pertama utk siapin ni mobil jd mobil cadangan harus enak dipake siang hari... KF lamanya udah jelek gak ngeredam panas sama sekali. Sementara cuaca lg ga bersahabat nih.

Jd pasang kaca film dari HD autofilm yang clear. Iya, kayak aquarium sih. Cuma ane pengen nonjolin kesan classic mobil ini jd ya udah deh. Penting adem :upss: barang penting simpen bagasi aja. Untung sedan.

IMG20230726220905.jpg
Sticker "the perfect balance" wajib dipertahankan :big_weee:

Damage cost 2.5juta full muter.
Installation @otofine.garage . Jl. Ayodyapala (madukoro), rekomen buat kalau mau coating dan pasang beebot mini projie jg nih.

Lalu lanjottt... Karena skalian benerin shock civic, ya udah drpd nunda2 mulu. Bushing arm kaki kaki depan udah nyanyi tiap lewat jalan gak rata.

Ternyata setelah dibongkar..... Gak cuma bushing arm tapi tierod end, link stabilizer, semua kena :ungg: ya gak semua pecah sih, tp udah retak karetnya. Plus menyaksikan sendiri betapa canggihnya suspensi depan BMW.

Costly to repair, tp habis repair puasnya priceless. Gile loh suspensi BMW rusak rasanya kayak suspensi Xpander sehat :big_biglaugh:

IMG20230807134354.jpg
Bushing lower arm uda pecah gini

IMG20230807134418.jpg

IMG20230808161718.jpg
Biaya total 3.7jt incl pasang

Repair di Hartono Onderstel, Kenconowungu.
Halo omm salam kenal,
Beberapa bulan lalu saya minang 525 abis liat trit om, jadi makin penasaran soalnya hahahahhh
Btw di saya kalo jalan udah >80kph stir uda geter. Itu om ganti bushing2 sebelumnya berasa gitu juga apa ngga? Mending ganti bushing apa arem2nya sekalian semua yak om?
Kl cm setir geter obatnya balancing ban dulu oms. Kl disertai gladak gluduk bunyi kaki2 baru cek lebih jauh
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16449
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

hotgunpla wrote: 24 Aug 2023, 19:49 Halo omm salam kenal,
Beberapa bulan lalu saya minang 525 abis liat trit om, jadi makin penasaran soalnya hahahahhh
Btw di saya kalo jalan udah >80kph stir uda geter. Itu om ganti bushing2 sebelumnya berasa gitu juga apa ngga? Mending ganti bushing apa arem2nya sekalian semua yak om?
Geternya parah ampe setirnya rasa melayang gak om? Kl saya dulu gitu soalnya.

Kalo gak mungkin balancing dulu aja.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1295
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by pendoli »

hotgunpla wrote: 24 Aug 2023, 19:49

Halo omm salam kenal,
Beberapa bulan lalu saya minang 525 abis liat trit om, jadi makin penasaran soalnya hahahahhh
Btw di saya kalo jalan udah >80kph stir uda geter. Itu om ganti bushing2 sebelumnya berasa gitu juga apa ngga? Mending ganti bushing apa arem2nya sekalian semua yak om?
Wah om kembaran kita sesama 525 👋
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
hotgunpla
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 27 Sep 2020, 00:38

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by hotgunpla »

farizfsa wrote: 24 Aug 2023, 21:11
Kl cm setir geter obatnya balancing ban dulu oms. Kl disertai gladak gluduk bunyi kaki2 baru cek lebih jauh
Minggu kemaren udah saya coba balancing ulang, kejadian masi tetep sama geter di 80 kmh oms. Enaknya next cek apanya lagi ya?

Kemaren sempet coba cek katanya udah jelek sih bushing arm, cuma lupa yg atas apa bawah. Kalo dari bagian belakang mobil memungkinkan ga sih geternya ke setir?
hotgunpla
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 27 Sep 2020, 00:38

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by hotgunpla »

ChZ wrote: 25 Aug 2023, 06:21
hotgunpla wrote: 24 Aug 2023, 19:49 Halo omm salam kenal,
Beberapa bulan lalu saya minang 525 abis liat trit om, jadi makin penasaran soalnya hahahahhh
Btw di saya kalo jalan udah >80kph stir uda geter. Itu om ganti bushing2 sebelumnya berasa gitu juga apa ngga? Mending ganti bushing apa arem2nya sekalian semua yak om?
Geternya parah ampe setirnya rasa melayang gak om? Kl saya dulu gitu soalnya.

Kalo gak mungkin balancing dulu aja.
Ngga sih om, masih berasa napak soalnya gaberani juga dilanjutin makin kenceng :mky_01:
kalo menurut om mendingan ganti arm ato cukup bushingnya aja?
hotgunpla
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 27 Sep 2020, 00:38

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by hotgunpla »

pendoli wrote: 25 Aug 2023, 10:22
hotgunpla wrote: 24 Aug 2023, 19:49

Halo omm salam kenal,
Beberapa bulan lalu saya minang 525 abis liat trit om, jadi makin penasaran soalnya hahahahhh
Btw di saya kalo jalan udah >80kph stir uda geter. Itu om ganti bushing2 sebelumnya berasa gitu juga apa ngga? Mending ganti bushing apa arem2nya sekalian semua yak om?
Wah om kembaran kita sesama 525 👋
Halow om salam kenal :big_deal: sejauh ini pemakaian gimana om? Keluhannya apa aja ? Udah dimod apa aja mobilnya hehe
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1295
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by pendoli »

hotgunpla wrote: 29 Aug 2023, 19:50
pendoli wrote: 25 Aug 2023, 10:22
hotgunpla wrote: 24 Aug 2023, 19:49

Halo omm salam kenal,
Beberapa bulan lalu saya minang 525 abis liat trit om, jadi makin penasaran soalnya hahahahhh
Btw di saya kalo jalan udah >80kph stir uda geter. Itu om ganti bushing2 sebelumnya berasa gitu juga apa ngga? Mending ganti bushing apa arem2nya sekalian semua yak om?
Wah om kembaran kita sesama 525 👋
Halow om salam kenal :big_deal: sejauh ini pemakaian gimana om? Keluhannya apa aja ? Udah dimod apa aja mobilnya hehe
Masi nganut oem om, setiap mo dandan eh ada aja jajannya… dicatat di thread sendiri coba search aja sheer repairing pleasure om 🤣
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2885
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by farizfsa »

hotgunpla wrote: 29 Aug 2023, 19:48
ChZ wrote: 25 Aug 2023, 06:21
hotgunpla wrote: 24 Aug 2023, 19:49 Halo omm salam kenal,
Beberapa bulan lalu saya minang 525 abis liat trit om, jadi makin penasaran soalnya hahahahhh
Btw di saya kalo jalan udah >80kph stir uda geter. Itu om ganti bushing2 sebelumnya berasa gitu juga apa ngga? Mending ganti bushing apa arem2nya sekalian semua yak om?
Geternya parah ampe setirnya rasa melayang gak om? Kl saya dulu gitu soalnya.

Kalo gak mungkin balancing dulu aja.
Ngga sih om, masih berasa napak soalnya gaberani juga dilanjutin makin kenceng :mky_01:
kalo menurut om mendingan ganti arm ato cukup bushingnya aja?
Kalo bisa ganti bushing nya ya bushing aja om, beli arm sayap begiti kl full muahal wkwk apa lg kalo lgs kiri kanan
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16449
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

hotgunpla wrote: 29 Aug 2023, 19:48 Ngga sih om, masih berasa napak soalnya gaberani juga dilanjutin makin kenceng :mky_01:
kalo menurut om mendingan ganti arm ato cukup bushingnya aja?
Bushingnya aja om biasanya. Sayang duitnya diganti se arm nya soalnya paling itu bushingnya pecah :mky_01:

Tp dicek dulu aja.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16449
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

Weekend kemarin karena ke BSD 2 hari dan jadwal servis... Sekalian deh beresin yang bisa diberesin. Drpd ribet bolak balik lagi yekan.
IMG20231012121052.jpg
sebelahan ma E38 mangkrak penunggu bengkel :upss:

Engine tune up + ganti oli. aslinya mau sekalian ganti ATF tp lagi kosong.
Kuras minyak rem
Kuras radiator

Temuan2 ajaib
1. Busi basah akibat paking rembes. Koil tewas 1. Ganti semua deh. udah gitu ternyata pincang pantesan rasanya agak aneh kalo low speed. emang pincangnya 6 silinder asem ga ketauan. biasa pake 4 silinder pincang jadi ayla 3 silinder kasar bgt :big_weee: ini pincang 1 silinder ya jadinya audi :upss:
IMG-20231013-WA0003.jpg
2. Minyak rem udah menghitam. pantesan ngeremnya ngeloyor mulu. aslinya mau ngecek sensor minyak rem dibersihin ternyata tetep kg bisa.
IMG-20231014-WA0005.jpg
DC total : 4.675juta. rinciannya langsung ajah banyak bgt. Wakakkaka. Lokasi bengkel terlampir.
IMG-20231016-WA0023.jpg
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 527
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by Bibieight »

ChZ wrote: 17 Oct 2023, 13:56 Weekend kemarin karena ke BSD 2 hari dan jadwal servis... Sekalian deh beresin yang bisa diberesin. Drpd ribet bolak balik lagi yekan.

IMG20231012121052.jpg
sebelahan ma E38 mangkrak penunggu bengkel :upss:

Engine tune up + ganti oli. aslinya mau sekalian ganti ATF tp lagi kosong.
Kuras minyak rem
Kuras radiator

Temuan2 ajaib
1. Busi basah akibat paking rembes. Koil tewas 1. Ganti semua deh. udah gitu ternyata pincang pantesan rasanya agak aneh kalo low speed. emang pincangnya 6 silinder asem ga ketauan. biasa pake 4 silinder pincang jadi ayla 3 silinder kasar bgt :big_weee: ini pincang 1 silinder ya jadinya audi :upss:
IMG-20231013-WA0003.jpg

2. Minyak rem udah menghitam. pantesan ngeremnya ngeloyor mulu. aslinya mau ngecek sensor minyak rem dibersihin ternyata tetep kg bisa.
IMG-20231014-WA0005.jpg

DC total : 4.675juta. rinciannya langsung ajah banyak bgt. Wakakkaka. Lokasi bengkel terlampir.

IMG-20231016-WA0023.jpg
Booster rem-nya Lucas ternyata ya ?, baru perhatian saya. Kalo ECU (CMMIW) Magneti-Marelli, berarti BMW tu aslinya ndak Jerman2 banget yak :big_think: :big_think: :big_think: . Apa ini ya jangan2 yang bikin sheer repairing pleasure :big_peace: :big_peace: :big_peace: .
Jaman bokap saya masih main 504-604-505GR-505GTi-405SR paling alergi kalo dapet onderdil Magneti-Marelli (trauma jaman pake Fiat katanya), minimal carinya Valeo :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16449
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

Bibieight wrote: 17 Oct 2023, 15:35
Booster rem-nya Lucas ternyata ya ?, baru perhatian saya. Kalo ECU (CMMIW) Magneti-Marelli, berarti BMW tu aslinya ndak Jerman2 banget yak :big_think: :big_think: :big_think: . Apa ini ya jangan2 yang bikin sheer repairing pleasure :big_peace: :big_peace: :big_peace: .
Jaman bokap saya masih main 504-604-505GR-505GTi-405SR paling alergi kalo dapet onderdil Magneti-Marelli (trauma jaman pake Fiat katanya), minimal carinya Valeo :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
kalo penyebab sheer repairing plisurrnya kayaknya si kagak lah mbah. yang tahun segini2 itu bandel kok. yang taun setelah2nya baru bala tuh. kebanyakan sensor ono ini.

thn segini yang bala radiatornya. terutama yg 4 silinder.

tp ya uda rahasia umum lah si baling2 gak murni jerman semua partnya orang transmisi aja ada yang pake GM ada yang pake ZF.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16449
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

gara gara ketemu dan cobain E280 temen ane... dia juga cobain E39 ane... terus komen

"kok gardan u kenceng bener suaranya". terus ane coba E280 dia kok hening. jadi makin curiga. :ungg:

jadi selama pemakaian ane pikir suara gardan emang kenceng gini apalagi ini RWD jadul mungkin emang gini suaranya.

maklum emang minim pengalaman dengan mobil RWD paling juga avanza innova suara kasar juga bodo amat kan emang mobil perang ancur2an :big_biglaugh: terus langsung akhirnya semua misteri terpecahkan kenapa kok di tuas transmisi kayak ada suara rattle di sekitar 50-60 kph segala.

singkat cerita ane kepikiran, melipirlah ke montir andalan mas kipu... minta cek gardan deh kali2 kopel gardannya kena. di group juga banyak soalnya yang kena karet kopelnya.

iya, kata siapa RWD lebih kuat, itu cuma berlaku di innova :mky_07: BMW mah kaga sama aja ribet bushingnya banyak.

lalu culprit utamanya :
IMG20231025160353.jpg
IMG20231025160357.jpg
wheel bearing LR ternyata. 950k/pcs. tapi yang dibongkar banyak dan seharian pula masuk jam 9 kelar jam 5 krn lagi banyak pasien jg. jadi ongkosnya lumayan di charge 350k. abis diganti emang gila senyap bener nih mobil ternyata. :big_biglaugh: langsung ketagihan geber di toll krn suara M52 nya makin nagih :upss:

yang lucu hari itu banyak bener E39 mampir. kemarin sore sambil nunggu mobil diberesin ngobrol juga sama sesama user E39 dan E46 318i yang baru ambil juga. terus itu E39 item di samping ane kenal pula ownernya lagi turun metik :mky_07:
IMG20231025091256.jpg
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post