1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16449
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
a tale of (maybe) Love at first sight?
Sebenernya ane belum pernah ada pengalaman dengan E39 5-series sebelumnya. selama ini pengalaman dengan 5-series itu cuma nyoba F10 520i dan G30 520i. newer generation BMWs. older gen itu seringnya pengalaman dengan seri-3 : 323i E36 M52 M/T, 318i E46 M43 & N42.
singkatnya ini mundur ke zaman waktu ane kuliah. pernah sekali waktu lagi macet-macetan di kota surabaya ngeliat seekor 528i E39. itu pemandangan yang nggak pernah ane lupakan. ditambah karena tetangga rumah yang punya cucian mobil juga ada seekor 528i E39, makin makin lah kita tiap hari liat tuh mobil.
ya kalau kata orang sih "cinta datang tiba-tiba"
lalu fast forward ke 2022, ini seperti pernah naksir cewek zaman SMA yang udah lama nggak jumpa tiba-tiba justru dia yang nyapa duluan. thread E39 mbah @pendoli jadi starting point. mulailah berpikir :
"well, what's the worst that can happen?"
ini mobil masih cantik walaupun sudah banyak tahun berselang. proporsinya semua perfect. nggak terlalu complicated macem E60, nggak terlalu panjang macem F10. nggak se-chubby seri 3 sebelum F30. wheelbase, size, styling, semua sempurna. bahkan teknologi juga masih di taraf wajar belum intrusif, masih mechanical feel (biarpun kata banyak orang tetep feel mekanikal terbaik itu di E34 yang sebelumnya, tapi stylingnya ketuaan untuk ane yang gen milenial )
"The Perfect Balance" ini bukan basa-basi
doing mini research lah di internet. masalah-masalah, maintenance, dll. oh ternyata nggak mahal dan nggak ribet juga. emang engineering khas BMW banyak cerita-cerita konyol. kayak running gag di forum ini sama mbah @KielConstantine shirr repairing plisurrr benar adanya
keinginan buat punya E39 ini juga salah satunya, semacam bentuk resistansi terhadap tuntutan zaman (atau industry?) dimana semua harus electrified. hybrid lah, yang katanya irit tapi malah nambah maintenance gila-gilaan dengan batre yang tidak murah dan tidak green juga. dimana orang-orang kebanyakan membenci suara mesin (entah kenapa pada bilang kelebihan EV itu senyap, buat saya itu major drawback, seperti komunikasi searah, tidak ada feedback mekanis kalo rusak ya sesuka-suka dia aja mau gimana), saya malah kangen sama suara inline-six biarpun nggak lebih kenceng dari turbo four-pot di honda saya.
ya sudah, kalau memang mau ngomongin environment-friendly, kenapa nggak restorasi mobil tua aja? sesuai prinsip Reuse-Reduce-Recycle
Chapter 1 : The Hunt.
Memulai perburuan E39 ini nggak mudah. a bit stressful kalau saya bilang. saya hampir nyerah sebelum ketemu "the one" ini. bokap juga awalnya resisten berusaha melarang ane untuk tidak terjerumus apalagi doi cukup konservatif punya BMW mercy VW repairnya bikin males katanya.
tapi ya gimana lagi namanya cinta, toh duit duit sendiri, dilarang orang tua pun kita tetep ngotot kan
yang bikin sulit, faktor unitnya tidak se-pasaran seri-3 E36 atau E46. tapi demand nya cukup tinggi sehingga unit yang bagus dihargai sangat mahal. ditambah karena reliabel jadi pada nggak mau lepas murah. sementara yang bahan ya musti berburu sampe ke pelosok2.
incaran pertama ane itu 525i E39 thn 2001 in pristine condition, di awal dia ngebuka 119 juta. tapi berapa bulan dia turunin ke 89 juta karena BU. itu aja sebenarnya agak tinggi. tapi yah namanya mobil pristine banget like new, akhirnya laku juga, ke jakarta.
marketplace dan consignment di kota-kota besar rata-rata buka di atas cepek. apalagi tipe 530i M54 yang jelek aja di atas 90 dan unitnya jarang.
ya sudah, tipe saya abaikan dulu. nemu 2 unit lagi 520i sama-sama hitam satunya 2003 satunya 2004. kondisi semi bahan semua. tapi nawar gak dapet dan pajaknya pada off lama. yang 1 udah laku, yang 1 gak jadi dijual
singkat cerita ke sebulan kemudian ane agak bebasin kriteria pre-FL gakpapa deh karena sulit dapet FL semi bahan yang harga murah. tapi tantangan cari pre-FL itu adalah : BARANGNYA. WKWKWKWKW.
Pertama coba lihat pre-FL itu 528i yang semua kabel interior keloloran, cupholder patah, intinya lihat barang dan penawarannya aja gak napsuin. yang kedua, 523i MT, wah seru nih MT, tapi sampe ke lokasi cat udah busem dan belang semua, interior jok fabric sobek-sobek, tombol AC hilang, mending kalau minta murah lah ini mintanya mahal pula.
sampe akhirnya sebuah iklan facebook marketplace yang dulu ane cuekin di awal pencarian (karena preFL dan penjualnya consignment, pikir ane sulit ni nawarnya) iseng tanya deh, eh belum laku dong. ok deh meluncur ke lokasi. gak expect banyak karena fotonya kurang seger.
begitu sampe lokasi disambut sama owner mobil. ngobrol-ngobrol. lihat interior wah kok masih intact semua, tombol bekerja semua, intinya lihat interior seneng deh keliatan mobil dirawat bukan mobil asal asalan yang udah males rawat. body emang cacat cacat pemakaian tapi cat sih sepengamatan masih ori. part mesin kaki kaki baru diremajakan. minusnya cuma velg standar gak ada aja.
setelah tawar menawar yang sepertinya ownernya musti semedi 3 hari dulu karena awalnya buka harga nett, akhirnya deal di harga yang cukup worth dengan kondisi mobilnya (nggak disebut disini demi kenyamanan bersama takutnya ngerusak harga pasar).
dan satu-satunya owner yang reasonable karena rata-rata pada belinya berapa, jualnya sama kayak waktu belinya dan bahkan lebih tinggi. emang fck para penggoreng harga bikin yang bahan pada emoh rugi juga.
Deal. Welcome E39 '97 528i Aspen Silver.
Part 2 : Driving Impression
Pertama jalanin langsung kena poldur kecil-kecil. sangat terasa mobil ini paling keras dari semua E39 yang ane coba. karena diberi velg 18 inch dengan ban yang asal gelinding dan keluaran 2019 semua (ATR Sport 225/45 dan BS Techno Sport 245/45). bahkan ownernya bilang karena velg variasinya sulit cari ukuran ban ya dikasih itu aja. dan terasa kompon bannya udah mengeras akibat jarang dipake.
tapi sekeras-kerasnya E39, tetaplah rasanya mantep dan nyaman. nggak rasa kekocok-kocok. sekali lagi kata siapa sih suspensi independent itu gak ngaruh? ini jalan tanah mas semarang terkenal dengan jalan yang tidak rata tapi mobil ini pake 18 inch juga nyaman-nyaman saja. lebih nyaman dari expander bahkan innova zenix yang sering ane kritik karena pakai torsion beam udah semahal itu juga. damping quality juga asoy banget better dari civic FK atau CRV RW.
malah on stock form, E39 itu lebih empuk daripada F10 atau G30 salah satu faktornya karena tidak pakai RFT. this is a fkin 26 years old car and it still keeps up with newer car. not in mercedes that era over engineered but still better than most cars.
malemnya pake sama bokap nyokap karena pengen nyobain, ke daerah ngaliyan semarang yang gelombang juga nyaman-nyaman aja. ada pertanyaan - pertanyaan lucu waktu bokap dan nyokap yang agak konservatif gw tawarin buat naik
"interiornya bau gak?" "ACnya dingin gak" padahal ini mobil works perfectly kayak mobil pada umumnya. enaknya dapet mobil tua yang kerawat, nggak rasa setiap belok mobil mau roboh plafonnya. yes memang ada rattle kecil-kecil since ini mobil jerman tua apalagi BMW kulitnya terkenal kurang bagus dibanding mercedes.
sampe rumah gak protes pegel cuma bilang pintunya berat khas mobil jadul. sebenernya gak cuma pintunya, semua semua di mobil ini berat. emang kalo udah dimanjain sama serba-elektriknya mobil sekarang nyetir mobil ini bakal agak sedikit pegel buat perkotaan.
tapi justru itulah kelebihan mobil ini : mechanical feel. ane gak kebayang gimana serunya bawa E34 since katanya E34 lebih asik lagi rasa mekanikalnya.
handling-wise, inilah yang bikin ane nggak selingkuh ke mercedes meski banyak suara nyuruh ane beli mercedes aja karena simple dan lebih badak. mercedes zaman ini rasanya seperti bawa kapal pesiar - besar, lamban, dan berat. BMW 5-series tidak. menggunakan aluminium chassis di E39. tidak bisa dikatakan solid seperti newer F10 atau G30, bahkan even civic atau CR-V modern saja masih lebih kaku dari ini. tapi I guarantee experience nya bener bener aneh - in a good way. satu sisi kita ngerti ini mobil sedan gede tidak untuk bermanuver, seluruh bobot mobil sangat terasa, tapi di sisi lain setir suspensi dan sasisnya bikin kita lupa ini bukan seri-3 karena sangat lincah dan menapak. hydraulic power steeringnya punya bobot yang sangat balanced. cukup untuk kita merasakan feedback setir, tidak isolated seperti modern EPS. ini sedan 4.7 meter dan ane tidak ragu-ragu buat injek gas dan belokin buat salip-menyalip sambil bawa penumpang tanpa penumpangnya ketakutan merasakan excessive G-Force karena linear power dari inline-six nya betul-betul halus. rem ya khas mobil jerman rear wheel drive, dari dulu karakternya selalu ada ngeloyor dikit baru gigit biar smooth. ga kayak jepangan yang langsung gigit.
dan soal engine characteristics, ini yang menarik. salah satu menu signature dari old BMWs adalah inline-six engine, dan M52 series engine adalah bagian dari M5x engine yang merupakan inline six terbaik BMW menurut banyak enthusiast.
mesin ini berkode M52B28, 2.8L dengan output [email protected] / 280Nm @ 3.950rpm.
figure akselerasi 0-100 klaim pabrikan di 7.5s, frickin fast buat mobil di zamannya. figur yang sama dengan civic turbo standar hari ini. tapi karena inline six naturally aspirated dan ini seri-5, jadi feel yang didapatkan adalah halus, nggak meledak-ledak, tapi nggak pelan. picking up power slowly dari 0-40 nya emang lambat dan berat tidak seperti mesin 4-silinder, tapi selepas itu seperti ada surge of power yang perlahan-lahan meningkat dan melesatkan mobi ini dari 60,80,100,dst. bahkan karena karakter torque nya yang besar dan linear khas mesin cc besar jaman dulu kita sampe lupa kalau transmisi matic 5-speed nya rada blo'on dan ogah pindah ke gigi 1 kalau jempol kita kurang neken ke pedal gas.
ini matic 5-speed berkode ZF 5HP18, nggak bisa dibilang fenomenal. perpindahannya lambat, mungkin mirip matic matic LMPV zaman sekarang. masalahnya dia punya logic rada-rada o'on. kalau kita lepas gas mau gliding, dia langsung turunin gigi berpikir kita lagi ada di turunan jadi harus engine brake. ane kirain pertama suara gardannya kok kalo lepas gas keras bener, ternyata emang dia downshifting buat engine brake.
akibatnya ya jelas nyetir mobil ini gak bisa mengandalkan momentum buat gliding, mesti ngegas lagi. yang dampaknya nggak bisa irit ini mobil. dari kemaren pake seharian cuma dapet 15L/100km paling hemat. ya 1:6-7 an. hemat sih klo dibandingin CR-V gen 3. udah gitu tangki bensinnya dalem banget. 70 liter. lebih wkwkwkwk. baru aja ngisi full tank habis 800 ribu pertamax.
dan salah satu yang paling mengganggu : mobil ini cup holdernya udahlah kecil banget cuma muat gelas kopi panas bahkan gelas plastik kopi k*nangan reguler aja nggak bisa masuk tanpa ane harus hati-hati, apalagi gelas m*xue yang tinggi. dan diletakkan di depan tombol AC. BMW sepertinya sangat yakin bahwa AC E39 sangat dingin sehingga driver ga perlu minum. yang repot karena beberapa hari ini harus ane sering bawa kerja krn mau ngerapihin, jadi botol tumbler yang biasa muat di cupholder Civic dengan aman harus taroh di jok samping.
Part 3 : the "Horror Story", maintenance and countermeasures
Oh tentu saja the infamous horror story. the shirr repairing plisurrr. kalau kata beberapa orang yang lihat story ane kemaren, "kalo BMW tua nggak ada yang nyala malah bahaya, jangan2 indikatornya dimatiin"
pertama kata ownernya ini mobil jangan dipakai kalau hujan lebat banget karena risiko air masuk ke light control modulenya. lumayan sekali ganti 1 jutaan.
kedua unit yang ane terima ini indikator SRS nya nyala. ownernya coba beresin nggak bisa akhirnya didiemin juga.
ketiga mobil ini baru aja overheat habis dipakai luar kota, waterpump nya kena. ya sisi positifnya jadi aman karena baru diganti
keempat naik-turun electric seatnya itu kebalik terus dudukan plastiknya mulai retak.
udah sih kayaknya yang horror itu aja. repairnya ya model kanibal kanibul kampakan karena kan susah cari part orinya begitu denger dia biasa repair di mas kipu (spesialis BMW di ngaliyan semarang) langsung ane sreg. karena banyak anak BMW juga rekomen nih bengkel biarpun ane blm pernah kesana
enaknya lagi ini thermostat udah diganti aluminium housing, visco fan udah diganti electric fan, head gasket udah ganti, shock ganti semua. semua countermeasures dan perbaikan udah dilakukan. ane dapat tinggal pake dan rapi rapi dikit aja
Jadi apakah mobil ini akan jadi moneypit atau german tank yang tidak nyusahin? stay tuned. yang jelas karena ini BMW akan banyak hal-hal konyol nan bodoh terjadi yang gak gitu mereknya honda
Coming soon :
- ganti velg ke oem 15 apa 16inch lagi pesan velg 16inch oem 530i biar lebih nyaman karena pake 18 keras banget karena pake ban ATR Sport dan techno sport. ban embel embel "sport" yang cuma dapet keras, berisiknya doang tapi ngegrip kaga nyaman juga apalagi.
- bodykit alpina / mtech / hartge. kayaknya si condong ke alpina/hartge karena gak perlu ganti bumper.
- full body refreshment (repaint), coating.
- ganti lampu dan grill LCI.
Sebenernya ane belum pernah ada pengalaman dengan E39 5-series sebelumnya. selama ini pengalaman dengan 5-series itu cuma nyoba F10 520i dan G30 520i. newer generation BMWs. older gen itu seringnya pengalaman dengan seri-3 : 323i E36 M52 M/T, 318i E46 M43 & N42.
singkatnya ini mundur ke zaman waktu ane kuliah. pernah sekali waktu lagi macet-macetan di kota surabaya ngeliat seekor 528i E39. itu pemandangan yang nggak pernah ane lupakan. ditambah karena tetangga rumah yang punya cucian mobil juga ada seekor 528i E39, makin makin lah kita tiap hari liat tuh mobil.
ya kalau kata orang sih "cinta datang tiba-tiba"
lalu fast forward ke 2022, ini seperti pernah naksir cewek zaman SMA yang udah lama nggak jumpa tiba-tiba justru dia yang nyapa duluan. thread E39 mbah @pendoli jadi starting point. mulailah berpikir :
"well, what's the worst that can happen?"
ini mobil masih cantik walaupun sudah banyak tahun berselang. proporsinya semua perfect. nggak terlalu complicated macem E60, nggak terlalu panjang macem F10. nggak se-chubby seri 3 sebelum F30. wheelbase, size, styling, semua sempurna. bahkan teknologi juga masih di taraf wajar belum intrusif, masih mechanical feel (biarpun kata banyak orang tetep feel mekanikal terbaik itu di E34 yang sebelumnya, tapi stylingnya ketuaan untuk ane yang gen milenial )
"The Perfect Balance" ini bukan basa-basi
doing mini research lah di internet. masalah-masalah, maintenance, dll. oh ternyata nggak mahal dan nggak ribet juga. emang engineering khas BMW banyak cerita-cerita konyol. kayak running gag di forum ini sama mbah @KielConstantine shirr repairing plisurrr benar adanya
keinginan buat punya E39 ini juga salah satunya, semacam bentuk resistansi terhadap tuntutan zaman (atau industry?) dimana semua harus electrified. hybrid lah, yang katanya irit tapi malah nambah maintenance gila-gilaan dengan batre yang tidak murah dan tidak green juga. dimana orang-orang kebanyakan membenci suara mesin (entah kenapa pada bilang kelebihan EV itu senyap, buat saya itu major drawback, seperti komunikasi searah, tidak ada feedback mekanis kalo rusak ya sesuka-suka dia aja mau gimana), saya malah kangen sama suara inline-six biarpun nggak lebih kenceng dari turbo four-pot di honda saya.
ya sudah, kalau memang mau ngomongin environment-friendly, kenapa nggak restorasi mobil tua aja? sesuai prinsip Reuse-Reduce-Recycle
Chapter 1 : The Hunt.
Memulai perburuan E39 ini nggak mudah. a bit stressful kalau saya bilang. saya hampir nyerah sebelum ketemu "the one" ini. bokap juga awalnya resisten berusaha melarang ane untuk tidak terjerumus apalagi doi cukup konservatif punya BMW mercy VW repairnya bikin males katanya.
tapi ya gimana lagi namanya cinta, toh duit duit sendiri, dilarang orang tua pun kita tetep ngotot kan
yang bikin sulit, faktor unitnya tidak se-pasaran seri-3 E36 atau E46. tapi demand nya cukup tinggi sehingga unit yang bagus dihargai sangat mahal. ditambah karena reliabel jadi pada nggak mau lepas murah. sementara yang bahan ya musti berburu sampe ke pelosok2.
incaran pertama ane itu 525i E39 thn 2001 in pristine condition, di awal dia ngebuka 119 juta. tapi berapa bulan dia turunin ke 89 juta karena BU. itu aja sebenarnya agak tinggi. tapi yah namanya mobil pristine banget like new, akhirnya laku juga, ke jakarta.
marketplace dan consignment di kota-kota besar rata-rata buka di atas cepek. apalagi tipe 530i M54 yang jelek aja di atas 90 dan unitnya jarang.
ya sudah, tipe saya abaikan dulu. nemu 2 unit lagi 520i sama-sama hitam satunya 2003 satunya 2004. kondisi semi bahan semua. tapi nawar gak dapet dan pajaknya pada off lama. yang 1 udah laku, yang 1 gak jadi dijual
singkat cerita ke sebulan kemudian ane agak bebasin kriteria pre-FL gakpapa deh karena sulit dapet FL semi bahan yang harga murah. tapi tantangan cari pre-FL itu adalah : BARANGNYA. WKWKWKWKW.
Pertama coba lihat pre-FL itu 528i yang semua kabel interior keloloran, cupholder patah, intinya lihat barang dan penawarannya aja gak napsuin. yang kedua, 523i MT, wah seru nih MT, tapi sampe ke lokasi cat udah busem dan belang semua, interior jok fabric sobek-sobek, tombol AC hilang, mending kalau minta murah lah ini mintanya mahal pula.
sampe akhirnya sebuah iklan facebook marketplace yang dulu ane cuekin di awal pencarian (karena preFL dan penjualnya consignment, pikir ane sulit ni nawarnya) iseng tanya deh, eh belum laku dong. ok deh meluncur ke lokasi. gak expect banyak karena fotonya kurang seger.
begitu sampe lokasi disambut sama owner mobil. ngobrol-ngobrol. lihat interior wah kok masih intact semua, tombol bekerja semua, intinya lihat interior seneng deh keliatan mobil dirawat bukan mobil asal asalan yang udah males rawat. body emang cacat cacat pemakaian tapi cat sih sepengamatan masih ori. part mesin kaki kaki baru diremajakan. minusnya cuma velg standar gak ada aja.
setelah tawar menawar yang sepertinya ownernya musti semedi 3 hari dulu karena awalnya buka harga nett, akhirnya deal di harga yang cukup worth dengan kondisi mobilnya (nggak disebut disini demi kenyamanan bersama takutnya ngerusak harga pasar).
dan satu-satunya owner yang reasonable karena rata-rata pada belinya berapa, jualnya sama kayak waktu belinya dan bahkan lebih tinggi. emang fck para penggoreng harga bikin yang bahan pada emoh rugi juga.
Deal. Welcome E39 '97 528i Aspen Silver.
Part 2 : Driving Impression
Pertama jalanin langsung kena poldur kecil-kecil. sangat terasa mobil ini paling keras dari semua E39 yang ane coba. karena diberi velg 18 inch dengan ban yang asal gelinding dan keluaran 2019 semua (ATR Sport 225/45 dan BS Techno Sport 245/45). bahkan ownernya bilang karena velg variasinya sulit cari ukuran ban ya dikasih itu aja. dan terasa kompon bannya udah mengeras akibat jarang dipake.
tapi sekeras-kerasnya E39, tetaplah rasanya mantep dan nyaman. nggak rasa kekocok-kocok. sekali lagi kata siapa sih suspensi independent itu gak ngaruh? ini jalan tanah mas semarang terkenal dengan jalan yang tidak rata tapi mobil ini pake 18 inch juga nyaman-nyaman saja. lebih nyaman dari expander bahkan innova zenix yang sering ane kritik karena pakai torsion beam udah semahal itu juga. damping quality juga asoy banget better dari civic FK atau CRV RW.
malah on stock form, E39 itu lebih empuk daripada F10 atau G30 salah satu faktornya karena tidak pakai RFT. this is a fkin 26 years old car and it still keeps up with newer car. not in mercedes that era over engineered but still better than most cars.
malemnya pake sama bokap nyokap karena pengen nyobain, ke daerah ngaliyan semarang yang gelombang juga nyaman-nyaman aja. ada pertanyaan - pertanyaan lucu waktu bokap dan nyokap yang agak konservatif gw tawarin buat naik
"interiornya bau gak?" "ACnya dingin gak" padahal ini mobil works perfectly kayak mobil pada umumnya. enaknya dapet mobil tua yang kerawat, nggak rasa setiap belok mobil mau roboh plafonnya. yes memang ada rattle kecil-kecil since ini mobil jerman tua apalagi BMW kulitnya terkenal kurang bagus dibanding mercedes.
sampe rumah gak protes pegel cuma bilang pintunya berat khas mobil jadul. sebenernya gak cuma pintunya, semua semua di mobil ini berat. emang kalo udah dimanjain sama serba-elektriknya mobil sekarang nyetir mobil ini bakal agak sedikit pegel buat perkotaan.
tapi justru itulah kelebihan mobil ini : mechanical feel. ane gak kebayang gimana serunya bawa E34 since katanya E34 lebih asik lagi rasa mekanikalnya.
handling-wise, inilah yang bikin ane nggak selingkuh ke mercedes meski banyak suara nyuruh ane beli mercedes aja karena simple dan lebih badak. mercedes zaman ini rasanya seperti bawa kapal pesiar - besar, lamban, dan berat. BMW 5-series tidak. menggunakan aluminium chassis di E39. tidak bisa dikatakan solid seperti newer F10 atau G30, bahkan even civic atau CR-V modern saja masih lebih kaku dari ini. tapi I guarantee experience nya bener bener aneh - in a good way. satu sisi kita ngerti ini mobil sedan gede tidak untuk bermanuver, seluruh bobot mobil sangat terasa, tapi di sisi lain setir suspensi dan sasisnya bikin kita lupa ini bukan seri-3 karena sangat lincah dan menapak. hydraulic power steeringnya punya bobot yang sangat balanced. cukup untuk kita merasakan feedback setir, tidak isolated seperti modern EPS. ini sedan 4.7 meter dan ane tidak ragu-ragu buat injek gas dan belokin buat salip-menyalip sambil bawa penumpang tanpa penumpangnya ketakutan merasakan excessive G-Force karena linear power dari inline-six nya betul-betul halus. rem ya khas mobil jerman rear wheel drive, dari dulu karakternya selalu ada ngeloyor dikit baru gigit biar smooth. ga kayak jepangan yang langsung gigit.
dan soal engine characteristics, ini yang menarik. salah satu menu signature dari old BMWs adalah inline-six engine, dan M52 series engine adalah bagian dari M5x engine yang merupakan inline six terbaik BMW menurut banyak enthusiast.
mesin ini berkode M52B28, 2.8L dengan output [email protected] / 280Nm @ 3.950rpm.
figure akselerasi 0-100 klaim pabrikan di 7.5s, frickin fast buat mobil di zamannya. figur yang sama dengan civic turbo standar hari ini. tapi karena inline six naturally aspirated dan ini seri-5, jadi feel yang didapatkan adalah halus, nggak meledak-ledak, tapi nggak pelan. picking up power slowly dari 0-40 nya emang lambat dan berat tidak seperti mesin 4-silinder, tapi selepas itu seperti ada surge of power yang perlahan-lahan meningkat dan melesatkan mobi ini dari 60,80,100,dst. bahkan karena karakter torque nya yang besar dan linear khas mesin cc besar jaman dulu kita sampe lupa kalau transmisi matic 5-speed nya rada blo'on dan ogah pindah ke gigi 1 kalau jempol kita kurang neken ke pedal gas.
ini matic 5-speed berkode ZF 5HP18, nggak bisa dibilang fenomenal. perpindahannya lambat, mungkin mirip matic matic LMPV zaman sekarang. masalahnya dia punya logic rada-rada o'on. kalau kita lepas gas mau gliding, dia langsung turunin gigi berpikir kita lagi ada di turunan jadi harus engine brake. ane kirain pertama suara gardannya kok kalo lepas gas keras bener, ternyata emang dia downshifting buat engine brake.
akibatnya ya jelas nyetir mobil ini gak bisa mengandalkan momentum buat gliding, mesti ngegas lagi. yang dampaknya nggak bisa irit ini mobil. dari kemaren pake seharian cuma dapet 15L/100km paling hemat. ya 1:6-7 an. hemat sih klo dibandingin CR-V gen 3. udah gitu tangki bensinnya dalem banget. 70 liter. lebih wkwkwkwk. baru aja ngisi full tank habis 800 ribu pertamax.
dan salah satu yang paling mengganggu : mobil ini cup holdernya udahlah kecil banget cuma muat gelas kopi panas bahkan gelas plastik kopi k*nangan reguler aja nggak bisa masuk tanpa ane harus hati-hati, apalagi gelas m*xue yang tinggi. dan diletakkan di depan tombol AC. BMW sepertinya sangat yakin bahwa AC E39 sangat dingin sehingga driver ga perlu minum. yang repot karena beberapa hari ini harus ane sering bawa kerja krn mau ngerapihin, jadi botol tumbler yang biasa muat di cupholder Civic dengan aman harus taroh di jok samping.
Part 3 : the "Horror Story", maintenance and countermeasures
Oh tentu saja the infamous horror story. the shirr repairing plisurrr. kalau kata beberapa orang yang lihat story ane kemaren, "kalo BMW tua nggak ada yang nyala malah bahaya, jangan2 indikatornya dimatiin"
pertama kata ownernya ini mobil jangan dipakai kalau hujan lebat banget karena risiko air masuk ke light control modulenya. lumayan sekali ganti 1 jutaan.
kedua unit yang ane terima ini indikator SRS nya nyala. ownernya coba beresin nggak bisa akhirnya didiemin juga.
ketiga mobil ini baru aja overheat habis dipakai luar kota, waterpump nya kena. ya sisi positifnya jadi aman karena baru diganti
keempat naik-turun electric seatnya itu kebalik terus dudukan plastiknya mulai retak.
udah sih kayaknya yang horror itu aja. repairnya ya model kanibal kanibul kampakan karena kan susah cari part orinya begitu denger dia biasa repair di mas kipu (spesialis BMW di ngaliyan semarang) langsung ane sreg. karena banyak anak BMW juga rekomen nih bengkel biarpun ane blm pernah kesana
enaknya lagi ini thermostat udah diganti aluminium housing, visco fan udah diganti electric fan, head gasket udah ganti, shock ganti semua. semua countermeasures dan perbaikan udah dilakukan. ane dapat tinggal pake dan rapi rapi dikit aja
Jadi apakah mobil ini akan jadi moneypit atau german tank yang tidak nyusahin? stay tuned. yang jelas karena ini BMW akan banyak hal-hal konyol nan bodoh terjadi yang gak gitu mereknya honda
Coming soon :
- ganti velg ke oem 15 apa 16inch lagi pesan velg 16inch oem 530i biar lebih nyaman karena pake 18 keras banget karena pake ban ATR Sport dan techno sport. ban embel embel "sport" yang cuma dapet keras, berisiknya doang tapi ngegrip kaga nyaman juga apalagi.
- bodykit alpina / mtech / hartge. kayaknya si condong ke alpina/hartge karena gak perlu ganti bumper.
- full body refreshment (repaint), coating.
- ganti lampu dan grill LCI.
Last edited by ChZ on 08 Feb 2023, 15:23, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 207
- Joined: 12 Jul 2016, 07:38
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Manteb Om...ditunggu update nya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 273
- Joined: 23 Mar 2015, 07:25
- Location: Bekasi, Jawa Barat
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
BMW tua di kondisi ekonomi kaya gini??????????
anyway congrats om @Chz untuk new BMW nya,
saya ijin stay tuned di thread ini untuk lihat kelanjutan dan story nya ya ..
anyway congrats om @Chz untuk new BMW nya,
saya ijin stay tuned di thread ini untuk lihat kelanjutan dan story nya ya ..
- pendoli
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1295
- Joined: 01 Jan 2016, 21:51
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Mantabs semoga ngga rewel
Kemaren di grup E39 Lovers II ada yg mau jual alpina part number fullset tuw, sama waterpump asli BMW
Kemaren di grup E39 Lovers II ada yg mau jual alpina part number fullset tuw, sama waterpump asli BMW
Smileage lebih penting dari mileage
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1432
- Joined: 15 Nov 2010, 17:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Ikut seneng stelah sekian kali repost story, dapet juga unitnya
Jd inget unitnya paman sepupu sy seorang dosen di bandung, warna silver yg LCI. Pertama naik pas ngetoll bandung jakarta nyaman banget, dan kenceng tp tetep ngantuk dan ketiduran duduk di bangku belakangnya. Gatau skrg masih apa enggak mobilnya
Jd inget unitnya paman sepupu sy seorang dosen di bandung, warna silver yg LCI. Pertama naik pas ngetoll bandung jakarta nyaman banget, dan kenceng tp tetep ngantuk dan ketiduran duduk di bangku belakangnya. Gatau skrg masih apa enggak mobilnya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3753
- Joined: 10 Aug 2015, 20:13
- Location: Jakarta
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Mantep akhirnya dapet juga. Kita lihat apakah biemwe tua ini bakalan jd moneypit atau nggak. Btw part ori bisa mesen kok mbah di bmw, cuman ya harganya gitu deh
Ban atr semprot gmn mbah? Mantep ya, kering aja tuh pantat bisa goyang2 macem lg belok kecepatan tinggi kehilangan grip, kalo kecepatan tinggi ngelatih refleks countersteer kita
Ban atr semprot gmn mbah? Mantep ya, kering aja tuh pantat bisa goyang2 macem lg belok kecepatan tinggi kehilangan grip, kalo kecepatan tinggi ngelatih refleks countersteer kita
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: 03 Sep 2014, 12:49
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
E39, sejak 1996 udah pake kursi electric penumpang dan driver yang menurut salah satu dari duo si berat dari salah satu channel youtube/ig otomotif adalah fitur nice to have tapi ga penting. bener2 ga ngerti apa yang dipikirin BMW hampir 30 tahun lalu
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16449
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Wkwkwkwk makanya beli yang murmer aja om biar kalo merongrong gak bolongin dompet.... gen ini sih yg 6cyl badak badak yah cuma ya badak BMW... Msh di bawah level mercy
Nah disebutin orangnya muncul
Wah kalo udah fullset P/N sih udah serem harganya
E39 in stock form ini nyaman luar biasa loh pdhl BMW kalo orang kenal seri 3 terkenal keras. Yuk bro kapan cuci mobil bareng ane bawamike22 wrote: ↑08 Feb 2023, 16:51 Ikut seneng stelah sekian kali repost story, dapet juga unitnya
Jd inget unitnya paman sepupu sy seorang dosen di bandung, warna silver yg LCI. Pertama naik pas ngetoll bandung jakarta nyaman banget, dan kenceng tp tetep ngantuk dan ketiduran duduk di bangku belakangnya. Gatau skrg masih apa enggak mobilnya
Kalau menurut pengakuan pemakai2 ni e39 sih ga se merepotkan model2 4 silinder cuma ya penyakitnya udah tua jd karet karet aja dan klo mau durable ketemu mekanik yg paham jurus jurus ngakalin cooling system nya pasti awet anti merongrongkendibocor wrote: ↑08 Feb 2023, 17:16 Mantep akhirnya dapet juga. Kita lihat apakah biemwe tua ini bakalan jd moneypit atau nggak. Btw part ori bisa mesen kok mbah di bmw, cuman ya harganya gitu deh
Ban atr semprot gmn mbah? Mantep ya, kering aja tuh pantat bisa goyang2 macem lg belok kecepatan tinggi kehilangan grip, kalo kecepatan tinggi ngelatih refleks countersteer kita
Makanya gw tadi bawa tuh e39 kerja, capek banget gila mo kecilin aja. ATR semprot ni kayak accelera phi kacaunya. Grip keringnya ancur banget untung belakang agak lebar biarpun tekno semprot jg ancur juga tuh ban. Mahal doank mo mirip potenza ngegrip kaga.
Keliling ke bakul velg bekas ga ada, cari velg baru adanya ring gede semua males
Nah lucunya sampe hari ini jepang malah ngikutin itu electric seat di e39 salah satu penyakit yang sering kena mgkn kalo rusak nanti gw retrofit joknya 520/523 aja yang manual
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2863
- Joined: 03 Jul 2013, 13:23
- Location: Indonesia
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Congratssss and welcome to the shirr riperr plesyurrr club
E39 aman banget kok buat dipelihara. Engine M52 & M54 gampang dirawat ntuh, sparepartnya banyak n harga jg masuk akal sehh. Justru si anugrah nyaraninnya ya 2 engine ini klo mau dirawat, paling easy kata mereka
Btw gw ada salfok sama gambar yg ini:
E39 aman banget kok buat dipelihara. Engine M52 & M54 gampang dirawat ntuh, sparepartnya banyak n harga jg masuk akal sehh. Justru si anugrah nyaraninnya ya 2 engine ini klo mau dirawat, paling easy kata mereka
Btw gw ada salfok sama gambar yg ini:
Trnyata E39 jarum speed nya sampe 240 km/h doang ya.. kirain 260 kek “mobil” pada umumnya. Inget yehhh yg ane kutip “mobil” . Bukan sasis truk dan segala macem turunannya
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
- grimjow
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: 21 Aug 2015, 21:45
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Wah jadi juga mimpi 7 hari 7 malam nya beli BMW.
Itu kilometer mobilnya baru 135ribu km?
Output mesin nya gede juga 190 hp ,bisa balapin mobil hybrid yang baru2 dong.
Racun pertama kayanya cocok ganti ban Micin.
Itu kilometer mobilnya baru 135ribu km?
Output mesin nya gede juga 190 hp ,bisa balapin mobil hybrid yang baru2 dong.
Racun pertama kayanya cocok ganti ban Micin.
- sintoni
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5901
- Joined: 05 Jun 2014, 20:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Ngerik mafia ini..
Denger2 lg cari enjin S62 ya kak?
Denger2 lg cari enjin S62 ya kak?
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16449
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Iya robust abis tuh M5x engine rusak rusaknya kayak mobil jepang udah gitu bikin durable gampang bgt tinggal ganti kipas sama thermostat langsung aman jaya.KielConstantine wrote: ↑08 Feb 2023, 19:18 Congratssss and welcome to the shirr riperr plesyurrr club
E39 aman banget kok buat dipelihara. Engine M52 & M54 gampang dirawat ntuh, sparepartnya banyak n harga jg masuk akal sehh. Justru si anugrah nyaraninnya ya 2 engine ini klo mau dirawat, paling easy kata mereka
Btw gw ada salfok sama gambar yg ini:
Trnyata E39 jarum speed nya sampe 240 km/h doang ya.. kirain 260 kek “mobil” pada umumnya. Inget yehhh yg ane kutip “mobil” . Bukan sasis truk dan segala macem turunannya
Maksudnya "mobil" jerman? Klo jepangan sedan accord CP sampe 240 kmh sih. Dulu golf TSI sampe 240. Berasanya kita jalan 40 aja masih pelan bgt angkanya gede gini wkwkwkwkw
Iya mbah, 135rb asli inimah kalo liat dari kondisinya klo puteran udah ancur itu jok.
Lawan mobil listrik class ioniq5 aja berani mbah cuma kalah di ngangkatnya aja tp 60 ke atas ngejer
Last edited by ChZ on 08 Feb 2023, 20:42, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2885
- Joined: 10 Nov 2015, 09:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Wakakakaa ga kaya audi ya sampe 280 km/hKielConstantine wrote: ↑08 Feb 2023, 19:18 Congratssss and welcome to the shirr riperr plesyurrr club
E39 aman banget kok buat dipelihara. Engine M52 & M54 gampang dirawat ntuh, sparepartnya banyak n harga jg masuk akal sehh. Justru si anugrah nyaraninnya ya 2 engine ini klo mau dirawat, paling easy kata mereka
Btw gw ada salfok sama gambar yg ini:Trnyata E39 jarum speed nya sampe 240 km/h doang ya.. kirain 260 kek “mobil” pada umumnya. Inget yehhh yg ane kutip “mobil” . Bukan sasis truk dan segala macem turunannya
Anyway congrats mobilnya om, saran ane sih kl mau lucu2 rapi pake velg m sport r17 nya, bodykit m sport sm sport kit ori eibach or hnr biar stiff tp ttp nyaman, shock bilstein b4 jg cukup
Jok e39 salah satu paling nyaman, empuk dan lebar
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16449
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Mau beli enjin 2JZ...
Ini lagi proses order velg style50 wkwkwkw. Mau main orisinilan dulu. Bodykit ntar deh liat mungkin beli part part yang lci dulu biar modif gampangfarizfsa wrote: ↑08 Feb 2023, 20:41 Wakakakaa ga kaya audi ya sampe 280 km/h
Anyway congrats mobilnya om, saran ane sih kl mau lucu2 rapi pake velg m sport r17 nya, bodykit m sport sm sport kit ori eibach or hnr biar stiff tp ttp nyaman, shock bilstein b4 jg cukup
Jok e39 salah satu paling nyaman, empuk dan lebar
Enak banget joknya emang bawanya relax banget
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
- pendoli
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1295
- Joined: 01 Jan 2016, 21:51
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Kabarin kalo nemu yang repro yak wkwk selama ini nanya2 kebanyakan mtech msport apalah itu, bosen juga pasaran
Smileage lebih penting dari mileage
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2863
- Joined: 03 Jul 2013, 13:23
- Location: Indonesia
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Iya mbah.. Audi mantep2 tuh kalo kasih spedo. Malah yg S models bacaannya sampe 300 km/hfarizfsa wrote: ↑08 Feb 2023, 20:41Wakakakaa ga kaya audi ya sampe 280 km/hKielConstantine wrote: ↑08 Feb 2023, 19:18 Trnyata E39 jarum speed nya sampe 240 km/h doang ya.. kirain 260 kek “mobil” pada umumnya. Inget yehhh yg ane kutip “mobil” . Bukan sasis truk dan segala macem turunannya
Macam ini
Di bagian kiri RPM ada indikator boost turbo bar, kanan bensin. Ini sebelom model virtual Cockpit aj udah keren bener
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
- darrelund
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2293
- Joined: 04 Jun 2018, 20:35
- Location: Jakarta
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
congrats um sudah dapat e39 nya
posisi di garasinya lucu yha, liat size mobil jaman skrg
entah e39 yg kekecilan/ FK7 yg kegedean
dibikin alpina sedap itu um........
posisi di garasinya lucu yha, liat size mobil jaman skrg
entah e39 yg kekecilan/ FK7 yg kegedean
dibikin alpina sedap itu um........
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 808
- Joined: 21 Feb 2014, 02:08
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Wah jadi pengen,cita2 pengen piara bmw z3/x5 tapi bmw gitu loh,kata temen gue klo sudah beli bmw ga boleh mikir bbm lagi dan dompet belum siap buat ga mikir kesana
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2885
- Joined: 10 Nov 2015, 09:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Pake r17 style 65 ok tuh om, lgs garang. Smg parts lci kl lampu2 plug n play ya, kalo grill ukurannya sm atau beda ya kayanya beda harus ganti hoodChZ wrote: ↑08 Feb 2023, 20:43Mau beli enjin 2JZ...
Ini lagi proses order velg style50 wkwkwkw. Mau main orisinilan dulu. Bodykit ntar deh liat mungkin beli part part yang lci dulu biar modif gampangfarizfsa wrote: ↑08 Feb 2023, 20:41 Wakakakaa ga kaya audi ya sampe 280 km/h
Anyway congrats mobilnya om, saran ane sih kl mau lucu2 rapi pake velg m sport r17 nya, bodykit m sport sm sport kit ori eibach or hnr biar stiff tp ttp nyaman, shock bilstein b4 jg cukup
Jok e39 salah satu paling nyaman, empuk dan lebar
Enak banget joknya emang bawanya relax banget
- jar-jit-no
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 742
- Joined: 29 Nov 2012, 12:58
- Location: Malang city
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
mantap chris..bakal ane simak terus nih thread
BMW yang sempet jadi idaman ane, dan mungkin udah ane lupakan karena kalah oleh kebutuhan keluarga..
kira2 bakal di keep berapa lama ini mobil?
BMW yang sempet jadi idaman ane, dan mungkin udah ane lupakan karena kalah oleh kebutuhan keluarga..
kira2 bakal di keep berapa lama ini mobil?
4A91 4at - Slow Driver
- Harchi
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 761
- Joined: 08 Dec 2012, 17:14
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Wuihhh mantep bgt nih....ane dulu pertama kali lihat e39 jg langsung suka. Lihatnya bukan langsung di jalan tapi di iklan buku yellow pages ama di sinetron apa gitu yg nyetir tamara bleszynski. Tapi begitu keluar e60 n f10 naksirnya pindah ke mereka. Klo g10 ga tau knapa rasanya ga semenarik pas 3 generasi sebelumnya keluar.
Ditunggu update nya om mod, paling seru ngikutin trid beginian
Ditunggu update nya om mod, paling seru ngikutin trid beginian
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11688
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Mantap mbah
Semoga awet
Jujurly... ini salah satu model 5-series yg paling karismatik, elegan, dan terlihat banget "keraton" nya
Semoga awet
Jujurly... ini salah satu model 5-series yg paling karismatik, elegan, dan terlihat banget "keraton" nya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16449
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
mtech tampangnya emang keliatan oem banget sih wkwkwkw tapi kmrn lagi mikir juga krn mau pake velg kecil dulu paling pantes kyknya emang mtech. kalo pake lips alpina malah takutnya gondrong
itu kalo part number serem bisa belasan juta harganya pdhl kalo plastic atau FRP paling 5juta udah muter depan belakang
kalau secara dimensi sebenernya mirip loh padahal lebarnya
kyknya efek lekuk lekuk body di FK4 bikin keliatan lebar
iya lagi mikir krn sementara ini mau oem dulu lagi galau alpina apa mtech..... kmaren liat2 hartge kurang sreg. ada lg pilihan racing dynamics ga terlalu heboh lipsnya
iya style65 masih masuk inceran sih om grill LCI ke non kayaknya tinggal pnp, soalnya kok banyak bener yang ganti ini ane dapet kan grillnya malah grill M bisa plug and play ke pre dan LCI.
cuma agak renggang serem lepas kalo nutup kap mesin wkwkwkwkwkw
nanti coba om kalau anak udah pada gede kan waktu lebih longgar jg buat maenan waktu pensiunjar-jit-no wrote: ↑09 Feb 2023, 08:01 mantap chris..bakal ane simak terus nih thread
BMW yang sempet jadi idaman ane, dan mungkin udah ane lupakan karena kalah oleh kebutuhan keluarga..
kira2 bakal di keep berapa lama ini mobil?
plan sih belum mikir dijual mungkin mau keep selamanya jadi barang antik di rumah soalnya potensi modif modifnya gila banget sampe bingung wkwkwkw
owner sebelumnya aja pake sampe 8 tahun
yep E60 F10 itu masih ada karakter. kalo G30 trying too hard... gimana ya liat BMW tanpa speedometer analog nya wkwkwkwkwk tetep blom bisa sreg sama BMW baru-baru krn speedo nya udah ga analog. F10 enak tuh kalo beli yang 6 silinder N52... suaranya gurihHarchi wrote: ↑09 Feb 2023, 08:19 Wuihhh mantep bgt nih....ane dulu pertama kali lihat e39 jg langsung suka. Lihatnya bukan langsung di jalan tapi di iklan buku yellow pages ama di sinetron apa gitu yg nyetir tamara bleszynski. Tapi begitu keluar e60 n f10 naksirnya pindah ke mereka. Klo g10 ga tau knapa rasanya ga semenarik pas 3 generasi sebelumnya keluar.
Ditunggu update nya om mod, paling seru ngikutin trid beginian
salah satu mobil yang salah modif aja masih keliatan nggak jelek ane masih mixed feeling sama velg nya tapi tiap berenti liatin dari jauh itu body tetep nggak ruined sama velgnyaSuryaputra wrote: ↑09 Feb 2023, 09:05 Mantap mbah
Semoga awet
Jujurly... ini salah satu model 5-series yg paling karismatik, elegan, dan terlihat banget "keraton" nya
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4795
- Joined: 09 Oct 2016, 22:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
nice review bro & congrats buat bmw nya, semoga awet & enjoy. salah 1 seri 5 favorit gw, desainnya masih good looking & timeless, gak keliatan tua sama sekali , dibandingkan sm e60 & f10 yg lebih muda even dengan g30 sekalipun hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
- grimjow
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: 21 Aug 2015, 21:45
Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts
Baca kata Pensiun dan Pegang BMW, saya jadi inget iklan iniChZ wrote: ↑09 Feb 2023, 10:28
nanti coba om kalau anak udah pada gede kan waktu lebih longgar jg buat maenan waktu pensiun
plan sih belum mikir dijual mungkin mau keep selamanya jadi barang antik di rumah soalnya potensi modif modifnya gila banget sampe bingung wkwkwkw
owner sebelumnya aja pake sampe 8 tahun
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 21 Replies
- 3282 Views
-
Last post by daimler
-
- 14 Replies
- 2854 Views
-
Last post by carlowolvie
-
- 27 Replies
- 6566 Views
-
Last post by mojacko
-
- 37 Replies
- 8894 Views
-
Last post by stealthy
-
- 52 Replies
- 10997 Views
-
Last post by farizfsa
-
- 22 Replies
- 4523 Views
-
Last post by Devourer
-
- 12 Replies
- 4985 Views
-
Last post by sherryandkez
-
- 16 Replies
- 4330 Views
-
Last post by Pboyz97
-
- 67 Replies
- 14930 Views
-
Last post by ChZ
-
- 58 Replies
- 7052 Views
-
Last post by Pboyz97