ChZ wrote: ↑01 Feb 2023, 11:22
Another Year, another H.
ada semacam joke yang sangat populer di kalangan seleb yutuber mobil atau netijen otomotif indo yang terutama sudah berkeluarga :
"kalau beli mobil, ya harus sudah SNI (Sudah Nanya Istri) dan ISO (Istri Sudah Oke)" terutama influenza otomotif yang terkenal gimmicknya kalo malem ngajak makan, besoknya udah beli mobil baru aja
nah ini mungkin berlaku ke bokap ane jg

dengan alibi buat beliin nyokap, rayuan dari awal kemunculan BR-V pun akhirnya terealisasi di akhir tahun. dalihnya buat nuker Toyota Sienta V yang entah kenapa kok seperti kena bad omen : ditabrakin driver, oli sempet bocor abis servis di bengkel sodara karena masang filter oli kekencengan.
dan mindset nyokap sebagai orang yang tidak paham otomotif, "uwes akeh dandan wayahe ganti (sudah banyak perbaikan waktunya ganti mobil)"

tapi dijadiin senjata bokap buat ngerayu beli BR-V baru, tiap liat BR-V di jalan "BR-V baru iki apik yo (BR-V baru ini bagus ya)".
nyokap kan males pikir panjang dia mobil syaratnya kudu SUV, tidak terlalu besar tapi bagasi harus gede krn buat shelter

terus yang penting jangan banyak fancy features alias sensing sensingan karena mobil bakal gantian pake sama driver.
akhirnya ya diputuskanlah "matic, tipe paling murah". BR-V E CVT. kebetulan ada temen gereja baru aja kerja di dealer H langganan. bantu ngegol-in DO pertama meski nego nya musti dipancing-pancing dulu biar mau nambah
deal di harga potongan 45 juta. dari 318.800 ke 273.800. kalau mau dihitung sekalian video competition dapet lagi 3.7juta

unit awalnya gak ready karena warna lunar silver, akhirnya minta alokasi luar kota. datang 2 minggu kemudian.
waktu delivery sempat ada kebingungan karena sampai lokasi CEL nyala. teman ane sales baru nggak ngerti ginian, tanya tukang PDI nya dibilang "oh itu nanti cabut aki aja, atau jalanin beberapa kilo udah ilang kok". baiklah

bener, dijalanin agak jauh dia udah ilang.
IMG20221126110433.jpg
Di hari pertama langsung bawa ke bengkel variasi untuk pasang cover jok karena type E tidak dapat jok kulit. 3 hari nginep lalu mobil sudah mulai dipakai.
IMG20221126134515.jpg
Styling
Overall seperti inilah tampilan type E, tidak terlalu flashy seperti tipe Prestige. agak - agak mirip VW Tiguan versi budget. tapi entah kenapa lebih manis dilihat dibanding Prestige dengan velg two-tone 17inch nya.
IMG20221201190145.jpg
E dapet velg 16 inch alloy dan the cursed ban dunlop enash*t yang ane sangat yakin ketika karet-karet bushing mobil ini sudah kalah di tahun ke-3, ride qualitynya bakal berasa makin-makin glodakannya seperti yang udah terjadi di Xpander bokap. beruntung ini mobil bakal dipake jarak pendek-pendek aja.
IMG20221201190208.jpg
kesan awalnya mobil ini kecil tapi setelah kita masuk car port karena dulu pakai Sienta, guedheeeee ternyata mobil ini. setelah diamat-amati emang moncong mobil ini yang bikin gede. di saat modelan Xpander/Stargazer menggunakan model ala space shuttle untuk ngirit moncong dan maksimalin space, ini BR-V malah boros sekali moncongnya.
IMG20221201212139.jpg
nggak biasanya Honda begini. kayaknya filosofi man maximum-machine minimum udah gak dipake karena WR-V pun ruang mesinnya gede dan moncongnya panjang. mungkin HPM didemo sama montir karena di GE8/GB3 mo tune up ribet bongkar-bongkarnya. ini justru seperti SUV kelas C-segment seperti CR-V. kalo lihat BR-V emang sebelahan sama CR-V generasi 2 ukurannya hampir mirip. bisa kali tuh nanti K swap BRV
tapi proportionsnya justru bagus, ngikut gaya Honda kekinian main clean lines nggak kayak sebelumnya kebanyakan garis-garis nabrak. berasa upclass walau ini product untuk emerging market spt india dan indonesia.
Interior Looks & Quality.
interior seperti sudah dibahas, bedanya di type E bener-bener full plastic gak ada tempelan leather di dashnya. tapi sesuai kegunaan yang emang untuk operasional dan kotor-kotoran, jadi hard plastic gini malah gakpapa.
IMG20221126125830.jpg
IMG20221126125823.jpg
IMG20221201190109.jpg
gak perlu dibahas betapa banyak tombol dan tuas yang mirip dengan older models dan betapa tidak flowingnya desain dashboard honda amaze india ini. segitu maksanya mau niru CR-V sampai harus "nongol dikit" AC tengahnya. MID juga lebih sederhana dari type Prestige. build quality so-so tapi so far belum ada rattle, yang nyebelin handbrake mekanis dari zaman brio 2012 itu masih aja dipertahanin. yang bentuknya kayak tit*t. bener-bener ngerusak experience liat kabinnya (yang juga emang udah nggak pleasing).
Kabin tidak terasa luas, paling sempit malah dibanding yang lain karena mobil ini kabinnya paling kecil. kursi belakang masih lebih tidak enak dibanding Xpander atau Stargazer.
Driving & Ride Quality
jok sebenarnya sandarannya nyaman, ga ada teleskopik juga tidak terlalu ganggu karena udah enak. jok lebih tebal dari BR-V lama atau Brio.
tapi kalau postur tubuh udah fitra eri yang 177cm... maksudnya tinggi badan udah di atas 170cm dijamin akan berasa kurang nyaman duduk nyetirnya. apalagi kalau yang bentuk pahanya panjang dan never skip leg day sehingga pantatnya agak seksi kayak ane karena cushion bawah itu bukan hip support, tapi lebih pantes disebut butt support.
di ane, posisi nyetir paling normal itu ya yang ketahan cuma pantat. which is gapapa kalau cuma buat dalam kota aja. kalau luar kota perlu pembuktian lebih lanjut karena nyetir mobilio lama itu pegel-pegel punggungnya jok terlalu keras, ini jok ga keras tapi paha gantung.
masalah lainnya adalah sepertinya honda negara manapun yang RnD mobil ini itu mungkin berisi perempuan-perempuan berbadan imut karena posisi armrest dan tuas transmisinya sangat rendah.
visibility sangat enak, mobil rasanya kecil walau aslinya ga kecil-kecil amat. pillar A tidak se-landai dan setebal Xpander atau Stargazer. salip-menyalip dengan mobil ini dijamin seperti bawa Brio.
utk powertrain rasanya sudah tidak perlu dibahas.... L15ZF DOHC 121PS dan transmisi CVT. mesin yang katanya tidak lebih punchy dari L15Z1 lama. tapi apakah betul?
kesan "lamban" pada mobil ini itu sekiranya ane analisa ada 2 faktor :
- - engine power curve yang cenderung lebih flat dibanding L15Z1 SOHC. L15ZF dengan konstruksi DOHC memiliki torque curve yang agak di tengah. masalahnya dengan factory tune yang mungkin dibuat serendah mungkin mengingat segmen konsumen mobil ini, ignition timing seperti di retard terlalu banyak. padahal engine yang sama sebenarnya didesain untuk mengeluarkan 132hp di honda Fit/Vezel JDM.
- selip transmisi terlalu besar ketika kickdown. karena waktu nyetir santai dengan light throttle transmisinya berasa cekatan selip dikit langsung lock. tapi begitu kickdown delaynya terlalu besar. ini akibat tuning transmisi yang sepertinya mau irit jadi nggak disiapkan untuk akselerasi.
tapi perspective nya gini : kalau sehari-hari biasa pakai rival seperti say Xpander, atau dalam case ini Sienta V, maka BR-V itu justru terasa mobil yang sangat powerful, ringan, dan cekatan. dan fun factnya jika diadu 0-100 atau 400m drag race melawan City dan WRV, mungkin BR-V malah paling superior

karena final gear BR-V ini paling kasar dibanding City atau WRV.
suspension tuning di mobil ini pun agak ke arah keras. jika beli tipe Prestige dengan ban Turanza T005a dan ngisi anginnya ala dealer (over-inflate) maka ya ride qualitynya akan terasa ngocok sekali. tapi di tipe E CVT dengan velg lebih kecil ride qualitynya bisa dibilang sangat pas. ane lebih suka ini dibanding Xpander/Stargazer kalau untuk nyetir. ga berasa melayang limbung dan salip menyalip nggak ragu-ragu karena mobilnya sangat nurut. Steering juga tidak banyak yang perlu dikomentari walau radius putar definitely improvement besar dibanding Sienta

ini mobil bisa belok nekuk dengan proper.
oh iya FYI dan ini salah satu yang menurut ane kenapa BR-V itu paling mahal dibanding yang lain : dari dulu sebenarnya BR-V itu didesain mechanically identical dengan HR-V, tapi lebih seperti HR-V lower grade for emerging market sementara HR-V itu global market. makanya kalau ada 1 hal yang menurut ane sangat berbeda dari BR-V dan lawan-lawannya adalah kualitas kaki-kaki. bukan yang ternyaman tapi feelnya itu solid, kokoh, memang seperti mobil kelas HR-V. Berbeda dengan Xpander yang by experience sangat mudah glodakan dan lebih terasa ringkih kalo lewat jalan jerawatan.
Conclusion : The No-Nonsense Daily Beater
Sebenarnya kalau nggak terlalu fancy sensing-sensingan, BR-V tipe E sudah sangat cukup untuk jadi mobil daily beater. ini mobil yang gc nya tinggi, ukurannya cukup pas tidak kebesaran, modelnya ganteng. bahkan dengan discount sekarang jatuhnya jadi value for money sekali karena saudara kecilnya si WR-V bahkan belum dapet diskon.
Tapi ukuran jok dan size kabin yang paling kecil dibanding lawan seharga, membuat mobil ini kurang pantas jika purposenya untuk melawan Xpander yang betul-betul dirancang untuk kenyamanan kabin maksimal. BR-V ini kodratnya sama seperti Toyota Rush, tentu saja tanpa suspensi keras amit-amitnya itu dan RWD rigid axle belakang. dan tentu saja BBM yang lebih irit.
dan dengan diskon besar, it's truly a bargain. plus 4yrs / 50rb km free maintenance. Sejauh ini belum ada factory defect.
Lalu dibanding Toyota Sienta?
Compared ke Toyota Sienta, kelemahan terbesar BR-V itu ruang kabinnya yang dimana itu kelebihan minivan seperti Sienta dan Freed. BR-V tidak punya ruang kabin se fleksibel Sienta. Tapi bagasi BR-V itu lebih flat, jadi untuk bawa galon banyak lebih mudah ngaturnya. Sienta dulu agak jeglong akibat mekanisme pelipatan jok baris ketiga.
Secara driving feel bawa BR-V jauh lebih satset dan lincah, power mesin pun lebih terasa kuat. kaki kaki juga feeling lebih kokoh nya BR-V itu ada. Bantingan BR-V cenderung lebih kaku tapi lebih ngeredam (mungkin ada faktor mobil baru), Sienta feeling ane kalo lewat lobang rasanya sekabin geterrrr semua. Apalagi kalau buat puterbalik, jangan ditanya mana yang lebih enak
intinya untuk kegunaan nyokap ane, BR-V adalah mobil yang lebih cocok