E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by Turboman »

E-Fuel =

BBM yg dibuat dari Air + Gas CO2 dari udara

Air diurai utk mendapatkab unsur H dan CO2 diurai utk mendapatkan atom C

Hasil akhir = synthetic Fuel berbahan CO2 capture


https://www.efuel-alliance.eu/

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by Turboman »

Bandar besar juga masih terus kucurkan investasi pada "Fossil Fuel"

https://ekonomi.bisnis.com/read/2022053 ... akar-fosil
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by b0ku »

lagian ternyata selama ini kita mompa CO2 ke atmosfer dampaknya malah bikin beberapa daerah tambah hijau karena co2 itu makanan taneman akhirnya taneman makin kuat dan mulai tumbuh di daerah2x gersang, terutama di daerah2x yang lingkunganya gersang tapi masih liar, dan paling keliatan di padang arab saudi sama sahara dessert :wkkk:



tapi emang bumi tambah panas

yang harus dilakukan adalah ngurangin racun yang keluar dari pembakaran internal :mky_03:

makanya jgn mau di bodohin sama SJW lingkungan :wkkk:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Fri Jan 13, 2023 1:37 lagian ternyata selama ini kita mompa CO2 ke atmosfer dampaknya malah bikin beberapa daerah tambah hijau karena co2 itu makanan taneman akhirnya taneman makin kuat dan mulai tumbuh di daerah2x gersang, terutama di daerah2x yang lingkunganya gersang tapi masih liar, dan paling keliatan di padang arab saudi sama sahara dessert :wkkk:



tapi emang bumi tambah panas

yang harus dilakukan adalah ngurangin racun yang keluar dari pembakaran internal :mky_03:

makanya jgn mau di bodohin sama SJW lingkungan :wkkk:
nah makanya HINDARI nyopot CC, EGR dkk nya yg berfungsi untuk ngurangin racun :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by McLaren »

Suryaputra wrote: Fri Jan 13, 2023 2:11
b0ku wrote: Fri Jan 13, 2023 1:37 lagian ternyata selama ini kita mompa CO2 ke atmosfer dampaknya malah bikin beberapa daerah tambah hijau karena co2 itu makanan taneman akhirnya taneman makin kuat dan mulai tumbuh di daerah2x gersang, terutama di daerah2x yang lingkunganya gersang tapi masih liar, dan paling keliatan di padang arab saudi sama sahara dessert :wkkk:



tapi emang bumi tambah panas

yang harus dilakukan adalah ngurangin racun yang keluar dari pembakaran internal :mky_03:

makanya jgn mau di bodohin sama SJW lingkungan :wkkk:
nah makanya HINDARI nyopot CC, EGR dkk nya yg berfungsi untuk ngurangin racun :ngacir:
Setuju om.. sy remap tp tetep pake EGR
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1631
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by darrelund »

bukan cuma grgr e-fuel aja

tp emg pindah total ke EV di 2030 ga realistis, itu eropa jg ud pada minta mundurin deadline

dia org yg atur, dia org jg yg ngeluh :big_biglaugh:
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by wicaksono99 »

Suryaputra wrote: Fri Jan 13, 2023 2:11
b0ku wrote: Fri Jan 13, 2023 1:37 lagian ternyata selama ini kita mompa CO2 ke atmosfer dampaknya malah bikin beberapa daerah tambah hijau karena co2 itu makanan taneman akhirnya taneman makin kuat dan mulai tumbuh di daerah2x gersang, terutama di daerah2x yang lingkunganya gersang tapi masih liar, dan paling keliatan di padang arab saudi sama sahara dessert :wkkk:



tapi emang bumi tambah panas

yang harus dilakukan adalah ngurangin racun yang keluar dari pembakaran internal :mky_03:

makanya jgn mau di bodohin sama SJW lingkungan :wkkk:
nah makanya HINDARI nyopot CC, EGR dkk nya yg berfungsi untuk ngurangin racun :ngacir:
Nah kalau udah ada e-fuel gini, kombo yang perfect adalah mobil strong hybrid dengan isi bahan bakar e-fuel (pengganti bensin konvensional) + kit CNG... Nah ini termasuk mobil tri-fuel yang sangat amat ramah lingkungan.. :big_exellent:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by ilhami »

https://www.roadandtrack.com/car-cultur ... -for-real/

E-Fuel masih di harga $5 - $12 per galon. Tapi menurut Porsche mencapai $37 per galon

Efisiensi EV mencapai 40-70 persen
Mobil dengan E-Fuels efisiensi 18 persen.

Mungkin nanti ketika minyak benar-benar habis.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by Suryaputra »

wicaksono99 wrote: Fri Jan 13, 2023 2:29
Suryaputra wrote: Fri Jan 13, 2023 2:11
b0ku wrote: Fri Jan 13, 2023 1:37 lagian ternyata selama ini kita mompa CO2 ke atmosfer dampaknya malah bikin beberapa daerah tambah hijau karena co2 itu makanan taneman akhirnya taneman makin kuat dan mulai tumbuh di daerah2x gersang, terutama di daerah2x yang lingkunganya gersang tapi masih liar, dan paling keliatan di padang arab saudi sama sahara dessert :wkkk:



tapi emang bumi tambah panas

yang harus dilakukan adalah ngurangin racun yang keluar dari pembakaran internal :mky_03:

makanya jgn mau di bodohin sama SJW lingkungan :wkkk:
nah makanya HINDARI nyopot CC, EGR dkk nya yg berfungsi untuk ngurangin racun :ngacir:
Nah kalau udah ada e-fuel gini, kombo yang perfect adalah mobil strong hybrid dengan isi bahan bakar e-fuel (pengganti bensin konvensional) + kit CNG... Nah ini termasuk mobil tri-fuel yang sangat amat ramah lingkungan.. :big_exellent:
darrelund wrote: Fri Jan 13, 2023 2:22 bukan cuma grgr e-fuel aja

tp emg pindah total ke EV di 2030 ga realistis, itu eropa jg ud pada minta mundurin deadline

dia org yg atur, dia org jg yg ngeluh :big_biglaugh:

hanya waktu yg akan menjawab dalam 1 dekade :mky_03:


Hybrid lbh masuk akal,
itu aja bbrp udh mulai mikirin harga battery yg harganya masih 2 digit


Ganti Aki Start Stop aja, Cost nya udh pada mumet :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by wicaksono99 »

Suryaputra wrote: Fri Jan 13, 2023 2:38
wicaksono99 wrote: Fri Jan 13, 2023 2:29
Suryaputra wrote: Fri Jan 13, 2023 2:11

nah makanya HINDARI nyopot CC, EGR dkk nya yg berfungsi untuk ngurangin racun :ngacir:
Nah kalau udah ada e-fuel gini, kombo yang perfect adalah mobil strong hybrid dengan isi bahan bakar e-fuel (pengganti bensin konvensional) + kit CNG... Nah ini termasuk mobil tri-fuel yang sangat amat ramah lingkungan.. :big_exellent:
darrelund wrote: Fri Jan 13, 2023 2:22 bukan cuma grgr e-fuel aja

tp emg pindah total ke EV di 2030 ga realistis, itu eropa jg ud pada minta mundurin deadline

dia org yg atur, dia org jg yg ngeluh :big_biglaugh:

hanya waktu yg akan menjawab dalam 1 dekade :mky_03:


Hybrid lbh masuk akal,
itu aja bbrp udh mulai mikirin harga battery yg harganya masih 2 digit


Ganti Aki Start Stop aja, Cost nya udh pada mumet :ngacir:
Harga batre hybrid gak semenakutkan kok om asal ownernya berani lepas batre bawa ke spesialis batre EV molis.. Harusnya cuma penggantian cell batre, wong kalo dibongkar cuma susunan batre2 kecil kok. Tar diliat pake tester cell mana yg rusak trus diganti yg rusaknya aja. Tinggal diliat dan pilih mau batre panasonic atau samsung atau yg lain yg lebih murah.. :upss:

Nah kalau aki udah kodratnya begitu.. Entah diganti aki lifepo4 bisa gak tuh, umurnya kan lebih lama.. Keluarin biayanya mahal sekalian tapi puas dan tahan lama.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by Suryaputra »

wicaksono99 wrote: Fri Jan 13, 2023 2:53
Suryaputra wrote: Fri Jan 13, 2023 2:38
wicaksono99 wrote: Fri Jan 13, 2023 2:29

Nah kalau udah ada e-fuel gini, kombo yang perfect adalah mobil strong hybrid dengan isi bahan bakar e-fuel (pengganti bensin konvensional) + kit CNG... Nah ini termasuk mobil tri-fuel yang sangat amat ramah lingkungan.. :big_exellent:
darrelund wrote: Fri Jan 13, 2023 2:22 bukan cuma grgr e-fuel aja

tp emg pindah total ke EV di 2030 ga realistis, itu eropa jg ud pada minta mundurin deadline

dia org yg atur, dia org jg yg ngeluh :big_biglaugh:

hanya waktu yg akan menjawab dalam 1 dekade :mky_03:


Hybrid lbh masuk akal,
itu aja bbrp udh mulai mikirin harga battery yg harganya masih 2 digit


Ganti Aki Start Stop aja, Cost nya udh pada mumet :ngacir:
Harga batre hybrid gak semenakutkan kok om asal ownernya berani lepas batre bawa ke spesialis batre EV molis.. Harusnya cuma penggantian cell batre, wong kalo dibongkar cuma susunan batre2 kecil kok. Tar diliat pake tester cell mana yg rusak trus diganti yg rusaknya aja. Tinggal diliat dan pilih mau batre panasonic atau samsung atau yg lain yg lebih murah.. :upss:

Nah kalau aki udah kodratnya begitu.. Entah diganti aki lifepo4 bisa gak tuh, umurnya kan lebih lama.. Keluarin biayanya mahal sekalian tapi puas dan tahan lama.
ada kawan dr finance molis tiongkok, nge-spill...

*Saat ini..

HPP Batre molis saat ini, itu kisaran nya up to ~50% dari HPP keseluruhan mobilnya.

misal HPP mobil nya utuh = 200jt
HPP batrenya sendiri bisa kisaran kurleb 100jt

itu Tiongkok made yah dgn garansi batre 8 thn. :big_peace:

jd EV ini emang cocok, buat kaum sultan lembiru :mky_03:

*disclemer
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by wicaksono99 »

Suryaputra wrote: Fri Jan 13, 2023 3:00
wicaksono99 wrote: Fri Jan 13, 2023 2:53
Suryaputra wrote: Fri Jan 13, 2023 2:38




hanya waktu yg akan menjawab dalam 1 dekade :mky_03:


Hybrid lbh masuk akal,
itu aja bbrp udh mulai mikirin harga battery yg harganya masih 2 digit


Ganti Aki Start Stop aja, Cost nya udh pada mumet :ngacir:
Harga batre hybrid gak semenakutkan kok om asal ownernya berani lepas batre bawa ke spesialis batre EV molis.. Harusnya cuma penggantian cell batre, wong kalo dibongkar cuma susunan batre2 kecil kok. Tar diliat pake tester cell mana yg rusak trus diganti yg rusaknya aja. Tinggal diliat dan pilih mau batre panasonic atau samsung atau yg lain yg lebih murah.. :upss:

Nah kalau aki udah kodratnya begitu.. Entah diganti aki lifepo4 bisa gak tuh, umurnya kan lebih lama.. Keluarin biayanya mahal sekalian tapi puas dan tahan lama.
ada kawan dr finance molis tiongkok, nge-spill...

*Saat ini..

HPP Batre molis saat ini, itu kisaran nya up to ~50% dari HPP keseluruhan mobilnya.

misal HPP mobil nya utuh = 200jt
HPP batrenya sendiri bisa kisaran kurleb 100jt

itu Tiongkok made yah dgn garansi batre 8 thn. :big_peace:

jd EV ini emang cocok, buat kaum sultan lembiru :mky_03:

*disclemer
Iyes itu kalau murni EV, kalau hybrid sih gak nyampe segitu.. Batrenya aja sekotak dibawah kursi.. Paling nggak kalau batre hybridnya rusak, bisalah menghemat 50% dari harga batre beli di beres dengan mengganri cell yg rusak aja.

Btw kemaren saya ke salah satu plant pengolahan sawit terbesar disini.. Mereka dah siap tuh kalau pemerintah mau supply b100 ... Negara timur tengah udah ketar ketir soalnya disana gak ada sawit :big_biglaugh:
Tapi entah kapan tuh terealisasi, secara disini b40 masih diujicoba.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by b0ku »

wicaksono99 wrote: Fri Jan 13, 2023 2:53
Harga batre hybrid gak semenakutkan kok om asal ownernya berani lepas batre bawa ke spesialis batre EV molis.. Harusnya cuma penggantian cell batre, wong kalo dibongkar cuma susunan batre2 kecil kok. Tar diliat pake tester cell mana yg rusak trus diganti yg rusaknya aja. Tinggal diliat dan pilih mau batre panasonic atau samsung atau yg lain yg lebih murah.. :upss:

Nah kalau aki udah kodratnya begitu.. Entah diganti aki lifepo4 bisa gak tuh, umurnya kan lebih lama.. Keluarin biayanya mahal sekalian tapi puas dan tahan lama.
itu solusi abis benerin lembiru juga om soalnya kalo di turutin satu2x hasilnya lebih gila costnya belom itung waktu bolak balik dan ongkos kerja kek gitu ud dilakukan tesla sama hyundai dengan pecah dari pack jadi module hasilnya ZONK tambah parah kalo mobilnya gak buru2x di singkirin, karena namanya batre ud pasti bakalan rontok semua dia lebih ke umur di banding pemakaian justru kalo gak mau rugi siksa sejadi2xnya sampe batrenya jebol :wkkk:
Suryaputra wrote: Fri Jan 13, 2023 2:11
nah makanya HINDARI nyopot CC, EGR dkk nya yg berfungsi untuk ngurangin racun :ngacir:
atau pake BBM mahal bair racunya juga lebih dikt :big_grin:
wicaksono99 wrote: Fri Jan 13, 2023 3:09 Iyes itu kalau murni EV, kalau hybrid sih gak nyampe segitu.. Batrenya aja sekotak dibawah kursi.. Paling nggak kalau batre hybridnya rusak, bisalah menghemat 50% dari harga batre beli di beres dengan mengganri cell yg rusak aja.

Btw kemaren saya ke salah satu plant pengolahan sawit terbesar disini.. Mereka dah siap tuh kalau pemerintah mau supply b100 ... Negara timur tengah udah ketar ketir soalnya disana gak ada sawit :big_biglaugh:
Tapi entah kapan tuh terealisasi, secara disini b40 masih diujicoba.
ya dulu harga battery kemry juga cuma 48jt sekarang ud 70jt :wkkk:

innova katanya 35jt ya liatin aja naek berapa makanya mendingan jgn2x banyak2x di jalan ntar batrenya makin mahal karena minning bahannya tuh gak gampang :mky_03:

terutama cobalt nambangnya sangat ramah lingkungan kok gak pake alat berat nih saya kasih contohnya :mky_03:



:wkkk:
Last edited by b0ku on Fri Jan 13, 2023 3:16, edited 1 time in total.
arsaerescool
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Fri Dec 29, 2017 4:18
Daily Vehicle: Supra Fit

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by arsaerescool »

Turboman wrote: Fri Jan 13, 2023 1:11 Bandar besar juga masih terus kucurkan investasi pada "Fossil Fuel"

https://ekonomi.bisnis.com/read/2022053 ... akar-fosil
Sepertinya fossil fuel akan tetap survive bagaimanapun
karena suara raungan mesin bensin ICE enak didengar
arahnya ke bahan bakar eksklusif
pasar khusus
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by ChZ »

phase out mesin internal combustion itu aja pada gak sepakat definisinya apa.

bener bener tidak diproduksi kah, atau hybrid dan sejenisnya masih boleh. eropa sih kebanyakan mimpi total phase out. jepang lebih realistis akan cuma produksi hybrid.

synthetic fuel kan sebenernya mencoba menjawab what if manusia gak bisa lepas dari ketergantungan fossil fuel (dan faktanya memang tidak bisa) dan sudah semakin clear kalau electricity is not the solution. krn pembahasan limbah batre pun mulai bikin banyak orang skeptical dengan EV.

ini tuh tinggal nunggu waktu aja kalau segala cara adoption EV dicoba dan tidak berhasil mencapai market cap sesuai target (dan ane skeptical pasti tidak bisa krn supply chain nya aja terhambat) pasti akan pindah investmentnya ke synth fuel. tenang aja.

seru sih race against the time nya ini. toyota ngembangin hydrogen combustion, porsche invest ke synth fuel. proof kalau automakers masih ingin combustion engine hidup gimanapun caranya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by Suryaputra »

arsaerescool wrote: Fri Jan 13, 2023 3:13
Turboman wrote: Fri Jan 13, 2023 1:11 Bandar besar juga masih terus kucurkan investasi pada "Fossil Fuel"

https://ekonomi.bisnis.com/read/2022053 ... akar-fosil
Sepertinya fossil fuel akan tetap survive bagaimanapun
karena suara raungan mesin bensin ICE enak didengar
arahnya ke bahan bakar eksklusif
pasar khusus
Honda Hybrid aja sampai bikin artificial engine sound...
Buat simulasi gear shift engine note nya :mky_01:

Suaranya keluar dr speaker yg sdh didesign untuk artificial sound tsb :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Fri Jan 13, 2023 3:50
Honda Hybrid aja sampai bikin artificial engine sound...
Buat simulasi gear shift engine note nya :mky_01:

Suaranya keluar dr speaker yg sdh didesign untuk artificial sound tsb :big_biglaugh:
semua di plasuin cocok sama kaum SJW sukanya yang palsu2x sampe anggota tubuhnya pun di plasuin :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by Turboman »

BlackRock juga terus invest di Fossil Fuel

wkwkwkkw

https://www.businesslive.co.za/bloomber ... sil-fuels/
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1631
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by darrelund »

Suryaputra wrote: Fri Jan 13, 2023 2:38 hanya waktu yg akan menjawab dalam 1 dekade :mky_03:


Hybrid lbh masuk akal,
itu aja bbrp udh mulai mikirin harga battery yg harganya masih 2 digit


Ganti Aki Start Stop aja, Cost nya udh pada mumet :ngacir:
maslahna kmrn dia org teriak plg kenceng klo ICE harus di phase out

eh skrg setelah harga energi naik 7x lipat, maunya dimundurin

begimana coba :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1631
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by darrelund »

Turboman wrote: Fri Jan 13, 2023 7:49 BlackRock juga terus invest di Fossil Fuel

wkwkwkkw

https://www.businesslive.co.za/bloomber ... sil-fuels/
ini mah penggerak dunia um

semua jg dia invest :big_biglaugh:

ga kebayang effectnya klo blackrock tumbang :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Fri Jan 13, 2023 7:55
Turboman wrote: Fri Jan 13, 2023 7:49 BlackRock juga terus invest di Fossil Fuel

wkwkwkkw

https://www.businesslive.co.za/bloomber ... sil-fuels/
ini mah penggerak dunia um

semua jg dia invest :big_biglaugh:

ga kebayang effectnya klo blackrock tumbang :big_biglaugh:
Market Maker dan Bandar no.1 dan 2 dunia :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by b0ku »

darrelund wrote: Fri Jan 13, 2023 7:54
maslahna kmrn dia org teriak plg kenceng klo ICE harus di phase out

eh skrg setelah harga energi naik 7x lipat, maunya dimundurin

begimana coba :big_biglaugh:
saya si liatin politik di luar negri leader yang pro greenwash itu ud mulai di serang abis2xan bisa2x mungkin sekali kena election abis disikat di ameriki pun saya ngecek mayoritas daerahnya demokrat ancur2xan apalagi california terlalu terobsesi sama energi hijau ditambah mereka halu mulu sekarang mau ngeban truck2x tua ud jelas2x padar ribut pindahan keluar california ongkosnya bisa 3-4x lipet movernya di banding pindahan dari daerah laen ke california :big_biglaugh:

tinggal tunggu aja meleduk ini mah bom waktu untungnya negara kita baru fase awal kalo ud kejebloss jauh kayak mereka ud babak belur inflasi gila2xan kanada pun di serang mulu tuh PMnya :big_biglaugh:

china kasih contoh mobil listrik laku disana tapi mereka juga curang bangun PLTN, PLTU banyak2x itu aja masih kena energy crisis :big_biglaugh:
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by FR6 »

Ngg.... anu....
disclaimer dulu, saya nubi soal harga komoditi, gak update banget juga..
tapi yg ada di pikiran saya, Indonesia paling bisa bertahan dari kelangkaan bahan bakar fossil..
Secara Indonesia produsen sawit terbesar di dunia, terlepas pemilik saham terbesar produsennya itu mostly bukan perusahaan Indo *CMIIW*.
Jadi satu2nya yg bisa bertahan sampe kiamat ya mesin Diesel, dengan catatan harus bisa nenggak B100..
bicara soal harga/cost, kayanya 11/12 dengan crude oil:

https://www.indexmundi.com/commodities/ ... =crude-oil

gimana menurut Om-Om sekalian? :big_childish:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by b0ku »

FR6 wrote: Fri Jan 13, 2023 9:05 Ngg.... anu....
disclaimer dulu, saya nubi soal harga komoditi, gak update banget juga..
tapi yg ada di pikiran saya, Indonesia paling bisa bertahan dari kelangkaan bahan bakar fossil..
Secara Indonesia produsen sawit terbesar di dunia, terlepas pemilik saham terbesar produsennya itu mostly bukan perusahaan Indo *CMIIW*.
Jadi satu2nya yg bisa bertahan sampe kiamat ya mesin Diesel, dengan catatan harus bisa nenggak B100..
bicara soal harga/cost, kayanya 11/12 dengan crude oil:

https://www.indexmundi.com/commodities/ ... =crude-oil

gimana menurut Om-Om sekalian? :big_childish:
masalahnya diesel pun isi migor pun gak lsg rontok om efeknya lebih ke jangka panjang yang KO juga injektor common rail iya sih harganya ud kayak ganti batre hybrid :mky_03:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by ilhami »

Kalau pabrik bisa lebih efisien dari pohon sawit, kita bisa pakai bahan bakar sintetis