Classic 5-series : E39 / E60 / F10

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Classic 5-series : E39 / E60 / F10

Post by kendibocor »

darrelund wrote: Fri Jan 13, 2023 7:39
kendibocor wrote: Thu Jan 12, 2023 13:02 F10 lah
Bodykit M sport
Stir M sport
Ganti lampu belakang depan G30 (banyak yg jual aftermarketnya) udah mirip G30 deh :mky_03:
F10 m sport apalagi LCI punya emg ganteng um

apalagi yg pake lampu adaptive..........pol cakepnya :big_exellent:

Image

Image

cuma jgn pke buntut G30 LCI lah, ga berkarakter :big_biglaugh:
Nggak lah mbah cuman becandaan itu. Ganti lampu G30 imo malah kayak krisis kepercayaan diri :big_biglaugh:
ChZ wrote: Fri Jan 13, 2023 8:21
darrelund wrote: Fri Jan 13, 2023 7:41
ngomong" F10 535i

klo bisa dapet yg mint condition sih hebat bener

soalna dimari apapun buntut 35i psti ud jadi bahan mainan
N55 335i atau 535i biasa langganan dioprek. tapi emang nagih liat N55 engine di oprek :ungg: suara ama larinya itu udah setara M car wkwkwkwk.

yang LCI lebih langka lg buntut 40i mesin B58. toyota supra enjin :big_biglaugh:
LCI F10 kayaknya sama mesinnya mbah ma Pre-LCI, pake N20 ma N55.
ChZ wrote: Fri Jan 13, 2023 7:43
kendibocor wrote: Fri Jan 13, 2023 7:33
Kalo E39 banyak yg kegoreng mending F10 sih mbah. E60 keburu dapet stigma jelek ga reliabel, harga jg banyak yg hancur lebur pada takut peliharanya. F10, E39, G30 bodynya lempeng2 dengan design yg mengikuti paham standard design 5 series. Si E60 ini yg kayak "anak haram" designnya nyeleneh sendiri, makanya ga masuk selera semua orang dan yg paling ga seri 5 banget.

*maap user E60 :mky_01:
iya sih susah jg kalo bosen bingung ngebuangnya gimana itu E60 kyknya dari all bmw era 2000s paling susah jual E60 pada awet bertengger di marketplace :big_biglaugh:

E39 tinggal beresin pajaknya, rapi rapiin, jual tinggi titipin consignment buang ke jakarta masih pada mau. F10 kyknya banyak bgt peminat reputasi paling reliabel dan modelnya msh ga keliatan kuno wkwkkwkw.
E60 ampun2an itu jualnya, banyak yg jual desperate. Bahkan beberapa ada yg lebih jeblok harganya drpd E90 :big_biglaugh:
Btw, E250 FL jg bagus mbah yg 2012 keatas yg bodykit amg n velg palang 5 :mky_03: atau sekalian E400 bisa kasih middle finger ke biem2 low trim sambil ngomong goodbye muthafukahhh :big_smoking:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Classic 5-series : E39 / E60 / F10

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Fri Jan 13, 2023 8:39
LCI F10 kayaknya sama mesinnya mbah ma Pre-LCI, pake N20 ma N55.

E60 ampun2an itu jualnya, banyak yg jual desperate. Bahkan beberapa ada yg lebih jeblok harganya drpd E90 :big_biglaugh:
Btw, E250 FL jg bagus mbah yg 2012 keatas yg bodykit amg n velg palang 5 :mky_03: atau sekalian E400 bisa kasih middle finger ke biem2 low trim sambil ngomong goodbye muthafukahhh :big_smoking:
Ah iya F10 ga ada seri B engine ding langsung ke G30 :mky_03:

Iya, E60 jual di pekgo aja gak laku laku :big_biglaugh:

Ane kalo merc doyan nya E300 212 preFL sih tapi enjin suka E400 :big_childish: sadis itu E400 skrg juga banyak kegoreng wkwkwkw. Kalo w212 sama biem F10 kayaknya baru pertama resale valuenya imbang. Selama ini kan selalu kuatan merc
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Classic 5-series : E39 / E60 / F10

Post by kendibocor »

ChZ wrote: Fri Jan 13, 2023 9:51
kendibocor wrote: Fri Jan 13, 2023 8:39
LCI F10 kayaknya sama mesinnya mbah ma Pre-LCI, pake N20 ma N55.

E60 ampun2an itu jualnya, banyak yg jual desperate. Bahkan beberapa ada yg lebih jeblok harganya drpd E90 :big_biglaugh:
Btw, E250 FL jg bagus mbah yg 2012 keatas yg bodykit amg n velg palang 5 :mky_03: atau sekalian E400 bisa kasih middle finger ke biem2 low trim sambil ngomong goodbye muthafukahhh :big_smoking:
Ah iya F10 ga ada seri B engine ding langsung ke G30 :mky_03:

Iya, E60 jual di pekgo aja gak laku laku :big_biglaugh:

Ane kalo merc doyan nya E300 212 preFL sih tapi enjin suka E400 :big_childish: sadis itu E400 skrg juga banyak kegoreng wkwkwkw. Kalo w212 sama biem F10 kayaknya baru pertama resale valuenya imbang. Selama ini kan selalu kuatan merc
Ngiler sih ama E400, kemaren uda ngumpul2in recehan mau ganti eh malah harus belinya bintang geser :big_bored:
Balik ngisi celengan ayam dari 0 lg deh :big_slap:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
mingoe
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Sun Jul 03, 2022 15:12

Re: Classic 5-series : E39 / E60 / F10

Post by mingoe »

ChZ wrote: Fri Jan 13, 2023 8:21
darrelund wrote: Fri Jan 13, 2023 7:41
ngomong" F10 535i

klo bisa dapet yg mint condition sih hebat bener

soalna dimari apapun buntut 35i psti ud jadi bahan mainan
N55 335i atau 535i biasa langganan dioprek. tapi emang nagih liat N55 engine di oprek :ungg: suara ama larinya itu udah setara M car wkwkwkwk.

yang LCI lebih langka lg buntut 40i mesin B58. toyota supra enjin :big_biglaugh:
Ngomongin buntut 40i, kapan hari ada liat iklan di salah satu showroom mobil di sby, 340i F30 (duh maap malah jd bahas 3 series hehe), buka di 875jeti. Sdgkan 335i liat2 yaa sekitaran 575-600 lah ya.

Perbedaan paling besar kan di enjin yah, kira2 worth it ga sih nambah hampir 300jeti?
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Classic 5-series : E39 / E60 / F10

Post by kendibocor »

mingoe wrote: Fri Jan 13, 2023 10:31
ChZ wrote: Fri Jan 13, 2023 8:21
darrelund wrote: Fri Jan 13, 2023 7:41
ngomong" F10 535i

klo bisa dapet yg mint condition sih hebat bener

soalna dimari apapun buntut 35i psti ud jadi bahan mainan
N55 335i atau 535i biasa langganan dioprek. tapi emang nagih liat N55 engine di oprek :ungg: suara ama larinya itu udah setara M car wkwkwkwk.

yang LCI lebih langka lg buntut 40i mesin B58. toyota supra enjin :big_biglaugh:
Ngomongin buntut 40i, kapan hari ada liat iklan di salah satu showroom mobil di sby, 340i F30 (duh maap malah jd bahas 3 series hehe), buka di 875jeti. Sdgkan 335i liat2 yaa sekitaran 575-600 lah ya.

Perbedaan paling besar kan di enjin yah, kira2 worth it ga sih nambah hampir 300jeti?
Kalo liat dompet ane sendiri ga worth sih 875jt untuk seekor F30. Tp balik lg kalo yg mo nyari engine langka n duit memungkinkan ya worth aja. Sekarang mau punya B58 di pricelist bmw paling murah X5 yg harganya mepet 2M. Dari seri 3,5,X3 ga ada yg trim 40i semua
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
mingoe
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Sun Jul 03, 2022 15:12

Re: Classic 5-series : E39 / E60 / F10

Post by mingoe »

kendibocor wrote: Fri Jan 13, 2023 11:22
Kalo liat dompet ane sendiri ga worth sih 875jt untuk seekor F30. Tp balik lg kalo yg mo nyari engine langka n duit memungkinkan ya worth aja. Sekarang mau punya B58 di pricelist bmw paling murah X5 yg harganya mepet 2M. Dari seri 3,5,X3 ga ada yg trim 40i semua
Sebenernya kalo mau mendang mending, F32 435i aja pada buka di sekitar 7xx (cmiiw), 440i nya bs tembus 1m ke atas. Kalo sekedar cari B58-nya ane rasa pilihan terbaik sih mungkin F30 340i ya hahaha. Sayang unitnya dikit. Selagi G20 340i ga masuk sini, rasanya harganya bakal nahan sih.
HaykelAdityawarman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 268
Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2015 Mitsubishi A03A 3A92 GLX MT

Re: Classic 5-series : E39 / E60 / F10

Post by HaykelAdityawarman »

Nubi ijin berpendapat om. Menurut saya yang kebetulan demen juga sama E39, go for E39 aja. Soalnya sekarang waktu yang pas buat main E39, klo di nanti2 jadinya mobilnya makin tua, makin irrelevant dari sisi performance dan bisa2 sparepart makin susah nyarinya. Nyari 530i kayanya agak challenging dan bosen liat interior greynya, 528i kayanya pilihan yang viable, saya lihat2 lebih banyak juga pilihan warna exterior sama interiornya.

In several years saya rasa E39 bakal makin butut, E60 makin susah cari yang mint condition, F10 malah makin affordable. When the time comes, mending main F10 sekalian imo.
Current: 2008 Mitsubishi CY4A 4B11 CVT

Others:
2020 ANH140 2GD-FTV AT
2019 RU1 L15Z CVT
2019 PQ26-6C 1.2T DSG
2019 CMF-A 1.0 AMT
2013 GM2 L15A AT
2003 E46 M54B25 AT
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2533
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Classic 5-series : E39 / E60 / F10

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: Fri Jan 13, 2023 8:21
darrelund wrote: Fri Jan 13, 2023 7:41
ngomong" F10 535i

klo bisa dapet yg mint condition sih hebat bener

soalna dimari apapun buntut 35i psti ud jadi bahan mainan
N55 335i atau 535i biasa langganan dioprek. tapi emang nagih liat N55 engine di oprek :ungg: suara ama larinya itu udah setara M car wkwkwkwk.

yang LCI lebih langka lg buntut 40i mesin B58. toyota supra enjin :big_biglaugh:
Kalo mau bisa oprek oprek musti cari yg ada turbonya… N54 N55 B58 or kompromise dikit B48 jg ok

Kalo engine n/a doang paling dipake sama rawat biasa aja… kg tau mau diapain. Tapi maen kosmetik bodykit sama ganti velg ceperin gitu2 … bukan selera ane sih wakaka
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2593
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Classic 5-series : E39 / E60 / F10

Post by farizfsa »

KielConstantine wrote: Sun Jan 15, 2023 8:19
ChZ wrote: Fri Jan 13, 2023 8:21
darrelund wrote: Fri Jan 13, 2023 7:41
ngomong" F10 535i

klo bisa dapet yg mint condition sih hebat bener

soalna dimari apapun buntut 35i psti ud jadi bahan mainan
N55 335i atau 535i biasa langganan dioprek. tapi emang nagih liat N55 engine di oprek :ungg: suara ama larinya itu udah setara M car wkwkwkwk.

yang LCI lebih langka lg buntut 40i mesin B58. toyota supra enjin :big_biglaugh:
Kalo mau bisa oprek oprek musti cari yg ada turbonya… N54 N55 B58 or kompromise dikit B48 jg ok

Kalo engine n/a doang paling dipake sama rawat biasa aja… kg tau mau diapain. Tapi maen kosmetik bodykit sama ganti velg ceperin gitu2 … bukan selera ane sih wakaka
N20 pun kl di push bs 300an hp, timing chain obatnya ganti oli rutin dan bagus jg sih

Kl pake bmw gen sekarang zf 8 speed enaknya transmisi dan gearbox bs di tuning dan relatif murah
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
Johnkwick
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Fri Mar 06, 2020 17:24
Daily Vehicle: 528i F10 LCI

Re: Classic 5-series : E39 / E60 / F10

Post by Johnkwick »

ChZ wrote: Fri Jan 13, 2023 6:41
farizfsa wrote: Fri Jan 13, 2023 6:18
535i f10 lebih dr 20 ada sih

Cuma cari yang std ting2 sih susah

Nah bener poin zf 8 speed yg cukup flawless jd poin plus f10
wkwkwkw kok info dari temen yang punya dan kemaren jg ada owner 535i F10 bilang se indo cuma 3 :mky_03: apa maksudnya se jateng cm 3 kali yah.
kayaknya yg langka itu 535i yang LCI. Sempet liat di OLX tahun 2020 dijual di harga cukup fantastis sih karena lampunya juga kebagian yang adaptive ga kaya LCI yang lain kebagian bi-xenon doang sedih

Paling sering liat 535i LCI tapi mobil dubes belanda mondar mandi sekitaran pondok indah, fatmawati, cipete situ, ganteng ga ada obat sih beda aja auranya sama F10 pada umumnya. Bumper depan sama belakangnya sama kaya trim luxury/modern, bedanya ga ada fog lamp depan aja. Ngepas banget tampilannya buat trim menengah. Kecuali udah 550i baru imho cocok pakai aerodynamic package model m-sport bumper
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2533
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Classic 5-series : E39 / E60 / F10

Post by KielConstantine »

farizfsa wrote: Sun Jan 15, 2023 10:46
KielConstantine wrote: Sun Jan 15, 2023 8:19
ChZ wrote: Fri Jan 13, 2023 8:21

N55 335i atau 535i biasa langganan dioprek. tapi emang nagih liat N55 engine di oprek :ungg: suara ama larinya itu udah setara M car wkwkwkwk.

yang LCI lebih langka lg buntut 40i mesin B58. toyota supra enjin :big_biglaugh:
Kalo mau bisa oprek oprek musti cari yg ada turbonya… N54 N55 B58 or kompromise dikit B48 jg ok

Kalo engine n/a doang paling dipake sama rawat biasa aja… kg tau mau diapain. Tapi maen kosmetik bodykit sama ganti velg ceperin gitu2 … bukan selera ane sih wakaka
N20 pun kl di push bs 300an hp, timing chain obatnya ganti oli rutin dan bagus jg sih

Kl pake bmw gen sekarang zf 8 speed enaknya transmisi dan gearbox bs di tuning dan relatif murah
Paling bagus memang yg ud pake zf-8 sehh mbah

Jadi resep idealnya cari yg bgini :

Inline-6 turbo engine —> gampang di oprek; tuning; ganti turbo
Zf-8 speed automatic —> bisa di remap ; reliable terbukti
RWD —> buat ngepot2 buang pantat; powerslide; drifting
Hydraulic power steering (better); atau yg electronic assist jg ok.

Resep kek gitu unitnya cuman ada di F10 535i sama F13 640i :big_slap:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Classic 5-series : E39 / E60 / F10

Post by ChZ »

HaykelAdityawarman wrote: Sun Jan 15, 2023 6:48 Nubi ijin berpendapat om. Menurut saya yang kebetulan demen juga sama E39, go for E39 aja. Soalnya sekarang waktu yang pas buat main E39, klo di nanti2 jadinya mobilnya makin tua, makin irrelevant dari sisi performance dan bisa2 sparepart makin susah nyarinya. Nyari 530i kayanya agak challenging dan bosen liat interior greynya, 528i kayanya pilihan yang viable, saya lihat2 lebih banyak juga pilihan warna exterior sama interiornya.

In several years saya rasa E39 bakal makin butut, E60 makin susah cari yang mint condition, F10 malah makin affordable. When the time comes, mending main F10 sekalian imo.
yep nyari E39 M52 yang harganya waras jauh lebih gampang daripada yang M54 wkwkwkwk. cuma kondisi kadang agak memprihatinkan.

klo ane becanda sama temen ane dulu ini E39 M52 kan lahir waktu sebelum krismon masih murah pada blom nyadar ini mobil mewah, pasca krismon yang beli orang mampu mampu doank makanya kondisinya jauh lebih terawat yang M54 banyakan :mky_07:

nah alesan pertimbangin F10 ya gini om apalagi yang 6cyl. skrg murah mungkin ditawar nopekgo jg mau krn F10 banyakan cari LCI. tapi ke depan mesin mesin 6cyl gini pasti calon future classic apalagi trennya bimmer udah makin ke electric segmen pembelinya ud geser juga buat sosialita kota besar bukan enthusiast
Johnkwick wrote: Sun Jan 15, 2023 14:15
kayaknya yg langka itu 535i yang LCI. Sempet liat di OLX tahun 2020 dijual di harga cukup fantastis sih karena lampunya juga kebagian yang adaptive ga kaya LCI yang lain kebagian bi-xenon doang sedih

Paling sering liat 535i LCI tapi mobil dubes belanda mondar mandi sekitaran pondok indah, fatmawati, cipete situ, ganteng ga ada obat sih beda aja auranya sama F10 pada umumnya. Bumper depan sama belakangnya sama kaya trim luxury/modern, bedanya ga ada fog lamp depan aja. Ngepas banget tampilannya buat trim menengah. Kecuali udah 550i baru imho cocok pakai aerodynamic package model m-sport bumper
ah iya yang LCI kali ya, tahunnya jg sekitaran 2012-2013an.

rata rata ketemu 535 udah diganti bumpernya sama M sport wkwkwkkw.
KielConstantine wrote: Sun Jan 15, 2023 16:45 Paling bagus memang yg ud pake zf-8 sehh mbah

Jadi resep idealnya cari yg bgini :

Inline-6 turbo engine —> gampang di oprek; tuning; ganti turbo
Zf-8 speed automatic —> bisa di remap ; reliable terbukti
RWD —> buat ngepot2 buang pantat; powerslide; drifting
Hydraulic power steering (better); atau yg electronic assist jg ok.

Resep kek gitu unitnya cuman ada di F10 535i sama F13 640i :big_slap:
paling gampang kl resep gini F30 335/340i atau F10 535i :ungg: cuma ya gitu harganya 2 kali lipet F30/F10 4cyl.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Devourer
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: Mon Jun 25, 2018 6:57

Re: Classic 5-series : E39 / E60 / F10

Post by Devourer »

ChZ wrote: Fri Jan 13, 2023 5:40
Devourer wrote: Fri Jan 13, 2023 5:15 karena sepertinya TS bukan ngejar ke driving dimana org pasti pilih seri 3 antara e36 ato e46
Vote no 1. f10 aja hehe dengan pertimbangan.

1. karena e39/e60/f10 itu pasti matic semua, gmn2 paling enak f10 karena udah zf 8 speed.
Pengalaman sy pernah coba e46 330i, meskipun steering enak tapi driving exp. nya ruined by maticnya yg masih jadul hehe.
Beda cerita klo manual.

2. Sy bbrp kali bawa dl F10 meskipun gede n steeringnya ya agak hambar (dibanding f30 sy dl), tetep aja sy demen krn proporsi gedenya justru malah
keliatan mantep mobilnya hehe.

3. Klo dibuat m-sport cakep sih looksnya. Kalau TS ada pasangan better f10 aja hehe.
Pengalaman sy, pasangan sendiri klo tiap klo pergi ga pernah mau naik motuba di rmh (w124) :big_cry:
ktnya ga kuat sm bau interiornya hehe pdhl bagi sy yg bikin sedap itu hehe

no. 2 e39 aja dengan pertimbangan

1. Karena TS banyak mobil modern (civic, dll) dan cari beda suasana, e39 aja drpd f10. F10 takutnya karena mobil skrg feelnya cepet bosen.
2. e39 juga krn lebih tua gmn2 restorasi lebih banyak, lebih ada tantangan n ga cepet bosen :big_smile]
3.. Klo bs top trim (530i yg tahun2 muda uda ada PDC n double glass) tapi emg harganya gorengan sih jd ya asal ktmu yg cocok aja.
4. dibikin m sport aja pake velg oem, biar ga terlalu bapak2 bgt hehe. Kyk yg di ig car*holic garage lg dijual yg 528i item.

Klo e60 balik lagi ke personal opinion, sy kurang demen sih hehe.

Sy jg dulu pk f30 328i, kyknya klo balik ke bmw lg malah kepinginnya sekarang e36 (323i) manual ato e46 (330i buat diswap ke M/T) hehe.
Wkwkwk perspective baru nih. Sbenernya ga ngincer driving karena buat driving exp civic saya udah enak banget mungkin keep lama krn civic baru udah makin kayak accord.

5series dari dulu unik buat saya krn whole different species. Sesuai slogannya ini perfect balance. D-segment sedan, rear wheel, six cylinder, non turbo krn cari linearity dan feel bawa cc gede wkwkwkwk. Yang penting di inline sixnya sih :mky_03: ke depan inline six cuma bakal ada di super exclusive lineup soalnya.

Yep nomer 1nya sebenernya masih di E39 sih. Saya 520i gapapa krn sebenernya mau six cylinder sama body style aja wkwkwkw mau oprek nanti stroke up apa swap aja :mky_03: F10 untuk skrg masih lowest on list. Lastingnya bentuk E60 bikin pelan pelan jadiin nomer 2 :big_biglaugh:

Prtama coba E39 520 dgn matic bututnya ga brasa aggressive cuma buat santai emang enaknya ga boong, steer nya jg rasa mekanikal bgt beratnya :mky_03:

Btw soal pasangan saya kakaknya akhir tahun kmaren baru jual F10 523i udah laku sayang waktu itu blom sama skali consider F10 :big_biglaugh:
Kyknya klo gini kliatannya ambil e39 aja om sambil sabar karena harganya bervariasi mudah2an dpt unit yg oke.
Skalian buat refreshing jg better e39, krn daily mobil modern pasti weekend mau yg beda, e39 masih dapet feeling mechanical :big_exellent:

klo f10 rasanya mending yg uda n20 ya (520 528), masih penasaran timing chain tuh apakah seserem itu hehe
soalnya dl blm sempet ngalamin. Bnyk trit gini jd kpingin jg balik ke baling2 :big_childish:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Classic 5-series : E39 / E60 / F10

Post by ChZ »

Devourer wrote: Mon Jan 16, 2023 5:26
Kyknya klo gini kliatannya ambil e39 aja om sambil sabar karena harganya bervariasi mudah2an dpt unit yg oke.
Skalian buat refreshing jg better e39, krn daily mobil modern pasti weekend mau yg beda, e39 masih dapet feeling mechanical :big_exellent:

klo f10 rasanya mending yg uda n20 ya (520 528), masih penasaran timing chain tuh apakah seserem itu hehe
soalnya dl blm sempet ngalamin. Bnyk trit gini jd kpingin jg balik ke baling2 :big_childish:
yoi om niatnya sehh mau buat weekend sama jalan jalan santai malem aja :big_biglaugh: kalo cm dipake weekend doank takut rusak.

N20 kata suhu2 di sini yang penting ganti oli rajin aja sama kalopun repair udah lebih murah dan mudah :mky_03:

btw ngomong2 BMW 4cyl tadi pagi ketemu G20 330i kok suara starternya cupu abis yak kayak suara starter honda jazz :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Classic 5-series : E39 / E60 / F10

Post by Pboyz97 »

kalo dari 3 itu vote for e39, desainnya yg paling timeless dibanding kandidat lainnya menurut saya , cari yg 528I km rendah / kondisi full ori luar dalam atau yg 530I juga oke hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2533
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Classic 5-series : E39 / E60 / F10

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: Mon Jan 16, 2023 5:46 btw ngomong2 BMW 4cyl tadi pagi ketemu G20 330i kok suara starternya cupu abis yak kayak suara starter honda jazz :ungg:
Haha . . .

Gw seh klo musti banget pelihara 4cyl turbo gitu. Paling liriknya ke audi vw group soalnya potensinya ngeri2… atau pelihara civic turbo jg udah cukup kaya ente wkwkwk
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Classic 5-series : E39 / E60 / F10

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: Tue Jan 17, 2023 19:04 Haha . . .

Gw seh klo musti banget pelihara 4cyl turbo gitu. Paling liriknya ke audi vw group soalnya potensinya ngeri2… atau pelihara civic turbo jg udah cukup kaya ente wkwkwk
iya, buat 4cyl antara jepang atau VW audi sih kalo BMW 4cyl gw kok gimana yah belum nemu yang sreg apalagi mesin udah ketauan lebih badak VW punya 4cyl nya dan potensi tuning mirip-mirip :ungg:

klo honda jangan ditanya dari dulu emang masternya bikin 4 cylinders economy engine ngacir dan durable.

kalau musti beli BMW 4cyl kayaknya buat jual-beli aja sambil pake tipis tipis :big_biglaugh: paling 318i M43 atau 320i F30 :big_biglaugh:

320i N46 E90 males biaya beresin malah bisa jatohnya rugi wkwkwkwkkww.

barusan nemu lg neh unit E39 523 MT. besok mau cek unit siapa tau dapet di kepala 3 wkwkwkkwkwkw. sebelum ini rada anti sama 523i pre-LCI kirain speknya cupu M52 150hp ternyata 170hp ga jadi anti mulai lirik2 soalnya paling gampang ditawar harganya taun sgitu pada maunya 528i :big_biglaugh:

skrg mulai lebarin pilihan ke pre-LCI biar lebih gampang dapet yang bahan. 523i MT tinggal nanti stroke up kasih kopling lebih kuat jadilah 528 MT :mky_02:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Classic 5-series : E39 / E60 / F10

Post by kendibocor »

ChZ wrote: Wed Jan 18, 2023 2:33
KielConstantine wrote: Tue Jan 17, 2023 19:04 Haha . . .

Gw seh klo musti banget pelihara 4cyl turbo gitu. Paling liriknya ke audi vw group soalnya potensinya ngeri2… atau pelihara civic turbo jg udah cukup kaya ente wkwkwk
iya, buat 4cyl antara jepang atau VW audi sih kalo BMW 4cyl gw kok gimana yah belum nemu yang sreg apalagi mesin udah ketauan lebih badak VW punya 4cyl nya dan potensi tuning mirip-mirip :ungg:

klo honda jangan ditanya dari dulu emang masternya bikin 4 cylinders economy engine ngacir dan durable.

kalau musti beli BMW 4cyl kayaknya buat jual-beli aja sambil pake tipis tipis :big_biglaugh: paling 318i M43 atau 320i F30 :big_biglaugh:

320i N46 E90 males biaya beresin malah bisa jatohnya rugi wkwkwkwkkww.

barusan nemu lg neh unit E39 523 MT. besok mau cek unit siapa tau dapet di kepala 3 wkwkwkkwkwkw. sebelum ini rada anti sama 523i pre-LCI kirain speknya cupu M52 150hp ternyata 170hp ga jadi anti mulai lirik2 soalnya paling gampang ditawar harganya taun sgitu pada maunya 528i :big_biglaugh:

skrg mulai lebarin pilihan ke pre-LCI biar lebih gampang dapet yang bahan. 523i MT tinggal nanti stroke up kasih kopling lebih kuat jadilah 528 MT :mky_02:
Kalo mo beli 6 cyl sekarang (apalagi yg engine modern) emang waktunya sih. Bentaran lagi bakalan punah tuh engine >4 cyl. Next C63 kalo ga salah udah pake 2.0 4 cyl hybrid. Tinggal nunggu waktu si M ini jg ganti 4 cyl :ngacir:
Makanya 340i 440i harga ga ngotak, B58 mungkin bakalan jd engine 6 cyl non-M terakhir bmw kali ya. B58 pasti bakalan lumayan lama dipake di lineup biem soalnya reliabelnya dapet, peforma jg oke.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
clk230i
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Sun Sep 03, 2017 16:10
Location: bandung

Re: Classic 5-series : E39 / E60 / F10

Post by clk230i »

Pernah di posisi TS waktu pengen ganti E46. Sempat ngelirik E39 sama E60 juga. Pernah dpt info E60 mint dari mekanik astra cilandak eh keduluan orang padahal harganya miring. Akhirnya tetap keep E46. Belakangan baca2 w211 e280 menarik juga. Pengen ngerasain merk sebelah