applecart wrote: Sun Jan 08, 2023 12:27
Halo para suhu. Saya lagi ngejar Kona EV second.
Want to get your advice, seberapa dealbreaker kita dapet unit wall charger dan kartu RFID bawaan-nya?
Kayaknya kalo ga punya kartu RFID-nya kita ga kan bisa charge di charging station Hyundai yang ada di mall-mall?
Tengkyu sebelumnya
Orang yang jual ganti EV baru apa gimana ?, soalnya kalo Hyundai kan dapet wallbox gratis ?, harga wallbox Hyundai (bikinan Delta, agen dimari PT. Tri Energi Berkarya), seinget sy sih bangsa 30an jt, masalahnya ini wallbox terintegrasi ke PLN biar dapet diskon 30% untuk ngecas, jd kalo beli sendiri merek lain perlu tanya yg jual apa bisa diintegrasikan ke PLN.
Saya pake Ioniq 5 3 bulan pertama ndak pake wall charger si aman2 aja, tapi tiap hari ngecas. Portable charger bawaan Hyundai max 12A, batere Kona (CMMIW) kan 40an kW, jadi per 10% 4 kW, asumsi bisa cas 12A berarti per 2 jam 10%. Asal ndak tiap hari habis > 50% si aman, semalem dapet bangsa 20-30% kan.
Pakai EV jangan ditunggu abis baru cas, jd sisa 60% lsg cas, jangan sering2 pentokin ke 100% kecuali mau jalan jauh, hari2 max. 80%, sebulan sekali ke 100% boleh.
Kalo secara batere cek aja : paling penting max battery voltage, min battery voltage. Terus voltage masing2 cell, harusnya sama semua ndak bole beda. Sukur2 dicek pas kondisi terisi 100%. Maxnya di 4.2V 50%nya di 3.6V.
Pengecekan kedua buat pengganti odo : cumulative energy chargingnya. Umur batere itu dr cycle, antara 1200-2000 full cycle (dr 0 ke 100%). Ini dikombinasi sama accumulated normal charging energy dibagi number of std. charging dan accumulated quick charging energy dibagi number of quick charging. EV ndak seneng sering2 di quick charging, apalagi kalo dalem2 (dari 5% ke 100% misalnya), jadi kalo kayak Kona cek aja rata2 kWh pas ngisi quick berapa, idealnya jangan diatas 32 kWh (berarti sering dipake ampe abis). Nah, kalo dikit2 ngecas lebih panjang lagi umur baterenya, jadi kl dikombinasi sm number of std charging bisa dikira2. Cumulative bole banyak, tp kl number of std chargingnya banyak berarti cyclenya msh sedikit krn ndak pernah dipake ampe abis.
Logikanya si begini ndak bisa dimainin, ndak ada cerita odo dimundurin, olie dikentelin, lha semua data kesimpen di BMS, kecuali niat bener BMSnya diganti ya….
Btw, saya pake carscanner, contoh hasil bacaannya di
viewtopic.php?p=1236415#p1236415